1. TOP
  2. >
  3. Interior & furnitur
  4. >
  5. Kamar tidur
  6. >
  7. 10 Merk Sprei Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Merk Sprei Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Merk Sprei Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Merk Sprei Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Merk Sprei Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Merk Sprei Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Merk Sprei Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Kasur dengan sprei yang nyaman bisa membuat tidur jadi lebih nyenyak. Dengan sprei yang bahannya lembut serta motifnya serasi dengan interior kamar, kualitas tidur pun tentu meningkat. Jadi, saat bangun keesokan harinya, Anda akan makin semangat untuk beraktivitas.


Ada banyak merek sprei yang bagus di pasaran, seperti My Love, Kintakun, hingga California. Di artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi dan review sprei terbaik, dari yang adem sampai yang waterproof. Sprei rekomendasi kami hadir dengan berbagai pilihan harga dari banyak merek lokal. Namun, sebelumnya, simak dahulu cara memilihnya berikut ini!

Diperbaharui 07-28-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih sprei

Demi mendapatkan kualitas tidur yang baik, jangan asal memilih seprai. Agar Anda mendapatkan seprai yang tepat, perhatikanlah beberapa panduan di bawah ini.

① Sesuaikan dengan ukuran kasur Anda

Sesuaikan dengan ukuran kasur Anda

Hal pertama yang harus diperhatikan saat memilih seprai adalah mengetahui ukuran kasur. Pilihlah seprai yang sesuai dengan ukuran kasur, baik itu panjang, lebar, ataupun tingginya. Sering kali, orang hanya memperhatikan panjang dan lebar kasurnya saja, padahal tinggi kasur juga perlu dipertimbangkan.


Salah memilih akan membuat seprai tidak bisa dipasang dengan pas di kasur. Tinggi seprai yang tidak sesuai dengan tinggi kasur, misal terlalu pendek, membuat seprai jadi mudah lepas. Untuk itu, ukurlah dahulu kasur Anda, lalu carilah seprai dengan ukuran yang sesuai.


Selain melihat tinggi seprai, cek pula kesediaan peruntukan seprai dengan jenis kasur di rumah. Berikut beberapa jenis ukuran kasur yang banyak dipakai oleh masyarakat:


  • Kasur single berukuran 100 cm x 200 cm
  • Kasur queen berukuran 160 cm x 200 cm
  • Kasur king berukuran 180 cm x 200 cm
  • Kasur super king berukuran 200 cm x 200 cm

② Perhatikan letak pemasangan karet pada sprei

Banyak seprai telah dilengkapi karet agar terpasang dengan lebih rapi. Ada seprai yang memiliki karet hanya pada bagian sudutnya, ada juga yang dipasang karet pada sekelilingnya. Apa perbedaannya?

Sprei karet keliling: Fit-in di kasur dan tidak mudah lepas

Sprei karet keliling: Fit-in di kasur dan tidak mudah lepas

Apakah Anda sering kesal karena seprai mudah sekali lepas? Jika iya, Anda membutuhkan seprai dengan karet keliling. Seprai model ini lebih fit-in di kasur serta tidak mudah lepas.


Cara memasangnya mungkin agak merepotkan karena Anda harus sedikit mengangkat kasur untuk memasukkan karet di bawahnya. Akan tetapi, usaha tersebut sebanding dengan hasilnya. Seprai Anda tidak bakal mudah lepas sehingga tidur pun tak akan terganggu.

Sprei karet sudut: Lebih mudah dipasang

Sprei karet sudut: Lebih mudah dipasang

Memasang seprai mungkin adalah pekerjaan yang sedikit merepotkan, terlebih jika kasur Anda mepet dengan dinding. Untuk lebih memudahkan, Anda dapat menggunakan seprai yang hanya menggunakan karet pada bagian sudut-sudutnya.


Cara memasang seprai ini relatif lebih mudah. Anda hanya perlu menarik seprei ke tiap sudut kasur, lalu memasukkan karetnya ke bagian bawah kasur. Sayangnya, lama-kelamaan karet di sudut seprai bisa melar sehingga berisiko membuat seprai jadi mudah lepas dari kasur.

③ Tentukan bahan sprei

Tentukan bahan sprei

Seprai yang nyaman sangat dipengaruhi oleh bahannya. Pastikan Anda telah mengetahui bahan seprai sebelum memutuskan membeli suatu produk. Anda bisa membaca keterangan produk secara detail untuk mengetahui bahan seprai tersebut.


Terdapat beberapa bahan seprai yang nyaman digunakan, seperti katun Korea, katun Jepang, sutra (silk), microtex, tencel, dan twill atau katun cina. Di bawah ini, kami akan menjelaskan karakteristik dari beberapa bahan:


  • Katun Jepang, bahan ini memiliki kandungan katun hingga mencapai 95% sehingga terasa sangat lembut dan dingin. Daya serapnya pun tinggi. Jadi, sangat nyaman dipakai beristirahat.
  • Microtex, terbuat dari serat polyester. Bahan ini memiliki kerapatan tinggi dan serat yang lembut. Kelebihan bahan ini adalah lebih tahan lama, tidak luntur, dan tidak berbulu.
  • Tencel, bahan ini mengandung 100% katun dan merupakan jenis katun terbaik dari Eropa. Teksturnya lebih tebal dan terasa dingin saat digunakan.

④ Pertimbangkan sprei waterproof agar kasur tidak mudah basah

Pertimbangkan sprei waterproof agar kasur tidak mudah basah

Seprai waterproof adalah seprai yang kedap air sehingga cairan di permukaannya tidak akan tembus ke kasur. Bila Anda memiliki anak yang masih sering mengompol, seprai waterproof tentu akan menjadi pelindung bagi kasur.


Seprai ini memiliki kandungan serat alami yang lembut dan adem saat disentuh. Selain itu, seprai waterproof umumnya mengandung zinc yang dapat mencegah tumbuhnya bakteri penyebab bau tak sedap dan bekas noda.


Sebagian besar seprai waterproof bisa tahan cairan hingga setara dengan 6 gelas air. Dengan memakai seprai ini, Anda tidak perlu khawatir kasur akan lembap. Kasur Anda akan bebas basah sehingga lebih nyaman dan aman untuk kesehatan.

⑤ Sesuaikan motif sprei dengan penggunanya

Sesuaikan motif sprei dengan penggunanya

Motif seprai yang indah dapat membuat Anda lebih menikmati jam-jam istirahat. Ada banyak motif seprai yang bisa dipilih. Jangan lupa untuk selalu menyesuaikan pilihan motif seprai dengan penggunanya. Untuk anak-anak, Anda bisa memilihkan motif kartun lucu atau karakter favoritnya.


Sementara untuk kasur orang dewasa, Anda dapat memakai seprai motif 3D atau garis-garis. Selain itu, ada juga seprai motif bunga yang banyak digunakan pada kasur keluarga.


Ruangan kamar juga bisa jadi pertimbangan dalam memilih motif seprai. Untuk kamar yang kecil, sebaiknya jangan pilih motif yang besar-besar karena justru akan membuat kamar terasa makin sempit. Anda dapat memilih motif yang kecil-kecil atau garis-garis untuk mendapat kesan kamar yang lebih lapang.

⑥ Pilih warna sprei yang sesuai dengan interior kamar

Pilih warna sprei yang sesuai dengan interior kamar

Pilihan warna seprai bisa disesuaikan dengan interior kamar Anda. Berikut ini adalah panduan yang bisa Anda jadikan referensi.


  • Untuk konsep interior vintage, warna-warna lembut bisa jadi pilihan, seperti pastel, cokelat, atau pink muda.
  • Untuk konsep interior minimalis, Anda bisa memilih warna netral, seperti abu-abu atau putih.
  • Untuk konsep kamar anak, Anda bisa memilih warna-warna lembut yang ceria, seperti pink muda, biru muda, atau kuning muda.

Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan pilihan warna yang bisa meningkatkan kualitas tidur. Berikut ini adalah contohnya.


  • Warna putih bisa memberikan ketenangan, meredakan stres, dan menyegarkan pikiran.
  • Warna biru yang sejuk bisa membuat Anda cepat mengantuk dan tertidur.
  • Warna abu-abu bisa memberikan kesan adem dan nyaman.

⑦ Pertimbangkan sprei beraksen rumbai untuk mendapatkan kesan vintage

Desain dan nuansa vintage saat ini sedang digemari oleh banyak orang, mungkin termasuk Anda. Memasang seprai dengan aksen rumbai akan bisa menambah nuansa vintage di kamar Anda.


Rumbai-rumbai yang mengelilingi kasur akan terlihat cantik dan membuat Anda merasa nyaman di tempat tidur. Agar tampilannya makin terlihat cantik, akan lebih baik bila kasur berumbai Anda diletakkan di tengah ruangan, bukan dipepetkan ke dinding.

⑧ Miliki beberapa motif sprei yang berbeda untuk mengganti suasana

Miliki beberapa motif sprei yang berbeda untuk mengganti suasana

Umumnya, setiap orang memiliki lebih dari satu seprai. Agar Anda tidak mudah bosan, sebaiknya Anda memiliki seprai yang motifnya beragam. Perubahan motif seprai bisa menjadi cara yang mudah untuk mengganti suasana dalam kamar. Setidaknya, milikilah dua model seprai yang berbeda, bisa berbeda motif atau warna.

10 Rekomendasi sprei terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk seprai terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Bonita

Disperse Flower Collection - Red Rose

Bonita Disperse Flower Collection - Red Rose 1枚目

Dari merek populer yang menjadi andalan masyarakat

2

Kintakun

Sprei Set Kirana Kids - Bimala

Kintakun Sprei Set Kirana Kids - Bimala 1枚目

Anak mudah terlelap berkat teknologi penyerap keringat

3

XXMake

Sprei Rumbai - Pola Bulu Putih 01

XXMake Sprei Rumbai  - Pola Bulu Putih 01  1枚目

Sprei beraksen rumbai dengan kesan yang kalem

4

Monalisa

Sprei Waterproof Polos

Monalisa Sprei Waterproof Polos 1枚目

Waterproof bahannya, kena ompol tak lagi masalah!

5

Big Collection

California Megumi Sprei Single Fitted Bugs Bunny

Big Collection California Megumi  Sprei Single Fitted Bugs Bunny 1枚目

Semarakkan kamar anak dengan karakter Bugs Bunny

6

Internal Tekstil

Lady Rose Sprei Peter

Internal Tekstil Lady Rose Sprei Peter 1枚目

Dibuat dengan teknik khusus agar sprei terasa lembut

7

Adizas

Sprei Resleting Sarung Kasur - Square dan Trapeze

Adizas Sprei Resleting Sarung Kasur - Square dan Trapeze 1枚目

Beda dari yang lain dengan adanya ritsleting

8

My Love

Sprei Botanic

My Love Sprei Botanic 1枚目

Berikan sensasi menenangkan dengan warna dan corak tumbuhan

9

Soulmate

Sprei Katun Jepang Polos

Soulmate Sprei Katun Jepang Polos 1枚目

Dijamin nyaman dengan bahan katun Jepang

10

Soulmate

Sprei Bedcover Tencel Sutra Organic Polos

Soulmate Sprei Bedcover Tencel Sutra Organic Polos 1枚目

Sprei premium dengan bahan Tencel

Perincian produk
Close
No.1

BonitaDisperse Flower Collection - Red Rose

Mulai dari Rp85.000,00

Dari merek populer yang menjadi andalan masyarakat

Kelebihan:

  • Laris dan populer yang mengindikasikan bahwa produk disukai banyak masyarakat
  • Relatif terjangkau daripada beberapa merek seprai lain

Kekurangan:

  • Diperlukan peningkatan quality control menurut beberapa ulasan

Bonita menjadi salah satu merek seprai lokal terlaris di pasaran. Dengan larisnya seprai Bonita, kualitasnya memang diakui oleh banyak pemakai. Bonita juga menawarkan banyak pilihan motif, termasuk motif bunga dalam Flower Collection.


Varian Red Roses-nya menjadi rekomendasi kami jika Anda menyukai bunga mawar. Namun, jika menyukai motif lain, Bonita pun menawarkan banyak polihan. Produk Bonita juga wajib dikoleksi jika Anda mencari pilihan seprai murah.

No.2

KintakunSprei Set Kirana Kids - Bimala

Mulai dari Rp175.000,00

Anak mudah terlelap berkat teknologi penyerap keringat

Kelebihan:

  • Memiliki teknologi Hi-Breath untuk menyerap keringat
  • Diklaim antigerah dan lembut
  • Diklaim tidak luntur

Kekurangan:

  • Kesesuaian warna asli dengan foto perlu diperhatikan menurut beberapa review


Jika Anda masih mencari seprai untuk anak, Kintakun pun menawarkan beragam produk dengan berbagai motif. Salah satu motif yang bisa menjadi pilihan adalah Bimala. Motif ini menampilkan beruang yang tertidur lelap di atas awan. Dijamin, si kecil pun akan tidur nyenyak ditemani oleh beruang lucu ini.


Bicara soal fitur, Kintakun menjagokan teknologi Hi-Breath pada seprai koleksi D'Luxe ini. Teknologi ini diklaim dapat menyerap keringat dengan cepat. Dengan begitu, anak pun akan tidur dengan nyaman. Seprai ini juga diklaim lembut, antigerah, dan tidak luntur.

No.3

XXMakeSprei Rumbai - Pola Bulu Putih 01

Mulai dari Rp133.500,00

Sprei beraksen rumbai dengan kesan yang kalem

Kelebihan:

  • Diklaim lembut dan nyaman
  • Proses produksi diklaim ramah lingkungan
  • Motif dipuji cantik

Kekurangan:

  • Bahan dikeluhkan agak tipis menurut beberapa ulasan

Seprai berumbai masih menjadi favorit banyak masyarakat berkat kesan vintage-nya. Jika Anda juga menyukai seprai beraksen rumbai, produk XXMake ini bisa dipilih. Harganya dianggap murah, tetapi tetap mendapat banyak pujian dari pembeli sebelumnya.


XXMake menawarkan banyak motif untuk seprai dengan aksen rumbai ini. Untuk Anda yang menyukai seprai bernuansa kalem, pola Bulu Putih ini bisa dipertimbangkan. Namun, tenang saja. Ada banyak pilihan motif lain yang bisa Anda pilih sesuai selera.

No.4

MonalisaSprei Waterproof Polos

Mulai dari Rp97.000,00

Waterproof bahannya, kena ompol tak lagi masalah!

Kelebihan:

  • Menjadi merek populer untuk kategori seprai waterproof
  • Tersedia dalam pilihan warna dan ukuran kasur

Kekurangan:

  • Beberapa pemakai bertestimoni bahwa bahan seprai cukup tipis
  • Belum memiliki toko resmi sehingga harus jeli untuk menemukan barang yang asli

Adakalanya, anak masih mengompol di usia belianya. Dengan begitu, Anda tentu memerlukan seprai waterproof atau kedap air. Seprai Monalisa pun menjadi pilihan untuk seprai antiompol. Beberapa pemakai membuktikan seprai Monalisa cukup ampuh daya kedap airnya.


Seprai Monalisa juga bisa dipilih jika Anda mencari seprai polos. Pilihan warnanya pun beragam, mulai dari putih, nuansa biru, merah muda, dan warna lainnya. Dengan warna seprai yang sepadan dengan nuansa kamar, Anda pun akan lebih nyaman!

No.5

Big CollectionCalifornia Megumi Sprei Single Fitted Bugs Bunny

Mulai dari Rp112.050,00

Semarakkan kamar anak dengan karakter Bugs Bunny

Kelebihan:

  • Diklaim tidak luntur
  • Warna yang cerah untuk kamar anak
  • Diklaim lembut yang diproses dengan teknologi disperse print

Kekurangan:

  • Diperlukan peningkatan quality control menurut ulasan pemakai

Tak peduli zaman berganti, kartun Looney Tunes selalu menjadi favorit anak-anak. Bugs Bunny sebagai salah satu karakternya pun sangat melegenda. Jika Anda mencari seprai anak-anak yang lucu, produk California bermotif Bugs Bunny ini menjadi pilihan.


Motif tersebut diproduksi dengan teknik disperse print. Dengan begitu, seprainya diklaim lembut saat dipakai. California sebagai merek populer juga mengeklaim produk mereka tidak berbulu dan tidak luntur. Hadir dengan warna yang cerah, seprai ini dijamin akan membuat kamar anak lebih semarak.

No.6

Internal TekstilLady Rose Sprei Peter

Mulai dari Rp252.000,00

Dibuat dengan teknik khusus agar sprei terasa lembut

Kelebihan:

  • Tidak luntur
  • Tidak cepat pudar
  • Tidak kusut

Kekurangan:

  • Ada reviewer yang berpendapat bahan terasa panas

Seprai dari Lady Rose cukup banyak dicari oleh masyarakat. Salah satu produk rekomendasi kami adalah seprai motif Peter. Dengan nuansa abu-abu dan motif belah ketupat, seprai ini dapat menjadi alternatif yang menarik bagi kamar Anda.


Namun, kelebihan utama produk ini ada pada materialnya. Lady Rose memproduksi seprai ini dengan teknik disperse. Teknik tersebut diklaim membuat tekstur seprai menjadi sangat lembut. Selain itu, Lady Rose juga mengeklaim produk ini antiluntur, tidak cepat pudar, dan tidak mudah kusut.

No.7

AdizasSprei Resleting Sarung Kasur - Square dan Trapeze

Mulai dari Rp67.000,00

Beda dari yang lain dengan adanya ritsleting

Kelebihan:

  • Dilengkapi ritsleting
  • Diklaim nyaman di kulit dan tidak berbulu
  • Murah daripada banyak seprai bermerek lainnya

Kekurangan:

  • Diperlukan peningkatan quality control menurut beberapa ulasan

Seprai dari Adizas ini berbeda dari yang lain. Sesuai namanya, seprai ini memiliki ritsleting. Memasangkannya pada kasur tentu memberikan pengalaman berbeda daripada seprai karet. Risiko seprai kusut pun jadi berkurang setelah terpasang.


Selain memiliki ritsleting, produk ini juga sangat murah. Anda bahkan bisa membelinya mulai dari 67 ribu rupiah di toko resminya. Dengan harga dan fiturnya tersebut, seprai kotak-kotak ini bisa dipilih jika Anda mencari alas kasur murah yang bagus.

No.8

Berikan sensasi menenangkan dengan warna dan corak tumbuhan

Kelebihan:

  • Memiliki kerapatan benang 200 TC

Kekurangan:

  • Kelembutan seprai perlu ditingkatkan menurut beberapa review

Jika Anda menyukai seprai motif tumbuhan, seprai My Love ini bisa dipertimbangkan. Motif varian ini memberikan sensasi menenangkan dengan corak bunga dan dedaunan. Perpaduan warnanya juga menguatkan kesan alam pada seprai ini.


Selain motif, daya tarik seprai ini juga terletak pada kerapatan benangnya. My Love mengeklaim produk ini memiliki kerapatan benang hingga 200 TC (thread count). TC merujuk pada jumlah benang dalam inci persegi yang memanjang maupun melintang pada kain. 200 TC terbilang ideal untuk seprai bagi pemakaian di negara tropis.

No.9

SoulmateSprei Katun Jepang Polos

Mulai dari Rp330.000,00

Dijamin nyaman dengan bahan katun Jepang

Kelebihan:

  • Dari bahan katun jepang yang dikenal sangat nyaman
  • Tidak berbulu
  • Hadir dalam beberapa pilihan warna

Kekurangan:

  • Harga lebih mahal daripada beberapa produk lain

Jika mencari seprai yang dijamin nyaman, produk dengan bahan katun Jepang wajib menjadi pertimbangan. Bahan inilah yang dipakai oleh Soulmate pada produk ini.


Melalui seprai ini, Soulmate menjanjikan kemewahan ala hotel. Bahannya diklaim halus dan tidak berbulu sehingga nyaman saat dipakai. Selain berbahan premium, produk ini juga bisa dipilih jika Anda membutuhkan seprai polos.

No.10

SoulmateSprei Bedcover Tencel Sutra Organic Polos

Mulai dari Rp500.000,00

Sprei premium dengan bahan Tencel

Kelebihan:

  • Berbahan Tencel yang diklaim menjadi salah satu material ternyaman
  • Diklaim tidak berbulu
  • Dingin dan lembut (dibuktikan oleh beberapa review)

Kekurangan:

  • Harga cukup mahal dibandingkan dengan beberapa produk dari bahan lain

Mencari seprai dengan bahan Tencel mungkin sedikit sulit. Salah satu pilihan pas yang bisa Anda pertimbangkan seprai dari Soulmate. Dengan bahan Tencel yang dikenal bagus, seprai ini akan menawarkan kenyamanan luar biasa saat tidur.


Soulmate juga memberikan beragam opsi warna pada seprai polos ini. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikannya berdasarkan selera dan warna dinding kamar. Seprai polos ini juga tersedia untuk beragam tipe ukuran kasur.

Baca juga rekomendasi produk perlengkapan tidur lainnya di sini

Tidak hanya seprai yang bisa membuat Anda tidur dengan nyenyak. Supaya tidur berkualitas, Anda juga membutuhkan beberapa produk lain, terutama bed cover dan kasur yang nyaman. Jika Anda ingin mencari tahu mengenai produk-produk tersebut, bacalah tautan-tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Tidur dengan nyenyak adalah kebutuhan setiap orang. Selain penting untuk kesehatan, tidur nyenyak juga bisa meningkatkan produktivitas keesokan harinya. Karena itu, Anda memerlukan seprai yang dapat membantu Anda tidur nyenyak.


Dalam memilih, perhatikanlah bahan dan ukuran seprai supaya pas dan terasa nyaman. Pilih juga desain yang Anda sukai. Akhir kata, kami telah memberikan beberapa rekomendasi produk seprai yang bisa Anda pilih. Semoga artikel ini dapat membantu!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer