• 10 Rekomendasi Sepatu Bola Nike Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Sepatu Bola Nike Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Sepatu Bola Nike Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Sepatu Bola Nike Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Sepatu Bola Nike Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Sepatu Bola Nike Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Sepatu bola Nike adalah pilihan tepat jika Anda mencari produk berkualitas terbaik. Merk dengan tagline "Just do it" ini sudah lama menjadi high-end brand di dunia olahraga, khususnya sepak bola. Pemain sekelas Cristiano Ronaldo, Neymar, dan Mbappe adalah beberapa pemain top yang menggunakan Nike. 


Untuk membantu Anda memilih sepatu bola Nike yang bagus, kami memberikan tips memilihnya di artikel ini. Ada rekomendasi seri terbaru sepatu bola Nike, seperti Academy, Mercurial, Venom, dan Superfly. Yuk, ketahui perbedaan jenis sepatu bola Nike yang cocok untuk ukuran kaki lebar, tipe lapangan, dan sebagainya!

  • Pembaharuan terakhir: 01 Juli 2021
  • 15.400 Views
Daftar isi

Cara memilih sepatu bola Nike

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih jenis sepatu bola terbaik, seperti stud atau pull-nya, karakteristik sepatunya, serta bahannya. Berikut ini akan kami jelaskan satu per satu.

Sesuaikan jenis pull sepatu dengan lapangan bola tempat Anda bermain

Perbedaan utama sepatu bola dengan sepatu olahraga lainnya adalah adanya pull di bagian bawah sepatu. Karena sepak bola dimainkan di lapangan rumput atau tanah, pull berfungsi untuk memastikan pemain bisa memijak tanah dengan baik. Pull sepatu didesain sesuai dengan karakteristik permukaan lapangannya. Simak perbedaannya!

Untuk lapangan rumput alami, gunakan sepatu dengan lambang FG

Untuk lapangan rumput alami, gunakan sepatu dengan lambang FG

Lapangan rumput di Indonesia yang digunakan untuk bermain bola biasanya berjenis firm ground atau lapangan rumput alami. Tekstur tanah atau rumputnya biasanya keras dan dipengaruhi juga oleh musim.


Jenis sepatu bola yang digunakan untuk lapangan ini adalah sepatu dengan pull yang keras atau sering disebut jenis klasik. Tujuannya untuk memberikan stabilitas dan daya cengkeram yang baik di lapangan yang tekstur permukaannya keras. Sepatu jenis ini biasanya memiliki lambang FG dengan pull berbentuk bulat atau blade.

Untuk lapangan yang berlumpur, gunakan sepatu dengan lambang SG

Untuk lapangan yang berlumpur, gunakan sepatu dengan lambang SG

Jenis lapangan ini sebenarnya mirip dengan lapangan rumput alami yang telah dibahas sebelumnya. Namun, perbedaannya adalah jenis tanahnya yang sedikit gembur atau tidak sekeras lapangan rumput alami. Terlebih lagi, jika turun hujan atau cuaca sedang lembap, tekstur tanahnya jadi sedikit berlumpur. 


Jika Anda sering bermain di lapangan jenis ini, pilih sepatu dengan pull berlambang SG atau soft ground. Jenis pull sepatunya tidak terlalu berbeda dengan jenis FG, tetapi biasanya lebih panjang. Ada juga jenis sepatu bola SG yang bagian pull-nya dilengkapi bahan metal dan bisa dibongkar pasang. Saat lapangan sedang kering, Anda bisa melepasnya. Sementara itu, saat lapangan berlumpur, Anda bisa memasangnya kembali.

Untuk lapangan rumput sintetis, gunakan sepatu dengan lambang AG

Untuk lapangan rumput sintetis, gunakan sepatu dengan lambang AG

Lapangan artificial grass atau rumput sintetis bisa dibilang merupakan lapangan bola terbaik untuk saat ini. Anda bisa menemukannya di stadion-stadion besar ataupun kampus berskala internasional. Panjang dan karakteristik rumput di lapangan ini hampir mirip dengan lapangan rumput alami, tetapi permukaan lapangannya lebih kasar. Pergerakan bola di lapangan artificial grass sangat natural, bahkan bisa lebih baik karena permukaannya cenderung lebih rata.


Sepatu bola yang digunakan untuk lapangan artificial grass memiliki lambang AG. Karakteristik pull-nya berbentuk bulat dan panjangnya sesuai dengan rumput di lapangan artificial grass. Bahannya juga lebih tahan banting untuk menghadapi permukaan lapangan yang kasar. Sepatu tipe ini sebenarnya memiliki ciri khas yang mirip dengan sepatu jenis FG sehingga tak jarang sepatu FG juga bisa digunakan di lapangan artificial grass.


Di sisi lain, sebaiknya Anda tidak menggunakan sepatu dengan lambang SG atau soft ground untuk lapangan rumput artifisial. Hal ini karena sepatu bola jenis SG memiliki bagian metal yang tajam dan panjang sehingga bisa merusak rumput lapangan.   

Untuk lapangan jenis turf, gunakan sepatu dengan lambang TF

Untuk lapangan jenis turf, gunakan sepatu dengan lambang TF

Turf sebenarnya juga merupakan rumput sintetis, tetapi kualitasnya jauh lebih rendah dibandingkan artificial ground yang digunakan di stadion. Lapangan dengan permukaan turf biasanya sering dijumpai di tempat penyewaan lapangan futsal atau lapangan mini soccer. Bentuknya lebih menyerupai karpet dengan rumput sintetis.


Jika dibandingkan artificial grass untuk stadion, lapangan turf memiliki permukaan yang jauh lebih kasar dan cenderung tidak rata. Untuk bermain di lapangan turf, gunakan sepatu khusus dengan lambang TF. Bentuk pull-nya lebih pendek, lebih banyak, dan terbuat dari bahan karet.


Anda bisa saja menggunakan sepatu futsal biasa untuk bermain di lapangan turf. Hanya saja, gesekannya akan sedikit licin sehingga tidak senyaman ketika menggunakan sepatu khusus TF. Namun, jangan sekali-sekali menggunakan sepatu model FG, SG, atau AG di lapangan turf karena akan merusak rumputnya dan bisa membuat Anda cedera. 

Pilih berdasarkan gaya permainan Anda di lapangan

Anda disarankan memilih sepatu bola Nike berdasarkan gaya permainan Anda. Simak pembahasan jenis-jenisnya berikut ini.

Untuk tipe gaya permainan klasik, pilih sepatu yang mengutamakan keamanan dan stabilitas

Untuk Anda yang lebih mementingkan kenyamanan dan keamanan sepatu dibandingkan penampilannya, sepatu bola jenis comfort shoes bisa jadi pilihan terbaik. Biasanya sepatu jenis ini memiliki pull yang berbentuk bulat dan mengutamakan kestabilan di lapangan sehingga Anda akan lebih aman dari cedera. 


Meskipun terkesan old school, Nike terus memperbarui comfort shoes-nya dengan desain-desain dan fitur terbaru. Salah satu sepatu Nike yang paling tepat untuk menggambarkan jenis comfort shoes adalah Nike Tiempo. Namun, perlu diperhatikan bahwa sepatu jenis ini kurang cocok untuk Anda yang gaya permainannya agresif. Hal ini karena bobotnya cenderung lebih berat.

Bagi playmaker, gunakan sepatu yang bagian upper-nya dilengkapi grip untuk menahan bola

Jika Anda memiliki tipe permainan yang lebih ke arah playmaker atau pengatur permainan, gunakan sepatu tipe control shoes. Sepatu ini biasanya dilengkapi grip atau desain khusus tertentu di bagian upper-nya sehingga dapat menahan bola dengan lebih baik. Dengan begitu, Anda bisa menahan, mengumpan, dan menendang bola dengan lebih akurat.


Sepatu jenis ini biasanya tersedia dalam berbagai variasi dan pola pull berbeda. Namun, desainnya dibuat agar pemain bisa semudah mungkin melakukan pivot atau berpindah dari kanan ke kiri dan sebaliknya. Control shoes biasanya masih nyaman untuk digunakan meskipun bobotnya termasuk berat. 

Untuk tipe permainan yang gesit dan agresif, gunakan sepatu yang ringan

Bagi Anda yang tipe permainannya gesit, sering bermanuver ke sana kemari, dan agresif, sepatu yang ringan adalah pilihan tepat. Sepatu semacam ini disebut juga tipe speed shoes, contohnya Nike Mercurial Superfly 8 Elite FG.


Speed boots memiliki karakteristik bobot yang ringan dibandingkan sepatu lainnya, upper yang tipis sehingga terasa seperti tidak mengenakan sepatu, dan pull yang agresif. Pull sepatu jenis ini umumnya memiliki desain yang tajam sehingga mampu meningkatkan akselerasi dengan cepat di lapangan. Namun, biasanya sepatu jenis ini memiliki perlindungan ke kaki yang lebih rentan dibandingkan jenis lainnya. 

Untuk Anda penyerang murni, gunakan sepatu tipe finishing

Sepatu yang sering disebut tipe finishing ini kurang lebih merupakan kombinasi dari speed shoes dan control shoes. Bobotnya tidak terlalu berat dan bisa digunakan untuk menendang dengan kencang. Selain itu, sepatu ini juga memungkinkan Anda mengontrol bola dengan baik. Biasanya sepatu ini digunakan oleh pemain yang hanya sesekali menyentuh bola, tetapi memiliki tendangan yang mematikan.


Bagi Anda yang bertipe penyerang murni atau sering melakukan tendangan jarak jauh, sepatu ini cocok dijadikan pilihan. Contoh sepatu Nike yang tergolong sepatu finishing adalah Nike Phantom GT Elite Dynamic Fit 3D FG. Namun, Anda perlu berhati-hati karena proteksinya tidak sebaik comfort shoes ataupun control shoes.

Pilih berdasarkan bahan upper yang digunakan

Selain pull sepatunya, Anda juga harus memperhatikan bagian atas sepatu, atau yang disebut juga dengan upper. Bahan upper yang digunakan akan memengaruhi kualitas tendangan dan kontrol bola Anda. Oleh sebab itu, perhatikanlah jenis-jenis upper yang biasa digunakan untuk sepatu bola berikut ini.

Sepatu berbahan kulit asli memberikan kenyamanan maksimal

Sepatu bola berbahan kulit memang lebih terkesan old school, tetapi kenyamanan yang diberikan tidak ada tandingannya. Bahannya tentu lebih empuk dan akan membuat Anda bisa mengontrol bola dengan lebih baik. 


Bahan kulit asli seperti ini juga bisa menyesuaikan dengan ukuran kaki Anda, terutama untuk kaki lebar. Makin lama digunakan, sepatu ini akan makin nyaman di kaki. Salah satu di antara sepatu Nike yang berbahan kulit asli adalah Nike Premier II.


Kulit yang digunakan untuk sepatu bola biasanya berasal dari kulit kanguru. Anda perlu melakukan perawatan khusus agar sepatu jenis ini tidak mudah rusak. Selain itu, bahannya juga menyerap air sehingga akan lebih berat jika Anda bermain bola dalam keadaan hujan.

Sepatu berbahan kulit sintetis lebih tahan lama dan tahan air

Sepatu bola dengan bahan kulit sintetis telah mengalami perubahan yang sangat signifikan jika dibandingkan satu dekade silam. Sekarang bahan kulit sintetis sudah memiliki kenyamanan yang hampir mendekati sepatu bola berbahan kulit asli.


Sepatu bola dari kulit sintetis lebih tahan terhadap air sehingga akan lebih bersahabat jika Anda bermain bola saat hujan. Meskipun demikian, permukaan sepatu ini cenderung lebih licin saat hujan sehingga Anda akan lebih sulit melakukan killer shot. Untuk Anda yang mencari sepatu bola awet dan tahan air, sepatu bola berbahan sintetis bisa dipertimbangkan. 

Pastikan memilih sepatu bola merk Nike yang original

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Nike adalah salah satu high-end brand untuk produk sepatu bola. Jadi, berhati-hatilah karena Anda dapat menemukan banyak produk tiruannya di toko belanja online


Satu hal yang sangat kami sarankan adalah belilah produk asli atau original dari Nike. Sepatu bola original dari Nike sudah tentu memiliki kualitas bahan terbaik dan nyaman digunakan di lapangan. Pastikan Anda membeli sepatu original dari situs resmi Nike ataupun official store tepercaya, ya.

10 Rekomendasi sepatu bola Nike terbaik

Sekarang saatnya memilih sepatu bola Nike terbaik untuk Anda. Gunakan panduan cara memilih yang sudah dibahas sebelumnya sebagai acuan, ya! Selain beberapa jenis sepatu bola yang kami sebutkan di atas, ada juga sepatu bola dengan kode MG atau multi ground yang bisa digunakan untuk beberapa jenis lapangan berbeda.

10
Jenis lapanganFG
Model sepatuComfort shoes
Material upperCampuran kulit kanguru dan knit material
9

NikeMercurial Vapor 14 Academy FG/MG

Mulai dari Rp 1.199.000,00

Jenis lapanganFG/MG
Model sepatuSpeed shoes
Material upperKulit sintetis
8
Jenis lapanganMG
Model sepatuSpeed shoes
Material upperKulit sintetis
7
Jenis lapanganTurf
Model sepatuSpeed shoes
Material upperKulit sintetis
6

NikeMercurial Superfly 8 Elite FG

Mulai dari Rp 3.699.000,00

Jenis lapanganFG
Model sepatuSpeed shoes
Material upperFlyknit
5
Jenis lapanganFG
Model sepatuComfort shoes
Material upperKulit kanguru
4

NikePhantom GT Academy Dynamic Fit TF

Mulai dari Rp 1.379.000,00

Jenis lapanganTF
Model sepatuSpeed shoes
Material UpperKulit sintetis
3
Jenis lapanganFG
Model sepatuFinishing shoes
Material upperFlyknit
2
Jenis lapanganFG
Model sepatuSpeed shoes
Material upperFlyknit
1
Jenis lapanganFG/MG
Model sepatuSpeed shoes
Material upperKulit sintetis

Tabel perbandingan produk sepatu bola Nike terbaik

Gambar produk
1
Nike  Phantom GT Academy MG 1

Nike

2
Nike Phantom GT Scorpion FG 1

Nike

3
Nike Phantom GT Elite 3D FG 1

Nike

4
Nike Phantom GT Academy Dynamic Fit TF 1

Nike

5
Nike Premier II FG 1

Nike

6
Nike Mercurial Superfly 8 Elite FG 1

Nike

7
Nike Mercurial Vapor 14 Academy TF 1

Nike

8
Nike Mercurial Vapor 13 Academy MG 1

Nike

9
Nike Mercurial Vapor 14 Academy FG/MG 1

Nike

10
Nike Tiempo Legend 8 Elite FG 1

Nike

Nama produk

Phantom GT Academy MG

Phantom GT Scorpion FG

Phantom GT Elite 3D FG

Phantom GT Academy Dynamic Fit TF

Premier II FG

Mercurial Superfly 8 Elite FG

Mercurial Vapor 14 Academy TF

Mercurial Vapor 13 Academy MG

Mercurial Vapor 14 Academy FG/MG

Tiempo Legend 8 Elite FG

Keunggulan

Dirancang dengan kelenturan dan kontrol bola lebih kuat

Teknologi Hyperquick memberikan kestabilan dan traksi dinamis

Tangguh sekaligus bergaya meski bermain di lapangan basah

Bebas bergerak di atas rumput sintetis

Desain klasik dengan kenyamanan tingkat tinggi

Sepatu ringan untuk kecepatan eksplosif

Nyaman dan memudahkan para striker bergerak lebih cepat

Tampil lebih garang, gerakan juga lebih cepat!

Beri kontrol presisi saat giring bola berkecepatan tinggi!

Kenyamanan bahan kulit berpadu dengan stabilitas tinggi dari teknologi Quad-Fit

Harga mulai dariRp 1.279.000,00Rp 1.750.000,00Rp 3.969.000,00Rp 1.379.000,00Rp 1.299.000,00Rp 3.699.000,00Rp 1.199.000,00Rp 1.199.000,00Rp 1.199.000,00Rp 3.299.000,00
Jenis lapanganFG/MGFGFGTFFGFGTurfMGFG/MGFG
Model sepatuSpeed shoesSpeed shoesFinishing shoesSpeed shoesComfort shoesSpeed shoesSpeed shoesSpeed shoesSpeed shoesComfort shoes
Material upperKulit sintetisFlyknitFlyknitKulit sintetisKulit kanguruFlyknitKulit sintetisKulit sintetisKulit sintetisCampuran kulit kanguru dan knit material
Tautan produk

Baca juga rekomendasi sepatu bola lainnya di sini

Selain sepatu bola merek Nike, kami sudah mengulas beberapa sepatu bola lainnya. Ada juga produk keluaran merek ternama lainnya seperti Adidas. Untuk Anda yang penasaran ingin mencari tahu lebih banyak mengenai sepatu bola pilihan, silakan klik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel ini? Apakah Anda sudah lebih memahami tentang sepatu bola Nike?


Untuk memilih sepatu bola, hal paling utama adalah memperhatikan jenis pull-nya. Selain itu, sesuaikan dengan gaya bermain Anda dan jenis bahan yang digunakan. Belilah sepatu Nike yang asli karena kualitasnya pasti berbeda dengan yang tiruan. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sepatu Futsal Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepatu Futsal Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sepatu futsal merupakan elemen penting dalam olahraga futsal. Namun, terdapat perbedaan antara sepatu futsal indoor dan outdoor. Selain itu, jika Anda menginginkan sepatu yang nyaman dipakai, ada beberapa poin yang harus diperhatikan sebelum membelinya. Sering kali, hal ini membuat Anda bertanya-tanya tentang sepatu mana yang cocok untuk Anda pakai.Karena itu, kali ini kami akan mengulas artikel mengenai bagaimana cara memilih sepatu futsal terbaik. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk-produknya, seperti, Mizuno, Nike, Adidas, Specs, dan merek lainnya. Pilihlah sepatu yang sesuai dengan lapangan dan gaya bermain Anda!
    Sepak bola & futsal
    64.106 Views
  • 10 Rekomendasi Sepatu Ortuseight Terbaik untuk Futsal (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepatu Ortuseight Terbaik untuk Futsal (Terbaru Tahun 2021)
    Sepatu futsal merupakan atribut penting dalam bermain futsal. Salah satu merek sepatu futsal lokal yang bagus adalah Ortuseight. Ortuseight merupakan produsen lokal yang memproduksi peralatan olahraga, seperti sepatu bola dan sepatu futsal. Belakangan ini, sepatu futsal Ortuseight menjadi pilihan karena desain dan teknologi yang inovatif.Karena itu, kami akan menguraikan cara memilih dan merekomendasikan sepatu futsal terbaik dari Ortuseight. Beberapa model sepatu futsal, seperti Jogosala Rabona, Catalyst Quiver IN, dan Forte Savage IN perlu menjadi pilihan Anda selanjutnya. Simak terus artikelnya secara saksama agar Anda menemukan sepatu futsal impian Anda!
    Sepak bola & futsal
    4.148 Views
  • 10 Rekomendasi Bola Sepak Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bola Sepak Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Anda pasti setuju kalau sepak bola adalah olahraga paling populer di Indonesia dan digemari seluruh lapisan masyarakat. Permainan sepak bola tidak mungkin dilakukan tanpa bola sepak. Nike, Mikasa, Adidas, dan Molten adalah segelintir merek terkenal yang terus berinovasi agar dapat menghasilkan bola sepak terbaik.Meski begitu, banyaknya bola sepak berkualitas di pasaran bisa saja membuat Anda bingung untuk memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi bola sepak terbaik untuk Anda. Ayo, baca artikel ini sampai tuntas dan temukan bola sepak favorit Anda!
    Sepak bola & futsal
    43.406 Views
  • 10 Rekomendasi Sepatu Futsal Specs Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepatu Futsal Specs Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda mencari sepatu futsal dengan harga terjangkau, tetapi kualitasnya bersaing dengan sepatu lainnya? Anda pasti tidak asing dengan merk Specs. Salah satu merk asli Indonesia ini memiliki kualitas produksi peralatan olahraga yang bagus dan telah dipercaya untuk menjadi sponsor berbagai event olahraga nasional.Beragam pilihan jenis sepatu futsal Specs original hadir dengan keunggulannya masing-masing, misalnya seri Swervo, Accelerator, Lightspeed, dan Metasala. Bingung saat memilihnya? Tenang saja! Di artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi produk beserta penjelasan tentang cara memilih sepatu futsal Specs terbaru dan terbaik untuk Anda.
    Sepak bola & futsal
    20.298 Views
  • 10 Rekomendasi Sepatu Bola Terbaik untuk Artificial Ground (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepatu Bola Terbaik untuk Artificial Ground (Terbaru Tahun 2021)
    Sepatu adalah salah satu perlengkapan penting saat bermain sepak bola. Sepatu sepak bola terdiri dari berbagai macam kategori, tergantung dari jenis lapangan tempat permainan dilangsungkan. Nike, adidas, dan PUMA telah terkenal sejak lama sebagai produsen merk sepatu sepak bola yang bagus.Artikel kami berikut ini akan membahas sepatu bola yang dipakai khusus di artificial ground. Pemilihan sepatu bola rumput sintetis dan indoor yang tepat akan meningkatkan performa Anda serta menjauhkan Anda dari cedera. Penasaran dengan ulasan kami? Mari ikuti dengan saksama pemaparan berikut ini!
    Sepak bola & futsal
    20.092 Views
  • 10 Rekomendasi Kaos Kaki Futsal Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kaos Kaki Futsal Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi pegiat olahraga futsal, kaos kaki futsal adalah item yang wajib dimiliki. Kaos kaki futsal yang bagus dan nyaman sangat berperan dalam meningkatkan permainan Anda di lapangan. Faktor apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih kaos kaki futsal? Semuanya akan dikupas secara tuntas di artikel ini, mulai dari tips membeli hingga rekomendasi produknya. Kami akan memperkenalkan berbagai merk lokal yang tak kalah bagusnya dari produk luar, seperti Specs, AVO, MILLS, dan Ortuseight. Tenang, produk dari merk yang sudah mendunia seperti adidas dan Nike juga ada. Yuk, simak selengkapnya berikut ini. 
    Sepak bola & futsal
    963 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori