1. TOP
  2. >
  3. Peralatan dapur
  4. >
  5. Peralatan masak
  6. >
  7. 10 Cobek Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Cobek Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Cobek Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Cobek Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Cobek Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Cobek Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Cobek Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2023)

Cobek adalah peralatan dapur yang sering digunakan untuk menghaluskan bumbu masakan. Dibandingkan blender, menghaluskan bumbu masakan nusantara menggunakan cobek terasa lebih sedap dan mantap. Karena itu, peralatan dapur ini masih memiliki posisi spesial di hati masyarakat.


Cobek sangat bervariasi. Ada cobek yang terbuat dari batu asli, kayu jati, tanah liat, keramik, hingga stainless steel. Untuk memudahkan Anda menemukan cobek yang bagus, kami merangkum tips memilih cobek terbaik. Kami juga mengulas macam-macam cobek dari merek IKEA, Aren Handicraft, dan Dekayu. Artikel ini sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari.

Diperbaharui 10-27-2022
Pakar
Chef
Laire Siwi Mentari

Kariernya di dunia kuliner selama 8 tahun membawa Laire menjadi chef dan pemilik restoran Jiwajawi di Yogyakarta. Setelah lulus dari Universitas Indonesia dan IONs Culinary College, Laire bekerja untuk beberapa cafe dan restoran sebagai kepala dapur. Repertoar Laire di antaranya adalah restoran Canting dan Sirjakula. Selain itu, ia juga menjadi konsultan untuk beberapa restoran besar lainnya yang menyajikan menu-menu Nusantara dan interkontinental. Ia sering berkolaborasi dengan beberapa restoran hotel dan mengadakan jamuan makan privat. Saat ini, Laire juga aktif mengajar culinary untuk program CSR PT Djarum.

Profil Laire Siwi Mentari
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Ulil Maulida

Ulil Maulida merupakan seorang culinary enthusiast. Menurutnya, makanan yang enak akan membuat orang bahagia secara instan. Hobi kulineran dan eksplorasi rasa membawanya untuk membangun brand roti dengan ragi alami bersama suaminya yang diberi nama “Rotibati”. Selain itu, dirinya juga memiliki ketertarikan terhadap fragrance atau dunia wewangian. Sama halnya seperti makanan, wewangian juga dapat membangkitkan mood lewat aroma yang dihirup indra penciuman.

Profil Ulil Maulida
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Apa itu cobek?

Apa itu cobek?
Cobek adalah peralatan dapur yang bentuknya menyerupai mangkuk atau piring dan digunakan untuk menghaluskan bumbu masakan. Cobek merupakan alat masak tradisional yang telah ada sejak zaman purbakala. Umumnya, cobek digunakan untuk menumbuk, mengulek, mencampur bahan-bahan. Selain itu, cobek sering dimanfaatkan untuk mengulek sambal atau membuat bumbu rujak.

Di berbagai daerah di Indonesia, penyebutan cobek bervariasi, seperti deplokan, cowet, cowek, dan lain-lain. Sambal yang diulek dengan cobek rasanya jauh lebih enak dan autentik daripada memakai blender.


Agar bisa digunakan menghaluskan bumbu, cobek dilengkapi ulekan. Dengan begitu, cobek dan ulekan adalah satu set peralatan dapur yang tak dapat dipisahkan. Selain untuk menghaluskan bumbu, cobek pun bisa dipakai untuk menghaluskan jamu dan obat-obatan, lho!

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih cobek

Cobek yang dijual di pasaran sangatlah beragam. Karena itu, Anda harus memberikan perhatian ekstra pada saat memilih cobek. Anda pun dituntut memahami karakter dari setiap jenis cobek agar bisa menemukan produk terbaik. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya mempelajari cara memilih cobek terlebih dahulu sebelum membelinya.

① Ketahui macam-macam cobek berdasarkan bahannya

Usut punya usut, cobek dapat dibuat dari berbagai jenis bahan, seperti tanah liat, kayu, batu, dan juga stainless steel! Setiap jenis bahan tentu saja memiliki keunggulan dan kekurangan. Cari tahu detailnya di bawah ini.

Tanah liat: Bergaya vintage dan bisa untuk wadah makanan

Tanah liat: Bergaya vintage dan bisa untuk wadah makanan

Awalnya, cobek hanya dibuat dari bahan tanah liat. Namun, dewasa ini berbagai jenis bahan pun dipakai untuk membuat cobek. Meskipun demikian, cobek tanah liat tetap menjadi favorit karena terlihat vintage dan khas!


Cobek tanah liat rentan mengalami keretakan dan pecah. Partikel tanah liatnya pun mudah terkikis dan bercampur dengan bumbu. Karena mudah pecah, cobek tanah liat umumnya hanya digunakan sebagai wadah penyajian makanan. Cobek tanah liat juga sering digunakan untuk menyajikan lauk-pauk dengan sambal.


Jika Anda ingin menggunakannya untuk mengolah sambal, pastikan untuk menggunakan ulekan berbahan kayu, bukan batu. Cara pengulekannya pun tidak boleh dipukul terlalu keras, melainkan digerus dengan hati-hati. Agar cobek tanah liat tidak mudah pecah, simak tips dari kami di akhir artikel ini.

Batu: Kukuh dan stabil saat dipakai

Batu: Kukuh dan stabil saat dipakai

Anda sedang mencari cobek yang kukuh dan stabil? Cobek batu asli dapat menjadi pilihan yang tepat. Cobek dari bahan ini sangat stabil saat digunakan sehingga bumbu lebih cepat halus. Kekurangan dari bahan ini adalah bobotnya berat. Selain itu, Anda juga harus berhati-hati karena banyak cobek tiruan berbahan semen yang mudah pecah.


Cobek batu paling umum dipakai baik di dapur rumah maupun di dapur pedagang dan resto Indonesia. Namun, jangan sampai Anda tertipu ketika hendak membeli cobek batu, tetapi mendapat cobek berbahan semen. Cobek berbahan semen tentu mudah rusak. Selain itu, cobek semen akan memengaruhi hasil bahan yang diulek karena biasanya akan terdapat bulir serbuk semen yang menempel.


Saat membeli, pastikan permukaan pori batu agak lebar, bobot cobek berat, dan gores sedikit permukaan dengan benda agak tajam. Jika permukaan cobek yang digores berubah keputihan, dapat dipastikan bahwa cobek itu berbahan semen.

Kayu: Ringan dan praktis dibawa

Kayu: Ringan dan praktis dibawa

Cobek kayu mudah berjamur apabila tidak disimpan dengan cara yang tepat. Kejadian tersebut biasanya terjadi pada saat memasuki musim hujan atau ketika suhu sangat lembap dengan cahaya matahari yang minim.


Meskipun begitu, cobek kayu tetap disukai karena memiliki bobot yang ringan, tidak mudah pecah, dan praktis dibawa bepergian. Anda yang suka bepergian dapat membawa cobek dan ulekan kayu dengan memasukkannya ke dalam tas. Jika membeli cobek kayu di online shop, Anda juga tak akan terbebani dengan ongkos kirimnya.


Namun, penggunaan cobek kayu untuk mengolah bahan makanan akan sangat memakan waktu. Hal ini disebabkan oleh permukaannya yang terlalu halus dan bobotnya terlampau ringan. Proses pengulekan memerlukan permukaan yang kasar dan berat agar bahan yang diulek akan hancur dengan mudah.


Perhatikan pula bahan finishing poles kayunya. Pastikan berbahan wax biopolish yang food grade. Jika tidak, akan sangat berbahaya jika mengontaminasi bahan makanan.

Stainless steel: Awet dan higienis

Stainless steel: Awet dan higienis

Jika Anda sangat memperhatikan faktor kebersihan suatu produk, Anda dapat memilih cobek berbahan stainless steel. Cobek ini umumnya dibuat dalam bentuk mangkuk dan digunakan untuk menghaluskan jamu hingga obat-obatan.


Cobek bahan stainless steel bisa dikatakan paling awet dari semua bahan cobek lainnya. Cobek jenis ini sangat mudah dibersihkan karena hampir tidak berpori. Meskipun berat, pengulekan dengan cobek ini akan memakan waktu sedikit lebih lama daripada cobek batu asli. Terlebih jika Anda mengharapkan hasil ulekan yang sangat halus.

Cobek keramik, estetik dan mudah dibersihkan

Cobek keramik, estetik dan mudah dibersihkan

Mirip seperti cobek stainless steel, cobek keramik atau cobek porselen juga kerap dijadikan tempat untuk menghaluskan jamu atau obat-obatan. Permukaan cobek keramik yang tak berpori dan halus membuatnya mudah dibersihkan serta tak gampang berjamur.


Dari segi bentuk, cobek keramik adalah cobek paling estetik dan indah untuk dipajang di dapur. Namun, seperti umumnya bahan keramik, cobek keramik dapat gompal hingga pecah jika terjatuh.

② Perhatikan bentuk cobek sebelum membelinya

Para produsen umumnya membuat cobek berbentuk bulat atau oval. Namun, jika Anda memperhatikan dengan lebih teliti, cobek dengan bentuk menyerupai mangkuk dan cup juga ada. Kira-kira apakah perbedaan dari kedua jenis cobek tersebut?

Bulat/oval: Cocok untuk pemakaian sehari-hari

Anda pasti sering melihat cobek berbentuk bulat atau oval di pasaran. Karena permukaan cobek tidak terlalu dalam, kemungkinan bumbu tercecer jadi lebih besar. Meskipun demikian, Anda masih bisa menggunakannya untuk pemakaian sehari-hari, contohnya membuat sambal atau bumbu ulek.


Kapasitas cobek ini beragam, mulai dari yang kecil hingga yang jumbo. Biasanya, cobek bulat ukuran jumbo terbuat dari bahan batu alam. Jika Anda memerlukan cobek oval atau bulat untuk mengulek banyak bahan sekaligus, silakan pilih yang ukurannya besar.

Mangkok: Bumbu tidak mudah berceceran

Mangkok: Bumbu tidak mudah berceceran

Cobek tipe ini memiliki bentuk menyerupai lumpang atau cup yang dalam. Alhasil, bumbu tidak akan berceceran saat dihaluskan. Kelebihan tersebut membuat cobek jenis ini sangat cocok digunakan untuk menghaluskan banyak bumbu.


Selain itu, penggunaan cobek berbentuk mangkuk juga mempercepat proses penghalusan. Bahan akan terkumpul di satu titik dan tidak melebar ke samping seperti cobek yang berbentuk piring atau pipih.

③ Pilih ukuran cobek yang sesuai dengan kebutuhan

Pilih ukuran cobek yang sesuai dengan kebutuhan

Sebelum membeli cobek di online shop, pastikan Anda memilih ukuran yang tepat. Pertama-tama, cek terlebih dahulu cobek tersebut akan digunakan untuk apa. Setelah itu, Anda dapat memilih cobek dengan ukuran yang sesuai kebutuhan.


Anda yang tinggal sendiri atau punya space dapur sempit bisa memilih cobek kecil berdiameter di bawah 15 cm. Ukuran yang kecil membuat Anda lebih mudah untuk menyimpannya karena tidak memakan banyak tempat. Cobek kecil juga dapat sekalian dipakai sebagai wadah saji lauk.


Beda cerita jika Anda sudah berkeluarga, silakan memilih cobek berdiameter di atas 15 cm untuk meng-cover kebutuhan sekeluarga. Anda juga dapat memilih cobek dengan diameter di atas 25 cm untuk penggunaan partai besar. Cobek ukuran besar direkomendasikan untuk jamuan acara atau bisnis catering.


Pemilihan ukuran peralatan dapur akan sangat berpengaruh pada sistem penyimpanannya. Sistem penyimpanan sangat penting karena akan menyangkut kebersihan, keawetan, dan kehigienisan.

④ Pertimbangkan cobek berbentuk unik, terlebih jika akan dijadikan hadiah

Pertimbangkan cobek berbentuk unik, terlebih jika akan dijadikan hadiah

Apakah Anda berencana untuk menghadiahi sahabat dengan cobek? Cobek unik berbahan dasar kayu cocok untuk hadiah karena bobotnya ringan. Selain tipe oval dan mangkuk, Anda bisa menemukan cobek bentuk unik yang cocok untuk hadiah. Beberapa cobek berbentuk unik dapat Anda pilih, seperti bentuk karakter dan binatang.


Jika Anda tertarik dengan bentuk yang lain, silakan menghubungi seller langganan dan tanyakan apakah mereka menerima layanan custom atau cobek ukiran. Dengan adanya cobek bentuk unik, Anda tak perlu galau lagi memilih kado untuk teman yang hobi memasak.

10 Rekomendasi cobek terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk cobek terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Laire Siwi Mentari.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Cobek Keramik dan Uleg Keramik Kekinian

 Cobek Keramik dan Uleg Keramik Kekinian  1枚目

Cobek keramik yang estetik dan kekinian

2

Lumpang batu asli + alu penumbuk

 Lumpang batu asli + alu penumbuk 1枚目

Desainnya memudahkan Anda untuk menumbuk bahan dengan lebih cepat dan mudah

3

Kitchen Mart

Cobek Tanah Liat / Coet Tanah Liat Merah

Kitchen Mart Cobek Tanah Liat / Coet Tanah Liat Merah 1枚目

Menguatkan citra masakan khas Indonesia dengan cobek tanah liat

4

Cobek Kecil Bahan Bambu

 Cobek Kecil Bahan Bambu 1枚目

Cobek bambu yang cantik untuk konten home cooking

5

Merapi Stone

Cobek batu asli dan ulekan super magelang

Merapi Stone  Cobek batu asli dan ulekan super magelang 1枚目

Cobek yang terbuat dari batu asli Gunung Merapi

6

Dekayu

Cobek dan Ulekan Kayu Jati

Dekayu Cobek dan Ulekan Kayu Jati 1枚目

Cobek dan ulekan kayu yang bagus ini aman bagi bahan makanan

7

Noer Alam Stone

Cobek Karakter Bunga + Tutup

Noer Alam Stone Cobek Karakter Bunga + Tutup 1枚目

Bentuknya unik dan bisa custom ukir nama juga

8

Aren Handicraft

Satu Set Cobek Kayu Aren Oval 30 cm

Aren Handicraft Satu Set Cobek Kayu Aren Oval 30 cm 1枚目

Cobek kayu aren berdesain eksotis

9

Cobek Stainless

 Cobek Stainless  1枚目

Dilengkapi penutup agar bumbu tak berhamburan

10

IKEA

ÄDELSTEN Cobek dan Ulekan

IKEA ÄDELSTEN Cobek dan Ulekan 1枚目

Desain kekinian untuk pasangan milennials!

Perincian produk
Close
No.1

Cobek Keramik dan Uleg Keramik Kekinian

Mulai dari Rp115.000,00

Cobek keramik yang estetik dan kekinian

Kelebihan:

  • Permukaannya didesain bergerigi agar tidak licin saat mengulek
  • Desainnya estetik, cocok untuk dapur minimalis

Kekurangan:

  • Penyimpanan harus hati-hati karena rawan pecah atau gompal jika terjatuh

Anda yang menyukai warna pastel atau warna earth tone harus melirik produk ini. Cobek ini tampak estetik dan kekinian saat dipajang di area dapur atau ruang makan minimalis.


Bahan keramik memang agak licin dan cukup sulit apabila digunakan untuk menghaluskan bumbu. Karena itu, bagian permukaan cobek ini didesain bergerigi seperti papan cucian. Inovasi tersebut akan membuat proses mengulek bumbu jadi lebih mudah.

No.2

Lumpang batu asli + alu penumbuk

Mulai dari Rp25.000,00

Desainnya memudahkan Anda untuk menumbuk bahan dengan lebih cepat dan mudah

Kelebihan:

  • Kuat dan kukuh
  • Bumbu yang ditumbuk tidak mudah berceceran

Kekurangan:

  • Bobotnya berat, perhatikan ongkos kirim dan keamanan pengemasannya
  • Pada awal pemakaian, ada tekstur berpasir pada dasar cobek (karena proses pembuatan)

Lumpang batu merupakan senjata yang tepat untuk menumbuk rempah dan jamu dengan lebih efisien. Cekungannya yang dalam dan bobotnya yang mantap akan membuat bahan-bahan yang ditumbuk jadi lebih cepat halus.


Sebelum dipakai untuk pertama kali, gunakan cobek untuk mengulek ampas kelapa hingga warnanya berubah kecokelatan. Hal itu bertujuan untuk menghilangkan residu dari proses pemahatan cobek. Setelah cobek benar-benar bersih atau tak ada kesan berpasir, Anda dapat memakainya untuk mengulek bumbu.

No.3

Kitchen MartCobek Tanah Liat / Coet Tanah Liat Merah

Mulai dari Rp8.500,00

Menguatkan citra masakan khas Indonesia dengan cobek tanah liat

Kelebihan:

  • Bisa dijadikan wadah saji di meja makan

Kekurangan:

  • Rawan gompal, retak, atau pecah jika terjatuh
  • Belum termasuk muntu (ulekan)

Penyajian makanan di atas cobek tanah liat mungkin sudah sering Anda lihat di restoran masakan Jawa atau Sunda. Cobek tanah lihat memang sangat ideal untuk mempertegas kesan vintage atau tradisional pada rumah makan khas Indonesia.


Pada produk ini, terdapat empat varian ukuran, dari size S (diameter 14 cm) hingga XL (22 cm). Cobek ukuran paling kecil sangat cocok untuk menghidangkan sambal. Sementara untuk sayur, lalap, atau lauk, Anda dapat memilih ukuran yang lebih besar, seperti ukuran M hingga XL.

No.4

Cobek bambu yang cantik untuk konten home cooking

Kelebihan:

  • Penampilannya estetik dan cantik dipajang
  • Ringan dan handy

Kekurangan:

  • Ukurannya sangat mungil, hanya cocok untuk kapasitas kecil
  • Penyimpanan yang kurang tepat dapat membuatnya rawan berjamur

Jika Anda tipikal orang yang mementingkan visual, cobek bambu ini bisa dipertimbangkan. Dengan tampilannya yang natural, cobek ini akan mempercantik dapur Anda. Jika Anda suka membuat konten home cooking, alat tumbuk ini juga akan menarik di kamera.

 

Perlu diperhatikan, ukuran cobek ini lebih kecil dibandingkan cobek pada umumnya. Dengan demikian, kapasitas untuk menumbuk bahan-bahan pun jadi lebih terbatas.

No.5

Merapi Stone Cobek batu asli dan ulekan super magelang

Mulai dari Rp61.378,00

Cobek yang terbuat dari batu asli Gunung Merapi

Kelebihan:

  • Terbuat dari batu asli Gunung Merapi, dikenal kukuh dan awet
  • Sudah termasuk ulekan

Kekurangan:

  • Bobotnya berat, pertimbangkan ongkirnya
  • Pada awal pemakaian, ada tekstur berpasir pada dasar cobek (karena proses pembuatan)

Cobek asal Magelang ini diklaim terbuat dari 100% batu asli, tanpa campuran semen. Spesifiknya lagi, batu yang digunakan merupakan batu Gunung Merapi yang kualitasnya terkenal sangat baik.


Cobek ini berukuran standar, yakni diameter 20 cm hingga 22 cm. Ukuran ini pas untuk keperluan sehari-hari. Namun, Anda juga dapat memesan ukuran yang lebih besar, misalnya ukuran 30 cm. Ukuran jumbo tersebut ideal untuk Anda yang memiliki usaha kuliner, seperti gado-gado, lotek, pecel, atau ayam geprek.

No.6

DekayuCobek dan Ulekan Kayu Jati

Mulai dari Rp57.000,00

Cobek dan ulekan kayu yang bagus ini aman bagi bahan makanan

Kelebihan:

  • Bahan pelapisnya aman/food grade

Kekurangan:

  • Penyimpanan di tempat lembap dapat menyebabkan produk rawan berjamur
  • Agak licin saat digunakan untuk mengulek bumbu

Cobek kayu memang memiliki motif yang indah, tetapi cobek kayu biasanya diberi finishing yang terbuat dari bahan kimia. Namun, Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut jika menggunakan ulekan dan cobek kayu ini. Produk ini diberi biopolishing water-based food-grades finishing.


Pelapis tersebut dibuat dari beeswax dan natural vegetable oil. Jadi, cobek ini aman jika digunakan untuk menghaluskan bumbu atau bahan makanan lainnya. Bahan pelapis tersebut tidak hanya aman bagi makanan, tetapi juga mampu mencegah oksidasi, jamur, dan pelapukan pada kayu.

No.7

Noer Alam StoneCobek Karakter Bunga + Tutup

Mulai dari Rp120.000,00

Bentuknya unik dan bisa custom ukir nama juga

Kelebihan:

  • Terbuat dari batu asli
  • Bisa ukir nama
  • Jika ada yang rusak/pecah saat pengiriman, seller bersedia mengganti

Kekurangan:

  • Beberapa pembeli mengatakan ada bagian cat yang kurang rata/kurang rapi

Cobek batu yang satu ini cocok untuk para bunda yang menyukai peralatan masak unik. Selain dilengkapi penutup, cobek batu alam asli ini memiliki bentuk yang bervariasi, seperti bunga, hello kitty, unicorn, dan lainnya. Cobek yang bisa dipesan dengan cara pre-order ini juga bisa ditambahkan sentuhan personal berupa ukuran nama Anda. Silakan cantumkan catatan kepada seller untuk request ukir nama, ya.

No.8

Aren HandicraftSatu Set Cobek Kayu Aren Oval 30 cm

Mulai dari Rp40.500,00

Cobek kayu aren berdesain eksotis

Kelebihan:

  • Finishing food grade

Kekurangan:

  • Agak licin saat digunakan
  • Mudah berjamur jika tempat penyimpanannya lembap

Apakah Anda mencari cobek yang tak sebatas fungsional, tetapi juga memiliki fungsi estetis? Coba lirik produk ini. Cobek ini memiliki bentuk oval dan berdesain eksotis! Bahannya terbuat dari kayu aren yang diamplas sampai halus sehingga menghasilkan produk dengan serat kayu yang unik. Dengan membeli satu set, Anda bisa menghemat pengeluaran bulanan dan menggunakannya untuk kebutuhan lain.

No.9

Dilengkapi penutup agar bumbu tak berhamburan

Kelebihan:
  • Dilengkapi penutup agar bumbu tidak berhamburan atau muncrat ke luar
  • Bahan stainless steel SUS 304, antikorosi dan food grade

Kekurangan:

  • Ukurannya mungil, hanya cocok untuk menghaluskan bahan dalam kapasitas kecil

Beberapa bumbu dapur sulit diulek karena teksturnya licin. Selain itu, rempah basah, seperti bawang-bawangan dan cabai, akan mengeluarkan minyak alaminya saat ditumbuk. Jika Anda kurang berhati-hati saat menumbuknya, minyak alaminya dapat menyiprat ke mata atau bagian tubuh lainnya. Dengan cobek yang satu ini, Anda tak perlu mengkhawatirkan hal tersebut.


Cobek stainless steel ini dilengkapi tutup plastik supaya bumbu tidak berhamburan. Tutupnya dapat dipasang dan dilepaskan dengan mudah. Cobek ini juga dapat digunakan untuk menghaluskan obat, lho.

No.10

IKEAÄDELSTEN Cobek dan Ulekan

Mulai dari Rp199.000,00

Desain kekinian untuk pasangan milennials!

Kelebihan:
  • Tampilannya estetik, menarik untuk dipajang di dapur
  • Bentuknya cekung/dalam, bahan yang dihaluskan tak mudah berceceran ke luar


Kekurangan:

  • Bobotnya cukup berat, perhatikan keamanan packing kirim dan ongkosnya


Cobek produksi IKEA ini menjanjikan desain kekinian yang cocok bagi para pasangan millennials. Anda yang baru membeli rumah boleh memilih cobek keren ini untuk melengkapi dapur minimalis Anda. Cobek ini tidak hanya mudah disimpan, tetapi juga didesain khusus sehingga sisi atas dan bawahnya bisa dipakai.

Tips merawat cobek agar lebih tahan lama

Tips merawat cobek agar lebih tahan lama

Cobek termasuk salah satu peralatan dapur yang mampu bertahan lama. Meskipun begitu, cobek bisa saja rusak jika tidak mendapatkan perawatan yang benar. Agar cobek yang ada di dapur dapat bertahan lama, Anda bisa menerapkan tips berikut ini.


  • Cobek batu

Cobek batu memiliki tekstur keras, tetapi Anda sebaiknya tidak menggesekkan cobek dengan ulekan jika tidak ada bumbu di permukaannya. Hal tersebut kemungkinan akan menimbulkan serpihan dan cuilan pada permukaan cobek.


  • Cobek kayu

Selanjutnya, ada cobek kayu. Anda perlu mengelap kering cobek kayu sebelum disimpan dan meletakkannya di tempat kering agar tak mudah lapuk dan berjamur.


  • Cobek tanah liat

Beberapa dari Anda mungkin lebih senang menggunakan cobek tanah liat. Agar cobek tanah liat tidak mudah pecah, Anda sebaiknya tidak menggunakan cobek jenis ini untuk menghaluskan bumbu yang keras. Selain itu, Anda juga harus merendamnya dalam air selama 24 jam, mengeringkannya, dan mengolesinya dengan minyak sayur. Hal tersebut dilakukan agar permukaannya jadi lebih kuat.


Salah satu cara yang dapat dilakukan agar membuat cobek lebih awet adalah sistem penyimpanannya. Jangan simpan cobek dalam lemari atau rak yang lembap yang dapat menimbulkan jamur. Jamur akan dengan sangat mudah mengurangi kualitas bahan cobek dan membuatnya cepat rusak.

Baca juga rekomendasi produk peralatan dapur lainnya di sini

Apakah Anda berencana merenovasi dapur? Anda bisa mempertimbangkan beberapa produk peralatan dapur berikut ini untuk melengkapi koleksi Anda. Mulai dari nampan, talenan, hingga tempat pisau, semuanya dapat Anda beli di online shop. Untuk review lengkapnya silakan baca rekomendasi di bawah ini.

Kesimpulan

Setelah diselisik lebih dalam, ternyata jenis cobek sangatlah beragam dan tersedia untuk berbagai kebutuhan. Bahan yang digunakan juga tidak hanya batu dan kayu, tetapi ada juga cobek yang terbuat dari keramik hingga marmer.


Penjelasan mengenai cara memilih cobek telah kami jabarkan. Kami juga telah merekomendasikan beberapa jenis cobek yang ada di online shop. Sekarang giliran Anda menentukan pilihan dan melakukan check out di toko online favorit Anda. Selamat berbelanja!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer