• 10 Rekomendasi Lunch Box Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Lunch Box Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Lunch Box Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Lunch Box Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Lunch Box Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Lunch Box Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Berhubung biasanya orang membawa bekal untuk makan siang, kotak bekal atau bento box juga dikenal dengan nama lunch box. Saat ini, Anda dapat menemukan beragam lunch box yang bisa dipilih berdasarkan jenis material, bentuk, jumlah kompartemen, hingga warnanya. 


Pada artikel kali ini, kami akan memberikan tips memilih lunch box yang bagus dan pas untuk Anda. Kami juga akan memberikan rekomendasi merk lunch box terbaik seperti Ecentio, Konka, dan UCHII. Sudah penasaran lunch box seperti apa yang akan kami ulas? Yuk, simak artikel ini hingga selesai!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Isnuansa Maharani
Eko dan Diana
Dyoza Cinnamon
  • Pembaharuan terakhir: 21 Juni 2021
  • 10.584 Views
Daftar isi

Sejarah bento box, kotak bekal ala Jepang yang kini dikenal sebagai lunch box

Sejarah bento box, kotak bekal ala Jepang yang kini dikenal sebagai lunch box

Tradisi bento sudah dikenal sejak berabad-abad yang lalu di Jepang. Pada saat itu, para petani dan prajurit membawa bekal yang disimpan dalam kotak. Kotak tersebut terinspirasi dari tempat penyimpanan benih dan dilengkapi dengan kompartemen untuk beberapa jenis makanan.


Namun, kata "bento" awalnya bukan murni berasal dari Jepang. Menurut etimologinya, kata bento berasal dari kata biandang yang merupakan bahasa Mandarin. Biandang merupakan bahasa slang yang artinya adalah mudah atau tidak menyusahkan. Awalnya, bento box dibuat dari kayu. Pada perkembangannya, stainless steel mulai digunakan sebagai bahan bento box.


Berhubung sering untuk membawa bekal makan siang, saat ini bento box juga dikenal dengan istilah lunch box. Berbeda dari zaman dahulu, sekarang lunch box hadir dengan berbagai macam bahan serta desain yang unik. Tidak heran jika lunch box menjadi barang yang cukup diminati oleh anak-anak sampai orang dewasa.


Bentuk lunch box yang dibagi menjadi beberapa partisi memiliki tujuan tersendiri. Dengan kotak yang dipisah-pisah, makanan yang disimpan tidak bercampur sehingga tetap fresh ketika disantap. Tak hanya itu, tiap kompartemen biasanya juga berisi makanan yang berbeda-beda. Mulai dari karbohidrat, protein, dan serat yang semuanya mampu menutrisi kebutuhan harian.

Cara memilih lunch box

Di samping fungsinya untuk membawa bekal, lunch box juga dibuat dengan bentuk yang menarik. Agar tidak salah memilih, kami rangkum tipsnya dalam poin-poin berikut ini hanya untuk Anda.

Berbagai pilihan bahan lunch box

Sekarang, Anda mudah menemukan lunch box dengan berbagai bahan seperti plastik, stainless steel, kayu, sampai wheat straw. Tentunya, setiap bahan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Plastik, mudah ditemukan dan harganya ekonomis

Plastik, mudah ditemukan dan harganya ekonomis

Plastik merupakan material paling umum yang mudah Anda temui sebagai bahan dasar pembuatan lunch box. Biasanya lunch box dibuat dari polimer termoplastik jenis PP (polypropylene) , HDPE (High Density Polyethylene), dan LDPE (low-density polyethylene). Saat memilih lunch box dari plastik, pilihlah bahan yang bebas bisphenol A atau BPA. 


BPA merupakan bahan yang biasa digunakan dalam pembuatan kontainer plastik dan dapat terserap ke dalam makanan. Bahan kimia ini dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan, seperti memengaruhi kebiasaan anak, memicu kanker, dan lainnya. Pilihlah tempat makan plastik dengan label BPA free agar lebih aman untuk digunakan.


Harga lunch box dari plastik cenderung lebih ekonomis jika dibandingkan dengan bahan lain. Meski begitu, beberapa produk jenis ini kuat untuk dihangatkan dalam microwave. Sayangnya, makanan kuah berwarna, seperti kari, mudah meninggalkan bekas pada plastik sehingga warna asli lunch box akan sulit kembali.

Kayu, memberi kesan tradisional nan unik

Kayu, memberi kesan tradisional nan unik

Lunch box yang terbuat dari kayu memiliki nilai estetika yang tinggi. Anda akan mendapatkan kesan autentik dengan lunch box berbahan dasar kayu. Kayu juga dapat menjadi insulator yang baik bagi makanan panas maupun dingin.


Anda perlu merawat bahan kayu dengan ekstra hati-hati agar tidak cepat rusak. Segera keringkan dengan lap atau tisu setelah mencuci lunch box. Air yang terlalu lama menempel pada permukaan kayu bisa merembes ke dalam dan membuat kayu cepat lapuk.

Stainless steel, kuat dan tahan lama

Stainless steel, kuat dan tahan lama

Bahan lainnya yang biasa digunakan untuk lunch box adalah stainless steel. Bahan ini lebih mudah dibersihkan jika Anda membawa bahan makanan yang berwarna. Stainless steel tergolong kuat sehingga cenderung aman untuk digunakan dalam jangka waktu lama.


Jika Anda membawa makanan dengan aroma yang cukup kuat, stainless steel sanggup menjaga aroma tersebut agar tidak tercium keluar. Sayangnya, bahan stainless steel tidak dapat digunakan di dalam microwave

Wheat straw, bahan yang ramah lingkungan

Wheat straw, bahan yang ramah lingkungan

Bahan wheat straw mulai marak digunakan dalam perlengkapan makan belakangan ini. Wheat straw merupakan batang gandum yang dibuang setelah gandum dipanen. Agar tercipta zero waste, kandungan serat selulosa yang terkandung di dalam wheat straw diolah menjadi polimer. 


Polimer tersebut dijadikan bahan pembuatan plastik, tetapi lebih ramah lingkungan karena merupakan bahan yang dapat terurai. Lunch box yang terbuat dari wheat straw dapat tahan panas sampai suhu sekitar 100°C. Pilihan warnanya juga unik dengan shades pastel.

Pilih jumlah kompartemen yang sesuai kebutuhan

Pilih jumlah kompartemen yang sesuai kebutuhan

Lunch box memang identik dengan banyaknya kompartemen dalam satu kotak makan. Sesuaikan kompartemen yang tersedia dengan makanan yang Anda bawa. Jika Anda membawa bekal makan siang untuk sendiri, pilihan tiga kompartemen sudah cukup untuk menyimpan nasi dan dua jenis lauk. 


Bagi Anda yang ingin makan lebih banyak, pilihlah lunch box lebih dari tiga kompartemen untuk memasukkan snack tambahan. Begitu juga jika ingin membawa bekal untuk disantap beramai-ramai. Pilihlah lunch box dengan kompartemen yang lebih banyak.


Anda juga dapat menemukan lunch box dengan sekat yang dapat diatur. Fitur ini memudahkan Anda ketika ingin membawa lauk lebih banyak dari nasinya atau sebaliknya.

Sesuaikan ukuran dengan jumlah bekal yang hendak dibawa

Sesuaikan ukuran dengan jumlah bekal yang hendak dibawa

Pemilihan ukuran lunch box juga perlu diperhatikan. Jika Anda ingin membawakan bekal untuk anak, cukup pilih ukuran yang kecil. Ukuran yang kecil memudahkan anak-anak dalam membawa bekal ke sekolah dan tidak memberatkan. Namun, jika si kecil sedang lahap mengonsumsi makanan, Anda dapat membawakan lunch box dengan ukuran lebih besar atau jumlah ruang lebih banyak.


Bagi para pekerja, pastikan nutrisi dan kalori yang dikonsumsi mencukupi kebutuhan harian. Anda dapat menggunakan lunch box dengan ukuran besar, berkapasitas 1 L misalnya. Jangan lupa juga lengkapi dengan camilan agar Anda tidak jajan sembarangan.


Selain lunch box yang dijual dalam bentuk satuan, ada juga lunch box yang dijual dalam bentuk bersusun atau terdiri dari beberapa tingkat. Jenis ini dapat menjadi solusi untuk membawa lebih banyak makanan.

Pastikan tutupnya rapat supaya makanan tidak tumpah

Pastikan tutupnya rapat supaya makanan tidak tumpah

Saat membeli lunch box, pastikan Anda mendapatkan tutup yang sesuai. Jika Anda sering membawa makanan berkuah, pastikan tiap kompartemennya tidak akan bercampur. Kemudian, Anda dapat memilih tutup yang dilengkapi dengan karet agar makanan tidak tumpah. Jenis tutup ini membantu menjaga kesegaran makanan dan mencegah aroma tercium keluar.


Namun, jika Anda membawa makanan kering tanpa kuah, tutup biasa tanpa karet sudah cukup. Namun, pastikan tutup tersebut benar-benar rapat dan tidak mudah lepas, ya! Biasanya lunch box dengan tutup tanpa karet harganya lebih ekonomis.

Pilih produk yang mudah dibersihkan

Pilih produk yang mudah dibersihkan

Lunch box memiliki banyak sekat untuk menjaga makanan supaya tidak tercampur. Desain seperti ini sedikit menyusahkan saat hendak dicuci. Saat ini, terdapat lunch box dengan sekat yang dapat dilepas agar lebih mudah untuk dibersihkan. Model seperti ini memudahkan Anda untuk membersihkan setiap ruang penyimpanan makanan dengan lebih baik.


Namun, jika lunch box pilihan Anda tidak memiliki sekat atau kompartemen yang dapat dilepaskan tentu tidak mengapa. Pastikan Anda mencuci dengan teliti sampai sudut-sudut kompartemennya agar tidak ada sisa makanan yang tertinggal.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

10 Rekomendasi lunch box terbaik

Nah, setelah mengetahui tips memilih lunch box, selanjutnya adalah segmen yang paling Anda tunggu. Temukan berbagai lunch box rekomendasi kami di bawah ini!

10

YooYeeLunch Box Sekat 6 (Anti Tumpah)

589

Mulai dari Rp 45.000,00

BahanPlastik tebal BPA Free
Ukuran23 cm x 17 cm x 4,6 cm
Kompartemen6
Microwafe safe
Alat makanSendok dan sumpit
Kapasitas1000 ml
9

NaturehikeLunch Box

CJ03 NH18G001-J

Mulai dari Rp 125.000,00

BahanSilikon dan PP BPA Free
Ukuran24 cm x 17,5 cm x 7 cm
Kompartemen3
Microwafe safe
Alat makanGarpu sendok 2 in 1
Kapasitas950 ml
8
BahanStainless steel, plastik PP
Ukuran23 cm x 17 cm x 7,5 cm
Kompartemen3/4
Microwafe safe✓ (stainless steel-nya saja)
Alat makanSendok dan sumpit
Kapasitas1000 ml
7

BearTempat Makan Penghangat Elektrik

Mulai dari Rp 429.900,00

BahanStainless steel
Ukuran24 cm x 12,5 cm x 14,8 cm
Kompartemen3
Microwafe safeX
Alat makanX
Kapasitas1000 ml
6

OrinocoLunch Box Set 3 Sekat

OR 0224

Mulai dari Rp 78.000,00

BahanPlastik PP BPA Free
Ukuran22 cm x 16,5 cm x 8,5 cm
Kompartemen3
Microwafe safe
Alat makanSendok dan garpu
Kapasitas1500 ml
5
BahanKayu
Ukuran19 cm x 13 cm x 7 cm
Kompartemen3 (Removable)
Microwafe safeX
Alat makanX
Kapasitas-
4

FreemirWheat Straw Three Layer Lunch Box

Mulai dari Rp 100.000,00

BahanWheat straw
Ukuran18 cm x 8 cm x 11,5 cm
Kompartemen3 (adjustable)
Microwafe safe
Alat makanSendok, garpu, sumpit
Kapasitas900 ml
3

Greater GoodBento Lunch Box 800 ml

Mulai dari Rp 190.000,00

BahanStainless steel, natural bambu
Ukuran16 cm x 11 cm x 6 cm
Kompartemen1
Microwafe safeX
Alat makanX
Kapasitas800 ml
2
BahanStainless steel dan plastik PP
Ukuran23,5 cm x 15,5 cm x 15,5 cm
Kompartemen3 (2 tingkat)
Microwafe safe-
Alat makanX
Kapasitas-
1

EcentioKotak Makan 4 Grid 1300 ml

Mulai dari Rp 119.965,00

BahanPlastik PP, AS (tutup)
Ukuran24,5 cm x 18 cm x 6,5 cm
Kompartemen4
Microwafe safe
Alat makanSendok dan mangkuk sup
Kapasitas1300 ml

Tabel perbandingan produk lunch box terbaik

Gambar produk
1
Ecentio Kotak Makan 4 Grid 1300 ml 1

Ecentio

2
Konka Kotak Bekal Elektrik 1

Konka

3
Greater Good Bento Lunch Box 800 ml 1

Greater Good

4
Freemir Wheat Straw Three Layer Lunch Box 1

Freemir

5
Uchii Bento Box Kayu 1

Uchii

6
Orinoco Lunch Box Set 3 Sekat 1

Orinoco

7
Bear Tempat Makan Penghangat Elektrik 1

Bear

8
ES Kotak Makan Stainless Steel 304 1

ES

9
Naturehike Lunch Box  1

Naturehike

10
YooYee Lunch Box Sekat 6 (Anti Tumpah) 1

YooYee

Nama produk

Kotak Makan 4 Grid 1300 ml

Kotak Bekal Elektrik

Bento Lunch Box 800 ml

Wheat Straw Three Layer Lunch Box

Bento Box Kayu

Lunch Box Set 3 Sekat

Tempat Makan Penghangat Elektrik

Kotak Makan Stainless Steel 304

Lunch Box

Lunch Box Sekat 6 (Anti Tumpah)

Keunggulan

Tak perlu khawatir membawa sup dengan kotak makan satu ini!

Kotak bekal elektrik nan trendi dengan vacuum sealed

Perpaduan stainless steel dan bambu natural yang cantik bagi sobat simpel

Atur sendiri kompartemennya sesuai keinginan Anda

Bento box klasik khas Jepang yang mudah dibersihkan

Kotak makan antitumpah dan tahan panas

Bento box sakti dengan teknologi PTC thermodynamic steaming

Lunch box terbaik untuk semua umur dengan pilihan warna pastel yang manis

Temani perjalanan tanpa memberatkan bawaan

Meski disimpan terbalik, tak perlu khawatir makanan tumpah dan tercampur

Harga mulai dariRp 119.965,00Rp 480.000,00Rp 190.000,00Rp 100.000,00Rp 275.000,00Rp 78.000,00Rp 429.900,00Rp 198.000,00Rp 125.000,00Rp 45.000,00
BahanPlastik PP, AS (tutup)Stainless steel dan plastik PPStainless steel, natural bambuWheat strawKayuPlastik PP BPA FreeStainless steelStainless steel, plastik PPSilikon dan PP BPA FreePlastik tebal BPA Free
Ukuran24,5 cm x 18 cm x 6,5 cm23,5 cm x 15,5 cm x 15,5 cm16 cm x 11 cm x 6 cm18 cm x 8 cm x 11,5 cm19 cm x 13 cm x 7 cm22 cm x 16,5 cm x 8,5 cm24 cm x 12,5 cm x 14,8 cm23 cm x 17 cm x 7,5 cm24 cm x 17,5 cm x 7 cm23 cm x 17 cm x 4,6 cm
Kompartemen43 (2 tingkat)13 (adjustable)3 (Removable)3 33/436
Microwafe safe-XXX✓ (stainless steel-nya saja)
Alat makanSendok dan mangkuk supXXSendok, garpu, sumpitXSendok dan garpuXSendok dan sumpitGarpu sendok 2 in 1Sendok dan sumpit
Kapasitas1300 ml-800 ml900 ml-1500 ml1000 ml1000 ml950 ml1000 ml
Tautan produk

Baca juga rekomendasi kotak makan lainnya di sini

Kami juga memiliki artikel tentang kotak atau tempat makan lainnya, seperti tempat makan untuk bayi, anak, sampai kotak makan dengan bentuk yang unik. Jika Anda tertarik membaca lebih lanjut, silakan klik tautan di bawah ini. 

Kesimpulan

Lunch box tak hanya menjadi tempat membawa bekal supaya nutrisi Anda terpenuhi di mana pun. Secara tidak langsung, lunch box dengan desain menarik dan stylish mampu membuat perasaan senang serta menambah nafsu makan. Karena itu, pilihlah produk dengan bahan yang paling cocok untuk Anda gunakan. 


Sekian artikel tentang cara memilih lunch box berikut rekomendasi produknya. Semoga Anda merasa terbantu dengan ulasan kami. Selamat mencari lunch box terbaik, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Food Container Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Food Container Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Menyimpan makanan akan sangat terbantu apabila menggunakan food container. Saat ini, banyak produk yang memiliki fungsi sebagai kotak makanan yang juga kompatibel dengan microwave dan freezer. Setiap produk memiliki keunggulan yang berbeda-beda seperti fitur rubber seal dan katup udara. Bahannya juga beragam. Bingung pilih yang mana?   Pada artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi berbagai produk dengan desain menarik dari IKEA, Tupperware, dan LocknLock, dan sebagainya. Sebelum memilih produk, baca juga ulasan cara memilih food container yang baik di bawah ini, ya! 
    Perlengkapan bekal
    46.248 Views
  • 10 Rekomendasi Tumbler Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tumbler Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Biasanya tumbler akan digunakan saat ingin membawa minuman ke kantor, sekolah, atau dalam perjalanan. Kini, sudah tersedia berbagai jenis tumbler di pasaran. Ada tumbler yang memiliki penutup, tahan suhu panas tinggi, dan tidak mudah tumpah. Dengan desain yang beragam, Anda pun akan dibuat bingung saat ingin membelinya. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih tumbler yang sesuai untuk Anda. Tidak hanya itu, kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaik dari IKEA, Starbucks, Thermos, dan sebagainya. Pastikan Anda membaca artikel ini sampai habis!
    Perlengkapan bekal
    16.407 Views
  • 10 Rekomendasi Tempat Bekal Makan Tetap Hangat Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tempat Bekal Makan Tetap Hangat Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Menyantap bekal makan siang tentu akan lebih enak ketika makanan masih tersaji dalam keadaan hangat. Agar bekal tetap hangat, Anda membutuhkan kotak makan khusus yang dapat menahan panas. Berbagai merek seperti Thermos dan Zojirushi mengeluarkan beragam tipe kotak makan penahan panas yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.Jika Anda masih bingung, kami akan menjelaskan beberapa poin tips cara memilih kotak makan penahan panas. Selain itu, kami juga akan berbagi rekomendasi produk kotak makan penahan panas terbaik berdasarkan tipe, ukuran, fungsi, dan harga. Selamat memilih!
    Perlengkapan bekal
    43.456 Views
  • 10 Rekomendasi Kotak Makan Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kotak Makan Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2021)
    Saat anak memasuki TK atau SD, tentu mereka membutuhkan kotak makan untuk membawa bekal ke sekolah. Saat ini, terdapat banyak merek kotak makan yang dijual, antara lain Yooyee, Thermos, Uchii, dan lainnya. Setiap produk terbuat dari material yang berbeda, mulai dari plastik, stainless steel, hingga kayu.Selain itu, desainnya pun beragam. Sebenarnya, kotak makan seperti apa yang tepat untuk anak Anda? Agar Anda tidak bingung, dalam artikel ini kami akan membagikan tips memilih kotak makan untuk anak. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaik. Tetap disimak, ya!
    Perlengkapan bekal
    5.316 Views
  • 10 Rekomendasi Tas Bekal Makanan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tas Bekal Makanan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tas bekal atau lunch bag biasa digunakan untuk membawa bekal makan siang. Banyak tas bekal yang menggunakan bahan insulasi sehingga berguna untuk menjaga suhu makanan. Selain itu, banyak juga produk yang didesain dengan motif lucu dan modis. Dengan begitu, tidak akan terlihat seperti tas bekal makan siang.Beragam pilihan tas bekal di luar sana pastinya menyulitkan Anda ketika memilih. Karena itu, kami ingin membantu Anda dengan memberikan tips cara memilih tas bekal terbaik. Kami juga akan merekomendasikan produk populer seperti LocknLock, Gabag, dan Smiggle. Mari simak selengkapnya!
    Perlengkapan bekal
    7.221 Views
  • 10 Rekomendasi Soup Jar Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Soup Jar Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Soup jar atau disebut juga termos sup sangat cocok digunakan untuk sup hangat dan makanan berkuah lainnya. Anda dapat menemukan beragam produk soup jar dari berbagai merek, seperti Thermos, Tiger, atau Shuma. Mungkin Anda merasa kebingungan menentukan produk yang sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih produk yang tepat serta memberikan sepuluh rekomendasi soup jar terbaik. Berbagai soup jar yang populer dan berkualitas akan Anda temukan dalam daftar rekomendasi kami. Selamat membaca dan pilihlah produk soup jar favorit Anda! 
    Perlengkapan bekal
    6.525 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori