• 10 Highlighter Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Highlighter Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Highlighter Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Highlighter Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Highlighter Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Highlighter Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)

Salah satu produk kosmetik yang dapat membuat riasan Anda terlihat bercahaya adalah highlighter. Anda dapat menemukan highlighter dengan berbagai tipe dan tekstur di pasaran. Sejumlah merek lokal ternama juga turut memproduksi highlighter andalan, seperti Wardah dan Emina. Produk manakah yang paling sesuai untuk Anda?


Kali ini kami akan memberikan tips memilih highlighter yang tepat beserta rekomendasi produk yang bagus. Anda dapat menggunakan ulasan kami sebagai pedoman untuk menemukan produk yang paling diminati. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Renata Aprianti. Ayo simak selengkapnya dan temukan highlighter idaman Anda!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Renata Aprianti
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 30 Juni 2022
Daftar isi

Profil pakar: Makeup artist, Renata Aprianti

Profil pakar: Makeup artist, Renata Aprianti
Renata Aprianti
Makeup artist
Renata Aprianti

Renata Aprianti merupakan seorang makeup artist dan beauty enthusiast yang aktif membagikan video review produk beauty. Selain itu, Renata senang membagikan tutorial makeup dan skincare di YouTube dan Instagram miliknya.


Wanita yang suka menulis ini pernah menerbitkan tiga novel remaja dan telah berkecimpung di dunia blogger selama 10 tahun. Penulis dan penggemar dunia beauty ini fokus menjadi makeup artist (MUA) dan vlogger sejak 2017.

Tampil glowing dengan highlighter

Tampil glowing dengan highlighter

Highlighter adalah produk kosmetik yang mampu menonjolkan fitur-fitur di wajah dan membuat wajah terlihat bercahaya. Biasanya highlighter digunakan pada area tulang pipi, dahi, dan dagu. Anda juga dapat menggunakannya di bagian wajah yang ingin ditonjolkan, misalnya hidung dan bagian atas bibir. Wajah Anda akan terlihat lebih segar dan berdimensi berkat pantulan cahaya dari highlighter


Belakangan ini produsen kosmetik makin berinovasi dengan highlighter. Karena itu, banyak variasi produk yang ditawarkan, mulai dari berbagai tekstur hingga pilihan warna. Aplikasikan highlighter dengan jari, brush, atau spons, serta aturlah tingkat kilaunya sesuai keinginan! Pemilihan highlighter yang tepat akan membuat penampilan Anda makin glowing dan menawan.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih highlighter

Selanjutnya, kami akan memberikan tips untuk memilih highlighter. Jadikan tips berikut sebagai referensi sebelum membeli produk, ya!

Pilih berdasarkan tipenya

Secara garis besar highlighter dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu padat dan cair. Anda dapat menemukan highlighter padat dalam bentuk powder dan stik. Ada pula highlighter cair, seperti krim. Simak penjelasannya di bawah ini. 

Tipe powder, berbentuk pressed dan paling banyak ditemui di pasaran

Tipe powder, berbentuk pressed dan paling banyak ditemui di pasaran

Tipe highlighter yang satu ini paling banyak ditemui di pasaran. Pada umumnya highlighter tipe powder hadir dalam bentuk pressed, seperti bedak padat. Biasanya para perias profesional mengaplikasikan highlighter bubuk dengan fan brush


Pilihlah produk yang memiliki butiran halus sehingga tidak mudah rontok dan tahan lama. Anda dapat menentukan tingkat kilau dengan memoleskan highlighter sesuai keinginan.


Hasil akhir yang shimmery akan memberikan kesan glamor sehingga lebih cocok digunakan saat acara formal. Tampilan sehari-hari pun dapat menggunakan hasil yang shimmery. Namun gunakan tipis-tipis saja agar hasilnya menjadi kilau alami yang menyegarkan.

Tipe liquid atau cair, memberi hasil akhir dewy

Tipe liquid atau cair, memberi hasil akhir dewy

Tipe highlighter cair cocok untuk Anda yang menyukai riasan dengan hasil akhir dewy. Tipe ini biasanya hadir dalam kemasan tube atau botol kecil dengan pipet. Teksturnya pun bervariasi, mulai dari yang benar-benar cair sampai menyerupai krim. 


Anda dapat menggunakan highlighter cair di akhir riasan atau dicampurkan dengan foundation. Aplikasikan highlighter cair dengan jari atau spons di area yang diinginkan. Hasilnya, wajah akan terlihat lebih sehat dan glowing.

Tipe stik, mudah digunakan bahkan untuk pemula

Tipe stik, mudah digunakan bahkan untuk pemula

Saat ini banyak kosmetik yang hadir dalam bentuk stik termasuk highlighter. Anda dapat memilih highlighter kemasan stik untuk dibawa bepergian. Selain praktis, kemasan stik tidak akan mengotori wadah makeup Anda dengan glitter. Tipe stik hadir dalam intensitas dan tekstur bervariasi, mulai dari padat sampai creamy


Anda pemula dalam ber-makeup? Pilihlah highlighter tipe stik yang mudah digunakan. Cukup oleskan stik di wajah lalu baurkan dengan jari. Partikel kilau dari highlighter ini biasanya lebih halus dari tipe cair atau powder sehingga hasilnya lebih natural.

Sesuaikan dengan warna kulit Anda

Sesuaikan dengan warna kulit Anda

Selain tipenya, Anda perlu mempertimbangkan pemilihan warna highlighter. Alih-alih terlihat glowing, highlighter yang tidak sesuai akan membuat wajah terlihat kusam dan berminyak. Untuk itu, cari tahulah warna highlighter yang tepat untuk kulit Anda.


  • Kulit fair atau terang, pilih highlighter dengan unsur warna perak atau pink

Warna perak akan memberikan efek cerah pada wajah, sedangkan merah muda akan membuat wajah merona natural. Hindari warna-warna warm seperti oranye atau peach yang membuat wajah kemerahan.


  • Kulit medium, pilih highlighter dengan warna-warna hangat

Highlighter dengan warna hangat, seperti peach, bronze, dan rose-gold akan mencerahkan wajah tanpa terlihat kusam. Penggunaan highlighter dengan warna tersebut sangat tepat untuk Anda yang menginginkan tampilan sun-kissed skin.


  • Kulit tan dan gelap, pilih highlighter bernuansa kecokelatan

Highlighter berwarna gold, bronze, dan rose-gold akan membuat kulit gelap terlihat makin eksotis. Pilih yang berpigmentasi tinggi agar kilau terlihat lebih nyata dan berdimensi. Hindari highlighter bernuansa keperakan karena akan membuat wajah terlihat kusam dan abu-abu. 

Tentukan berdasarkan jenis kulit

Anda juga perlu mempertimbangkan jenis kulit untuk menemukan produk highlighter yang tepat. Beda jenis kulit yang dimiliki, tentu akan berbeda juga tipe highlighter yang dibutuhkan. Lebih jelasnya, simak ulasan di bawah ini, ya! 

Kulit normal to dry: Liquid highlighter membuat wajah terlihat lembap dan sehat

Kulit normal to dry: Liquid highlighter membuat wajah terlihat lembap dan sehat

Anda yang memiliki jenis kulit normal hingga kering, highlighter tipe liquid atau cair cocok untuk Anda gunakan. Highlighter tipe ini memiliki tekstur basah yang akan membuat kulit kering terlihat lebih lembap dan sehat. Aplikasikan liquid highlighter di wajah untuk mendapatkan tampilan efek dewy dan glowing maksimal. Wajah Anda akan berkilau sepanjang hari dan Anda pun akan tampil lebih menawan.

Kulit normal to oily: Powder highlighter menyerap minyak dan lebih tahan lama

Kulit normal to oily: Powder highlighter menyerap minyak dan lebih tahan lama

Jika Anda memiliki jenis kulit normal hingga berminyak, powder highlighter menjadi pilihan tepat. Tipe highlighter bertekstur bubuk ini dikenal lebih tahan lama. Saat diaplikasikan, powder highlighter mampu menyerap kelebihan minyak di wajah sehingga riasan terlihat lebih sempurna. Selain itu, powder highlighter lebih mudah Anda temukan di pasaran dengan berbagai pilihan warna.

Produk rekomendasi pakar

TipePowder
Isi10 gram
VarianPink, gold, silver
Keterangan tambahanWaterproof

DiorBackstage Glow Face Palette

Mulai dari Rp 745.000,00

TipePowder
IsiTidak disebutkan
VarianUniversal, Glitz, Pure Gold, Rose Gold, Copper Gold
Keterangan tambahanCocok untuk semua warna kulit

10 Rekomendasi highlighter terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk highlighter terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Renata Aprianti.

10

Mad for MakeupDot Dot Glow Liquid Highlighter

Mulai dari Rp 99.000,00

TipeLiquid
Isi12 ml
VarianLa La Lights, The Greatest Goldman, La Vie En Rose
Keterangan tambahanCocok untuk kulit kering, dilengkapi aplikator
9
TipePowder
Isi7,5 gram
VarianStardust, Milky Way, Thunderstorm, Pegasus
Keterangan tambahanDilengkapi cermin
8

Wet n Wild BeautyMegaGlo Highlighting Powder

Mulai dari Rp 83.000,00

TipePowder
Isi5,4 gram
VarianBlossom Glow, Precious Petals, Crown of My Canopy, Royal Calyx, Golden Flower Crown, Bloom Time, Awesome Blossom
Keterangan tambahanAman untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif
7

EminaCheek Lit Highlighter Stick Nudetwinkle

Mulai dari Rp 55.000,00

TipeStick
Isi7 gram
VarianNudetwinkle
Keterangan tambahanCocok untuk semua jenis dan warna kulit
6

WardahExclusive Glowing Highlighter

Mulai dari Rp 69.500,00

TipePowder
Isi6,5 gram
VarianWarna universal dengan nuansa champagne
Keterangan tambahanCocok untuk semua jenis dan warna kulit, dilengkapi cermin dan brush
5
TipeStik
Isi2,2 gram
VarianLatte Caramel, Corn Flake Cream Cookies, Butter Milk Mocha
Keterangan tambahanDilengkapi contour
4

Y.O.UColorland Focus On Me Highlighter

Mulai dari Rp 42.000,00

TipePowder
Isi2,2 gram
VarianStreamer, Milky Way, dan Firmament
Keterangan tambahanCocok untuk semua jenis kulit
3
TipePowder
Isi13 gram
VarianUniversal dengan warna dasar champagne
Keterangan tambahanCocok untuk semua warna kulit, dilengkapi cermin
2

Madame GieHighlighter Blinded by Drama

Mulai dari Rp 35.000,00

TipePowder
Isi8 gram
Varian01, 02, dan 03
Keterangan tambahanTidak ada
1

FocallureBlush & Highlight Makeup Palette

Mulai dari Rp 115.000,00

TipePowder
Isi10,5 gram
Varian1, 2, dan 3
Keterangan tambahan3 in 1 product, dilengkapi blush on dan contour

Tabel perbandingan produk highlighter terbaik

Gambar produk
1
Focallure Blush & Highlight Makeup Palette 1

Focallure

2
Madame Gie Highlighter Blinded by Drama 1

Madame Gie

3
Make Over Riche Glow Face Highlighter  1

Make Over

4
Y.O.U Colorland Focus On Me Highlighter 1

Y.O.U

5
Mineral Botanica Highlight and Contour Stick 1

Mineral Botanica

6
Wardah Exclusive Glowing Highlighter 1

Wardah

7
Emina Cheek Lit Highlighter Stick Nudetwinkle 1

Emina

8
Wet n Wild Beauty MegaGlo Highlighting Powder 1

Wet n Wild Beauty

9
Luxcrime Ultra Highlighter 1

Luxcrime

10
Mad for Makeup Dot Dot Glow Liquid Highlighter 1

Mad for Makeup

Nama produk

Blush & Highlight Makeup Palette

Highlighter Blinded by Drama

Riche Glow Face Highlighter

Colorland Focus On Me Highlighter

Highlight and Contour Stick

Exclusive Glowing Highlighter

Cheek Lit Highlighter Stick Nudetwinkle

MegaGlo Highlighting Powder

Ultra Highlighter

Dot Dot Glow Liquid Highlighter

Keunggulan

Hemat, tiga produk sekaligus hanya dalam satu kemasan!

Kombinasi warna natural dan partikel shimmer hasilkan kilau alami

Wajah cantik berkilau hanya dengan sekali swatch

Dengan kilau bak berlian, bersiaplah jadi pusat perhatian

Praktis, highlighter dan contour dalam satu kemasan!

Wajah glowing dan flawless natural sepanjang hari

Stick highlighter dengan tekstur creamy to powdery yang mudah dibaurkan

Pigmen micro-fine pearl untuk tampil berseri sepanjang hari

Memberi kesan dewy yang cantik dengan empat shade pilihan

Tidak hanya berkilau, wajah jadi lembap berkat ekstra hyaluronic acid

Harga mulai dariRp 115.000,00Rp 35.000,00Rp 169.000,00Rp 42.000,00Rp 89.900,00Rp 69.500,00Rp 55.000,00Rp 83.000,00Rp 139.000,00Rp 99.000,00
TipePowderPowderPowderPowderStikPowderStickPowderPowderLiquid
Isi10,5 gram8 gram13 gram2,2 gram2,2 gram6,5 gram7 gram5,4 gram7,5 gram12 ml
Varian1, 2, dan 301, 02, dan 03Universal dengan warna dasar champagneStreamer, Milky Way, dan FirmamentLatte Caramel, Corn Flake Cream Cookies, Butter Milk MochaWarna universal dengan nuansa champagneNudetwinkleBlossom Glow, Precious Petals, Crown of My Canopy, Royal Calyx, Golden Flower Crown, Bloom Time, Awesome BlossomStardust, Milky Way, Thunderstorm, PegasusLa La Lights, The Greatest Goldman, La Vie En Rose
Keterangan tambahan3 in 1 product, dilengkapi blush on dan contourTidak adaCocok untuk semua warna kulit, dilengkapi cerminCocok untuk semua jenis kulitDilengkapi contourCocok untuk semua jenis dan warna kulit, dilengkapi cermin dan brushCocok untuk semua jenis dan warna kulitAman untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitifDilengkapi cerminCocok untuk kulit kering, dilengkapi aplikator
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar highlighter

Pertanyaan umum seputar highlighter

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar highlighter. Jika Anda masih penasaran dengan highlighter, simak jawabannya di bawah ini!

Apakah highlighter dan illuminator sama?

Meski keduanya dapat memberikan kesan glowing pada wajah, highlighter dan illuminator adalah dua produk yang berbeda. Highlighter digunakan untuk menonjolkan fitur wajah. Untuk itu, highlighter hanya diaplikasikan di area wajah tertentu, seperti hidung, tulang pipi, dahi, dan dagu. Sementara itu, illuminator diaplikasikan di seluruh wajah untuk memberikan kesan wajah yang sehat dan berkilau.

Jika kehabisan highlighter, bisa diganti dengan apa?

Jika kehabisan stok highlighter, Anda bisa menjadikan produk makeup lain sebagai penggantinya. Anda bisa menggunakan eyeliner berwarna putih, eyeshadow palette yang memiliki shimmer, dan concealer berwarna cerah. Selain itu, lip balm, lip gloss, dan lip cream berwarna metalik juga bisa anda gunakan sebagai highlighter jika kepepet.

Brush apa yang digunakan untuk mengaplikasikan highlighter?

Setiap area wajah membutuhkan brush yang tepat untuk mengaplikasikan highlighter. Untuk area pipi dan dahi, Anda bisa mengaplikasikan highlighter menggunakan buffing brush. Untuk area hidung, atas alis, dan bawah alis, gunakan brush rata yang biasanya dipakai untuk mengaplikasikan concealer. Selanjutnya, Anda bisa menggunakan brush siku untuk area cheekbones.

Tips menggunakan highlighter

Penggunaan highlighter membantu menonjolkan fitur wajah Anda menjadi lebih berdimensi dan bercahaya. Namun, apakah Anda sudah mengetahui cara menggunakan highlighter yang tepat? Berikut kami berikan tips menggunakan highlighter sebagai panduan, terutama bagi Anda yang masih pemula.

Aplikasikan highlighter sebelum foundation dan blush on

Aplikasikan highlighter sebelum foundation dan blush on

Menggunakan foundation sebelum highlighter memang membantu menyembunyikan kekurangan di wajah dan mencerahkan kulit. Namun, Anda bisa mencoba trik baru dengan mengaplikasikan highlighter terlebih dahulu. Cara ini akan membua makeup terlihat lebih glowing alami. Anda juga bisa mengaplikasikan highlighter sebelum blush on untuk mendapatkan riasan dengan kesan berkilau dari dalam.

Pulaskan bedak tabur setelah mengaplikasikan highlighter

Pulaskan bedak tabur setelah mengaplikasikan highlighter

Setelah mengaplikasikan highlighter, kunci formulanya menggunakan bedak tabur. Dengan memulaskan bedak tabur di atas highlighter, Anda akan mendapatkan hasil riasan yang lebih tahan lama. Tidak hanya itu, kulit Anda juga akan terlihat lebih smooth.

Gunakan aplikator yang tepat untuk mengaplikasikan highlighter

Gunakan aplikator yang tepat untuk mengaplikasikan highlighter

Beda jenis highlighter, berbeda pula aplikator yang harus Anda gunakan. Untuk mengaplikasikan powder highlighter, Anda bisa menggunakan brush atau kuas berbulu lembut. Sementara itu, Anda bisa mengandalkan sponge untuk liquid highlighter agar bisa tersebar dan terserap kulit dengan baik.

Aplikasikan highlighter seperlunya

Aplikasikan highlighter seperlunya

Jangan berlebihan, Anda cukup mengaplikasikan highlighter seperlunya. Highlighter digunakan untuk memberikan kilau alami agar wajah terlihat glowing dan segar. Menggunakan highlighter yang terlalu tebal justru akan merusak tampilan Anda. Riasan yang dihasilkan justru terlihat tidak alami dan wajah Anda akan terlihat kusam.

Baca juga rekomendasi produk highlighter lainnya di sini

Nah, bagaimana pendapat Anda tentang pembahasan highlighter kali ini? Jika Anda tertarik untuk membaca ulasan kami terkait highlighter lainnya, silakan klik tautan berikut. Semoga Anda bisa menemukan produk yang paling sesuai untuk digunakan, ya!

Kesimpulan

Penggunaan highlighter dapat membuat wajah Anda lebih berdimensi dan terlihat bercahaya. Anda dapat menemukan berbagai merek dan tipe highlighter di pasaran. Pilihlah tipe highlighter yang paling sesuai dengan jenis dan warna kulit Anda.


Semoga setelah membaca ulasan di atas, Anda bisa memilih produk yang tepat untuk tampil bersinar. Siap mencuri perhatian dengan riasan glowing? Selamat memilih highlighter idaman!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Cushion Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cushion Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Belakangan ini, popularitas cushion makin menanjak di kalangan pengguna makeup. Merek lokal pun tak ingin ketinggalan tren dengan turut memproduksi cushion yang bagus. Selain berkualitas internasional, cushion lokal juga disesuaikan dengan jenis kulit dan warna kulit orang Indonesia. Ada cushion untuk kulit berminyak, kulit kering, dan kulit sensitif.Kami akan memberikan tips untuk memilih cushion lokal beserta sepuluh rekomendasi produk terbaiknya. Anda akan menemukan produk dari Pixy Cosmetics, Somethinc, dan Make Over. Tentu semua produk rekomendasi sudah mengantongi izin BPOM sehingga pasti aman digunakan. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Makeup wajah
  • 10 Bedak Tabur Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bedak Tabur Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Loose powder atau bedak tabur dapat digunakan untuk menyempurnakan riasan Anda. Wajah akan tampak glowing dan makeup pun lebih tahan lama. Bedak tabur juga bisa mengontrol sebum pada kulit berminyak. Namun, banyaknya produk bedak tabur yang beredar mungkin akan membingungkan Anda. Di artikel ini, Anda akan menemukan tips memilih beserta rekomendasi produk bedak tabur yang bagus. Di dalamnya terdapat sepuluh merek bedak tabur terbaik, seperti Wardah, Emina, Make Over, dan Marcks. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Teh Dini. Yuk, temukan bedak tabur yang tepat untuk tampil flawless!
    Makeup wajah
  • 10 Bedak Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bedak Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda memiliki tipe kulit berminyak? Jika iya, Anda harus jeli dalam memilih produk makeup, termasuk bedak. Bedak yang salah akan membuat wajah makin berminyak sehingga rentan menimbulkan beruntusan, komedo, dan jerawat. Lantas, bagaimana cara memilih bedak yang tepat untuk kulit berminyak?Anda akan menemukan jawabannya dalam artikel ini. Di artikel ini, kami memaparkan cara memilih bedak yang bagus. Kami juga memberikan rekomendasi merek bedak terbaik untuk kulit berminyak yang bisa digunakan usia remaja hingga dewasa. Artikel ini sudah ditinjau oleh beauty blogger kami, Cut Auzola.
    Makeup wajah
  • 10 Makeup Primer Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Makeup Primer Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Sayang sekali jika Anda menggunakan makeup tanpa melengkapinya dengan primer. Primer makeup adalah salah satu produk kecantikan yang dapat membuat makeup lebih tahan lama. Selain itu, primer juga dapat membuat kulit Anda tampak lebih halus sehingga makeup akan terlihat lebih menyatu.Supaya Anda bisa mendapatkan primer yang bagus, kami akan membahasnya secara detail di artikel ini. Anda pun dapat membaca tips tambahan dari beauty content creator, Citta Farenty. Temukan juga rekomendasi primer terbaik dari berbagai merek, seperti Pixy, Maybelline, Heimish, dan lainnya. Langsung saja, ya!
    Makeup wajah
  • 10 Cushion Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cushion Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki kulit wajah yang tampak segar sepanjang hari akan sulit dicapai jika kulit berminyak dan berjerawat. Untuk mengatasinya, Anda perlu berhati-hati memilih kosmetik, termasuk dalam memilih cushion. Pastikan Anda memilih cushion yang diformulasi khusus untuk kulit berminyak.Di artikel ini, Anda akan menemukan rekomendasi produk cushion yang bagus untuk kulit berminyak. Kami juga akan mengulas cushion dari berbagai merek, seperti Make Over, Maybelline, Laneige, atau Wardah. Baca juga tips tambahan dari beauty content creator, Citta Farenty. Temukan cushion terbaik untuk Anda dan nikmati tampilan flawless setiap harinya! 
    Makeup wajah
  • 10 BB Cream Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 BB Cream Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    BB cream adalah salah satu produk kecantikan asal Korea yang booming di seluruh dunia. Coverage BB cream yang apik sekaligus tidak berlebihan membuatnya dapat menghasilkan riasan natural. Karena itu, banyak orang menggunakan BB cream sebagai pengganti foundation.Ada beragam merek BB cream yang bagus, seperti Wardah, Emina, hingga Y.O.U. Kami akan membagikan tips memilih BB cream terbaik serta merekomendasi beberapa produknya. Ada yang produksi lokal hingga asli dari Korea. BB cream untuk remaja dan untuk kulit berminyak pun ada. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Renata Aprianti.
    Makeup wajah
  • 10 Rekomendasi Powder Blush Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Powder Blush Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Powder blush merupakan salah satu tipe blush on yang mungkin paling sering Anda jumpai di pasaran. Anda dapat menemukan produk powder blush dari berbagai merek dengan pilihan shades yang bervariasi pula. Tak hanya mudah ditemukan, powder blush juga mudah digunakan oleh pemula.   Jika Anda masih bingung dalam memilihnya, simak saja tips memilih powder blush dari kami. Tak hanya tips memilih, kami juga akan memberikan rekomendasi produk powder blush terbaik. Anda dapat menemukan powder blush dari berbagai merek yang bagus, seperti Emina, Make Over, juga Maybelline. Baca sampai selesai, ya.
    Makeup wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori