• 10 Rekomendasi Kemeja Batik Pria Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Kemeja Batik Pria Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Kemeja Batik Pria Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Kemeja Batik Pria Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Kemeja Batik Pria Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Kemeja Batik Pria Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Kemeja batik adalah pakaian pria dengan corak khas Indonesia. Fashion item ini wajib dimiliki karena bisa digunakan untuk menghadiri undangan pernikahan, acara resmi, hingga pergi ke kantor. Selain itu, saat ini juga banyak kemeja batik modern yang cocok untuk dikenakan hangout dan acara kasual.


Jika Anda sedang mencari kemeja batik, sebaiknya simak artikel ini hingga akhir. Kami akan membagikan tips memilih kemeja batik pria dengan bahan yang bagus dan sesuai untuk Anda. Simak juga rekomendasi beberapa merek baju batik pria mewah, seperti Batik Keris, Adikusuma, dan Hadinata Batik. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Elisabeth Murni
  • Pembaharuan terakhir: 28 November 2022
Daftar isi

Cara memilih kemeja batik pria

Biasanya, motif adalah hal pertama yang diperhatikan saat memilih kemeja batik. Namun, bukan hanya motif saja yang menentukan bagus atau tidaknya kemeja tersebut saat Anda kenakan. Sebagai panduan Anda memilih, kami telah merangkum beberapa poin yang dapat Anda ikuti berikut ini.

Cek jenis kainnya

Bahan kemeja adalah hal esensial yang perlu diperhatikan agar Anda nyaman memakainya. Pilih bahan kemeja batik yang bagus dan paling cocok untuk Anda kenakan.

Katun, adem dan nyaman dikenakan

Katun, adem dan nyaman dikenakan

Bahan katun adalah bahan yang paling banyak ditemukan untuk kemeja batik di Indonesia. Harganya beragam mulai dari yang terjangkau hingga mahal. Kualitas katun pun berbeda-beda dan tentunya akan memengaruhi harga batik. Sebagai informasi, salah satu bahan kain batik terbaik untuk pembuatan kemeja adalah katun primisima.


Tak hanya nyaman, bahan katun sangat cocok untuk Anda yang mudah berkeringat karena dapat menyerap keringat dengan baik. Kemeja batik yang terbuat dari katun juga terasa adem di kulit meski cuaca sedang panas. Untuk Anda yang tidak ingin terlihat terlalu formal, kemeja berbahan katun sangatlah pas.

Sutra, mewah dan sangat halus

Jika Anda ingin tampilan yang eksklusif dan berwibawa, kemeja batik berbahan sutra adalah pilihan paling ideal. Meski harganya tinggi, Anda akan mendapatkan tampilan mewah. Kain sutra sendiri dibagi menjadi dua macam. Ada kain yang dibuat dengan Alat Tenun Mesin (ATM) dan ada yang dibuat dengan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM).


Kain yang dibuat dengan ATM akan menghasilkan kain lembut dan sangat halus. Di sisi lain, kain yang dibuat dengan ATBM menghasilkan kain yang lebih kasar dan tebal. Kain ATBM juga cenderung lebih mahal karena diproduksi dalam jumlah sedikit.


Untuk urusan kenyamanan, bahan sutra tergolong baik dalam menyerap kelembapan. Jadi, Anda akan tetap merasa sejuk meski di tempat yang panas sekalipun. Sayangnya, kemeja batik berbahan sutra murni masih sulit ditemukan di online shop.

Pilih motif sesuai dengan acara

Motif batik sangat banyak dan beragam. Sesuaikanlah motif batik yang Anda pilih dengan acara yang akan dihadiri.

Motif batik klasik, cocok untuk acara resmi

Motif batik klasik, cocok untuk acara resmi

Motif batik klasik merupakan motif yang berasal dari budaya keraton, khususnya Keraton Yogyakarta dan Keraton Solo. Motif parang, sidomukti, kawung, truntum, nitik, sogan, dan ceplok adalah contoh motif batik klasik. Corak yang berulang ini cocok untuk Anda yang membutuhkan outfit resmi karena motifnya memberikan nuansa budaya yang kental.


Untuk urusan warna, batik klasik biasanya didominasi warna cokelat, putih, atau hitam. Warnanya yang netral ini mudah dipadukan dengan bawahan apa pun. Jika Anda ingin menghadiri acara resmi dan formal, kenakanlah kemeja dengan motif klasik ini.

Motif batik pesisir dan batik modern, untuk tampilan lebih stylish

Motif batik pesisir dan batik modern, untuk tampilan lebih stylish

Selain batik klasik, terdapat juga batik pesisir dan batik modern. Batik pesisir adalah motif batik yang berkembang di kawasan pesisir pantai, seperti Cirebon, Pekalongan, dan Lasem. Ciri dari batik pesisir adalah motif dan warnanya yang tidak kaku. Warna yang digunakan cenderung lebih berani, seperti merah dan biru. Sementara itu, untuk motifnya banyak mengusung tema floral.


Sedangkan batik modern adalah batik yang berkembang akhir-akhir ini. Batik jenis ini biasanya memiliki motif abstrak dan tidak terikat aturan pola tertentu. Warna yang digunakan sangat beragam. Para pembuatnya juga kerap mencampur-adukkan beragam gaya sehingga tercipta motif baru.


Baik batik pesisir maupun modern cocok digunakan oleh Anda yang ingin terlihat fresh. Jika ingin tampil lebih resmi tanpa terlihat terlalu tua, Anda bisa memilih batik pesisir. Sementara itu, Anda yang berjiwa muda dan ingin tampil fun silakan memilih batik modern. Anda pun bisa memadukannya dengan celana jeans dan sneakers untuk tampil lebih stylish.

Perhatikan teknik pembuatannya

Perhatikan teknik pembuatannya

Batik yang asli sejatinya dibuat di atas kain dengan menggunakan malam (lilin) dan canting. Proses selanjutnya melibatkan pencelupan berulang kali untuk melarutkan lilin dan mendapatkan warna. Batik ini dikenal dengan sebutan batik tulis dan batik cap. Ada juga batik lukis yang pembuatannya menggunakan media kuas dan bukan canting.


Proses pembuatan batik yang asli dapat memakan waktu hingga berminggu-minggu. Pengerjaan yang rumit dan lama itulah yang membuat batik tulis memiliki nilai lebih. Namun, saat ini kebanyakan kemeja batik yang beredar di pasaran adalah kain bercorak batik (batik printing).


Sebelum membeli, Anda dapat memeriksa terlebih dahulu apakah kemeja batik tersebut merupakan batik tulis, cap, atau printing. Kemeja batik asli, terutama batik tulis halus, dijual dengan harga yang sangat tinggi. Jika Anda mengutamakan kualitas atau hendak membeli sebagai hadiah, disarankan memilih kemeja batik tulis atau batik cap asli.

Sesuaikan dengan warna kulit Anda

Sesuaikan dengan warna kulit Anda

Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli kemeja batik adalah kecocokan warnanya dengan warna kulit. Anda tentu tidak ingin terlihat dekil dan kusam saat memakai batik, bukan?


  • Untuk pemilik kulit berwarna gelap: Hindari warna cokelat terang atau pastel supaya tidak terlihat dekil dan lusuh. Pilihlah warna hitam, abu-abu yang netral, atau warna cerah, seperti biru dan kuning, untuk memberi kesan fresh.

  • Untuk pemilik kulit cerah: Warna apa pun tentu cocok dengan Anda. Meski begitu, hindari warna pastel atau abu-abu muda jika tidak ingin kulit Anda terlihat pucat. Namun, jika Anda ingin terlihat lebih kalem, warna putih atau pastel bisa menjadi pilihan.

10 Rekomendasi kemeja batik pria terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kemeja batik pria terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 26 November 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Batik Semar Buh Parang Hitam menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa M231 Kemeja Pria Batik Panjang Warna Navy 1699B memiliki angka penjualan tertinggi.

Gambar produk
1
M231 Kemeja Pria Batik Panjang Warna Navy 1

M231

2
Hadinata Batik Hem Pendek Gilby 1

Hadinata Batik

3
My Aksa Kemeja Panjang Semi Sutra Emran Elmeera 1

My Aksa

4
Laskala Batik Reyhan 1

Laskala

5
Maginot Irawan Batik 1

Maginot

6
Odza Classic Kemeja Batik Lengan Pendek Danus 1

Odza Classic

7
Batik Keris Hem Santai Batik Lengan Pendek Motif Parang Anom Kombinasi Tirtotejo 1

Batik Keris

8
Adikusuma Batik Latar Kawung Hem Batik Lengan Pendek Pria 1

Adikusuma Batik

9
Dancus Kemeja Batik Pria Lengan Panjang Warna Coklat 1

Dancus

10
D'Gawan Noah Series Kemeja Batik Lengan Panjang Pria 1

D'Gawan

Nama produk

Kemeja Pria Batik Panjang Warna Navy

Hem Pendek Gilby

Kemeja Panjang Semi Sutra Emran Elmeera

Batik Reyhan

Irawan Batik

Kemeja Batik Lengan Pendek Danus

Hem Santai Batik Lengan Pendek Motif Parang Anom Kombinasi Tirtotejo

Latar Kawung Hem Batik Lengan Pendek Pria

Kemeja Batik Pria Lengan Panjang Warna Coklat

Noah Series Kemeja Batik Lengan Panjang Pria

Keunggulan

Kombinasi warna, desain, dan motifnya jadikan penampilan makin berkelas

Desain trendi yang buat Anda tampak lebih muda

Kemeja batik pria mewah yang terbuat dari bahan semisutra

Makin keren dengan kemeja batik berwarna hitam

Bonus masker, pas sebagai baju kantor di masa pandemi

Versatile untuk segala acara, baik formal maupun kasual

Tampil beda dengan kemeja batik motif kombinasi

Aksen bunga di tengah-tengah kawung, unik!

Motif mega mendung yang tak lekang oleh waktu

Kemeja polos dengan aksen batik yang disukai para pria muda!

Harga mulai dariRp 169.000,00Rp 249.000,00Rp 359.000,00Rp 396.000,00Rp 499.000,00Rp 199.000,00Rp 367.000,00Rp 85.000,00Rp 129.900,00Rp 247.000,00
BahanKatunKatunSemisutraKatunKatunKatunKatunKatun primaKatunKatun toyobo
Motif batikKlasik, modernModernKlasik, modernModernKlasik, pesisirModernKlasik, modernKlasik (kawung), pesisirPesisirKlasik (parang)
Teknik pembuatanPrintingPrintingPrintingPrintingPrintingPrintingPrintingPrintingPrintingCap
WarnaNavyCokelat susuHitamHitamHitamMerah mudaMaroon, navyMerah, biruCokelatHitam-emas, hitam-putih, navy, hijau army
UkuranS, M, L, XL, XXLS, M, L, XL, XXLS, M, L, XLS, M, L, XLS, M, L, XLM, L, XL3S, SS, S, M, L, XL, 2XL, 3XL, 4XLS, M, L, XLM, L, XL, XXLS, M, L, XL, XXL
Tautan produk
10

D'GawanNoah Series Kemeja Batik Lengan Panjang Pria

Mulai dari Rp 247.000,00

BahanKatun toyobo
Motif batikKlasik (parang)
Teknik pembuatanCap
WarnaHitam-emas, hitam-putih, navy, hijau army
UkuranS, M, L, XL, XXL
9

DancusKemeja Batik Pria Lengan Panjang Warna Coklat

OLR032

Mulai dari Rp 129.900,00

BahanKatun
Motif batikPesisir
Teknik pembuatanPrinting
WarnaCokelat
UkuranM, L, XL, XXL
8

Adikusuma BatikLatar Kawung Hem Batik Lengan Pendek Pria

Mulai dari Rp 85.000,00

BahanKatun prima
Motif batikKlasik (kawung), pesisir
Teknik pembuatanPrinting
WarnaMerah, biru
UkuranS, M, L, XL
7

Batik KerisHem Santai Batik Lengan Pendek Motif Parang Anom Kombinasi Tirtotejo

Mulai dari Rp 367.000,00

BahanKatun
Motif batikKlasik, modern
Teknik pembuatanPrinting
WarnaMaroon, navy
Ukuran3S, SS, S, M, L, XL, 2XL, 3XL, 4XL
6

Odza ClassicKemeja Batik Lengan Pendek Danus

ZSP22903A

Mulai dari Rp 199.000,00

BahanKatun
Motif batikModern
Teknik pembuatanPrinting
WarnaMerah muda
UkuranM, L, XL
5
BahanKatun
Motif batikKlasik, pesisir
Teknik pembuatanPrinting
WarnaHitam
UkuranS, M, L, XL
4
BahanKatun
Motif batikModern
Teknik pembuatanPrinting
WarnaHitam
UkuranS, M, L, XL
3

My AksaKemeja Panjang Semi Sutra Emran Elmeera

Mulai dari Rp 359.000,00

BahanSemisutra
Motif batikKlasik, modern
Teknik pembuatanPrinting
WarnaHitam
UkuranS, M, L, XL
2
BahanKatun
Motif batikModern
Teknik pembuatanPrinting
WarnaCokelat susu
UkuranS, M, L, XL, XXL
1

M231Kemeja Pria Batik Panjang Warna Navy

1699B

Mulai dari Rp 169.000,00

BahanKatun
Motif batikKlasik, modern
Teknik pembuatanPrinting
WarnaNavy
UkuranS, M, L, XL, XXL

Tips mencuci dan merawat kemeja batik

Tips mencuci dan merawat kemeja batik

Kemeja batik dikenal dengan desain dan warnanya yang khas. Nah, agar tampilannya tetap memikat, Anda perlu mengetahui beberapa tips mencuci dan merawat kemeja batik berikut ini.


  • Cuci kemeja batik Anda secara manual atau menggunakan tangan agar serat kain tidak cepat rusak.

  • Alih-alih menggunakan detergen, gunakan lerak, sabun mandi, atau detergen khusus batik supaya warna kain tidak luntur.

  • Jika kemeja batik terkena noda, rendam kemeja dalam air hangat agar noda mudah terangkat.

  • Pisahkan kemeja batik Anda dengan pakaian lainnya ketika akan dicuci. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya luntur.

  • Kemeja batik yang telah dicuci tidak perlu diperas agar tidak merusak kain. Anda cukup membentangkannya saja ketika akan dijemur.

  • Terakhir, jemur kemeja batik di tempat teduh dan gunakan kain pelapis saat menyetrika agar warnanya tidak menjadi kusam.

Baca juga rekomendasi baju batik lainnya di sini

Selain kemeja, kami juga memiliki artikel mengenai pakaian batik lainnya yang bisa dipakai para pria. Mulai dari celana batik, outer batik, hingga batik couple, semua telah kami ulas. Jika Anda tertarik, silakan klik link yang tertera di bawah ini. Selamat membaca!

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda? Sudahkah Anda menemukan kemeja batik yang Anda sukai? Selain yang kami rekomendasikan di atas, ada banyak kemeja batik yang bisa Anda pilih.


Temukan kemeja dari kain batik yang bagus, baik yang mereknya sudah ternama maupun yang belum. Apa pun batik pilihan Anda, utamakanlah yang paling nyaman dan cocok dengan acara yang akan Anda hadiri. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Merk Kemeja Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Kemeja Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Kemeja atau hem berperan penting dalam menampilkan karakter dan menciptakan kesan pertama. Untuk itu, jangan sampai salah memilih motif ataupun merek kemeja. Sebagai informasi, kemeja pria hadir dalam berbagai model, tak terbatas untuk acara formal saja. Desainnya juga beragam, ada yang polos dan yang bermotif.Kemeja pria bermerek, seperti Levi's, Jobb, dan Alisan pun berlomba-lomba mengeluarkan produk kemeja sesuai tren terbaru. Nah, agar Anda mudah menentukan pilihan, mari simak tips memilih baju kemeja pria yang bagus berikut ini. Selamat membaca!
    Pakaian pria
  •  10 Merk Kaos Pria Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Kaos Pria Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    T-shirt atau yang dikenal juga dengan kaos oblong merupakan salah satu outfit favorit pria dalam urusan fashion. Berbeda dengan wanita, pria memang cenderung memilih pakaian yang simpel dan tidak ribet. Namun, di pasaran ada banyak sekali merek dan model kaos yang bisa dipilih.Untuk mempermudah Anda menemukan kaos pria yang bagus, kami akan memberikan tipsnya. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa kaos branded keluaran Matsuda, Giordano, dan Zalmore. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya!
    Pakaian pria
  • 10 Merk Celana Chino Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Celana Chino Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Celana chino adalah celana yang bisa diandalkan untuk berbagai gaya dan suasana. Celana chino awalnya terbuat dari katun twill yang kemudian disebut “chino” dalam bahasa Spanyol. Saat ini celana chino menjadi celana favorit pria karena bahannya kuat dan lentur.Kami akan membahas cara memilih celana chino terbaik dan mengenalkan bahan celana chino yang bagus serta nyaman dipakai. Beberapa merek celana chino pria terbaik, seperti Erigo, Benhill, dan House of Cuff pun akan direkomendasikan. Mari temukan rekomendasi celana chino pria terbaru untuk Anda di sini!
    Pakaian pria
  • 10 Merk Jaket Hoodie Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Jaket Hoodie Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Jaket hoodie, baik yang beritsleting maupun tidak beritsleting, adalah fashion item yang sebaiknya ada dalam koleksi busana pria. Ada banyak merek yang memproduksi hoodie dengan kualitas terbaik saat ini. Tiap-tiap hoodie tersebut memiliki desain variatif dan warna yang bagus untuk pria.Banyaknya brand yang memproduksi hoodie mungkin akan membingungkan Anda dalam menentukan pilihan. Untuk itu, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi merek hoodie pria yang bagus. Ada produk dari The North Face, W.Essentiels, 3Second, dan M231. Sebelum Anda melihat-lihat jaket hoodie di rekomendasi produk, simaklah pembahasan berikut ini terlebih dahulu!
    Pakaian pria
  • 10 Merk Kaos Polo Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Kaos Polo Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ketika berbicara mengenai kaos polo, pasti Anda terpikir merk terkenal, seperti Erigo, Polo Ralph Lauren, dan sebagainya. Hingga saat ini, kaos polo masih menjadi andalan outfit sehari-hari karena memiliki desain yang simpel, tetapi keren. Kaos polo juga bisa digunakan dalam berbagai suasana, baik formal maupun santai.Melalui artikel ini, kami akan memperkenalkan cara memilih kaos polo terbaik dari berbagai merek. Kami juga akan menjelaskan cara memilih bahan kaos polo yang bagus untuk Anda. Temukan juga rekomendasi merk kaos polo terbaik di Indonesia dengan membaca artikel ini sampai tuntas.
    Pakaian pria
  • 10 Merk Celana Jeans Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Celana Jeans Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Celana jeans sudah menjadi fashion item wajib untuk para pria. Jeans dapat Anda padankan dengan berbagai atasan ataupun luaran untuk tampilan yang keren. Mengenakan celana jeans juga membuat penampilan Anda lebih kasual dan santai. Kini ada banyak merek celana jeans pria, mulai dari yang branded sampai merek lokal.Kami akan berbagi tips untuk memilih celana jeans pria yang bagus. Simak juga rekomendasi produk celana jeans terbaik untuk pria. Ada merek branded, seperti Levi's serta brand lokal, seperti Papperdine, Vengoz, dan Jiniso, di dalam rekomendasi kami. Selamat membaca!
    Pakaian pria
  • 10 Rekomendasi Kaos Anime Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kaos Anime Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Para anime lovers pasti senang mengoleksi benda bergambar anime, termasuk kaus. Di pasaran, Anda bisa menemukan kaus anime dengan berbagai model, seperti kaus basic, lengan panjang, dan oversize. Beberapa anime populer yang karakternya sering dijadikan kaus adalah Naruto, One Piece, Tokyo Ghoul, dan Jujutsu Kaisen.Pada kesempatan ini, kami akan mengajak Anda untuk mempelajari cara memilih kaus anime. Setelah itu, Anda akan mendapatkan rekomendasi merek kaus anime yang bagus, seperti Otsky, Third Day, Kizaru, dan Kremlin. Yuk, simak ulasan lengkapnya dengan membaca artikel ini sampai selesai!
    Pakaian pria
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori