• 10 Serum Wajah Korea Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Serum Wajah Korea Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Serum Wajah Korea Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Serum Wajah Korea Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Serum Wajah Korea Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Serum Wajah Korea Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)

Produk perawatan kulit asal Korea makin banyak diminati di Indonesia, termasuk serum wajah. Berbagai merek skincare asal Korea menawarkan serum dari bahan-bahan alami. Serum Korea ini juga memiliki beragam manfaat, misalnya mengatasi kulit berminyak dan berjerawat, mengecilkan pori-pori, hingga sebagai antiaging.


Dalam artikel ini, Anda bisa menemukan cara memilih serum asal Korea. Anda juga akan mendapati berbagai merek serum wajah Korea yang bagus, seperti LANEIGE, Innisfree, Sulwhasoo, Some by Mi, dan Aish. Tidak lupa, komentar dari dokter umum, dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami, juga akan melengkapi informasi pada artikel ini.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Mutia Ulfa G.U
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter umum, dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami

Profil pakar: Dokter umum, dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami

Dokter Mutia adalah seorang dokter umum lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Maranatha. Dokter yang telah bekerja di klinik kecantikan sejak 2018 ini mempunyai ketertarikan di bidang estetik dan kecantikan. Tidak hanya itu, saat ini dokter Mutia juga sedang mengambil pendidikan magister di jurusan Anti Aging & Aesthetic Medicine. Anda dapat mengenal dokter Mutia lebih jauh melalui akun Instagram-nya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih serum wajah Korea

Produk asal Korea memang sedang banyak diminati. Agar Anda tidak salah memilih, kami berikan tipsnya dalam poin-poin berikut ini.

Pilih yang sesuai dengan jenis kulit

Setiap jenis kulit membutuhkan perawatan tersendiri agar lebih ternutrisi. Di bawah ini, kami akan jelaskan bahan-bahan kandungan yang dibutuhkan oleh masing-masing jenis kulit.

Kulit normal: Perawatan kulit paling mudah

Kulit normal: Perawatan kulit paling mudah

Umumnya, pemilik kulit normal tidak mengalami masalah kulit yang berarti. Namun, hal ini bukan berarti Anda tidak perlu menggunakan produk perawatan kulit. Bagi pemilik kulit normal, Anda tetap harus melakukan perawatan kulit untuk menjaga kekenyalan dan kelembapannya.


Pemilihan serum wajah Korea untuk pemilik kulit normal tidak terlalu sulit. Anda dapat memilih serum dengan kemampuan moisturizing untuk menjaga kelembapan kulit wajah. Kandungan seperti hyaluronic acid dan collagen juga baik untuk membuat kulit lebih kenyal dan bebas kerutan.

dr. Mutia Ulfa G.U
Dokter umum
dr. Mutia Ulfa G.U

Kulit normal adalah istilah paling umum untuk menggambarkan kulit yang seimbang, tidak terlalu berminyak, atau terlalu kering. Pori-pori halus, tekstur wajah velvety dan lembut, tidak kemerahan, serta jarang bermasalah adalah ciri kulit normal. 


Meskipun begitu, bukan berarti pemilik kulit normal tidak harus pakai skincare, ya! Anda tetap disarankan menggunakan serum yang melembapkan dan menghambat penuaan. Serum-serum dengan kandungan, seperti hyaluronic acid, kolagen, dan vitamin C bisa Anda pilih.

Kulit berminyak: Gunakan serum yang mampu mengontrol minyak berlebih

Kulit berminyak: Gunakan serum yang mampu mengontrol minyak berlebih

Kulit wajah berminyak disebabkan oleh produksi sebum (minyak) yang berlebih. Bahan aktif yang tepat untuk mengatasi masalah kulit ini adalah hyaluronic, salicylic, dan glycolic acid. Hyaluronic acid akan melembapkan kulit tanpa membuatnya makin berminyak. Sementara itu, salicylic acid efektif untuk mengatasi kulit berminyak dan membersihkan pori-pori tersumbat. 


Lalu, glycolic acid bermanfaat mengangkat sel kulit mati, membuat wajah tampak halus dan cerah, sekaligus mengontrol minyak. Untuk Anda yang memiliki masalah kulit berminyak dan berjerawat, gunakanlah serum Korea yang mengandung tea tree oil. Kandungan tersebut mampu mengontrol produksi minyak berlebih dalam kulit dan membantu menjaganya dari bakteri penyebab jerawat.


Sebisa mungkin, hindari serum dengan tekstur yang berat dan berminyak karena bisa membuat kulit Anda makin berjerawat. Kandungan mineral oil juga harus Anda jauhi karena bahan tersebut membuat kulit Anda makin berminyak. Bagi pemilik wajah berminyak, pilihlah serum yang teksturnya cair, mudah meresap, dan memberi sensasi menyegarkan.

dr. Mutia Ulfa G.U
Dokter umum
dr. Mutia Ulfa G.U

Dinamai kulit berminyak karena produksi sebum pada kulit meningkat. Kulit berminyak biasanya ditandai dengan pori-pori besar yang jelas terlihat, tampilan mengilat, dan adanya komedo (blackhead atau whitehead). Kulit berminyak juga sering kali berhubungan dengan timbulnya jerawat.


Untuk itu, Anda dapat memilih skincare dengan kandungan yang mampu mengontrol produksi minyak


  • Hyaluronic acid, berfungsi melembapkan tanpa membuat kulit terasa berat. 
  • Glycolic acid, dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan membuat wajah lebih cerah.
  • Salicylic acid, selain mengurangi sebum juga dapat mengurangi komedo dan membersihkan pori-pori.
  • Retinol, dapat mengurangi tampilan pori-pori karena membuat wajah lebih kencang.
  • Niacinamide, terbukti dapat menyerap sebum. 
  • Tea tree oil, memiliki manfaat menyerap minyak, mengurangi ukuran pori, sebagai antibakteri dan anti-inflamasi. Kandungan ini cocok digunakan untuk tipe kulit oily-acne prone.

Kulit berjerawat: Pilih serum yang mampu menenangkan kulit dan menghilangkan bekas jerawat

Kulit berjerawat: Pilih serum yang mampu menenangkan kulit dan menghilangkan bekas jerawat

Kulit yang berjerawat biasanya berwarna kemerahan karena adanya iritasi pada kulit. Kandungan Centella asiatica, salicylic acid, dan propolis dapat membantu mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit. Lalu, serum yang mengandung allantoin, niacinamide, dan betaine juga dapat dipilih. Ketiga bahan aktif tersebut mampu menenangkan kulit serta menyamarkan bekas luka, jerawat, dan kemerahan. 


Selain itu, Anda bisa memilih bahan kandungan BHA (beta hydroxy acid) dan AHA (alpha hydroxy acid) yang dapat mengeksfoliasi kulit. Eksfoliasi sangat penting bagi pemilik kulit berjerawat agar sel-sel kulit mati tidak menyumbat pori. Penyumbatan pori-pori dapat membuat jerawat Anda makin parah.

dr. Mutia Ulfa G.U
Dokter umum
dr. Mutia Ulfa G.U

Tipe jerawat terbagi menjadi dua. Pertama, jerawat non-inflammatory seperti blackhead dan whitehead. Kedua, jerawat yang disertai inflamasi seperti papul, pustul, nodul, dan kista. Skincare untuk kulit berjerawat hampir sama dengan kulit berminyak


Kulit yang berjerawat biasanya akan bermasalah dengan kemerahan dan radang pada kulit. Kulit berjerawat juga berisiko memiliki bekas jerawat pasca-inflamasi yang berwarna hitam atau PIH (post inflammatory hiperpigmentation). Selain itu, ada juga bekas yang berwarna merah yaitu PIE (post inflammatory erytema).

Kulit kering: Pilih yang kaya akan pelembap

Kulit kering: Pilih yang kaya akan pelembap

Kandungan pelembap yang tinggi sangat dibutuhkan oleh pemilik kulit kering. Jika tidak diberi nutrisi yang sesuai, kulit kering akan cepat mengalami kerutan. Kandungan hyaluronic acid, glycerin, ceramide, dan vitamin E efektif untuk meningkatkan kelembapan kulit kering.


Serum dengan kandungan pentylene atau butylene glycol, allantoin, lecithin, serta carboxylic dan linoleic acid juga mampu melembapkan dengan baik. Pada serum khas dari Korea, Anda akan mendapatkan snail filtrate sebagai bahannya. Bahan tersebut dapat memberikan nutrisi pada kulit Anda agar lebih kenyal.


Untuk kulit yang sangat kering juga diperlukan kandungan yang dapat mengeksfoliasi agar kulit wajah jadi lebih halus. Oleh karenanya, pilihlah serum dengan glycolic acid yang dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah Anda.

dr. Mutia Ulfa G.U
Dokter umum
dr. Mutia Ulfa G.U

Berbanding terbalik dengan kulit berminyak, pemilik kulit kering justru menghasilkan sebum yang sedikit. Kulit kering ditandai dengan kulit yang terasa "tertarik", kasar, kadang terasa gatal, bahkan sampai mengelupas. Oleh karena itu, serum yang bersifat hydrating cocok untuk tipe kulit ini

Kulit kombinasi: Pakai dua jenis serum atau pilih yang mengandung hyaluronic acid

Kulit kombinasi: Pakai dua jenis serum atau pilih yang mengandung hyaluronic acid

Kulit kombinasi memiliki ciri kulit yang kering di area pipi dan berminyak di T-zone (hidung dan dahi). Karenanya, memilih serum bagi pemilik kulit kombinasi menjadi lebih tricky. Solusi terbaik untuk kulit wajah kombinasi adalah menggunakan dua jenis serum yang berbeda.


Namun, menggunakan dua jenis serum tentu lebih merepotkan dan memakan biaya lebih banyak. Jika ingin lebih praktis, gunakanlah serum yang mengandung hyaluronic acid. Hyaluronic acid adalah pelembap dengan tekstur ringan di kulit dan dapat digunakan pada setiap jenis kulit.

dr. Mutia Ulfa G.U
Dokter umum
dr. Mutia Ulfa G.U

Kulit kombinasi memiliki ciri T-zone (dahi, hidung dan dagu) yang berminyak dan berpori besar. Sementara itu, area pipinya normal atau cenderung kering. Karena kondisi ini, pilihlah serum dengan kandungan yang dapat dipakai pada kulit normal atau kering dan berminyak seperti hyaluronic acid

Kulit sensitif: Hindari kandungan alkohol dan zat aditif

Kulit sensitif: Hindari kandungan alkohol dan zat aditif

Ada beberapa kandungan pada serum yang harus dihindari agar tidak memicu alergi dan iritasi pada kulit sensitif. Contoh kandungan yang berdampak buruk bagi kulit sensitif adalah alkohol dan zat aditif. Jauhkan kulit Anda dari bahan tersebut agar tidak mengalami iritasi.


Bahan-bahan yang dapat menenangkan kulit, seperti Centella asiatica, sangat dibutuhkan oleh pemilik kulit sensitif. Hyaluronic acid, collagen, allantoinglycerin, sphingolipids, dan cholesterol stearate merupakan kandungan yang baik untuk menjaga kelembapan kulit sensitif Anda.


Selain bahannya, perhatikan juga tekstur serum Korea pilihan Anda. Sebaiknya pilih serum dengan tekstur cair karena lebih cepat terserap dan bisa mencegah terjadinya pergesekan dengan kulit. Gunakan juga serum yang bersifat hypoallergenic karena tidak akan menyebabkan alergi pada kulit Anda.


Jika masih ragu, coba dahulu sedikit produknya pada wajah Anda. Tunggu selama beberapa jam, lalu lihat apakah ada reaksi alergi yang terjadi. Kemerahan pada kulit merupakan tanda adanya alergi sehingga Anda sebaiknya tidak menggunakan produk tersebut.

dr. Mutia Ulfa G.U
Dokter umum
dr. Mutia Ulfa G.U

Kulit sensitif adalah kulit yang mudah teriritasi oleh berbagai faktor. Pada sebagian orang, kondisi ini dapat bersifat permanen. Namun, pada sebagian lain sensitivitasnya bisa dipicu ketika skin barrier terganggu. Hal ini menyebabkan hilangnya air dan masuknya bahan-bahan yang memicu iritasi ke kulit. 


Gejalanya dapat diperparah oleh faktor-faktor tertentu seperti sinar matahari dan beberapa kandungan produk skincare yang termasuk zat aditif. Karena itu, Anda dapat melakukan patch test terlebih dahulu untuk mengetahui reaksi kandungan produk terhadap kulit. Caranya, oleskan sedikit produk pada area leher di belakang telinga. Lalu, tunggu sampai 24 jam untuk mencari tahu apakah muncul reaksi alergi atau tidak.

Perhatikan permasalahan kulit lainnya

Selain jenis kulit yang berbeda, masalah kulit yang dialami juga beragam. Pilih kandungan yang dapat membantu menangani permasalahan kulit Anda.

Flek hitam, kulit kusam, dan warna tidak merata: Cerahkan dengan vitamin C, niacinamide, dan glutathione

Flek hitam, kulit kusam, dan warna tidak merata: Cerahkan dengan vitamin C, niacinamide, dan glutathione

Adanya flek hitam, kulit kusam, dan warna kulit yang tidak merata dapat membuat rasa percaya diri berkurang. Jika itu masalahnya, pilih serum wajah yang mengandung vitamin C, niacinamide, dan glutathione. Vitamin C dapat membantu mencerahkan warna kulit, serta memperbaiki kulit yang sering terkena paparan sinar matahari.


Selanjutnya, niacinamide merupakan vitamin B3 yang punya kemampuan melembapkan, memperbaiki tekstur, dan meratakan warna kulit. Di sisi lain, glutathione bekerja menekan produksi melamin pada lapisan kulit dan membuatnya lebih cerah dan kenyal.


Selain ketiga bahan tersebut, kandungan kojic acid dan glycolic acid juga dapat membantu mencerahkan warna kulit. Keduanya dapat mencegah munculnya flek hitam akibat penuaan. Anda yang memiliki kulit kusam juga bisa menggunakan serum yang mengandung bahan-bahan tersebut.

dr. Mutia Ulfa G.U
Dokter umum
dr. Mutia Ulfa G.U

Hiperpigmentasi, warna kulit yang tidak rata, dan kulit kusam merupakan beberapa masalah kulit yang dialami perempuan Indonesia. Umumnya, hal tersebut diakibatkan oleh paparan sinar matahari. Beberapa contoh whitening agent yang dapat Anda pilih yaitu ascorbic acid, kojic acid, azelaic acid, AHA, BHA, niacinamide, alpha arbutin, dan vitamin C.


Ada juga glutathione yang merupakan antioksidan kuat dengan salah satu manfaatnya adalah mencerahkan kulit. Namun, bukti ilmiah gluthatione dapat bermanfaat dan aman digunakan masih diragukan efektivitasnya sehingga perlu penelitian lebih lanjut.

Garis halus dan kerutan: Pilih serum dengan kemampuan antiaging dan antioksidan

Garis halus dan kerutan: Pilih serum dengan kemampuan antiaging dan antioksidan

Memasuki akhir usia 20-an, garis halus dan kerutan biasanya mulai muncul. Serum wajah asal Korea dengan kandungan antiaging bisa membantu mengencangkan kulit Anda.


Astaxanthin merupakan antioksidan yang dapat melindungi kulit dari paparan radikal bebas penyebab penuaan dini. Antioksidan lainnya yang dapat merawat kulit Anda adalah vitamin E dan C. Bahkan, vitamin C dapat membantu pembetukan kolagen secara alami pada kulit.


Selain antioksidan, gunakan serum dengan kandungan collagen dan proteoglycan yang dapat membuat kulit lebih kencang bebas kerutan. Pilihlah juga serum yang kaya akan pelembap seperti ceramide. Ceramide dapat menghidrasi kulit sehingga lebih kenyal dan kencang.

dr. Mutia Ulfa G.U
Dokter umum
dr. Mutia Ulfa G.U

Menggunakan produk dengan kandungan antioksidan merupakan salah satu cara untuk mencegah terjadinya penuaan. Antioksidan melindungi kulit dengan cara menangkal radikal bebas yang dapat merusak kulit. 


Dengan penggunaan rutin, antioksidan dapat

  • Mengurangi munculnya flek hitam 
  • Mencegah tanda-tanda penuaan
  • Menenangkan peradangan
  • Menjaga hidrasi 
  • Melembapkan kulit

Kemasan botol, pump, atau dropper? Pilih yang paling praktis untuk Anda

Kemasan botol, pump, atau dropper? Pilih yang paling praktis untuk Anda

Serum wajah dari Korea umumnya dikemas dalam tiga jenis wadah, yakni botol biasa, pump, dan dropperSerum dengan kemasan botol dipakai dengan cara dituangkan ke telapak tangan. Anda perlu sedikit berhati-hati agar jumlah serum yang keluar tidak berlebihan. Sementara itu, serum dengan wadah pump dipakai dengan cara menekan bagian atasnya.


Terakhir, serum berwadah dropper dipakai dengan cara menekan dan melepas bola karetnya hingga serum masuk ke dalam pipet. Untuk serum dengan wadah pump dan dropper, Anda bisa meneteskannya langsung ke wajah. Meski begitu, hindari menempelkannya ke kulit Anda karena dapat memicu berkumpulnya bakteri.

10 Rekomendasi serum wajah Korea terbaik

Memilih serum wajah asal Korea ternyata tidak terlalu sulit, bukan? Berikutnya, kami akan memberikan beberapa rekomendasi produk serum wajah terbaik asal Korea. Produk-produk berikut ini adalah produk pilihan kami dan bukan rekomendasi dari dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami.

10
Kandungan bahan aktifGlycerin, niacinamide, betaine, hydrogenated castor oil, honey extract, Centella asiatica extract, butylene glycol, pentylene glycol, 5 layer hyaluronic acid, dan 6 jenis peptida
Jenis kulitNormal, kering, dan berminyak
KemasanBotol
Isi220 ml
9
Kandungan bahan aktifLicorice extract, mangosteen extract, kiwi extract, dan tranexamoyl dipeptide-23
Jenis kulitSemua jenis kulit
KemasanDropper
Isi15 ml
8
Kandungan bahan aktifLecithin, folic acid, butylene glycol, minyak jeruk, minyak lavender, ekstrak Centella asiatica, dan ekstrak tumbuhan lainnya
Jenis kulitSemua jenis kulit
KemasanDropper
Isi35 ml
7
Kandungan bahan aktifGlycerin, butylene glycol, lavender oil, Undaria pinnatifida extract, dan algae extract
Jenis kulitKering
KemasanPump
Isi30 ml
6
Kandungan bahan aktifButylene glycol, glycerin, betaine, allantoin, asiaticoside, asiatic acid, madecassic acid, madecassoside, serta ekstrak Centella asiatica dan tumbuhan lainnya
Jenis kulitSensitif
KemasanDropper
Isi30 ml
5
Kandungan bahan aktifGlycerin, betaine, butylene glycol, ceramide, Moringa oleifera seed oil, jojoba seed oil, lidah buaya, dan ekstrak tumbuhan lainnya
Jenis kulitKering, normal, kombinasi, dan sensitif
KemasanDropper
Isi30 ml
4

iUNIKPropolis Vitamin Synergy Serum

Mulai dari Rp 140.000,00

Kandungan bahan aktifGlycerin, butylene glycol, niacinamide, betaine, sodium hyaluronate, allantoin, pentylene glycol, bergamot fruit oil, madu, dan ekstrak tumbuhan lainnya
Jenis kulitKering dan sensitif
KemasanDropper
Isi15 ml dan 50 ml
3

Some by MiSnail Truecica Miracle Repair Serum

Mulai dari Rp 306.700,00

Kandungan bahan aktifSnail secretion filtrate, butylene glycol, niacinamide, allantoin, pentylene glycol, bergamot fruit oil, sage oil, serta ekstrak tea tree leaf dan tumbuhan lainnya
Jenis kulitSensitif dan berjerawat
KemasanPump
Isi50 ml
2
Kandungan bahan aktifAloe barbadensis leaf water, sepicalm, Camellia japonica flower extract, Cymbopogon citratus extract, lime peel extract, Mentha suaveolens leaf extract
Jenis kulitSemua jenis kulit
KemasanDropper
Isi50 ml
1
Kandungan bahan aktifButylene glycol, betaine, pentylene glycol, citric acid, hydrogenated lecithin, licorice root extract, peony, sacred lotus, Solomon’s seal, white lily, Rehmannia
Jenis kulitSemua jenis kulit
KemasanPump
Isi15 ml, 30 ml, 60 ml, 90 ml, dan 120 ml

Tabel perbandingan produk serum wajah Korea terbaik

Gambar produk
1
Sulwhasoo First Care Activating Serum 1

Sulwhasoo

2
Nacific Fresh Herbs Origin Serum 1

Nacific

3
Some by Mi Snail Truecica Miracle Repair Serum 1

Some by Mi

4
iUNIK Propolis Vitamin Synergy Serum  1

iUNIK

5
LANEIGE Glowy Makeup Serum 1

LANEIGE

6
COSRX Pure Fit Cica Serum 1

COSRX

7
Innisfree Wrinkle Science Oil Serum 1

Innisfree

8
Klairs Freshly Juiced Vitamin Drop 1

Klairs

9
Aish Darkspot Serum 1

Aish

10
SNP Prep Peptaronic Serum 1

SNP

Nama produk

First Care Activating Serum

Fresh Herbs Origin Serum

Snail Truecica Miracle Repair Serum

Propolis Vitamin Synergy Serum

Glowy Makeup Serum

Pure Fit Cica Serum

Wrinkle Science Oil Serum

Freshly Juiced Vitamin Drop

Darkspot Serum

Prep Peptaronic Serum

Keunggulan

Atasi tanda-tanda penuaan pada kulit secara efektif, menjadikan wajah tampak awet muda

Kaya akan bahan-bahan alami untuk kelembapan maksimal wajah Anda

Diperkaya Snail Truecica™ untuk wajah tampak lebih mulus dan bebas bekas jerawat

Melindungi wajah dari sinar UV dan menjadikannya lebih cerah

Diformulasikan khusus untuk menciptakan kulit wajah yang glowing

Mengandung 76% CICA-7 Complex untuk menenangkan kulit yang sensitif dan iritasi

Oil serum untuk menghidrasi kulit dan mengatasi garis halus

Mengecilkan pori-pori dan mencerahkan wajah secara alami tanpa efek samping

Terbuat dari bahan-bahan pilihan yang efektif menyamarkan bintik hitam

Menghaluskan dan melembapkan kulit tanpa membuatnya terasa berminyak

Harga mulai dariRp 350.000,00Rp 322.429,00Rp 306.700,00Rp 140.000,00Rp 502.500,00Rp 314.500,00Rp 490.000,00Rp 350.000,00Rp 123.000,00Rp 160.000,00
Kandungan bahan aktifButylene glycol, betaine, pentylene glycol, citric acid, hydrogenated lecithin, licorice root extract, peony, sacred lotus, Solomon’s seal, white lily, RehmanniaAloe barbadensis leaf water, sepicalm, Camellia japonica flower extract, Cymbopogon citratus extract, lime peel extract, Mentha suaveolens leaf extractSnail secretion filtrate, butylene glycol, niacinamide, allantoin, pentylene glycol, bergamot fruit oil, sage oil, serta ekstrak tea tree leaf dan tumbuhan lainnyaGlycerin, butylene glycol, niacinamide, betaine, sodium hyaluronate, allantoin, pentylene glycol, bergamot fruit oil, madu, dan ekstrak tumbuhan lainnyaGlycerin, betaine, butylene glycol, ceramide, Moringa oleifera seed oil, jojoba seed oil, lidah buaya, dan ekstrak tumbuhan lainnyaButylene glycol, glycerin, betaine, allantoin, asiaticoside, asiatic acid, madecassic acid, madecassoside, serta ekstrak Centella asiatica dan tumbuhan lainnyaGlycerin, butylene glycol, lavender oil, Undaria pinnatifida extract, dan algae extractLecithin, folic acid, butylene glycol, minyak jeruk, minyak lavender, ekstrak Centella asiatica, dan ekstrak tumbuhan lainnyaLicorice extract, mangosteen extract, kiwi extract, dan tranexamoyl dipeptide-23Glycerin, niacinamide, betaine, hydrogenated castor oil, honey extract, Centella asiatica extract, butylene glycol, pentylene glycol, 5 layer hyaluronic acid, dan 6 jenis peptida
Jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulitSensitif dan berjerawatKering dan sensitifKering, normal, kombinasi, dan sensitifSensitifKeringSemua jenis kulitSemua jenis kulitNormal, kering, dan berminyak
KemasanPumpDropperPumpDropperDropperDropperPumpDropperDropperBotol
Isi15 ml, 30 ml, 60 ml, 90 ml, dan 120 ml50 ml50 ml15 ml dan 50 ml30 ml30 ml30 ml35 ml15 ml220 ml
Tautan produk

Baca juga rekomendasi skincare asal Korea lainnya di sini

Skincare asal Korea memang dikenal memiliki formula yang ringan dan ampuh mengatasi masalah kulit wajah. Berikut ini, kami memiliki rekomendasi produk skincare asal Korea lainnya yang mungkin Anda butuhkan. Berbagai skincare ternama, seperti COSRX, Nature Republic, Nacific, dan Some By Mi bisa Anda dapatkan melalui tautan yang tersedia.

Kesimpulan

Sekian ulasan kami mengenai produk serum wajah asal Korea. Sangat menarik,bukan? Kandungan bahan alami merupakan kunci utama dari serum Korea. Dengan demikian, kulit wajah Anda jadi lebih sehat dan terawat dengan baik.


Agar tak menyesal, pilihlah serum yang sesuai dengan jenis dan permasalahan kulit Anda. Selain itu, pastikan juga Anda membeli produk orisinal yang terjamin keamanannya. Selamat mendapatkan kulit kenyal dan sehat ala artis Korea!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering dituduh menjadikan kulit berminyak dan berjerawat, padahal kenyataannya tidak begitu. Sunscreen yang tepat akan aman dipakai meski kulit Anda berjerawat, beruntusan, dan sensitif sekalipun. Justru saat Anda berjerawat dan tidak menggunakan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam.Kali ini kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan Azarine di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah permasalahan kulit yang umum terjadi pada remaja atau dewasa, baik itu wanita maupun pria. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Pilihlah sabun muka untuk wajah berjerawat berdasarkan jenis kulit, seperti kulit berminyak, kering, dan sensitif.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cetaphil, Safi, dan SENKA bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu skincare yang populer saat ini adalah serum wajah yang mengandung retinol. Serum retinol menawarkan banyak manfaat, terutama untuk mencegah penuaan dan menjaga elastisitas kulit. Harga jual retinol serum pun bervariasi, dari yang mahal hingga harga kurang dari 100 ribu rupiah.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih retinol serum terbaik untuk Anda. Kami juga menyiapkan beberapa rekomendasi merek serum retinol yang bagus, seperti Somethinc, Avoskin, dan Azarine. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama dan dr. Dian Pratiwi. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, manakah yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya tips memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang wajib digunakan setiap hari. Ada beberapa jenis sunscreen yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari, salah satunya physical sunscreen. Physical sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan memantulkan sinar matahari dari kulit. Sunscreen ini tidak menyumbat pori-pori sehingga cocok untuk kulit sensitif atau berjerawat.Merek skincare lokal, seperti SOMETHINC dan JOYLAB, maupun brand luar, seperti Innisfree, menawarkan physical sunscreen yang bagus. Review produk physical sunscreen terbaik lainnya akan kami sajikan berikut ini. Artikel ini telah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan.
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Sunscreen L'Oreal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sunscreen L'Oreal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    L'Oréal merupakan merk produk perawatan kulit yang menghadirkan pembersih wajah sampai sunscreen. Produk sunscreen L'Oréal bukan hanya melindungi dari sinar UV (ultraviolet), melainkan juga dapat membantu menyelesaikan berbagai masalah kulit. Harga sunscreen L'Oréal yang tersedia di pasaran pun relatif beragam, tergantung ukuran kemasan serta manfaat tambahannya.  Nah, untuk memudahkan Anda menemukan sunscreen L'Oréal yang bagus, kami telah menyiapkan tips-tips berikut ini. Dalam pemilihannya, Anda juga dapat mempertimbangkan review sunscreen L'Oréal atau rekomendasi produk yang telah kami siapkan. Karena itu, simak artikel ini sampai akhir, ya!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori