• 10 Cushion Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Cushion Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Cushion Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Cushion Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Cushion Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Cushion Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)

Memiliki kulit wajah yang tampak segar sepanjang hari akan sulit dicapai jika kulit berminyak dan berjerawat. Untuk mengatasinya, Anda perlu berhati-hati memilih kosmetik, termasuk dalam memilih cushion. Pastikan Anda memilih cushion yang diformulasi khusus untuk kulit berminyak.


Di artikel ini, Anda akan menemukan rekomendasi produk cushion yang bagus untuk kulit berminyak. Kami juga akan mengulas cushion dari berbagai merek, seperti Make Over, Maybelline, Laneige, atau Wardah. Baca juga tips tambahan dari beauty content creator, Citta Farenty. Temukan cushion terbaik untuk Anda dan nikmati tampilan flawless setiap harinya! 

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Citta Farenty
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Beauty content creator, Citta Farenty

Profil pakar: Beauty content creator, Citta Farenty

Citta Farenty, akrab dipanggil Citta, merupakan seorang content creator yang fokus dengan dunia kecantikan Indonesia. Citta pertama kali membuat konten pada 2017. Citta yang awalnya fokus dengan tema makeup artistik ini kini membagikan konten yang sangat beragam di akun media sosialnya.


Pernah menjadi pemenang NYX Face Awards 2018, Citta juga sering membagikan tips makeup di akun YouTube, Instagram, dan TikTok-nya. Selain itu, wanita kreatif ini kerap mengunggah berbagai konten menarik dengan tema beauty, fashion, lifestyle, hingga traveling.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih cushion untuk kulit berminyak

Jika memiliki kulit berminyak, pasti Anda cukup akrab dengan makeup yang terlihat patchy atau luntur setelah beberapa jam. Untuk itu, simak tips memilih cushion yang tepat untuk kulit wajah Anda.

Pilih berdasarkan coverage yang diinginkan

Pilih berdasarkan coverage yang diinginkan

Kulit berminyak cenderung rentan terhadap komedo dan jerawat. Pada tipe kulit ini, sering juga ada bekas jerawat mengganggu yang sulit disamarkan sehingga mengganggu tampilan wajah. Maka itu, Anda perlu mengecek daya coverage cushion yang hendak dibeli. 

 

Kami menyarankan cushion dengan coverage medium hingga high untuk menyamarkan kekurangan pada kulit berminyak. Cushion dengan medium coverage cocok untuk masalah minyak berlebih saja tanpa adanya jerawat. Namun, jika wajah Anda berjerawat atau memiliki bekas jerawat menghitam, sebaiknya pilih yang berdaya coverage tinggi

Citta Farenty
Beauty content creator
Citta Farenty

Pemilihan cushion dapat disesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan coverage kulit Anda. Jika Anda menyukai makeup ringan, cobalah memilih coverage yang light. Sementara itu, apabila Anda ingin menutupi spot pada wajah seperti kantong mata dan bekas jerawat, pilihlah cushion dengan medium to full coverage.

Sesuaikan dengan warna kulit

Sesuaikan dengan warna kulit

Ketika memilih cushion, pastikan warna cushion sesuai dengan warna kulit sehingga kulit tidak terlihat belang setelah menggunakannya. Sebagai panduan, warna kulit dibagi menjadi dua jenis, yaitu undertone dan skin tone. Simak penjelasannya berikut ini. 


Undertone merupakan warna kulit yang berasal dari gen serta tidak dapat berubah meski dipengaruhi berbagai faktor. Secara umum terdapat tiga jenis undertone, yaitu:

  • Cool undertone: Ditandai dengan warna nadi biru atau ungu
  • Warm undertone: Ditandai dengan warna nadi hijau
  • Neutral undertone: Ditandai dengan kombinasi warna nadi hijau dan biru

Sementara itu, skin tone adalah warna kulit yang langsung terlihat dapat terpengaruh faktor lingkungan. Beberapa jenis skin tone yang dapat ditemui di Indonesia, antara lain: 

  • Kuning langsat, merupakan kulit yang memiliki warna perpaduan putih, cokelat muda, dan kuning sehingga terlihat eksotis. Warna cushion yang cocok sebaiknya sedikit lebih gelap, seperti natural beige, warm nude, classic ivory, atau light beige.
  • Sawo matang, yakni kulit yang cenderung berona kecokelatan hingga gelap. Beberapa warna cushion yang dapat dipilih adalah honey beige atau medium beige.
  • Putih, kulit yang cenderung berwarna putih pucat dan terang. Warna ini membuat pemilik kulit putih lebih cocok menggunakan cushion yang berwarna light beige atau nude beige.

Cari cushion dengan kandungan yang dapat menyerap minyak

Cari cushion dengan kandungan yang dapat menyerap minyak

Makeup pada kulit berminyak biasanya cepat luntur terutama di area T-zone. Untuk itu, pilihlah cushion dengan kandungan yang dapat menyerap kelebihan minyak di wajah. Dengan minyak yang terkontrol, penampilan akan tampak segar lebih lama. 


Hindari jenis cushion yang oil-based karena akan membuat wajah Anda tampak makin berminyak dan mengilap. Lalu, pastikan terdapat kandungan antisebum dan oil control yang berfungsi untuk mengurangi pengeluaran minyak. Anda dapat juga memilih cushion dengan kandungan powder yang dapat membantu menyerap kelebihan minyak dan membuat tampilan lebih matte.

Citta Farenty
Beauty content creator
Citta Farenty

Penting sekali bagi Anda untuk mengetahui claim cushion yang akan digunakan. Untuk kulit berminyak, pastikan cushion tersebut memiliki efek oil control dan tidak berbahan dasar minyak. Cushion dengan bahan dasar minyak dapat membuat kulit makin berminyak sehingga membuat riasan tidak tahan lama.

Pastikan cushion bertekstur ringan agar pori-pori tidak tersumbat

Pastikan cushion bertekstur ringan agar pori-pori tidak tersumbat

Menjaga agar pori-pori kulit tetap dapat bernapas saat menggunakan makeup penting untuk menghindari munculnya komedo dan jerawat. Untuk kulit berminyak yang rentan berjerawat, tersumbatnya pori-pori bisa jadi masalah yang cukup serius. Jadi, pahami betul cushion yang akan Anda pilih.


Water-based cushion dengan breathable formula dapat menjadi pilihan yang bagus untuk kulit berminyak. Selain itu, pilihlah cushion yang tidak memerlukan banyak layering untuk mendapatkan coverage optimal. Dengan begitu, kulit tetap akan mendapatkan tampilan maksimal dan kesehatannya pun tetap terjaga.

Citta Farenty
Beauty content creator
Citta Farenty

Anda juga harus memperhatikan kandungan produk saat memilih cushion untuk kulit berminyak. Pastikan cushion yang dipakai tidak menyumbat pori-pori atau non-comedogenic. Dengan begitu, produk tersebut tidak akan menyebabkan breakout. Agar kulit tetap bisa bernafas, Anda juga bisa memilih cushion dengan kandungan yang breathable

Utamakan hasil akhir matte untuk tampilan kulit lebih sempurna

Utamakan hasil akhir matte untuk tampilan kulit lebih sempurna

Hasil akhir adalah poin yang sangat penting untuk Anda perhatikan saat memilih cushion. Jika salah memilih, bisa jadi wajah Anda malah makin berminyak dan membuat tampilan tampak kusam. Untuk kulit berminyak, pilihlah hasil akhir matte untuk mendapatkan tampilan wajah yang segar dan flawless.


Cushion dengan hasil akhir matte mengandung bahan-bahan yang berfungsi untuk menyerap kelebihan minyak pada kulit wajah. Agar tidak salah pilih, selalu cek kemasan produk, ya! Informasi mengenai hasil tampilan biasanya dicantumkan di kemasan produk cushion.

Citta Farenty
Beauty content creator
Citta Farenty

Pemilik kulit berminyak sebaiknya memilih cushion dengan hasil akhir matte. Hal ini penting agar riasan terlihat lebih halus dan lembut serta tahan lama. Pemilik kulit bertekstur pun sebaiknya memilih cushion dengan hasil akhir matte. Hal ini karena produk ini tidak terlalu menonjolkan tekstur kulit.

10 Rekomendasi cushion terbaik untuk kulit berminyak

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk cushion terbaik untuk kulit berminyak yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Citta Farenty.

10
Daya coverageMedium to high
Varian warna3 shades
TeksturCreamy
Hasil akhirSemi-matte poreless
KeunggulanMengandung eldelweiss extract, mineral water, SPF 50/PA+++
9

ShiseidoSynchro Skin Self-Refreshing Cushion Compact

Mulai dari Rp 730.000,00

Daya coverageMedium
Varian warna8 shades
TeksturTidak ada keterangan
Hasil akhirNatural
KeunggulanAll-day oil control, all-day shine-free hydration, non-comedogenic, dermatologist tested
8

The Face ShopOil Control Water Cushion Ex Spf50+Pa+++

Mulai dari Rp 400.000,00

Daya coverageTidak ada keterangan
Varian warna1 shade
TeksturLiquid
Hasil akhirMatte
KeunggulanOil control, sebum control, SPF50+ PA+++
7
Daya coverageTidak ada keterangan
Varian warna9 shades
TeksturTidak ada keterangan
Hasil akhirSatin
Keunggulanmengandung chamomile extract, moisturizer, SPF 50+/PA+++
6

Amore PacificLANEIGE BB Cushion Pore Control

Mulai dari Rp 560.000,00

Daya coverageHigh
Varian warna10 shades
TeksturCreamy
Hasil akhirMatte
KeunggulanMengandung pearl powder, SPF 50+/PA+++
5

WardahInstaperfect Mineralight Matte BB Cushion

Mulai dari Rp 177.000,00

Daya coverageFull
Varian warna4 shades
TeksturCair dan ringan
Hasil akhirMatte
KeunggulanSPF 50 PA++++
4

WardahExclusive Flawless Cover Cushion

Mulai dari Rp 138.000,00

Daya coverageMedium to high
Varian warna4 shades
TeksturCreamy
Hasil akhirMatte
KeunggulanNon-comedogenic formula, SPF 30/PA+++
3

Purbasari Pore Perfecting BB Cushion

Mulai dari Rp 120.000,00

Daya coverageMedium
Varian warna3 shades
TeksturTidak ada keterangan
Hasil akhirSemi-matte
KeunggulanOil absorber, SPF 18PA+++, dan antioksidan
2
Daya coverageHigh
Varian warna5 shades
TeksturLiquid
Hasil akhirDewy
KeunggulanMengandung pelembap, SPF 23 PA++
1

Make OverPowerstay Demi-Matte Cover Cushion

Mulai dari Rp 215.000,00

Daya coverageMedium to high
Varian warna10 shades
TeksturCreamy
Hasil akhirSemi-matte
KeunggulanAnti-pollution, SPF 50/PA++++, pelembap, oil control, soft focus agent

Tabel perbandingan produk cushion terbaik untuk kulit berminyak

Gambar produk
1
Make Over Powerstay Demi-Matte Cover Cushion 1

Make Over

2
Pixy Make it Glow Dewy Cushion 1

Pixy

3
Purbasari  Pore Perfecting BB Cushion 1

Purbasari

4
Wardah Exclusive Flawless Cover Cushion 1

Wardah

5
Wardah Instaperfect Mineralight Matte BB Cushion 1

Wardah

6
Amore Pacific LANEIGE BB Cushion Pore Control 1

Amore Pacific

7
BLP Beauty Cover Cushion 1

BLP Beauty

8
The Face Shop Oil Control Water Cushion Ex Spf50+Pa+++ 1

The Face Shop

9
Shiseido Synchro Skin Self-Refreshing Cushion Compact 1

Shiseido

10
SILKYGIRL Magic BB Cushion 1

SILKYGIRL

Nama produk

Powerstay Demi-Matte Cover Cushion

Make it Glow Dewy Cushion

Pore Perfecting BB Cushion

Exclusive Flawless Cover Cushion

Instaperfect Mineralight Matte BB Cushion

LANEIGE BB Cushion Pore Control

Cover Cushion

Oil Control Water Cushion Ex Spf50+Pa+++

Synchro Skin Self-Refreshing Cushion Compact

Magic BB Cushion

Keunggulan

Dilengkapi aplikator higienis antibakteri dan antiair

Produk high coverage dengan formula yang ringan

Cushion dengan harga terjangkau yang dilengkapi formula dan teknologi terbaik

Mudah ditemukan di mana saja, tidak repot bila kehabisan

Hanya dengan satu produk, nikmati dua manfaat sekaligus!

Tampil sempurna dengan two-step oil control system

Formulanya lolos uji klinis, aman untuk kulit sensitif

Produksi sebum berlebih? Atasi dengan produk ini!

Formula antitransfer, bikin kulit wajah sempurna sepanjang hari!

Varian warnanya cocok untuk warna kulit Asia

Harga mulai dariRp 215.000,00Rp 125.000,00Rp 120.000,00Rp 138.000,00Rp 177.000,00Rp 560.000,00Rp 189.000,00Rp 400.000,00Rp 730.000,00Rp 149.500,00
Daya coverageMedium to highHighMediumMedium to highFullHighTidak ada keteranganTidak ada keteranganMediumMedium to high
Varian warna10 shades5 shades3 shades4 shades4 shades10 shades9 shades1 shade8 shades3 shades
TeksturCreamyLiquidTidak ada keteranganCreamyCair dan ringanCreamyTidak ada keteranganLiquidTidak ada keteranganCreamy
Hasil akhirSemi-matteDewySemi-matteMatteMatteMatteSatinMatteNaturalSemi-matte poreless
KeunggulanAnti-pollution, SPF 50/PA++++, pelembap, oil control, soft focus agentMengandung pelembap, SPF 23 PA++Oil absorber, SPF 18PA+++, dan antioksidanNon-comedogenic formula, SPF 30/PA+++SPF 50 PA++++Mengandung pearl powder, SPF 50+/PA+++mengandung chamomile extract, moisturizer, SPF 50+/PA+++Oil control, sebum control, SPF50+ PA+++All-day oil control, all-day shine-free hydration, non-comedogenic, dermatologist testedMengandung eldelweiss extract, mineral water, SPF 50/PA+++
Tautan produk

Tips agar cushion lebih tahan lama di kulit wajah berminyak

Untuk membuat cushion tahan lama tanpa perlu sering-sering touch up, ada beberapa tips yang dapat Anda tiru. Berikut ulasan lengkapnya.

Persiapkan kulit wajah agar cushion tidak lekas luntur

Sebelum mengenakan makeup, pastikan Anda telah membersihkan wajah terlebih dahulu. Langkah tersebut berfungsi untuk mengurangi minyak yang akan membuat riasan sulit menempel di kulit wajah. Setelah itu, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Kecilkan pori dengan es batu

Kecilkan pori dengan es batu

Cara ini sepertinya sudah cukup dikenal di kalangan beauty enthusiast untuk membantu mengecilkan pori-pori wajah. Sebelum mengenakan makeup, kompres wajah dengan es batu. Sensasi dinginnya dapat merangsang pori-pori untuk mengecil. Dengan begitu, wajah Anda akan tampak lebih flawless dan produksi minyak pun akan berkurang. 

Citta Farenty
Beauty content creator
Citta Farenty

Untuk pemilik tipe kulit berminyak, mengompres kulit dengan es batu dapat memperkecil tampilan pori-pori. Selain es batu, Anda juga bisa menggunakan sendok yang sudah disimpan di freezer semalaman. Anda dapat menggunakannya untuk mengompres bagian wajah yang pori-porinya cukup besar.

Gunakan toner dan primer sebagai "alas"

Gunakan toner dan primer sebagai "alas"

Sebagian besar produk cushion sudah mengandung pelembap. Akan tetapi, Anda sebaiknya menggunakan toner dan primer sebelum mengaplikasikannya ke wajah. Toner berfungsi untuk melembapkan kulit wajah sehingga membantu mengontrol pengeluaran minyak berlebih. Setelah toner, aplikasikan pelembap disusul dengan primerPrimer akan memberikan tampilan bebas kilap lebih tahan lama.

Citta Farenty
Beauty content creator
Citta Farenty

Sebelum menggunakan cushion, pastikan kulit sudah dipersiapkan dengan menggunakan toner untuk melembapkan kulit. Toner juga mampu memberikan efek hidrasi pada kulit. Setelah menggunakan toner, Anda kemudian dapat menggunakan primer sesuai dengan kondisi wajah. Mempersiapkan kulit dengan dua tahap ini sebelum memakai cushion dapat membantu riasan bertahan lebih lama.

Pertahankan kesegaran tampilan kulit wajah Anda

Setelah mengaplikasikan cushion foundation, masih ada hal yang sebaiknya tidak Anda lewatkan agar makeup Anda tahan lama. Simak sampai tuntas, ya. 

Gunakan bedak tabur untuk menyerap kelebihan minyak

Gunakan bedak tabur untuk menyerap kelebihan minyak

Jika kulit Anda sangat berminyak, gunakanlah bedak tabur setelah cushion. Bedak tabur sangat membantu dalam menyerap minyak berlebih. Selain itu, hasil tampilan Anda juga akan lebih matte. Anda tidak perlu mengaplikasikannya terlalu tebal. Cukup baurkan dengan kuas dan fokus di T-zone yang merupakan area penghasil minyak terbanyak.

Citta Farenty
Beauty content creator
Citta Farenty

Untuk mengunci riasan setelah menggunakan cushion, pemakaian bedak tabur adalah pilihan yang tepat. Baurkan bedak tabur secara tipis pada area yang berminyak atau pada seluruh wajah. Dengan begitu, riasan bisa tetap awet dan minyak di wajah nantinya dapat terlihat berkurang. 

Kunci riasan dengan setting spray

Kunci riasan dengan setting spray

Pada dasarnya fungsi setting spray hampir sama dengan primer. Bedanya, setting spray lebih banyak diaplikasikan di urutan terakhir dari seluruh rangkaian makeup. Sebagai pengunci makeup, setting spray berfungsi untuk memberikan lapisan yang membuat riasan lebih tahan lama. Usahakan untuk memilih setting spray khusus untuk kulit berminyak agar tampilan stunning Anda tidak cepat luntur.

Citta Farenty
Beauty content creator
Citta Farenty

Setelah menggunakan cushion dan bedak tabur, penggunaan setting spray juga tidak kalah penting. Setting spray dapat membuat complexion Anda bertahan lebih lama. Nah, pemilihan setting spray ini dapat disesuaikan dengan preferensi dan juga kondisi kulit. Anda juga dapat memakainya secara berulang kali untuk menjaga agar tampilan riasan tetap fresh.

Gunakan kertas minyak sebelum touch up

Gunakan kertas minyak sebelum touch up

Anda perlu membersihkan terlebih dahulu minyak berlebih di wajah Anda sebelum touch up. Hindari menggunakan tissue untuk menyerap minyak di wajah. Selain daya serapnya rendah, tissue akan mudah menempel di wajah Anda. Gunakanlah kertas minyak untuk menghapus minyak di wajah. Membersihkan minyak sebelum touch up berfungsi untuk menghindari efek patchy yang akan membuat riasan tampak jelek.

Citta Farenty
Beauty content creator
Citta Farenty

Sebelum touch up cushion, sebaiknya Anda melakukan blot terlebih dahulu pada wajah yang berminyak. Anda bisa melakukannya dengan tissue ataupun kertas minyak agar proses touch up tidak menjadi cakey


Jika Anda langsung mengaplikasikan cushion atau powder pada wajah yang berminyak, hasilnya akan menjadi patchy atau tidak rata. Setelah melakukan blot menggunakan kertas minyak atau tissue, cek apakah complexion atau riasan cushion masih ada. Jika masih, Anda hanya perlu menambahkan powder saja. Namun, jika memang dibutuhkan, Anda bisa touch up lagi dengan menggunakan cushion.

Baca juga rekomendasi kosmetik untuk kulit berminyak lainnya di sini

Kulit berminyak memerlukan kosmetik yang dirancang khusus sehingga tidak mengakibatkan wajah Anda tampak makin mengilap. Jika tertarik, simak beberapa artikel lain yang mengulas produk-produk kosmetik untuk kulit berminyak berikut ini.

Kesimpulan

Kulit berminyak cenderung sulit disatukan dengan makeup sehingga hasil riasan tidak tahan lama. Untuk itu, pilihlah kosmetik yang mengandung bahan-bahan yang dapat mengontrol kelebihan minyak di kulit wajah. 


Dalam memilih cushion, perhatikan coverage, tekstur, kandungan, dan hasil akhir yang tepat. Jangan lupa juga untuk menerapkan langkah-langkah mengaplikasikan makeup yang benar agar riasan Anda lebih tahan lama. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Selamat berbelanja cushion!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Cushion Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cushion Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Belakangan ini, popularitas cushion makin menanjak di kalangan pengguna makeup. Merek lokal pun tak ingin ketinggalan tren dengan turut memproduksi cushion yang bagus. Selain berkualitas internasional, cushion lokal juga disesuaikan dengan jenis kulit dan warna kulit orang Indonesia. Ada cushion untuk kulit berminyak, kulit kering, dan kulit sensitif.Kami akan memberikan tips untuk memilih cushion lokal beserta sepuluh rekomendasi produk terbaiknya. Anda akan menemukan produk dari Pixy Cosmetics, Somethinc, dan Make Over. Tentu semua produk rekomendasi sudah mengantongi izin BPOM sehingga pasti aman digunakan. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Makeup wajah
  • 10 Bedak Tabur Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bedak Tabur Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Loose powder atau bedak tabur dapat digunakan untuk menyempurnakan riasan Anda. Wajah akan tampak glowing dan makeup pun lebih tahan lama. Bedak tabur juga bisa mengontrol sebum pada kulit berminyak. Namun, banyaknya produk bedak tabur yang beredar mungkin akan membingungkan Anda. Karena itu, kami akan bagikan tips memilih bedak tabur yang bagus beserta produk-produk terbaiknya. Terdapat sepuluh bedak tabur dari berbagai merek, seperti Wardah, Emina, Make Over, dan Focallure. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Teh Dini. Yuk, temukan bedak tabur yang tepat untuk tampil flawless!
    Makeup wajah
  • 10 Bedak Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bedak Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi Anda pemilik kulit berminyak, harus jeli dalam memilih bedak. Bedak yang salah akan membuat wajah makin berminyak sehingga rentan menimbulkan beruntusan, komedo, dan jerawat. Lantas, bagaimana cara memilih bedak untuk kulit berminyak? Tenang, Anda akan menemukan bedak yang cocok untuk kulit berminyak di artikel ini.  Kami akan memaparkan cara memilih bedak yang bagus. Selain itu, ada juga rekomendasi bedak untuk kulit berminyak dari berbagai merek, seperti Make Over, Wardah, hingga Focallure. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh beauty blogger kami, Cut Auzola. Yuk, temukan bedak terbaik Anda di sini!
    Makeup wajah
  • 10 Makeup Primer Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Makeup Primer Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Sayang sekali jika Anda menggunakan makeup tanpa melengkapinya dengan primer. Primer makeup adalah salah satu produk kecantikan yang dapat membuat makeup lebih tahan lama. Selain itu, primer juga dapat membuat kulit Anda tampak lebih halus sehingga makeup akan terlihat lebih menyatu.Supaya Anda bisa mendapatkan primer yang bagus, kami akan membahasnya secara detail di artikel ini. Anda pun dapat membaca tips tambahan dari beauty content creator, Citta Farenty. Temukan juga rekomendasi primer terbaik dari berbagai merek, seperti Pixy, Maybelline, Heimish, dan lainnya. Langsung saja, ya!
    Makeup wajah
  • 10 Rekomendasi BB Cushion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi BB Cushion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Belakangan ini, BB cushion menjadi salah satu produk yang populer di kalangan penggemar makeup. Hasilnya yang natural saat digunakan sangat pas untuk memberikan tampilan cantik alami. Selain itu, BB cushion banyak dipilih dengan alasan praktis karena sudah dilengkapi aplikator. Banyaknya merek BB cushion yang bagus mungkin membuat Anda bingung.Pada artikel kali ini, kami akan membantu Anda untuk memilih BB cushion terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa rekomendasi merek cushion terbaik juga dapat Anda temukan, seperti Wardah, Make Over, SOMETHINC, dan Luxcrime. Selamat membaca!
    Makeup wajah
  • 10 Bedak Foundation Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bedak Foundation Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Powder foundation (bedak foundation) adalah salah satu complexion yang banyak disukai saat ini. Umumnya, powder foundation memiliki hasil akhir matte. Namun, saat ini sudah banyak powder foundation yang dilengkapi moisturizer agar kulit wajah tidak kering.Banyak brand kecantikan mengeluarkan bedak foundation yang bagus, seperti Maybelline, Revlon, dan Y.O.U. Beauty product lokal, seperti Wardah, Make Over, dan ESQA juga tak ketinggalan. K ali ini, kami akan me-review produk powder foundation terbaik beserta tips cara memilihnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Renata Aprianti. Jadi, simak sampai habis, ya!
    Makeup wajah
  • 10 Rekomendasi DD Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi DD Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    DD Cream dapat disebut sebagai krim multifungsi yang memiliki banyak manfaat. Sayangnya, masih banyak orang yang belum mengetahui apa itu DD Cream dan manfaatnya bagi kulit dan wajah. Padahal, banyak merek DD Cream yang bagus dan dapat membuat kulit serta wajah Anda terlihat lebih cantik.Pada artikel kali ini, kami akan membahas secara lengkap tentang DD Cream. Agar Anda dapat mencobanya, kami juga akan merekomendasikan produk-produk ternama seperti Skintalk, LT Pro, dan Wardah. Jadi, untuk Anda yang penasaran, pastikan baca artikel ini sampai habis, ya!
    Makeup wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori