• 10 Rekomendasi Mainan Terbaik untuk Anak Laki-laki (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Mainan Terbaik untuk Anak Laki-laki (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Mainan Terbaik untuk Anak Laki-laki (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Mainan Terbaik untuk Anak Laki-laki (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Mainan Terbaik untuk Anak Laki-laki (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Mainan Terbaik untuk Anak Laki-laki (Terbaru Tahun 2020)

Bagi anak laki-laki, mainan adalah hal tak terpisahkan yang bisa memberikan kesenangan sekaligus mengembangkan imajinasi. Ada begitu banyak mainan untuk laki-laki, mulai dari mainan robot, kendaraan, hingga mainan action figure. Semuanya terlihat sangat menarik untuk dimiliki.


Kabar baiknya, dalam artikel ini Anda akan menemukan tips cara memilih mainan anak laki-laki. Daftar rekomendasi mainan terbaik untuk anak laki-laki pun akan Anda temukan, memilih produk jadi makin mudah! Mainan keren keluaran Bandai, Hasbro, McFarlane, dan sebagainya bisa Anda belikan untuk anak Anda. Yuk, langsung simak selengkapnya!

Blogger/influencer yang ada di artikel ini

YSalma
  • Pembaharuan terakhir: 16 November 2020
  • 2.890 Views
Daftar isi

Cara memilih mainan untuk anak laki-laki

Berikut adalah tips memilih mainan terbaik untuk anak laki-laki. Simak penjelasan kami selengkapnya agar Anda bisa menemukan mainan yang pas bagi si buah hati!

Periksa target usia pada mainan

Periksa target usia pada mainan

Langkah pertama saat Anda hendak membelikan mainan untuk anak laki-laki adalah mengecek target usia mainan tersebut. Biasanya target usia tercantum pada kemasan atau kardus mainan. Bila tidak tertera, Anda bisa menanyakannya pada penjual.


Target usia sendiri terkait dengan keamanan penggunaan mainan tersebut. Mulai dari cat yang digunakan, ada tidaknya komponen tajam, hingga ukuran mainan menjadi pertimbangan produsen saat menentukan target usia. Hal tersebut penting terutama bila mainannya akan dimainkan oleh anak yang berusia di bawah lima tahun. Anak di rentang usia tersebut biasanya masih belum hati-hati saat bermain. Bahkan, bila mainannya terlalu kecil, bisa jadi mainan tersebut malah ditelan.


Selain itu, target usia juga menggambarkan kemudahan memainkan mainan tersebut. Mainan dengan target usia untuk anak di atas sembilan tahun biasanya lebih kompleks untuk dimainkan. Bila mainan seperti itu diberikan pada anak yang masih kecil, bisa-bisa mainannya malah tidak dimainkan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mengecek dahulu target usia dari mainan incaran Anda.

Pilih mainan berdasarkan jenisnya

Ada banyak jenis mainan untuk anak laki-laki. Di bawah ini Anda akan menemukan berbagai jenis mainan favorit untuk anak laki-laki. Yuk, segera belikan untuk anak kesayangan Anda!

Mainan kendaraan, makin realistis tentu makin keren

Mainan kendaraan, makin realistis tentu makin keren

Sejak usia dini pun anak laki-laki tertarik dengan dunia otomotif. Mainan bertema kendaraan, misalnya mobil, motor, pesawat, helikopter, dan sebagainya memiliki tempat tersendiri di hati anak-anak. 


Untuk anak berusia di bawah lima tahun, Anda bisa membelikan mainan kendaraan yang bentuknya lucu. Namun, anak laki-laki yang sudah masuk SD biasanya lebih suka dengan kendaraan yang bentuknya menyerupai kendaraan asli. Bahkan, bila mainannya bisa menghasilkan cahaya atau suara seperti kendaraan asli, mainan tersebut akan tampak lebih menarik.


Ada juga mainan kendaraan yang bisa dinaiki misalnya mobil aki. Mainan seperti ini akan memberikan sensasi berbeda saat dimainkan anak Anda. Meski begitu, dibanding mainan kendaraan lainnya, mainan ini berukuran lebih besar dan memiliki harga yang lebih tinggi. Pastikan Anda menyiapkan dana lebih untuk memilikinya, ya!

Mainan robot, kembangkan imajinasi dengan beragam bentuk ciamik

Mainan robot, kembangkan imajinasi dengan beragam bentuk ciamik

Mainan robot adalah salah satu mainan yang wajib dimiliki anak laki-laki. Hampir semua anak laki-laki menyukai mainan robot. Tampilan futuristis dan bentuk unik menjadi daya tarik utama dari mainan robot. 


Tidak hanya robot yang sudah langsung jadi, ada juga mainan robot yang perlu dirakit dahulu. HG (high grade) Gundam adalah contoh mainan robot keren yang harus dirakit dahulu oleh anak Anda untuk bisa dimainkan. Berdasarkan tingkat kesulitan perakitannya, HG Gundam berada pada tingkat terbawah. Meski begitu, tetap saja mainan ini lebih cocok diberikan untuk anak yang berusia setidaknya sembilan tahun.


Saat sudah memegang mainan robot, anak Anda akan keseruan sendiri memainkannya. Beragam alur cerita akan terlintas di benaknya. Mulai dari cerita peperangan, turnamen pertarungan, balapan, hingga pertempuran sembari terbang akan anak Anda imajinasikan. Tidak hanya menjadikannya makin imajinatif, mainan robot adalah pilihan tepat untuk mengajarkan anak cara membuat cerita yang menarik.

Mainan tembak-tembakan, melatih motorik dan konsentrasi anak

Mainan tembak-tembakan, melatih motorik dan konsentrasi anak

Ada anak laki-laki yang tidak bisa diam bahkan saat memainkan mainannya. Nah, bila anak Anda seperti ini, mainan tembak-tembakan bisa Anda jadikan pilihan. 


Ada mainan tembak-tembakan yang tidak mengeluarkan peluru, tetapi hanya suara dan bunyi saja. Mainan seperti ini biasanya disukai anak yang berusia di bawah lima tahun. Namun, anak yang sudah masuk SD umumnya ingin merasakan sensasi berhasil menembak target tertentu.


Anda bisa menentukan target yang perlu ditembak, misalnya kardus, bola, atau objek lainnya. Dengan begitu, anak Anda tidak hanya asyik berlarian, tetapi bisa sekaligus melatih fokus saat berusaha menembak target.


Saat hendak membelikan mainan tembak-tembakan, Anda sebaiknya mengecek peluru yang dilontarkan. Pastikan pelurunya tidak berisiko melukai bahkan saat tidak sengaja mengenai bagian tubuh. 

Mainan action figure, hadirkan jagoan favorit anak Anda

Mainan action figure, hadirkan jagoan favorit anak Anda

Anak laki-laki sangat mudah suka dengan karakter dari film yang ditonton atau buku yang dibaca. Nah, anak Anda yang seperti ini akan sangat suka saat dibelikan mainan action figure. Action figure sendiri biasanya dibuat semirip mungkin dengan karakter aslinya. Bahkan, banyak action figure yang dilengkapi dengan beragam aksesori agar makin seru dimainkan. 


Selain aksesori, poin penting lain yang perlu diperhatikan adalah artikulasi pada action figure. Makin banyak aksesorinya, makin banyak pula pose yang bisa dilakukan mainan tersebut. Tidak hanya itu, produk dengan banyak artikulasi tentu akan lebih luwes ketika dimainkan.

Periksa perlu tidaknya penggunaan baterai

Periksa perlu tidaknya penggunaan baterai

Sebagian mainan membutuhkan energi listrik dari baterai untuk dapat dimainkan. Mainan mobil aki sekalipun tetap membutuhkan baterai agar remote-nya bisa Anda fungsikan. Biasanya mainan membutuhkan listrik dari baterai agar bisa mengeluarkan suara atau cahaya saat dimainkan.


Seiring berjalannya waktu, baterai akan habis. Kecuali baterainya rechargeable, Anda tentu perlu menyiapkan dana tambahan untuk membeli baterai baru secara berkala.


Agar anak bermain lebih seru dengan adanya suara atau cahaya dari mainan, mainan dengan baterai bisa dipertimbangkan. Namun, untuk Anda yang tidak ingin mengganti baterai secara berkala, mainan tanpa baterai adalah pilihan tepat.

Pilih mainan yang dapat dimainkan bersama teman

Pilih mainan yang dapat dimainkan bersama teman

Mainan juga bisa Anda gunakan mendidik anak untuk bekerja sama dengan temannya sejak dini, lho! Anda hanya perlu membelikannya mainan yang lebih seru ketika dimainkan bersama teman-teman. Sebagai contoh, mainan bola, mainan block misalnya LEGO, dan beragam mainan lainnya bisa Anda pilih. Mainan seperti ini tetap asyik dimainkan sendirian. Namun, tentu suasana bermain akan lebih menyenangkan saat dimainkan bersama teman-teman. Hal tersebut juga akan melatih jiwa kerja sama anak Anda sejak dini.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Takara Tomy Transformers Prime Ultra Magnus

AM-27

Rp 699.000,00

10 Rekomendasi mainan terbaik untuk anak laki-laki

Rasanya tidak sabar untuk melihat ekspresi gembira anak saat memperoleh mainan favoritnya, bukan? Segera belikan mainan berikut untuk anak Anda!

10
Target usiaTidak disebutkan
Jenis mainanBola
Menggunakan bateraiTidak
9
Target usia3 tahun ke atas
Jenis mainanKendaraan
Menggunakan bateraiTidak
8
Target usia12 tahun ke atas
Jenis mainanAction figure
Menggunakan bateraiTidak
7
Target usiaTidak disebutkan
Jenis mainanKendaraan
Menggunakan bateraiYa
6
Target usia8 tahun ke atas
Jenis mainanRobot
Menggunakan bateraiTidak
5

HasbroNerf Elite Shellstrike DS-6 Blaster

Rp 219.000,00

Target usia8 tahun ke atas
Jenis mainanTembak-tembakan
Menggunakan bateraiTidak
4

HasbroMarvel Legends Series Avengers: Endgame 6-inch Collectible Action Figure Iron Patriot Avengers Collection

E7679

Rp 500.000,00

Target usia4 tahun ke atas
Jenis mainanAction figure
Menggunakan bateraiTidak
3

LEGOJurassic World T. rex vs Dino-Mech Battle

Rp 1.585.000,00

Target usia8 tahun ke atas
Jenis mainanBlock
Menggunakan bateraiTidak
2

HasbroTransformers Toys Studio Series 44 Leader Class Transformers: Dark of the Moon movie Optimus Prime Action Figure

E4522

Rp 995.000,00

Target usia8 tahun ke atas
Jenis mainanRobot/action figure/kendaraan
Menggunakan bateraiTidak
1
Target usiaTidak disebutkan
Jenis mainanKendaraan
Menggunakan bateraiYa

Tabel perbandingan produk mainan terbaik untuk anak laki-laki

Gambar produk
1
PMB Mobil Aki Advander 1

PMB

2
Hasbro Transformers Toys Studio Series 44 Leader Class Transformers: Dark of the Moon movie Optimus Prime Action Figure 1

Hasbro

3
LEGO Jurassic World T. rex vs Dino-Mech Battle 1

LEGO

4
Hasbro Marvel Legends Series Avengers: Endgame 6-inch Collectible Action Figure Iron Patriot Avengers Collection 1

Hasbro

5
Hasbro Nerf Elite Shellstrike DS-6 Blaster 1

Hasbro

6
Bandai  HGCE 1/144 Destiny Gundam 1

Bandai

7
Remote Control Helicopter 1

8
McFarlane Action Figure Naruto 1

McFarlane

9
Cute Truck 1

10
Proteam Bola Soccer 1927 #3 1

Proteam

Nama produk

Mobil Aki Advander

Transformers Toys Studio Series 44 Leader Class Transformers: Dark of the Moon movie Optimus Prime Action Figure

Jurassic World T. rex vs Dino-Mech Battle

Marvel Legends Series Avengers: Endgame 6-inch Collectible Action Figure Iron Patriot Avengers Collection

Nerf Elite Shellstrike DS-6 Blaster

HGCE 1/144 Destiny Gundam

Remote Control Helicopter

Action Figure Naruto

Cute Truck

Bola Soccer 1927 #3

Keunggulan

Berikan sensasi mengemudikan mobil pada anak Anda

Ada tiga mode bentuk, semuanya asyik dimainkan!

Bawa anak Anda bertualang di dunia prasejarah

Senjatanya lengkap, detailnya pun memukau

Bisa menembakkan tiga peluru sekaligus, asyik!

Makin keren berkat wings of light

Mainan helikopter yang stabil dan mudah dikontrol

Naruto sang Hokage siap menemani si kecil berimajinasi

Melatih kecerdasan spasial sambil bermain

Latih fisik dan kecekatan anak Anda sejak kecil

HargaRp 1.050.000,00Rp 995.000,00Rp 1.585.000,00Rp 500.000,00Rp 219.000,00Rp 329.000,00Rp 255.000,00Rp 175.000,00Rp 109.900,00Rp 160.930,00
Target usiaTidak disebutkan8 tahun ke atas8 tahun ke atas4 tahun ke atas8 tahun ke atas8 tahun ke atasTidak disebutkan12 tahun ke atas3 tahun ke atasTidak disebutkan
Jenis mainanKendaraanRobot/action figure/kendaraanBlockAction figureTembak-tembakanRobotKendaraanAction figureKendaraanBola
Menggunakan bateraiYaTidakTidakTidakTidakTidakYaTidakTidakTidak
Tautan produk

Baca juga rekomendasi mainan lainnya di sini

Ada begitu banyak mainan beredar di pasaran. Mulai dari mainan robot, pesawat terbang, mobil, hingga mainan alat musik bisa Anda belikan untuk anak. Saatnya membaca lebih jauh mengenai seluruh produk tersebut di sini!

Kesimpulan

Melihat ekspresi bahagia anak saat memainkan mainan kesukaannya terasa sangat memuaskan, bukan? Tidak hanya satu, Anda bisa membelikan beragam jenis mainan berbeda untuk anak asalkan dananya mencukupi.


Cek dahulu target usia yang tertera pada mainan sebelum memutuskan untuk membeli. Periksa juga perlu tidaknya penggunaan baterai. Kembangkan imajinasi dan kreativitas anak laki-laki Anda sembari bermain dengan mainan favoritnya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 2 sampai 3 Tahun (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 2 sampai 3 Tahun (Terbaru Tahun 2020)
    Pada usia 2-3 tahun, anak mengalami perkembangan yang pesat. Sebagai contoh, anak sudah mulai banyak berbicara dan mulai bisa mengerjakan hal-hal sederhana sendiri. Periode usia ini sering disebut sebagai golden age, yaitu usia terjadinya perkembangan signifikan baik dari segi kepribadian maupun kemampuan.Untuk perkembangan yang optimal, Anda perlu memberikan stimulasi berupa mainan edukasi yang sesuai bagi anak Anda. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih mainan edukasi bagi anak usia 2 sampai 3 tahun. Tak lupa, kami pun akan memberikan rekomendasi mainan-mainan terbaik sebagai referensi bagi Anda. Selamat menyimak!
    Mainan anak
    66.656 Views
  • 10 Rekomendasi Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 4, 5, 6 Tahun (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 4, 5, 6 Tahun (Terbaru Tahun 2020)
    Banyak hal menyenangkan yang dapat anak Anda lakukan sebelum memulai pendidikan di sekolah dasar. Salah satunya adalah memainkan mainan edukasi untuk menstimulasi perkembangan daya pikir dan kreativitas. Anak Anda bisa belajar mengenal huruf, angka, bentuk, mengembangkan kemampuan berkonsentrasi, dan sebagainya.Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih mainan edukasi untuk anak usia 4, 5, 6 tahun. Tak lupa, kami pun akan merekomendasikan sepuluh produk mainan yang sesuai bagi putra dan putri Anda. Mari simak terus artikel ini!
    Mainan anak
    62.455 Views
  • 10 Rekomendasi Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 0 sampai 1 Tahun (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 0 sampai 1 Tahun (Terbaru Tahun 2020)
    Anak usia 0 hingga 1 tahun membutuhkan stimulasi untuk perkembangan motorik kasar maupun motorik halus mereka. Mainan edukasi untuk bayi bisa membantu Anda dalam stimulasi ini. Bentuk mainannya pun bermacam-macam, seperti berbentuk bola, play mat atau alas main, boneka, sampai mainan saat mandi.Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan produk mainan edukasi dari berbagai merek, seperti PlayGro dan Fisher Price, lengkap dengan cara memilihnya. Kini, Anda tidak perlu bingung lagi dalam memilih. Selamat membaca!
    Mainan anak
    32.672 Views
  • 10 Rekomendasi Mainan Terbaik untuk Anak Perempuan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mainan Terbaik untuk Anak Perempuan (Terbaru Tahun 2020)
    Saat bermain adalah momen yang sangat menyenangkan. Anda bisa membelikan beragam jenis mainan untuk anak perempuan, mulai dari boneka hingga mainan kecantikan. Masing-masing jenis mainan tidak hanya asyik dimainkan, tetapi juga dapat mengembangkan kecerdasan anak Anda.Dalam artikel ini, secara khusus kami akan membahas cara memilih mainan untuk anak perempuan. Kami juga akan memberikan rekomendasi mainan terbaik untuk anak perempuan. Ada mainan L.O.L. Suprise, My Little Pony, Barbie, dan sebagainya dalam artikel ini. Pilihlah yang paling disukai anak Anda.
    Mainan anak
    5.263 Views
  • 10 Rekomendasi Kolam Renang Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kolam Renang Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Berenang adalah aktivitas yang menyenangkan ketika cuaca sedang panas. Sayangnya, Anda tidak selalu dapat pergi ke laut atau ke kolam renang bersama anak-anak. Meski begitu, semua tetap bisa bermain air dengan gembira di rumah menggunakan kolam renang berbahan vinil.Namun, tunda membeli kolam renang anak sebelum membaca poin-poin pemilihan dalam artikel ini. Lebih menariknya, akan ada rekomendasi produk-produk terbaik yang nantinya bisa Anda pertimbangkan, misalnya merek Intex dan Bestway. Wah, anak-anak pasti gembira memiliki kolam renang vinil untuk digunakan saat cuaca panas!
    Mainan anak
    23.465 Views
  • 10 Rekomendasi Mainan Mobil Dorong Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mainan Mobil Dorong Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi Anda yang punya anak balita tentunya sedang sibuk-sibuknya mencari mainan yang pas untuk anak Anda. Mainan mobil dorong cukup digemari anak yang belum bisa naik sepeda roda tiga. Bentuk dan motifnya yang menarik serta bisa dimainkan seperti mobil asli menjadi daya tarik tersendiri. Tidak hanya bisa dimainkan di dalam ruangan, mainan mobil dorong juga bisa dimainkan di luar ruangan. Kali ini kami akan menjelaskan cara memilihnya dengan tepat. Kami juga akan menyertakan rekomendasi dari berbagai merek terkenal, seperti Family Toys dan SHP. Mari berburu mainan untuk anak Anda!
    Mainan anak
    15.286 Views
  • 10 Rekomendasi Mainan Pesawat Terbang Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mainan Pesawat Terbang Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Mainan pesawat direkomendasikan untuk anak-anak penyuka kendaraan. Mulai dari merek LEGO sampai Tomica, banyak sekali jenis mainan pesawat beredar di pasaran. Mainan pesawat untuk anak usia dua tahun pastinya berbeda dengan mainan untuk anak SD yang penuh rasa penasaran. Selain itu, ada juga mainan pesawat yang dijual secara set dengan perlengkapan bandara. Dari beragam pilihan tersebut, manakah yang sekiranya paling cocok untuk anak Anda? Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih sekaligus memperkenalkan sepuluh rekomendasi mainan pesawat terbang terbaik untuk Anda. Selamat menyimak!
    Mainan anak
    3.578 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori