• 10 Merk Kemeja Batik Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Merk Kemeja Batik Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Merk Kemeja Batik Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Merk Kemeja Batik Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Merk Kemeja Batik Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Merk Kemeja Batik Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)

Kemeja batik adalah pakaian pria dengan corak khas Indonesia yang menjadi fashion item wajib untuk pergi ke undangan perkawinan atau acara resmi. Namun, saat ini banyak juga corak batik yang menarik untuk bisa digunakan hangout atau acara santai.


Jika Anda sedang mencari kemeja batik, sebaiknya simak artikel ini hingga akhir. Kami akan membagikan tips memilih kemeja batik dengan bahan yang bagus dan sesuai untuk Anda. Simak juga rekomendasi beberapa merek batik pria terbaik, seperti Batik Keris, Danar Hadi, dan Batik Trusmi. Jangan lewatkan informasinya!

  • Pembaharuan terakhir: 13 Agustus 2021
  • 25.460 Views
Daftar isi

Cara memilih kemeja batik untuk pria

Biasanya, motif adalah hal pertama yang diperhatikan saat memilih kemeja batik. Namun, bukan hanya motif saja yang menentukan bagus atau tidaknya kemeja tersebut saat Anda kenakan. Untuk memandu Anda memilih, kami telah merangkum beberapa poin yang dapat Anda ikuti berikut ini.

Cek bahan pembuatnya

Bahan kemeja adalah hal esensial yang perlu diperhatikan agar Anda nyaman memakainya. Pilih bahan kemeja batik yang bagus dan paling cocok untuk Anda kenakan.

Bahan katun yang nyaman untuk tampilan kasual

Bahan katun adalah bahan yang paling banyak ditemukan untuk kemeja batik di Indonesia. Harganya beragam mulai dari yang murah hingga yang mahal. Kualitas katun pun berbeda-beda dan tentunya akan memengaruhi harga batik. Sebagai informasi, salah satu bahan kain batik terbaik untuk pembuatan kemeja adalah katun primisima.


Katun memang merupakan jenis kain batik yang bagus dan paling ideal untuk dipilih. Tak hanya nyaman, bahan ini sangat cocok untuk Anda yang mudah berkeringat karena dapat menyerap keringat dengan baik. Untuk Anda yang tidak ingin terlihat terlalu formal, kemeja berbahan katun sangatlah pas.

Bahan sutra yang mewah dan sangat halus

Jika Anda ingin tampilan yang eksklusif dan berwibawa, kemeja batik berbahan sutra adalah pilihan paling ideal. Meski harganya mahal, Anda akan mendapatkan tampilan high fashion. Kain sutra sendiri dibagi menjadi dua macam. Ada kain yang dibuat dengan Alat Tenun Mesin (ATM) dan ada yang dibuat dengan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM).


Kain yang dibuat dengan ATM akan menghasilkan kain lembut dan sangat halus. Di sisi lain, kain yang dibuat dengan ATBM menghasilkan kain yang lebih kasar dan tebal. Kain ATBM juga cenderung lebih mahal karena diproduksi dalam jumlah sedikit.


Untuk urusan kenyamanan, bahan sutra tergolong baik dalam menyerap kelembapan. Jadi, Anda akan tetap merasa sejuk meski di tempat yang panas sekalipun. Sayangnya, kemeja batik berbahan sutra masih sulit ditemukan di online shop.

Bahan dobby yang mengilat dan terlihat elegan

Karena bahan sutra cukup mahal, tidak banyak produsen batik yang membuat kemeja dari bahan sutra. Sebagai gantinya, produsen menggunakan dobby karena bahan ini merupakan bahan baju batik yang bagus dan berkelas. Bahan dobby merupakan campuran dari bahan poliester dengan bahan katun. Bahan ini memiliki ciri khas motif serat yang menonjol (kotak, garis, dan abstrak) dengan warna yang sedikit mengilap.


Di pasaran, kain dobby yang paling umum digunakan untuk batik adalah katun dobby dan sutra dobby. Bahan batik licin dan halus ini sangat cocok untuk dikenakan ke pesta atau acara formal. Namun, dibandingkan bahan katun biasa, bahan ini lebih rendah daya serapnya. Jadi, pastikan tempat yang Anda datangi tidak panas atau bukan acara outdoor.

Pilih motif sesuai dengan acara

Motif batik sangat banyak dan beragam. Sesuaikanlah motif batik yang Anda pilih dengan acara yang akan dihadiri. 

Motif batik klasik, cocok untuk acara resmi

Motif Parang, Sida Mukti, Kawung, Truntum, Nitik, Sogan, Ceplok, dan masih banyak lainnya adalah contoh motif batik klasik. Motif ini cocok untuk Anda yang membutuhkan outfit resmi karena motifnya yang konvensional memberikan nuansa Indonesia yang kental


Warna batik klasik juga biasanya terdiri dari warna cokelat, putih, atau hitam. Warnanya memang cenderung netral supaya mudah dicocokkan dengan bawahan apa pun. Jika Anda ingin terlihat lebih rapi dan formal, kenakanlah kemeja dengan motif klasik ini. 

Motif batik modern, untuk tampilan lebih stylish

Dibandingkan motif klasik, motif batik modern jauh lebih beragam dan colorful. Ada motif floral, abstrak, juga motif batik klasik yang di-mix dengan desain yang lebih eye catching. Warna batik modern juga biasanya lebih variatif, tidak melulu hanya berwarna cokelat atau hitam.


Motif modern sangat cocok untuk Anda yang berjiwa muda, serta ingin terlihat lebih fun dan fresh! Salah satu motif yang banyak dijumpai pada kemeja batik modern adalah motif batik pesisiran Megamendung dari Cirebon.


Di samping itu, kemeja batik modern tak hanya cocok digunakan untuk pergi ke acara formal, tetapi juga bisa digunakan untuk acara santai. Banyak pria yang mengenakan kemeja motif batik modern sebagai outfit sehari-hari untuk hangout bersama teman atau jalan santai bersama keluarga. Anda bisa memadukannya dengan celana jeans dan sneakers untuk tampil lebih stylish

Sesuaikan dengan warna kulit Anda

Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli kemeja batik adalah kecocokan warnanya dengan warna kulit. Anda tentu tidak ingin terlihat dekil dan jelek saat memakai batik, bukan?


  • Jika Anda memiliki kulit berwarna gelap, hindari warna cokelat terang atau pastel supaya tidak terlihat dekil dan lusuh. Gunakanlah warna hitam, abu-abu yang netral, atau warna cerah seperti biru dan kuning untuk memberi kesan fresh

  • Di lain sisi, jika Anda berkulit cerah, warna apa pun tentu cocok dengan Anda. Meskipun begitu, hindari warna pastel atau abu-abu muda jika tidak ingin kulit Anda terlihat pucat. Namun, jika Anda ingin terlihat lebih kalem, warna putih atau pastel bisa menjadi pilihan. 

Perhatikan teknik pembuatannya

Perhatikan teknik pembuatannya

Batik yang asli sejatinya dibuat di atas kain dengan menggunakan malam (lilin), canting, dan canting cap. Proses selanjutnya melibatkan pencelupan berulang kali untuk melarutkan lilin dan mendapatkan warna. Batik ini dikenal dengan sebutan batik tulis dan batik cap.


Ada juga batik lukis yang pembuatannya menggunakan media seperti kuas. Proses pembuatan batik yang rumit dan halus dapat memakan waktu hingga berbulan-bulan. Pengerjaan yang rumit dan lama itulah yang membuat batik tradisional memiliki nilai lebih.


Dewasa ini, kemeja batik yang beredar di pasaran kebanyakan adalah kain bercorak batik (prints). Sebelum membeli, Anda dapat memeriksa terlebih dahulu apakah kemeja batik tersebut merupakan batik tulis atau batik cap asli.


Kemeja batik asli, terutama batik tulis halus, dijual dengan harga yang sangat tinggi. Jika Anda mengutamakan kualitas atau hendak membelinya untuk hadiah, disarankan memilih kemeja batik tulis atau batik cap asli.

10 Rekomendasi kemeja batik terbaik untuk pria

Sekarang, mari lihat rekomendasi kemeja batik pria terbaik pilihan kami. Siapa tahu salah satunya menarik hati dan bisa Anda beli di online shop favorit Anda! 

10

OdzaKemeja Lengan Pendek Pria Batik Modern

ZS1909B

Mulai dari Rp 229.000,00

BahanKatun
Motif batikModern
Pilihan warnaTidak disebutkan
UkuranM–XL
Teknik pembuatanPrinting
9

Danar HadiBatik Motif Ron Pakis Limaran

Mulai dari Rp 389.000,00

BahanKatun
Motif batikKlasik
Pilihan warnaBlack, brown
UkuranS, M, L, XL
Teknik pembuatanPrinting
8

Batik ArjunawedaKemeja Lereng Isi

Mulai dari Rp 699.000,00

BahanDobby dengan tekstur semi sutra
Motif batikKlasik-modern
Pilihan warnaCokelat tua
UkuranS–XXL
Teknik pembuatanPrinting
7

Batik KerisKemeja Batik Formal Lengan Panjang Motif Taman Kedhaton

005S7GL FS5J

Mulai dari Rp 386.000,00

BahanKatun primisima
Motif batikKlasik
Pilihan warnaCoklat hitam, merah hitam, navy abu
Ukuran15–20
Teknik pembuatanPrinting
6

Batik TrusmiKemeja Pria Lengan Panjang Mega Mendung Ironman Ridwan Kamil

Mulai dari Rp 275.000,00

BahanKatun
Motif batikModern
Pilihan warnaBiru, cokelat
UkuranM, L, XL, XXL
Teknik pembuatanTidak disebutkan
5
BahanDobby
Motif batikModern
Pilihan warnaHitam
UkuranS, L, XL
Teknik pembuatanPrinting
4

Efrata Retailindobateeq Slimfit S/S Cotton Primis

SS409-20

Mulai dari Rp 359.000,00

BahanKatun primis
Motif batikModern
Pilihan warnaTidak disebutkan
Ukuran14,5–19
Teknik pembuatanPrinting
3
BahanKatun
Motif batikModern
Pilihan warnaTidak disebutkan
UkuranS–XXL
Teknik pembuatanTidak disebutkan
2
BahanKatun
Motif batikKlasik
Pilihan warnaHijau
UkuranS, M, L, XL, XXL
Teknik pembuatanPrinting
1

Batik SemarKemeja Lengan Pendek - Buh Parang - Hitam

Mulai dari Rp 537.500,00

Bahan Rayon dobby
Motif batikKlasik
Pilihan warnaHitam
UkuranM, L, XL, 3L, 4L, 5L
Teknik pembuatanPrinting

Tabel perbandingan produk kemeja batik terbaik untuk pria

Gambar produk
1
Batik Semar Kemeja Lengan Pendek - Buh Parang - Hitam 1

Batik Semar

2
AKSA BATIK Salman Hem Pendek 1

AKSA BATIK

3
Adinata Batik Hem Pendek Gilby 1

Adinata Batik

4
Efrata Retailindo bateeq Slimfit S/S Cotton Primis 1

Efrata Retailindo

5
Rianty Batik Kemeja Dobby Giveno 1

Rianty Batik

6
Batik Trusmi Kemeja Pria Lengan Panjang Mega Mendung Ironman Ridwan Kamil 1

Batik Trusmi

7
Batik Keris Kemeja Batik Formal Lengan Panjang Motif Taman Kedhaton 1

Batik Keris

8
Batik Arjunaweda Kemeja Lereng Isi 1

Batik Arjunaweda

9
Danar Hadi Batik Motif Ron Pakis Limaran 1

Danar Hadi

10
Odza Kemeja Lengan Pendek Pria Batik Modern 1

Odza

Nama produk

Kemeja Lengan Pendek - Buh Parang - Hitam

Salman Hem Pendek

Hem Pendek Gilby

bateeq Slimfit S/S Cotton Primis

Kemeja Dobby Giveno

Kemeja Pria Lengan Panjang Mega Mendung Ironman Ridwan Kamil

Kemeja Batik Formal Lengan Panjang Motif Taman Kedhaton

Kemeja Lereng Isi

Batik Motif Ron Pakis Limaran

Kemeja Lengan Pendek Pria Batik Modern

Keunggulan

Batik motif parang, tubuh pun terlihat lebih ramping

Warnanya yang kalem cocok sebagai daily outfit

Desainnya trendi, berangkat ke kantor pun makin semangat

Motif batik kekinian yang playful dan cool

Lebih manly dengan kemeja warna hitam dan corak etnik

Batik istimewa yang terinspirasi dari superhero dunia

Motif Taman Kedhaton yang hadirkan nuansa klasik

Bergaya resmi dan mewah tak perlu mahal

Bebas pilih mau lengan pendek atau panjang yang pas untuk acara formal

Pakai batik untuk hangout, mengapa tidak?

Harga mulai dariRp 537.500,00Rp 499.000,00Rp 399.000,00Rp 359.000,00Rp 799.000,00Rp 275.000,00Rp 386.000,00Rp 699.000,00Rp 389.000,00Rp 229.000,00
Bahan Rayon dobbyKatunKatunKatun primisDobbyKatunKatun primisimaDobby dengan tekstur semi sutraKatunKatun
Motif batikKlasikKlasikModernModernModernModernKlasikKlasik-modernKlasikModern
Pilihan warnaHitamHijauTidak disebutkanTidak disebutkanHitamBiru, cokelatCoklat hitam, merah hitam, navy abuCokelat tuaBlack, brownTidak disebutkan
UkuranM, L, XL, 3L, 4L, 5LS, M, L, XL, XXLS–XXL14,5–19S, L, XLM, L, XL, XXL15–20S–XXLS, M, L, XLM–XL
Teknik pembuatanPrintingPrintingTidak disebutkanPrintingPrintingTidak disebutkanPrintingPrintingPrintingPrinting
Tautan produk

Tips mencuci dan merawat kemeja batik

Tips mencuci dan merawat kemeja batik

Kemeja batik dikenal dengan desain dan warnanya yang khas. Nah, agar tampilannya tetap memikat, Anda perlu mengetahui beberapa tips mencuci dan merawat kemeja batik berikut ini.


  • Cuci kemeja batik Anda secara manual atau menggunakan tangan agar serat kain tidak cepat rusak.

  • Alih-alih menggunakan detergen, gunakan sabun mandi atau detergen khusus batik supaya warna kain tidak luntur.

  • Jika kemeja batik terkena noda, rendam kemeja dalam air hangat agar noda mudah terangkat.

  • Pisahkan kemeja batik Anda dengan pakaian lainnya ketika akan dicuci. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya luntur.

  • Kemeja batik yang telah dicuci tidak perlu diperas agar tidak merusak kain. Anda cukup membentangkannya saja ketika akan dijemur.

  • Terakhir, jemur kemeja batik di tempat teduh dan gunakan kain pelapis saat menyetrika agar warnanya tidak menjadi kusam.

Baca juga rekomendasi baju batik dan baju etnik lainnya di sini

Selain kemeja batik untuk pria, kami juga memiliki berbagai artikel lain tentang batik. Anda mungkin saja ingin mengenakan batik couple bersama pasangan atau mencarikan outer cantik untuk dijadikan hadiah. Selain itu, ada juga baju etnik yang bisa Anda coba. Jika tertarik, silakan klik link yang tertera di bawah ini. Selamat membaca!

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda? Sudahkah Anda menemukan kemeja batik yang Anda sukai? Selain yang kami rekomendasikan di atas, ada banyak kemeja batik yang bisa Anda pilih.


Temukan kemeja dari kain batik yang bagus, baik yang mereknya sudah ternama maupun yang belum. Apa pun batik pilihan Anda, pilihlah yang paling nyaman dan cocok dengan acara yang akan Anda hadiri. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Merk Celana Chino Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Celana Chino Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda diminta memilih satu celana yang bisa diandalkan untuk setiap kesempatan, celana chino-lah jawabannya. Awalnya, celana chino terbuat dari katun twill yang kemudian disebut “chino” dalam bahasa Spanyol. Saat ini, celana chino menjadi celana favorit pria karena bahannya yang kuat dan lentur.Tersedia dalam berbagai warna, celana chino juga mudah dikombinasikan untuk berbagai gaya. Kami akan membahas cara memilih celana chino serta merekomendasikan produk yang bagus untuk Anda. Merek terkenal, seperti Erigo, Edwin Jeans, dan VENGOZ ada dalam daftar rekomendasi kami, lho. Mari temukan celana chino terbaik untuk Anda!
    Pakaian pria
    33.665 Views
  • 10 Merk Jaket Hoodie Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Jaket Hoodie Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    Jaket hoodie, baik yang beritsleting maupun tidak beritsleting, adalah fashion item yang sebaiknya ada dalam koleksi busana pria. Ada banyak merek yang memproduksi hoodie dengan kualitas terbaik saat ini. Tiap-tiap hoodie tersebut memiliki desain variatif dan warna yang bagus untuk pria.Banyaknya brand yang memproduksi hoodie mungkin akan membingungkan Anda dalam menentukan pilihan. Untuk itu, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi merek hoodie pria yang bagus. Ada produk dari The North Face, W.Essentiels, 3Second, dan M231. Sebelum Anda melihat-lihat jaket hoodie di rekomendasi produk, simaklah pembahasan berikut ini terlebih dahulu!
    Pakaian pria
    23.639 Views
  • 10 Merk Sweater Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Sweater Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    Sweater merupakan jenis baju luaran dengan bahan tebal dan biasanya dipakai saat cuaca dingin. Selain melindungi tubuh dari udara dingin, sweater sanggup menunjang penampilan Anda. Modelnya pun beragam, seperti pullover sweater polos dengan crewneck, v-neck cardigan, sampai vest sweater.Dalam artikel ini kami akan membahas sweater khusus pria. Berbagai merek pakaian ternama, seperti Marks & Spencer dan Tommy Hilfiger, ada dalam rekomendasi kami. Merek distro lokal pun tak kalah menariknya, contohnya Reclays, Kale, dan Gomuda. Yuk, simak sampai akhir dan temukan model sweater pria dengan harga yang cocok di kantong!
    Pakaian pria
    25.618 Views
  • 10 Merk Kemeja Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Kemeja Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    Belakangan ini, kemeja pria hadir dalam berbagai model sehingga tidak terbatas untuk acara formal saja. Ada kemeja pria lengan panjang dan lengan pendek, hingga kemeja pria polos maupun bermotif. Sebagai contoh, merek kemeja pria terbaik, seperti UNIQLO, Jobb, dan Alisan berlomba-lomba mengeluarkan produk berdesain kasual.Kemeja yang Anda gunakan cukup berperan penting dalam membentuk karakter dan menciptakan kesan pertama. Untuk itu, jangan sampai salah dalam memilih dan membeli kemeja. Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan tips memilih baju kemeja pria branded yang bagus dan sesuai untuk Anda. Silakan disimak!
    Pakaian pria
    22.631 Views
  • 10 Merk Celana Pendek Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Celana Pendek Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    Celana pendek kini tidak hanya sekadar dipakai untuk bersantai di rumah. Celana pendek atau shorts telah bertransformasi menjadi salah satu fashion item yang bisa dikenakan dalam berbagai kesempatan. Selain antigerah, celana pendek juga bisa membuat pemakainya bergerak lebih bebas dan tampil lebih kasual. Banyaknya bahan, model, dan merk celana pendek mungkin membuat Anda bingung. Karena itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih celana pendek pria yang bagus untuk Anda. Tidak ketinggalan, kami juga akan merekomendasikan beberapa produk branded, seperti adidas, Billabong, dan Consina. Teruslah membaca sampai akhir, ya!
    Pakaian pria
    25.329 Views
  • 10 Celana Kotak-kotak Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    10 Celana Kotak-kotak Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    Dewasa ini terdapat berbagai jenis celana pria yang bagus, salah satunya adalah celana dengan motif kotak-kotak. Meskipun sama-sama bermotif kotak, banyaknya model serta warna yang beredar mungkin membuat Anda kebingungan saat memilih.Kali ini kami akan membahas tuntas mengenai celana kotak-kotak untuk pria dari segi motif, bahan, hingga modelnya. Kami juga akan merekomendasikan beberapa merek celana yang bagus, seperti Nike, Erigo, Dickies, dan lainnya. Mari baca artikel ini sampai selesai untuk mengetahui produk terbaik untuk Anda!
    Pakaian pria
    171 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori