1. TOP
  2. >
  3. Elektronik rumah tangga
  4. >
  5. Elektronik dapur
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Kompor Induksi Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Kompor Induksi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Kompor Induksi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Kompor Induksi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Kompor Induksi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Kompor Induksi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Kompor Induksi Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Seiring dengan berjalannya waktu, teknologi pun makin canggih dan peralatan memasak juga bertambah dari segi variasi. Kini, Anda dapat menemukan berbagai jenis kompor di pasaran. Selain kompor gas, ada juga kompor induksi yang dapat menjadi pilihan alternatif untuk memasak makanan. 


Ada beberapa pilihan merek kompor induksi yang bagus dan tepercaya, seperti Han River, IDEALIFE, Midea, dan masih banyak lagi. Anda ingin mengetahui rekomendasi kompor induksi terbaik beserta review-nya? Simak terlebih dahulu penjelasan beserta beberapa pilihan mereknya di bawah ini!

Diperbaharui 08-21-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Apa itu kompor induksi?

Apa itu kompor induksi?

Berbeda dengan kompor gas, kompor induksi memanfaatkan reaksi elektromagnetik untuk menghasilkan panas. Energi panas inilah yang dapat digunakan untuk memasak atau menghangatkan makanan. Hal yang unik dari kompor induksi adalah reaksi panas hanya akan terjadi pada alat masaknya, sedangkan kompornya tetap dingin!


Ada beberapa kelebihan dari kompor induksi yang membuat banyak orang berminat menggunakannya, yaitu: 

  • Mampu memangkas waktu dan biaya karena bekerja dengan lebih cepat. 
  • Menghasilkan suhu yang presisi dan stabil karena memiliki pengaturan suhu atau mode memasak.
  • Anda akan merasa lebih nyaman karena kompor ini tidak membuat dapur panas saat memasak.
  • Kompor induksi akan mati secara otomatis apabila alat masak diambil dari permukaannya sehingga lebih aman.
  • Dapur lebih estetik dan mudah dibersihkan berkat permukaannya yang rata. 


Di sisi lain, tetap ada beberapa kekurangan dari kompor induksi yang perlu Anda pertimbangkan jika memang ingin membelinya. 

  • Harga kompor induksi cenderung lebih mahal daripada kompor gas. 
  • Jika terjadi tumpahan, kotoran akan lebih mudah jatuh ke lantai karena permukaannya rata.

Cara memilih kompor induksi

Jika Anda berencana untuk membeli kompor induksi, tentu saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya tidak salah memilih. Anda bisa pertimbangkan hal-hal di bawah ini untuk pemilihan kompor induksi terbaik. 

① Perhatikan jenisnya dan sesuaikan dengan ukuran ruangan

Ada beberapa jenis kompor induksi yang dapat Anda beli dengan ukuran dan jumlah zona masak yang berbeda-beda. Simak dulu penjelasan dari setiap jenisnya di bawah ini, ya. 

Kompor induksi portable, dapat dipindahkan dan hanya terdapat satu zona memasak

Kompor induksi portable, dapat dipindahkan dan hanya terdapat satu zona memasak

Kompor induksi portable memiliki ukuran yang kecil dan bobot yang relatif ringan. Karena itu, jenis kompor induksi portable sangat cocok untuk Anda yang tinggal di tempat kecil seperti apartemen atau indekos. Bobotnya yang ringan pun membuat kompor induksi portable mudah dibawa kemana-mana, terlebih bagi Anda yang ingin memasak di luar. 


Di sisi lain, kelemahan dari jenis kompor induksi yang satu ini adalah kurang efisien. Hal ini disebabkan karena Anda hanya bisa menggunakannya untuk satu kali memasak dalam satu waktu. Artinya, Anda tidak bisa menggunakannya untuk mengolah dua makanan dalam waktu yang bersamaan. 

Kompor induksi tanam, sudah tertanam dan terdapat beberapa zona memasak

Kompor induksi tanam, sudah tertanam dan terdapat beberapa zona memasak

Sesuai dengan namanya, kompor induksi tanam adalah sebuah kompor yang sudah tertanam pada permukaan. Biasanya, kompor induksi tanam terdapat di dapur dan memiliki beberapa zona memasak. Proses memasak pun jauh lebih efisien dengan adanya beberapa zona. Kelebihan lain dari kompor induksi tanam adalah mampu menambah keindahan dan estetika pada dapur. 


Tidak hanya kelebihan saja, kompor induksi tanam juga memiliki beberapa kekurangan yang harus Anda pertimbangkan sebelum membelinya. Kompor induksi tanam biasanya dijual dengan harga yang tinggi. Selain itu, untuk memasangnya juga tidak mudah dan harus meminta bantuan dari ahlinya. Oleh karena itu, biasanya ada biaya tambahan yang harus dibayar.


Sayangnya, jumlah penjualan kompor induksi tanam di Indonesia masih tergolong sedikit. Karena itu, pada artikel ini, kami hanya akan merekomendasikan kompor induksi portable.

Freestanding countertop induction, terdapat oven di bawahnya

Freestanding countertop induction, terdapat oven di bawahnya

Anda suka memasak di luar ruangan alias outdoor cooking atau kerap berpindah tempat tinggal? Freestanding countertop induction bisa menjadi pilihan terbaik untuk dibeli. Biasanya, jenis kompor induksi yang satu ini tidak permanen sehingga bisa dipindahkan dengan mudah


Di bagian bawah kompor induksi ini, biasanya juga sudah dilengkapi oven sehingga akan sangat menghemat tempat dan biaya. Sayangnya, produk freestanding countertop induction masih cukup jarang ditemukan di Indonesia. 

② Cek konsumsi dayanya

Cek konsumsi dayanya

Hal lain yang tidak kalah penting untuk dipertimbangkan jika ingin membeli kompor induksi adalah konsumsi dayanya. Tentu saja, besaran daya dari setiap produk bisa bervariasi. Beberapa kompor induksi bahkan memperbolehkan Anda untuk memilih sendiri konsumsi dayanya. Angka konsumsi daya yang besar melambangkan panas yang tinggi. 


Jika Anda ingin memiliki kompor induksi dengan panas yang tinggi, silahkan pilih yang dayanya mencapai 1.400 watt atau lebih. Dengan demikian, proses memasak bisa lebih singkat karena makanan akan cepat matang. Sementara itu, jika Anda ingin menikmati sajian hotpot di atas meja, sebaiknya pilih yang besaran dayanya di bawah 1.000 watt. Makanan tidak akan cepat hangus, tetapi tetap bisa hangat dan enak untuk dinikmati. 

③ Pilih kompor induksi yang paling mudah digunakan untuk memasak

Kompor induksi memang menarik perhatian karena kecanggihan dan bentuknya yang cantik. Namun, tentu saja Anda juga harus bisa memperhatikan cara penggunaannya terlebih dahulu. Anda harus memastikan bahwa kompor induksi yang dibeli mudah dioperasikan. 

Kontrol pemanas, lebih mudah menyesuaikan suhu tergantung kebutuhan

Kontrol pemanas, lebih mudah menyesuaikan suhu tergantung kebutuhan

Ada tiga jenis kontrol pemanas yang terdapat pada kompor induksi.

  • Pengaturan suhu, artinya Anda dapat melihat angka suhunya secara langsung. Untuk mengatur, Anda bisa menekan tombol atau menggeser indikator suhunya sesuai kebutuhan. 
  • Mode memasak, artinya kompor akan menyesuaikan panas tergantung dari jenis masakan. Beberapa mode memasak yang bisa dipilih biasanya meliputi hotpot, merebus, menggoreng, dan sebagainya. 
  • Power adjustment, artinya Anda dapat menyesuaikan konsumsi listrik kompor induksi. Angka yang tinggi berarti panas yang lebih besar. 

Beberapa kompor induksi bahkan memiliki dua fitur pemanas. Jadi, Anda bisa memilih mode memasak sekaligus mengatur suhunya. 

Fitur power boost, mempercepat proses memasak

Fitur power boost, mempercepat proses memasak

Pilihlah kompor induksi yang memiliki fitur power boost. Kegunaan dari fitur power boost adalah untuk mematangkan makanan dalam waktu yang lebih cepat. Proses memasak air pun juga akan lebih singkat dengan fitur power boost. Oleh karena itu, proses menumis, merebus, hingga menggoreng makanan pun bisa lebih efisien karena memakan waktu yang lebih sedikit. 

④ Perhatikan panjang kabelnya

Perhatikan panjang kabelnya

Beberapa kompor induksi memiliki kabel yang harus ditancapkan pada stopkontak. Jika Anda berniat untuk membeli kompor induksi yang memiliki kabel, periksa terlebih dahulu panjangnya. Panjang kabel dari setiap kompor induksi bervariasi.


Untuk mengetahui panjang kabel yang tepat, Anda harus bisa menyesuaikan jarak antara meja dengan stopkontak. Pastikan bahwa kabel cukup panjang sehingga bisa diletakkan di lantai. Dengan demikian, hal ini akan mengurangi risiko kecelakaan karena tersandung dan membuat makanan panas tumpah. Apabila kabel masih terlalu pendek, solusi alternatifnya ialah Anda menggunakan rol kabel atau sambungan tambahan.

⑤ Periksalah aneka fitur keamanan yang tersedia

Periksalah aneka fitur keamanan yang tersedia

Meskipun tidak menggunakan api, kompor induksi tetap merupakan alat yang menghasilkan panas. Oleh karena itu, Anda tetap harus memperhatikan fitur keamanan yang tersedia demi meminimalisasi risiko kecelakaan.

 

Ada beberapa pilihan fitur keamanan yang dapat dipilih. Setiap kompor induksi bisa dibekali fitur keamanan yang berbeda-beda. 

  • Child lock, fitur yang dapat mengunci kompor induksi supaya tidak dimainkan oleh anak-anak. 
  • Timer, bisa diatur supaya kompor menurunkan suhu atau mati pada waktu tertentu. 
  • Sensor panci atau automatic pan recognition, membuat kompor akan langsung mati jika panci sudah diangkat.
  • Non-slip mat pada bagian bawah supaya meminimalisasi risiko kompor tergelincir. 
  • Cooker hood, berfungsi untuk menyerap asap yang dihasilkan saat memasak. Cooker hood juga bisa disebut sebagai ventilation hood ataupun exhaust fan. Kabar baiknya, fitur ini dapat Anda beli secara terpisah jika tidak satu paket. 

⑥ Perhatikan diameternya

Perhatikan diameternya

Hal lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan jika ingin membeli kompor induksi adalah diameternya. Anda harus memastikan bahwa diameter alat masak yang digunakan sesuai dengan kompornya. Jika diameter kompor dan alat masak tidak sesuai, biasanya kompor induksi tidak akan bisa bekerja

10 Rekomendasi kompor induksi terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kompor induksi terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Han River

Smart Kompor Induksi Listrik

Han River Smart Kompor Induksi Listrik 1枚目

Hadir dengan fitur smart control, memasak dijamin lebih mudah

2

Tori

Kompor Induksi Listrik

Tori Kompor Induksi Listrik 1枚目

Ringan dibawa ke mana-mana dan memiliki 6 mode memasak

3

IDEALIFE

Kompor Listrik Induksi 1 Tungku

IDEALIFE Kompor Listrik Induksi 1 Tungku 1枚目

Terdapat 9 mode memasak, dapat digunakan untuk membuat berbagai varian makanan

4

Denpoo

Kompor Induksi Touch Screen

Denpoo Kompor Induksi Touch Screen 1枚目

Konsumsi dayanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan memasak lho

5

Midea

Induction Cooker - IC

Midea Induction Cooker - IC 1枚目

Atur waktu memasak lebih mudah berkat timer yang mencapai 3 jam

6

Advanced

Kompor Induksi

Advanced Kompor Induksi 1枚目

Dengan fitur auto shut-off, pilihan yang sangat aman!

7

Sekai

Kompor Induksi

Sekai Kompor Induksi 1枚目

Dilengkapi 6 mode memasak, Anda bisa memilih sesuai kebutuhan

8

Electrolux

Kompor Listrik Portable

Electrolux Kompor Listrik Portable 1枚目

Besaran watt dapat ditentukan sendiri sesuai dengan kebutuhan memasak

9

LAHOME

Kompor Induksi Portable

LAHOME Kompor Induksi Portable 1枚目

Terdapat beberapa mode memasak, cocok untuk berbagai material panci

10

Oxone

Kompor Listrik Induksi 1 Tungku

Oxone Kompor Listrik Induksi 1 Tungku 1枚目

Kompor induksi portable yang mudah dioperasikan

Perincian produk
Close
No.1

Han RiverSmart Kompor Induksi ListrikHRIC01BK

Mulai dari Rp385.000,00

Hadir dengan fitur smart control, memasak dijamin lebih mudah

Anda mencari kompor induksi dengan mode memasak yang lengkap? Produk yang satu ini bisa menjadi piliihan terbaik. Secara keseluruhan, ada 7 mode memasak yang bisa dipilih sesuai kebutuhan Anda. Kompor induksi ini juga sudah dilengkapi smart control sehingga memudahkan saat pengoperasian. 


Di dalam kompor induksi ini juga sudah dilengkapi pendingin yang berfungsi untuk membuang panas dengan lebih cepat. Di bagian bawahnya terdapat non-slip mat yang mencegah kompor tergelincir dan membuatnya dapat berdiri dengan lebih stabil. 

No.2

ToriKompor Induksi ListrikTIC-717

Mulai dari Rp299.000,00

Ringan dibawa ke mana-mana dan memiliki 6 mode memasak

Produk ini merupakan pilihan kompor induksi lain yang dapat dibeli jika Anda sering memasak. Ada enam mode memasak yang bisa dipilih yaitu hotpot, fry, BBQ, water, rice, dan soup


Tidak ketinggalan, suhunya juga bisa diatur sesuai kebutuhan. Namun, perlu diingat bahwa kompor induksi ini hanya bisa digunakan bersama alat masak induksi. 

No.3

IDEALIFEKompor Listrik Induksi 1 TungkuIL-201

Mulai dari Rp860.000,00

Terdapat 9 mode memasak, dapat digunakan untuk membuat berbagai varian makanan

Anda mencari kompor induksi kecil yang bisa digunakan untuk memasak berbagai makanan? Produk dari IDEALIFE yang satu ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk dibeli. Ada 9 mode memasak yang dapat dipilih yaitu soup, stew, water, strong fore, hotpot, porridge, dan stir. Kompor induksi ini sangat mudah dioperasikan karena Anda hanya perlu memencet mode memasak yang dipilih. 


Tidak hanya itu saja, suhunya pun juga dapat ditingkatkan atau diturunkan sesuai kebutuhan masing-masing. Namun, perlu diingat bahwa Anda hanya bisa menggunakan panci dengan bahan stainless steel, cast iron, dan enameled iron

No.4

DenpooKompor Induksi Touch ScreenDIC 200-1200

Mulai dari Rp729.000,00

Konsumsi dayanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan memasak lho

Produk ini merupakan salah satu kompor induksi yang dijual oleh Denpoo. Dengan fitur yang minim, kompor induksi yang satu ini sangat mudah dioperasikan. Ada tombol untuk mematikan dan menyalakan yang hanya perlu dipencet saja. 


Untuk menyesuaikan panasnya, Anda bisa menambah atau mengurangi daya sendiri. Kompor ini juga bisa menjadi pilihan sesuai untuk Anda yang ingin mengatur konsumsi listrik. Panas yang dihasilkan pun cenderung stabil. Selain itu, kompor induksi ini juga dibekali fitur timer. Adapun diameter maksimalnya adalah 17 cm.

No.5

MideaInduction Cooker - ICIC-1610

Mulai dari Rp988.000,00

Atur waktu memasak lebih mudah berkat timer yang mencapai 3 jam

Produk kompor induksi Midea yang satu ini memiliki 8 mode memasak yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Beberapa mode memasak yang bisa dipilih meliputi menggoreng, merebus, slow cook, membuat teh, dan lain-lain. 


Selain mode memasak, Anda bisa menentukan suhu yang ingin digunakan. Di kompor induksi ini terdapat fitur untuk meningkatkan atau menurunkan suhu. Fitur lain yang dapat Anda gunakan adalah timer hingga 3 jam. Oleh karena itu, produk ini bisa diandalkan oleh Anda yang sering membuat kaldu.

No.6

AdvancedKompor InduksiIDC-200

Mulai dari Rp389.000,00

Dengan fitur auto shut-off, pilihan yang sangat aman!

Advance IDC 200 adalah sebuah kompor induksi yang mudah dioperasikan. Pada kompor ini, hanya terdapat fitur inti saja yaitu untuk meningkatkan atau menurunkan suhu serta tombol on dan off. Kisaran suhu yang terdapat pada kompor induksi ini adalah 80 sampai 270℃.


Kompor induksi ini juga akan mati secara otomatis berkat fitur auto shut-off sehingga relatif aman. Jadi, untuk Anda yang mengandalkan keamanan, produk ini dapat menjadi andalan. Namun, perlu diingat bahwa kompor induksi ini hanya cocok dengan panci berbahan dasar magnet atau stainless steel. Lalu, maksimal beban yang dapat ditampung ialah 6 kg. 

No.7

SekaiKompor InduksiSEN 718

Mulai dari Rp688.000,00

Dilengkapi 6 mode memasak, Anda bisa memilih sesuai kebutuhan

Jika Anda mencari kompor induksi yang dilengkapi fitur mode memasak, Sekai memiliki salah satu produknya. Ada enam mode memasak yang dapat Anda pilih, seperti soup, water, warm, fry, BBQ, dan hotpot. Setelah itu, kompor akan menyesuaikan panasnya sendiri, tergantung dari mode memasak yang Anda pilih. 


Dengan adanya fitur mode memasak, Anda tidak perlu lagi repot mengatur suhu dari kompor induksi ini. Tentu saja, kaca keramik yang ada pada permukaan kompor induksi ini memiliki sifat tahan panas dan kuat. Dengan warnanya yang hitam, kompor induksi ini pun terlihat cantik. 

No.8

ElectroluxKompor Listrik PortableETD29KC

Mulai dari Rp1.548.000,00

Besaran watt dapat ditentukan sendiri sesuai dengan kebutuhan memasak

Produk kompor induksi yang satu ini memiliki delapan tingkat panas. Besaran watt-nya dapat ditentukan sesuai dengan kebutuhan Anda. Tentu saja, makin besar watt-nya, maka akan makin panas. 


Selain itu, ada beberapa fitur keamanan seperti timer 180 menit, sensor panci otomatis, dan child lock. Permukaan kompor induksi ini terbuat dari kaca sehingga terlihat cantik. Tidak hanya itu saja, bahan kaca juga membuat permukaan kompor induksi ini mudah untuk dibersihkan. 

No.9

LAHOMEKompor Induksi PortableD390

Mulai dari Rp899.000,00

Terdapat beberapa mode memasak, cocok untuk berbagai material panci

Kompor induksi yang satu ini memiliki beberapa mode memasak antara lain untuk menggoreng, membakar, dan merebus. Tidak hanya itu saja, kompor induksi ini juga cocok dengan berbagai material panci. Beberapa bahan panci yang cocok di kompor ini meliputi keramik, kaca, logam, enamel, kertas timah, dan sebagainya. 


Variasi produk ini cukup banyak, bahkan Anda bisa membeli bersama dengan panci atau alat BBQ. Bobotnya pun ringan sehingga dapat dengan mudah digunakan untuk memasak di mana saja, termasuk di luar ruangan. 

No.10

OxoneKompor Listrik Induksi 1 TungkuOX-646

Mulai dari Rp1.490.000,00

Kompor induksi portable yang mudah dioperasikan

Anda mencari kompor induksi portable yang mudah dioperasikan? Produk yang satu ini bisa menjadi pilihan terbaik. Untuk mematikan dan menyalakan, Anda hanya perlu memencet satu tombol saja. Sementara itu, suhunya bisa dengan mudah diatur dengan sliding control


Tidak ketinggalan, Anda juga bisa memanfaatkan timer 240 menit untuk memasak makanan. Dengan fitur yang minim, tentu saja kompor induksi ini mudah dioperasikan oleh siapa saja. Selain itu, kompor induksi ini juga mudah dipindahkan ke mana-mana. 

Pertanyaan umum seputar kompor induksi

Pertanyaan umum seputar kompor induksi

Selain mengulas tentang cara memilih dan rekomendasi produk, kami juga sudah mengumpulkan pertanyaan umum terkait kompor induksi. Jika Anda masih bertanya-tanya tentang kompor induksi, silahkan simak jawabannya di bawah ini. 

Apakah kompor induksi harus menggunakan panci khusus?

Sebagian besar dari produk kompor induksi di pasaran hanya bisa digunakan dengan alat masak berbahan besi atau stainless steel. Meski begitu, kini sudah ada beberapa kompor induksi yang bisa digunakan dengan panci berbahan keramik, kaca, logam, dan sebagainya. Namun, perlu diketahui bahwa kompor induksi hanya bisa digunakan dengan alat masak yang bagian bawahnya rata. 

Baca juga rekomendasi kompor lainnya di sini

Tidak hanya kompor induksi saja, Anda juga bisa membeli beberapa kompor lain seperti kompor gas dan kompor listrik. Sama seperti kompor induksi, keduanya juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika Anda membutuhkan referensi kompor untuk di rumah, beberapa artikel di bawah ini dapat dibaca. 

Kesimpulan

Demikianlah ulasan mengenai kompor induksi serta beberapa rekomendasi produknya. Sama seperti kompor jenis lainnya, kompor induksi juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Apakah kompor induksi cocok untuk Anda? 


Jika Anda merasa cocok dengan kompor induksi dan ingin membeli produknya, silahkan lihat beberapa rekomendasi di atas. Jangan lupa untuk membandingkan satu produk dengan yang lain, baik dari segi harga maupun fitur. Semoga ulasan ini dapat membantu Anda menemukan kompor induksi yang tepat. 

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer