• 10 Rekomendasi Mainan Terbaik untuk Anak Laki-laki (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Mainan Terbaik untuk Anak Laki-laki (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Mainan Terbaik untuk Anak Laki-laki (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Mainan Terbaik untuk Anak Laki-laki (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Mainan Terbaik untuk Anak Laki-laki (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Mainan Terbaik untuk Anak Laki-laki (Terbaru Tahun 2022)

Bagi anak laki-laki, mainan adalah hal tak terpisahkan yang bisa memberikan kesenangan sekaligus mengembangkan imajinasi. Ada begitu banyak mainan untuk laki-laki, mulai dari mainan robot, kendaraan, hingga mainan tembak-tembakan. Semuanya terlihat sangat menarik untuk dimiliki.


Kabar baiknya, dalam artikel ini Anda akan menemukan tips memilih mainan anak laki-laki. Daftar rekomendasi mainan terbaik untuk anak laki-laki pun akan Anda temukan sehingga memilih produk yang bagus jadi makin mudah! Mainan keren merek Hasbro, ELC, dan sebagainya bisa Anda belikan untuk anak Anda. Yuk, langsung simak selengkapnya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Dona Handayani
  • Pembaharuan terakhir: 21 September 2022
Daftar isi

Cara memilih mainan untuk anak laki-laki

Berikut ini adalah tips memilih mainan terbaik untuk anak laki-laki. Simak penjelasan kami selengkapnya agar Anda bisa menemukan mainan yang pas bagi si buah hati!

Ketahui target usia pada mainan

Langkah pertama saat Anda hendak membelikan mainan untuk anak laki-laki adalah mengecek target usia mainan tersebut. Biasanya, target usia tercantum pada kemasan atau kardus mainan. Target usia juga menggambarkan kemudahan memainkan mainan tersebut. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mengecek dahulu target usia dari mainan incaran Anda.

Usia di bawah 1 tahun: Mainan yang lembut dan tidak berbahaya

Usia di bawah 1 tahun: Mainan yang lembut dan tidak berbahaya

Anak bayi atau anak berusia di bawah 1 tahun cenderung masih suka memasukkan mainan ke dalam mulut. Hal ini normal karena lidah bayi memang lebih sensitif dibandingkan indera penglihatan atau perabanya.


Maka dari itu, jika membelikan mainan untuk anak di bawah 1 tahun, pilih yang lembut dan tidak tajam. Selain itu, pastikan juga tidak ada part kecil yang rentan tertelan dan produknya terbuat dari bahan yang aman, ya.

Usia 1–3 tahun: Mainan edukasi untuk merangsang saraf sensorik dan motorik

Usia 1–3 tahun: Mainan edukasi untuk merangsang saraf sensorik dan motorik

Setelah memasuki usia 1-3 tahun, anak-anak sudah mulai senang bereksplorasi. Indera mereka berkembang pesat sehingga saraf sensorik dan motoriknya juga perlu dilatih.


Beberapa contoh mainan, seperti alat musik, pasir, mainan lilin, dan puzzle sederhana mungkin cocok untuk usia ini. Tak hanya untuk dimainkan, mainan-mainan tersebut juga bisa merangsang kemampuan saraf sensorik dan motorik anak agar lebih berkembang.

Usia 3–5 tahun: Mainan yang bisa merangsang kreatifitas dan imajinasi

Usia 3–5 tahun: Mainan yang bisa merangsang kreatifitas dan imajinasi

Pada usia ini, imajinasi anak sedang dalam tahap yang sangat tinggi. Maka dari itu, Anda bisa mencarikan mainan yang dapat mengakomodasi kebutuhan mereka. Anda bisa membelikan mereka permainan profesi, Lego, kostum, atau mobil-mobilan dan kereta-keretaan yang bisa disusun. Sebenarnya, semua permainan bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan imajinasi si kecil.

Usia 5 tahun ke atas: Mainan yang bisa dimainkan dengan teman

Usia 5 tahun ke atas: Mainan yang bisa dimainkan dengan teman

Mainan juga bisa digunakan untuk mengajarkan anak bekerja sama dengan temannya sejak dini, lho! Anda hanya perlu membelikan mainan yang seru untuk dimainkan bersama teman-temannya. Sebagai contoh, mainan bola, mainan Lego, dan beragam mainan lainnya bisa Anda pilih.


Mainan seperti ini tetap asyik dimainkan sendirian. Namun, tentu suasana bermain akan lebih menyenangkan saat dimainkan bersama teman-teman. Mainan jenis ini cocok untuk anak berusia di atas 5 tahun.

Pilih mainan berdasarkan jenisnya

Ada banyak jenis mainan untuk anak laki-laki. Di bawah ini, Anda akan menemukan berbagai jenis mainan favorit untuk anak laki-laki. Yuk, segera belikan untuk anak kesayangan Anda!

Mainan kendaraan, makin realistis tentu makin keren

Mainan kendaraan, makin realistis tentu makin keren

Mainan bertema kendaraan, misalnya mobil, motor, pesawat, helikopter, dan sebagainya memiliki tempat tersendiri di hati anak laki-laki. Untuk anak berusia di bawah 5 tahun, Anda bisa membelikan mainan kendaraan yang bentuknya lucu.


Namun, anak laki-laki yang sudah masuk SD biasanya lebih suka dengan kendaraan yang bentuknya menyerupai kendaraan asli. Bahkan, bila mainannya bisa menghasilkan cahaya atau suara seperti kendaraan asli, mainan tersebut akan tampak lebih menarik.

Mainan bongkar pasang, kembangkan imajinasi anak

Mainan bongkar pasang, kembangkan imajinasi anak

Mainan bongkar pasang, seperti Lego atau puzzle dapat melatih konsentrasi dan ketelitian anak. Selain itu, permainan ini juga bisa melatih koordinasi, motorik halus, serta kesabaran.


Di samping itu, permainan bongkar pasang juga bisa mengembangkan imajinasi anak, lho. Mainan seperti Lego dapat disusun sesuai dengan imajinasi anak. Anda dapat membebaskan si buah hati untuk membuat bentuk atau karakter yang mereka inginkan.

Mainan tembak-tembakan, melatih motorik dan konsentrasi anak

Mainan tembak-tembakan, melatih motorik dan konsentrasi anak

Ada mainan tembak-tembakan yang tidak mengeluarkan peluru, tetapi hanya suara dan bunyi saja. Mainan seperti ini biasanya disukai anak yang berusia di bawah 5 tahun. Namun, anak yang sudah masuk SD umumnya ingin merasakan sensasi berhasil menembak target tertentu.


Anda bisa menentukan target yang perlu ditembak, misalnya kardus, bola, atau objek lainnya. Dengan begitu, anak Anda tidak hanya asyik berlarian, tetapi bisa sekaligus melatih fokus saat berusaha menembak target. Namun, pastikan lagi peluru tetap aman dimainkan, apalagi jika terkena anggota tubuh.

Pastikan mainan aman dimainkan anak

Pastikan mainan aman dimainkan anak

Mainan dibuat dan diklasifikasi sesuai usia anak-anak. Hal ini ditentukan berdasarkan suatu aturan untuk menjaga keamanan anak-anak. Selain target usia, ada beberapa hal penting lain yang perlu Anda perhatikan saat membeli mainan anak-anak.


  • Pilih mainan berlabel tahan api untuk mainan yang terbuat dari kain
  • Pilih boneka dengan label dapat dicuci agar mudah perawatannya
  • Pastikan cat mainan menggunakan bahan yang aman dan bebas timbal
  • Pastikan mainan bebas bahan beracun, terutama untuk krayon dan pensil warna

Periksa perlu tidaknya penggunaan baterai

Periksa perlu tidaknya penggunaan baterai

Sebagian mainan membutuhkan energi listrik dari baterai untuk dapat dimainkan. Umumnya, mainan membutuhkan baterai agar bisa mengeluarkan suara atau cahaya saat dimainkan. Makin sering dimainkan, tentu baterai akan lebih cepat habis. Kecuali baterainya rechargeable, Anda tentu perlu menyiapkan dana tambahan untuk membeli baterai baru secara berkala.


Agar anak bermain lebih seru dengan adanya suara atau cahaya, mainan dengan baterai bisa dipertimbangkan. Namun, untuk Anda yang tidak ingin mengganti baterai secara berkala, mainan tanpa baterai adalah pilihan tepat.

10 Rekomendasi mainan terbaik untuk anak laki-laki

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk mainan terbaik untuk anak laki-laki yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 20 September 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, PMB Mobil Aki Advander menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Intex 3-D Bop Bag 44669 memiliki angka penjualan tertinggi.

Gambar produk
1
Intex 3-D Bop Bag 1

Intex

2
Istana Boneka Boneka Bola Kerincing  1

Istana Boneka

3
Hot Wheels  5-Car Pack 1

Hot Wheels

4
KKV Alloy Climbing Car 1

KKV

5
Emco  Pocket Morphers 1

Emco

6
ELC Lights And Sounds Buggy Driver 1

ELC

7
Lego Super Heroes Spider-Man & Doctor Octopus Mech Battle 1

Lego

8
Okiedog DIY Mini Truck  1

Okiedog

9
Hasbro Nerf Elite 2.0 Shockwave  1

Hasbro

10
Thomas and Friends Metal Engine Gordon 1

Thomas and Friends

Nama produk

3-D Bop Bag

Boneka Bola Kerincing

5-Car Pack

Alloy Climbing Car

Pocket Morphers

Lights And Sounds Buggy Driver

Super Heroes Spider-Man & Doctor Octopus Mech Battle

DIY Mini Truck

Nerf Elite 2.0 Shockwave

Metal Engine Gordon

Keunggulan

Latih keberanian si kecil sejak dini dengan samsak bergambar lucu

Boneka bola yang aman untuk bayi sekalipun

Satu set sudah dapat lima mobil, lebih puas mainnya

Tangguh melewati jalanan yang rusak sekalipun

Bentuknya compact, bisa dimainkan kapan pun saat si kecil bosan

Latih perkembangan kognitif bayi dengan cara menyenangkan

Asyik dimainkan, bisa dijadikan pajangan juga

Memiliki banyak pilihan jenis truk dan alat berat lainnya

Bisa menembakkan 15 peluru sekaligus, makin seru!

Bahannya terbuat dari metal, lebih awet dan tahan banting

Harga mulai dariRp 104.900,00Rp 30.000,00Rp 166.900,00Rp 279.800,00Rp 39.900,00Rp 649.000,00Rp 364.000,00Rp 219.900,00Rp 649.000,00Rp 109.900,00
Target usiaTidak ada keterangan0 bulan ke atas3 tahun ke atas3 tahun ke atas6 tahun ke atas6 bulan ke atas7 tahun ke atas3 tahun ke atas8 tahun ke atas3 tahun ke atas
Jenis mainanSamsakBonekaMobil-mobilanRemote controlBongkar pasangMobil-mobilanBongkar pasangBongkar pasang, mobil-mobilanTembak-tembakanKereta
Menggunakan baterai××××××××
Tautan produk
10

Thomas and FriendsMetal Engine Gordon

Mulai dari Rp 109.900,00

Target usia3 tahun ke atas
Jenis mainanKereta
Menggunakan baterai×
9

HasbroNerf Elite 2.0 Shockwave

Mulai dari Rp 649.000,00

Target usia8 tahun ke atas
Jenis mainanTembak-tembakan
Menggunakan baterai×
8
Target usia3 tahun ke atas
Jenis mainanBongkar pasang, mobil-mobilan
Menggunakan baterai×
7

LegoSuper Heroes Spider-Man & Doctor Octopus Mech Battle

76198

Mulai dari Rp 364.000,00

Target usia7 tahun ke atas
Jenis mainanBongkar pasang
Menggunakan baterai×
6

ELCLights And Sounds Buggy Driver

Mulai dari Rp 649.000,00

Target usia6 bulan ke atas
Jenis mainanMobil-mobilan
Menggunakan baterai
5
Target usia6 tahun ke atas
Jenis mainanBongkar pasang
Menggunakan baterai×
4
Target usia3 tahun ke atas
Jenis mainanRemote control
Menggunakan baterai
3
Target usia3 tahun ke atas
Jenis mainanMobil-mobilan
Menggunakan baterai×
2

Istana BonekaBoneka Bola Kerincing

Mulai dari Rp 30.000,00

Target usia0 bulan ke atas
Jenis mainanBoneka
Menggunakan baterai×
1
Target usiaTidak ada keterangan
Jenis mainanSamsak
Menggunakan baterai×

Baca juga rekomendasi mainan lainnya di sini

Ada begitu banyak mainan yang beredar di pasaran. Mulai dari mainan robot, pesawat terbang, hingga mobil bisa Anda belikan untuk anak. Saatnya membaca lebih jauh mengenai seluruh produk tersebut di sini!

Kesimpulan

Melihat ekspresi bahagia anak saat memainkan mainan kesukaannya terasa sangat memuaskan, bukan? Tidak hanya satu, Anda bisa membelikan beragam jenis mainan berbeda untuk anak asalkan dananya mencukupi.


Cek dahulu target usia yang tertera pada mainan sebelum memutuskan untuk membeli. Periksa juga perlu tidaknya penggunaan baterai. Kembangkan imajinasi dan kreativitas anak laki-laki Anda sembari bermain dengan mainan favoritnya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 4, 5, 6 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 4, 5, 6 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022)
    Anak Anda tidak hanya bermain, tetapi juga bisa belajar mengenal huruf, angka, dan bentuk dengan mainan edukasi. Produknya juga bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan berkonsentrasi. Tak jarang jika mainan ini digunakan sebagai materi pembelajaran di PAUD, TK, dan SD.Kali ini kami akan memberikan tips memilih mainan edukasi terbaik untuk anak usia 4, 5, dan 6 tahun. Tentu saja produknya bisa digunakan untuk anak laki-laki ataupun perempuan. Kami juga akan berbagi dan mengulas rekomendasi produknya, lho. Artikel ini telah ditinjau oleh praktisi terapi bermain kami, Grace Melia. Mari simak terus pembahasannya!
    Mainan anak
  • 10 Rekomendasi Mainan Anak Terbaik untuk Usia 1 Tahun (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mainan Anak Terbaik untuk Usia 1 Tahun (Terbaru Tahun 2022)
    Usia satu tahun merupakan usia di mana anak memasuki usia emas atau golden age. Karena otak anak mengalami perkembangan yang sangat pesat, orang tua dapat memberikan mainan untuk menunjang pertumbuhannya. Mainan tersebut bersifat mendidik dan ada juga yang ditujukan untuk belajar jalan.Agar Anda bisa menemukan mainan yang tepat, kami akan membagikan tips memilih mainan untuk anak usia satu tahun. Rekomendasi mainan anak usia satu tahun terbaik seperti merk Sugar Baby dan Fisher-Price juga akan kami ulas. Simak artikel ini untuk mendapatkan produk yang sesuai untuk anak Anda.
    Mainan anak
  • 10 Rekomendasi Pelampung Renang Terbaik untuk Anak Berdasarkan Umur (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pelampung Renang Terbaik untuk Anak Berdasarkan Umur (Terbaru Tahun 2022)
    Memperkenalkan aktivitas berenang sejak dini dipercaya dapat memberikan manfaat yang baik untuk anak. Selain otak anak dapat berkembang dengan maksimal, anak dapat merasa bahagia dan meningkatkan rasa percaya dirinya. Pada awal memperkenalkan serunya berenang, Anda dapat memberikan pelampung yang bagus demi keselamatan anak. Karena itu, kali ini kami akan memperkenalkan cara memilih pelampung renang terbaik sesuai dengan usia anak. Kami juga akan membagikan rekomendasi pelampung yang aman untuk bayi, anak umur 1 tahun, 2 tahun, dan usia lainnya. Merek-mereknya pun beragam, seperti Kiddie Splash dan Intex. Selamat membaca!
    Mainan anak
  • 10 Mainan Edukasi Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mainan Edukasi Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    Bayi membutuhkan stimulasi untuk perkembangan motorik kasar ataupun motorik halus mereka. Mainan edukasi untuk bayi bisa membantu Anda dalam memberikan stimulasi ini. Jenisnya pun ada bermacam-macam, seperti mainan berbentuk bola, play mat atau alas main, boneka, sampai balok susun.Dalam artikel ini, kami akan membahas mainan edukasi bayi dari berbagai merek, seperti Playgro, LEGO, dan Fisher-Price. Sebelum itu, kami juga akan menjelaskan cara memilih produk yang bagus. Bidan Ony Christy juga menambahkan komentarnya, lho. Kini Anda tidak perlu bingung lagi dalam memilih. Selamat membaca!
    Mainan anak
  • 10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 2 sampai 3 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 2 sampai 3 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022)
    Pada usia 2–3 tahun anak mengalami perkembangan yang pesat. Anak akan mulai banyak berbicara dan mengerjakan hal-hal sederhana sendiri. Periode usia ini sampai dengan usia 5 tahun disebut sebagai golden age. Pada usia tersebut, terjadi perkembangan signifikan secara kepribadian dan kemampuan.Agar perkembangannya optimal, Anda perlu memberikan stimulasi berupa mainan yang edukatif. Kami akan menjelaskan cara memilih mainan edukasi untuk anak usia 2–3 tahun. Ada pula rekomendasi mainan-mainan yang bagus dari berbagai merek, seperti Playgro dan Satu Keluarga. Artikel ini juga telah ditinjau oleh praktisi terapi bermain kami, Grace Melia.
    Mainan anak
  • 10 Rekomendasi Mainan Gelembung Sabun Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mainan Gelembung Sabun Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu mainan anak yang sejak dulu sangat digemari adalah mainan gelembung sabun. Saat ini, merek dan jenisnya juga sangat beragam. Mulai dari mainan gelembung sabun otomatis hingga mainan gelembung sabun kamera, semuanya akan Anda temukan. Hal tersebut membuat harga mainan gelembung sabun tergolong bervariasi. Artikel ini akan mengulas tentang mainan gelembung sabun lengkap dengan tips memilihnya. Mainan gelembung sabun merek Emco, Toy Addict, dan sebagainya pun akan Anda temukan dalam artikel ini. Ada juga tips membuat mainan gelembung sabun, silakan baca artikel ini sampai tuntas!
    Mainan anak
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori