1. TOP
  2. >
  3. Outdoor & sports
  4. >
  5. Sepak bola & futsal
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Sepatu Futsal Specs Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Sepatu Futsal Specs Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Sepatu Futsal Specs Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Sepatu Futsal Specs Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Sepatu Futsal Specs Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Sepatu Futsal Specs Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Sepatu Futsal Specs Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Anda sedang mencari sepatu futsal yang memiliki harga terjangkau dengan kualitas bersaing? Sepatu futsal merek Specs bisa menjadi pilihan Anda. Specs merupakan brand asli Indonesia yang memproduksi berbagai peralatan olahraga. Merek lokal ini juga telah dipercaya menjadi sponsor dalam berbagai event olahraga nasional.


Specs menghadirkan beragam pilihan sepatu futsal dengan keunggulan masing-masing. Anda akan menemukan sepatu futsal seri Accelerator, Metasala, Swervo, dan lainnya. Tidak perlu bingung dengan banyaknya pilihan seri tersebut! Di artikel ini Anda akan mendapati tips memilih sekaligus rekomendasi sepatu futsal Specs yang bagus. Selamat membaca!

Diperbaharui 08-28-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Keunggulan sepatu futsal Specs

Keunggulan sepatu futsal Specs
Sumber: specs.id

Specs merupakan brand peralatan olahraga asli Indonesia yang sudah berkembang sejak tahun 1980. Specs mulai populer setelah menjadikan Rocky Putiray, mantan atlet sepak bola, sebagai brand ambassador. Specs sudah mengeluarkan berbagai produk peralatan olahraga, termasuk sepatu futsal. Sepatu futsal Specs banyak diminati karena memiliki keunggulan sebagai berikut.


  • Kualitas baik - Sepatu futsal Specs terbuat dari bahan yang berkualitas. Alhasil, sepatu futsal keluaran Specs awet dan tahan lama. Pembuatannya pun sudah menggunakan teknologi yang setara dengan merek luar negeri.

  • Desain menarik dan ringan - Desain sepatu futsal Specs juga tidak kalah dengan produk luar negeri. Sepatu futsalnya didesain fashionable dan ringan. Hal ini membuat penggunanya nyaman dan percaya diri ketika menggunakan sepatu futsal Specs.

  • Harga terjangkau - Sepatu futsal buatan Specs juga dikenal memiliki harga terjangkau. Harga sepatu futsal Specs berada pada kisaran Rp100.000,00 hingga Rp800.000,00. Dengan kualitas yang baik dan harga terjangkau, masyarakat pun banyak memilih sepatu futsal Specs.

Cara memilih sepatu futsal Specs

Sebelum kami memberikan rekomendasi sepatu futsal Specs, kami akan membahas cara memilihnya terlebih dahulu. Cara memilih tersebut dapat menjadi panduan bagi Anda. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

① Perhatikan jenis lapangan

Lapangan futsal memiliki jenis permukaan yang berbeda. Oleh karena itu, sepatu futsal didesain khusus untuk menyesuaikan kondisi permukaan lapangan. Agar Anda bisa mendapatkan sepatu futsal yang tepat, perhatikan penjelasannya berikut, yuk!

Indoor: Sepatu dengan sol karet lebih direkomendasikan

Indoor: Sepatu dengan sol karet lebih direkomendasikan

Permukaan lapangan futsal indoor pada umumnya terbuat dari bahan vinil, taraflex, atau semen. Sepatu futsal yang ideal digunakan pada ketiga jenis lapangan tersebut adalah sepatu dengan sol karet. Sepatu sol karet adalah pilihan tepat untuk lapangan jenis ini karena memiliki beberapa keunggulan sebagai berikut.


  • Tidak licin sehingga memiliki daya cengkeraman kuat.
  • Dapat menahan bola yang datang dengan lebih baik.

Outdoor: Sepatu yang memiliki pull atau stud cocok untuk di lapangan

Outdoor: Sepatu yang memiliki pull atau stud cocok untuk di lapangan

Rumput sintetis biasanya menjadi permukaan untuk lapangan futsal tipe outdoor. Lapangan rumput sintetis lebih sering dijadikan tempat latihan tanding daripada untuk turnamen. Sepatu futsal yang cocok untuk digunakan di lapangan rumput sintetis adalah sepatu dengan pull atau stud. Adapun keunggulan sepatu futsal dengan pull adalah sebagai berikut.


  • Memberikan daya cengkeraman yang lebih baik sehingga tidak tergelincir.
  • Meningkatkan performa agar lebih stabil.

② Sesuaikan dengan posisi saat bermain

Saat bermain futsal, setiap pemain memiliki posisi tertentu. Posisi saat bermain futsal dapat menjadi pertimbangan dalam memilih sepatu. Perhatikan pembahasan terkait sepatu futsal yang tepat berdasarkan posisi saat bermain berikut.

Kiper: Sepatu dengan upper tebal lebih memudahkan pergerakan

Kiper: Sepatu dengan upper tebal lebih memudahkan pergerakan

Kiper atau penjaga gawang bertugas untuk mempertahankan gawang agar tidak dibobol oleh lawan. Dalam menjaga gawang, kiper dominan menggunakan tangan. Namun, kiper juga tetap harus mempertimbangkan sepatu futsal yang cocok. Jika Anda di posisi kiper, sebaiknya memilih sepatu ber-upper tebal.


Sepatu ber-upper tebal lebih elastis sehingga memudahkan pergerakan. Dengan demikian, sebagai kiper Anda bisa menghalau bola dari lawan dengan mudah. Anda bisa mengoper bola ke kawan dengan lebih mudah menggunakan sepatu ber-upper tebal yang elastis

Anchor: Sepatu bersol kuat dan fleksibel membantu mengoper bola dengan baik

Anchor: Sepatu bersol kuat dan fleksibel membantu mengoper bola dengan baik

Anchor atau pengatur permainan bertugas menahan dan mengoper bola serta memberikan umpan pendek atau umpan lambung. Oleh karena itu, sepatu bersol kuat dan fleksibel cocok untuk Anda yang di posisi ini. Sol yang kuat memungkinkan Anda menahan dan mengoper bola dengan baik. Sementara itu, desain fleksibel berguna untuk memudahkan pergerakan Anda.


Sepatu futsal yang demikian membuat Anda bisa leluasa bergerak ke kanan dan kiri tanpa khawatir cedera atau terhambat pergerakannya. Anda juga sebaiknya memilih sepatu dengan bahan upper yang empuk agar nyaman saat mengoper bola.

Flank: Sepatu yang ringan membuat Anda lebih mudah bergerak

Flank: Sepatu yang ringan membuat Anda lebih mudah bergerak

Dalam permainan futsal, ada pemain yang berperan mengacak-acak pertahanan lawan dengan pergerakan eksplosif. Pemain seperti ini bertugas membuka ruang, mencari posisi ideal, dan mengacaukan konsentrasi lawan. Karena itu, pemain yang disebut flank ini mempunyai trik-trik andalan untuk mengecoh lawan.


Untuk Anda yang menempati posisi flank, gunakan sepatu futsal yang berbobot ringan. Selain itu, pilihlah sepatu yang memiliki sol empuk. Dengan begitu, Anda bisa menjelajah ke seluruh lapangan dengan cepat dan gesit. Sepatu futsal yang ringan dan bersol empuk juga tidak membuat kaki cepat lelah.

Pivot: Sepatu dengan toe protector yang kuat lebih disarankan

Pivot: Sepatu dengan toe protector yang kuat lebih disarankan

Pemain futsal yang berada di garda terdepan disebut pivot. Tugas seorang pivot adalah mencetak gol dan menciptakan peluang bagi pemain lain. Pemain dengan posisi ini disarankan memilih sepatu futsal yang memiliki toe protector yang kuat. Sepatu dengan toe protector yang kuat tidak mudah rusak jika digunakan untuk menendang.

 
Anda yang berada di posisi pivot sebaiknya memilih sepatu futsal dengan upper yang baik. Sepatu futsal dengan desain upper yang baik memiliki fleksibilitas yang baik pula. Anda bisa melakukan pergerakan dengan baik untuk mencari ruang tembak.

③ Pastikan desain sepatu nyaman

Permainan futsal berlangsung selama 2 x 20 menit. Agar Anda dapat bermain dengan maksimal, pastikan Anda memiliki sepatu futsal dengan desain yang nyaman. Lantas, bagaimana kriteria sepatu yang nyaman digunakan?

Bagian insole, idealnya sesuai dengan bentuk telapak kaki

Bagian insole, idealnya sesuai dengan bentuk telapak kaki
Sebelum memilih sepatu futsal, sebaiknya cari tahu bentuk telapak kaki Anda. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan sepatu futsal yang nyaman sehingga telapak kaki tidak cepat pegal. Selain itu, pilihlah sepatu futsal dengan insole yang sesuai dengan telapak kaki untuk mengurangi risiko cedera.

  • Telapak kaki normal: Orang bertelapak kaki normal biasanya beban tubuhnya bertumpu pada bagian tengah kaki. Oleh karena itu, sepatu dengan insole tipis dan lentur adalah pilihan yang ideal. Sepatu tersebut akan menjadikan pergerakan lebih leluasa.

  • Telapak kaki cenderung rata (flat foot): Tumpuan beban tubuh pada orang dengan flat foot adalah telapak kaki bagian tengah. Hal ini menyebabkan kaki mudah merasa pegal. Jika kondisi telapak kaki Anda demikian, pilihlah sepatu ber-insole dengan bantalan di bagian tengah. Sepatu tersebut akan memudahkan Anda dalam menopang tubuh.

  • Telapak kaki dengan lengkungan tinggi (high arch): Untuk telapak kaki high arc, beban tubuh biasanya bertumpu pada bagian luar kaki. Telapak kaki seperti ini biasanya disebut juga dengan supination. Sepatu yang cocok digunakan adalah sepatu ber-insole tebal di bagian belakang dan depan agar tumpuan kaki seimbang.

Ukuran sepatu, sebaiknya pas dengan ukuran kaki

Ukuran sepatu, sebaiknya pas dengan ukuran kaki

Agar nyaman saat bermain futsal, pilihlah sepatu futsal yang pas dengan kaki Anda. Pilih sepatu yang tidak terlalu longgar atau terlalu ketat. Pertimbangkan sepatu yang mendukung bagian samping kaki dan memiliki lengkungan yang baik untuk mengurangi risiko cedera pergelangan kaki.


Selain itu, berikan jarak antara ujung sepatu dan jari kaki kurang lebih 1–1,5 cm. Berikan pula sedikit jarak antara tumit dan bagian belakang sepatu untuk mengurangi kemungkinan gesekan yang tidak nyaman. Jika Anda mencoba secara langsung, cobalah menggunakannya dengan kaus kaki. Namun, jika Anda membeli secara online, pastikan membaca size chart dengan saksama.

10 Rekomendasi sepatu futsal Specs terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sepatu futsal Specs terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Specs

Metasala Nativ 3

Specs Metasala Nativ 3 1枚目

Bergaya retro dengan sepatu futsal yang didesain klasik

2

Specs

LS Etnis In

Specs LS Etnis In 1枚目

Dengan peredam gerak phylon, kurangi risiko nyeri kaki

3

Specs

Lightspeed 3 In

Specs Lightspeed 3 In 1枚目

Dirancang dengan material ringan, dukung pergerakan cepat

4

Speecs

Swervo Hydra Marble Pro In

Speecs Swervo Hydra Marble Pro In 1枚目

Cocok untuk posisi gelandang atau sayap

5

Specs

Metasala Rival III Stereoflow

Specs Metasala Rival III Stereoflow 1枚目

Mahakarya kolaborasi dengan seniman kelas dunia, sepatu tampak begitu estetis

6

Specs

LS Omega Runtuboy In

Specs LS Omega Runtuboy In 1枚目

Hasil kolaborasi dengan bintang futsal tanah air, Ardiansyah Runtuboy

7

Specs

Elevation Zero In

Specs Elevation Zero In 1枚目

Grafis terinspirasi dari grid dan speed count jadikan tampilan makin trendi

8

Specs

Accelerator Lightspeed 3LX Elite In

Specs Accelerator Lightspeed 3LX Elite In 1枚目

Terbuat dari kulit asli tanpa jahitan, bergerak cepat lebih nyaman

9

Specs

Lightspeed 3 In Fractal Pack

Specs Lightspeed 3 In Fractal Pack 1枚目

Tampil modis saat berlaga di lapangan dengan sepatu bermotif abstrak full color

10

Specs

Dime In

Specs Dime In 1枚目

Pilihan sepatu futsal untuk pemula dengan motif grafis atraktif

Perincian produk
Close
No.1

SpecsMetasala Nativ 3402075

Mulai dari Rp479.800,00

Bergaya retro dengan sepatu futsal yang didesain klasik

Kelebihan:

  • Sepatu bisa digunakan juga untuk hang out
  • Dilapisi busa sehingga nyaman ketika digunakan

Kekurangan:
  • Beberapa pengguna mengeluhkan ada bagian yang sempit 

Sepatu futsal Metalasa Nativ 3 didesain klasik sehingga Anda bisa tampil dengan gaya retro saat menggunakannya. Dengan desain tersebut, Anda juga bisa menggunakan sepatu futsal ini untuk hang out bersama teman. Pilihlah sepatu futsal yang satu ini jika Anda ingin tampil keren di dalam atau di luar lapangan. Sepatu ini pun dilapisi dengan busa supaya Anda makin nyaman ketika mengenakannya.

No.2

Dengan peredam gerak phylon, kurangi risiko nyeri kaki

Kelebihan:

  • Terdapat peredam gerak phylon yang dapat mengurangi risiko nyeri kaki

Kekurangan:

  • Menurut pengguna, bagian ujungnya sedikit agak lebar

Menggunakan sepatu futsal selama pertandingan dapat menyebabkan kaki terasa nyeri. Jika Anda tidak ingin mengalaminya, gunakanlah sepatu futsal yang satu ini. Sepatu futsal LS Etnis In dilengkapi dengan peredam gerak phylon yang dapat mengurangi risiko nyeri kaki. Dengan begitu, kaki Anda akan terasa nyaman selama bermain futsal.

No.3

SpecsLightspeed 3 In401879

Mulai dari Rp579.800,00

Dirancang dengan material ringan, dukung pergerakan cepat

Kelebihan:

  • Sepatu ringan sehingga mendukung Anda untuk bergerak cepat
  • Upper tebal sehingga tidak mudah jebol

Kekurangan:

  • Menurut pengguna, ukuran tidak seperti sepatu pada umumnya sehingga perlu ketelitian ketika memilih

Bagi Anda yang diharuskan bergerak cepat ketika bermain futsal, cobalah menggunakan sepatu Lightspeed 3 In. Sepatu ini dirancang dengan material ringan sehingga Anda bisa bergerak cepat dan leluasa. Anda juga tidak perlu khawatir terpeleset ketika bergerak cepat. Hal ini karena bagian outsole sepatunya dibuat dari bahan rubber berkualitas yang tidak licin.

No.4

SpeecsSwervo Hydra Marble Pro In401999

Mulai dari Rp549.800,00

Cocok untuk posisi gelandang atau sayap

Kelebihan:

  • Bagian upper dirancang khusus untuk posisi gelandang atau sayap

Kekurangan:

  • Menurut pengguna, ukuran sepatu ini berbeda dengan sepatu pada umumnya sehingga harus jeli ketika hendak memilih

Ketika bermain futsal, apakah Anda berada di posisi gelandang atau sayap? Ada baiknya Anda menggunakan sepatu Swervo Hydra Marble Pro In untuk menunjang performa. Bagian upper sepatu ini dikombinasikan dengan mesh dan CPU yang timbul untuk mempermudah Anda mengontrol bola. Desain upper yang demikian juga bertujuan untuk meningkatkan power tendangan.

No.5

SpecsMetasala Rival III Stereoflow402093

Mulai dari Rp649.800,00

Mahakarya kolaborasi dengan seniman kelas dunia, sepatu tampak begitu estetis

Kelebihan:

  • Desain sepatu estetis karena menggabungkan seni jalanan dan sepak bola
  • Memiliki sirkulasi udara yang baik
  • Dilengkapi outsole berbahan karet sehingga dapat menjaga stabilitas

Kekurangan:

  • Menurut pengguna, sepatu kurang pas digunakan untuk menendang dengan sudut runcing

Anda ingin bermain futsal dengan sepatu yang tampak begitu estetis? Pilihlah sepatu futsal yang satu ini. Produk ini merupakan mahakarya kolaborasi antara Specs dan Adi Dharma, seniman yang karyanya sudah dikenal hingga kancah internasional.


Desain tampilan sepatu ini berkonsep from the street sesuai ciri khas Adi Dharma. Sepatu tampak begitu estetis karena memadukan seni jalanan dan sepak bola. Selain itu, sepatu ini dilengkapi dengan outsole karet yang dapat meningkatkan perlindungan dan stabilitas.

No.6

SpecsLS Omega Runtuboy In402191

Mulai dari Rp599.800,00

Hasil kolaborasi dengan bintang futsal tanah air, Ardiansyah Runtuboy

Kelebihan:

  • Kualitas telah teruji karena digunakan oleh atlet futsal nasional

Kekurangan:

  • Menggunakan ukuran versi Eropa sehingga Anda harus teliti mengecek size chart saat hendak membelinya

Anda pencinta olahraga futsal? Tentu Anda tidak asing dengan bintang futsal tanah air Ardiansyah Runtuboy. Sang atlet nasional dan Specs berkolaborasi untuk menghadirkan sepatu LS Omega Runtuboy In yang cocok digunakan oleh para atlet futsal. Kualitas sepatu futsal ini sudah teruji saat digunakan Ardiansyah dalam pertandingan futsal berskala nasional dan internasional.

No.7

SpecsElevation Zero In402132

Mulai dari Rp329.800,00

Grafis terinspirasi dari grid dan speed count jadikan tampilan makin trendi

Kelebihan:
  • Jahitan pada sepatu rapi

Kekurangan:

  • Menurut pengguna, sepatu ini tidak cocok untuk kaki berukuran lebar

Skill dalam bermain futsal memang hal yang utama. Namun, tentunya Anda tidak ingin tampil dengan gaya yang seadanya, bukan? Oleh karena itu, kami sarankan Anda memilih sepatu Elevation Zero In. Varian Plasma Red/White memiliki warna merah dan putih yang simpel. Namun, sepatu ini tetap terlihat modis berkat grafis yang terinspirasi dari grid dan speed count.

No.8

SpecsAccelerator Lightspeed 3LX Elite In402085

Mulai dari Rp799.800,00

Terbuat dari kulit asli tanpa jahitan, bergerak cepat lebih nyaman

Kelebihan:

  • Upper terbuat dari kulit asli tanpa jahitan sehingga nyaman digunakan

Kekurangan:

  • Harganya cukup tinggi karena terbuat dari bahan kulit asli

Ketika sedang bermain futsal, apakah Anda termasuk pemain yang intens melakukan gerakan cepat? Apabila demikian, gunakanlah sepatu dari Specs yang satu ini. Sepatu ini terbuat dari kulit asli tanpa jahitan. Anda bisa melakukan gerakan cepat dengan lebih nyaman. Anda pun bisa mengontrol bola dengan lebih baik.

No.9

SpecsLightspeed 3 In Fractal Pack401875

Mulai dari Rp579.800,00

Tampil modis saat berlaga di lapangan dengan sepatu bermotif abstrak full color

Kelebihan:

  • Bermotif abstrak sehingga terlihat modis ketika digunakan
  • Memiliki outsole dengan daya cengkeram tinggi

Kekurangan:

  • Menurut pengguna, pada bagian upper mudah terkelupas

Motif abstrak yang tergambar pada sepatu Lightspeed 3 In terinspirasi dari gangguan pada peralatan elektronik berbasis analog. Kami juga merekomendasikan sepatu futsal ini untuk Anda yang ingin tampil modis ketika berlaga di tengah lapangan. Selain itu, sepatu ini memiliki outsole dengan daya cengkeram tinggi yang untuk meminimalkan tergelincirnya kaki saat berlari.

No.10

Pilihan sepatu futsal untuk pemula dengan motif grafis atraktif

Kelebihan:

  • Motif grafis membuat penampilannya keren

Kekurangan:

  • Menurut beberapa pengguna, pengeleman sepatu kurang bagus

Anda belum lama gemar bermain futsal? Kami rekomendasikan Anda sepatu futsal tipe Dime In dari Specs. Sepatu futsal ini dilengkapi dengan outsole karet yang dirancang khusus untuk pemula. Performa Anda akan lebih baik ketika bermain futsal menggunakan sepatu ini. Anda juga akan terlihat lebih keren ketika memakainya berkat motif grafis yang atraktif. 

Pertanyaan umum seputar sepatu futsal

Pertanyaan umum seputar sepatu futsal

Sepatu futsal sering kali disamakan dengan sepatu olahraga lainnya, terutama sepatu bola. Padahal, sepatu futsal berbeda dengan sepatu bola dan sepatu olahraga lainnya. Agar lebih jelas, perhatikan pertanyaan dan jawaban terkait sepatu futsal berikut.

Apa beda sepatu futsal dan sepatu bola?

Perbedaan sepatu futsal dan sepatu bola terletak di bagian bawahnya (outsole). Sepatu futsal umumnya memiliki bagian bawah yang rata. Jika memiliki pull atau stud, bentuknya tidak tajam dan jumlah tidak terlalu banyak. Sementara itu, sepatu bola memiliki jumlah pull yang lebih tajam dengan jumlah yang banyak.

Apakah sepatu futsal bisa dipakai untuk sepak bola?

Jika Anda menggunakan sepatu futsal untuk bermain sepak bola, kemungkinan Anda akan tergelincir. Hal ini karena bagian bawah sepatu futsal tidak memiliki pull yang tajam dan banyak. Akibatnya, sepatu futsal tidak memiliki cengkeraman kuat ketika digunakan di lapangan sepak bola.

Baca juga rekomendasi sepatu futsal dari merek lainnya di sini

Selain sepatu futsal Specs, kami pun pernah mengulas sepatu futsal merek lainnya. Dengan mengetahui banyak merek, Anda akan lebih banyak pilihan. Silakan baca artikel terkait sepatu futsal dari merek lainnya melalui tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Bagi Anda yang hobi bermain futsal, pilihlah sepatu futsal yang tepat. Dengan sepatu futsal yang tepat, Anda bisa menunjukkan performa yang maksimal. Pertimbangkan posisi bermain, ukuran, hingga jenis sol saat memilih sepatu futsal.


Cara memilih sepatu futsal merek Specs sudah tuntas kami bahas di artikel ini. Kami pun sudah memberikan rekomendasi sepatu futsal Specs yang bagus. Adakah sepatu futsal yang cocok dengan kebutuhan Anda?

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer