1. TOP
  2. >
  3. Fashion pria
  4. >
  5. Sepatu pria
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Sepatu Kulit Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Sepatu Kulit Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Sepatu Kulit Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Sepatu Kulit Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Sepatu Kulit Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Sepatu Kulit Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Sepatu Kulit Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023)

Memasuki usia dewasa, banyak pria mulai mencari sepatu kulit untuk menunjang penampilan yang lebih maskulin. Produknya tak hanya digunakan untuk wawancara kerja atau ngantor sehari-hari. Kini banyak sepatu kulit pria import dan lokal yang cocok untuk tampilan casual.


Kali ini kami akan membahas cara memilih serta memberi rekomendasi sepatu kulit pria original yang bagus. Converse, Portee Goods, dan Brodo adalah beberapa merek sepatu kulit pria terbaik. Anda bisa menemukan sepatu kulit pria trend sekarang yang branded. Simak artikel ini dan dapatkan sepatu kulit terbaik untuk outfit Anda!

Diperbaharui 01-30-2023
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan Popularitasnya di marketplace pada 19 Januari 2023.

Cara memilih sepatu kulit untuk pria

Beberapa hal yang perlu diketahui sebelum membeli sepatu kulit terbaik adalah bahan, model, serta kesesuaian warnanya dengan outfit Anda. Simak penjelasannya di bawah ini agar Anda menemukan sepatu kulit yang bagus.

① Pilih berdasarkan jenis kulit yang digunakan untuk material sepatu

Faktor utama yang harus diperhatikan dalam memilih sepatu kulit adalah jenis kulitnya. Full grain leather, pull-up leather, suede, dan nubuck adalah bahan-bahan yang umum digunakan dalam pembuatan sepatu kulit. Yuk, cari tahu apa saja perbedaannya!

Full-grain leather, bahan kulit premium yang tahan lama

Full-grain leather, bahan kulit premium yang tahan lama

Ada dua jenis bahan kulit yang umum untuk membuat sepatu, yakni full-grain leather dan corrected-grain leather. Full-grain leather adalah bahan kulit alami yang tidak dimodifikasi. Bahan ini lebih susah ditemukan dan pengolahannya pun lebih sulit. Jadi, tak berlebihan jika sepatu berbahan full-grain leather disebut sebagai produk premium.


Sebagai produk premium, biaya yang harus dikeluarkan untuk memilikinya memang lebih besar. Namun, semua itu sebanding dengan kualitas yang ditawarkan. Selain lebih tahan lama dibandingkan bahan kulit lainnya, bahan full-grain leather makin bagus seiring dengan bertambahnya pemakaian. Dari segi tampilan, sepatu full-grain leather memberi kesan elegan dan mewah sehingga cocok untuk acara formal.

Pull-up leather, makin tua makin elegan

Pull-up leather, makin tua makin elegan

Pull-up leather sebenarnya hampir mirip dengan full-grain leather jika dilihat dari sisi karakteristik bahan kulitnya. Hanya saja pull-up leather adalah versi bahan kulit yang dimodifikasi (corrected-grain leather) dengan bahan kimia berupa aniline. Karakteristik pull-up leather adalah lebih elastis dan permukaannya lembut. Itu sebabnya sepatu seperti ini cocok digunakan untuk acara formal atau untuk pergi ke kantor.


Selain itu, makin tua umurnya akan makin bagus pula patina yang dihasilkan. Patina merupakan lapisan berkilau yang muncul pada sepatu kulit akibat kandungan minyak di dalam sepatu. Munculnya patina dipicu oleh gesekan pada permukaan kulit sepatu akibat pemakaian sehari-hari. Patina sebenarnya juga muncul di bahan full-grain leather, tetapi lebih mudah muncul pada bahan pull-up leather.

Suede, pas untuk acara santai dan harganya terjangkau

Suede, pas untuk acara santai dan harganya terjangkau

Sepatu berbahan suede dibuat dari kulit alami bagian dalam yang diamplas sehingga teksturnya lebih halus dan lentur. Sepatu dengan bahan ini mudah dipadukan dengan berbagai outfit yang Anda kenakan dan mampu memberikan kesan kasual. 


Anda bisa menggunakannya untuk acara santai, jalan-jalan, atau melakukan kegiatan nonformal lainnya. Dari segi harga, sepatu berbahan suede juga relatif terjangkau dibandingkan bahan kulit lainnya. Namun, sepatu ini memiliki kekurangan dalam hal daya tahan.

Nubuck, sering dijadikan bahan sepatu boots

Nubuck, sering dijadikan bahan sepatu boots

Seperti halnya bahan suede, sepatu berbahan nubuck juga terbuat dari kulit alami. Bedanya, nubuck terbuat dari bagian luar kulit alami yang diamplas. Karena terbuat dari kulit luar, teksturnya jadi lebih kuat dan sering digunakan untuk pembuatan sepatu jenis boots.


Salah satu keunikan sepatu berbahan nubuck adalah memiliki pori-pori lebih besar sehingga sirkulasi udara berjalan dengan baik. Kaki Anda pun jadi tidak mudah lembap dan berbau saat memakainya.

② Tentukan model sepatu kulit yang pas

Ada beberapa jenis model sepatu kulit yang bisa dipilih, di antaranya oxford, derby, loafers, monk strap, dan boots. Tiap model tentu memiliki keunikan tersendiri. Anda tinggal menyesuaikannya dengan outfit atau acara yang akan Anda hadiri.

Oxford, sepatu dengan open lacing yang cocok untuk acara formal

Oxford, sepatu dengan open lacing yang cocok untuk acara formal

Umumnya, sepatu kulit memiliki dua model lacing. Pertama, open lacing yang bagian bawahnya terbuka dan closed lacing yang bagian bawahnya tertutup. Lacing adalah bagian sepatu dengan lubang untuk memasukkan tali sepatu.


Sepatu kulit model oxford terkenal dengan desain open lacing-nya. Sepatu dengan desain open lacing sangat cocok dipakai untuk melakukan kegiatan formal ataupun ke kantor. Kesan yang ditampilkannya lebih maskulin, rapi, dan berwibawa.

Derby, sepatu dengan model closed lacing yang cocok untuk tampilan formal maupun kasual

Derby, sepatu dengan model closed lacing yang cocok untuk tampilan formal maupun kasual

Sepatu derby hampir mirip dengan model oxford, tetapi memiliki jenis lacing tertutup. Dibandingkan model oxford, sepatu model derby lebih fleksibel dan bisa dipadukan dengan outfit kasual. Jadi, selain ke kantor, sepatu ini masih oke untuk digunakan saat jalan-jalan.

Loafers, pilihan tepat untuk tampil santai

Loafers, pilihan tepat untuk tampil santai

Mungkin sepatu kulit awalnya identik dengan kesan formal dan kaku. Namun, image tersebut mulai berubah seiring dengan banyaknya desain sepatu yang lebih berkesan santai dan easygoing. Salah satunya adalah sepatu model loafers yang didesain tanpa tali dan buckle. Sepatu ini pas dipakai saat santai dan cocok untuk Anda yang tidak ingin ribet dengan tali sepatu.

Monk strap, stylish dan mudah dikenakan

Monk strap, stylish dan mudah dikenakan

Selain tipe loafers, Anda juga bisa mengenakan sepatu model buckle ini untuk tampil kasual. Sama seperti tipe loafers yang tidak menggunakan tali, sepatu ini bisa dipakai dengan mudah. Bedanya, pada sepatu ini Anda perlu memasang buckle. Namun, keberadaan buckle tersebut justru menjadi daya tarik tersendiri karena memberikan kesan stylish.

Boots, untuk Anda yang ingin tampil maskulin dengan sepatu kulit

Boots, untuk Anda yang ingin tampil maskulin dengan sepatu kulit

Sepatu boots berbahan kulit tidak hanya identik dengan kegiatan outdoor, tetapi juga cocok untuk tampilan semiformal. Anda bisa mengombinasikannya dengan celana jeans atau chino berwarna gelap untuk memberikan kesan maskulin. Sebagai informasi, sepatu boots pria berbahan kulit memiliki tinggi sepergelangan kaki. Jadi, jangan bayangkan sepatu boots yang menutupi betis layaknya sepatu koboi, ya.


Jika Anda ingin mengetahui lebih detail mengenai rekomendasi sepatu boots pria, kami sudah menyiapkannya untuk Anda. Selain itu, kami juga mempunyai rekomendasi sepatu pantofel pria yang dapat dibaca melalui link di bawah ini. 

③ Sesuaikan warna dan keperluan penggunaannya

Sesuaikan warna dan keperluan penggunaannya

Sepatu kulit untuk pria umumnya tersedia dalam dua pilihan warna utama, yakni hitam dan cokelat. Warna cokelat terdiri dari banyak shade, seperti dark brown, classic brown, dan cognac brown. Anda tinggal menyesuaikan shade tersebut dengan outfit dan keperluan penggunaan. Berikut panduannya.


  • Warna cognac brown cocok dipadukan dengan dark jeans atau olive chinos.
  • Warna dark brown dan medium brown cocok untuk outfit semiformal ataupun formal.
  • Warna hitam memberi kesan lebih formal sehingga cocok untuk menghadiri acara pernikahan atau undangan khusus.

Sebagai tambahan, Anda bisa memilih warna hitam berdasarkan kilaunya. Sepatu untuk acara formal biasanya memiliki kilau hitam yang terang. Di sisi lain, gunakanlah kilau hitam yang lebih matte untuk acara yang lebih kasual atau untuk ngantor sehari-hari.

10 Rekomendasi sepatu kulit terbaik untuk pria

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sepatu kulit terbaik untuk pria yang ditentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Portee Goods

Loafers Slippers Lite

Portee Goods Loafers Slippers Lite 1枚目

Outsole ringan, serasa tidak pakai sepatu

2

Keeve

Sepatu Kulit Pantofel Pria

Keeve Sepatu Kulit Pantofel Pria 1枚目

Sepatu yang membuat Anda lebih tinggi 7 cm!

3

Prabu

Ashtabrata 2.0

Prabu Ashtabrata 2.0 1枚目

Sepatu lebih awet berkat metode jahitan Blake Stitch

4

Amble

Carter Lite Vegan

Amble Carter Lite Vegan  1枚目

Tak hanya ramah lingkungan, tetapi juga ergonomis

5

Footstep Footwear

Zapato 0.1

Footstep Footwear Zapato 0.1 1枚目

Boots kasual yang kekinian dan bikin makin gagah!

6

Prodigo

Borneo

Prodigo Borneo 1枚目

Keren, bagian dalam sepatu diberi aksen batik khas Indonesia!

7

Buccheri

Kerstan

Buccheri Kerstan 1枚目

Bertekstur mengilap, memberikan kesan elegan

8

Brodo

Alpha Urban Boots

Brodo Alpha Urban Boots 1枚目

Desain tajam dan eksklusif, memperkuat karakter Anda

9

Benitz

Sepatu Formal Pria

Benitz Sepatu Formal Pria 1枚目

Tampil trendi dengan desain upper yang unik

10

Converse

Crafted Boot Chuck Taylor

Converse Crafted Boot Chuck Taylor  1枚目

Siap tampil kasual ala 70-an dengan Converse kece!

Perincian produk
Close
No.1

Portee GoodsLoafers Slippers Lite

Mulai dari Rp700.000,00

Outsole ringan, serasa tidak pakai sepatu

Kelebihan:

  • Menggunakan lite outsole yang sangat ringan

Kekurangan:

  • Bahan kulit yang digunakan lentur sehingga mudah retak

Untuk Anda yang bermobilitas tinggi, kami sarankan memilih produk ini. Sepatu kulit pria Bandung ini menggunakan outsole yang ringan yang membuat Anda seolah tidak pakai sepatu. Tambahan lagi, bahan kulit yang digunakan memiliki karakter yang lentur. Karena itu, produk ini sangat nyaman untuk dipakai. Menggunakannya untuk hang out setelah pulang kantor pun cocok!

No.2

KeeveSepatu Kulit Pantofel PriaKBP 106

Mulai dari Rp1.989.000,00

Sepatu yang membuat Anda lebih tinggi 7 cm!

Kelebihan:

  • Memiliki total tinggi outsole dan insole 7 cm, dapat menambah tinggi badan

Kekurangan:

  • Beberapa konsumen mengatakan bahwa standar ukurannya berbeda

Apakah Anda kurang percaya diri dengan tinggi badan Anda? Jika iya, pakailah sepatu kulit pria terbaik untuk Anda yang ingin menambah tinggi badan ini. Produk ini akan menambah tinggi badan Anda hingga 7 cm berkat insole dan outsole-nya.


Dengan memakai sepatu kulit asli ini, Anda akan bertambah tinggi tanpa terlihat dari luar. Selain itu, produk ini memiliki model klasik yang sangat pas untuk situasi formal.

No.3

Sepatu lebih awet berkat metode jahitan Blake Stitch

Kelebihan:

  • Insole menggunakan bahan breathable mesh yang tidak membuat kaki gerah

Kekurangan:

  • Ada review yang mengatakan bahwa bagian atas sepatu kurang rapi

Produk Prabu ini layak dipertimbangkan jika Anda sedang membutuhkan sepatu yang bisa dipakai untuk waktu lama. Hal ini karena metode jahitan Blake Stitch yang digunakan di bagian outsole-nya.


Di samping itu, desainnya yang tampak mewah cocok dikombinasikan dengan model celana slim fit ataupun tapered. Sepatu kulit pria ini siap menemani Anda beraktivitas, mulai dari weekday hingga weekend

No.4

AmbleCarter Lite Vegan

Mulai dari Rp399.000,00

Tak hanya ramah lingkungan, tetapi juga ergonomis

Produk ini kami rekomendasikan bagi Anda yang sedang mencari sepatu kerja pria terbaru. Sepatu ini memiliki ujung depan yang lebih lebar sehingga lebih fit dan ergonomis di kaki orang Indonesia pada umumnya. 


Pada bagian outsole, produk ini menggunakan solid rubber dengan pola khas Amble yang antiselip. Selain itu, Carter Lite terbuat dari vegan leather yang pas bagi Anda yang sedang menerapkan konsep green living.

No.5

Footstep FootwearZapato 0.1

Mulai dari Rp409.000,00

Boots kasual yang kekinian dan bikin makin gagah!

Kelebihan:

  • Bahan kulit yang digunakan memiliki sirkulasi udara yang baik

Kekurangan:

  • Menggunakan perpaduan bahan kulit sintetis di bagian insole sehingga kurang nyaman

Untuk Anda pria kekinian yang ingin tampil maskulin, masukkan produk ini ke keranjang belanja Anda. Produk ini didesain simpel dengan sentuhan stylish yang pasti membuat penampilan Anda makin gagah.


Sepatu kulit pria casual ini pas dijadikan teman travelling, hang out, ataupun aktivitas sehari-hari. Soal harganya Anda tidak perlu khawatir karena tergolong bersahabat!

No.6

Keren, bagian dalam sepatu diberi aksen batik khas Indonesia!

Kelebihan:

  • Tampil unik dengan aksen batik

Kekurangan:

  • Beberapa konsumen mengatakan bahwa warna sepatu berbeda dengan foto produk

Prodigo merupakan merek sepatu handmade dari Bandung yang mengusung tema Indonesia di setiap produknya. Khusus sepatu ini, Anda dapat menemukan aksen batik Pekalongan di bagian dalamnya.


Dibuat dari tangan pengrajin andal, produk ini tetap kokoh dan nyaman tanpa meninggalkan keunikan tampilannya. Anda yang mengaku cinta produk Indonesia jangan sampai melewatkan sepatu kulit pria Bandung ini. 

No.7

BuccheriKerstan

Mulai dari Rp819.000,00

Bertekstur mengilap, memberikan kesan elegan

Kelebihan:

  • Didesain tanpa tali dan menggunakan strap yang praktis

Kekurangan:

  • Ada review yang mengatakan bahwa ukuran sepatu tidak sesuai atau terlalu kecil

Produk ini pas untuk Anda yang mencari rekomendasi sepatu kulit pria branded untuk kondangan atau pesta lainnya. Buccheri Kerstan akan memberikan kesan mewah dan elegan pada penampilan Anda.


Sepatu ini menggunakan bahan kulit jenis lak leather yang memiliki tekstur mengilap. Menariknya lagi adalah produk ini tidak merepotkan untuk dipakai karena didesain tanpa tali.

No.8

BrodoAlpha Urban Boots

Mulai dari Rp1.350.000,00

Desain tajam dan eksklusif, memperkuat karakter Anda

Kelebihan:

  • Bagian lining sepatu menggunakan material goatskin yang halus dan mewah

Kekurangan:

  • Cutting yang tinggi kurang cocok untuk pria bertubuh pendek

Brodo Alpha Urban Boots memiliki siluet dengan cutting yang tinggi. Desainnya tersebut akan makin mempertegas penampilan Anda. Produk ini cocok dikenakan pria dengan kepercayaan diri tinggi serta selalu ingin terlihat eye-catching. Selain itu, sepatu kulit pria ini makin terlihat classy berkat material goatskin yang digunakan pada bagian lining.

No.9

BenitzSepatu Formal PriaB-DT107

Mulai dari Rp899.000,00

Tampil trendi dengan desain upper yang unik

Kelebihan:

  • Upper didesain berkerut, cocok untuk tampil beda

Kekurangan:

  • Beberapa konsumen mengatakan finishing produk kurang rapi

Jika Anda bosan dengan desain sepatu kulit pria yang itu-itu saja, produk ini dapat dipertimbangkan. Sepatu kulit asli dari Benitz ini menawarkan desain yang unik berupa kerutan di bagian upper. Di samping itu, Anda dapat tampil lebih percaya diri berkat outsole belakang setinggi 2 cm.

No.10

ConverseCrafted Boot Chuck Taylor

Mulai dari Rp1.799.900,00

Siap tampil kasual ala 70-an dengan Converse kece!

Kelebihan:

  • Outsole didesain bergerigi, cocok dipakai di medan tidak rata

Kekurangan:

  • Ada review yang menyebutkan bahwa midsole mudah lecet

Sepatu kulit tak melulu memiliki desain yang kaku dan formal. Buktinya sepatu keluaran Converse ini bisa tetap membuat Anda terlihat trendi. Untuk Anda yang ingin tampil kasual ala 70-an dan bergaya streetwear, sepatu ini adalah pilihan tepat.


Sepatu kulit pria casual ini berbahan premium leather dan OrthoLite insole yang empuk sehingga nyaman dipakai di mana saja. Untuk Anda kolektor sepatu Converse, produk ini juga wajib ada di rak sepatu Anda.

Cara merawat sepatu kulit

Cara merawat sepatu kulit

Perawatan sepatu kulit adalah hal wajib yang perlu Anda lakukan secara rutin agar kualitasnya tetap terjaga. Sehubungan dengan hal tersebut, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan.


  • Untuk mempertahankan bentuk seperti saat pertama beli dan menghindari kerutan-kerutan tidak perlu, Anda bisa menggunakan shoe tree.

  • Agar kualitasnya terjaga, usahakan Anda tidak menggunakan sepatu kulit yang sama setiap harinya.

  • Selain itu, hindarkan sepatu kulit dari air agar tidak lembap dan muncul jamur.

  • Jika terkena kotoran, bersihkan dengan lap bersih dan usap dengan lembut supaya bahan kulit tidak tergores.

  • Untuk penampilan yang lebih kinclong, Anda bisa mengoleskan kondisioner khusus kulit dan menyemir sepatu dengan semir padat.

  • Terakhir, simpan sepatu di tempat kering dan tidak terkena sinar matahari langsung agar bahan kulit tidak retak.

Baca juga rekomendasi sepatu pria lainnya di sini

Untuk mendapatkan penampilan yang sesuai impian Anda, sepatu kulit saja tidak cukup. Berikut ini kami berikan rekomendasi lainnya tentang produk-produk sepatu yang bisa digunakan oleh para pria. Bagi Anda yang tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut, silakan klik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Kami sudah membagikan pembahasan terkait sepatu kulit terbaik untuk pria. Bagaimana menurut pendapat Anda? Apakah Anda sudah menemukan produk sepatu kulit yang Anda sukai?


Jika belum, jangan lupa pertimbangkan bahan, model, dan warnanya saat memilih, ya. Dengan memakai sepatu kulit, penampilan Anda dijamin akan makin berkelas. Namun, jangan lupa untuk memberikan perawatan yang benar agar sepatu tetap awet!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer