• 10 Rekomendasi Epilator Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Epilator Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Epilator Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Epilator Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Epilator Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Epilator Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Epilator adalah alat untuk menghilangkan bulu. Anda tidak usah repot pergi ke salon kecantikan dan membayar mahal demi menghilangkan bulu yang tidak diinginkan. Epilator yang beredar di pasaran memiliki berbagai model dan merk, seperti Braun, Philips, Lescolton, dan lain sebagainya.


Kali ini, kami akan membahas poin-poin yang dapat membantu Anda menemukan epilator terbaik. Selain itu, kami juga akan memberikan ulasan sepuluh rekomendasi alat epilator yang bagus. Review alat IPL hair removal, misalnya keluaran Xiaomi pun bisa segera Anda baca. Mari simak artikel berikut!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Apakah epilator bisa menghilangkan bulu secara permanen?

Apakah epilator bisa menghilangkan bulu secara permanen?

Sebenarnya, epilator untuk penggunaan di rumah tidak memiliki efek menghilangkan bulu secara permanen. Untuk menghilangkan bulu badan secara permanen, Anda harus menghilangkan jaringan sel yang mengatur pertumbuhan rambut. Hal ini membutuhkan prosedur medis yang hanya dapat dilakukan oleh dokter spesialis.


Epilator tersebut dibuat dengan tujuan untuk mencukur atau memperlambat pertumbuhan bulu yang tidak diinginkan. Anda bisa memperlambat dan menipiskan bulu yang tumbuh, tanpa merusak jaringan yang mengatur pertumbuhan bulu badan.


Keuntungan menggunakan epilator sendiri di rumah adalah Anda bisa menggunakannya kapan saja sembari menghemat biaya. Anda tidak usah repot pergi ke klinik atau salon kecantikan dan mengeluarkan biaya mahal hanya untuk perawatan. Epilator merupakan solusi sempurna bagi Anda yang sibuk dan tidak bisa rutin mengunjungi salon kecantikan. 

Cara memilih epilator

Kami sudah membahas mengenai keunggulan epilator untuk penggunaan di rumah. Sebelum memberikan ulasan rekomendasi produk epilator terbaik, kami akan membahas empat poin penting untuk membantu Anda dalam memilih. 

Pilih berdasarkan tingkat rasa sakit dan efektivitas

Ada dua jenis epilator untuk penggunaan di rumah, yaitu tipe flash dan laser. Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihannya tersendiri. Karena itu, pilihlah epilator yang paling sesuai untuk Anda. 

Jenis flash dengan rasa sakit minimum, cocok untuk pemula!

Jenis flash dengan rasa sakit minimum, cocok untuk pemula!

Jenis flash menggunakan lampu IPL (intense pulsed light) yang mampu merusak akar rambut dengan cara menyinari pigmen melanin rambut. Teknologi ini awalnya digunakan khusus untuk pemakaian epilator di salon kecantikan saja. Namun, belakangan ini sudah banyak produk epilator jenis flash yang diproduksi untuk pemakaian di rumah. 


Keuntungan tipe flash adalah rasa sakit yang relatif jauh lebih sedikit daripada tipe laser. Selain itu, area iradiasi juga lebih besar sehingga memakan waktu yang lebih sedikit ketika digunakan. Jenis ini cenderung memiliki harga yang relatif lebih murah. 


Ada banyak produk di pasaran dengan harga dan efek yang berbeda-beda. Karena itu, hati-hati dengan harga yang terlalu murah karena biasa saja efeknya tidak terlihat. 

Jenis laser untuk perawatan pada area spesifik

Jenis laser untuk perawatan pada area spesifik

Sesuai namanya, epilator jenis ini menggunakan laser untuk merusak melanin rambut yang berguna dalam pertumbuhan rambut. Teknologi yang digunakan sama dengan epilator laser medis yang tersedia di salon dan klinik kecantikan. Hanya saja, kekuatan lasernya sudah disesuaikan agar sesuai untuk pemakaian di rumah. Epilator jenis ini memiliki efek yang bisa langsung terlihat setelah pemakaian. 


Di satu sisi, area iradiasinya lebih kecil sehingga butuh waktu lebih lama untuk mendapatkan hasilnya daripada epilator jenis flash. Selain itu, epilator jenis laser lebih terasa sakitnya dibandingkan jenis flash. Oleh karena itu, epilator ini cocok untuk Anda yang cukup tahan dengan rasa sakit. 


Epilator jenis ini tidak boleh digunakan di area sensitif. Jenis ini juga cocok digunakan jika Anda menginginkan perawatan pada area yang spesifik.


Meski begitu, produk tipe ini masih sulit ditemukan di pasaran Indonesia. Namun, tidak
perlu khawatir! Produk-produk yang akan kami ulas pada rekomendasi produk di bawah
pun tak kalah berkualitas.

Periksa kinerja yang memengaruhi penggunaan

Performa dan fungsi epilator merupakan poin penting yang harus diperhitungkan. Silahkan simak poin berikut ini agar Anda dapat memilih dengan lebih cermat. 

Bila memungkinkan, pilih yang berarea iradiasi minimum 1,5 x 3,5 cm (5,25 cm²)

Bila memungkinkan, pilih yang berarea iradiasi minimum 1,5 x 3,5 cm (5,25 cm²)

Jika Anda ingin sekaligus menghilangkan bulu secara merata di area yang luas, pilihlah epilator dengan area iradiasi seluas mungkin. Untuk jenis flash, sebisa mungkin pilihlah epilator dengan area iradiasi minimum 1,5 x 3,5 cm. Hal ini akan mempercepat waktu yang dibutuhkan untuk menghilangkan bulu. 


Apabila epilator pilihan Anda tidak memiliki area iradiasi seluas itu, bukan masalah! Pastikan epilator yang Anda pilih memiliki fitur lain yang Anda butuhkan. Sementara itu, epilator jenis laser digunakan hanya untuk area yang sedikit dan titik tertentu saja. Karena itu, Anda tidak perlu memusingkan area iradiasi dari epilator jenis laser. 

Pilih yang kekuatannya bisa disesuaikan, serta perhatikan area penggunaan

Pilih yang kekuatannya bisa disesuaikan, serta perhatikan area penggunaan

Untuk mengurangi rasa sakit saat menggunakan epilator, kami menyarankan produk dengan level iradiasi yang bisa disesuaikan. Ketika Anda merasakan sakit, silahkan kurangi level iradiasinya. Selain itu, untuk area sensitif, Anda bisa menggunakan epilator dengan kekuatan yang paling lemah. 


Poin ini penting diingat untuk kenyamanan pada saat penggunaan. Sebelum membelinya, periksalah kemampuan epilator pilihan Anda dalam hal penyesuaian level iradiasi.


Selain itu, setiap produk epilator memiliki area penggunaan yang berbeda-beda. Misalnya, ada epilator yang dapat dipakai pada daerah sensitif dan ada juga yang tidak bisa. Karena itu, pastikan epilator Anda aman dipakai pada area yang Anda inginkan.

Perhatikan jenis-jenis cartridge yang tersedia di pasaran

Perhatikan jenis-jenis cartridge yang tersedia di pasaran

Secara umum, ada dua jenis epilator yang beredar di pasaran. Ada epilator dengan cartridge yang dapat diganti, ada juga produk yang cartridge-nya permanen. Jika Anda membeli epilator dengan cartridge yang dapat diganti, Anda tinggal mengganti cartridge saat tiba waktunya. 


Namun, epilator dengan cartridge permanen tidak bisa dipakai lagi saat cartridge telah habis. Karena itu, Anda harus membeli epilator yang baru ketika cartridge epilator permanen habis. 


Perlu Anda ketahui bahwa ada berbagai jenis cartridge di luar sana. Beberapa memiliki efek tambahan, seperti mencerahkan wajah dan sebagainya. Pastikan Anda telah memeriksa apakah epilator memiliki cartridge yang dapat diganti, dan apa saja jenisnya. 

Pilih yang terbaik berdasarkan budget Anda

Pilih yang terbaik berdasarkan budget Anda

Untuk memilih epilator yang paling pas, kalkulasikan biaya pengoperasian dan biaya cartridge. Hitunglah biaya total dengan menghitung biaya per shot yang diperlukan untuk satu kali penyinaran. Lalu, makin luas area iradiasi maka makin efektif pula penggunaan per shot-nya.


Dibawah ini, kami menuliskan perkiraan jumlah shot yang diperlukan untuk menyinari setiap area tubuh. Sebagai referensi, untuk menghilangkan bulu di seluruh badan diperlukan kira kira 300 kali shot. 


1. Wajah 20-30 shot

2. Kedua ketiak 6-8 shot

3. Kedua lengan 20-60 shot

4. Area sensitif 10-20 shot

5. Kedua kaki 150-200 shot


Pilih yang bergaransi, dengan keamanan dan teknologi terjamin

Pilih yang bergaransi, dengan keamanan dan teknologi terjamin

Epilator untuk penggunaan di rumah memiliki kemampuan merusak jaringan rambut menggunakan tenaga panas. Karena itu, gunakanlah epilator dengan hati-hati! Penting sekali menggunakan epilator dengan baik dan benar agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 


Kualitas epilator yang buruk dapat menyebabkan kulit terbakar, atau bahkan terluka. Luka tersebut bisa saja menghilangkan bekas yang tidak kunjung hilang. Saat Anda memilih epilator, hindari membeli berdasarkan harga produk yang mahal.


Namun, pastikan juga bahwa produk berasal dari produsen yang terpercaya. Cek juga berapa banyak produk yang sudah terjual sampai saat itu. 


Selain itu, Anda juga harus mengecek masa garansi dan menyimpan struk pembelian. Sekalipun terjadi masalah saat penggunaan, Anda bisa mengatasinya dengan tenang.

10 Rekomendasi produk epilator terbaik

Kami sudah mengupas mengenai poin-poin yang harus diperhatikan saat memilih epilator untuk penggunaan di rumah. Berikutnya, kami akan memberikan ulasan sepuluh rekomendasi produk epilator terbaik untuk Anda.

10

XiaomiInface IPL Laser Hair Removal

ZH-01D

Mulai dari Rp 980.000,00

Jenis epilatorFlash
CartridgeTidak disebutkan
Luas area iradiasiTidak disebutkan
Level kekuatan5
Jumlah shot900.000
9

IPL Hair Removal Epilator

Mulai dari Rp 730.800,00

Jenis epilatorFlash
CartridgePermanen
Luas area iradiasiTidak disebutkan
Level kekuatan8
Jumlah shot600.000
8
Jenis epilatorFlash
CartridgeBisa diganti
Luas area iradiasi4,06 cm² (2,9 cm*1,4 cm)
Level kekuatan7
Jumlah shot500.000 per catridge
7
Jenis epilatorFlash
CartridgeBisa diganti
Luas area iradiasi5,12 cm²
Level kekuatan5
Jumlah shot300.000
6
Jenis epilatorFlash
CartridgeBisa diganti
Luas area iradiasiTidak disebutkan
Level kekuatan5
Jumlah shot600.000
5

PhilipsLumea Prestige IPL - Hair removal device

BRI949/00

Mulai dari Rp 8.850.000,00

Jenis epilatorFlash
CartridgeBisa diganti
Luas area iradiasi2 cm², 3 cm², 4,1 cm²
Level kekuatan5
Jumlah shot250.000
4

BraunSilk-expert Pro 5

PL5124

Mulai dari Rp 12.615.000,00

Jenis epilatorFlash
CartridgeBisa diganti
Luas area iradiasiTidak disebutkan
Level kekuatan3
Jumlah shot400.000
3

EzyEzy Laser IPL Hair Removal Personal

Mulai dari Rp 3.809.300,00

Jenis epilatorFlash dan laser
CartridgeBisa diganti
Luas area iradiasi0,5 cm², 2 cm², 3 cm²
Level kekuatan5
Jumlah shot200.000
2

DessIPL Dess Laser 3-IN-1 Hair Acne Removal Skin Rejuvenation

Mulai dari Rp 3.200.000,00

Jenis epilatorFlash
CartridgeBisa diganti
Luas area iradiasiTidak disebutkan
Level kekuatan5
Jumlah shot350.000 per cartridge
1
Jenis epilatorFlash
CartridgeBisa diganti
Luas area iradiasi4 cm²
Level kekuatan5
Jumlah shot300.000 for hair removal, 100.000 for rejuvenation

Tabel perbandingan produk epilator terbaik

Gambar produk
1
Lescolton Infinity Epilator 1

Lescolton

2
Dess IPL Dess Laser 3-IN-1 Hair Acne Removal Skin Rejuvenation  1

Dess

3
Ezy Ezy Laser IPL Hair Removal Personal 1

Ezy

4
Braun Silk-expert Pro 5 1

Braun

5
Philips Lumea Prestige IPL - Hair removal device 1

Philips

6
IPL Home Pulsed Light Epilator 1

7
IPL Hair Removal 3-in-1 1

8
IPL Hair Removal 5-in-1 1

9
IPL Hair Removal Epilator 1

10
Xiaomi Inface IPL Laser Hair Removal 1

Xiaomi

Nama produk

Infinity Epilator

IPL Dess Laser 3-IN-1 Hair Acne Removal Skin Rejuvenation

Ezy Laser IPL Hair Removal Personal

Silk-expert Pro 5

Lumea Prestige IPL - Hair removal device

IPL Home Pulsed Light Epilator

IPL Hair Removal 3-in-1

IPL Hair Removal 5-in-1

IPL Hair Removal Epilator

Inface IPL Laser Hair Removal

Keunggulan

Mampu menghilangkan bulu dan mencerahkan kulit

Rasa sakit minimum untuk perawatan diri yang maksimum!

Penggunaan lebih efektif dengan dua jenis catridge : flash dan laser

Singkirkan bulu dari kulit dalam waktu sangat singkat!

Untuk seluruh area tubuh, praktis digunakan di rumah

Bentuk kepala ergodinamis untuk perawatan yang lebih mudah

Dilengkapi dengan UV guard untuk perlindungan ekstra!

Paket 5 in 1, sempurna untuk perawatan mandiri

Level kekuatan hingga delapan tingkat, lebih mudah disesuaikan

Ukurannya kecil, cocok untuk Anda yang selalu on-the-go!

Harga mulai dariRp 2.003.000,00Rp 3.200.000,00Rp 3.809.300,00Rp 12.615.000,00Rp 8.850.000,00Rp 699.000,00Rp 1.400.000,00Rp 1.250.000,00Rp 730.800,00Rp 980.000,00
Jenis epilatorFlashFlashFlash dan laserFlashFlashFlashFlashFlashFlashFlash
CartridgeBisa digantiBisa digantiBisa digantiBisa digantiBisa digantiBisa digantiBisa digantiBisa digantiPermanenTidak disebutkan
Luas area iradiasi4 cm²Tidak disebutkan0,5 cm², 2 cm², 3 cm²Tidak disebutkan2 cm², 3 cm², 4,1 cm²Tidak disebutkan5,12 cm²4,06 cm² (2,9 cm*1,4 cm)Tidak disebutkanTidak disebutkan
Level kekuatan5553555785
Jumlah shot300.000 for hair removal, 100.000 for rejuvenation350.000 per cartridge200.000400.000250.000600.000300.000500.000 per catridge600.000900.000
Tautan produk

Cara penggunaan epilator dan after care

Cara penggunaan epilator dan after care

Sebenarnya, cara penggunaan kedua jenis epilator adalah sama. Sebelum memulai, gunakan pencukur untuk menipiskan bulu yang tidak diinginkan hingga tersisa sekitar satu milimeter panjangnya. Hindarilah menggunakan pinset atau krim perontok bulu karena dapat merusak lapisan kulit. 


Frekuensi penggunaan yang diperbolehkan berbeda-beda tergantung produknya. Karena itu, pastikan Anda membaca instruksi dengan saksama dan mengikuti penggunaan yang direkomendasikan. Kecuali bila produk tidak disertai instruksi penggunaan, Anda cukup menggunakan epilator sekali saja setiap dua minggu.


Kulit Anda mungkin akan terasa panas setelah penggunaan epilator. Jika tidak diberi pelembap, dapat terjadi iritasi pada kulit. Karena itu, pastikan Anda melembapkan kulit agar tidak kering dan rawatlah kulit Anda dengan hati-hati. 

Baca juga rekomendasi berbagai produk perawatan tubuh lainnya

Setelah membaca mengenai cara memilih epilator dan produk-produk terbaiknya, saatnya Anda melengkapi kebutuhan perawatan Anda. Perawatan diri di rumah merupakan cara yang efisien untuk menghemat pengeluaran dan waktu. Silahkan cek tautan di bawah ini untuk mengetahui berbagai alat perawatan tubuh lainnya!

Kesimpulan

Kami sudah membahas berbagai poin-poin referensi untuk memilih epilator dan memberikan ulasan sepuluh rekomendasi produk epilator terbaik. Apakah ada yang menarik hati Anda?


Proses menghilangkan bulu yang tidak diinginkan sering kali membuat kulit menjadi kering. Untuk itu, mengoleskan pelembap pada kulit setelah penggunaan epilator, sangatlah dianjurkan. Jaga selalu kulit Anda agar selalu sehat dan mulus dengan epilator berkualitas! 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Timbangan Badan Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Timbangan Badan Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Menimbang berat badan merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Anda dapat mengetahui kebutuhan kalori tubuh dengan melihat berat badan Anda di timbangan. Selain itu, menimbang badan juga diperlukan oleh Anda yang sedang menjalankan program diet.Timbangan digital dapat menjadi pilihan yang praktis dan akurat untuk mengetahui bobot tubuh. Dalam artikel kali ini kami akan membahas tentang cara memilih timbangan badan digital. Kami juga akan memberi rekomendasi timbangan badan digital yang bagus dan akurat, seperti merek OneMed, GEA, Krisbow, dan Omron. Selamat menemukan timbangan digital terbaik!
    Alat medis
  • 10 Rekomendasi Kalung Kesehatan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kalung Kesehatan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kalung kesehatan adalah kalung yang mengandung material tertentu dan diklaim bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Gelombang elektromagnetik yang terpancar dari kalung tersebut dipercaya dapat menjaga kekebalan tubuh. Selain itu, kalung kesehatan juga bisa dijadikan terapi alternatif untuk membuang racun dalam tubuh dan melancarkan peredaran darah.Kalung kesehatan dari batu germanium, gwisamunsok, tourmaline banyak diminati orang. Apabila Anda sedang mencari kalung kesehatan, artikel ini adalah artikel yang tepat. Kami akan membahas kalung kesehatan yang bagus dari berbagai merek, seperti MCI, Ginsamyong, dan Alsyva. Bacalah ulasan kami dan dapatkan produk terbaik!
    Alat medis
  • 10 Nebulizer Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Nebulizer Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Mengonsumsi obat minum tidak selalu dapat menjadi solusi untuk masalah pernapasan. Terkadang, Anda membutuhkan bantuan alat nebulizer. Nebulizer adalah alat yang berfungsi menghantarkan obat dengan cepat ke paru-paru. Ada beberapa tipe nebulizer dari merek populer, seperti Philips, Omron, dan OneMed sehingga mungkin membingungkan Anda.Untuk itu, ada faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan, mulai dari kesesuaian dengan penyakit, harga, sampai kebisingan yang ditimbulkan. Kami akan menunjukkan cara memilih nebulizer yang bagus dan tepat untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter umum kami, dr. Prima. Mari simak selengkapnya!
    Alat medis
  • 10 Masker KF94 Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Masker KF94 Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Masker telah menjadi starter pack new normal bagi semua orang. Di antara banyaknya pilihan, masker KF94 adalah salah satu jenis masker yang banyak disukai. Selain karena bentuknya fashionable, model masker Korea ini juga memiliki tingkat filtrasi setinggi 94%. Kali ini, kami akan mengulas tips memilih masker KF94, baik untuk orang dewasa, wanita berhijab, maupun anak-anak. Anda juga bisa menemukan rekomendasi merek masker KF94 yang bagus, seperti Pokana, Boson, dan Trustmed. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh dokter umum kami, dr Afriyani Khusna. Yuk, simak informasinya!
    Alat medis
  • 10 Rekomendasi Masker Duckbill Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Masker Duckbill Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu model masker yang paling banyak dicari saat ini ialah masker duckbill. Masker yang bentuknya menyerupai paruh bebek ini memiliki potongan yang pas di wajah dengan desain yang stylish. Masker ini tersedia dalam beragam pilihan, misalnya masker duckbill hitam, putih, warna-warni, hingga untuk anak-anak dan wanita berhijab.Khusus untuk Anda, kami akan memberikan tips memilih masker duckbill beserta rekomendasi produknya. Selain Sensi, kami juga akan membagikan merek masker duckbill yang bagus, seperti Alkindo, Mouson, dan Careion. Silakan baca review lengkapnya di bawah, ya!
    Alat medis
  • 10 Rekomendasi Tensimeter yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tensimeter yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Tekanan darah merupakan parameter kondisi kesehatan yang pemeriksaannya sering kali dilakukan di fasilitas kesehatan. Namun, bila Anda memiliki alat pengukur tekanan darah atau tensimeter sendiri, Anda dapat memeriksa tekanan darah di rumah. Merek-merek, seperti Omron, Beurer, dan Elvasense menawarkan berbagai macam tensimeter, baik yang dipakai di lengan atas ataupun pergelangan tangan. Dari banyaknya pilihan tersebut, Anda mungkin kesulitan untuk memilihnya. Maka dari itu, kami akan memberikan rekomendasi alat pengukur tekanan darah yang lengkap dengan cara memilihnya. Selamat memilih dan pantaulah kesehatan Anda setiap hari!
    Alat medis
  • 10 Rekomendasi Masker Pokana Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Masker Pokana Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pandemi COVID-19 membuat masker menjadi barang yang wajib digunakan. Masker sekali pakai atau disposable mask mulai menjadi pilihan karena dinilai lebih breathable dan praktis. Masker ini awalnya memang sangat mahal, tetapi banyaknya merek masker membuat harga masker medis lebih masuk akal.Pokana pun turut memenuhi kebutuhan pasar akan masker medis dengan tampilan yang stylish. Pokana Icon, Pokana Duckbill, Pokana KF94, dan Pokana KN95 merupakan beberapa koleksi masker Pokana. Selain itu, Anda bisa memilih jenis masker 3-ply sampai 6-ply. Simak artikel ini untuk mengetahui review masker Pokana yang bagus digunakan.
    Alat medis
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori