mybest
Kompor listrik

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Peralatan dapur
  3. Kompor
  4. 10 Rekomendasi Kompor Induksi Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Product Reviewer]
  • 10 Rekomendasi Kompor Induksi Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Product Reviewer] 1
  • 10 Rekomendasi Kompor Induksi Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Product Reviewer] 2
  • 10 Rekomendasi Kompor Induksi Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Product Reviewer] 3
  • 10 Rekomendasi Kompor Induksi Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Product Reviewer] 4
  • 10 Rekomendasi Kompor Induksi Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Product Reviewer] 5

10 Rekomendasi Kompor Induksi Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Product Reviewer]

Kelangkaan gas membuat imbauan untuk beralih dari kompor gas ke kompor listrik induksi makin kencang. Namun, di pasaran ada banyak sekali kompor induksi dari berbagai merek, seperti Advance, Mito, dan Philips. Lalu, kompor induksi yang mana yang sebaiknya Anda pilih?


Di artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih kompor induksi yang bagus. Cara memilih ini kami susun bersama dengan retail home appliances product reviewer, Awan Feri Sulaeman. Setelah itu, kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi kompor induksi yang bisa Anda pilih. Simak dan temukan kompor induksi yang pas untuk Anda!

Diperbaharui 16/01/2024
Awan Feri Sulaeman
Pakar
Retail Home Appliances Product Reviewer
Awan Feri Sulaeman

Awan Feri Sulaeman merupakan praktisi pada bidang retail elektronik rumah tangga yang berpengalaman lebih dari 13 tahun. Awan mengawali karir profesionalnya pada perusahan multinasional sebagai Product Consultant. Ia kemudian mendapatkan promosi setelah menyelesaikan pendidikan pascasarjana. Dengan pengalaman yang dimilikinya terkait produk elektronik rumahan, Awan aktif melakukan review serta membagikan tips & trick pada channel YouTube-nya, "Awan Feris”.

Profil Awan Feri Sulaeman
Lanjut membaca
Ella Fitria
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Ella Fitria

Nur Laela Fitriyani, akrab dipanggil Ella Fitria, adalah penulis full-time mybest Indonesia. Writer yang bergabung pada pertengahan 2021 ini banyak menulis produk-produk di bidang skincare dan ibu & anak. Lulusan perguruan tinggi agama Islam ini mengawali kariernya menjadi seorang guru sekaligus blogger. Berkat hobi menulisnya, ibu satu anak ini juga banyak menjuarai beberapa blog competition yang diadakan oleh berbagai brand.

Profil Ella Fitria
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apa itu kompor induksi?

Apa itu kompor induksi?

Kompor induksi adalah salah satu jenis kompor listrik yang memanfaatkan energi listrik untuk menghasilkan panas. Kompor induksi menggunakan medan elektromagnetik untuk memanaskan panci atau wajan secara langsung tanpa memerlukan rambatan. Alat ini akan menciptakan arus listrik dengan membuat suhu panas langsung terjadi pada wajan atau panci.


Kompor induksi lebih cepat panas karena tidak memerlukan rambatan. Bahan makanan yang diolah pun akan lebih cepat matang. Dengan waktu memasak yang lebih singkat, penggunaan listriknya pun menjadi lebih sedikit. Alhasil, penggunaan kompor induksi akan lebih hemat dibandingkan kompor gas. Selain itu, kompor induksi juga memiliki kontrol suhu yang akurat dan responsif sehingga Anda bisa mengatur derajat kepanasannya dengan cepat.

Awan Feri Sulaeman
Retail Home Appliances Product Reviewer
Awan Feri Sulaeman
Kini kompor induksi menjadi semakin populer di kalangan masyarakat karena memiliki berbagai kelebihan. Beberapa kelebihan kompor induksi adalah sebagai berikut:
  • Tampilannya lebih mewah dan simpel
  • Lebih hemat dan lebih cepat panas hingga 50% dibandingkan kompor gas
  • Fitur keamanannya lebih bagus, misalnya fitur anti-tumpahan dan overheat protection
  • Mudah dibersihkan, cukup dilap dengan kain lembap
  • Permukaan kaca tahan gores dan tidak panas
  • Permukaan kaca tidak mudah pecah, terutama produk bermerek Schott Ceran

Sebelum membeli kompor induksi, cek apakah panci atau wajan di rumah bisa digunakan di kompor induksi

Sebelum membeli kompor induksi, cek apakah panci atau wajan di rumah bisa digunakan di kompor induksi
Karena menggunakan medan elektromagnetik, tidak semua panci dan wajan bisa digunakan di kompor induksi. Panci atau wajan yang kompatibel dengan kompor induksi umumnya memiliki logo "IN" pada bagian bawahnya.

Jika tidak ada logo "IN", Anda juga bisa mengecek dengan mendekatkan magnet ke panci yang Anda miliki. Jika magnet menempel, berarti panci memiliki medan magnet dan bisa dipakai dengan kompor induksi.

Contoh bahan yang umumnya bisa dipakai untuk kompor induksi antara lain adalah enamel, cast iron, stainless steel, dan mix aluminium. Sementara itu, panci atau wajan yang terbuat dari aluminium murni dan kaca tidak bisa digunakan pada kompor induksi.

Anda juga perlu memastikan permukaan alas panci atau wajan Anda datar atau rata. Permukaan alas yang datar atau rata akan membantu distribusi panas lebih merata di seluruh permukaan alat masak.

Apabila Anda belum punya rencana untuk membeli alat masak baru untuk kompor induksi, mungkin kompor induksi belum pas untuk Anda. Anda sebaiknya mempertimbangkan untuk membeli kompor gas sebagai gantinya. Anda dapat melihat rekomendasi kompor gas pada link di bawah ini. 
Awan Feri Sulaeman
Retail Home Appliances Product Reviewer
Awan Feri Sulaeman

Cara lain untuk mengecek kompatibilitas panci Anda dengan kompor induksi adalah dengan menempelkan kunci motor atau kunci mobil bermagnet. Apabila kuncinya menempel, biasanya panci tersebut bisa dipakai di kompor induksi. 

Cara memilih Kompor Induksi

Jika Anda berencana ingin membeli kompor induksi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih. Anda dapat memperhatikan atau mempertimbangkan hal-hal berikut ini sebagai referensi pemilihan kompor induksi yang Anda inginkan. 

1

Paling utama, periksa daya listriknya! Pilih kompor induksi yang dayanya setengah dari daya listrik rumah Anda

Paling utama, periksa daya listriknya! Pilih kompor induksi yang dayanya setengah dari daya listrik rumah Anda

Sebagai acuan, rata-rata kompor induksi yang dijual di pasaran memiliki daya sekitar 600 watt. Selain itu, ada juga yang dayanya mencapai 3.000 watt bahkan 7.600 watt. Namun, hal paling utama yang perlu diperhatikan dalam membeli kompor induksi adalah menyesuaikan daya listrik kompor dengan daya listrik yang tersedia di rumah Anda.

Pada umumnya jika rumah Anda memiliki daya 1300 watt, pilihlah kompor induksi dengan daya sekitar 600 watt. Apabila melebihi daya yang dianjurkan, dikhawatirkan listrik akan mati akibat kelebihan beban. Terlebih jika Anda memiliki perangkat elektronik lain seperti air conditioner, televisi, mesin cuci, rice cooker, dan kulkas.

Sementara itu, rumah yang memiliki daya listrik hanya 900 watt akan kurang tepat jika memakai kompor induksi. Namun, bisa diopsikan lain dengan memilih jenis kompor listrik dengan daya rendah atau yang biasa disebut "kompor low watt".

Awan Feri Sulaeman
Retail Home Appliances Product Reviewer
Awan Feri Sulaeman

Kompor induksi yang low watt memang tersedia di pasaran. Namun, karena wattnya rendah, waktu yang dibutuhkan untuk memasak akan lebih lama. Jadi, energi listrik yang dibutuhkan pun tetap sama saja.

2

Untuk orang yang tinggal sendiri, pilih kompor induksi portabel atau 1 tungku yang dilengkapi mode memasak otomatis

Untuk orang yang tinggal sendiri, pilih kompor induksi portabel atau 1 tungku yang dilengkapi mode memasak otomatis

Untuk Anda yang tinggal sendirian dan tidak memerlukan kompor induksi berukuran besar, Anda dapat memilih kompor induksi portabel atau satu tungku. Kompor ini biasanya memiliki ukuran sekitar 25-40 cm. Jenis ini biasanya membutuhkan daya sekitar 600-1000 watt. Namun, ada juga kompor induksi low watt yang hanya membutuhkan daya sekitar 150-550 watt saja.


Saat ini, kebanyakan kompor induksi sudah memakai tombol touch screen atau layar sentuh. Namun, Anda bisa menemukan kompor induksi satu tungku atau portabel yang memakai tombol kombinasi, yakni touch screen dan tombol putar. Tombol putar biasanya memiliki fungsi untuk mengatur suhu, sedangkan tombol touch screen atau layar sentuh digunakan untuk memilih mode memasak.

Memasak dengan mode memasak otomatis: Praktis dalam mengatur suhu dan cocok digunakan ketika memasak makanan simpel

Memasak dengan mode memasak otomatis: Praktis dalam mengatur suhu dan cocok digunakan ketika memasak makanan simpel

Fitur yang sangat membantu ketika memasak untuk Anda yang tinggal sendiri adalah mode memasak otomatis. Kompor dengan fitur ini biasanya dilengkapi dengan beberapa pilihan mode seperti pengaturan suhu dan waktu yang Anda butuhkan ketika memasak. Contoh mode memasak otomatis yang biasa tersedia pada kompor induksi portabel adalah mode memasak air, menumis, menggoreng, memasak sayur, dan memasak hot pot.

Awan Feri Sulaeman
Retail Home Appliances Product Reviewer
Awan Feri Sulaeman

Cara penggunaan kompor induksi ada dua metode, yaitu otomatis dan pengaturan yang lebih advance. Pada mode otomatis, Anda hanya perlu menyalakan kompor dan memilih program atau mode memasak. Sementara itu, pada mode advance, Anda dapat melakukan pengaturan suhu, waktu, dan lain sebagainya.

3

Jika tinggal bersama keluarga, utamakan kompor induksi 2 tungku atau lebih, serta dilengkapi fitur power booster dan child lock

Jika tinggal bersama keluarga, utamakan kompor induksi 2 tungku atau lebih, serta dilengkapi fitur power booster dan child lock

Apabila Anda tinggal bersama dengan keluarga, tentunya akan butuh memasak dalam jumlah yang lebih banyak. Oleh karena itu, pilihlah kompor induksi yang memiliki dua tungku atau lebih. Dengan jumlah tungku yang lebih banyak, Anda bisa memasak dengan beberapa panci dan wajan dalam satu waktu. Alhasil, waktu memasak pun bisa lebih singkat.


Kompor induksi dengan tungku lebih dari satu biasanya memiliki ukuran sekitar 30 cm x 60 cm tergantung dari jumlah tungkunya. Umumnya, kompor induksi berukuran besar ini memiliki tombol touch screen atau layar sentuh dengan pilihan pengaturan yang lebih advance.

Sayangnya, kompor yang jumlah tungkunya lebih dari dua cukup jarang ditemukan di e-commerce. Hal ini mungkin disebabkan oleh ukurannya yang besar sehingga menyulitkan pengiriman. Jika Anda ingin membeli kompor induksi 3 tungku atau lebih, dianjurkan untuk mengunjungi langsung toko elektronik dan memilih secara langsung. 

Awan Feri Sulaeman
Retail Home Appliances Product Reviewer
Awan Feri Sulaeman

Kompor induksi memiliki panas yang stabil sesuai pengaturan suhu yang Anda pilih. Kompor induksi portabel biasanya mampu mencapai suhu maksimal sekitar 270-280 derajat Celsius. Di sisi lain, kompor induksi besar dua tungku atau lebih dapat mencapai suhu hingga 300 derajat Celsius.

Apabila Anda tinggal dengan anak kecil, perhatikan adanya fitur child lock, power booster, dan anti-overflow

Apabila Anda tinggal dengan anak kecil, perhatikan adanya fitur child lock, power booster, dan anti-overflow
Kompor induksi dengan dua tungku atau lebih biasanya memiliki fitur yang lebih beragam. Salah satu fitur yang bisa Anda pertimbangkan adalah multi-zone, yaitu fitur untuk menggabungkan dua zona tungku atau lebih. Dengan zona memasak yang lebih luas, Anda bisa memasak dengan panci besar atau panci dengan bentuk khusus.

Apabila Anda tinggal bersama anak kecil, fitur-fitur lain yang perlu Anda perhatikan adalah child lock, power booster, serta anti-overflow. Dengan child lock, kompor akan terkunci dan bisa mencegah anak-anak mengoperasikan kompor tanpa pengawasan.

Power booster dan anti-overflow akan membantu Anda jika harus memasak sambil menjaga anak. Power booster memungkinkan Anda bisa mendidih air dengan cepat atau memulai memasak dengan segera. Hal ini karena power booster membuat kompor mengeluarkan daya maksimum dalam mempercepat proses pemanasan.

Sementara itu, fitur anti-overflow akan berguna saat Anda perlu meninggalkan kompor sebentar untuk mengawasi anak. Ini karena fitur ini akan mendeteksi jika ada tumpahan atau kelebihan cairan di atas permukaan kompor dan mematikan kompor secara otomatis. Dengan begitu, Anda bisa memasak dan menjaga anak dengan lebih aman.
4

Pertimbangkan kompor induksi dengan fitur overheat protection, timer, dan heat residual, terutama bagi Anda yang sering memasak selama berjam-jam

Pertimbangkan kompor induksi dengan fitur overheat protection, timer, dan heat residual, terutama bagi Anda yang sering memasak selama berjam-jam
Ketika memasak dalam jumlah banyak sekaligus, waktu yang diperlukan pun lebih lama. Perlu diperhatikan bahwa penggunaan kompor induksi sebaiknya digunakan maksimal selama 3 jam secara terus-menerus. Jika lebih dari itu, kompor akan berisiko rusak akibat terlalu panas atau overheating.

Jika Anda sering memasak dalam waktu lama, Anda sebaiknya mempertimbangkan adanya fitur overheat protection. Overheat protection akan mendeteksi kompor jika menjadi terlalu panas dan mengambil langkah-langkah perlindungan, seperti mati secara otomatis. Dengan fitur ini, kerusakan kompor karena overheating bisa dicegah.

Fitur lain yang akan membantu Anda yang sering memasak adalah timer dan residual heat. Timer adalah fitur untuk menghentikan kompor secara otomatis setelah jangka waktu tertentu. Fitur ini akan membantu Anda mengontrol waktu memasak dan mencegah makanan menjadi terlalu matang atau terbakar.

Di sisi lain, ada kompor induksi tiga tungku atau lebih yang dilengkapi fitur residual heat. Residual heat merupakan fitur yang memanfaatkan sisa panas pada medan magnet kompor untuk menghangatkan makanan sekitar 10-12 menit setelah kompor dimatikan. Indikator residual heat juga akan menunjukkan apakah permukaan kompor masih panas atau tidak sehingga bisa mengurangi risiko Anda terkena luka bakar. 
Awan Feri Sulaeman
Retail Home Appliances Product Reviewer
Awan Feri Sulaeman
Jika Anda membutuhkan waktu memasak lebih lama, sebaiknya istirahatkan kompor beberapa menit terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk mencegah kompor agar tidak rusak akibat terlalu panas (overheating).
Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Kompor Induksi Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Kompor Induksi terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace (diperbarui tanggal 14 Desember 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Jenis kompor listrik
Konsumsi daya
Dimensi panjang
Dimensi lebar
Dimensi tinggi
Bobot
Diameter tungku
Penempatan
Jumlah tungku
Kontrol panas
Panjang kabel
Fitur power boost
Fitur keamanan
Fitur lainnya
Tombol
1

Advance

Induction Cooker IDC300

Advance Induction Cooker  1

Rp399.000

Agak Murah

Hemat energi, nyaman memasak tanpa khawatir tagihan listrik membengkak!

Induksi

150-550 watt

28 cm

35 cm

7 cm

2.000 gram

14-22 cm

Kompor portable

1 tungku

Tidak diketahui

Tidak diketahui

(auto shut-off)

5 mode memasak

Touchscreen

2

Philips

Kompor InduksiHD4902/33

Philips  Kompor Induksi 1

Rp945.000

Menengah

Atur waktu memasak lebih mudah berkat adanya fitur timer

Induksi

200-800 watt

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Kompor meja

1 tungku

1 meter

Tidak diketahui

Timer, 5 tingkat daya, 3 mode memasak

Touchscreen

3

Midea

Induction Cooker - ICIC-1610

Midea Induction Cooker - IC 1

Rp988.000

Menengah

Bebaskan kreasi dengan adanya 8 pilihan mode memasak

Induksi

1.600 watt

33 cm

22 cm

6,2 cm

2.300 gram

16 cm

Kompor portable

1 tungku

1 meter

(overheat protection)

Timer, 8 mode memasak

Touchscreen

4

Hi-Cook

Kompor Induksi IC-03

Hi-Cook  Kompor Induksi  1

Rp350.000

Lebih Murah

Dengan fitur auto shut-off, pilihan yang sangat aman!

Induksi

600-1.000 watt

32,7 cm

27,9 cm

6 cm

1.700 gram

12-22 cm

Kompor portable

1 tungku

Tidak diketahui

Tidak diketahui

(auto shut-off, overheat protection)

Timer, 7 mode memasak

Touchscreen

5

Denpoo

Kompor Induksi Touch ScreenDIC 200-1200

Denpoo Kompor Induksi Touch Screen 1

Rp729.000

Menengah

Kompor tahan air dan minyak dengan permukaan crystal plate yang mudah dibersihkan

Induksi

200-1.200 watt

28 cm

35 cm

3,6 cm

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Kompor meja

1 tungku

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Timer, 8 level penyesuaian daya

Touchscreen

6

Neozen

Induction Stove Low WattIH7

Neozen Induction Stove Low Watt 1

Rp1.299.000

Menengah

Desain estetik dan memiliki kemampuan 30% lebih cepat panas

Induksi

100-900 watt

36 cm

27 cm

4,9 cm

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Kompor portable

1 tungku

Tidak diketahui

(safety lock, overheat protection, bigger blower)

Timer

Touchscreen

7

MODENA

Portable Induction PI 1316

MODENA  Portable Induction  1

Rp1.820.000

Agak Mahal

Dilengkapi integrated cooling system, keamanan lebih terjaga

Induksi

900-2.000 watt

31 cm

40 cm

Tidak diketahui

Tidak diketahui

18 cm

Kompor portable

1 tungku

Tidak diketahui

Tidak diketahui

(integrated cooling system, auto shut-off, residual heat indicator)

Timer, 8 auto programs, 9 power levels

Touchscreen

8

Mito

THINNEST Induction Cooker IN100

Mito THINNEST Induction Cooker 1

Rp1.259.000

Menengah

Kompor induksi yang tipis, lebih hemat tempat di dapur sempit

Induksi

1.000 watt

28 cm

28 cm

1,7 cm

3 kg

28 cm

Kompor portable

1 tungku

1,2 meter

Tidak diketahui

(overheat protection)

Power adjustment

Kenop putar

9

Kris

Kompor Induksi 2 Tungku

Kris  Kompor Induksi 2 Tungku 1

Rp1.499.000

Menengah

Kokoh menyokong beban hingga 25 liter

Induksi

3.500 watt

60 cm

36 cm

6,2 cm

6.000 gram

Tidak diketahui

Kompor meja

2 tungku

Tidak diketahui

Tidak diketahui

(overheat protection, child lock, auto shut-off)

Timer (5 menit hingga 3 jam)

Touchscreen

10

Hafele

Müller Induction Hob

Hafele  Müller Induction Hob  1

Rp21.099.754

Lebih Mahal

Kompor tanam untuk dapur minimalis Anda

Induksi

1.200-3.000 watt

29 cm

68,5 cm

5,2 cm

Tidak diketahui

16 cm dan 18 cm

Kompor tanam

2 tungku

Tidak diketahui

(safety lock, pan detection, residual heat indicator)

Timer (1-99 menit)

Touchscreen

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

AdvanceInduction Cooker IDC300

Induction Cooker  1
Sumber: advance.id
Induction Cooker  2
Sumber: advance.id
Induction Cooker  3
Sumber: shopee.co.id
Induction Cooker  4
Sumber: shopee.co.id
Induction Cooker  5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp399.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp399.000
Agak Murah

Hemat energi, nyaman memasak tanpa khawatir tagihan listrik membengkak!

Anda mencari kompor induksi yang hemat energi? Produk keluaran Advance seri IDC300 ini dapat diandalkan. Kompor Induksi ini memiliki energi 150-550 watt tergantung penggunaan. Meski tidak membutuhkan daya yang besar, kemampuan memasaknya tidak perlu diragukan. 


Temperaturnya bisa diatur mulai dari 80-270 derajat Celsius dengan ventilasi udara untuk pembuangan panas yang lebih efisien. Bagian bawahnya pun dilengkapi kaki antislip sehingga lebih kokoh dan bisa mengurangi getaran saat memasak. 

Jenis kompor listrikInduksi
Konsumsi daya150-550 watt
Dimensi panjang28 cm
Dimensi lebar35 cm
Dimensi tinggi7 cm
Bobot2.000 gram
Diameter tungku14-22 cm
PenempatanKompor portable
Jumlah tungku1 tungku
Kontrol panas
Panjang kabelTidak diketahui
Fitur power boostTidak diketahui
Fitur keamanan(auto shut-off)
Fitur lainnya5 mode memasak
TombolTouchscreen
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Philips Kompor InduksiHD4902/33

Harga referensi
Rp945.000
Menengah

Atur waktu memasak lebih mudah berkat adanya fitur timer

Kompor ini cocok untuk Anda yang sibuk karena dilengkapi dengan timer. Anda bisa mengatur waktu memasaknya sendiri dan kompor akan otomatis mati sesuai waktu yang ditentukan. Waktu pilihan timer yang tersedia adalah 30 menit, 1 jam, dan 2 jam. Jadi, Anda bisa meninggalkan masakan tanpa perlu khawatir masakan akan gosong. Dengan daya 200-800 watt, kinerja pemanasannya pun lebih stabil untuk memasak sehari-hari.

Jenis kompor listrikInduksi
Konsumsi daya200-800 watt
Dimensi panjangTidak diketahui
Dimensi lebarTidak diketahui
Dimensi tinggiTidak diketahui
BobotTidak diketahui
Diameter tungkuTidak diketahui
PenempatanKompor meja
Jumlah tungku1 tungku
Kontrol panas
Panjang kabel1 meter
Fitur power boostTidak diketahui
Fitur keamanan
Fitur lainnyaTimer, 5 tingkat daya, 3 mode memasak
TombolTouchscreen
View all
No.3

MideaInduction Cooker - ICIC-1610

Harga referensi
Rp988.000
Menengah

Bebaskan kreasi dengan adanya 8 pilihan mode memasak

Produk kompor induksi Midea yang satu ini memiliki 8 mode memasak yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Beberapa mode memasak yang bisa dipilih meliputi menggoreng, merebus, slow cook, membuat teh, dan lain-lain. Fitur ini dapat membebaskan Anda untuk berkreasi dengan aneka masakan. Selain mode memasak, Anda bisa menentukan suhu yang ingin digunakan. Di kompor induksi ini terdapat fitur untuk meningkatkan atau menurunkan suhu. Memasak pun jadi lebih aman.

Jenis kompor listrikInduksi
Konsumsi daya1.600 watt
Dimensi panjang33 cm
Dimensi lebar22 cm
Dimensi tinggi6,2 cm
Bobot2.300 gram
Diameter tungku16 cm
PenempatanKompor portable
Jumlah tungku1 tungku
Kontrol panas
Panjang kabel1 meter
Fitur power boost
Fitur keamanan(overheat protection)
Fitur lainnyaTimer, 8 mode memasak
TombolTouchscreen
View all
No.4

Hi-Cook Kompor Induksi IC-03

Harga referensi
Rp350.000
Lebih Murah

Dengan fitur auto shut-off, pilihan yang sangat aman!

Bila Anda mencari rekomendasi kompor induksi yang superaman, Hi-Cook tipe IC-03 dapat menjadi pilihan. Kompor ini terdapat beberapa fitur inti yaitu meningkatkan atau menurunkan suhu, tombol on dan off, serta pengaturan 7 mode memasak.

 

Keamanannya pun terjamin karena adanya fitur auto shut-off. Fitur ini dapat mendeteksi panci induktior atau besi di atasnya sehingga bila tidak ada panci, kompor akan mati otomatis. Selain itu, adanya sistem overheat protection juga dapat mematikan kompor secara otomatis bila terjadi panas berlebihan pada kompor.
Jenis kompor listrikInduksi
Konsumsi daya600-1.000 watt
Dimensi panjang32,7 cm
Dimensi lebar27,9 cm
Dimensi tinggi6 cm
Bobot1.700 gram
Diameter tungku12-22 cm
PenempatanKompor portable
Jumlah tungku1 tungku
Kontrol panas
Panjang kabelTidak diketahui
Fitur power boostTidak diketahui
Fitur keamanan(auto shut-off, overheat protection)
Fitur lainnyaTimer, 7 mode memasak
TombolTouchscreen
View all
No.5

DenpooKompor Induksi Touch ScreenDIC 200-1200

Harga referensi
Rp729.000
Menengah

Kompor tahan air dan minyak dengan permukaan crystal plate yang mudah dibersihkan

Kompor induksi yang satu ini hadir dengan fitur yang sederhana sehingga sangat mudah dioperasikan. Terdapat tombol untuk mematikan dan menyalakan yang hanya perlu disentuh. Meski desainnya simple, kompor ini memiliki permukaan crystal plate yang tahan cipratan minyak dan air. Anda pun bisa lebih mudah membersihkannya tanpa khawatir tersetrum.

Jenis kompor listrikInduksi
Konsumsi daya200-1.200 watt
Dimensi panjang28 cm
Dimensi lebar35 cm
Dimensi tinggi3,6 cm
BobotTidak diketahui
Diameter tungkuTidak diketahui
PenempatanKompor meja
Jumlah tungku1 tungku
Kontrol panas
Panjang kabelTidak diketahui
Fitur power boostTidak diketahui
Fitur keamanan
Fitur lainnyaTimer, 8 level penyesuaian daya
TombolTouchscreen
View all
No.6

NeozenInduction Stove Low WattIH7

Harga referensi
Rp1.299.000
Menengah

Desain estetik dan memiliki kemampuan 30% lebih cepat panas

Ingin kompor induksi yang cantik dan estetik untuk dapur? Kompor induksi Neozen ini dapat menjadi pilihan. Warnanya putih dan estetik digunakan di dapur. Desainnya pun tipis dengan kenop yang diputar, Anda tak perlu khawatir akan salah tekan. 


Kompor ini juga diklaim 30% lebih cepat panas sehingga bisa menghemat waktu Anda dalam memasak. Dari segi keamanannya, kompor Neozen terbilang lengkap. Terdapat tombol lock safety lock untuk mengamankan program yang sudah disetel dan bigger blower untuk mencegah overheat.  

Jenis kompor listrikInduksi
Konsumsi daya100-900 watt
Dimensi panjang36 cm
Dimensi lebar27 cm
Dimensi tinggi4,9 cm
BobotTidak diketahui
Diameter tungkuTidak diketahui
PenempatanKompor portable
Jumlah tungku1 tungku
Kontrol panas
Panjang kabelTidak diketahui
Fitur power boost
Fitur keamanan(safety lock, overheat protection, bigger blower)
Fitur lainnyaTimer
TombolTouchscreen
View all
No.7

MODENA Portable Induction PI 1316

Harga referensi
Rp1.820.000
Agak Mahal

Dilengkapi integrated cooling system, keamanan lebih terjaga

Bagi Anda yang memiliki anak kecil, mencari kompor dengan tingkat keamanan tinggi tentunya menjadi prioritas. Kompor MODENA ini dilengkapi dengan fitur integrated cooling system. Cara kerjanya adalah dengan mendinginkan suhu kompor secara otomatis saat kompor dimatikan. Jadi, tak perlu khawatir bila anak menyentuh kompor setelah Anda memasak karena kompor tidak panas. 

Jenis kompor listrikInduksi
Konsumsi daya900-2.000 watt
Dimensi panjang31 cm
Dimensi lebar40 cm
Dimensi tinggiTidak diketahui
BobotTidak diketahui
Diameter tungku18 cm
PenempatanKompor portable
Jumlah tungku1 tungku
Kontrol panas
Panjang kabelTidak diketahui
Fitur power boostTidak diketahui
Fitur keamanan(integrated cooling system, auto shut-off, residual heat indicator)
Fitur lainnyaTimer, 8 auto programs, 9 power levels
TombolTouchscreen
View all
No.8

MitoTHINNEST Induction Cooker IN100

Harga referensi
Rp1.259.000
Menengah

Kompor induksi yang tipis, lebih hemat tempat di dapur sempit

Bila Anda mencari kompor induksi portable yang kecil untuk apartemen studio, pilihlah produk yang satu ini. Kompor induksi Mito ini didesain ramping dan kecil. Anda dapat dengan mudah memasak makanan untuk konsumsi sendiri. Tidak hanya itu, penyimpanannya juga tidak memakan tempat yang besar.


Daya watt yang digunakan pun kecil sehingga tidak membebani listrik apartemen. Rekomendasi kompor induksi low watt ini khusus untuk Anda yang tidak mau repot mengatur perabotan di ruangan kecil.

Jenis kompor listrikInduksi
Konsumsi daya1.000 watt
Dimensi panjang28 cm
Dimensi lebar28 cm
Dimensi tinggi1,7 cm
Bobot3 kg
Diameter tungku28 cm
PenempatanKompor portable
Jumlah tungku1 tungku
Kontrol panas
Panjang kabel1,2 meter
Fitur power boostTidak diketahui
Fitur keamanan(overheat protection)
Fitur lainnyaPower adjustment
TombolKenop putar
View all
No.9

Kris Kompor Induksi 2 Tungku

Harga referensi
Rp1.499.000
Menengah

Kokoh menyokong beban hingga 25 liter

Sering memasak dalam porsi besar, tak perlu khawatir lagi menggunakan kompor induksi. Kompor induksi dua tungku keluaran Kris ini didesain kokoh menahan beban hingga 25 liter air atau setara 25 kilogram. Untuk keamanannya sendiri, produk ini dilengkapi fitur overheat protection, auto shut-off, dan juga child lock. Pas sekali dimiliki oleh keluarga, bukan? Anda bisa memasak porsi besar untuk seluruh anggota keluarga, aman pula dari jangkauan anak-anak.

Jenis kompor listrikInduksi
Konsumsi daya3.500 watt
Dimensi panjang60 cm
Dimensi lebar36 cm
Dimensi tinggi6,2 cm
Bobot6.000 gram
Diameter tungkuTidak diketahui
PenempatanKompor meja
Jumlah tungku2 tungku
Kontrol panas
Panjang kabelTidak diketahui
Fitur power boostTidak diketahui
Fitur keamanan(overheat protection, child lock, auto shut-off)
Fitur lainnyaTimer (5 menit hingga 3 jam)
TombolTouchscreen
View all
No.10

Hafele Müller Induction Hob

Harga referensi
Rp21.099.754
Lebih Mahal

Kompor tanam untuk dapur minimalis Anda

Kompor tanam bisa mengubah dapur Anda tampak lebih ringkas dan minimalis. Jika Anda memiliki ukuran dapur yang terbatas, tetapi ingin memasang kompor tanam, kompor induksi Hafele ini bisa menjadi pilihan. Kompor ini didesain memanjang ke belakang dan hanya memiliki lebar 29 cm, cocok untuk dapur yang sempit karena tidak terlalu memakan banyak tempat. Pengoperasiannya juga full touchscreen membuat dapur makin terkesan minimalis.

Jenis kompor listrikInduksi
Konsumsi daya1.200-3.000 watt
Dimensi panjang29 cm
Dimensi lebar68,5 cm
Dimensi tinggi5,2 cm
BobotTidak diketahui
Diameter tungku16 cm dan 18 cm
PenempatanKompor tanam
Jumlah tungku2 tungku
Kontrol panas
Panjang kabelTidak diketahui
Fitur power boost
Fitur keamanan(safety lock, pan detection, residual heat indicator)
Fitur lainnyaTimer (1-99 menit)
TombolTouchscreen
View all

Hal-hal lain yang harus diperhatikan saat memakai kompor induksi

Hal-hal lain yang harus diperhatikan saat memakai kompor induksi
Selain panci atau wajan yang kompatibel, ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan saat memakai kompor induksi. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

  • Tempatkan panci atau wajan secara tepat pada zona memasak kompor

Beberapa kompor induksi juga dilengkapi sensor pengenalan panci otomatis yang dapat membantu memastikan posisi panci atau wajan dengan benar.


  • Direkomendasikan memakai panci atau wajan berdiameter sekitar 35 cm

Akan lebih tepat lagi jika ukurannya sesuai dengan ukuran zona memasak atau lingkaran yang tersedia di kompor induksi.


  • Hindari memasak di atas kompor induksi ketika permukaan kompor atau tangan Anda basah

Hal ini dapat menyebabkan kejutan listrik atau merusak komponen elektronik pada kompor induksi.


  • Tidak disarankan memasak makanan dengan beban lebih dari 30 kg

Berat dengan beban lebih dari 30 kg tidak disarankan. Akan tetapi, hal ini tergantung dari tiap-tiap produsen. Sebab, ada kompor induksi yang hanya bisa menanggung beban sekitar 10-15 kg saja, tetapi ada juga yang bisa sampai 60 kg.

5 Rekomendasi Kompor Induksi terbaik

No. 1: AdvanceInduction Cooker IDC300

No. 2: Philips Kompor InduksiHD4902/33

No. 3: MideaInduction Cooker - ICIC-1610

No. 4: Hi-Cook Kompor Induksi IC-03

No. 5: DenpooKompor Induksi Touch ScreenDIC 200-1200

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Peralatan dapur
  3. Kompor
  4. 10 Rekomendasi Kompor Induksi Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Product Reviewer]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.