• 10 Rekomendasi Lensa Fix Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Lensa Fix Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Lensa Fix Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Lensa Fix Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Lensa Fix Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Lensa Fix Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Jika Anda menggemari fotografi, mungkin Anda akan memerlukan setidaknya satu buah lensa fix. Selain untuk memotret objek gambar, lensa fix menjadi salah satu lensa yang paling pas untuk membuat konten video. Di pasaran, cukup banyak lensa fix yang dapat Anda jumpai.


Kali ini, kami akan memberikan tips memilih lensa fix terbaik sesuai dengan merek kamera yang Anda gunakan. Lensa fix yang bagus, misalnya merek Canon, Sony, dan Fujifilm akan kami ulas keunggulan dan kekurangannya. Jika Anda tidak ingin salah memilih lensa fix, silakan baca artikel ini sampai tuntas, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Hannif Andy Al Anshori
  • Pembaharuan terakhir: 02 September 2022
Daftar isi

Keunggulan lensa fix

Keunggulan lensa fix

Bagi Anda yang baru pertama kali menggeluti hobi fotografi, mungkin Anda bertanya-tanya, apa perbedaan lensa fix dengan lensa tele? Lensa fix atau disebut juga lensa prime adalah jenis lensa yang memiliki jarak fokal tunggal. Artinya, lensa ini tidak dapat melakukan pembesaran. Berbeda dengan lensa telephoto yang biasanya mampu melakukan pembesaran lebih dari 300 mm. 


Meski tidak bisa melakukan pembesaran, lensa fix memiliki banyak kelebihan. Berikut adalah beberapa kelebihan lensa fix, baik untuk kamera DSLR maupun mirrorless

  • Umumnya memiliki aperture yang besar sehingga dapat diandalkan di lokasi pemotretan yang minim cahaya

  • Dengan aperture besar, lensa fix mampu menghasilkan gambar dengan latar belakang yang bokeh

  • Dibanding lensa standar atau telephoto, lensa fix biasanya memiliki hasil gambar yang halus.

  • Ukuran lensa fix lebih compact sehingga mudah dibawa ke mana-mana

Cara memilih lensa fix

Selanjutnya, kami akan memperkenalkan beberapa tips dalam memilih lensa fix yang bagus. Pastikan Anda memperhatikan hal-hal penting, seperti ukuran sensor, focal length, nilai aperture, dan lainnya. 

Perhatikan jenis kamera beserta ukuran sensornya

Perhatikan jenis kamera beserta ukuran sensornya

Saat ingin membeli lensa fix, cek terlebih dahulu jenis kamera yang saat ini Anda gunakan. Kamera DSLR dan mirrorless tentunya memiliki dudukan lensa yang berbeda. Meski demikian, lensa untuk kamera DSLR dapat dipasang pada kamera mirrorless. Namun, untuk memasangnya Anda akan membutuhkan adaptor lensa. 


Selain menyesuaikan dengan jenis kamera yang digunakan, perhatikan ukuran sensor kamera Anda. Di pasaran, terdapat tiga jenis sensor pada kamera, yaitu Micro Four Thirds, APS-C dan full frame. Namun, lensa dengan ukuran sensor Micro Four Thirds sendiri sangat terbatas dan sudah jarang digunakan. 


Lensa full frame memiliki tangkapan layar yang lebih besar dibanding APS-C. Hal yang membedakan lagi adalah dari segi bobot. Umumnya, lensa full frame lebih berat dibanding lensa APS-C. Jadi, pastikan Anda tidak salah saat memilih lensa fix, ya!

Pilih berdasarkan focal length

Kebutuhan fotografi setiap orang tentunya berbeda-beda. Hal inilah yang membuat produsen kamera mendesain banyak lensa dengan focal length yang beragam. Focal length merupakan kemampuan lensa kamera untuk melihat dan merekam objek gambar. Nah, lensa fix dengan focal length berapa mm yang cocok untuk Anda? 

16 mm dan 18 mm: Pas untuk fotografi lansekap

16 mm dan 18 mm: Pas untuk fotografi lansekap

Lensa fix dengan focal length 16 mm dan 18 mm memiliki perspektif yang mirip dengan lensa ultra-wide. Lensa ini sangat cocok untuk memotret objek gambar dengan cakupan yang luas, seperti alam, interior ruangan, atau kumpulan manusia. Mengingat focal length-nya pendek, saat memotret Anda harus mendekat pada objek gambar.

24 mm dan 35 mm: Untuk human interest dan fotografi jalanan

24 mm dan 35 mm: Untuk human interest dan fotografi jalanan

Jika Anda menyukai genre human interest dan street photography, lensa berukuran 24 mm dan 35 mm adalah pilihan tepat. Dapat dikatakan juga bahwa lensa ini sangat fungsional untuk dibawa sebagai daily lens


Lensa fix ini juga dapat digunakan dalam ruang sempit. Artinya, jarak antara lensa dengan objek foto bisa cukup dekat. Lensa berukuran 24 mm dan 35 mm umumnya juga memiliki aperture yang besar sehingga memungkinkan untuk memberikan efek bokeh. 

50 mm dan 55 mm: Cocok untuk membuat konten video

50 mm dan 55 mm: Cocok untuk membuat konten video

Lensa 50 mm dan 55 mm merupakan jenis lensa fix yang paling umum digunakan oleh fotografer pemula dan profesional. Jika Anda berada di tempat yang sempit, area yang dapat dipotret kemungkinan akan mengalami crop yang banyak. Jadi, ada baiknya Anda menggunakan lensa fix berukuran 50 mm dan 55 mm di area yang luas


Umumnya, lensa ini digunakan untuk mengabadikan momen penting seperti pernikahan. Selain itu, rata-rata lensa 50 mm dan 55 m memiliki aperture yang besar sehingga sering digunakan untuk mendokumentasikan video. Dengan lensa ini, Anda bisa melakukan perekaman secara detail pada objek gambar

85 mm: Ideal untuk foto portrait

85 mm: Ideal untuk foto portrait

Saat Anda menggunakan lensa fix 85 mm, jarak yang paling ideal untuk memotret objek gambar adalah minimal 3 meter. Dengan begitu, lensa ini cocok untuk Anda yang kurang nyaman jika mengambil gambar dari dekat, khususnya dalam fotografi portrait. Lensa 85 mm juga dapat Anda gunakan untuk memotret secara close-up, misalnya tampak bagian mata atau bibir saja.

Cek nilai aperture lensa

Cek nilai aperture lensa

Aperture merupakan bukaan diafragma pada lensa yang berfungsi untuk menangkap cahaya ke dalam sensor. Nilai aperture pada lensa ditunjukkan dalam satuan huruf "F" yang diikuti angka. Makin kecil angkanya, makin banyak cahaya yang dapat ditangkap


Sebagai contoh, lensa dengan aperture F/1.8 dapat menangkap cahaya lebih banyak dibanding lensa dengan aperture F/2.2. Aperture pada lensa juga dapat menentukan bokeh atau tidaknya background gambar. Jika Anda menyukai efek bokeh yang maksimal, pilihlah lensa dengan nilai aperture kecil

Cek jenis dudukan lensanya

Cek jenis dudukan lensanya

Dudukan lensa atau yang disebut dengan mount kamera adalah poin penting yang harus dicek. Jika Anda telanjur membeli lensa yang tidak sesuai dengan dudukan pada bodi kamera, lensa tidak dapat terpasang. Pasalnya, setiap merek dan jenis kamera memiliki dudukan atau mounting yang berbeda. 


Untuk memudahkan Anda dalam memilih lensa fix, silakan simak ulasan berikut ini. 

  • E-Mount: Merupakan dudukan lensa pada kamera mirrorless Sony. Untuk mirrorless Sony dengan sensor full frame, lensa akan diikuti huruf FE. Sementara untuk kamera mirrorless Sony dengan sensor APS-C, lensa diikuti kode E. 

  • X-Mount: Merupakan dudukan lensa untuk kamera mirrorless Fujifilm

  • EF-Mount: Dudukan lensa untuk kamera DSLR Canon dengan sensor APS-C

  • RF-Mount: Jenis dudukan lensa pada kamera mirrorless Canon.

  • F-mount: Dudukan lensa untuk kamera DSLR Nikon

Perhatikan kecepatan AF (autofocus)

Perhatikan kecepatan AF (autofocus)

Umumnya, fitur autofocus sudah terpasang pada setiap bodi kamera. Namun, jika Anda lebih banyak memotret objek gambar bergerak, fitur autofocus pada lensa tentu sangat dibutuhkan. Dengan adanya fitur ini, Anda dapat mengunci objek gambar dengan cepat, bahkan saat objek gambar bergerak. 


Fitur autofocus pada lensa juga akan memudahkan Anda saat pengambilan gambar dengan mode burst. Dengan bantuan fitur autofocus, gambar yang dihasilkan tentunya akan bebas dari risiko blur. Untuk itu, cek secara detail spesifikasi pada lensa yang akan Anda pilih. 

Periksa ketersediaan fitur stabilisasi gambar

Periksa ketersediaan fitur stabilisasi gambar

Selain ditentukan oleh kecepatan autofocus, kejernihan foto juga ditentukan oleh fitur stabilisasi gambar atau Image Stabilization (IS). Terlebih lagi saat Anda memotret tanpa bantuan tripod, risiko gambar blur mungkin saja terjadi. Untuk meminimalkan risiko foto yang blur akibat guncangan, pertimbangkan memilih lensa fix yang dilengkapi stabilisasi gambar. 


Fitur stabilisasi gambar juga sangat dibutuhkan ketika Anda memotret dengan kondisi low light. Jika Anda menaikkan ISO, risiko noise mungkin saja terjadi. Jadi, ada baiknya Anda menggunakan kecepatan rendah. Dengan begitu, memotret pada kondisi low light akan lebih mudah. Bahkan saat Anda melakukan perekaman video, fitur stabilisasi gambar memungkinkan Anda untuk mendapatkan video yang lebih halus.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi lensa fix terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh lensa fix terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 31 Juli 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Canon EF 50mm f/1.8 STM menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Yongnuo YN50mm F1.8 memiliki angka penjualan tertinggi.

10
Jenis kameraMirrorless
SensorAPS-C
Focal length16 mm
ApertureF/1.4
MountX-Mount
Stabilisasi gambarTidak disebutkan
Berat375 gram
AutofocusAda
Stabilisasi gambarTidak ada
9

SonySonnar T* FE 55mm F1.8 ZA

SEL55F18Z

Mulai dari Rp 13.849.000,00

Jenis kameraMirrorless
SensorFull frame
Focal length55 mm
ApertureF/1.8
MountE-Mount
Stabilisasi gambarTidak disebutkan
Berat281 gram
AutofocusAda
Stabilisasi gambarTidak ada
8
Jenis kameraMirrorless
SensorFull frame
Focal length18 mm
ApertureF/2.8
MountE-Mount
Stabilisasi gambarTidak
Berat145 gram
AutofocusAda
Stabilisasi gambarTidak disebutkan
7
Jenis kameraDSLR
SensorAPSC
Focal length24 mm
ApertureF/2.8
MountEF-Mount
Stabilisasi gambarTidak disebutkan
Berat125 gram
AutofocusAda
Stabilisasi gambarTidak disebutkan
6
Jenis kameraMirrorless
SensorFull frame
Focal length85 mm
ApertureF/1.8
MountSony E-mount
Stabilisasi gambarTidak ada (terintegrasi dengan bodi)
Berat371 gram
AutofocusAda
Stabilisasi gambarAda
5
Jenis kameraDSLR
SensorAPSC
Focal length35 mm
ApertureF/1.8
MountF-Mount
Stabilisasi gambarTidak ada
Berat200 gram
AutofocusAda
Stabilisasi gambarTidak ada
4
Jenis kameraMirrorless
SensorAPSC
Focal length35 mm
ApertureF/2.0
MountX-Mount
Stabilisasi gambarAda
Berat130 gram
AutofocusAda
Stabilisasi gambarTidak ada
3
Jenis kameraMirrorless
SensorFull frame
Focal length50 mm
ApertureF/1.8
MountE-mount
Stabilisasi gambarAda
Berat186 gram
AutofocusAda
Stabilisasi gambarTidak ada
2
Jenis kameraDSLR
SensorAPS-C
Focal length50 mm
ApertureF/1.8
MountEF-Mount
Stabilisasi gambarTidak
Berat160 gram
AutofocusAda
Stabilisasi gambarTidak disebutkan
1
Jenis kameraDSLR
SensorAPSC
Focal length50 mm
ApertureF/1.8
MountEF-Mount
Stabilisasi gambarAda
Berat120 gram
AutofocusAda
Stabilisasi gambarTidak disebutkan

Tabel perbandingan produk lensa fix terbaik

Gambar produk
1
Yongnuo YN50mm F1.8 1

Yongnuo

2
Canon EF 50mm f/1.8 STM 1

Canon

3
Sony FE 50mm F1.8 1

Sony

4
Fujifilm XC 35mm F2 Lens 1

Fujifilm

5
Nikon AF-S DX NIKKOR 35MM F/1.8G 1

Nikon

6
Sony FE 85mm F1.8 1

Sony

7
Canon EF-S 24mm f/2.8 STM 1

Canon

8
Samyang AF 18mm F2.8 FE 1

Samyang

9
Sony Sonnar T* FE 55mm F1.8 ZA 1

Sony

10
Fujifilm XF 16mm F1.4 R WR 1

Fujifilm

Nama produk

YN50mm F1.8

EF 50mm f/1.8 STM

FE 50mm F1.8

XC 35mm F2 Lens

AF-S DX NIKKOR 35MM F/1.8G

FE 85mm F1.8

EF-S 24mm f/2.8 STM

AF 18mm F2.8 FE

Sonnar T* FE 55mm F1.8 ZA

XF 16mm F1.4 R WR

Keunggulan

Antiribet saat dibawa-bawa berkat bobot ringan

Dilengkapi Stepping Motor untuk autofocus cepat

Menghasilkan potret malam hari yang ciamik

Sistem autofocus-nya cepat dan tenang

Fokus cepat dan senyap dengan setelan adjustable

Menghadirkan bokeh yang halus untuk foto portrait

Ringkas dan tipis, menangkap momen dengan nyaman

Lensa ultra-wide angle untuk merekam perjalanan Anda

Performa Sonnar ZEISS yang tajam dan jernih

Gambar bebas flare berkat teknologi Nano-GI

Harga mulai dariRp 910.000,00Rp 2.464.200,00Rp 3.849.000,00Rp 2.999.000,00Rp 2.827.000,00Rp 8.099.000,00Rp 3.352.200,00Rp 4.450.000,00Rp 13.849.000,00Rp 14.499.000,00
Jenis kameraDSLRDSLRMirrorlessMirrorlessDSLRMirrorlessDSLRMirrorlessMirrorlessMirrorless
SensorAPSCAPS-CFull frameAPSCAPSCFull frameAPSCFull frameFull frameAPS-C
Focal length50 mm50 mm50 mm35 mm35 mm85 mm24 mm18 mm55 mm16 mm
ApertureF/1.8F/1.8F/1.8F/2.0F/1.8F/1.8F/2.8F/2.8F/1.8 F/1.4
MountEF-MountEF-Mount E-mountX-MountF-MountSony E-mountEF-MountE-MountE-MountX-Mount
Stabilisasi gambarAdaTidakAdaAdaTidak adaTidak ada (terintegrasi dengan bodi)Tidak disebutkanTidakTidak disebutkanTidak disebutkan
Berat120 gram160 gram186 gram130 gram200 gram371 gram125 gram145 gram281 gram375 gram
AutofocusAdaAdaAdaAdaAdaAdaAdaAdaAdaAda
Stabilisasi gambarTidak disebutkanTidak disebutkanTidak adaTidak adaTidak adaAdaTidak disebutkanTidak disebutkanTidak adaTidak ada
Tautan produk

Baca juga rekomendasi lensa kamera lainnya di sini

Selain lensa fix dari berbagai merek kamera, kami juga secara khusus mengulas macam-macam lensa fix terbaik untuk Canon. Untuk Anda pengguna kamera Sony dan Nikon, kami juga akan memberikan rekomendasi artikel yang dapat dijadikan referensi. Jika Anda tertarik, silakan klik tautan di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, apakah Anda tertarik untuk segera mencoba lensa baru? Atau Anda justru sudah menikmati manfaat dari penggunaan lensa fix? Dengan lensa fix, Anda dapat dengan mudah menghasilkan gambar yang bokeh. Namun, pastikan Anda mengecek kembali nilai aperture pada lensa yang akan dibeli. 


Tuntas sudah ulasan kami mengenai tips memilih lensa fix terbaik dari berbagai merek. Semoga rekomendasi produk dari kami sudah sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Filter Lensa Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Filter Lensa Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Filter lensa tidak hanya berfungsi sebagai pelindung, tetapi juga membuat hasil jepretan lebih bagus, terlebih jika Anda menggunakan kamera DSLR. Anda bisa bereksplorasi dengan menggunakan beragam jenis filter lensa, seperti ND filter, CPL filter, UV filter, dan lainnya.  Tiap jenis filter lensa mempunyai karakteristiknya masing-masing yang digunakan untuk kondisi dan kebutuhan berbeda. Kali ini, kami akan mengulas tips memilih filter lensa terbaik. Kami juga memberikan rekomendasi merek filter lensa yang bagus, seperti Kenko, Hoya, dan K&F Concept. Bacalah artikel ini dengan saksama dan temukan produk yang sesuai kebutuhan.
    Lensa & aksesori
  • 10 Rekomendasi Fisheye Lens Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Fisheye Lens Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Fisheye lens adalah lensa yang dapat mengambil gambar dengan skala lebih luas. Hasil foto menggunakan fisheye lens akan terlihat berbeda dengan adanya distorsi yang kentara. Bisa dibilang kalau fisheye lens adalah must have item bagi Anda yang suka mengambil foto pemandangan atau traveling.Berhubung fisheye lens bukanlah lensa biasa, tidak banyak orang mengerti cara memilih fisheye lens. Untuk itulah, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi fisheye lens terbaik. Anda akan menemukan beragam fisheye lens berkualitas keluaran Canon, Olympus, Nikon, dan sebagainya dalam artikel ini. Yuk, disimak!
    Lensa & aksesori
  • 10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lensa tele adalah lensa yang digunakan untuk memotret objek jauh, seperti saat mengambil foto pertandingan sepakbola, lanskap, atau burung-burung liar. Saat ini, ada banyak produsen memproduksi lensa tele yang bagus seperti Canon, Nikon, Sony, Fujifilm, dan sebagainya.  Jenis lensa tele yang diproduksi tersebut sangat beragam. Ada lensa tele yang murah ada juga yang mahal, tergantung pada spesifikasi dari lensa tersebut. Anda pun harus memilih lensa tele terbaik untuk kebutuhan Anda. Jika Anda Anda masih bingung memilih lensa tele yang pas, jadikanlah artikel ini sebagai panduan untuk memilih. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
  • 10 Rekomendasi Lens Hood Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lens Hood Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sebagian orang mungkin berpikir bahwa penggunaan lens hood pada lensa kamera tidaklah diperlukan. Namun, lens hood sebenarnya cukup berpengaruh pada kualitas gambar yang dihasilkan. Lens hood tersedia dalam berbagai bentuk dan bahan yang memiliki keunggulan masing-masing.Apakah Anda masih bingung dalam memilih lens hood? Kali ini kami akan membahas tips memilih dan merekomendasikan produk lens hood dari berbagai merek yang bagus. Produk dari Phottix, Nikon, dan Olympus akan Anda temukan dalam daftar rekomendasi kami. Untuk itu, baca artikel ini sampai selesai, ya!
    Lensa & aksesori
  • 10 Rekomendasi Lensa Mirrorless Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lensa Mirrorless Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Penggunaan lensa pada kamera mirrorless sangat memengaruhi hasil foto yang didapat. Untuk menghasilkan efek bokeh, mendapatkan gambar yang tajam dengan jangkauan lebar, memotret objek jarak jauh, tentunya tidak bisa hanya menggunakan satu lensa saja.Untuk itu, produsen seperti Olympus, Sony, Canon, Fujifilm, Panasonic, dan Nikon secara aktif mengembangkan lensa untuk kamera mirrorless. Melalui artikel ini, kami akan mengajak Anda untuk mengetahui cara memilih lensa mirrorless beserta produk-produk rekomendasinya, termasuk lensa keluaran third party, seperti Meike. Yuk, disimak!
    Lensa & aksesori
  • 10 Rekomendasi Lensa Mirrorless Terbaik Merek Sony (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lensa Mirrorless Terbaik Merek Sony (Terbaru Tahun 2022)
    Selain dapat dijadikan sebagai profesi, banyak orang menjadikan fotografi sebagai hobi. Tak jarang, seseorang yang menekuni kegiatan fotografi akan mengoleksi lebih dari satu lensa. Salah satu merek kamera mirrorless yang sudah terkenal dan cukup banyak digunakan adalah Sony.Setiap lensa mirrorless Sony menawarkan keunggulan yang berbeda-beda. Misalnya saja FE 85mm F1.8 dan Vario-Tessar T* E 16-70mm F4 ZA OSS yang berbeda kualitasnya dengan lensa kit standar. Untuk itu, kami akan menjelaskan tips memilih lensa mirrorless Sony terbaik sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Simak artikel ini sampai tuntas, ya!
    Lensa & aksesori
  • 10 Rekomendasi Teropong Monocular Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Teropong Monocular Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Teropong monocular adalah jenis teropong dengan satu eyecup. Anda hanya menggunakan satu mata saja saat mengamati objek dengan produknya. Meskipun demikian, Anda masih bisa mengamati objek jarak jauh dengan teropong monocular. Tipe teropong ini digunakan untuk berbagai kegiatan, seperti melihat pertandingan, bird-watching, dan menonton konser.  Bahkan ada juga teropong monocular yang dapat disambungkan ke HP. Untuk memudahkan Anda mendapat produk yang tepat, kami akan membahas tips memilih teropong monocular terbaik. Kami juga akan berbagi rekomendasi produk dari merek teropong monocular yang bagus, seperti Bushnell, Apexel, dan SVBONY. Selamat menyimak!
    Lensa & aksesori
  • 10 Rekomendasi Teropong Malam / Night Vision Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Teropong Malam / Night Vision Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Teropong malam atau teropong night vision adalah sebuah alat yang membantu Anda untuk melihat di lingkungan yang gelap. Night vision memiliki beragam aplikasi dari pengamatan satwa liar hingga aktivitas berburu. Kini telah hadir banyak teropong malam yang bisa Anda dapatkan dengan harga yang terjangkau. Namun, manakah yang cocok untuk kebutuhan Anda?Kami akan mengulas cara memilih teropong malam untuk berbagai kegiatan Anda. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk teropong malam terbaik dari Bushnell, YUKON, PARD, dan PULSAR. Perhatikan spesifikasi dari masing-masing produk dan pilihlah yang paling sesuai!
    Lensa & aksesori
  • 10 Rekomendasi Lensa Fix Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lensa Fix Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu merek lensa fix yang bagus adalah Canon. Di pasaran, terdapat macam-macam lensa fix Canon, mulai dari lensa fix Canon mirrorless hingga lensa fix untuk kamera DSLR. Harga lensanya pun beragam tergantung spesifikasi yag ditawarkan.Kami akan menjelaskan tips memilih lensa fix Canon terbaik sesuai kebutuhan. Anda akan menemukan lensa fix Canon STM, lensa fix Canon 50 mm atau 35 mm, dan sebagainya. Kami juga akan mengulas lensa yang cocok untuk Canon 1200D, Canon 600D, dan Canon EOS M50. Lensa fix Canon yang murah pun ada!
    Lensa & aksesori
  • 10 Rekomendasi Lensa Nikon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lensa Nikon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lensa adalah salah satu properti kamera yang cukup penting untuk mendapatkan hasil gambar yang maksimal. Namun, menggunakan lensa pun tidak bisa sembarangan. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar lensa dapat bekerja dengan baik. Kali ini, kami akan memberikan tips memilih dan rekomendasi lensa merek Nikon yang bagus untuk Anda. Anda bisa menemukan banyak tipe lensa Nikon, baik yang bersensor APS-C maupun full frame. Anda butuh lensa Nikon dengan focal length 35 mm, 50 mm, atau 55–300 mm? Semua akan kami ulas secara singkat. Jadi, silakan disimak baik-baik, ya!
    Lensa & aksesori
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Lensa Fix Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lensa Fix Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu merek lensa fix yang bagus adalah Canon. Di pasaran, terdapat macam-macam lensa fix Canon, mulai dari lensa fix Canon mirrorless hingga lensa fix untuk kamera DSLR. Harga lensanya pun beragam tergantung spesifikasi yag ditawarkan.Kami akan menjelaskan tips memilih lensa fix Canon terbaik sesuai kebutuhan. Anda akan menemukan lensa fix Canon STM, lensa fix Canon 50 mm atau 35 mm, dan sebagainya. Kami juga akan mengulas lensa yang cocok untuk Canon 1200D, Canon 600D, dan Canon EOS M50. Lensa fix Canon yang murah pun ada!
    Lensa & aksesori
  • 10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lensa tele adalah lensa yang digunakan untuk memotret objek jauh, seperti saat mengambil foto pertandingan sepakbola, lanskap, atau burung-burung liar. Saat ini, ada banyak produsen memproduksi lensa tele yang bagus seperti Canon, Nikon, Sony, Fujifilm, dan sebagainya.  Jenis lensa tele yang diproduksi tersebut sangat beragam. Ada lensa tele yang murah ada juga yang mahal, tergantung pada spesifikasi dari lensa tersebut. Anda pun harus memilih lensa tele terbaik untuk kebutuhan Anda. Jika Anda Anda masih bingung memilih lensa tele yang pas, jadikanlah artikel ini sebagai panduan untuk memilih. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
  • 10 Rekomendasi Lensa Mirrorless Terbaik Merek Sony (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lensa Mirrorless Terbaik Merek Sony (Terbaru Tahun 2022)
    Selain dapat dijadikan sebagai profesi, banyak orang menjadikan fotografi sebagai hobi. Tak jarang, seseorang yang menekuni kegiatan fotografi akan mengoleksi lebih dari satu lensa. Salah satu merek kamera mirrorless yang sudah terkenal dan cukup banyak digunakan adalah Sony.Setiap lensa mirrorless Sony menawarkan keunggulan yang berbeda-beda. Misalnya saja FE 85mm F1.8 dan Vario-Tessar T* E 16-70mm F4 ZA OSS yang berbeda kualitasnya dengan lensa kit standar. Untuk itu, kami akan menjelaskan tips memilih lensa mirrorless Sony terbaik sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Simak artikel ini sampai tuntas, ya!
    Lensa & aksesori
  • 10 Rekomendasi Lensa Mirrorless Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lensa Mirrorless Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Penggunaan lensa pada kamera mirrorless sangat memengaruhi hasil foto yang didapat. Untuk menghasilkan efek bokeh, mendapatkan gambar yang tajam dengan jangkauan lebar, memotret objek jarak jauh, tentunya tidak bisa hanya menggunakan satu lensa saja.Untuk itu, produsen seperti Olympus, Sony, Canon, Fujifilm, Panasonic, dan Nikon secara aktif mengembangkan lensa untuk kamera mirrorless. Melalui artikel ini, kami akan mengajak Anda untuk mengetahui cara memilih lensa mirrorless beserta produk-produk rekomendasinya, termasuk lensa keluaran third party, seperti Meike. Yuk, disimak!
    Lensa & aksesori
  • 10 Rekomendasi Teropong Monocular Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Teropong Monocular Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Teropong monocular adalah jenis teropong dengan satu eyecup. Anda hanya menggunakan satu mata saja saat mengamati objek dengan produknya. Meskipun demikian, Anda masih bisa mengamati objek jarak jauh dengan teropong monocular. Tipe teropong ini digunakan untuk berbagai kegiatan, seperti melihat pertandingan, bird-watching, dan menonton konser.  Bahkan ada juga teropong monocular yang dapat disambungkan ke HP. Untuk memudahkan Anda mendapat produk yang tepat, kami akan membahas tips memilih teropong monocular terbaik. Kami juga akan berbagi rekomendasi produk dari merek teropong monocular yang bagus, seperti Bushnell, Apexel, dan SVBONY. Selamat menyimak!
    Lensa & aksesori
  • 10 Rekomendasi Lensa Nikon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lensa Nikon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lensa adalah salah satu properti kamera yang cukup penting untuk mendapatkan hasil gambar yang maksimal. Namun, menggunakan lensa pun tidak bisa sembarangan. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar lensa dapat bekerja dengan baik. Kali ini, kami akan memberikan tips memilih dan rekomendasi lensa merek Nikon yang bagus untuk Anda. Anda bisa menemukan banyak tipe lensa Nikon, baik yang bersensor APS-C maupun full frame. Anda butuh lensa Nikon dengan focal length 35 mm, 50 mm, atau 55–300 mm? Semua akan kami ulas secara singkat. Jadi, silakan disimak baik-baik, ya!
    Lensa & aksesori
  • 10 Rekomendasi Filter Lensa Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Filter Lensa Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Filter lensa tidak hanya berfungsi sebagai pelindung, tetapi juga membuat hasil jepretan lebih bagus, terlebih jika Anda menggunakan kamera DSLR. Anda bisa bereksplorasi dengan menggunakan beragam jenis filter lensa, seperti ND filter, CPL filter, UV filter, dan lainnya.  Tiap jenis filter lensa mempunyai karakteristiknya masing-masing yang digunakan untuk kondisi dan kebutuhan berbeda. Kali ini, kami akan mengulas tips memilih filter lensa terbaik. Kami juga memberikan rekomendasi merek filter lensa yang bagus, seperti Kenko, Hoya, dan K&F Concept. Bacalah artikel ini dengan saksama dan temukan produk yang sesuai kebutuhan.
    Lensa & aksesori
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori