1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Lip color & lip care
  6. >
  7. 10 Lip Balm Terbaik Asal Korea - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Lip Balm Terbaik Asal Korea - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Lip Balm Terbaik Asal Korea - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Lip Balm Terbaik Asal Korea - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Lip Balm Terbaik Asal Korea - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Lip Balm Terbaik Asal Korea - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Lip Balm Terbaik Asal Korea - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023)

Seiring makin mendunianya industri K-Pop, K-Beauty juga makin banyak digemari. Salah satu produk K-Beauty yang banyak dicari adalah lip balm. Lip balm Korea dikenal kaya akan kandungan bahan-bahan alami yang bagus untuk kesehatan bibir.


Nah, Agar Anda tidak salah memilih produk lip balm asal Korea, simak tips dari kami dalam memilih produknya. Simak juga berbagai rekomendasi dari berbagai merek ternama, seperti The Face Shop, Mamonde, Innisfree, dan lainnya. Baca dengan saksama dan jangan sampai ada yang terlewat, ya. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Renata Aprianti.

Diperbaharui 06-30-2022
Pakar
Makeup artist
Renata Aprianti

Renata Aprianti merupakan seorang makeup artist dan beauty enthusiast yang aktif membagikan video review produk beauty. Selain itu, Renata juga senang membagikan tutorial makeup dan skincare di YouTube dan Instagram miliknya. Wanita yang suka menulis ini pernah menerbitkan tiga novel remaja dan telah berkecimpung di dunia blogger selama sepuluh tahun. Penulis dan penggemar dunia beauty ini fokus menjadi makeup artist (MUA) dan vlogger sejak 2017.

Profil Renata Aprianti
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih lip balm asal Korea

Lip balm asal Korea sangat terkenal berkat kandungan bahan-bahan alaminya. Namun, ada beberapa hal lainnya yang perlu Anda perhatikan. Berikut ini akan kami berikan beberapa poin penting untuk Anda pertimbangkan ketika memilih lip balm asal negeri ginseng tersebut.

① Perhatikan kandungan bahannya

Fungsi utama dari lip balm memang untuk melembapkan bibir, terutama jika Anda memiliki bibir pecah-pecah. Namun, ada kandungan lainnya yang juga perlu Anda perhatikan untuk kebutuhan Anda.

SPF, melindungi bibir dari paparan sinar matahari

SPF, melindungi bibir dari paparan sinar matahari

Selain kulit, bibir juga perlu dilindungi dari paparan sinar matahari. Jika Anda lebih sering beraktivitas di luar ruangan, pilihlah lip balm dengan kandungan SPF. Kandungan SPF di lip balm dapat berupa mineral titanium dioxide yang lebih aman untuk kulit.


Selain SPF, Anda juga dapat memilih lip balm yang kaya akan antioksidan, misalnya dari ekstrak buah-buahan. Antioksidan dapat melindungi bibir Anda dari paparan radikal bebas. Radikal bebas biasanya Anda temui dalam polusi dan paparan sinar UV.

Kaya pelembap, menutrisi dan melembapkan bibir yang sangat kering

Kaya pelembap, menutrisi dan melembapkan bibir yang sangat kering

Bagi Anda yang memiliki bibir sangat kering, Anda dapat memilih lip balm dengan lebih banyak kandungan pelembap. Shea butter, castor oil, coconut oil, dan jojoba oil merupakan bahan yang biasa digunakan sebagai pelembap lip balm


Bibir yang terlalu kering sering kali juga mengalami iritasi. Pilihlah lip balm yang mengandung bahan yang menenangkan untuk meredakan iritasi pada bibir.


Kami pernah membahas secara khusus mengenai produk lip balm untuk bibir kering. Silakan klik link di bawah ini untuk membacanya.

Bebas zat aditif, cocok untuk bibir sensitif

Bebas zat aditif, cocok untuk bibir sensitif

Para pemilik bibir sensitif harus lebih teliti lagi dalam memilih lip balm. Zat-zat aditif, seperti pewarna dan pewangi sintetis, mungkin saja dapat menyebabkan iritasi pada bibir. Hindari juga kandungan paraben karena dapat mengiritasi kulit bibir Anda. 


Selain itu, perhatikanlah komposisi yang tertulis pada kemasan lip balm. Anda dapat memilih lip balm yang hypoallergenic karena tidak memicu alergi pada bibir.

② Sesuaikan jenis lip balm dengan kebutuhan Anda

Ada dua jenis lip balm yaitu yang berwarna dan tidak berwarna. Setiap jenis memiliki kelebihan tersendiri yang perlu Anda pertimbangkan.

Tinted lip balm, memberikan warna tanpa perlu pakai lipstik

Tinted lip balm, memberikan warna tanpa perlu pakai lipstik
Sumber: laneige.com

Lip balm dari Korea sangat identik dengan adanya berbagai pilihan warna. Lip balm yang berwarna atau tinted balm akan mewarnai bibir Anda seperti lipstik.


Anda dapat menemukan dua jenis warna, warna yang sheer atau yang lebih bold. Jika Anda menyukai warna natural, pilihlah jenis warna sheer. Namun, jika Anda ingin menggunakannya sebagai pengganti lipstik, pilihlah warna yang lebih bold.


Akan tetapi, perlu diketahui bahwa tinted balm bisa saja menimbulkan iritasi pada kulit bibir yang sensitif. Iritasi tersebut dapat membuat bibir menjadi kering. Jadi, berhati-hatilah jika kulit Anda tergolong sensitif. 


Untuk membaca review lengkap mengenai lip balm berwarna, silakan klik link di bawah ini!

Colorless lip balm, dapat digunakan sebagai base lipstik

Colorless lip balm tidak akan mewarnai bibir Anda sehingga lebih menonjolkan warna alami bibir. Fungsi utamanya fokus untuk melembapkan bibir. Bagi pemilik bibir sensitif, colorless lip balm adalah pilihan pas karena tidak mengandung pewarna yang mungkin dapat mengiritasi bibir.


Jenis ini juga dapat Anda gunakan sebagai base sebelum menggunakan lipstik. Para pria pun dapat memakai lip balm tanpa warna, lho.

③ Pilih berdasarkan bentuk kemasannya

Pilih berdasarkan bentuk kemasannya

Lip balm dijual dalam beberapa bentuk, seperti stick, jar, dan tube. Bentuk stick memiliki tekstur yang lebih padat sehingga Anda harus memberikan sedikit tekanan ketika menggunakannya. Lip balm berbentuk jar juga memiliki tekstur padat, tetapi lebih lembut untuk digunakan. Sebaliknya, lip balm dalam bentuk tube memiliki tekstur yang lebih cair lagi.


Kemasan stick dan tube lebih mudah dibawa ke mana saja. Penggunaannya juga mudah karena tidak membutuhkan aplikator tambahan. 


Berbeda lagi dengan bentuk jar, Anda harus menggunakan cotton bud atau jari untuk mengaplikasikannya. Tentu lebih higienis jika Anda menggunakan cotton bud. Sayangnya, mungkin Anda merasa kerepotan saat ingin melakukan retouch karena harus selalu membawa cotton bud.

10 Rekomendasi lip balm terbaik asal Korea

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk lip balm terbaik asal Korea yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.  Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Renata Aprianti.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Innisfree

Canola Honey Lip Balm

Innisfree Canola Honey Lip Balm  1枚目

Dengan warna koral yang lembut, cocok untuk siapa saja

2

I'M MEME

PEP! Balm

I'M MEME PEP! Balm 1枚目

Bold color lip balm untuk atasi bibir hitam

3

Amorepacific

Mamonde Creamy Tint Color Balm Intense

Amorepacific Mamonde Creamy Tint Color Balm Intense 1枚目

Color balm hits yang dipakai Park Shin-hye di drakor Pinocchio!

4

Frudia

Pomegranate Honey 3 in 1 Lip Balm

Frudia Pomegranate Honey 3 in 1 Lip Balm 1枚目

Lip balm jar superimut untuk bibir yang lebih plumpy

5

Nature Republic

Natural Butter Lip Balm

Nature Republic Natural Butter Lip Balm 1枚目

Lima buah berbeda yang jadikan bibir lebih sehat

6

Amorepacific

Laneige Stained Glow Lip Balm

Amorepacific Laneige Stained Glow Lip Balm 1枚目

Dapatkan bibir cantik natural ala Kim Yoo Jung

7

KAHI

Wrinkle Bounce Multi Balm

KAHI Wrinkle Bounce Multi Balm 1枚目

Balm multifungsi, tidak hanya untuk bibir, tetapi juga untuk wajah dan rambut

8

Etude House

Cherry Sweet Color Lip Balm

Etude House Cherry Sweet Color Lip Balm 1枚目

Warna lip balm dapat berubah sesuai tingkat kelembapan bibir!

9

The Face Shop

Dr. Belmeur Advanced Cica Touch Lip Balm

The Face Shop Dr. Belmeur Advanced Cica Touch Lip Balm 1枚目

Tanpa zat aditif, mampu lindungi bibir sensitif Anda

10

Holika Holika

PEKO Melty Jelly Lip Balm

Holika Holika PEKO Melty Jelly Lip Balm 1枚目

Kandungan pewarna alaminya membuat bibir aman dan nyaman

Perincian produk
Close
No.1

InnisfreeCanola Honey Lip Balm

Mulai dari Rp91.000,00

Dengan warna koral yang lembut, cocok untuk siapa saja

Lip balm Innisfree ini menggunakan madu yang berasal dari canola untuk memberikan kelembapan dan aroma harum yang lembut. Ada juga kandungan canola seed oil yang kaya akan asam lemak untuk menjaga kadar kelembapan dalam bibir.


Di sisi lain, tinted lip balm ini memberikan warna koral yang lembut pada bibir. Warnanya terlihat sangat alami menyerupai warna bibir. Jadi, baik wanita maupun pria dapat menggunakan lip balm ini. 

No.2

Bold color lip balm untuk atasi bibir hitam

Bagi Anda yang memiliki bibir hitam, PEP! Balm dari I'M MEME ini patut Anda coba. Berbeda dari lip balm pada umumnya, lip balm yang satu ini memiliki warna yang bold. Jadi, bibir hitam Anda dapat tertutupi dengan sempurna. Ada lima pilihan warna yang bisa Anda coba, dengan nuansa oranye, pink, hingga merah. 

No.3

AmorepacificMamonde Creamy Tint Color Balm Intense

Mulai dari Rp140.000,00

Color balm hits yang dipakai Park Shin-hye di drakor Pinocchio!

Mamonde merupakan gabungan sempurna dari lip balm, lipstik, dan lip tint. Tint Color Balm ini booming di Korea karena dipakai oleh Park Shin-hye di drakor Pinocchio, lho! 


Produk ini memiliki tekstur creamy dengan hasil akhir matte. Jika Anda seorang pencinta riasan bibir matte yang melembapkan, produk ini pas untuk Anda. Ada lebih dari dua puluh warna yang cukup intens untuk Anda gunakan. Temukan warna favorit Anda dari deretan warna yang diberikan Mamonde. 

No.4

FrudiaPomegranate Honey 3 in 1 Lip Balm

Mulai dari Rp99.000,00

Lip balm jar superimut untuk bibir yang lebih plumpy

Hadir dengan bentuk honey jar, lip balm keluaran Frudia ini berhasil mencuri perhatian. Selain kemasan yang imut, lip balm ini banyak mengandung fruit extract dan madu yang sangat baik untuk bibir Anda. Hasilnya, bibir Anda akan tampak sehat dan lebih plumpy. Tidak percaya? Silakan saja Anda coba dan buktikan sendiri. 

No.5

Nature RepublicNatural Butter Lip Balm

Mulai dari Rp197.000,00

Lima buah berbeda yang jadikan bibir lebih sehat

Nature Republic juga tidak mau kalah dengan merek Korea lainnya dalam mengeluarkan produk lip balm. Ada lima varian Natural Butter Lip Balm. Setiap variannya mengandung ekstrak buah yang berbeda sehingga memberikan aroma yang juga berbeda dalam setiap varian.


Varian strawberry, grapefruit, dan cherry akan memberikan warna sheer yang alami di bibir Anda. Bagi Anda yang ingin kesegaran ekstra, pilihlah varian lemon mint dengan sensasi dingin di bibir. Anda yang menyukai aroma buah-buahan pasti akan jatuh hati pada produk ini.

No.6

AmorepacificLaneige Stained Glow Lip Balm

Mulai dari Rp310.000,00

Dapatkan bibir cantik natural ala Kim Yoo Jung

Bagi Anda penggemar drama Korea, pasti sudah tak asing dengan si cantik Kim Yoo Jung. Tampilan natural Kim Yoo Jung dengan bibir sehatnya memang banyak disukai. Nah, jika Anda ingin memiliki tampilan cantik natural seperti itu, lip balm yang satu ini dapat membantu Anda. 


Laneige Stained Glow Lip Balm mengandung pelembap intens seperti pada Laneige Lip Sleeping Mask. Selain itu, lip balm oles ini juga menggunakan smart tinting technology. Teknologi ini membuat warna lip balm dapat berubah sesuai kadar air dan tingkat pH bibir Anda. Menarik sekali, bukan? 

No.7

KAHIWrinkle Bounce Multi Balm

Mulai dari Rp399.000,00

Balm multifungsi, tidak hanya untuk bibir, tetapi juga untuk wajah dan rambut

Mungkin Anda sudah sering dengar soal lip balm yang juga bisa diaplikasikan pada siku atau rambut. Namun, pernahkah Anda mengetahui tentang lip balm yang bisa diaplikasikan untuk wajah? Tak hanyak melembapkan, tetapi juga bisa mengurangi kerutan. 


Produk yang kami maksud adalah Wrinkle Bounce Multi Balm by KAHI. Produk ini langsung naik daun begitu digunakan oleh Kim Go Eun di K-drama The King : Eternal Monarch. Namun, selain marketing-nya yang berhasil, produk ini memang memiliki banyak kandungan yang baik untuk bibir dan wajah Anda.

No.8

Etude HouseCherry Sweet Color Lip Balm

Mulai dari Rp96.000,00

Warna lip balm dapat berubah sesuai tingkat kelembapan bibir!

Etude House menggunakan teknologi yang unik dalam produk ini. Varian PK001 dan OR201 menggunakan reacting tint system yang intensitas warnanya dapat berubah sesuai dengan tingkat kelembapan bibir Anda. Jika Anda ingin warna yang lebih vivid, pilihlah tiga varian lainnya.


Warnanya akan tampak alami di bibir Anda sehingga cocok digunakan sehari-hari. Kandungan sweet cherry extract dalam setiap varian akan memberikan kelembapan yang lebih lama. Selain itu, lip balm ini memiliki aroma sweet peach yang manis.

No.9

The Face ShopDr. Belmeur Advanced Cica Touch Lip Balm

Mulai dari Rp279.000,00

Tanpa zat aditif, mampu lindungi bibir sensitif Anda

Apakah Anda memiliki bibir sensitif? Jika ya, Dr. Belmeur Daily Repair Moisturizing Lip Balm merupakan lip balm yang sangat cocok untuk Anda. Lip care ini bebas zat aditif sehingga sangat ramah untuk bibir sensitif. Terlebih, label hypoallergenic juga sudah dimilikinya. Berada di bawah sinar matahari pun tak masalah sebab produk ini sudah dilengkapi dengan SPF! 

No.10

Holika HolikaPEKO Melty Jelly Lip Balm

Mulai dari Rp158.000,00

Kandungan pewarna alaminya membuat bibir aman dan nyaman

Peko Chan merupakan karakter anak perempuan asal Jepang yang sudah terkenal dan sangat menggemaskan. Holika Holika berkolaborasi dengan Peko untuk mengeluarkan kosmetik seri Peko. Salah satunya adalah lip balm ini.


Warnanya terbuat dari pewarna alami, yakni dari ekstrak stroberi, peach, dan cranberry. Pewarna ini bahkan aman digunakan oleh anak-anak. Adanya aroma permen stroberi yang manis sanggup mengembalikan mood Anda setelah seharian beraktivitas.

Pertanyaan umum seputar lip balm asal Korea

Pertanyaan umum seputar lip balm asal Korea

Setelah membahas cara memilih dan rekomendasi produknya, kami juga akan menjawab pertanyaan populer mengenai lip balm asal Korea. Yuk, simak jawabannya di bawah ini!

Apakah boleh memakai lip balm dahulu sebelum memakai lipstik?

Boleh! Hal tersebut justru baik untuk dilakukan karena dapat mengurangi risiko bibir kering saat menggunakan lipstik matte.

Baca juga rekomendasi lip balm lainnya di sini

Selain produk lip balm asal Korea, kami juga memiliki artikel lainnya tentang lip balm. Temukan lip balm yang sesuai dengan kebutuhan Anda, contohnya untuk bibir hitam atau untuk pria. Klik tautan di bawah ini untuk mendapatkan informasi lebih banyak.

Kesimpulan

Dalam memilih lip balm asal Korea, perhatikan kandungannya, terutama jika Anda memiliki bibir yang sensitif atau sangat kering. Selain itu, pastikan produk pilihan Anda aman untuk digunakan. 


Anda juga bisa menemukan produk yang bekerjasama dengan artis Korea, termasuk boyband atau girlband favorit Anda, lho. Sekian tips dan rekomendasi produk dari kami. Semoga Anda merasa terbantu dan selamat mendapatkan bibir sehat alami!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer