• 10 Rekomendasi Bakpia Pathok Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Bakpia Pathok Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Bakpia Pathok Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Bakpia Pathok Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Bakpia Pathok Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Bakpia Pathok Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Jika Anda pernah ke Yogyakarta, pasti kenal dengan bakpia pathok atau bakpia pathuk. Hampir seluruh toko oleh-oleh di Yogyakarta menjualnya. Bakpia mulai diproduksi di kampung Pathok, Yogyakarta sejak tahun 1948. Itulah yang membuatnya terkenal dengan nama Bakpia Pathok. Kini, bakpia diproduksi oleh banyak produsen dengan berbagai merek, seperti Bakpia Pathok 25, Bakpia Kencana, Bakpia Djava, dan lainnya. 


Melalui artikel ini, kami akan memperkenalkan hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih bakpia pathok yang enak. Kami juga akan memberikan rekomendasi bakpia terenak di Jogja yang bisa dibeli secara online. Simak terus, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 14 Oktober 2022
Daftar isi

Cara memilih bakpia pathok

Bakpia pathok dibuat oleh banyak produsen sehingga terkadang sulit untuk memilih yang terbaik. Mari simak cara menentukan bakpia yang paling tepat untuk Anda.

Pastikan Anda memilih produk yang segar

Pastikan Anda memilih produk yang segar

Jika Anda berkunjung secara langsung ke gerai bakpia pathok, umumnya Anda bisa mencicipi langsung produk yang tersedia. Produk yang dijual pun dapat dipastikan lebih segar karena langsung dijajakan setelah keluar dari dapur pembuatan. Berbeda dengan membeli secara online, Anda harus teliti mencari penjual yang menjual produk fresh.


Ada beberapa kriteria yang bisa dijadikan patokan kesegaran produk yang dijual secara online.

  • Pastikan lokasi penjual dekat dengan pusat produksi
  • Carilah penjual yang menjamin produknya "fresh from the oven"

Istilah di atas sangat penting dalam hal memilih bakpia. Selain karena bakpia masuk dalam kategori makanan basah, bakpia yang tidak segar memiliki rasa berbeda. Tekstur kulit dan isi dari bakpia akan mengeras sehingga tidak lagi enak untuk dinikmati.

Pilih bakpia berdasarkan jenisnya

Keunikan atau ciri khas dari bakpia terletak pada kulit luarnya yang garing, tetapi lembut di dalam. Namun, seiring perkembangan selera konsumen, kini bermunculan varian bakpia lainnya, misalnya bakpia kukus dan bakpia basah. Berikut ulasan singkat dari tiap-tiap jenis bakpia tersebut.

Bakpia basah: Memiliki rasa yang paling autentik

Bakpia basah: Memiliki rasa yang paling autentik

Bakpia basah merupakan jenis bakpia yang paling umum ditemukan di tempat perbelanjaan. Bakpia ini memiliki rasa yang paling dasar dan autentik. Teksturnya halus dan lembut. Selain itu, kulit bakpia basah cenderung tipis dan lebih empuk.


Karena teksturnya ini, bakpia basah yang segar hanya bisa bertahan selama 5–7 hari pada suhu ruangan. Namun, apabila dimasukkan ke dalam lemari es, bakpia basah bisa tahan sampai sepuluh hari. 

Bakpia kering: Disukai pembeli dari luar kota karena bisa bertahan lebih lama

Bakpia kering: Disukai pembeli dari luar kota karena bisa bertahan lebih lama

Bakpia kering umumnya memiliki kulit yang lebih tebal karena sengaja dibuat berlapis. Proses penggilingannya berbeda sehingga kulit bakpia yang dihasilkan lebih kering dan renyah. Dengan begitu, bakpia bisa bertahan lebih lama. 


Biasanya, bakpia kering bisa bertahan sampai empat belas hari di suhu ruang meski tanpa pengawet. Apabila disimpan di lemari es, bakpia kering mampu bertahan lebih panjang. Inilah yang membuat bakpia ini banyak diminati pembeli dari luar kota. 

Bakpia kukus: Inovasi terbaru yang berbeda

Bakpia kukus: Inovasi terbaru yang berbeda

Bakpia kukus merupakan jenis terbaru dari bakpia yang dikembangkan pada tahun 2017. Berbeda dengan bakpia pada umumnya, bakpia kukus lebih menyerupai kue bolu dengan isi berbentuk custard. Sesuai namanya, cara membuatnya pun dengan cara dikukus, bukan dipanggang. Rasanya lebih lembut dan teksturnya lebih basah. Pada suhu ruang, ketahanan bakpia kukus paling singkat, yaitu sekitar empat hari saja. 

Perhatikan pilihan rasa bakpia

Bakpia memiliki banyak macam pilihan rasa, mulai dari tradisional sampai yang modern dan kekinian. Kalori per buahnya juga berbeda-beda tergantung isian yang Anda pilih, berkisar antara 75–200 kalori. Oleh karena itu, pilihlah rasa sesuai selera dan pertimbangan Anda. 

Untuk cita rasa tradisional, kacang hijau atau kumbu hitam

Untuk cita rasa tradisional, kacang hijau atau kumbu hitam

Seperti awal sejarahnya, bakpia merupakan kue asal negara Tiongkok yang memiliki nama tou luk pia yang berarti kue kacang hijau. Oleh karena itu, jika Anda lebih menyukai makanan yang bercita rasa tradisional, bakpia isi kacang hijau akan memuaskan selera Anda.


Untuk bakpia kumbu hitam, cita rasanya menyerupai kacang hijau. Hanya saja, teksturnya lebih padat dan rasanya lebih kuat. Akan tetapi, mungkin Anda akan sedikit terkejut karena warnanya yang hitam pekat. Anda tidak perlu khawatir karena warna tersebut tidak memengaruhi rasanya.

Untuk selera modern, rasa cokelat, keju, atau buah-buahan

Untuk selera modern, rasa cokelat, keju, atau buah-buahan

Seiring dengan perkembangan zaman, bakpia banyak dimodifikasi agar dapat diterima lebih banyak kalangan. Akhirnya, dipilihlah rasa cokelat dan keju. Namun, agar tetap tidak melupakan sejarah awal dari bakpia, adonan isi tetap memiliki bahan utama kacang hijau. Cokelat dan keju kemudian dicampurkan dengan adonan kacang hijau.


Untuk dapat terus mengikuti tren konsumen, produsen bakpia terus mengembangkan berbagai pilihan rasanya. Misalnya saja, ada bakpia dengan rasa buah-buahan yang populer, seperti stroberi, nanas, dan durian.

Untuk rasa kekinian, rasa cappuccino, ubi ungu, atau green tea

Untuk rasa kekinian, rasa cappuccino, ubi ungu, atau green tea

Buat Anda yang menyukai rasa kekinian, ada banyak pilihan yang dikembangkan para produsen bakpia, misalnya rasa cappuccino dan green tea. Kedua rasa ini baru populer beberapa waktu belakangan sejak maraknya budaya ngopi di masyarakat.


Beberapa tahun terakhir, rasa ubi ungu atau taro juga mulai banyak diminati. Mulai dari makanan sampai minuman, semua serempak mengembangkan rasa ini. Bukan hanya karena warnanya yang menarik, ternyata rasanya pun dapat diterima oleh segenap konsumen.

Hindari bakpia berbahan pewarna dan pengawet berbahaya

Hindari bakpia berbahan pewarna dan pengawet berbahaya

Sebelum membeli makanan, apa pun itu, Anda harus memperhatikan betul-betul kandungan yang terdapat dalam makanan tersebut. Anda pasti tidak menginginkan makanan yang mengandung zat kimia berbahaya seperti bahan pewarna dan pengawet buatan. Begitu juga dalam memilih bakpia. 


Dengan adanya pengembangan varian rasa, bakpia menjadi rentan terhadap pewarna makanan. Terutama saat membeli bakpia di penjual kaki lima, Anda harus lebih waspada terhadap zat pewarna buatan. Penting diingat, makanan berbahan alami tidak akan memiliki warna yang mencolok.


Soal pengawet, salah satu faktor penentu ketahanannya adalah teknik pengolahan bakpia yang menggunakan mesin modern dan berteknologi tinggi. Isian bakpia akan dimasukkan ke dalam kulit bakpia, lalu dipanggang. Proses pembuatan yang higienis dan berkualitas tersebutlah yang membuat bakpia tidak membutuhkan pengawet agar tahan lama. 

Pertimbangkan juga besar kecilnya outlet

Pertimbangkan juga besar kecilnya outlet

Yogyakarta memiliki banyak produsen bakpia. Akan tetapi, hanya ada sedikit yang memiliki gerai dalam jumlah banyak dan bertahan lama. Ini bisa jadi faktor untuk dipertimbangkan sebelum Anda memilih bakpia pathok. Beberapa merek yang sudah memiliki banyak gerai besar adalah Bakpia Pathok 25, Bakpia Citra, Bakpia Kencana, dan Bakpia Kurnia Sari. 

10 Rekomendasi bakpia pathok terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk bakpia pathok terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 11 September 2022:
Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Bakpiaku memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Bakpia Pathok 25 yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 3 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.

Gambar produk
1
Bakpiaku 1

2
Agrinesia Raya Bakpia Kukus Tugu Jogja 1

Agrinesia Raya

3
Bakpia Pathok 25 1

4
Bakpia Kurnia Sari 1

5
Bakpia Juwara Satoe 1

6
Bakpia Soemadigdo 1

7
Bakpia Pathok 525 1

8
Bakpia Kenes 1

9
Bakpia Kencana 1

10
Bakpia Citra Premium 1

Nama produk

Bakpiaku

Bakpia Kukus Tugu Jogja

Bakpia Pathok 25

Bakpia Kurnia Sari

Bakpia Juwara Satoe

Bakpia Soemadigdo

Bakpia Pathok 525

Bakpia Kenes

Bakpia Kencana

Bakpia Citra Premium

Keunggulan

Sensasi kulit tipisnya terasa lumer di mulut

Inovasi baru yang unik, layak dicoba!

Rasa autentik bakpia nomor 1 di Yogyakarta

Garing dan renyah yang memanjakan lidah

Rasa unik Gula Tarik, paduan gula putih dengan rempah-rempah

Dibuat dengan resep turun-temurun, bikin makin kangen Jogja!

Bakpia kering dan padat yang mengenyangkan

Rasa dan warnanya sangat kekinian, mari coba seluruh variannya!

Kualitas premium dengan rasa yang sangat lembut

Kombinasi rasa gurih dan lembut yang unik

Harga mulai dariRp 35.000,00Rp 38.000,00Rp 34.500,00Rp 56.000,00Rp 30.000,00Rp 26.000,00Rp 21.000,00Rp 30.000,00Rp 62.000,00Rp 35.000,00
Varian rasaSusu, Cappuccino, Green Tea, Durian, Nanas, dan sebagainyaOriginal Kacang Hijau, Original Coklat, Original Keju, Original Stroberi, Klepon, Brownies Coklat, Brownies Keju, Pandan CokelatKacang Hijau, Cokelat, Keju, NanasKacang Hijau, Green Tea, Kopi, Tiramisu, dan sebagainyaKacang Hijau, Pandan, Coklat, Keju, Kumbu Hitam, dan sebagainyaKacang Hijau, Kumbu Hitam, Keju, Cokelat, Nangka, TaroKacang Hijau, Keju, Coklat, Durian, NanasTeh Tarik, Keju Spesial, Green Tea, Red Velvet, Oreo, Tiramisu, dan sebagainyaKacang hijau, Keju, Cokelat, Kumbu Hitam, Green Tea, Ubi Ungu, dan sebagainyaKacang Hijau, Susu, Durian, Telo Ungu, Kumbu Hitam, dan sebagainya
Jenis bakpiaBakpia keringBakpia kukus Bakpia basah, bakpia keringBakpia keringBakpia kering, bakpia basahBakpia basah, bakpia keringBakpia keringBakpia basahBakpia basahBakpia kering
KetahananKeju: 10 hari・Coklat, Susu, Cappuccino, dan Durian: 12–14 hariSuhu ruang: 7 hari・Kulkas: 9 hariKacang hijau: 4 hari・Keju, Cokelat, Nanas: ±8 hari10 hari5 hariBakpia basah: 4 hari (suhu ruang), 10 hari (kulkas)・Bakpia kering: 6 hari (suhu ruang), 14 hari (kulkas)2 bulan3-4 hari4–7 hariSuhu ruang: 7–15 hari
Tautan produk
10
Varian rasaKacang Hijau, Susu, Durian, Telo Ungu, Kumbu Hitam, dan sebagainya
Jenis bakpiaBakpia kering
KetahananSuhu ruang: 7–15 hari
9
Varian rasaKacang hijau, Keju, Cokelat, Kumbu Hitam, Green Tea, Ubi Ungu, dan sebagainya
Jenis bakpiaBakpia basah
Ketahanan4–7 hari
8
Varian rasaTeh Tarik, Keju Spesial, Green Tea, Red Velvet, Oreo, Tiramisu, dan sebagainya
Jenis bakpiaBakpia basah
Ketahanan3-4 hari
7
Varian rasaKacang Hijau, Keju, Coklat, Durian, Nanas
Jenis bakpiaBakpia kering
Ketahanan2 bulan
6
Varian rasaKacang Hijau, Kumbu Hitam, Keju, Cokelat, Nangka, Taro
Jenis bakpiaBakpia basah, bakpia kering
KetahananBakpia basah: 4 hari (suhu ruang), 10 hari (kulkas)・Bakpia kering: 6 hari (suhu ruang), 14 hari (kulkas)
5
Varian rasaKacang Hijau, Pandan, Coklat, Keju, Kumbu Hitam, dan sebagainya
Jenis bakpiaBakpia kering, bakpia basah
Ketahanan5 hari
4
Varian rasaKacang Hijau, Green Tea, Kopi, Tiramisu, dan sebagainya
Jenis bakpiaBakpia kering
Ketahanan10 hari
3
Varian rasaKacang Hijau, Cokelat, Keju, Nanas
Jenis bakpiaBakpia basah, bakpia kering
KetahananKacang hijau: 4 hari・Keju, Cokelat, Nanas: ±8 hari
2

Agrinesia RayaBakpia Kukus Tugu Jogja

Mulai dari Rp 38.000,00

Varian rasaOriginal Kacang Hijau, Original Coklat, Original Keju, Original Stroberi, Klepon, Brownies Coklat, Brownies Keju, Pandan Cokelat
Jenis bakpiaBakpia kukus
KetahananSuhu ruang: 7 hari・Kulkas: 9 hari
1
Varian rasaSusu, Cappuccino, Green Tea, Durian, Nanas, dan sebagainya
Jenis bakpiaBakpia kering
KetahananKeju: 10 hari・Coklat, Susu, Cappuccino, dan Durian: 12–14 hari

Baca juga rekomendasi produk oleh-oleh lainnya di sini

Selain oleh-oleh khas Yogyakarta, kami juga sudah merangkum oleh-oleh yang bisa Anda pilih saat mengunjungi kota lainnya. Nah, mari simak berbagai produk rekomendasi pilihan kami di artikel berikut!

Kesimpulan

Apakah Anda sudah memahami cara memilih bakpia yang merupakan makanan khas Yogyakarta? Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia. Meskipun belum bisa berkunjung ke sana, Anda bisa mencoba dulu oleh-oleh khasnya.


Melalui artikel ini, kami sudah menjabarkan sepuluh produk bakpia yang bisa Anda dapatkan melalui situs belanja online. Sebelum membeli, pastikan sesuai dengan selera Anda, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kue Ulang Tahun Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kue Ulang Tahun Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu makanan yang tak boleh dilewatkan saat ulang tahun adalah kue tart. Kue tart coklat, black forest, hingga bolu cheese cake sudah pasti disukai semua orang. Meski begitu, ada juga "kue ulang tahun" kekinian yang terbuat dari makanan savory, seperti tumpeng dan sushi!Kali ini kami akan berbagi tips memilih kue ulang tahun untuk anak hingga orang dewasa. Tak ketinggalan ada berbagai merek kue terbaik dalam rekomendasi kami, seperti Colette Lola, The Harvest, dan UNION. Pilihlah kue ulang tahun yang enak sekaligus harganya pas di kantong!
    Roti & kue
  • 10 Pelembut Roti dan Kue yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pelembut Roti dan Kue yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk membuat roti yang enak, lembut, dan bervolume, Anda memerlukan pelembut roti. Ada beberapa jenis pelembut roti yang bisa digunakan, antara lain bread improver, softener, shortening, dan cake emulsifier. Berbekal pelembut roti, Anda bisa membuat roti sobek, donat, dan berbagai roti manis lainnya.Kali ini kami akan mengulas rekomendasi pelembut roti dan kue untuk keperluan rumah tangga dan industri bakery. Anda akan menemukan beberapa merek pelembut kue yang bagus, seperti Spontan, Koepoe Koepoe, Ibis, dan Angel. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Yuk, simak artikelnya!
    Roti & kue
  • 10 Margarin Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022)
    10 Margarin Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022)
    Margarin sering dikonsumsi sebagai teman makan roti tawar, menjadi bahan pembuat kue kering, cake, donat, atau pengganti minyak goreng. Setiap produk margarin memiliki keistimewaan yang berbeda. Sebagai contoh, terdapat margarin dengan kandungan yang rendah lemak dan ada margarin yang lebih cocok untuk kegunaan tertentu saja.Pada artikel ini kami membahas poin-poin yang perlu diketahui saat memilih margarin. Anda dapat menemukan rekomendasi merek margarin yang bagus, seperti Blue Band, forVITA, Palmia, dan Filma. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh professional baker kami, Tata Violeta.
    Roti & kue
  • 10 Rekomendasi Selai Coklat yang Enak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Selai Coklat yang Enak (Terbaru Tahun 2022)
    Rasa cokelat merupakan salah satu rasa selai terfavorit. Tak hanya disukai anak-anak, selai cokelat juga digemari orang dewasa. Selain cocok dioles pada roti, selai cokelat juga pas digunakan sebagai olesan kue, biskuit, juga martabak. Menariknya, variasi selai cokelat juga beragam di pasaran. Anda dapat memilih selai cokelat biasa sampai selai yang crunchy.  Kali ini, kami akan memberikan tips memilih selai cokelat yang enak. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk selai cokelat terbaik. Anda dapat menemukan selai coklat dari merek-merek yang bagus, seperti Ceres, Goldenfil, juga Nutella. Simak terus, ya. 
    Roti & kue
  • 10 Roti Tawar Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Roti Tawar Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Roti tawar adalah jenis roti yang bisa diolah menjadi apa saja sesuai selera. Anda dapat menyiapkan roti tawar untuk sarapan praktis, menjadikannya bekal piknik, atau mengolahnya menjadi aneka makanan ringan. Roti tawar putih yang lembut ataupun roti tawar gandum yang tinggi serat sama-sama terasa lezat.Ada beberapa merk roti tawar yang bisa dinikmati, seperti Sari Roti, Diana Bakery, atau MyRoti. Apabila Anda sedang mencari roti tawar, bacalah artikel ini hingga selesai. Kami akan membahas tips memilih roti tawar yang bagus, rekomendasi merknya, serta ide mengolah roti tawar. Selamat membaca!
    Roti & kue
  • 10 Rekomendasi Meses Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Meses Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Meses atau hagel adalah salah satu topping yang sangat populer di kalangan penggemar makanan manis. Meses biasa dihidangkan bersama roti tawar, dibuat taburan donat, atau dijadikan isian crepes dan martabak manis. Tak hanya disajikan bersama makanan, meses juga bisa dinikmati bersama es krim atau aneka float.Apakah Anda tahu meses seperti apa yang bagus dan pas untuk makanan Anda? Dalam artikel ini kami akan membantu Anda menemukan merek meses yang enak, seperti Ceres, Holland, dan Tulip. Di akhir artikel, kami juga akan membagikan tips menyimpan meses. Langsung baca, yuk!
    Roti & kue
  • 10 Rekomendasi Lava Cake Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lava Cake Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi penggemar dessert, lava cake atau molten cake mungkin merupakan cake favorit Anda. Lelehan cokelat lava yang lumer memang menggugah selera. Tak heran, banyak orang mencari resep kue cokelat ini. Resep mudah membuat lava cake memang bertebaran di internet. Namun, jika Anda tidak punya waktu, Anda bisa membeli lava cake di toko online. Untuk memudahkan pencarian, kami sudah menyortir rekomendasi lava cake yang enak dari toko online. Lava cake hits dan kekinian dari berbagai merek, seperti Dannie's Kitchen, Maqui's, dan Kibo juga akan kami review. Langsung dibaca, yuk!
    Roti & kue
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori