• 10 Rekomendasi Lensa Kamera DSLR Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Lensa Kamera DSLR Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Lensa Kamera DSLR Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Lensa Kamera DSLR Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Lensa Kamera DSLR Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Lensa Kamera DSLR Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Pencinta fotografi pasti tidak asing lagi dengan lensa kamera sebagai salah satu perlengkapan wajib untuk digunakan. Lensa kamera dipasang pada bodi kamera untuk memungkinkan penggunanya merasakan pengalaman menarik dan memberikan hasil gambar yang baik.


Ada banyak produsen lensa kamera DSLR, seperti Sony, Canon, Nikon, Fujifilm, dan masih banyak lagi. Jangan khawatir dengan banyak pilihan, kami akan memberikan rekomendasi merek lensa kamera DSLR terbaik. Rekomendasi ini juga disertai berbagai tips memilih yang bisa Anda jadikan acuan untuk memilih lensa yang bagus. Baca sampai selesai, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 01 November 2022
Daftar isi

Cara memilih lensa kamera DSLR

Saat memilih lensa kamera DSLR, terdapat beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan agar sesuai dengan kebutuhan. Kami akan menjelaskan poin-poin yang dapat Anda jadikan sebagai panduan dalam memilih lensa kamera DSLR. Silakan pahami hal-hal yang kami sampaikan dan pilihlah lensa kamera DLSR yang paling cocok untuk Anda!

Kenali jenis lensa DSLR berdasarkan kegunaannya

Ada lima jenis lensa kamera DSLR. Setiap jenisnya memiliki efek yang berbeda saat mengambil gambar. Oleh karena itu, mari lihat fiturnya terlebih dahulu.

Lensa wide angle, untuk menangkap lanskap dalam sudut yang lebih luas

Lensa wide angle, untuk menangkap lanskap dalam sudut yang lebih luas

Jenis lensa ini mampu memberikan sudut pandang yang luas dan lebar. Dengan lensa ini, Anda mampu menghasilkan foto dengan efek gambar lebih lebar, sekalipun Anda tidak berada di ruangan luas. Lensa jenis ini ideal untuk memotret bangunan dan fotografi lanskap karena dapat menangkap pemandangan luas di depan Anda. Namun, kekurangannya untuk efek bokeh sendiri kurang maksimal.

Lensa telefoto, nyaman saat ingin memotret jarak jauh

Lensa telefoto, nyaman saat ingin memotret jarak jauh

Lensa telefoto tentunya diperlukan saat Anda mengambil gambar dengan objek yang jauh. Namun, karena lensa telefoto berukuran besar dan berat, cukup banyak orang yang ragu untuk menggunakannya.


Kelebihan lensa ini adalah mampu memperbesar atau zoom objek. Hal ini memungkinkan Anda memperbesar jangkauan lensa untuk menangkap titik yang lebih jauh. Lensa ini cocok digunakan oleh fotografer satwa liar, olahraga, atau lainnya. Sebagai catatan, dikarenakan lensa tele memiliki bentuk panjang, besar, dan lebih berat, akan lebih baik Anda juga membeli tripod.

Lensa makro, memudahkan untuk menangkap detail objek yang dekat

Lensa makro, memudahkan untuk menangkap detail objek yang dekat

Anda mencari lensa untuk menangkap objek yang kecil? Lensa makro adalah jawabannya. Lensa ini hadir memenuhi kebutuhan fotografi makro (foto close-up).


Tentunya ada orang-orang yang jarang memakai lensa makro sehingga tidak mau repot-repot membelinya. Namun, Anda mungkin akan merasakan seperti ada yang kurang saat memotret bunga atau serangga dengan lensa biasa. Hal ini disebabkan karena lensa standar tidak memungkinkan untuk memotret makro.

Lensa fisheye, memungkinkan Anda mengambil foto dengan distorsi unik

Lensa fisheye, memungkinkan Anda mengambil foto dengan distorsi unik

Lensa fisheye atau lensa mata ikan merupakan lensa untuk mengambil gambar yang lebih luas daripada lensa wide angle. Karakteristik lensa ini adalah memiliki bagian depan lensa yang menonjol. Gambar yang dihasilkan dengan lensa fisheye memiliki distorsi yang unik. Foto akan menjadi lebih menarik saat Anda mengambil gambar interior ruangan, langit berbintang, serta pepohonan.


Akhir-akhir ini, mengambil foto close-up hewan peliharaan dengan membidik bagian hidung dari dekat menjadi hal yang populer. Lensa ini tidak umum digunakan untuk fotografi sehari-hari karena paling cocok digunakan dalam fotografi abstrak. Lensa fisheye sendiri dijual dengan harga jutaan hingga puluhan juta rupiah.

Lensa zoom, untuk segala jenis foto

Lensa zoom, untuk segala jenis foto

Lensa serbaguna yang merupakan gabungan dari lensa standar, tele, dan wide ini memberikan hasil untuk memotret objek apa pun. Tedapat focal length dengan rentang tertentu, memungkinkan fotografer dapat memotret tanpa harus maju atau mundur, sehingga sangat nyaman digunakan.


Sebagai pertimbangan, lensa zoom memiliki bobot lebih berat dan apertur yang kecil. Konstruksi lensa ini lebih rumit dibanding lensa fix sehingga lensa ini masih terus dikembangkan.

Lensa fix, memberikan hasil foto jernih

Lensa fix, memberikan hasil foto jernih

Anda mencari hasil foto lebih bagus dan jernih dibanding lensa zoom? Lensa fix menjawab hal itu. Memiliki focal length tetap dan bukaan diafragma lebih besar dari lensa lain, gambar yang dihasilkan lebih tajam dan jernih.


Namun, pengguna akan merasa kurang leluasa terutama pada pemotretan dalam ruang gerak terbatas. Disisi lain, lensa fix memiliki bobot lebih ringan. Lensa ini juga cocok digunakan untuk fotografi interior, pernikahan, dan lanskap.

Pertimbangkan bobot lensa

Pertimbangkan bobot lensa

Saat mencari lensa untuk kebutuhan fotografi atau videografi, selain mempertimbangkan kemampuannya, ada baiknya Anda juga mempertimbangkan bobotnya. Hal ini akan berpengaruh pada seberapa nyaman dan mudah lensa itu dibawa. Terutama untuk Anda yang gemar traveling, ada baiknya Anda memprioritaskan bobot lensa karena berpengaruh pada mobilitas Anda.


Body lensa DSLR rata-rata seberat 700 gram. Jika ditambahkan kameranya, beratnya bisa mencapai 1.500 gram. Untuk kebutuhan traveling, lensa di bawah 700 gram, misal antara 200 hingga 300 gram bisa dipertimbangkan.

 
Sebagai acuan, berikut ini beberapa faktor yang turut memengaruhi berat lensa DSLR:


  • Bahan casing lensa: Casing lensa cukup memengaruhi berat lensa, terlebih yang terbuat dari logam dan ada fitur tahan guncangan. Bahan casing juga ada yang dibuat dari plastik atau polycarbonate yang ringan. Mamun, bahan plastik ini tentu saja mudah penyok atau pecah.

  • Focal length lensa: Makin jauh jarak focal length, makin panjang ukuran fisik lensa tersebut. Ini juga berpengaruh pada beratnya.

  • Weathersealing: Lensa dengan spesifikasi waetherseal, waterproof, dan dustproof tentu akan lebih besar dan berat. Ini dikarenakan adanya segel pada setiap ruas lensa dan bagian mounting lensa. Meskipun berguna untuk mencegah partikel air dan debu masuk ke dalam bagian dalam lensa, tetapi weathersealing juga memengaruhi beratnya.


Lensa yang memiliki stabilizer built-in dan autofocus akan lebih berat lagi karena ukurannya lebih besar. Selain itu, lensa jenis makro juga lebih berat karena bodi lensa lebih besar dan panjang.

Perhatikan apertur lensa

Perhatikan apertur lensa

Pertimbangan lain yang perlu Anda perhatikan adalah apertur. Apertur berfungsi untuk mengontrol cahaya, mengatur depth to field, dan efek difraksi. Makin besar bukaan lensa, cahaya yang masuk ke sensor kamera akan makin banyak.


Apertur ini diukur dengan satuan f-stop. Satuan ini menunjukkan apertur maksimal atau bukaan terlebar dari katup yang ada di lensa. Sebagai contoh, F/1.8, F/2.0, F/2.4, hingga F/5.6.


Makin kecil angka di belakang F, makin lebar bukaan aperturnya. Jadi, lensa dengan F/1.8 bisa membuka katup lensa lebih lebar dibanding F/5.6. Artinya, F/1.8 bisa menangkap cahaya lebih banyak dibanding apertur yang lebih besar.

10 Rekomendasi lensa lensa DSLR terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk lensa DLSR terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace.

Gambar produk
1
Nikon EF50mm f/1.8 STM 1

Nikon

2
7Artisans 35mm F1.2A 1

7Artisans

3
Samyang  AF 18mm f2.8 FE 1

Samyang

4
Sigma Art 85mm F1.4 DG HSM 1

Sigma

5
Yongnuo YN 35mm f/2 Lens 1

Yongnuo

6
Tamron 28-75mm f/2.8 di iii vxd g2 1

Tamron

7
Canon EF-S24mm f/2.8 STM 1

Canon

8
Fujifilm Fujinon Lens XF10-24mmF4 R OIS 1

Fujifilm

9
Sony Sonnar T* FE 55mm F1.8 ZA 1

Sony

10
Meike MK-6.5mm F2.0 Fisheye Lens 1

Meike

Nama produk

EF50mm f/1.8 STM

35mm F1.2A

AF 18mm f2.8 FE

Art 85mm F1.4 DG HSM

YN 35mm f/2 Lens

28-75mm f/2.8 di iii vxd g2

EF-S24mm f/2.8 STM

Fujinon Lens XF10-24mmF4 R OIS

Sonnar T* FE 55mm F1.8 ZA

MK-6.5mm F2.0 Fisheye Lens

Keunggulan

Kamera lensa harga terjangkau, kualitas tak diragukan

Lensa berbahan logam yang compact dan ringan

Lensa compact dan serbaguna untuk para vlogger

Spesialis gambar portrait yang andal digunakan di dalam dan luar ruangan

Lensa ekonomis yang diberkati kemampuan mumpuni

Performa resolusi tinggi, memberikan pengalaman foto yang menakjubkan

Lensa paling ringan dengan hasil maksimal

Lupakan tripod, dapatkan stabilitas gambar yang luar biasa dalam genggaman

Lensa antidebu dengan hasil gambar tajam

Menangkap gambar hingga 190 derajat dalam genggaman Anda

Harga mulai dariRp 2.464.200,00Rp 1.445.000,00Rp 4.699.000,00Rp 14.629.000,00Rp 1.375.000,00Rp 13.530.000,00Rp 1.720.000,00Rp 12.999.000,00Rp 13.849.000,00Rp 2.000.000,00
KlasifikasiLensa wide angleLensa wide angleLensa converter makroLensa telefotoLensa wide angleLensa zoomLensa wide angleLensa wide angleLensa fixLensa fisheye
KompatibilitasKamera NikonKamera Canon, Sony, Fujifilm, Micro 4/3 Panasonic, dan OlympusKamera Sony E Samyang 18mm f2.8 Sony EKamera Sony, Canon, dan NikonKamera Nikon FKamera Sony full frame mirrorlessKamera CanonKamera FujifilmKamera SonyKamera Canon/ Sony/ Olympus/ Panasonic/ Fujifilm
Cara pakaiPasang pada bodi kameraPasang pada bodi kameraPasang pada bodi kameraPasang pada bodi kameraPasang pada lensa kameraPasang pada bodi kameraPasang pada bodi kameraPasang pada bodi kameraPasang pada bodi kameraPasang pada bodi kamera
AperturF 1.8F1.2–F22F 1.8F 1.4–16F 1.8–22F 2.8F 1.4–22F 4–22F 1.9f/2.0
Berat130 gram150 gram210 gram1.130 gram203 gram540 gram125 gram410 gram281 gram1.000 gram
Tautan produk
10
KlasifikasiLensa fisheye
KompatibilitasKamera Canon/ Sony/ Olympus/ Panasonic/ Fujifilm
Cara pakaiPasang pada bodi kamera
Aperturf/2.0
Berat1.000 gram
9

SonySonnar T* FE 55mm F1.8 ZA

SEL55F18Z

Mulai dari Rp 13.849.000,00

KlasifikasiLensa fix
KompatibilitasKamera Sony
Cara pakaiPasang pada bodi kamera
AperturF 1.9
Berat281 gram
8

FujifilmFujinon Lens XF10-24mmF4 R OIS

Mulai dari Rp 12.999.000,00

KlasifikasiLensa wide angle
KompatibilitasKamera Fujifilm
Cara pakaiPasang pada bodi kamera
AperturF 4–22
Berat410 gram
7
KlasifikasiLensa wide angle
KompatibilitasKamera Canon
Cara pakaiPasang pada bodi kamera
AperturF 1.4–22
Berat125 gram
6

Tamron28-75mm f/2.8 di iii vxd g2

Mulai dari Rp 13.530.000,00

KlasifikasiLensa zoom
KompatibilitasKamera Sony full frame mirrorless
Cara pakaiPasang pada bodi kamera
AperturF 2.8
Berat540 gram
5
KlasifikasiLensa wide angle
KompatibilitasKamera Nikon F
Cara pakaiPasang pada lensa kamera
AperturF 1.8–22
Berat203 gram
4
KlasifikasiLensa telefoto
KompatibilitasKamera Sony, Canon, dan Nikon
Cara pakaiPasang pada bodi kamera
AperturF 1.4–16
Berat1.130 gram
3
KlasifikasiLensa converter makro
KompatibilitasKamera Sony E Samyang 18mm f2.8 Sony E
Cara pakaiPasang pada bodi kamera
AperturF 1.8
Berat210 gram
2
KlasifikasiLensa wide angle
KompatibilitasKamera Canon, Sony, Fujifilm, Micro 4/3 Panasonic, dan Olympus
Cara pakaiPasang pada bodi kamera
AperturF1.2–F22
Berat150 gram
1
KlasifikasiLensa wide angle
KompatibilitasKamera Nikon
Cara pakaiPasang pada bodi kamera
AperturF 1.8
Berat130 gram

Baca juga rekomendasi aksesori dan kelengkapan kamera lainnya di sini

Selain kualitas lensa, teknik Anda dalam memotret juga penting untuk menghasilkan gambar yang maksimal. Jika Anda berencana untuk membeli kamera jenis lensa tertentu, silakan gunakan artikel ini sebagai referensi.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menentukan lensa kamera DSLR terbaik untuk keperluan fotografi Anda? Di dalam memilih lensa DSLR, sesuaikanlah dengan kebutuhan pengambilan gambar dan video yang Anda inginkan.


Selain mempertimbangkan beberapa hal yang kami jelaskan di atas, ada baiknya Anda banyak berlatih untuk mengembangkan teknik memotret Anda. Jika Anda berencana untuk membeli lensa kamera DSLR, silahkan gunakan artikel ini sebagai referensi!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sigma adalah merek lensa buatan Jepang dengan kualitas hasil yang tajam. Lensa Sigma sendiri dapat digunakan untuk berbagai merek kamera, seperti Sony, Fujifilm, Canon, ataupun Nikon. Di pasaran Anda dapat menjumpai produk lensa Sigma dengan focal length yang beragam. Melalui artikel ini kami akan mengulas tips memilih lensa Sigma terbaik yang dapat diberi secara online. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi lensa Sigma yang bagus untuk kamera DSLR ataupun mirrorless. Jika Anda tidak ingin salah memilih lensa Sigma, silakan baca artikel ini sampai tuntas, ya!
    Lensa & aksesori
  • 10 Rekomendasi Filter Lensa Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Filter Lensa Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Filter lensa tidak hanya berfungsi sebagai pelindung, tetapi juga membuat hasil jepretan lebih bagus, terlebih jika Anda menggunakan kamera DSLR. Anda bisa bereksplorasi dengan menggunakan beragam jenis filter lensa, seperti ND filter, CPL filter, UV filter, dan lainnya.  Tiap jenis filter lensa mempunyai karakteristiknya masing-masing yang digunakan untuk kondisi dan kebutuhan berbeda. Kali ini, kami akan mengulas tips memilih filter lensa terbaik. Kami juga memberikan rekomendasi merek filter lensa yang bagus, seperti Kenko, Hoya, dan K&F Concept. Bacalah artikel ini dengan saksama dan temukan produk yang sesuai kebutuhan.
    Lensa & aksesori
  • 10 Rekomendasi Fisheye Lens Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Fisheye Lens Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Fisheye lens adalah lensa yang dapat mengambil gambar dengan skala lebih luas. Hasil foto menggunakan fisheye lens akan terlihat berbeda dengan adanya distorsi yang kentara. Bisa dibilang kalau fisheye lens adalah must have item bagi Anda yang suka mengambil foto pemandangan atau traveling.Berhubung fisheye lens bukanlah lensa biasa, tidak banyak orang mengerti cara memilih fisheye lens. Untuk itulah, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi fisheye lens terbaik. Anda akan menemukan beragam fisheye lens berkualitas keluaran Canon, Olympus, Nikon, dan sebagainya dalam artikel ini. Yuk, disimak!
    Lensa & aksesori
  • 10 Rekomendasi Lens Hood Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lens Hood Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sebagian orang mungkin berpikir bahwa penggunaan lens hood pada lensa kamera tidaklah diperlukan. Namun, lens hood sebenarnya cukup berpengaruh pada kualitas gambar yang dihasilkan. Lens hood tersedia dalam berbagai bentuk dan bahan yang memiliki keunggulan masing-masing.Apakah Anda masih bingung dalam memilih lens hood? Kali ini kami akan membahas tips memilih dan merekomendasikan produk lens hood dari berbagai merek yang bagus. Produk dari Phottix, Nikon, dan Olympus akan Anda temukan dalam daftar rekomendasi kami. Untuk itu, baca artikel ini sampai selesai, ya!
    Lensa & aksesori
  • 10 Rekomendasi Lensa Mirrorless Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lensa Mirrorless Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Penggunaan lensa pada kamera mirrorless sangat memengaruhi hasil foto yang didapat. Untuk menghasilkan efek bokeh, mendapatkan gambar yang tajam dengan jangkauan lebar, memotret objek jarak jauh, tentunya tidak bisa hanya menggunakan satu lensa saja.Untuk itu, produsen seperti Olympus, Sony, Canon, Fujifilm, Panasonic, dan Nikon secara aktif mengembangkan lensa untuk kamera mirrorless. Melalui artikel ini, kami akan mengajak Anda untuk mengetahui cara memilih lensa mirrorless beserta produk-produk rekomendasinya, termasuk lensa keluaran third party, seperti Meike. Yuk, disimak!
    Lensa & aksesori
  • 10 Rekomendasi Lensa Fix Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lensa Fix Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda menggemari fotografi, mungkin Anda akan memerlukan setidaknya satu buah lensa fix. Selain untuk memotret objek gambar, lensa fix menjadi salah satu lensa yang paling pas untuk membuat konten video. Di pasaran, cukup banyak lensa fix yang dapat Anda jumpai.Kali ini, kami akan memberikan tips memilih lensa fix terbaik sesuai dengan merek kamera yang Anda gunakan. Lensa fix yang bagus, misalnya merek Canon, Sony, dan Fujifilm akan kami ulas keunggulan dan kekurangannya. Jika Anda tidak ingin salah memilih lensa fix, silakan baca artikel ini sampai tuntas, ya!
    Lensa & aksesori
  • 10 Rekomendasi Lensa Mirrorless Terbaik Merek Sony (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lensa Mirrorless Terbaik Merek Sony (Terbaru Tahun 2022)
    Selain dapat dijadikan sebagai profesi, banyak orang menjadikan fotografi sebagai hobi. Tak jarang, seseorang yang menekuni kegiatan fotografi akan mengoleksi lebih dari satu lensa. Salah satu merek kamera mirrorless yang sudah terkenal dan cukup banyak digunakan adalah Sony.Setiap lensa mirrorless Sony menawarkan keunggulan yang berbeda-beda. Misalnya saja FE 85mm F1.8 dan Vario-Tessar T* E 16-70mm F4 ZA OSS yang berbeda kualitasnya dengan lensa kit standar. Untuk itu, kami akan menjelaskan tips memilih lensa mirrorless Sony terbaik sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Simak artikel ini sampai tuntas, ya!
    Lensa & aksesori
  • 10 Rekomendasi Teropong Monocular Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Teropong Monocular Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Teropong monocular adalah jenis teropong dengan satu eyecup. Anda hanya menggunakan satu mata saja saat mengamati objek dengan produknya. Meskipun demikian, Anda masih bisa mengamati objek jarak jauh dengan teropong monocular. Tipe teropong ini digunakan untuk berbagai kegiatan, seperti melihat pertandingan, bird-watching, dan menonton konser.  Bahkan ada juga teropong monocular yang dapat disambungkan ke HP. Untuk memudahkan Anda mendapat produk yang tepat, kami akan membahas tips memilih teropong monocular terbaik. Kami juga akan berbagi rekomendasi produk dari merek teropong monocular yang bagus, seperti Bushnell, Apexel, dan SVBONY. Selamat menyimak!
    Lensa & aksesori
  • 10 Rekomendasi Lensa Fix Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lensa Fix Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu merek lensa fix yang bagus adalah Canon. Di pasaran, terdapat macam-macam lensa fix Canon, mulai dari lensa fix Canon mirrorless hingga lensa fix untuk kamera DSLR. Harga lensanya pun beragam tergantung spesifikasi yag ditawarkan.Kami akan menjelaskan tips memilih lensa fix Canon terbaik sesuai kebutuhan. Anda akan menemukan lensa fix Canon STM, lensa fix Canon 50 mm atau 35 mm, dan sebagainya. Kami juga akan mengulas lensa yang cocok untuk Canon 1200D, Canon 600D, dan Canon EOS M50. Lensa fix Canon yang murah pun ada!
    Lensa & aksesori
  • 10 Rekomendasi Lensa Nikon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lensa Nikon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lensa adalah salah satu properti kamera yang cukup penting untuk mendapatkan hasil gambar yang maksimal. Namun, menggunakan lensa pun tidak bisa sembarangan. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar lensa dapat bekerja dengan baik. Kali ini, kami akan memberikan tips memilih dan rekomendasi lensa merek Nikon yang bagus untuk Anda. Anda bisa menemukan banyak tipe lensa Nikon, baik yang bersensor APS-C maupun full frame. Anda butuh lensa Nikon dengan focal length 35 mm, 50 mm, atau 55–300 mm? Semua akan kami ulas secara singkat. Jadi, silakan disimak baik-baik, ya!
    Lensa & aksesori
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Filter Lensa Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Filter Lensa Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Filter lensa tidak hanya berfungsi sebagai pelindung, tetapi juga membuat hasil jepretan lebih bagus, terlebih jika Anda menggunakan kamera DSLR. Anda bisa bereksplorasi dengan menggunakan beragam jenis filter lensa, seperti ND filter, CPL filter, UV filter, dan lainnya.  Tiap jenis filter lensa mempunyai karakteristiknya masing-masing yang digunakan untuk kondisi dan kebutuhan berbeda. Kali ini, kami akan mengulas tips memilih filter lensa terbaik. Kami juga memberikan rekomendasi merek filter lensa yang bagus, seperti Kenko, Hoya, dan K&F Concept. Bacalah artikel ini dengan saksama dan temukan produk yang sesuai kebutuhan.
    Lensa & aksesori
  • 10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lensa tele adalah lensa yang digunakan untuk memotret objek jauh, seperti saat mengambil foto pertandingan sepakbola, lanskap, atau burung-burung liar. Saat ini, ada banyak produsen memproduksi lensa tele yang bagus seperti Canon, Nikon, Sony, Fujifilm, dan sebagainya.  Jenis lensa tele yang diproduksi tersebut sangat beragam. Ada lensa tele yang murah ada juga yang mahal, tergantung pada spesifikasi dari lensa tersebut. Anda pun harus memilih lensa tele terbaik untuk kebutuhan Anda. Jika Anda Anda masih bingung memilih lensa tele yang pas, jadikanlah artikel ini sebagai panduan untuk memilih. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
  • 10 Rekomendasi Lensa Fix Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lensa Fix Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu merek lensa fix yang bagus adalah Canon. Di pasaran, terdapat macam-macam lensa fix Canon, mulai dari lensa fix Canon mirrorless hingga lensa fix untuk kamera DSLR. Harga lensanya pun beragam tergantung spesifikasi yag ditawarkan.Kami akan menjelaskan tips memilih lensa fix Canon terbaik sesuai kebutuhan. Anda akan menemukan lensa fix Canon STM, lensa fix Canon 50 mm atau 35 mm, dan sebagainya. Kami juga akan mengulas lensa yang cocok untuk Canon 1200D, Canon 600D, dan Canon EOS M50. Lensa fix Canon yang murah pun ada!
    Lensa & aksesori
  • 10 Rekomendasi Teropong Malam / Night Vision Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Teropong Malam / Night Vision Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Teropong malam atau teropong night vision adalah sebuah alat yang membantu Anda untuk melihat di lingkungan yang gelap. Night vision memiliki beragam aplikasi dari pengamatan satwa liar hingga aktivitas berburu. Kini telah hadir banyak teropong malam yang bisa Anda dapatkan dengan harga yang terjangkau. Namun, manakah yang cocok untuk kebutuhan Anda?Kami akan mengulas cara memilih teropong malam untuk berbagai kegiatan Anda. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk teropong malam terbaik dari Bushnell, YUKON, PARD, dan PULSAR. Perhatikan spesifikasi dari masing-masing produk dan pilihlah yang paling sesuai!
    Lensa & aksesori
  • 10 Rekomendasi Lensa Mirrorless Terbaik Merek Sony (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lensa Mirrorless Terbaik Merek Sony (Terbaru Tahun 2022)
    Selain dapat dijadikan sebagai profesi, banyak orang menjadikan fotografi sebagai hobi. Tak jarang, seseorang yang menekuni kegiatan fotografi akan mengoleksi lebih dari satu lensa. Salah satu merek kamera mirrorless yang sudah terkenal dan cukup banyak digunakan adalah Sony.Setiap lensa mirrorless Sony menawarkan keunggulan yang berbeda-beda. Misalnya saja FE 85mm F1.8 dan Vario-Tessar T* E 16-70mm F4 ZA OSS yang berbeda kualitasnya dengan lensa kit standar. Untuk itu, kami akan menjelaskan tips memilih lensa mirrorless Sony terbaik sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Simak artikel ini sampai tuntas, ya!
    Lensa & aksesori
  • 10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sigma adalah merek lensa buatan Jepang dengan kualitas hasil yang tajam. Lensa Sigma sendiri dapat digunakan untuk berbagai merek kamera, seperti Sony, Fujifilm, Canon, ataupun Nikon. Di pasaran Anda dapat menjumpai produk lensa Sigma dengan focal length yang beragam. Melalui artikel ini kami akan mengulas tips memilih lensa Sigma terbaik yang dapat diberi secara online. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi lensa Sigma yang bagus untuk kamera DSLR ataupun mirrorless. Jika Anda tidak ingin salah memilih lensa Sigma, silakan baca artikel ini sampai tuntas, ya!
    Lensa & aksesori
  • 10 Rekomendasi Fisheye Lens Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Fisheye Lens Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Fisheye lens adalah lensa yang dapat mengambil gambar dengan skala lebih luas. Hasil foto menggunakan fisheye lens akan terlihat berbeda dengan adanya distorsi yang kentara. Bisa dibilang kalau fisheye lens adalah must have item bagi Anda yang suka mengambil foto pemandangan atau traveling.Berhubung fisheye lens bukanlah lensa biasa, tidak banyak orang mengerti cara memilih fisheye lens. Untuk itulah, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi fisheye lens terbaik. Anda akan menemukan beragam fisheye lens berkualitas keluaran Canon, Olympus, Nikon, dan sebagainya dalam artikel ini. Yuk, disimak!
    Lensa & aksesori
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori