1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Perawatan wajah
  6. >
  7. 10 Hydrating Toner Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Hydrating Toner Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Hydrating Toner Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Hydrating Toner Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Hydrating Toner Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Hydrating Toner Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Hydrating Toner Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)

Toner memiliki banyak manfaat yang baik untuk kulit. Beberapa manfaatnya antara lain untuk menyegarkan, melembapkan, dan memperbaiki tekstur kulit wajah. Toner di pasaran terdiri dari dua jenis, yaitu hydrating toner dan exfoliating toner. Namun, kali ini kami akan membahas lebih spesifik tentang hydrating toner.


Kami akan menjelaskan cara memilih hydrating toner sekaligus merekomendasikan hydrating toner yang bagus. Mulai dari hydrating toner merek lokal, seperti Wardah, hingga hydrating toner luar, seperti Skintific, Sukin, dan Hadalabo. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV.

Diperbaharui 10-03-2022
Pakar
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Annisa Anjani

dr. Annisa menempuh pendidikan kedokteran umum dan melanjutkan pendidikan spesialisnya di Universitas Indonesia, Jakarta. Saat ini, ia berpraktik di RSIA Tambak dan Kinara Clinic, Jakarta. Ia sering mengisi acara pendidikan dan berkontribusi dalam penulisan artikel untuk edukasi masyarakat mengenai bidang kulit dan kelamin. Ia juga aktif membagikan konten edukasi tentang kesehatan kulit dan kelamin melalui media sosial Instagram dan YouTube.

Profil dr. Annisa Anjani
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Ervina Sari

Ervina Sari, biasa dipanggil Vina, menyukai berbagai hal mengenai makeup dan skincare semenjak SMA. Menurutnya, makeup sama seperti menggoreskan karya seni di wajah. Ketika kuliah, ia juga mengisi waktu luangnya dengan menjadi English interpreter dan student tutor. Ia pun hobi bereksperimen dengan berbagai masakan. Makanan lezat adalah bahan bakar terbaik untuk otak, bukan? Kini, Vina bekerja sebagai editor mybest sembari menikmati waktu bersama keluarganya tercinta. Sebagai lulusan fakultas ekonomi di bidang pemasaran, ia mampu merekomendasikan produk sesuai kebutuhan konsumen. Hal tersebut juga ditunjang dengan pengalaman bekerja bertahun-tahun sebagai professional marketer.

Profil Ervina Sari
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Apa itu hydrating toner?

Apa itu hydrating toner?

Selama ini, Anda mungkin hanya mengetahui tentang manfaat toner sebagai cairan pembersih atau penyegar wajah. Padahal, toner sendiri dibagi menjadi dua jenis, yaitu exfoliating toner dan hydrating toner. Exfoliating toner memiliki fungsi untuk mengangkat sel kulit mati, sedangkan hydrating toner memiliki beberapa fungsi, yakni:


  • Menyegarkan wajah

Sebagian besar toner memiliki kandungan bahan-bahan alami yang dapat membuat kulit wajah Anda lebih segar. Beberapa toner bahkan memberikan sensasi segar lebih lama jika dimasukkan kulkas terlebih dahulu sebelum digunakan.


  • Melembapkan wajah

Kandungan alkohol pada hydrating toner lebih sedikit dan memiliki lebih banyak bahan pelembap. Kandungan pelembap tersebut dapat mempertahankan kelembapan kulit berminyak tanpa teriritasi akibat kandungan alkoholnya.


  • Mengembalikan keseimbangan pH alami kulit

Toner memiliki kandungan yang dapat melindungi mantel asam sehingga keseimbangan pH kulit terjaga. Ketika pH kulit seimbang, wajah terlihat lebih lembap dan terhindar dari masalah iritasi.


Jika Anda bingung memilih antara exfoliating atau hydrating, Anda bisa melihat kemasan toner sebelum membelinya. Toner yang masuk dalam kategori hydrating biasanya memiliki tulisan hydrating, lotion, atau hydrating mist. Untuk lebih lengkapnya, perhatikan tips memilih hydrating toner yang akan kami bahas supaya Anda menemukan produk yang tepat.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih hydrating toner

Agar tidak salah memilih hydrating toner, Anda bisa memperhatikan beberapa poin penting yang sudah kami rangkum. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

① Pilih bahan pelembap sesuai dengan kondisi kulit Anda

Pada umumnya, hydrating toner memiliki kandungan hyaluronic acid atau glycerin. Namun, ada juga bahan lain yang bisa disesuaikan dengan kondisi kulit Anda. Maka dari itu, pilih bahan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Kulit kering: Vitamin E atau air mawar untuk kelembapan ekstra

Kulit kering: Vitamin E atau air mawar untuk kelembapan ekstra

Kulit kering biasanya ditandai dengan kulit yang bersisik dan kasar, serta terasa kencang seperti ditarik. Pada beberapa kondisi, kulit yang sangat kering bisa mengelupas, terlebih di daerah atau cuaca yang dingin.


Agar kulit kering Anda senantiasa terasa lembap terutama setelah mencuci muka, hydrating toner dapat membantu. Untuk kulit kering Anda, pilih bahan yang tinggi kandungan pelembap semisal vitamin E dan ekstrak mawar.

Kulit berminyak/berjerawat: Witch hazel atau lemon untuk mengontrol minyak berlebih

Kulit berminyak/berjerawat: Witch hazel atau lemon untuk mengontrol minyak berlebih

Jangan kira karena memiliki wajah yang berminyak, Anda jadi tidak membutuhkan pelembap wajah. Kenyataannya, jika kekurangan kelembapan, kulit justru akan makin menghasilkan minyak berlebih. Kulit yang berminyak juga rentan terhadap jerawat. Hydrating toner sangat dibutuhkan terutama oleh Anda yang sering berada di ruangan ber-AC atau tinggal di daerah yang dingin.


Nah, hydrating toner untuk kulit berjerawat atau berminyak dapat menjadi pilihan tepat. Carilah hydrating toner dengan kandungan witch hazel atau lemon yang dapat mengontrol minyak berlebih. Lalu, cari juga hydrating toner yang memiliki tekstur seperti air supaya lebih mudah menyerap dan tidak membuat lengket.

Kulit kombinasi: Lactic acid untuk menyeimbangkan kelembapan wajah

Kulit kombinasi: Lactic acid untuk menyeimbangkan kelembapan wajah

Kulit kombinasi adalah jenis kulit yang memiliki kombinasi antara kering dan berminyak. Biasanya, Anda akan memiliki kulit yang kering di daerah zona U (U-zone) seperti pipi dan dagu. Namun, bagian zona T (T-zone) seperti dahi dan hidung cenderung berminyak.


Jenis kulit ini memerlukan hydrating toner yang mampu melembapkan daerah U-zone tanpa membuat daerah T-zone makin berminyak. Anda bisa mencari toner dengan kandungan lactic acid yang melembapkan tanpa menyumbat pori-pori dan memperparah minyak di daerah T-zone.

Kulit sensitif: Kandungan timun atau chamomile yang menenangkan

Kulit sensitif: Kandungan timun atau chamomile yang menenangkan

Kulit sensitif merupakan jenis kulit yang mudah teriritasi. Jika tidak cocok dengan bahan yang terdapat dalam skincare, kulit akan memerah, gatal, memiliki sensasi seperti terbakar, bahkan mengelupas. Untuk menghindarinya, pilihlah bahan yang bisa menenangkan kulit seperti timun atau chamomile. Kandungan yang terdapat pada kedua bahan tersebut biasanya ringan dan aman untuk kulit sensitif.

② Pertimbangkan produk yang minim kandungan bahan penyebab iritasi

Pertimbangkan produk yang minim kandungan bahan penyebab iritasi

Jika Anda memiliki tipe kulit kering dan sensitif, hindarilah toner yang mengandung alkohol. Kandungan alkohol di dalam toner hanya akan membuat kulit Anda makin kering dan mudah iritasi. Bahan-bahan seperti paraben, pewangi buatan (fragrance), essential oil, minyak mineral, dan petrolatum juga sebaiknya dihindari pemilik kulit sensitif.

③ Perhatikan juga ukuran kemasannya

Perhatikan juga ukuran kemasannya

Memilih ukuran kemasan toner sangatlah penting. Jika Anda baru mau mencoba produk toner baru, pilihlah toner berukuran kecil atau travel size untuk menguji kecocokannya dengan kulit. Jika cocok, barulah pilih ukuran toner dengan ukuran besar atau full size. Namun, apabila Anda memiliki mobilitas tinggi dan sering melakukan perjalanan, tentu kemasan ekonomis perlu dipertimbangkan.

10 Rekomendasi hydrating toner terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk hydrating toner terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Wardah

Lightening Face Toner

Wardah Lightening Face Toner 1枚目

Diperkaya formula pH balance untuk memaksimalkan penyerapan skincare

2

L-Essential

Theraskin AHA Toner

L-Essential Theraskin AHA Toner 1枚目

Untuk kulit berjerawat, merawatnya tanpa membuat kering

3

Viva Cosmetics

Air Mawar

Viva Cosmetics Air Mawar 1枚目

Produk ekonomis dari merek lokal yang serbaguna!

4

Skintific

4D Hyaluronic Acid (HA) Barrier Essence Toner

Skintific 4D Hyaluronic Acid (HA) Barrier Essence Toner 1枚目

Mengandung hyaluronic acid, lindungi kulit maksimal dengan kombinasi tiga bahan pelembap

5

Avoskin

Your Skin Bae Toner Marine Collagen 5% + Hyacross 2% + Galactomyces

Avoskin Your Skin Bae Toner Marine Collagen 5% + Hyacross 2% + Galactomyces 1枚目

Diperkaya dengan kolagen untuk menyamarkan garis halus di wajah

6

Rohto

Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturising Lotion

Rohto Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturising Lotion 1枚目

Dapatkan kulit lembap dari manfaat tiga jenis hyaluronic acid

7

Lacoco

Watermelon Glow Hydrating Toner

Lacoco Watermelon Glow Hydrating Toner 1枚目

Cegah kulit kusam dengan kandungan buah semangka

8

Sukin

Hydrating Mist Toner | Signature

Sukin Hydrating Mist Toner | Signature 1枚目

Berikan sensasi cooling untuk kulit Anda yang lelah

9

The Body Shop

Vitamin E Hydrating Toner

The Body Shop Vitamin E Hydrating Toner 1枚目

Memberi kelembapan ekstra dengan perpaduan kandungan vitamin E dan glycerin

10

Kiehl's

Calendula Herbal Extract Alcohol-Free Toner

Kiehl's  Calendula Herbal Extract Alcohol-Free Toner 1枚目

Kandungan anti-inflamasinya akan menenangkan jerawat

Perincian produk
Close
No.1

WardahLightening Face Toner

Mulai dari Rp25.000,00

Diperkaya formula pH balance untuk memaksimalkan penyerapan skincare

Kelebihan:

  • Ringan dan mudah terserap di kulit wajah
  • Dapat mengontrol produksi minyak berlebih

Kekurangan:

  • Sebagian pemilik kulit berminyak mengeluhkan wajah panas dan beruntusan setelah memakai toner
  • Efek lightening kurang terasa bagi sebagian pengguna

Hydrating toner merek lokal ini dilengkapi dengan formula pH balance yang membuat kulit siap menerima skincare selanjutnya. Skincare Anda akan terserap maksimal sehingga manfaatnya pun makin terasa di wajah Anda. Selain itu, toner ini juga mengandung advance niacinamide yang mampu mencerahkan wajah Anda jika digunakan secara teratur.

No.2

L-EssentialTheraskin AHA Toner

Mulai dari Rp21.450,00

Untuk kulit berjerawat, merawatnya tanpa membuat kering

Kelebihan:

  • Harga terjangkau untuk jenis AHA toner
  • Sebagian pengguna menyebut toner ini mampu menyamarkan pori-pori

Kekurangan:

  • Aroma cukup kuat bagi sejumlah pengguna

Kebanyakan produk untuk kulit berjerawat biasanya memiliki kandungan yang mengeksfoliasi dan membuat kulit menjadi kering. Namun, Theraskin AHA Toner akan membuat kulit Anda terjaga kelembapannya sekaligus menghilangkan jerawat yang muncul. Produk ini juga cocok untuk Anda pemilik kulit kombinasi yang kerap memiliki masalah dengan breakout di sekitar T-zone.

No.3

Produk ekonomis dari merek lokal yang serbaguna!

Kelebihan:

  • Dapat dijadikan campuran masker wajah bubuk atau lulur
  • Harganya sangat terjangkau
  • Memberikan efek menyegarkan dan mencerahkan

Kekurangan:

  • Kandungan alkohol cukup tinggi, kurang cocok untuk kulit sensitif
  • Efek melembapkannya kurang terasa
  • Beberapa pengguna mengeluhkan wangi yang agak menyengat

Siapa yang tidak kenal dengan merek satu ini? Viva Air Mawar sudah menjadi salah satu produk terfavorit dari tahun ke tahun. Tidak hanya berfungsi sebagai hydrating toner, produk ini juga bisa digunakan sebagai campuran masker bubuk, penyegar, serta pembersih wajah. Harganya juga supermurah dan terjangkau! Tak heran, hydrating toner lokal ini begitu laris dan banyak peminatnya.

No.4

Skintific4D Hyaluronic Acid (HA) Barrier Essence Toner

Mulai dari Rp139.000,00

Mengandung hyaluronic acid, lindungi kulit maksimal dengan kombinasi tiga bahan pelembap

Kelebihan:

  • Pemakaiannya irit, cukup 2–3 tetes saja untuk seluruh wajah
  • Review beberapa pengguna menyebut dapat mengatasi kulit mengelupas karena dehidrasi

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna yang kulitnya sensitif mengeluhkan muncul beruntusan dan jerawat setelah beberapa minggu pemakaian
  • Terdapat sedikit aroma bahan kimia

Merek skincare yang sedang naik daun ini pun punya toner dengan bahan pelembap yang komplet. Skintific mengombinasikan empat jenis hyaluronic acid dengan ceramide dan Centella asiatica. Bahan-bahan tersebut mampu melindungi kulit Anda dari faktor perusak dari luar. Selain itu, toner ini juga membantu memperbaiki kulit yang mengelupas akibat dehidrasi.

No.5

AvoskinYour Skin Bae Toner Marine Collagen 5% + Hyacross 2% + Galactomyces

Mulai dari Rp149.000,00

Diperkaya dengan kolagen untuk menyamarkan garis halus di wajah

Kelebihan:

  • Mudah meresap ke dalam kulit dan tidak lengket
  • Ada efek mendinginkan dan menenangkan saat diaplikasikan ke wajah

Kekurangan:

  • Efek melembapkan kurang terasa di pemilik kulit kering dan sangat kering

Bagi Anda yang mulai melirik produk skin care dengan kandungan anti-aging, Anda bisa mencoba toner ini. Toner dari Avoskin ini diperkaya marine collagen yang mampu menyamarkan garis halus di wajah Anda. Toner ini juga diklaim mampu meningkatkan skin barrier Anda. Jadi kulit wajah Anda tidak akan mudah iritasi ataupun jerawatan.

No.6

RohtoHada Labo Gokujyun Ultimate Moisturising Lotion

Mulai dari Rp43.000,00

Dapatkan kulit lembap dari manfaat tiga jenis hyaluronic acid

Kelebihan:

  • Tidak mengandung pewarna dan pewangi sehingga aman untuk kulit sensitif
  • Mampu melembapkan kulit kering hingga sangat kering

Kekurangan:

  • Beberapa pemilik kulit berminyak menyebut toner cukup greasy
  • Menimbulkan jerawat dan rasa gatal menurut beberapa pengguna

Jika Anda ingin mendapat manfaat dari tiga jenis hyaluronic acid, Anda bisa mencoba produk ini. Hada Labo Gokujyun Lotion ini diklaim mampu mengunci kelembapan kulit wajah Anda. Formulanya juga memberikan efek menghaluskan pada kulit wajah. Di samping itu, toner ini juga bisa Anda gunakan sebagai base make up, lho!

No.7

LacocoWatermelon Glow Hydrating Toner

Mulai dari Rp250.000,00

Cegah kulit kusam dengan kandungan buah semangka

Kelebihan:

  • Dapat membantu mengurangi kemerahan di kulit wajah
  • Memiliki efek mencerahkan

Kekurangan:

  • Perlu digunakan dengan rangkaian seri watermelon lainnya untuk hasil yang lebih terasa

Buah semangka yang kaya akan air ternyata juga dapat membuat wajah Anda cerah, lho! Dengan toner dari Lacoco ini, Anda dapat merasakan sensasi segar sekaligus mencegah wajah kusam. Formulanya yang ringan membuat toner ini cepat meresap ke dalam kulit wajah. Tidak hanya itu, toner ini juga aman untuk ibu hamil dan menyusui.

No.8

SukinHydrating Mist Toner | Signature

Mulai dari Rp70.000,00

Berikan sensasi cooling untuk kulit Anda yang lelah

Kelebihan:

  • Cocok untuk kulit sensitif hingga supersensitif
  • Pemakaian praktis tinggal semprot, tidak memerlukan kapas

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna menyebut ada sensasi perih saat pertama kali dipakai

Produk ini merupakan hydrating toner dari brand ternama asal Australia, Sukin, yang cocok untuk kulit dehidrasi karena stres. Kandungan ekstrak bunga chamomile-nya mampu merelaksasi kulit wajah yang lelah dan meradang akibat iritasi. Oleh karena itu, produk ini juga cocok untuk kulit Anda yang sering terpapar polusi setiap hari.

No.9

The Body ShopVitamin E Hydrating Toner101011005

Mulai dari Rp199.000,00

Memberi kelembapan ekstra dengan perpaduan kandungan vitamin E dan glycerin

Kelebihan:

  • Mampu mengangkat sisa-sisa kotoran di wajah
  • Awet karena tekstur tidak terlalu cair dengan kemasan besar

Kekurangan:

  • Menurut beberapa review, efek melembapkan kurang terasa jika hanya dipakai satu layer
  • Memiliki aroma kuat

Jika Anda memiliki kulit yang superkering, Anda membutuhkan toner dengan kandungan glycerin untuk melembapkan kulit. Bukan hanya glycerin saja, produk ini juga memiliki vitamin E dan wheat yang akan memberi kelembapan ekstra. Selain itu, toner ini juga cukup ampuh membersihkan sisa make up yang tidak terangkat saat mencuci muka, lho! Wajah dijamin langsung terasa bersih setelah pemakaian.

No.10

Kiehl's Calendula Herbal Extract Alcohol-Free Toner

Mulai dari Rp400.000,00

Kandungan anti-inflamasinya akan menenangkan jerawat

Kelebihan:

  • Memiliki aroma yang menenangkan
  • Cepat meresap ke dalam lapisan kulit

Kekurangan:

  • Tekstur sangat cair sehingga produk terasa cepat habis

Produk satu ini kami rekomendasikan untuk Anda yang memiliki kulit berjerawat! Kandungan allantoin dan ekstrak bunga calendula dapat menenangkan kulit yang meradang karena jerawat. Di sisi lain, kandungan great burdock root dapat melembapkan wajah Anda. 


Meski melembapkan, cairan toner ini tidak akan membuat kulit Anda makin berminyak dan berjerawat. Inilah toner yang cocok untuk kulit berminyak dan kulit kombinasi!

Baca juga rekomendasi produk toner lainnya di sini

Selain hydrating toner, kami juga masih memiliki beberapa artikel terkait toner yang bisa Anda baca. Mulai dari toner merek lokal terbaik, toner untuk kulit berminyak, hingga exfoliating toner. Pilih toner yang paling sesuai dengan kebutuhan kulit Anda dan tentunya yang harganya pas di kantong, ya!

Kesimpulan

Pada artikel di atas kami telah menjelaskan tentang pentingnya hydrating toner. Jangan sampai kulit Anda menjadi kering akibat dehidrasi. Kulit yang kering tidak hanya menjadi kasar dan iritasi, melainkan juga mudah berkeriput.


Jika saat ini Anda belum menemukan pelembap yang tepat untuk wajah Anda, coba saja gunakan hydrating toner. Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan hydrating toner yang sesuai dengan tipe kulit Anda. Selamat memilih!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer