• 10 Rekomendasi Kompor Induksi Terbaik untuk di Atas Meja (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Kompor Induksi Terbaik untuk di Atas Meja (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Kompor Induksi Terbaik untuk di Atas Meja (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Kompor Induksi Terbaik untuk di Atas Meja (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Kompor Induksi Terbaik untuk di Atas Meja (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Kompor Induksi Terbaik untuk di Atas Meja (Terbaru Tahun 2021)

Kompor induksi adalah peralatan memasak yang praktis karena tidak menggunakan api atau tabung gas sebagai sumber pemanas. Apalagi, ada kompor induksi berukuran kecil sehingga dapat diletakkan di meja. Dengan demikian, Anda bisa memasak beragam makanan terutama jenis sajian hot pot tanpa perlu ke dapur.


Sekarang, banyak produsen elektronik yang memproduksi kompor induksi, seperti Philips, Modena, IDEALIFE, dan lainnya. Setiap produk memiliki fitur dan keunggulan masing-masing yang mungkin akan membuat Anda bingung. Maka dari itu, kami akan mengulas cara memilih kompor induksi beserta rekomendasi produk yang tersedia di pasaran. Selamat membaca! 

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Diah Didi
  • Pembaharuan terakhir: 12 Februari 2021
  • 11.522 Views
Daftar isi

Cara memilih kompor induksi untuk di atas meja

Ada beragam jenis kompor induksi yang bisa Anda temukan di pasaran dengan harga yang bervariasi. Sebelum menentukan pilihan, silakan simak beberapa poin berikut dan cocokkan dengan jenis kompor yang dibutuhkan.

Pilihlah kompor induksi dengan konsumsi daya sekitar 1.000-2.000 W

Pilihlah kompor induksi dengan konsumsi daya sekitar 1.000-2.000 W

Biasanya, stopkontak di rumah hanya dapat dihubungkan dengan alat elektronik berdaya listrik 2.000 watt atau kurang. Dengan demikian, banyak kompor induksi memiliki besaran daya kurang dari angka tersebut. Besaran daya listrik tiap produk tentunya berbeda-beda, tergantung dari spesifikasi yang ditentukan oleh masing-masing produsen. Maka dari itu, sebaiknya Anda memilih kompor induksi dengan watt yang tidak melebihi nilai tersebut. 


Kompor induksi 1.400 watt memiliki tingkat panas yang tinggi. Dengan begitu, kompor ini bisa digunakan sebagai kompor utama untuk menumis makanan dan sebagainya. Jika watt kompor terlalu rendah, hidangan yang dimasak menjadi terbatas dan waktu memasak pun jadi lebih lama. 

 

Namun, kompor dengan watt yang rendah bisa jadi pilihan jika Anda ingin memasak jenis makanan hot pot. Tentu hal ini juga tergantung dari spesifikasi pabrikannya. Jadi, agar lebih aman sebaiknya Anda memilih kompor model 1.000 watt. Jenis kompor tersebut tidak membutuhkan daya listrik yang terlalu besar dan memiliki tingkat panas sedang. Jangan lupa untuk membaca review-nya juga, ya.

Pilih kompor induksi yang paling mudah digunakan untuk memasak

Kompor induksi menarik perhatian karena dapat digunakan untuk memasak di mana saja. Namun, jika Anda ingin memasak beragam hidangan, pilihlah kompor dengan fungsi memasak yang lengkap, ya.

Kontrol pemanas, proses memasak jadi lebih nyaman

Kontrol pemanas, proses memasak jadi lebih nyaman

Salah satu keunggulan kompor induksi, Anda dapat menyesuaikan tingkat panas hanya dengan menekan tombolnya. Kami merekomendasikan untuk memilih kompor dengan pilihan tingkat panas sebanyak mungkin. Dengan demikian, rentang panas yang bisa Anda gunakan juga lebih lebar. Anda pun bisa memilih menggunakan panas yang kecil, sedang, atau bahkan tinggi sesuai dengan kebutuhan Anda.


Khusus untuk hidangan hot pot, pada awalnya, naikkan panas kompor ke suhu tinggi. Ketika masakan sudah siap disantap, turunkan suhu panas menjadi lebih rendah. Jadi, saat hendak memilih kompor induksi, pilihlah kompor dengan panas yang dapat disesuaikan dengan baik.

Fitur menggoreng, pilihan untuk Anda yang suka menggoreng beragam bahan makanan

Fitur menggoreng, pilihan untuk Anda yang suka menggoreng beragam bahan makanan

Jika Anda akan menggunakan kompor induksi untuk hidangan hot pot, poin ini tidak terlalu penting untuk Anda. Namun, sebaiknya Anda juga mengecek apakah kompor induksi yang akan dipilih dapat menggoreng makanan atau tidak. Jika iya, hal ini bisa menguntungkan juga. Anda bisa menggoreng berbagai makanan, seperti daging, tahu, atau membuat donat untuk camilan.


Fitur menggoreng ini akan menambah ragam hidangan yang dapat Anda masak dengan kompor induksi. Jadi, fitur ini penting terutama bagi Anda yang berencana untuk menjadikan kompor induksi sebagai kompor utama. Jangan lupa untuk memeriksanya juga, ya. 

Periksalah sistem keamanan pada kompor induksi

Bisa dikatakan kompor induksi merupakan peralatan memasak yang aman karena tidak menggunakan api. Meskipun demikian, jangan lupa untuk memeriksa fitur-fitur keamanan lainnya juga. Dengan begitu, memasak pun jadi lebih menyenangkan.

Kabel panjang, mengurangi risiko Anda tersandung kabel saat memasak

Kabel panjang, mengurangi risiko Anda tersandung kabel saat memasak

Jika Anda ingin menikmati sajian hot pot atau gorengan saat masih panas di meja makan, perhatikan panjang kabel kompornya. Pastikan kompor memiliki kabel yang cukup untuk mencapai stopkontak rumah Anda. Dengan demikian, kompor pun tidak mudah tertarik dan Anda dapat mencegah terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan.


Kompor dengan panjang yang tidak cukup bisa membahayakan Anda. Jika Anda tidak berhati-hati, kabel listrik bisa menjerat kaki atau tangan Anda sehingga pemanas bisa terjatuh. Jadi, jangan lupa mengukur panjang kabel yang Anda butuhkan, kemudian sesuaikan dengan produk yang hendak dipilih. Jika tidak menemukan panjang kabel yang sesuai, Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan kabel tambahan atau roll kabel.

Socket magnet, cegah panci tidak tumpah saat tertarik

Socket magnet, cegah panci tidak tumpah saat tertarik

Untuk Anda yang mengutamakan keamanan, direkomendasikan memilih produk yang dilengkapi dengan socket magnet. Jenis socket magnet ini dapat terlepas dengan mudah saat kabel tidak sengaja tertarik. Hal ini dapat mencegah panci terjatuh dari kompor dan tumpah.


Ada juga socket magnet yang sulit terlepas saat ada penghalang di sekitar kabel. Di sisi lain, socket juga tidak bisa terlepas apabila daya magnetnya terlalu kuat. Maka dari itu, jangan lupa untuk memeriksa poin ini juga. Terutama jika Anda memiliki anak kecil yang suka berlalu lalang, pilihlah kabel yang cukup panjang. Namun, kompor induksi dengan socket magnet ini masih jarang ditemukan di Indonesia.

Fitur keselamatan, mencegah terjadinya insiden karena kompor induksi

Fitur keselamatan, mencegah terjadinya insiden karena kompor induksi

Memilih kompor induksi dengan fitur keamanan yang cukup juga merupakan sesuatu yang penting. Ada banyak produk yang dilengkapi dengan fitur keamanan, seperti kompor dengan sistem yang dapat mati secara otomatis. Ada juga kompor induksi yang juga otomatis mati saat panci diangkat. Selain itu, ada kompor dengan fitur perlindungan untuk anak-anak. 


Kemudian, ada juga kompor yang tidak menjadi panas saat ada benda-benda logam kecil seperti sendok dan garpu di atasnya. Dengan demikian, Anda dapat mencegah kecelakaan atau bahkan kebakaran. Fitur keselamatan pada kompor ini berbeda-beda tergantung dari masing-masing produsen. Jangan lupa untuk memeriksanya juga, ya. 

Jangan lupa untuk membaca ulasan produknya

Jangan lupa untuk membaca ulasan produknya

Salah satu masalah umum yang sering terjadi saat memasak menggunakan kompor induksi adalah suaranya yang mengganggu. Terlebih jika Anda menyajikan hidangan hot pot yang biasanya disantap saat kompor menyala sehingga menimbulkan suara berisik.

 
Masalahnya, Anda tidak dapat mengetahui apakah kompor mengeluarkan suara berisik atau tidak jika belum mencoba menggunakannya langsung. Dalam kasus seperti ini, sebaiknya Anda terlebih dahulu membaca ulasan dan komentar orang-orang yang sudah membeli produknya. Anda juga dapat membeli kompor induksi dengan fitur suara rendah. 

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi kompor induksi terbaik untuk di atas meja

Selanjutnya, kami akan mengulas beberapa produk yang direkomendasikan untuk menjadi referensi pilihan Anda. Bacalah dengan saksama dan bandingkan keunggulan masing-masing produknya, ya. 

10
Konsumsi daya100-600 watt
Kontrol panasAda (7 tingkat)
Panjang kabelTidak disebutkan
Menggoreng makananBisa
Fitur keamananOtomatis mati saat panci diangkat
Jumlah mode memasak 7
9

IDEALIFEKompor Listrik Induksi 1 Tungku - IL-201

Mulai dari Rp 783.000,00

Konsumsi daya 200-1.300 watt
Kontrol panasAda
Panjang kabel1,2 m
Menggoreng makananBisa
Fitur keamananOverheating protection
Jumlah mode memasak 9
8
Konsumsi daya900-2.000 watt
Kontrol panasAda (9 tingkat)
Panjang kabelTidak disebutkan
Menggoreng makananBisa
Fitur keamananMati otomatis
Jumlah mode memasak 8
7
Konsumsi daya1.500 watt
Kontrol panasAda
Panjang kabelTidak disebutkan
Menggoreng makananBisa
Fitur keamananChild lock
Jumlah mode memasak 8
6
Konsumsi daya2.000 watt
Kontrol panasAda (8 tingkat)
Panjang kabelTidak disebutkan
Menggoreng makananBisa
Fitur keamananTidak disebutkan
Jumlah mode memasak 6
5
Konsumsi daya2.000 watt
Kontrol panasAda (9 tingkat)
Panjang kabelTidak disebutkan
Menggoreng makananBisa
Fitur keamananTidak disebutkan
Jumlah mode memasak Tidak disebutkan
4

IRIS OHYAMARicopa IH Cooking Heater & Pot Set

IHLP-R14

Mulai dari Rp 2.560.000,00

Konsumsi daya1.400 watt
Kontrol panasAda (6 tingkat)
Panjang kabel1,8 meter
Menggoreng makananTidak bisa
Fitur keamananDeteksi panci, deteksi benda kecil, mati otomatis, cegah panas berlebih, mati otomatis jika tak ada panci di atas kompor
Jumlah mode memasak Tidak disebutkan
3

XiaomiMijia Induction Cooker

DCL01CM

Mulai dari Rp 795.000,00

Konsumsi daya2.100 watt
Kontrol panasAda
Panjang kabelTidak disebutkan
Menggoreng makananBisa
Fitur keamananExternal temperature probe
Jumlah mode memasak 7
2

Phillips Kompor Induksi

HD4932/30

Mulai dari Rp 1.544.000,00

Konsumsi daya100-2.100 watt
Kontrol panasAda (6 tingkat)
Panjang kabel1,2 m
Menggoreng makananBisa
Fitur keamananMati otomatis, child lock
Jumlah mode memasak 5
1

Electrolux Kompor Induksi Portabel

ETD29KC

Mulai dari Rp 1.513.000,00

Konsumsi daya2.000 watt
Kontrol panasAda (8 tingkat)
Panjang kabelTidak disebutkan
Menggoreng makananBisa
Fitur keamananSensor deteksi panci, child lock
Jumlah mode memasak Tidak disebutkan

Tabel perbandingan produk kompor induksi terbaik untuk di atas meja

Gambar produk
1
Electrolux  Kompor Induksi Portabel 1

Electrolux

2
Phillips  Kompor Induksi 1

Phillips

3
Xiaomi Mijia Induction Cooker 1

Xiaomi

4
IRIS OHYAMA Ricopa IH Cooking Heater & Pot Set 1

IRIS OHYAMA

5
Kenwood  Hob IH250 1

Kenwood

6
Oxone Induction Cooker  1

Oxone

7
Oxone Infrared Cooker 1

Oxone

8
Modena  ESENTE - PI 1316 1

Modena

9
IDEALIFE Kompor Listrik Induksi 1 Tungku - IL-201 1

IDEALIFE

10
Cyprus  KL-0071 1

Cyprus

Nama produk

Kompor Induksi Portabel

Kompor Induksi

Mijia Induction Cooker

Ricopa IH Cooking Heater & Pot Set

Hob IH250

Induction Cooker

Infrared Cooker

ESENTE - PI 1316

Kompor Listrik Induksi 1 Tungku - IL-201

KL-0071

Keunggulan

Memasak lebih nyaman dengan fitur keamanan yang lindungi keluarga

Persingkat waktu memasak, nutrisi makanan jadi lebih terjaga

Dilengkapi dengan dual frequency, memasak makanan pun tidak gosong

Set lengkap kompor dan panci yang mudah dibawa

Terbuat dari bahan yang awet sehingga lebih tahan lama

Kompor compact dengan cara penggunaan yang praktis

Praktis! Bisa digunakan untuk berbagai macam jenis bahan panci

Bentuk slim dengan tampilan permukaan yang elegan

Dilengkapi 9 mode memasak, bisa buat jenis makanan yang bervariasi

Harga terjangkau dan hemat listrik

Harga mulai dariRp 1.513.000,00Rp 1.544.000,00Rp 795.000,00Rp 2.560.000,00Rp 2.399.000,00Rp 1.490.000,00Rp 990.000,00Rp 1.650.000,00Rp 783.000,00Rp 399.000,00
Konsumsi daya2.000 watt100-2.100 watt2.100 watt1.400 watt2.000 watt2.000 watt1.500 watt900-2.000 watt 200-1.300 watt100-600 watt
Kontrol panasAda (8 tingkat)Ada (6 tingkat)AdaAda (6 tingkat)Ada (9 tingkat)Ada (8 tingkat)AdaAda (9 tingkat)AdaAda (7 tingkat)
Panjang kabelTidak disebutkan1,2 mTidak disebutkan1,8 meterTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan1,2 mTidak disebutkan
Menggoreng makananBisaBisaBisaTidak bisaBisaBisaBisaBisaBisaBisa
Fitur keamananSensor deteksi panci, child lockMati otomatis, child lockExternal temperature probeDeteksi panci, deteksi benda kecil, mati otomatis, cegah panas berlebih, mati otomatis jika tak ada panci di atas komporTidak disebutkanTidak disebutkanChild lock Mati otomatisOverheating protection Otomatis mati saat panci diangkat
Jumlah mode memasak Tidak disebutkan57Tidak disebutkanTidak disebutkan68897
Tautan produk

Baca juga rekomendasi kompor lainnya di sini

Selain kompor induksi, kami juga telah mengulas jenis kompor lain, seperti kompor gas portabel dan kompor listrik. Anda bisa membandingkan keunggulan tiap-tiap jenis kompor. Dengan begitu, Anda bisa menemukan produk yang cocok. Jika Anda membutuhkan ulasannya, silakan baca pada tautan di bawah ini. 

Kesimpulan

Apakah Anda telah menemukan kompor induksi untuk di atas meja yang sesuai? Ada beragam kompor yang disediakan oleh produsen perlengkapan dapur dengan fitur yang bervariasi. Sebelum memilih, pastikan Anda mengetahui tujuan Anda membeli kompor induksi. 


Setiap produk mempunyai keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Karena itu, jangan lupa untuk membandingkan fitur produknya, kemudian sesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Semoga ulasan ini membantu Anda menemukan kompor yang tepat.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kulkas 2 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kulkas 2 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebagai tempat untuk menyimpan makanan agar tahan lama, penggunaan kulkas sangatlah penting. Salah satu model kulkas yang cukup banyak diminati masyarakat adalah kulkas 2 pintu. Setiap merk kulkas, seperti Panasonic, Sharp, Samsung, Polytron, dan LG tentunya memiliki kualitas yang berbeda-beda.Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih kulkas 2 pintu terbaik untuk Anda. Berbagai pertimbangan, seperti harga, ukuran, fitur, beserta konsumsi listriknya akan kami jelaskan secara detail untuk memudahkan Anda. Yuk, simak terus artikel ini!
    Elektronik dapur
    125.854 Views
  • 10 Rekomendasi Kulkas Hemat Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kulkas Hemat Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kulkas merupakan alat rumah tangga yang selalu dinyalakan 24 jam setiap hari. Dengan demikian, penggunaan listriknya perlu Anda perhitungkan. Tak perlu khawatir, saat ini sudah banyak produk kulkas hemat listrik bermunculan di pasaran. Dengan menggunakan kulkas yang kebutuhan listriknya kecil, Anda bisa mengurangi biaya pemakaian listrik.Jika Anda sedang beralih memilih kulkas hemat listrik, simaklah tips dari kami. Kami juga akan memberikan berbagai rekomendasi produk kulkas hemat listrik, seperti merek LG, Samsung, Sharp, Electrolux, dan lainnya. Selamat membaca! Jangan sampai ada yang terlewat, ya!
    Elektronik dapur
    81.271 Views
  • 10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Food processor adalah perkakas dapur multifungsi yang membuat proses memasak menjadi lebih mudah. Tak hanya untuk memotong sayuran, alat ini juga dapat digunakan untuk menumbuk, menguleni, dan mencampur bahan makanan. Namun, karena tersedia dalam beragam karakteristik dan merk, Anda mungkin akan kebingungan saat memilihnya.Melalui artikel ini, kami akan berbagi tips memilih food processor yang bagus sesuai kebutuhan Anda. Tak hanya itu, kami juga akan mengulas rekomendasi produk dari berbagai merk seperti Philips, MITOCHIBA, Oxone, dan Russell Hubbs. Mari simak sampai akhir dan temukan food processor terbaik untuk Anda!
    Elektronik dapur
    176.110 Views
  • 10 Rekomendasi Kulkas Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kulkas Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Berfungsi untuk menjaga kesegaran makanan, kulkas menjadi perlengkapan elektronik rumah tangga yang wajib dimiliki. Ada banyak merk kulkas bagus yang saat ini mendomasi pasaran, seperti Samsung, LG, Polytron, dan Sharp. Mereka memproduksi aneka kulkas dengan fitur canggih, mulai dari kulkas mini, kulkas 1 pintu, kulkas 2 pintu, hingga kulkas besar.Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan beberapa produk kulkas terbaik untuk Anda. Anda bisa memilih kulkas berdasarkan kapasitas, dimensi, merek, dan fiturnya. Mari simak artikel ini sampai akhir dan temukan kulkas yang tepat untuk kebutuhan Anda!
    Elektronik dapur
    168.200 Views
  • 10 Rekomendasi Dispenser Galon Bawah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Dispenser Galon Bawah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Siapa yang tidak tahu dispenser? Peralatan dapur yang satu ini sangat berguna menyediakan air panas dan dingin di rumah. Dengan adanya dispenser, Anda tak perlu repot-repot memasak air panas menggunakan kompor. Seiring perkembangan teknologi, dispenser tipe galon bawah yang lebih praktis pemasangan airnya pun sudah banyak dijual di pasaran.Kali ini, kami akan membahas tips memilih dispenser galon bawah beserta sepuluh rekomendasi terbaiknya. Temukanlah produk andalan dari berbagai merek terkenal, seperti SHARP, Polytron, dan Electrolux. Anda sedang mencari dispenser baru untuk di rumah? Baca artikel ini sampai habis!
    Elektronik dapur
    49.827 Views
  • 10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Microwave oven merupakan alat yang dapat digunakan untuk membuat hamburger hingga memanggang kentang. Ada banyak model microwave oven yang dijual di pasaran mulai dari merek , Panasonic, Modena, Sharp, dan Hitachi. Masing-masing produk dilengkapi dengan fitur khusus, baik fitur yang sederhana hingga yang lengkap.Banyaknya model yang dijual mungkin membuat Anda bingung menentukan pilihan. Untuk mempermudah, kami akan memberikan tips memilih microwave oven yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tak hanya itu, kami juga memberikan sepuluh rekomendasi microwave oven terbaik yang dapat Anda bandingkan berdasarkan kualitas, model, dan harganya. Selamat membaca!
    Elektronik dapur
    163.415 Views
  • 10 Rekomendasi Penghisap Asap Dapur / Cooker Hood Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Penghisap Asap Dapur / Cooker Hood Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Cooker hood atau penghisap asap dapur adalah produk elektronik rumah tangga yang dipasang di atas kompor. Alat ini berfungsi untuk meredam asap dan aroma yang menyengat saat memasak. Modelnya cukup beragam, ada cooker hood dengan cerobong dan ada pula cooker hood tanpa cerobong.Cooker hood sebaiknya Anda miliki supaya aktivitas di dapur jadi lebih nyaman. Di artikel ini kami akan mengulas beberapa rekomendasi cooker hood dari MODENA, Electrolux, Rinnai, dan sebagainya. Namun, sebelumnya, bacalah dahulu beberapa tips yang harus diperhatikan agar Anda bisa mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan.
    Elektronik dapur
    12.375 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori