• 10 Rekomendasi Lensa Fix Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Lensa Fix Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Lensa Fix Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Lensa Fix Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Lensa Fix Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Lensa Fix Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Lensa fix merupakan lensa dengan satu focal length sehingga tidak memiliki fungsi zoom. Jika Anda ingin membuat objek menjadi lebih dekat atau jauh, Anda perlu berpindah posisi untuk mengatur komposisinya. Ada banyak lensa seperti Canon, Fujifilm, Sony, dan lainnya yang dijual di pasaran. Hal ini membuat pencinta fotografi, khususnya pemula, sering bertanya-tanya mana yang harus dipilih.


Kali ini, kami akan memperkenalkan sepuluh lensa fix yang bisa dijadikan sebagai referensi. Kami juga akan memberikan tips untuk memilihnya berdasarkan focal length, aperture, hingga tipe mount. Selamat membaca!

Blogger/influencer yang ada di artikel ini

Ardian Kusuma
  • Pembaharuan terakhir: 16 November 2020
  • 3.962 Views
Daftar isi

Cara memilih lensa fix

Di sini, kami akan memperkenalkan beberapa metode dasar untuk memilih lensa fix. Pastikan Anda memperhatikan hal-hal penting seperti focal length yang secara langsung akan menentukan kompatibilitas dengan objek foto.

Pilih berdasarkan focal length

Focal length atau panjang fokus adalah jarak dari lensa ke sensor gambar yang ada di kamera. Panjang fokus menentukan jarak ke objek dan rentang gambar. Kami akan menunjukkan bagaimana cara memilih gambar seperti apa yang ingin Anda ambil berdasarkan focal length.

Periksa standar sensor gambar sebelum memilih focal length!

Periksa standar sensor gambar sebelum memilih focal length!

Sebelum Anda memilih lensa berdasarkan panjang fokusnya, hal pertama yang harus diperhatikan adalah standar sensor gambar kamera. Memeriksa spesifikasi lensa adalah poin penting untuk mencegah masalah terkait sempitnya sudut pandang.


Dua standar utama sensor gambar adalah full frame dan APS-C. Luas sensor APS-C lebih kecil dari model full frame sehingga sudut pandangnya cenderung lebih sempit. Misalnya, lensa 50 mm pada kamera model APS-C. Sudut pandang lensa ini akan sama seperti ketika Anda memasang lensa 75 mm pada model full frame. Anda mungkin merasa bahwa ukuran yang ditangkap sensor APS-C cukup sempit.


Anda dapat menikmati panjang fokus yang benar untuk model full frame. Sementara itu, jarak panjang fokus ini akan menjadi 1,5 kali lipat pada kamera APS-C. Namun, kamera dengan sensor APS-C ukurannya lebih kecil dan murah sehingga cenderung banyak digunakan pada kamera model entry level.

Lensa wide angle yang bagus dalam perspektif dan bentangan spasial

Lensa wide angle yang bagus dalam perspektif dan bentangan   spasial

Lensa sudut lebar atau yang sering disebut lensa wide angle mengacu pada lensa 35 mm atau kurang. Dengan lensa ini, Anda dapat menangkap area yang lebih luas. Jadi, lensa ini sangat ideal untuk lanskap, foto-foto alam, atau ketika Anda ingin menangkap ruang yang lebar. Lensa ini memiliki sudut pandang yang luas dan kedalaman bidang (depth of field) yang dalam. 


Lensa ini juga menekankan perspektif objek yang jauh dan dekat. Jadi, Anda dapat mengambil gambar yang dinamis jika memotret lebih dekat ke objek dalam ruang yang kecil. Kesenangan dari menggunakan lensa wide angle adalah Anda dapat memotret bangunan dengan perspektif pada saat bepergian. Lensa wide angle juga banyak digunakan di kamera smartphone. Banyak orang mungkin menggunakannya tanpa menyadarinya.

Lensa standar yang dapat memotret apa pun dan memiliki banyak bokeh

Lensa standar yang dapat memotret apa pun dan memiliki banyak bokeh

Lensa standar mengacu pada lensa dengan panjang fokus sekitar 50 mm. Ini adalah lensa yang mudah digunakan karena dekat dengan bidang visual manusia normal. Sudut pandangnya hampir sama dengan rentang bidang pandang ketika manusia memperhatikan sesuatu, memberikan kesan memotong adegan dari pemandangan. Lensa jenis ini dapat digunakan untuk hampir semua tujuan, seperti portrait dan lanskap serta foto lainnya sehingga mudah digunakan.


Selain itu, efek bokehnya lebih tinggi dibandingkan dengan lensa wide angle. Ini sangat cocok bagi Anda yang ingin meningkatkan jumlah blur dan menikmati sesi pemotretan. Lensa 50 mm adalah lensa perantara yang tidak memiliki sudut lebar maupun telefoto. Jadi, ada baiknya jika Anda memiliki lensa ini. Namun, focal length yang Anda suka akan bervariasi tergantung pada apa yang Anda potret. Jadi, harap pertimbangkan juga objek dan metode pemotretannya.

Lensa mid-telephoto yang ideal untuk portrait

Lensa mid-telephoto yang ideal untuk portrait

Lensa dengan focal length 85 mm hingga 100 mm disebut lensa telefoto sedang. Lensa jenis ini sering digunakan untuk foto wajah atau portrait. Meskipun memiliki sifat yang relatif lemah sebagai lensa telefoto, ia memiliki sudut pandang yang sempit. Hal ini memberi kesan jarak antara objek dan elemen di sekitarnya jadi terlihat lebih dekat (efek kompresi). Lensa telefoto sedang juga memiliki depth of field yang dangkal. Lensa ini direkomendasikan bagi Anda yang ingin memotret orang sebagai objeknya.


Satu keuntungannya adalah Anda dapat mengambil gambar yang terlihat seperti sedang menatap pada satu titik. Anda dapat mengambil jarak yang sesuai dari model dan punya efek untuk mengurangi distorsi objek. Hal ini sama seperti ketika memotret dalam wide angle atau telefoto. Lensa ini punya depth of field yang dangkal sehingga dapat dengan mudah membuat bokeh depan dan belakang.

Periksa pabrikan dan dudukan lensa

Periksa pabrikan dan dudukan lensa

Dudukan lensa atau yang juga kerap disebut mount mengacu pada bagian yang menghubungkan lensa ke badan kamera. Setiap perusahaan punya bentuk masing-masing. Ada Canon EF-mount pada kamera Canon, Nikon F-mount pada kamera Nikon, serta Sony A-mount pada kamera Sony. Lensa pengganti pada dasarnya berasal dari pabrikan yang sama sehingga memiliki dudukan yang sesuai dengan badan kamera. Jika tidak sama, maka lensa itu tidak dapat digunakan.


Anda dapat menggunakan lensa merek lain dengan memasang adaptor. Namun, jika Anda tidak yakin, pastikan untuk memeriksa dudukan yang tepat saat memilih lensa. Lensa yang dijual oleh produsen seperti SIGMA dan TAMRON memiliki tipe dudukan masing-masing perusahaan kamera. Lensa-lensa tersebut memungkinkan untuk dapat digunakan jika memang cocok. Jadi, mari periksa hal ini juga.

Perhatikan juga lensa makro untuk mengambil gambar yang besar!

Perhatikan juga lensa makro untuk mengambil gambar yang besar!

Lensa makro adalah lensa yang memungkinkan Anda memotret dengan mendekati objek. Pada dasarnya, lensa makro merupakan lensa telefoto sedang dengan panjang fokus sekitar 85 mm hingga 100 mm. Namun, ada juga lensa makro dengan focal length 40 mm dan 200 mm. Lensa makro sangat diperlukan ketika Anda ingin mengambil foto close-up makanan, bunga, hewan peliharaan, dan lainnya. Hasil fotonya memiliki keindahan dan kecerahan serta memiliki tingkat bokeh yang baik. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan foto yang menarik.


Lensa makro bukan lensa close-up. Jadi, Anda dapat mengambil gambar pemandangan, orang, dan objek lain dengan menyesuaikan panjang fokus aslinya. Jika Anda memiliki lensa ini, Anda bisa memotret lebih banyak objek dan mencoba berbagai cara memotret. Mungkin gagasan yang baik untuk memilih lensa ini sebagai lensa fix pertama Anda.

Saat memilih lensa makro (lensa mikro untuk Nikon), pertama-tama perhatikan pembesaran pemotretan maksimumnya. Lensa dengan pembesaran 0,5 kali disebut setengah makro, sedangkan lensa dengan pembesaran 0,25 kali disebut seperempat makro. Jika Anda ingin memotret banyak gambar jarak dekat, pilih lensa dengan pembesaran pemotretan maksimum 1 kali.


Selain itu, jarak pemotretan terpendek juga merupakan hal yang penting. Jarak ini menunjukkan berapa jarak terpendek dari sensor gambar (image sensor) dalam kamera ke objek. Misalnya, jika tertulis 16 cm, berarti lensa tidak akan menjadi fokus kecuali dengan jarak setidaknya 16 cm. Ini adalah spesifikasi penting yang menentukan seberapa dekat Anda bisa memotret. Jadi, pastikan untuk memeriksanya juga.

Periksa kecepatan AF (autofocus)

Periksa kecepatan AF (autofocus)

Jika memotret objek bergerak, seperti anak-anak atau hewan, Anda tentunya memerlukan lensa yang bisa segera fokus. Ini dimaksudkan agar Anda tidak kehilangan kesempatan foto. Tergantung dari objek yang akan difoto, maka periksa juga kecepatan AF lensa yang akan dibeli.


Secara umum, dikatakan bahwa lensa yang dilengkapi dengan motor ultrasonik akan fokus lebih cepat. Namun, pada kenyataannya mungkin sulit untuk menilai apakah objek dapat difokuskan dengan cepat atau tidak berdasarkan pada tipe motor. Hal ini disebabkan karena setiap perusahaan memiliki motor yang berbeda dan tipe motor tidak selalu berkaitan dengan kecepatan AF. Mari periksa ulasan-ulasan dari para pengguna untuk melihat apakah lensa tersebut memiliki pemfokusan yang cepat.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi lensa fix terbaik

Di sini, kami akan memperkenalkan sepuluh macam lensa fix yang bisa Anda jadikan sebagai referensi sebelum membeli. Silakan pilih lensa yang sesuai dengan kebutuhan fotografi Anda!

10
KlasifikasiLensa standar
Panjang fokus50 mm
Aperture maksimalF/1.8
Berat186 g
MountSony E
9
KlasifikasiLensa wide angle / standar
Panjang fokus30 mm
Aperture maksimalF/1.4
Berat435 g
MountBeragam
8
KlasifikasiLensa standar
Panjang fokus50 mm
Aperture maksimalF/1.8
Berat120 g
MountBeragam
7
KlasifikasiLensa standar
Panjang fokus50 mm
Aperture maksimalF/1.4
Berat815 g
MountBeragam
6
KlasifikasiLensa wide angle
Panjang fokus35 mm
Aperture maksimalF/1.8
Berat200 g
MountNikon F / DX format
5
KlasifikasiLensa wide angle
Panjang fokus24 mm
Aperture maksimalF/2.8
Berat125 g
MountCanon EF-S
4
KlasifikasiLensa portrait / telefoto
Panjang fokus56 mm
Aperture maksimalF/1.2
Berat405 g
MountFujifilm X
3
KlasifikasiLensa standar
Panjang fokus50 mm
Aperture maksimalF/1.8
Berat185 g
MountNikon F
2
KlasifikasiLensa makro / telefoto sedang
Panjang fokus90 mm
Aperture maksimalF/2.8
Berat550 g
MountBeragam
1
KlasifikasiLensa standar
Panjang fokus50 mm
Aperture maksimalF/1.8
Berat160 g
MountCanon EF

Tabel perbandingan produk lensa fix terbaik

Gambar produk
1
Canon EF50mm f/1.8 STM 1

Canon

2
Tamron SP 90mm F/2.8 Di Macro 1:1 VC USD 1

Tamron

3
Nikon AF-S NIKKOR 50mm F/1.8G 1

Nikon

4
Fujifilm Fujinon XF56mmF1.2 R 1

Fujifilm

5
Canon EF-S24mm f/2.8 STM 1

Canon

6
Nikon AF-S DX NIKKOR 35mm F/1.8G 1

Nikon

7
Sigma Art 50mm F1.4 DG HSM 1

Sigma

8
Yongnuo YN 50mm F1.8 1

Yongnuo

9
Sigma Art 30mm F1.4 DC HSM 1

Sigma

10
Sony  FE 50mm F1.8 1

Sony

Nama produk

EF50mm f/1.8 STM

SP 90mm F/2.8 Di Macro 1:1 VC USD

AF-S NIKKOR 50mm F/1.8G

Fujinon XF56mmF1.2 R

EF-S24mm f/2.8 STM

AF-S DX NIKKOR 35mm F/1.8G

Art 50mm F1.4 DG HSM

YN 50mm F1.8

Art 30mm F1.4 DC HSM

FE 50mm F1.8

Keunggulan

Ringkas dan serbaguna, cocok untuk pemula

Menangkap objek kecil secara close-up dengan akurat

Lensa ber-aperture besar untuk kebutuhan fotografi sehari-hari

Memberikan hasil yang tajam untuk fotografi portrait

Berbodi ramping untuk gambar sudut lebar dengan hasil yang alami

Memotret dalam berbagai kondisi cahaya

Lensa profesional dengan performa tinggi

Bobotnya ringan, mudah dibawa bepergian

Memotret tanpa repot! Hasil bokeh tetap lembut meski memakai aperture besar

Desain optik canggih untuk gambar tajam dan jernih

HargaRp 1.848.000,00Rp 10.670.000,00Rp 3.399.000,00Rp 11.999.000,00Rp 2.145.000,00Rp 2.999.000,00Rp 13.620.000,00Rp 980.000,00Rp 7.235.000,00Rp 3.799.000,00
KlasifikasiLensa standarLensa makro / telefoto sedangLensa standarLensa portrait / telefotoLensa wide angleLensa wide angleLensa standarLensa standarLensa wide angle / standarLensa standar
Panjang fokus50 mm90 mm50 mm56 mm24 mm35 mm50 mm50 mm30 mm50 mm
Aperture maksimalF/1.8F/2.8F/1.8F/1.2F/2.8F/1.8F/1.4F/1.8F/1.4F/1.8
Berat160 g550 g185 g405 g125 g200 g815 g120 g435 g186 g
MountCanon EFBeragamNikon FFujifilm XCanon EF-SNikon F / DX formatBeragamBeragamBeragamSony E
Tautan produk

Baca juga rekomendasi lensa kamera lainnya di sini

Tidak hanya lensa fix, ada berbagai macam lensa tambahan untuk kamera tergantung pada jenis dan fungsinya. Memakai lensa tambahan dapat memberikan pengalaman lebih banyak bagi Anda para pencinta fotografi. Anda dapat membeli aksesori kamera berupa lensa telefoto, lensa fisheye, atau lensa lainnya sesuai dengan anggaran dan kebutuhan. Untuk tahu lebih detail mengenai produk-produk tersebut, Anda bisa membacanya di sini.

Kesimpulan

Bagaimana menurut Anda? Anda terbiasa menggunakan lensa kit dan berpikir untuk mencoba lensa baru? Atau Anda justru sudah menikmati manfaat dari lensa fix? Siapa pun akan kecanduan dengan fitur lensa fix begitu mencobanya. Mari pilih lensa yang sesuai dengan kebutuhan serta gaya pemotretan Anda dan nikmati pengalaman fotografi yang luar biasa!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Tas Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tas Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Jika Anda seorang penggemar kamera, Anda tentu membutuhkan tas kamera. Produsen seperti EIGER, Kalibre, dan Manfrotto menjual banyak tas kamera dengan berbagai bentuk, contohnya tas bahu, backpack, dan selempang. Tidak hanya kapasitasnya yang berbeda, keunggulannya pun bermacam-macam.Berbagai pilihan yang ada mungkin akan membuat Anda kesulitan dalam memilih. Karena itu, kami akan mengenalkan produk tas kamera terbaik dan juga cara memilihnya di artikel ini. Untuk Anda para fotografer pemula maupun profesional, jadikanlah artikel ini sebagai referensi, ya!
    Aksesori kamera
    7.080 Views
  • 10 Rekomendasi Kartu MicroSD Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kartu MicroSD Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pada era seperti sekarang, microSD sudah menjadi barang yang harus dimiliki. Hal ini karena microSD mempunyai banyak kegunaan, seperti dapat menimpan banyak file hingga membantu proses loading. Namun, masih banyak yang tidak dapat memilih microSD yang sesuai. Belum lagi, ada istilah-istilah dari microSD yang membingungkan bagi orang awam.Jadi, kali ini kami akan mengulas bagaimana memilih microSD yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang bisa jadi referensi pilihan, seperti Samsung, Toshiba, SanDisk, dan lainnya. Bacalah dengan saksama sehingga Anda dapat memilih produk tanpa ragu lagi.
    Aksesori kamera
    57.432 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lensa memegang peranan yang sangat penting dalam menghasilkan foto yang Anda idamkan. Gambar bokeh dengan detail yang memesona bisa dihasilkan dengan sempurna oleh lensa yang tepat. Sayangnya, lensa produksi perusahaan kamera seperti Nikon dan Canon berharga cukup mahal. Hal itu membuat banyak orang kesulitan untuk mendapatkan lensa yang diimpikan.Nah, kali ini kami ingin merekomendasikan lensa Sigma. Sebuah produsen third party lenses atau lensa pihak ketiga yang performanya tidak kalah dengan lensa lainnya. Selain itu, kami juga akan menjelaskan cara memilih lensa Sigma sesuai kebutuhan fotografi Anda. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
    7.995 Views
  • 10 Rekomendasi Filter Lensa Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Filter Lensa Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda memiliki hobi fotografi? Tentunya harga kamera dan lensa SLR Anda tidak dapat dibilang murah, ya. Pastinya Anda ingin menjaga agar lensa tetap aman dari goresan meskipun sering digunakan dalam jangka waktu lama. Untuk perlindungan lensa Anda, filter lensa merupakan solusinya.Ada banyak brand yang memproduksi filter lensa, seperti K&F Concept, ZOMEi, dan Hoya. Tidak hanya untuk melindungi lensa, filter lensa juga dapat berfungsi untuk efek fotografi. Barangkali Anda cukup kewalahan memilih filter lensa yang Anda butuhkan. Karena itu, simaklah tips serta rekomendasi dari kami.
    Lensa & aksesori
    7.804 Views
  • 10 Rekomendasi Fisheye Lens Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Fisheye Lens Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Fisheye lens adalah lensa yang dapat mengambil gambar dengan skala lebih luas. Hasil foto menggunakan fisheye lens akan terlihat berbeda dengan adanya distorsi yang kentara. Bisa dibilang kalau fisheye lens adalah must have item bagi Anda yang suka mengambil foto pemandangan atau traveling.Berhubung fisheye lens bukanlah lensa biasa, tidak banyak orang mengerti cara memilih fisheye lens. Untuk itulah, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi fisheye lens terbaik. Anda akan menemukan beragam fisheye lens berkualitas keluaran Canon, Olympus, Nikon, dan sebagainya dalam artikel ini. Yuk, disimak!
    Lensa & aksesori
    1.601 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lensa tele atau telephoto lens digunakan untuk memotret berbagai kegiatan, seperti pertandingan olahraga, foto lanskap, atau burung-burung liar. Namun, banyaknya produsen lensa tele seperti Canon, Nikon, Sigma, dan sebagainya mungkin membuat Anda bingung memilih produk terbaik.Karena itu, dalam artikel ini kami akan membahas mengenai cara memilih serta memberikan daftar rekomendasi lensa tele terbaik yang berbeda fitur, spesifikasi, dan harga satu sama lain. Semoga menginspirasi Anda dan membantu Anda dalam menemukan lensa yang tepat untuk Anda. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
    17.754 Views
  • 10 Rekomendasi Lens Hood Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lens Hood Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sebagian orang mungkin berpikir bahwa penggunaan lens hood untuk lensa kamera tidaklah diperlukan. Namun, penggunaan lens hood nyatanya memberi pengaruh bagi kualitas gambar yang dihasilkan saat Anda memotret objek gambar. Foto yang dihasilkan tentunya akan lebih sempurna.Ternyata cukup banyak jenis lens hood yang beredar di pasaran sehingga mungkin menyulitkan Anda. Melalui artikel ini, kami menjelaskan cara memilih lens hood terbaik berdasarkan fungsi dan efek yang dapat dihasilkan. Sebelum membahas lebih jauh, akan kami jelaskan beberapa kegunaan lens hood pada kamera.
    Lensa & aksesori
    2.311 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Terbaik untuk Kamera Mirrorless (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lensa Terbaik untuk Kamera Mirrorless (Terbaru Tahun 2020)
    Penggunaan lensa pada kamera mirrorless sangat memengaruhi hasil foto yang didapat. Untuk menghasilkan efek bokeh, mendapatkan gambar yang tajam dengan jangkauan lebar, memotret objek jarak jauh, tentunya tidak bisa hanya menggunakan satu lensa saja.Untuk itu, produsen seperti Olympus, Sony, Canon, Fujifilm, Sigma, dan Nikon secara aktif mengembangkan lensa untuk kamera mirrorless. Melalui artikel ini, kami akan mengajak Anda untuk mengetahui cara memilih lensa mirrorless beserta produk-produk rekomendasinya, termasuk lensa keluaran third party, seperti Samyang, 7Artisans, dan lainnya.
    Lensa & aksesori
    11.787 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Converter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lensa Converter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lensa converter adalah aksesori yang dapat mengubah tampilan foto jika dipasangkan pada kamera atau lensa. Produk ini disukai penggemar fotografi karena memberikan pengalaman fotografi baru tanpa harus membeli peralatan yang mahal. Anda dapat mengambil foto-foto menarik dengan menginstal aksesori tambahan tanpa kehilangan kualitas gambar. Saat ini, produsen seperti Olympus, Sony, dan Ricoh telah merilis berbagai jenis lensa converter. Kali ini, kami akan memperkenalkan beberapa jenis lensa converter berserta cara memilihnya. Anda mungkin akan menemukan produk-produk yang menarik. Jadi, silakan cek rekomendasi kami berikut ini.
    Lensa & aksesori
    694 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Mirrorless Terbaik Merek Sony (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lensa Mirrorless Terbaik Merek Sony (Terbaru Tahun 2020)
    Selain dapat dijadikan sebagai profesi, banyak orang menjadikan fotografi sebagai hobi. Tak jarang, seseorang yang menekuni kegiatan fotografi akan mengoleksi lebih dari satu lensa. Salah satu merek kamera mirrorless yang sudah terkenal dan cukup banyak digunakan adalah Sony. Setiap lensa mirrorless Sony tentunya menawarkan keunggulan yang berbeda-beda. Misalnya saja FE 85mm F1.8 dan Sonnar T* FE 55mm F1.8 ZA yang berbeda kualitasnya dengan lensa kit standar. Untuk itu, kami akan menjelaskan tips memilih lensa mirrorless Sony terbaik sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Simak artikel ini sampai tuntas, ya! 
    Lensa & aksesori
    974 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Lensa Terbaik untuk Kamera Mirrorless (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lensa Terbaik untuk Kamera Mirrorless (Terbaru Tahun 2020)
    Penggunaan lensa pada kamera mirrorless sangat memengaruhi hasil foto yang didapat. Untuk menghasilkan efek bokeh, mendapatkan gambar yang tajam dengan jangkauan lebar, memotret objek jarak jauh, tentunya tidak bisa hanya menggunakan satu lensa saja.Untuk itu, produsen seperti Olympus, Sony, Canon, Fujifilm, Sigma, dan Nikon secara aktif mengembangkan lensa untuk kamera mirrorless. Melalui artikel ini, kami akan mengajak Anda untuk mengetahui cara memilih lensa mirrorless beserta produk-produk rekomendasinya, termasuk lensa keluaran third party, seperti Samyang, 7Artisans, dan lainnya.
    Lensa & aksesori
    11.787 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lensa tele atau telephoto lens digunakan untuk memotret berbagai kegiatan, seperti pertandingan olahraga, foto lanskap, atau burung-burung liar. Namun, banyaknya produsen lensa tele seperti Canon, Nikon, Sigma, dan sebagainya mungkin membuat Anda bingung memilih produk terbaik.Karena itu, dalam artikel ini kami akan membahas mengenai cara memilih serta memberikan daftar rekomendasi lensa tele terbaik yang berbeda fitur, spesifikasi, dan harga satu sama lain. Semoga menginspirasi Anda dan membantu Anda dalam menemukan lensa yang tepat untuk Anda. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
    17.754 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lensa memegang peranan yang sangat penting dalam menghasilkan foto yang Anda idamkan. Gambar bokeh dengan detail yang memesona bisa dihasilkan dengan sempurna oleh lensa yang tepat. Sayangnya, lensa produksi perusahaan kamera seperti Nikon dan Canon berharga cukup mahal. Hal itu membuat banyak orang kesulitan untuk mendapatkan lensa yang diimpikan.Nah, kali ini kami ingin merekomendasikan lensa Sigma. Sebuah produsen third party lenses atau lensa pihak ketiga yang performanya tidak kalah dengan lensa lainnya. Selain itu, kami juga akan menjelaskan cara memilih lensa Sigma sesuai kebutuhan fotografi Anda. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
    7.995 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Mirrorless Terbaik Merek Sony (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lensa Mirrorless Terbaik Merek Sony (Terbaru Tahun 2020)
    Selain dapat dijadikan sebagai profesi, banyak orang menjadikan fotografi sebagai hobi. Tak jarang, seseorang yang menekuni kegiatan fotografi akan mengoleksi lebih dari satu lensa. Salah satu merek kamera mirrorless yang sudah terkenal dan cukup banyak digunakan adalah Sony. Setiap lensa mirrorless Sony tentunya menawarkan keunggulan yang berbeda-beda. Misalnya saja FE 85mm F1.8 dan Sonnar T* FE 55mm F1.8 ZA yang berbeda kualitasnya dengan lensa kit standar. Untuk itu, kami akan menjelaskan tips memilih lensa mirrorless Sony terbaik sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Simak artikel ini sampai tuntas, ya! 
    Lensa & aksesori
    974 Views
  • 10 Rekomendasi Filter Lensa Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Filter Lensa Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda memiliki hobi fotografi? Tentunya harga kamera dan lensa SLR Anda tidak dapat dibilang murah, ya. Pastinya Anda ingin menjaga agar lensa tetap aman dari goresan meskipun sering digunakan dalam jangka waktu lama. Untuk perlindungan lensa Anda, filter lensa merupakan solusinya.Ada banyak brand yang memproduksi filter lensa, seperti K&F Concept, ZOMEi, dan Hoya. Tidak hanya untuk melindungi lensa, filter lensa juga dapat berfungsi untuk efek fotografi. Barangkali Anda cukup kewalahan memilih filter lensa yang Anda butuhkan. Karena itu, simaklah tips serta rekomendasi dari kami.
    Lensa & aksesori
    7.804 Views
  • 10 Rekomendasi Fisheye Lens Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Fisheye Lens Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Fisheye lens adalah lensa yang dapat mengambil gambar dengan skala lebih luas. Hasil foto menggunakan fisheye lens akan terlihat berbeda dengan adanya distorsi yang kentara. Bisa dibilang kalau fisheye lens adalah must have item bagi Anda yang suka mengambil foto pemandangan atau traveling.Berhubung fisheye lens bukanlah lensa biasa, tidak banyak orang mengerti cara memilih fisheye lens. Untuk itulah, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi fisheye lens terbaik. Anda akan menemukan beragam fisheye lens berkualitas keluaran Canon, Olympus, Nikon, dan sebagainya dalam artikel ini. Yuk, disimak!
    Lensa & aksesori
    1.601 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori