• 10 Foundation Terbaik untuk Kulit Sawo Matang - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Foundation Terbaik untuk Kulit Sawo Matang - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Foundation Terbaik untuk Kulit Sawo Matang - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Foundation Terbaik untuk Kulit Sawo Matang - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Foundation Terbaik untuk Kulit Sawo Matang - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Foundation Terbaik untuk Kulit Sawo Matang - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)

Sawo matang merupakan warna kulit yang memberi kesan eksotis. Sayangnya, banyak wanita berkulit sawo matang yang merasa kesulitan untuk menemukan produk makeup yang sesuai. Kini, telah banyak merek kosmetik yang memproduksi foundation dengan warna yang cocok untuk kulit sawo matang. 


Artikel ini kami susun untuk membantu Anda yang berkulit sawo matang agar menemukan foundation yang bagus. Selain itu, kami mengulas rekomendasi produk terbaik, mulai dari merek Wardah, Inez, L'Oréal, hingga Bourjois. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Miss Insan dan Teh Dini. Simak tips dan pilih produknya, yuk!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Fithrah Al Insani
Dini Indriyani
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Makeup artists

Fithrah Al Insani
Makeup Artist
Fithrah Al Insani

Fithrah Al Insani atau yang lebih akrab dipanggil Miss Insan mengawali kariernya sebagai makeup artist sejak 2013. Dengan berbekal riasan airbrush, Miss Insan yang telah berpengalaman selama delapan tahun dalam dunia makeup kini berfokus pada riasan pengantin.


Makeup artist dari Karawang ini pernah menjalani berbagai pelatihan dari para MUA profesional, seperti Nanathnadia, Anpasuha, sampai Dean MUA. Bersama timnya, @bymissinsan, menjadi salah satu MUA ternama di Karawang dan sekitarnya.

Dini Indriyani
Makeup artist
Dini Indriyani

Sering disapa Teh Dini, makeup artist yang berfokus pada wedding makeup ini memulai perjalanan profesionalnya sejak 2011 di Bandung. Dini kemudian melanjutkan kariernya di Jakarta sejak 2013.


Meskipun memiliki spesialisasi di bidang airbrush makeup, Dini juga menguasai genre makeup yang lain. Karena itu, sejak 2016 Dini aktif memberikan workshop serta private class di berbagai kota. Dini juga pernah menjadi mentor di Sanggar Liza Beauty Course sampai tahun 2019.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih foundation untuk kulit sawo matang

Memilih foundation untuk kulit sawo matang bisa menjadi sedikit tricky. Selain perlu menemukan shade yang tepat, ada beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan. Apa saja poin-poinnya? Berikut ini akan kami jabarkan penjelasannya. 

Pilihlah berdasarkan jenis foundation

Foundation, disebut juga alas bedak, merupakan salah satu makeup dasar. Fungsinya adalah untuk meratakan warna kulit dan menyamarkan ketidaksempurnaan pada wajah, misalnya bekas jerawat dan kerutan minor. Ada beberapa jenis foundation, yang dijual di pasaran. Setiap jenisnya memiliki karakteristik masing-masing. Mari kita bahas satu per satu. 

Liquid foundation, paling mudah di-blend

Liquid foundation, paling mudah di-blend

Liquid foundation merupakan jenis foundation yang paling mudah ditemui. Teksturnya yang cair akan memudahkan Anda dalam mengaplikasikannya di wajah. Biasanya, foundation jenis ini memiliki daya coverage medium sehingga Anda perlu menambahkan layer agar mampu menyamarkan noda


Meski diaplikasikan lebih dari satu layer, formula liquid foundation yang ringan tidak akan membuat makeup terasa berat. Jika menginginkan coverage yang lebih full, liquid foundation dapat Anda blend dengan concealer atau foundation jenis lain. Walaupun dapat digunakan oleh semua jenis kulit, liquid foundation sangat cocok digunakan oleh pemilik kulit kering.


Makeup artist kami, Miss Insan juga paling menyukai foundation jenis liquid. Selain mudah di-blend, liquid foundation bisa dipakai untuk layering. Dengan layering, Anda bisa mendapatkan coverage tertentu yang masih terlihat wajar. Namun, jika ingin mendapatkan tampilan makeup full coverage, Anda bisa menambahkan liquid foundation dan cream foundation.


Sementara itu, Teh Dini menambahkan, pemilihan beauty blender dan teknik pengaplikasian juga memengaruhi hasil makeup. Jika ingin foundation lebih mudah di-blend, beauty blender perlu dipakai dalam kondisi lembap supaya tidak kesat. Gunakan foundation per bagian wajah dan blending dengan cara ditepuk atau di-tap-tap hingga merata.

Powder foundation, dapat menyerap minyak berlebih pada kulit berminyak

Powder foundation, dapat menyerap minyak berlebih pada kulit berminyak

Jika kulit Anda berminyak, powder foundation akan cocok untuk Anda. Karena berbentuk bubuk, foundation jenis ini dapat menyerap kelebihan minyak di wajah. Teksturnya lebih ringan dari liquid foundation. Selain itu, cara mengaplikasikannya pun lebih mudah seperti memakai bedak. 


Finishing yang natural membuat powder foundation digemari oleh banyak wanita yang menyukai no-makeup makeup look. Hanya saja, daya tahannya tidak selama liquid foundation. Anda dapat mengandalkan powder foundation untuk touch up atau bila Anda mudah sekali berkeringat.


Tidak dapat dipungkiri bahwa memakai powder foundation setelah foundation bisa mengunci foundation supaya tidak mudah bergeser. Finishing-nya terlihat smooth. Bahkan ada beberapa merek yang mengklaim blurring effect setelah pemakaian powder foundation asalkan penggunaannya tepat dan tidak berlebihan.

Cream foundation, terbaik untuk menyamarkan noda di wajah

Cream foundation, terbaik untuk menyamarkan noda di wajah

Umumnya, cream foundation memiliki daya cover yang tinggi. Dengan demikian, noda seperti bekas jerawat dan flek akan lebih mudah tertutupi. Selain itu, riasan yang didasari oleh cream foundation biasanya dapat bertahan lama. Agar tidak menyumbat pori-pori, Anda bisa memilih cream foundation dengan tekstur ringan. 


Cream foundation memang mempunyai tugas utama menutupi kekurangan di wajah seperti flek dan noda di wajah. Namun, cream foundation tidak bisa menghilangkan tekstur wajah, seperti smile line dan bopeng. 


Hindari mengaplikasikannya dengan terlalu tebal supaya tidak terasa berat di wajah. Cream foundation juga membutuhkan waktu untuk blending dengan baik supaya hasil akhirnya merata. Cream foundation cocok digunakan untuk kulit kering karena mengandung cukup banyak bahan pelembap.

Stick foundation, paling praktis untuk digunakan

Stick foundation, paling praktis untuk digunakan

Dibandingkan jenis foundation lainnya, stick foundation merupakan yang paling praktis untuk digunakan. Anda hanya perlu memoleskannya langsung ke wajah seperti memakai lipstik. Dengan bentuknya yang stick, Anda dapat memanfaatkan foundation ini untuk menutupi noda kecil di wajah. Teksturnya padat, tetapi creamy sehingga daya cover-nya cukup tinggi. 


Pada dasarnya, stick foundation dapat digunakan oleh semua jenis kulit, terutama untuk kulit kering. Meski demikian, Anda sebaiknya menghindari foundation jenis ini jika memiliki kulit sensitif. Stick foundation digunakan dengan cara langsung dipoles di wajah sehingga berisiko kurang higienis. Hal ini tentu tidak aman bagi pemilik kulit sensitif.

Cushion foundation, kombinasi liquid dan powder foundation

Cushion foundation, kombinasi liquid dan powder foundation

Pada dasarnya, cushion foundation merupakan gabungan antara liquid dan powder foundation. Jadi, Anda bisa mendapatkan hasil riasan yang tahan lama, tetapi dengan cara yang praktis. Tidak heran jika kemudian cushion foundation diklaim dapat mempersingkat waktu make up


Foundation ini dilengkapi dengan spons khusus yang dapat Anda gunakan untuk mengaplikasikannya. Istimewanya, semua jenis kulit dapat menggunakan cushion foundation. Foundation jenis ini juga banyak dijual di pasaran. Anda hanya perlu memilih yang sesuai dengan selera dan kebutuhan. 

Temukan shades yang sesuai untuk kulit Anda

Untuk mendapatkan tampilan complexion yang maksimal, menemukan shade yang tepat sangatlah penting. Jika salah memilih shade, wajah Anda bisa terlihat ashy atau tampak abu-abu. Sebagai panduan, Anda bisa memperhatikan poin-poin di bawah ini.

Mengenali undertone kulit untuk menghindari warna kulit terlihat abu-abu

Mengenali undertone kulit untuk menghindari warna kulit terlihat abu-abu

Untuk menemukan shade yang tepat, pertama-tama Anda harus mengetahui undertone kulit Anda. Undertone adalah warna dasar kulit yang tidak akan berubah meski warna kulit Anda berubah


Untuk mengetahui undertone, periksalah warna pembuluh darah di bagian dalam pergelangan tangan Anda. Jika warnanya kehijauan, berarti undertone Anda adalah warm. Sementara itu, cool undertone biasanya ditandai oleh pembuluh darah berwarna biru keunguan. Namun, jika warnanya ada di antara hijau dan biru, berarti Anda memiliki neutral undertone.


Pentingnya menyesuaikan shade foundation dengan undertone kulit adalah untuk menghindari warna kulit terlihat abu-abu. Kulit sawo matang dengan undertone warm dapat memilih shade dengan varian golden, honey, dan caramel. 


Untuk cool undertone, shade dengan varian bronze akan dapat menyatu dengan warna kulit Anda. Jika Anda memiliki undertone neutral, pilihlah shade foundation dengan varian beige, espresso, dan wallnut.

Swatch di rahang untuk menemukan shade yang tepat

Swatch di rahang untuk menemukan shade yang tepat

Setelah menemukan undertone Anda, selanjutnya temukan shade yang paling sesuai untuk kulit Anda. Jika Anda membelinya langsung di toko, Anda bisa mencoba tester produk yang disediakan. Cobalah beberapa shade yang sesuai untuk undertone Anda. 


Oleskan produk ke rahang Anda, lalu tunggu hingga beberapa menit. Setelah itu, pilihlah yang warnanya paling menyatu dengan kulit Anda. Ingatlah untuk tidak langsung memilih ketika produk baru saja dioleskan. Beberapa produk memiliki tingkat oksidasi yang berbeda sehingga butuh waktu beberapa menit untuk menyatu dengan warna kulit Anda. 


Banyak yang tidak tahu sampai detik ini cara memilih foundation supaya sesuai dengan kulit wajah. Kebanyakan orang mencoba foundation di pergelangan tangan atau punggung tangan mereka. Padahal warna kulit tangan kadang berbeda dengan warna kulit wajah.

Sesuaikan dengan jenis kulit Anda

Untuk mendapatkan hasil riasan yang maksimal, Anda sebaiknya mengecek kandungan di dalam makeup. Dengan begitu, Anda akan mengetahui apakah makeup tersebut cocok untuk kulit Anda atau tidak. 

Untuk kulit kering: Foundation yang banyak mengandung pelembap

Untuk kulit kering: Foundation yang banyak mengandung pelembap

Makeup cenderung tampak cakey ketika menempel di kulit yang kering. Untuk itu, Anda perlu memilih makeup dengan kandungan pelembap yang tinggi. Foundation dengan tekstur liquid atau cream cocok untuk kulit kering karena mengandung lebih banyak air dan pelembap. Selain itu, pastikan di dalamnya terdapat kandungan vitamin B dan asam hyaluronic yang berfungsi untuk melembapkan kulit. 


Agar kulit tampak lebih segar dan sehat, pilihlah foundation yang menghasilkan dewy finish. Tampilan dewy akan memberikan efek glowing yang terlihat cantik. Sebaiknya, pemilik kulit kering menghindari foundation jenis powder karena akan membuat kulit menjadi lebih kering. Anda juga dapat menggunakan face mist untuk membantu menjaga kelembapan kulit pada siang hari.

Untuk kulit berminyak: Foundation dengan kandungan antisebum

Untuk kulit berminyak: Foundation dengan kandungan antisebum

Pada kulit berminyak, makeup cenderung sulit menempel dan cepat luntur. Hal ini disebabkan oleh minyak berlebih yang dihasilkan oleh kulit. Untuk mengatasinya, pilihlah foundation dengan kandungan antisebum dan oil control.


Foundation berbentuk powder juga akan membantu Anda menyerap minyak berlebih di wajah. Agar wajah bebas kilap, Anda dapat menggunakan foundation dengan matte finish. Wajah Anda akan tampak halus seperti porselen, serta bebas kusam.  

Untuk kulit berjerawat: Foundation dengan kandungan non-comedogenic

Untuk kulit berjerawat: Foundation dengan kandungan non-comedogenic

Apabila kulit Anda berjerawat, sebaiknya hindari menggunakan makeup yang berat. Gunakanlah liquid foundation karena bertekstur lebih ringan dibandingkan jenis lainnya. Liquid foundation juga lebih mudah diratakan di kulit berjerawat. 


Setelah itu, pastikan terdapat label non-comedogenic pada produk yang Anda pilih. Selain itu, Anda juga tidak disarankan menggunakan foundation yang berbahan dasar minyak agar tidak memperparah kondisi kulit. 


Anda yang kulitnya cenderung berjerawat juga sebaiknya menghindari foundation yang memberi efek shimmering. Alasannya, produk yang menghasilkan efek tersebut biasanya mengandung minyak. Poin penting lainnya, kami menyarankan Anda untuk tidak mengenakan makeup dalam waktu yang lama, apalagi saat ada jerawat yang meradang.

Untuk kulit sensitif: Foundation berbahan natural dan bertekstur ringan

Untuk kulit sensitif: Foundation berbahan natural dan bertekstur ringan

Pemilik kulit sensitif harus ekstra hati-saat hendak memilih kosmetik. Salah pilih, kulit Anda bisa mengalami iritasi. Sebaiknya, Anda memilih foundation dengan bahan alami tanpa zat aditif atau kandungan mineral. Hindari menggunakan foundation berbentuk stick dan cream karena teksturnya cenderung berat.


Sebelum membeli, oleskan sedikit produk ke rahang atau leher Anda. Jika Anda merasa gatal atau kulit Anda menjadi kemerahan setelah beberapa saat, produk tersebut tidak sesuai untuk kulit Anda. Bacalah dengan teliti bahan kandungan yang tertulis di kemasan produk pilihan Anda. Hindari membeli produk dengan kandungan paraben dan pewangi buatan karena berpotensi menyebabkan alergi.

Utamakan produk yang mengandung UV protection

Utamakan produk yang mengandung UV protection

Meski memiliki kandungan melanin yang cukup tinggi, kulit sawo matang tetap butuh dilindungi dari paparan sinar matahari. Sinar UV dari matahari dapat menyebabkan penuaan dini dan berbagai masalah kulit lainnya. 


Untuk itu, Anda membutuhkan foundation yang mengandung UV protection. Formula UV protection berfungsi untuk melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet yang berbahaya. Bahkan, perlindungan ini juga tetap Anda butuhkan saat Anda beraktivitas di dalam ruangan.

10 Rekomendasi foundation terbaik untuk kulit sawo matang

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk foundation terbaik untuk kulit sawo matang yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Fithrah Al Insani dan Dini Indriyani.

10
Shade yang disarankanBeige
Jenis foundationLiquid
Hasil akhirSatin
UV protectionTidak disebutkan
9

RembakaLT PRO Smooth Corrector Cream Foundation

Mulai dari Rp 135.000,00

Shade yang disarankanChestnut
Jenis foundationCream
Hasil akhirMatte
UV protectionTidak disebutkan
8
Shade yang disarankanNatural beige, sand beige, caramel beige
Jenis foundationStick
Hasil akhirMatte
UV protectionSPF 35/PA +++
7

Make OverPowerstay Matte Powder Foundation

Mulai dari Rp 188.000,00

Shade yang disarankanW41 coral sand, W42 warm sand, C62 rich cocoa
Jenis foundationPowder
Hasil akhirMatte
UV protectionSPF 15/PA++
6
Shade yang disarankan235 pure beige, 240 golden beige, 130 buff beige, 230 natural buff, 310 sun beige
Hasil akhirDewy
Jenis foundationLiquid
UV protectionSPF 18
5

WardahExclusive Liquid Foundation

Mulai dari Rp 82.000,00

Shade yang disarankanNatural, coffee beige
Jenis foundationLiquid
Hasil akhirMatte
UV protection SPF 30
4

Mineral BotanicaAcne Care - Loose Foundation

Mulai dari Rp 77.900,00

Shade yang disarankanBeige
Jenis foundationPowder
Hasil akhirMatte
UV protectionTidak disebutkan
3
Shade yang disarankanSand, beige, buff
Jenis foundationLiquid
Hasil akhirNatural
UV protectionTidak disebutkan
2

L'Oréal Paris24H Fresh Wear Foundation

Mulai dari Rp 239.000,00

Shade yang disarankanGolden beige, radiant beige, golden sand, sand, honey
Jenis foundationLiquid
Hasil akhirVelvet
UV protectionSPF20/PA+++
1

Bourjois ParisHealthy Mix Serum Foundation

Mulai dari Rp 311.000,00

Shade yang disarankanDark beige
Jenis foundationLiquid
Hasil akhirDewy
UV protectionTidak disebutkan

Tabel perbandingan produk foundation terbaik untuk kulit sawo matang

Gambar produk
1
Bourjois Paris Healthy Mix Serum Foundation 1

Bourjois Paris

2
L'Oréal Paris 24H Fresh Wear Foundation 1

L'Oréal Paris

3
e.l.f.  Acne Fighting Foundation 1

e.l.f.

4
Mineral Botanica Acne Care - Loose Foundation 1

Mineral Botanica

5
Wardah Exclusive Liquid Foundation 1

Wardah

6
Maybelline Fit Me! Dewy+ Smooth  1

Maybelline

7
Make Over Powerstay Matte Powder Foundation 1

Make Over

8
Mandom PIXY UV Whitening Concealing Base 16

Mandom

9
Rembaka LT PRO Smooth Corrector Cream Foundation 1

Rembaka

10
Inez Lustrous Liquid Foundation 1

Inez

Nama produk

Healthy Mix Serum Foundation

24H Fresh Wear Foundation

Acne Fighting Foundation

Acne Care - Loose Foundation

Exclusive Liquid Foundation

Fit Me! Dewy+ Smooth

Powerstay Matte Powder Foundation

PIXY UV Whitening Concealing Base

LT PRO Smooth Corrector Cream Foundation

Lustrous Liquid Foundation

Keunggulan

Dapatkan kulit sehat dengan formula alami dari buah-buahan

Tahan lama dengan formula nonstop 24 jam

Foundation dan skincare dalam satu wadah

Berfungsi seperti two way cake untuk mengurangi minyak berlebih pada wajah

Tak hanya menjadi halus, kesehatan kulit Anda juga terjaga

Satu foundation untuk daily makeup dan glamour makeup

Si ringkas yang siap dibawa ke mana pun

Dua manfaat dalam satu produk

Wajah tampak segar dan poreless cukup dengan satu layer

Bebas kilap dengan kandungan tanpa minyak

Harga mulai dariRp 311.000,00Rp 239.000,00Rp 150.000,00Rp 77.900,00Rp 82.000,00Rp 149.000,00Rp 188.000,00Rp 39.000,00Rp 135.000,00Rp 98.000,00
Shade yang disarankanDark beigeGolden beige, radiant beige, golden sand, sand, honeySand, beige, buffBeigeNatural, coffee beige235 pure beige, 240 golden beige, 130 buff beige, 230 natural buff, 310 sun beigeW41 coral sand, W42 warm sand, C62 rich cocoaNatural beige, sand beige, caramel beigeChestnutBeige
Jenis foundationLiquidLiquidLiquidPowderLiquidDewyPowderStickCreamLiquid
Hasil akhirDewyVelvetNaturalMatteMatteLiquidMatteMatteMatteSatin
UV protectionTidak disebutkanSPF20/PA+++Tidak disebutkanTidak disebutkan SPF 30SPF 18SPF 15/PA++SPF 35/PA +++Tidak disebutkanTidak disebutkan
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar foundation terbaik untuk kulit sawo matang

Pertanyaan umum seputar foundation terbaik untuk kulit sawo matang

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar foundation terbaik untuk kulit sawo matang. Jika Anda masih penasaran dengan foundation terbaik untuk kulit sawo matang, simak jawabannya di bawah ini!

Apa tips mencocokan foundation dengan warna kulit?

Tips memilih warna foundation yang paling mudah adalah mencobanya terlebih dahulu supaya tidak gagal di kemudian hari. Hal ini juga dilakukan untuk menghindari hasil abu-abu di wajah. Cobalah foundation di garis rahang dengan membuat garis tegak lurus mulai dari rahang ke arah leher


Jika warna menyatu dengan kulit dan membuat foundation terlihat transparan, tunggu sekitar dua jam. Periksa apakah foundation menggelap atau tidak. Jika menggelap, pilih satu shade di atas foundation yang Anda pilih. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi oksidasi setelah dipakai berjam-jam.

Baca juga rekomendasi makeup lainnya untuk kulit sawo matang di sini

Kulit sawo matang sangatlah cantik dan eksotis. Meskipun begitu, Anda pasti pernah kesulitan mendapatkan produk makeup yang cocok untuk kulit Anda. Jika begitu, simak rekomendasi produk makeup lainnya untuk kulit sawo matang di bawah ini!

Kesimpulan

Kesan eksotis pada kulit sawo matang dapat ditampilkan secara maksimal dengan memilih foundation yang tepat. Dalam memilih foundation, perhatikan jenis dan bahan kandungannya, lalu pilih yang sesuai dengan kondisi kulit Anda. 


Selanjutnya, pastikan Anda memilih shades yang sesuai dengan undertone Anda. Selain itu, pilihlah produk yang mengandung UV protection. Semoga artikel ini dapat membantu Anda memilih foundation yang pas untuk kulit sawo matang. Selamat memilih dan memancarkan pesona cantik Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Cushion Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cushion Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Belakangan ini, popularitas cushion makin menanjak di kalangan pengguna makeup. Merek lokal pun tak ingin ketinggalan tren dengan turut memproduksi cushion yang bagus. Selain berkualitas internasional, cushion lokal juga disesuaikan dengan jenis kulit dan warna kulit orang Indonesia. Ada cushion untuk kulit berminyak, kulit kering, dan kulit sensitif.Kami akan memberikan tips untuk memilih cushion lokal beserta sepuluh rekomendasi produk terbaiknya. Anda akan menemukan produk dari Pixy Cosmetics, Somethinc, dan Make Over. Tentu semua produk rekomendasi sudah mengantongi izin BPOM sehingga pasti aman digunakan. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Makeup wajah
  • 10 Bedak Tabur Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bedak Tabur Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Loose powder atau bedak tabur dapat digunakan untuk menyempurnakan riasan Anda. Wajah akan tampak glowing dan makeup pun lebih tahan lama. Bedak tabur juga bisa mengontrol sebum pada kulit berminyak. Namun, banyaknya produk bedak tabur yang beredar mungkin akan membingungkan Anda. Di artikel ini, Anda akan menemukan tips memilih beserta rekomendasi produk bedak tabur yang bagus. Di dalamnya terdapat sepuluh merek bedak tabur terbaik, seperti Wardah, Emina, Make Over, dan Marcks. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Teh Dini. Yuk, temukan bedak tabur yang tepat untuk tampil flawless!
    Makeup wajah
  • 10 Cushion Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cushion Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki kulit wajah yang tampak segar sepanjang hari akan sulit dicapai jika kulit berminyak dan berjerawat. Untuk mengatasinya, Anda perlu berhati-hati memilih kosmetik, termasuk dalam memilih cushion. Pastikan Anda memilih cushion yang diformulasi khusus untuk kulit berminyak.Di artikel ini, Anda akan menemukan rekomendasi produk cushion yang bagus untuk kulit berminyak. Kami juga akan mengulas cushion dari berbagai merek, seperti Make Over, Maybelline, Laneige, atau Wardah. Baca juga tips tambahan dari beauty content creator, Citta Farenty. Temukan cushion terbaik untuk Anda dan nikmati tampilan flawless setiap harinya! 
    Makeup wajah
  • 10 Bedak Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bedak Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda memiliki tipe kulit berminyak? Jika iya, Anda harus jeli dalam memilih produk makeup, termasuk bedak. Bedak yang salah akan membuat wajah makin berminyak sehingga rentan menimbulkan beruntusan, komedo, dan jerawat. Lantas, bagaimana cara memilih bedak yang tepat untuk kulit berminyak?Anda akan menemukan jawabannya dalam artikel ini. Di artikel ini, kami memaparkan cara memilih bedak yang bagus. Kami juga memberikan rekomendasi merek bedak terbaik untuk kulit berminyak yang bisa digunakan usia remaja hingga dewasa. Artikel ini sudah ditinjau oleh beauty blogger kami, Cut Auzola.
    Makeup wajah
  • 10 Setting Spray Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Setting Spray Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah makeup Anda cepat luntur? Jika ya, Anda wajib tahu tentang setting spray. Setting spray berguna untuk mencegah lunturnya makeup karena keringat ataupun minyak di wajah. Saat ini sudah tersedia berbagai setting spray untuk berbagai jenis kulit, seperti kulit berminyak, berjerawat, kombinasi, dan kering.Di artikel ini Anda akan menemukan berbagai rekomendasi setting spray dari merk yang bagus, seperti PIXY, Wardah, dan Studio Tropik. Baca juga tips memilih tambahan dari beauty content creator, Citta Farenty. Yuk, temukan setting spray terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan tipe kulit Anda di sini!
    Makeup wajah
  • 10 Makeup Primer Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Makeup Primer Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Sayang sekali jika Anda menggunakan makeup tanpa melengkapinya dengan primer. Primer makeup adalah salah satu produk kecantikan yang dapat membuat makeup lebih tahan lama. Selain itu, primer juga dapat membuat kulit Anda tampak lebih halus sehingga makeup akan terlihat lebih menyatu.Supaya Anda bisa mendapatkan primer yang bagus, kami akan membahasnya secara detail di artikel ini. Anda pun dapat membaca tips tambahan dari beauty content creator, Citta Farenty. Temukan juga rekomendasi primer terbaik dari berbagai merek, seperti Pixy, Maybelline, Heimish, dan lainnya. Langsung saja, ya!
    Makeup wajah
  • 10 Rekomendasi Foundation Terbaik untuk Keperluan Cosplay (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Foundation Terbaik untuk Keperluan Cosplay (Terbaru Tahun 2022)
    Foundation merupakan kosmetik terpenting untuk menyempurnakan riasan cosplay. Dari berbagai macam jenis foundation, cosplayer membutuhkan produk yang tahan lama, waterproof, serta membuat kulit mulus. Namun, produk foundation ini memiliki beragam jenis yang kerap membingungkan para cosplayer dalam memilih.Dalam artikel ini kami membagikan tips memilih foundation yang bagus untuk cosplay. Beberapa merek terkenal, seperti Somethinc, Estee Lauder, Kryolan, Maybelline, dan COSCOS pun kami rekomendasikan. Melalui artikel ini, temukan foundation terbaik untuk menyempurnakan penampilan cosplay Anda akhir pekan ini!
    Makeup wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori