• 10 Rekomendasi Lem Plastik Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Lem Plastik Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Lem Plastik Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Lem Plastik Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Lem Plastik Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Lem Plastik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Lem plastik adalah jenis lem yang digunakan untuk menempelkan dan memperbaiki benda berbahan plastik. Ada banyak jenis lem plastik yang dijual di pasaran, seperti lem khusus benda polypropylene, akrilik, resin, dan polyethylene. Setiap jenis lem plastik memiliki keunggulannya sendiri. Tahukah Anda merek lem plastik mana yang bagus untuk dipilih?


Anda mungkin bingung saat memilih lem plastik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Karena itu, kami akan membagikan cara memilih lem plastik terbaik untuk Anda. Tidak lupa, kami juga akan memberikan rekomendasi merek lem plastik, seperti Deli, UHU, dan Dextone. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 29 September 2022
Daftar isi

Cara memilih lem plastik

Tidak semua lem bisa merekatkan plastik karena sifat plastik yang tidak melekat (adhesif). Karena itu, dibutuhkan lem khusus untuk menempelkan plastik. Meski begitu, terkadang lem khusus plastik pun tidak mampu merekatkan plastik dengan sempurna. Jadi, sebelum membeli lem plastik, perhatikan beberapa poin ini terlebih dahulu.

Pilihlah lem yang sesuai dengan jenis plastiknya

Banyak orang yang memakai lem plastik tanpa mengecek kecocokannya dengan bahan plastik yang ingin ditempelkan. Kali ini, kami akan menjelaskan jenis lem dan jenis plastik yang sesuai dengan karakteristik lem tersebut.

Lem berdaya rekat tinggi: Cocok untuk polyethylene, polypropylene, atau nylon

Lem berdaya rekat tinggi: Cocok untuk polyethylene, polypropylene, atau nylon

Benda plastik berbahan polyethylene (PE), polypropylene (PP), dan nylon merupakan jenis plastik yang sulit direkatkan karena bersifat tidak adhesif. Untuk benda plastik berbahan PE dan PP, sebaiknya Anda menggunakan primer sebagai base sebelum menggunakan lem plastik. Selain itu, Anda juga bisa memilih lem dengan daya rekat tinggi yang mampu merekatkan plastik meski tanpa primer


Untuk bahan nylon, Anda juga bisa menggunakan lem kain dengan daya rekat kuat. Saat ini, ada banyak jenis lem plastik kuat yang dapat Anda pilih. Namun, Anda harus berhati-hati saat memilihnya karena ada lem plastik yang tidak cocok untuk ketiga bahan ini. Jadi, periksalah keterangan pada kemasan sebelum Anda membelinya. Terlebih, jika Anda ingin menempelkan plastik berbahan PE, PP, dan nylon.

Lem akrilik: Merekat erat untuk jenis ABS resin, PVC, dan akrilik

Lem akrilik: Merekat erat untuk jenis ABS resin, PVC, dan akrilik

ABS resin, PVC, dan akrilik memiliki sifat mudah larut dalam beberapa pelarut organik. Lem akrilik memanfaatkan sifat mudah larut ini untuk menyatukan material-material tersebut. Jadi, Anda perlu menggunakan lem akrilik untuk menempelkan plastik bahan akrilik. 


Sementara itu, Anda perlu melihat tabel penggunaannya pada kemasan terlebih dahulu untuk ABS resin dan PVC. Dengan begitu, Anda bisa memeriksa apakah lem akrilik bisa digunakan untuk bahan ABS resin dan PVC atau tidak.

Lem kain: Bisa digunakan untuk merekatkan plastik poliester

Lem kain: Bisa digunakan untuk merekatkan plastik poliester

Polyester merupakan serat kain yang bisa menempel dengan lem kain. Poliester sendiri terbuat dari senyama kimia, ethylene glycol, dan asam tereftalat yang kemudian dikombinasikan dengan bahan polyethylene terephathalate (PET). Poliester PET inilah yang sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan plastik botol minuman. Selain dapat merekatkan bahan poliester, lem kain juga bisa digunakan untuk jenis kain lainnya

Lem serbaguna: Mampu merekatkan plastik dengan material lain

Lem serbaguna: Mampu merekatkan plastik dengan material lain

Jika Anda ingin menempelkan plastik dengan benda nonplastik, Anda bisa menggunakan lem plastik serbaguna. Lem serbaguna bisa menempelkan bahan plastik dengan logam, kayu, dan material lainnya. Namun, sebelum Anda membelinya, pastikan lem serbaguna tersebut bisa digunakan untuk menempelkan plastik.

Ketahui karakteristik lem yang akan digunakan

Perlu diketahui bahwa ada sekitar 500 jenis lem dengan berbagai karakteristik. Agar mendapatkan lem yang sesuai, Anda harus mengetahui karakteristik, kelebihan, dan kekurangan dari lem yang akan digunakan.

Lem epoksi: Tahan panas dan berdaya rekat kuat

Lem epoksi: Tahan panas dan berdaya rekat kuat

Lem epoksi dibuat dengan menggabungkan dua komponen berupa pengeras dan resin dalam jumlah yang sama. Komponen yang paling sering digunakan adalah resin epoksi dan poliamina. Lem epoksi memiliki karakteristik tahan panas, kuat, dan bersifat isolasi listrik


Untuk itu, lem epoksi dapat digunakan untuk merekatkan berbagai benda. Menariknya lagi, lem ini memerlukan suhu tinggi untuk mengeras sehingga sulit digunakan pada suhu rendah (musim dingin). Jadi, lem ini sangat pas digunakan di Indonesia.

Lem instan: Menempelkan dalam waktu singkat

Lem instan: Menempelkan dalam waktu singkat

Lem instan hanya bisa melekatkan bahan plastik yang adhesif, bukan seperti polyethylene dan polypropylene yang susah untuk dilekatkan. Namun, Anda bisa menggunakan lem ini untuk melekatkan polyethylene dan polypropylene dengan menggunakan cairan primer


Saat menggunakan primer, Anda harus mengoleskannya pada kedua permukaan benda yang akan ditempelkan. Jika hanya satu permukaan saja, benda tersebut tidak akan menempel dengan sempurna. Akan tetapi, lem instan memiliki sifat yang lemah terhadap benturan. Jadi, hasilnya tidak akan sekuat lem khusus polyethylene dan polypropylene walaupun Anda sudah memakai cairan primer.

Lem silikon: Tahan terhadap perubahan suhu

Lem silikon: Tahan terhadap perubahan suhu

Ketika mengeras, lem berbahan dasar silikon akan berubah menjadi karet silikon yang elastis. Lem silikon memiliki keunggulan, yaitu tahan terhadap perubahan suhu. Tak seperti lem lainnya, lem berbahan silikon dapat digunakan pada suhu di bawah titik beku. Lem silikon juga menghasilkan daya rekat yang kokoh. Hal ini karena tekstur lem ini lunak, mudah menyebar, dan mudah menyerap saat diaplikasikan.


Lem panas: Aman digunakan untuk kemasan makanan

Lem panas: Aman digunakan untuk kemasan makanan

Lem panas juga biasa disebut dengan lem tembak. Lem ini berbentuk batang silinder dan memerlukan alat khusus menyerupai pistol untuk digunakan. Alat tersebut akan membantu melelehkan lem yang kemudian digunakan untuk merekatkan barang. 


Lem panas biasanya terbuat dari berbagai campuran bahan, seperti EVA dan olefin yang aman serta ramah lingkungan. Karena itu, lem ini cocok digunakan untuk memperbaiki mainan anak dan kemasan makanan.

10 Rekomendasi lem plastik terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk lem plastik terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 25 September 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Devcon Plastic Steel Epoxy menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Dextone Epoxy Adhesives memiliki angka penjualan tertinggi.

Gambar produk
1
Dextone  Epoxy Adhesives 1

Dextone

2
Bintang Nusantara Mandiri General Power Glue 1

Bintang Nusantara Mandiri

3
Deli  Super Glue 1

Deli

4
Castol  Contact Adhesive Tube  1

Castol

5
Deli Hot Melt Glue Gun/Lem Tembak 1

Deli

6
Bolton Group  UHU The All Purpose Adhesive  1

Bolton Group

7
Bolton Group  UHU Allplast 1

Bolton Group

8
Bolton Group  UHU Super Glue Gel 1

Bolton Group

9
Loctite  Super Glue Ultra Liquid Control 1

Loctite

10
Loctite Vinyl, Fabric & Plastic Flexible Adhesive  1

Loctite

Nama produk

Epoxy Adhesives

General Power Glue

Super Glue

Contact Adhesive Tube

Hot Melt Glue Gun/Lem Tembak

UHU The All Purpose Adhesive

UHU Allplast

UHU Super Glue Gel

Super Glue Ultra Liquid Control

Vinyl, Fabric & Plastic Flexible Adhesive

Keunggulan

Viskositasnya rendah, bisa merekatkan berbagai macam material

Berukuran mungil, praktis untuk berbagai kebutuhan Anda

Kemasan aluminium dengan aplikator runcing, mudah digunakan!

Mampu merekatkan bahan plastik sekaligus logam

Lem plastik bening yang fleksibel, mudah, dan aman digunakan

Pilihan ukuran beragam, dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda

Lem plastik waterproof yang cocok untuk merekatkan polystyrene

Lem tidak mudah menetes, ideal untuk permukaan vertikal

Lem plastik instan, merekat sempurna dalam 15 detik

Tidak menguning meski terkena sinar matahari

Harga mulai dariRp 6.299,00Rp 5.000,00Rp 4.000,00Rp 7.895,00Rp 56.000,00Rp 15.000,00Rp 36.500,00Rp 22.700,00Rp 94.900,00Rp 132.900,00
Pilihan ukuran 12 g, 48 g3 g3 g14 ml, 21 ml, 51 ml20 W (7 mm glue stick)20 ml, 35 ml, 60 ml, 125 ml33 ml3 g4 g59 g
Bahan Resin, hardenerCyanoacrylateCyanoacrylateKaret sintetisAluminium, plastik, silikonSynthetic resinAcrylic ester/PVC copolymerCyanoacrylateCyanoacrylatePolyurethane
Rekomendasi penggunaan Plastik, kaca, akrilik, porselen, keramikPlastik, karet, keramik, kristal, besi, keramik lantai, dan kayuPlastik, kayu, karet, logam, kulit, kertasPlastik, karet, kertas, kayu, logam, karet, tekstilKayu, plastik, kain, kertasKayu, ABS, PVC, plexiglas, logam, kaca, keramik, kulit, karet, kain, kertas, dan lainnyaPolystyrene, ABS, PVC, kayu, kertas, kulit, logam, kaca, keramikKeramik, kulit, PVC, ABS, kayu, karet, metalPlastik, metal, kayu, kulit, karet, kertas, keramikPlastik, kaca, kulit, kayu, kain, karet, metal, keramik
Tidak bisa digunakan pada Tidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanPE, PP, styrofoamPA, PE, PP, POM, PTFE, styroporPE, PP, PTFE, styrofoam, kainPE, PP, PTFE, silikonPE, PP, polystyrene, polyformaldehyde, neoprene, urethane rubber, teflon
Tautan produk
10

LoctiteVinyl, Fabric & Plastic Flexible Adhesive

Mulai dari Rp 132.900,00

Pilihan ukuran 59 g
Bahan Polyurethane
Rekomendasi penggunaan Plastik, kaca, kulit, kayu, kain, karet, metal, keramik
Tidak bisa digunakan pada PE, PP, polystyrene, polyformaldehyde, neoprene, urethane rubber, teflon
9

Loctite Super Glue Ultra Liquid Control

Mulai dari Rp 94.900,00

Pilihan ukuran 4 g
Bahan Cyanoacrylate
Rekomendasi penggunaan Plastik, metal, kayu, kulit, karet, kertas, keramik
Tidak bisa digunakan pada PE, PP, PTFE, silikon
8
Pilihan ukuran 3 g
Bahan Cyanoacrylate
Rekomendasi penggunaan Keramik, kulit, PVC, ABS, kayu, karet, metal
Tidak bisa digunakan pada PE, PP, PTFE, styrofoam, kain
7
Pilihan ukuran 33 ml
Bahan Acrylic ester/PVC copolymer
Rekomendasi penggunaan Polystyrene, ABS, PVC, kayu, kertas, kulit, logam, kaca, keramik
Tidak bisa digunakan pada PA, PE, PP, POM, PTFE, styropor
6

Bolton Group UHU The All Purpose Adhesive

Mulai dari Rp 15.000,00

Pilihan ukuran 20 ml, 35 ml, 60 ml, 125 ml
Bahan Synthetic resin
Rekomendasi penggunaan Kayu, ABS, PVC, plexiglas, logam, kaca, keramik, kulit, karet, kain, kertas, dan lainnya
Tidak bisa digunakan pada PE, PP, styrofoam
5
Pilihan ukuran 20 W (7 mm glue stick)
Bahan Aluminium, plastik, silikon
Rekomendasi penggunaan Kayu, plastik, kain, kertas
Tidak bisa digunakan pada Tidak disebutkan
4
Pilihan ukuran 14 ml, 21 ml, 51 ml
Bahan Karet sintetis
Rekomendasi penggunaan Plastik, karet, kertas, kayu, logam, karet, tekstil
Tidak bisa digunakan pada Tidak disebutkan
3
Pilihan ukuran 3 g
Bahan Cyanoacrylate
Rekomendasi penggunaan Plastik, kayu, karet, logam, kulit, kertas
Tidak bisa digunakan pada Tidak disebutkan
2

Bintang Nusantara MandiriGeneral Power Glue

Mulai dari Rp 5.000,00

Pilihan ukuran 3 g
Bahan Cyanoacrylate
Rekomendasi penggunaan Plastik, karet, keramik, kristal, besi, keramik lantai, dan kayu
Tidak bisa digunakan pada Tidak disebutkan
1
Pilihan ukuran 12 g, 48 g
Bahan Resin, hardener
Rekomendasi penggunaan Plastik, kaca, akrilik, porselen, keramik
Tidak bisa digunakan pada Tidak disebutkan

Pertanyaan umum seputar lem plastik

Pertanyaan umum seputar lem plastik

Selain mengulas cara memilih dan rekomendasi produknya, kami juga memberikan informasi mengenai cara mengelem plastik. Jika Anda masih bingung cara mengelem plastik yang benar, mari simak uraiannya berikut ini.

Bagaimana cara mengelem plastik?

Untuk membuat bahan plastik merekat sempurna, Anda harus menyesuaikan lem dengan jenis plastiknya. Jika Anda salah memilih lem yang tepat, tentu bahan plastik tidak akan merekat sempurna. Berikut ini beberapa poin yang dapat Anda jadikan referensi saat mengelem plastik


  • Pertama, pastikan Anda sudah menghilangkan lemak dari plastik yang akan dilem.
  • Kedua, ampelas permukaan plastik yang akan dilem.
  • Ketiga, Anda dapat mencampurkan dua komponen lem secara bersamaan agar plastik lebih kuat merekat.
  • Keempat, oleskan lem ke kedua permukaan bahan plastik.
  • Kelima, rekatkan kedua benda plastik, lalu tekan hingga keduanya merekat sempurna.
  • Terakhir, gunakan selotip atau karet gelang untuk menahan bahan plastik dan menjaganya agar tidak bergeser.

Baca juga rekomendasi berbagai jenis lem lainnya di sini

Selain lem plastik, ada berbagai jenis lem lainnya yang mungkin Anda butuhkan. Untuk itu, kami sudah menyiapkan beberapa rekomendasi lem lainnya di sini. Temukan lem lainnya sesuai kebutuhan Anda di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Kami sudah menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan lem plastik terbaik untuk Anda. Apakah Anda sudah menemukan produk yang Anda cari?


Penggunaan plastik memang tidak lepas dari kehidupan sehari-hari. Tidak bisa dipungkiri plastik merupakan bahan yang sulit untuk direkatkan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengetahui cara memilih lem plastik yang baik. Dengan begitu, lem bisa menempel dengan sempurna dan Anda bisa menggunakan kembali barang kesayangan Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Double Tape Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Double Tape Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Double tape merupakan salah satu barang yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Ada banyak jenis dan merek double tape yang dijual di pasaran, seperti 3M, Joyko, dan NANKAI. Anda bisa menemukan tape serbaguna ini di toko buku, toko bahan bangunan, dan toko online tergantung jenis dan kegunaannya.Karena jenisnya yang bermacam-macam, mungkin Anda akan bingung dalam memilih double tape. Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih double tape yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan double tape terbaik untuk Anda. Yuk, simak penjelasannya!
    Tape & perekat
  • 10 Rekomendasi Lem Sepatu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lem Sepatu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sepatu yang rusak jangan langsung dibuang! Supaya tidak mubazir, cobalah untuk memperbaikinya dengan lem sepatu. Kini sudah ada banyak lem sepatu yang bagus dan dengan harga yang terjangkau. Beberapa di antaranya bahkan tahan lama dan daya rekatnya sangat kuat.Artikel ini akan menjelaskan cara memilih lem sepatu secara lengkap. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh lem sepatu terbaik. Beberapa di antaranya ada merk terkenal seperti UHU, Aibon, dan Shoe Goo. Ayo, jadikan sepatu Anda seperti baru kembali!
    Tape & perekat
  • 10 Rekomendasi Lem Kuat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lem Kuat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lem kuat atau lem super dapat melekatkan berbagai permukaan benda dengan erat. Lem ini adalah sahabat bagi Anda yang gemar membuat kerajinan tangan DIY (do-it-yourself) atau sekadar untuk memperbaiki bagian barang. Namun, ada banyak merek dan tipe lem kuat di pasaran. Tahukah Anda produk seperti apa yang bagus dan berkualitas?Kami telah mengumpulkan informasi mengenai lem kuat dengan performa baik dan ramah di kantong. Kami juga akan memaparkan tips menggunakannya. Terdapat berbagai merek lem kuat di pasaran, seperti UHU dan Aica-Aibon. Temukan produk yang paling pas dengan tujuan penggunaan Anda!
    Tape & perekat
  • 10 Rekomendasi Lem Terbaik untuk Logam (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lem Terbaik untuk Logam (Terbaru Tahun 2022)
    Lem untuk logam digunakan untuk merekatkan benda yang terbuat dari logam. Bila Anda menggunakan lem lain, logam mungkin dapat melekat, tetapi kurang kuat dibandingkan memakai lem untuk logam. Di antara banyaknya produk lem logam yang bagus di pasaran, mana yang sebaiknya Anda pilih?. Ada lem yang cepat kering, yang sangat tahan panas, dan yang elastis.Agar Anda tidak bingung, kami akan membagikan tips memilih lem logam serta mengulas sepuluh produk terbaik dari berbagai merek. Anda bisa menemukan lem Korea, Dextone, dan Alteco di dalam rekomendasi kami. Selamat membaca!
    Tape & perekat
  • 10 Rekomendasi Lem Akrilik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lem Akrilik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Akrilik merupakan jenis plastik transparan yang mirip seperti kaca, tetapi sifatnya kuat dan ringan. Karena sifatnya tersebut, akrilik banyak digunakan sebagai bahan peralatan rumah tangga, seperti tempat kosmetik, aquarium, dan pajangan. Akrilik tidak bisa dilekatkan begitu saja. Anda membutuhkan lem khusus yang mampu menyatukannya.Terdapat berbagai macam lem untuk akrilik, di antaranya tipe khusus untuk akrilik saja dan tipe dual-purpose. Mereknya pun beragam, contohnya Dextone dan Gorilla. Dalam artikel kali ini, kami akan membahas lem akrilik terbaik untuk Anda. Dengan lem yang bagus, buatlah kreasi akrilik orisinal Anda!
    Tape & perekat
  • 10 Rekomendasi Lakban Kain Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lakban Kain Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lakban kain menjadi salah satu jenis peralatan yang akrab dalam kehidupan masyarakat. Jenis lakban ini kerap digunakan untuk keperluan sehari-hari, contohnya untuk menambal robekan. Lakban kain yang digunakan biasanya berwarna hitam. Namun, sejatinya ada lakban kain dengan warna lain, seperti putih dan kuning.Selain memiliki warna yang beragam, merek lakban kain juga bermacam-macam. Di pasaran Anda bisa menemukan lakban kain dengan merek Daimaru, Joyko, Nachi, Sazanami, dan lain-lain. Agar Anda tidak bingung saat memilih, kami akan menyampaikan cara memilih serta rekomendasi lakban kain yang bagus. Simak penjelasan lengkapnya di sini!
    Tape & perekat
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori