• 10 Cobek Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Cobek Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Cobek Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Cobek Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Cobek Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Cobek Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)

Cobek adalah peralatan dapur yang sering digunakan untuk menghaluskan bumbu masakan. Dibandingkan blender, menghaluskan bumbu masakan nusantara menggunakan cobek terasa lebih sedap dan mantap. Karena itu, peralatan dapur ini masih memiliki posisi spesial di hati masyarakat.


Cobek sangat bervariasi. Ada cobek yang terbuat dari batu asli, kayu jati, tanah liat, keramik, hingga stainless steel. Untuk memudahkan Anda menemukan cobek yang bagus, kami merangkum tips memilih cobek terbaik. Kami juga mengulas macam-macam cobek dari merek IKEA, Aren Handicraft, dan Dekayu. Artikel ini sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Laire Siwi Mentari
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 30 September 2022
Daftar isi

Profil pakar: Chef dan pemilik restoran, Laire Siwi Mentari

Profil pakar: Chef dan pemilik restoran, Laire Siwi Mentari
Laire Siwi Mentari
Chef
Laire Siwi Mentari

Karirnya di dunia kuliner sejak 8 tahun yang lalu membawa Laire menjadi chef dan pemilik restoran Jiwajawi di Yogyakarta. Setelah lulus dari Universitas Indonesia dan IONs Culinary College, Laire bekerja untuk beberapa cafe dan restoran sebagai kepala dapur.


Repertoar Laire di antaranya adalah restoran Canting dan Sirjakula. Selain itu, ia juga menjadi konsultan untuk beberapa restoran besar lainnya yang menyajikan menu-menu Nusantara dan interkontinental. Ia sering berkolaborasi dengan beberapa restoran hotel dan mengadakan jamuan makan privat. Saat ini, Laire juga aktif mengajar culinary untuk program CSR PT Djarum.

Apa itu cobek?

Apa itu cobek?
Cobek adalah peralatan dapur yang bentuknya menyerupai mangkuk atau piring dan digunakan untuk menghaluskan bumbu masakan. Cobek merupakan alat masak tradisional yang telah ada sejak zaman purbakala. Umumnya, cobek digunakan untuk menumbuk, mengulek, mencampur bahan-bahan. Selain itu, cobek sering dimanfaatkan untuk mengulek sambal atau membuat bumbu rujak.

Di berbagai daerah di Indonesia, penyebutan cobek bervariasi, seperti deplokan, cowet, cowek, dan lain-lain. Sambal yang diulek dengan cobek rasanya jauh lebih enak dan autentik daripada memakai blender.


Agar bisa digunakan menghaluskan bumbu, cobek dilengkapi ulekan. Dengan begitu, cobek dan ulekan adalah satu set peralatan dapur yang tak dapat dipisahkan. Selain untuk menghaluskan bumbu, cobek pun bisa dipakai untuk menghaluskan jamu dan obat-obatan, lho!

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih cobek

Cobek yang dijual di pasaran sangatlah beragam. Karena itu, Anda harus memberikan perhatian ekstra pada saat memilih cobek. Anda pun dituntut memahami karakter dari setiap jenis cobek agar bisa menemukan produk terbaik. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya mempelajari cara memilih cobek terlebih dahulu sebelum membelinya.

Ketahui macam-macam cobek berdasarkan bahannya

Usut punya usut, cobek dapat dibuat dari berbagai jenis bahan, seperti tanah liat, kayu, batu, dan juga stainless steel! Setiap jenis bahan tentu saja memiliki keunggulan dan kekurangan. Cari tahu detailnya di bawah ini.

Tanah liat: Bergaya vintage dan bisa untuk wadah makanan

Tanah liat: Bergaya vintage dan bisa untuk wadah makanan

Awalnya, cobek hanya dibuat dari bahan tanah liat. Namun, dewasa ini berbagai jenis bahan pun dipakai untuk membuat cobek. Meskipun demikian, cobek tanah liat tetap menjadi favorit karena terlihat vintage dan khas!


Cobek tanah liat rentan mengalami keretakan dan pecah. Partikel tanah liatnya pun mudah terkikis dan bercampur dengan bumbu. Karena mudah pecah, cobek tanah liat umumnya hanya digunakan sebagai wadah penyajian makanan. Cobek tanah liat juga sering digunakan untuk menyajikan lauk-pauk dengan sambal.


Jika Anda ingin menggunakannya untuk mengolah sambal, pastikan untuk menggunakan ulekan berbahan kayu, bukan batu. Cara pengulekannya pun tidak boleh dipukul terlalu keras, melainkan digerus dengan hati-hati. Agar cobek tanah liat tidak mudah pecah, simak tips dari kami di akhir artikel ini.

Batu: Kukuh dan stabil saat dipakai

Batu: Kukuh dan stabil saat dipakai

Anda sedang mencari cobek yang kukuh dan stabil? Cobek batu asli dapat menjadi pilihan yang tepat. Cobek dari bahan ini sangat stabil saat digunakan sehingga bumbu lebih cepat halus. Kekurangan dari bahan ini adalah bobotnya berat. Selain itu, Anda juga harus berhati-hati karena banyak cobek tiruan berbahan semen yang mudah pecah.


Cobek batu paling umum dipakai baik di dapur rumah maupun di dapur pedagang dan resto Indonesia. Namun, jangan sampai Anda tertipu ketika hendak membeli cobek batu, tetapi mendapat cobek berbahan semen. Cobek berbahan semen tentu mudah rusak. Selain itu, cobek semen akan memengaruhi hasil bahan yang diulek karena biasanya akan terdapat bulir serbuk semen yang menempel.


Saat membeli, pastikan permukaan pori batu agak lebar, bobot cobek berat, dan gores sedikit permukaan dengan benda agak tajam. Jika permukaan cobek yang digores berubah keputihan, dapat dipastikan bahwa cobek itu berbahan semen.

Kayu: Ringan dan praktis dibawa

Kayu: Ringan dan praktis dibawa

Cobek kayu mudah berjamur apabila tidak disimpan dengan cara yang tepat. Kejadian tersebut biasanya terjadi pada saat memasuki musim hujan atau ketika suhu sangat lembap dengan cahaya matahari yang minim.


Meskipun begitu, cobek kayu tetap disukai karena memiliki bobot yang ringan, tidak mudah pecah, dan praktis dibawa bepergian. Anda yang suka bepergian dapat membawa cobek dan ulekan kayu dengan memasukkannya ke dalam tas. Jika membeli cobek kayu di online shop, Anda juga tak akan terbebani dengan ongkos kirimnya.


Namun, penggunaan cobek kayu untuk mengolah bahan makanan akan sangat memakan waktu. Hal ini disebabkan oleh permukaannya yang terlalu halus dan bobotnya terlampau ringan. Proses pengulekan memerlukan permukaan yang kasar dan berat agar bahan yang diulek akan hancur dengan mudah.


Perhatikan pula bahan finishing poles kayunya. Pastikan berbahan wax biopolish yang food grade. Jika tidak, akan sangat berbahaya jika mengontaminasi bahan makanan.

Stainless steel: Awet dan higienis

Stainless steel: Awet dan higienis

Jika Anda sangat memperhatikan faktor kebersihan suatu produk, Anda dapat memilih cobek berbahan stainless steel. Cobek ini umumnya dibuat dalam bentuk mangkuk dan digunakan untuk menghaluskan jamu hingga obat-obatan.


Cobek bahan stainless steel bisa dikatakan paling awet dari semua bahan cobek lainnya. Cobek jenis ini sangat mudah dibersihkan karena hampir tidak berpori. Meskipun berat, pengulekan dengan cobek ini akan memakan waktu sedikit lebih lama daripada cobek batu asli. Terlebih jika Anda mengharapkan hasil ulekan yang sangat halus.

Cobek keramik, estetik dan mudah dibersihkan

Cobek keramik, estetik dan mudah dibersihkan

Mirip seperti cobek stainless steel, cobek keramik atau cobek porselen juga kerap dijadikan tempat untuk menghaluskan jamu atau obat-obatan. Permukaan cobek keramik yang tak berpori dan halus membuatnya mudah dibersihkan serta tak gampang berjamur.


Dari segi bentuk, cobek keramik adalah cobek paling estetik dan indah untuk dipajang di dapur. Namun, seperti umumnya bahan keramik, cobek keramik dapat gompal hingga pecah jika terjatuh.

Perhatikan bentuk cobek sebelum membelinya

Para produsen umumnya membuat cobek berbentuk bulat atau oval. Namun, jika Anda memperhatikan dengan lebih teliti, cobek dengan bentuk menyerupai mangkuk dan cup juga ada. Kira-kira apakah perbedaan dari kedua jenis cobek tersebut?

Bulat/oval: Cocok untuk pemakaian sehari-hari

Anda pasti sering melihat cobek berbentuk bulat atau oval di pasaran. Karena permukaan cobek tidak terlalu dalam, kemungkinan bumbu tercecer jadi lebih besar. Meskipun demikian, Anda masih bisa menggunakannya untuk pemakaian sehari-hari, contohnya membuat sambal atau bumbu ulek.


Kapasitas cobek ini beragam, mulai dari yang kecil hingga yang jumbo. Biasanya, cobek bulat ukuran jumbo terbuat dari bahan batu alam. Jika Anda memerlukan cobek oval atau bulat untuk mengulek banyak bahan sekaligus, silakan pilih yang ukurannya besar.

Mangkok: Bumbu tidak mudah berceceran

Mangkok: Bumbu tidak mudah berceceran

Cobek tipe ini memiliki bentuk menyerupai lumpang atau cup yang dalam. Alhasil, bumbu tidak akan berceceran saat dihaluskan. Kelebihan tersebut membuat cobek jenis ini sangat cocok digunakan untuk menghaluskan banyak bumbu.


Selain itu, penggunaan cobek berbentuk mangkuk juga mempercepat proses penghalusan. Bahan akan terkumpul di satu titik dan tidak melebar ke samping seperti cobek yang berbentuk piring atau pipih.

Pilih ukuran cobek yang sesuai dengan kebutuhan

Pilih ukuran cobek yang sesuai dengan kebutuhan

Sebelum membeli cobek di online shop, pastikan Anda memilih ukuran yang tepat. Pertama-tama, cek terlebih dahulu cobek tersebut akan digunakan untuk apa. Setelah itu, Anda dapat memilih cobek dengan ukuran yang sesuai kebutuhan.


Anda yang tinggal sendiri atau punya space dapur sempit bisa memilih cobek kecil berdiameter di bawah 15 cm. Ukuran yang kecil membuat Anda lebih mudah untuk menyimpannya karena tidak memakan banyak tempat. Cobek kecil juga dapat sekalian dipakai sebagai wadah saji lauk.


Beda cerita jika Anda sudah berkeluarga, silakan memilih cobek berdiameter di atas 15 cm untuk meng-cover kebutuhan sekeluarga. Anda juga dapat memilih cobek dengan diameter di atas 25 cm untuk penggunaan partai besar. Cobek ukuran besar direkomendasikan untuk jamuan acara atau bisnis catering.


Pemilihan ukuran peralatan dapur akan sangat berpengaruh pada sistem penyimpanannya. Sistem penyimpanan sangat penting karena akan menyangkut kebersihan, keawetan, dan kehigienisan.

Pertimbangkan cobek berbentuk unik, terlebih jika akan dijadikan hadiah

Pertimbangkan cobek berbentuk unik, terlebih jika akan dijadikan hadiah

Apakah Anda berencana untuk menghadiahi sahabat dengan cobek? Cobek unik berbahan dasar kayu cocok untuk hadiah karena bobotnya ringan. Selain tipe oval dan mangkuk, Anda bisa menemukan cobek bentuk unik yang cocok untuk hadiah. Beberapa cobek berbentuk unik dapat Anda pilih, seperti bentuk karakter dan binatang.


Jika Anda tertarik dengan bentuk yang lain, silakan menghubungi seller langganan dan tanyakan apakah mereka menerima layanan custom atau cobek ukiran. Dengan adanya cobek bentuk unik, Anda tak perlu galau lagi memilih kado untuk teman yang hobi memasak.

10 Rekomendasi cobek terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk cobek terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update, 25 Juli 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Cobek Keramik Kekinian memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, IKEA ÄDELSTEN yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 10 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Laire Siwi Mentari.

10

IKEAÄDELSTEN Cobek dan Ulekan

Mulai dari Rp 199.000,00

BahanMarmer
Diameter14 cm
Berat 273 gram
BentukMangkuk
9
BahanStainless steel
Diameter10 cm
Berat Tidak disebutkan
BentukMangkuk
8

Aren HandicraftSatu Set Cobek Kayu Aren Oval 30 cm

Mulai dari Rp 40.500,00

BahanKayu aren
Diameter30 cm
Berat 125 gram
BentukOval
7

Noer Alam StoneCobek Karakter Bunga + Tutup

Mulai dari Rp 120.000,00

BahanBatu asli
Diameter24 cm
Berat Tidak disebutkan
BentukUnik
6

DekayuCobek dan Ulekan Kayu Jati

Mulai dari Rp 57.000,00

BahanKayu jati
Diameter18 cm dan 20 cm
Berat 600 gram
BentukBulat
5

Merapi Stone Cobek Batu Asli dan Ulekan Super Magelang

Mulai dari Rp 61.378,00

BahanBatu asli
Diameter20 cm dan 22 cm
Berat Tidak disebutkan
BentukBulat
4
BahanBambu
Diameter9 cm
Berat 350 gram
BentukMangkuk
3

Kitchen MartCobek Tanah Liat / Coet Tanah Liat Merah

Mulai dari Rp 8.500,00

BahanTanah liat
DiameterS (14 cm), M (18 cm), L (20 cm, XL (22 cm)
Berat 350 gram
BentukBulat
2

Lumpang Batu Asli + Alu Penumbuk

Mulai dari Rp 25.000,00

BahanBatu asli
Diameter22 cm, 24 cm, 26 cm, 28 cm
Berat Tidak disebutkan
BentukMangkuk
1

Cobek Keramik dan Uleg Keramik Kekinian

Mulai dari Rp 115.000,00

BahanKeramik
Diameter21 cm
Berat Tidak disebutkan
BentukBulat

Tabel perbandingan produk cobek terbaik

Gambar produk
1
Cobek Keramik dan Uleg Keramik Kekinian  1

2
Lumpang Batu Asli + Alu Penumbuk 1

3
Kitchen Mart Cobek Tanah Liat / Coet Tanah Liat Merah 1

Kitchen Mart

4
Cobek Kecil Bahan Bambu 1

5
Merapi Stone  Cobek Batu Asli dan Ulekan Super Magelang 1

Merapi Stone

6
Dekayu Cobek dan Ulekan Kayu Jati 1

Dekayu

7
Noer Alam Stone Cobek Karakter Bunga + Tutup 1

Noer Alam Stone

8
Aren Handicraft Satu Set Cobek Kayu Aren Oval 30 cm 1

Aren Handicraft

9
Cobek Stainless  1

10
IKEA ÄDELSTEN Cobek dan Ulekan 1

IKEA

Nama produk

Cobek Keramik dan Uleg Keramik Kekinian

Lumpang Batu Asli + Alu Penumbuk

Cobek Tanah Liat / Coet Tanah Liat Merah

Cobek Kecil Bahan Bambu

Cobek Batu Asli dan Ulekan Super Magelang

Cobek dan Ulekan Kayu Jati

Cobek Karakter Bunga + Tutup

Satu Set Cobek Kayu Aren Oval 30 cm

Cobek Stainless

ÄDELSTEN Cobek dan Ulekan

Keunggulan

Cobek keramik yang estetik dan kekinian

Desainnya memudahkan Anda untuk menumbuk bahan dengan lebih cepat dan mudah

Menguatkan citra masakan khas Indonesia dengan cobek tanah liat

Cobek bambu yang cantik untuk konten home cooking

Cobek yang terbuat dari batu asli Gunung Merapi

Cobek dan ulekan kayu yang bagus ini aman bagi bahan makanan

Bentuknya unik dan bisa custom ukir nama juga

Cobek kayu aren berdesain eksotis

Dilengkapi penutup agar bumbu tak berhamburan

Desain kekinian untuk pasangan milennials!

Harga mulai dariRp 115.000,00Rp 25.000,00Rp 8.500,00Rp 59.000,00Rp 61.378,00Rp 57.000,00Rp 120.000,00Rp 40.500,00Rp 70.380,00Rp 199.000,00
BahanKeramikBatu asliTanah liatBambuBatu asli Kayu jatiBatu asliKayu arenStainless steelMarmer
Diameter21 cm22 cm, 24 cm, 26 cm, 28 cmS (14 cm), M (18 cm), L (20 cm, XL (22 cm)9 cm20 cm dan 22 cm18 cm dan 20 cm24 cm30 cm10 cm14 cm
Berat Tidak disebutkanTidak disebutkan350 gram350 gramTidak disebutkan600 gramTidak disebutkan125 gramTidak disebutkan273 gram
BentukBulatMangkukBulatMangkukBulatBulatUnikOvalMangkukMangkuk
Tautan produk

Tips merawat cobek agar lebih tahan lama

Tips merawat cobek agar lebih tahan lama

Cobek termasuk salah satu peralatan dapur yang mampu bertahan lama. Meskipun begitu, cobek bisa saja rusak jika tidak mendapatkan perawatan yang benar. Agar cobek yang ada di dapur dapat bertahan lama, Anda bisa menerapkan tips berikut ini.


  • Cobek batu

Cobek batu memiliki tekstur keras, tetapi Anda sebaiknya tidak menggesekkan cobek dengan ulekan jika tidak ada bumbu di permukaannya. Hal tersebut kemungkinan akan menimbulkan serpihan dan cuilan pada permukaan cobek.


  • Cobek kayu

Selanjutnya, ada cobek kayu. Anda perlu mengelap kering cobek kayu sebelum disimpan dan meletakkannya di tempat kering agar tak mudah lapuk dan berjamur.


  • Cobek tanah liat

Beberapa dari Anda mungkin lebih senang menggunakan cobek tanah liat. Agar cobek tanah liat tidak mudah pecah, Anda sebaiknya tidak menggunakan cobek jenis ini untuk menghaluskan bumbu yang keras. Selain itu, Anda juga harus merendamnya dalam air selama 24 jam, mengeringkannya, dan mengolesinya dengan minyak sayur. Hal tersebut dilakukan agar permukaannya jadi lebih kuat.


Salah satu cara yang dapat dilakukan agar membuat cobek lebih awet adalah sistem penyimpanannya. Jangan simpan cobek dalam lemari atau rak yang lembap yang dapat menimbulkan jamur. Jamur akan dengan sangat mudah mengurangi kualitas bahan cobek dan membuatnya cepat rusak.

Baca juga rekomendasi produk peralatan dapur lainnya di sini

Apakah Anda berencana merenovasi dapur? Anda bisa mempertimbangkan beberapa produk peralatan dapur berikut ini untuk melengkapi koleksi Anda. Mulai dari nampan, talenan, hingga tempat pisau, semuanya dapat Anda beli di online shop. Untuk review lengkapnya silakan baca rekomendasi di bawah ini.

Kesimpulan

Setelah diselisik lebih dalam, ternyata jenis cobek sangatlah beragam dan tersedia untuk berbagai kebutuhan. Bahan yang digunakan juga tidak hanya batu dan kayu, tetapi ada juga cobek yang terbuat dari keramik hingga marmer.


Penjelasan mengenai cara memilih cobek telah kami jabarkan. Kami juga telah merekomendasikan beberapa jenis cobek yang ada di online shop. Sekarang giliran Anda menentukan pilihan dan melakukan check out di toko online favorit Anda. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kompor Gas Portable Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kompor Gas Portable Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kompor gas portable adalah kompor yang biasanya memiliki bentuk mini dan penggunaannya dikenal praktis. Saat sedang camping, Anda dapat mengandalkan kompor ini. Cara menyalakan kompor gas portable pun mudah. Meskipun demikian, Anda perlu menggunakan produk yang bagus agar terhindar dari bahaya kompor gas meledak. Kali ini kami akan memperkenalkan cara memilih kompor gas portable yang bagus lengkap dengan rekomendasi produk terbaik. Anda bisa menemukan produk kompor gas portable dari berbagai merek, seperti Miyako, Rinnai, Cosmos, dan lainnya. Pilihlah produk yang awet dengan harga yang cocok di kantong Anda, ya!
    Peralatan masak
  • 10 Rekomendasi Kompor Gas Rinnai Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kompor Gas Rinnai Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kompor gas merupakan peralatan dapur yang sangat penting digunakan untuk mendukung kebutuhan rumah tangga. Dengan kompor gas, Anda dapat memasak secara lebih cepat, mudah, dan hemat. Salah satu merek kompor gas yang populer adalah Rinnai. Perusahaan asal Jepang ini dikenal sebagai produsen kompor gas yang bagus dan berkualitas. Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih produk kompor gas Rinnai terbaik. Kami juga memberikan rekomendasi kompor gas Rinnai 1 tungku, 2 tungku, hingga 5 tungku yang dapat Anda pilih. Untuk itu, baca artikel ini sampai tuntas, ya!
    Peralatan masak
  • 10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Wajan penggorengan merupakan alat masak yang wajib ada di dapur. Wajan terbuat dari bahan yang beragam, ada wajan antilengket maupun wajan tanpa lapisan antilengket. Wajan antilengket memiliki coating bermacam-macam, seperti coating granit, keramik, hingga titanium. Sementara itu, stainless steel, carbon steel, dan cast iron merupakan contoh wajan tanpa lapisan antilengket.Pada artikel ini, kami akan me-review keunggulan tiap-tiap cookware tersebut. Kami juga akan mengulas merek wajan yang bagus untuk kesehatan, seperti Zebra, Bima, IKEA, GreenPan, dan SKITCHEN. Silakan baca artikel ini untuk mengetahui tips memilih wajan yang bagus.
    Peralatan masak
  • 10 Panci Listrik Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Panci Listrik Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Panci listrik adalah alat masak alternatif untuk Anda yang ingin memasak secara praktis. Selain tidak membutuhkan kompor, panci listrik juga lebih portable. Anda yang sering traveling atau tinggal di indekos bisa menggunakan panci listrik serbaguna untuk memasak aneka makanan.Di pasaran Anda akan menemukan beragam produk panci listrik, seperti panci listrik mini dan watt kecil. Kami akan memberikan tips memilih panci listrik yang bagus. Produk terbaik dari merek Maspion, GM Bear, dan Goto Hardware ada dalam rekomendasi kami. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh home cook influencer kami, Mariska Tracy.
    Peralatan masak
  • 10 Rekomendasi Selang Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Selang Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Selang gas berfungsi untuk menyalurkan gas dari tabung ke tungku. Produk ini bisa menjadi sahabat sekaligus musuh di dapur. Sebagai alat penting dalam memasak, pastikan untuk memilih selang gas terbaik dan aman untuk dapur Anda.Oleh karena itu, kami akan menyajikan cara memilih selang gas terbaik dengan beragam merek dan harga. Anda akan menemukan pula rekomendasi produk-produk yang bagus, seperti Quantum. Jika Anda mencari selang gas meteran, Anda akan menjumpai merek Solid dan Propeller. Yuk, mari baca lebih lanjut artikel kami.
    Peralatan masak
  • 10 Wajan Keramik Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    10 Wajan Keramik Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    Akhir-akhir ini penggunaan wajan keramik sudah makin marak. Wajan yang awalnya populer di Korea ini digemari karena bahannya lebih aman dan tidak mengganggu kesehatan. Menumis dan menggoreng menggunakan wajan keramik membuat masakan jadi cepat matang secara merata. Karena itu, Anda perlu mempertimbangkan untuk memilikinya di dapur rumah.Terdapat beberapa merek wajan keramik yang bagus, seperti Maxim, Cypruz, dan Shuma. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan mengenai manfaat, tips memilih, dan rekomendasi wajan keramik terbaik untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh chef dan pemilik restoran, Laire Siwi Mentari.
    Peralatan masak
  • 10 Wajan Teflon Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    10 Wajan Teflon Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    Wajan adalah jenis alat masak yang wajib dimiliki siapa saja, terutama bagi Anda yang gemar memasak. Wajan antilengket yang berkualitas dapat menjadi rahasia hasil masakan yang lezat. Ada beragam jenis wajan antilengket di pasaran, salah satunya wajan teflon.  Kali ini, kami akan memberikan tips cara memilih wajan teflon yang bagus. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk wajan teflon terbaik. Merek wajan teflon ternama seperti Maxim, Kirin, dan Oxone dapat Anda temukan dalam artikel ini. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Jadi, baca artikelnya sampai habis, ya. 
    Peralatan masak
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori