• 10 Pembersih Kewanitaan Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Pembersih Kewanitaan Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Pembersih Kewanitaan Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Pembersih Kewanitaan Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Pembersih Kewanitaan Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Pembersih Kewanitaan Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021)

Setiap wanita pasti menginginkan tubuh yang bersih dan sehat. Tak hanya tubuh bagian luar, area kewanitaan yang tersembunyi pun perlu dirawat. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah membersihkannya menggunakan pembersih kewanitaan, seperti Betadine, Purbasari Sabun Sirih Manjakani, atau Lactacyd Feminine Hygiene.


Ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan supaya tidak salah pilih sabun kewanitaan. Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih pembersih kewanitaan serta memberikan rekomendasi produk terbaiknya. Tak perlu ragu, artikel ini juga sudah ditinjau oleh dokter umum, dr. Afriyani Khusna. 

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Afriyani Khusna
  • Pembaharuan terakhir: 11 November 2021
Daftar isi

Profil pakar: Dokter Umum, dr. Afriyani Khusna

Profil pakar: Dokter Umum, dr. Afriyani Khusna
dr. Afriyani Khusna
Dokter umum
dr. Afriyani Khusna

dr. Afriyani Khusna adalah dokter umum yang sudah aktif berpraktik sejak 2016. Pengalaman kerjanya meliputi dokter IGD dan dokter ruangan di RSUD Embung Fatimah dan Puskesmas Batu Aji Kota Batam. dr. Afri juga pernah bertugas di Klinik Melati, Klinik Abditama Kabupaten Tangerang, klinik perusahaan Mattel Indonesia, dan ICU RSUD Meuraxa Banda Aceh.


Saat ini dr. Afri bekerja sebagai staf NGO lokal yang bergerak di bidang penanggulangan HIV dan AIDS di Jakarta. Pemilik akun @doctorafree ini juga aktif memberikan edukasi dan promosi kesehatan kepada masyarakat melalui Instagram dan YouTube-nya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih pembersih kewanitaan

Organ intim merupakan aset yang sangat berharga bagi wanita sehingga Anda tidak boleh memakai produk pembersih sembarangan. Ada beberapa hal penting yang harus Anda pahami sebelum memilih produk, seperti berapa pH-nya, apa saja kandungannya, atau soal pemakaian pewangi yang tidak baik jika berlebihan. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membaca uraian ini hingga tuntas.

Pilih produk yang mengandung bahan alami dan aman

Pilih produk yang mengandung bahan alami dan aman

Saat hendak membeli produk pembersih kewanitaan, hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah komposisi bahannya. Sebisa mungkin, pilihlah produk yang mengandung bahan-bahan alami yang sudah teruji klinis berkhasiat membersihkan dan merawat area kewanitaan.


Beberapa bahan alami sering dimasukkan dalam komposisi pembersih kewanitaan. Bahan tersebut seperti sirih sebagai antiseptik, manjakani untuk mengatasi keputihan, hingga Aloe vera dan chamomile untuk menjaga kelembapan kulit. Kandungan bahan-bahan kimia alami tentu saja jauh lebih baik dan sehat untuk organ intim dibandingkan bahan kimia sintetik.


Tidak hanya itu, saat memilih pembersih kewanitaan, pedoman praktik klinis merekomendasikan Anda untuk menggunakan produk yang memiliki kriteria berikut ini.


  1. Menggunakan bahan pembersih yang hypoallergenic

  2. Memiliki pH yang sama dengan pH organ intim kewanitaan (3,54,5)

  3. Produk memiliki formulasi yang ringan dan lembut

  4. Kandungannya tidak memengaruhi flora normal (mikrobiota vagina) dan pH di vulvovagina

Cek komposisinya, sebaiknya mengandung prebiotik dan lactic acid

Salain mengecek kandungan alami dalam suatu produk, yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah mengecek komposisinya. Pembersih kewanitaan yang ideal seharusnya mengandung satu atau dua dari bahan ini, yaitu prebiotik dan lactic acid.

Prebiotik, merangsang pertumbuhan flora normal vagina

Prebiotik, merangsang pertumbuhan flora normal vagina

Prebiotik merupakan makanan bagi peningkatan kualitas dan pertumbuhan bakteri baik (probiotik) di area kewanitaan. Prebiotik inilah yang menjaga pH balance. Hal ini karena manfaatnya yang dapat merangsang pertumbuhan flora normal vagina dan mengembalikan ekosistem vagina normal


Pada studi klinis yang dilakukan oleh Isabelle Coste, et al., disimpulkan bahwa gel prebiotik intravaginal yang mengandung APP-14 efektif mempercepat pemulihan flora normal vagina setelah menjalani episode pengobatan untuk bakterial vaginosis.

Lactic acid, membantu menjaga pH asam

Lactic acid, membantu menjaga pH asam

Lactic acid biasa dikenal dengan istilah asam laktat. Lactic acid berfungsi menjaga kadar keasaman dan meningkatkan kelembapan pada kulit. Lactic acid pada pembersih kewanitaan biasanya diekstrak dari susu. Untuk itu, jika Anda menemukan susu sebagai bahan pembuat pembersih kewanitaan, produk tersebut bisa dikatakan baik untuk digunakan.


Menurut artikel pada MDPI journals mengenai lactic acid, pembersih kewanitaan yang mengandung 2% asam laktat ternyata memiliki korelasi positif dengan kesehatan kesehatan vulvovaginal. Hal ini karena asam laktat membantu menjaga pH asam di area vulvovaginal untuk meningkatkan homeostasis kulit dan mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya.

Pilih yang pH-nya sesuai dengan organ kewanitaan

Pilih yang pH-nya sesuai dengan organ kewanitaan

Power of Hydrogen atau pH merupakan derajat yang biasa digunakan untuk menyatakan tingkat keasamaan atau kebasaan suatu larutan. Makin rendah pH-nya, berarti larutan atau cairan tersebut makin asam. Sebaliknya, cairan dengan satuan pH yang makin tinggi memiliki kondisi yang makin basa.


Vagina yang sehat memiliki pH asam 3,54,5 yang dipertahankan oleh mikrobiota vagina yang dikenal dengan sebutan Lactobacillus Sp. Terdapat lebih dari 20 spesies Lactobacillus yang sudah teridentifikasi. Namun, hanya sekitar enam spesies yang sangat bermanfaat untuk mempertahankan ekosistem vagina yang sehat seperti berikut ini.


  • L. crispatus 
  • L. gasseri
  • L. iners
  • L. jensenii
  • L. vaginalis 
  • L. buchneri

Jika pH vagina meningkat, bakteri baik yang melindungi vagina bisa mati. Sebaliknya, bakteri yang berpotensi buruk bisa berkembang biak dengan cepat. Hal ini bisa menyebabkan jamur, iritasi, gatal, dan keputihan. 


Pada pH 3,5–4,5, saprofit yang bersifat patogen tidak dapat berkembang biak. Sementara itu, flora normal bisa tumbuh dengan ideal pada tingkat keasaman ini. Mikrobiota vagina (flora normal) kemudian memfermentasi gula menjadi asam laktat untuk menjaga lingkungan vagina tetap asam. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya bakterial vaginosis hingga infeksi akibat patogen lainnya.


Oleh karena itu, dalam menggunakan produk pembersih kewanitaan, Anda harus mempertimbangkan kondisi fisiologis ini. Jika ingin menggunakan produk pembersih kewanitaan, sebaiknya Anda memilih sabun dengan pH yang sesuai dengan pH organ intim. Jika pembersih yang digunakan memiliki pH tinggi, organ kewanitaan bukannya bersih, malah bisa jadi gatal dan mengalami masalah.

Hindari produk dengan aroma yang terlalu kuat

Hindari produk dengan aroma yang terlalu kuat

Hampir semua pembersih identik dengan aroma yang wangi. Namun, saat memilih pembersih kewanitaan, Anda justru harus menghindari produk dengan wangi yang kuat. Aroma yang tajam biasanya dihasilkan dari zat kimia yang keras sehingga bisa menyebabkan iritasi saat digunakan membersihkan organ kewanitaan.


Produk yang beraroma umumnya mengandung fragrance, yaitu campuran berbagai bahan aromatik dengan wangi tertentu. Sejumlah senyawa aromatik ini berpotensi menyebabkan iritasi dan reaksi alergi pada kulit. 


Salah satu syarat atau kriteria utama pembersih organ intim kewanitaan adalah bersifat hypoallergenic, lembut, dan ringan bagi kulit. Karena itu, sebaiknya Anda menghindari produk yang beraroma. Beberapa produk yang menggunakan sirih dan tanaman herbal lainnya biasanya akan mengeluarkan aroma serupa tanaman aslinya. Aroma alami semacam ini tidak masalah, Anda bisa tetap memakainya.

Bagi kulit sensitif, hindari produk dengan kandungan SLS

Bagi kulit sensitif, hindari produk dengan kandungan SLS

SLS atau sodium lauryl sulfate merupakan bahan yang umum ditemukan pada sabun, body wash, face cleanser, ataupun sampo. Bahan ini adalah sejenis detergen yang berfungsi memecah minyak dan lemak pada permukaan kulit untuk membersihkannya. SLS juga yang membuat sabun menjadi berbusa saat digosokkan ke tubuh.


Bahan kimia ini memiliki sifat yang cukup kuat. Jika terlalu kerap dipakai, SLS bisa menyebabkan alergi, apalagi bagi pemilik kulit sensitif. SLS juga memiliki potensi untuk mengiritasi dan merusak barrier alami kulit. Kandungan yang mengiritasi seperti SLS sebaiknya tidak digunakan untuk pembersih organ intim kewanitaan. 

10 Rekomendasi pembersih kewanitaan terbaik

Sekarang, kami akan memberikan rekomendasi produk pembersih kewanitaan terbaik berdasarkan penjelasan di atas. Temukanlah produk yang paling sesuai untuk Anda.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Afriyani Khusna.

10
Isi100 ml
KandunganManjakani
pHTidak ada keterangan
9
Isi120 ml
KandunganDaun sirih, kayu rapet, rumput fatimah, manjakani
pH3,5
8

Good Vistues Co.Lightening Feminine Hygiene Wash

Sensible & Serene

Mulai dari Rp 45.600,00

Isi150 ml
KandunganMinyak habbatussauda (organic black seed oil),
pHSeimbang (tidak ada angka pasti)
7

Sumber AyuPearly White dengan Triple Whitening Extracts

Mulai dari Rp 11.500,00

Isi50 ml, 90 ml
KandunganBengkoang, daun sirih, susu, kayu rapet, manjakani, licorice, lactic acid
pH3,5
6
Isi60 ml, 150 ml, 250 ml
KandunganLactoserum dan lactic acid dari ekstrak susu
pHSeimbang (tidak ada keterangan angka pasti)
5

BETADINE®Feminine Hygiene PVPI 10%

Mulai dari Rp 29.000,00

Isi60 ml
KandunganPovidone-Iodine
pHTidak ada keterangan
4
Isi250 ml
KandunganPrebiotik Alpha-glucan Oligosaccharide, lactic acid
pHSeimbang (tidak ada keterangan angka pasti)
3
Isi60 ml, 125 ml
KandunganDaun sirih, manjakani
pH3,5
2
Isi200 ml
KandunganAloe vera, Bisabolol
pH3,8
1
Isi60 ml, 150 ml
KandunganEkstrak chamomile
pH3,5

Tabel perbandingan produk pembersih kewanitaan terbaik

Gambar produk
1
Kino  Absolute Hypoallergenic 1

Kino

2
Sebamed Feminine Intimate Wash pH 3,8 1

Sebamed

3
Purbasari  Sabun Sirih Manjakani  1

Purbasari

4
Corine de Farme Intimate Gel Protect 1

Corine de Farme

5
BETADINE® Feminine Hygiene PVPI 10% 1

BETADINE®

6
Sanofi Lactacyd Feminine Hygine 1

Sanofi

7
Sumber Ayu Pearly White dengan Triple Whitening Extracts  1

Sumber Ayu

8
Good Vistues Co. Lightening Feminine Hygiene Wash 1

Good Vistues Co.

9
Herborist Daun Sirih Plus 1

Herborist

10
Kino Resik V Khasiat Manjakani 1

Kino

Nama produk

Absolute Hypoallergenic

Feminine Intimate Wash pH 3,8

Sabun Sirih Manjakani

Intimate Gel Protect

Feminine Hygiene PVPI 10%

Lactacyd Feminine Hygine

Pearly White dengan Triple Whitening Extracts

Lightening Feminine Hygiene Wash

Daun Sirih Plus

Resik V Khasiat Manjakani

Keunggulan

Dengan kandungan chamomile untuk pemilik kulit sensitif

Menstabilkan kelembapan alami dan menghilangkan bau tak sedap

Bersih kesat dan mencerahkan area kewanitaan

Kandungan prebiotik mampu menangkal pertumbuhan bakteri jahat

Pembersih andalan di masa menstruasi

Mengandung lactoserum dan lactic acid untuk menjaga keseimbangan pH alami

Mencerahkan area gelap dengan triple whitening extracts

Terbuat dari 100% bahan nonhewani

Mampu mengencangkan dan memperbaiki elastisitas otot organ kewanitaan

Antiseptik alami untuk mengatasi keputihan dan bau tak sedap

Harga mulai dariRp 26.160,00Rp 136.000,00Rp 8.500,00Rp 89.200,00Rp 29.000,00Rp 29.000,00Rp 11.500,00Rp 45.600,00Rp 14.700,00Rp 18.504,00
Isi60 ml, 150 ml200 ml60 ml, 125 ml250 ml60 ml60 ml, 150 ml, 250 ml50 ml, 90 ml150 ml120 ml100 ml
KandunganEkstrak chamomile Aloe vera, BisabololDaun sirih, manjakaniPrebiotik Alpha-glucan Oligosaccharide, lactic acidPovidone-IodineLactoserum dan lactic acid dari ekstrak susuBengkoang, daun sirih, susu, kayu rapet, manjakani, licorice, lactic acidMinyak habbatussauda (organic black seed oil), Daun sirih, kayu rapet, rumput fatimah, manjakaniManjakani
pH3,53,8 3,5Seimbang (tidak ada keterangan angka pasti)Tidak ada keteranganSeimbang (tidak ada keterangan angka pasti)3,5Seimbang (tidak ada angka pasti)3,5Tidak ada keterangan
Tautan produk

Bagaimana cara merawat organ kewanitaan supaya tetap sehat?

Bagaimana cara merawat organ kewanitaan supaya tetap sehat?

Berdasarkan rekomendasi RCOG (Royal College of Obstetricians and Gynaecologists), berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat area kulit kewanitaan.


  1. Jangan membersihkan area kewanitaan secara berlebihan.
  2. Hindari penggunaan sabun batang, sabun cair, scrub, bubble bath, deodorant, baby wipevaginal douche, dan produk lainnya yang dapat mengiritasi area kewanitaan. 
  3. Hindari membersihkan area kewanitaan dengan spons atau flanel, cukup gunakan tangan saja dan tepuk perlahan dengan handuk yang lembut.
  4. Gunakan pakaian dalam berbahan sutra atau katun dan berwarna putih yang tidak ketat atau warna terang. Bahan yang berwarna gelap biasanya diwarnai pewarna yang dapat mencetuskan reaksi alergi.
  5. Jangan gunakan antiseptik pada area kewanitaan. 
  6. Tidurlah tanpa menggunakan celana dalam.

Baca juga rekomendasi celana dalam wanita di sini

Selain menggunakan cairan pembersih, cara menjaga kebersihan area kewanitaan adalah dengan memakai celana dalam yang nyaman serta menggantinya secara rutin. Jika Anda sedang mencari celana dalam yang nyaman dikenakan, beberapa artikel kami di bawah ini mungkin bisa membantu Anda dalam memilih. Silakan klik tautan artikel guna membaca lebih lanjut.

Kesimpulan

Kami telah merekomendasikan cairan pembersih kewanitaan dengan keunggulannya masing-masing. Apakah Anda sudah menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan?


Perlu diingat bahwa penggunaan pembersih kewanitaan sebaiknya tidak dilakukan setiap hari dan dalam jangka waktu yang lama. Hal itu untuk menjaga supaya bakteri baik tetap hidup di dalam organ intim. Semoga dengan membaca artikel ini Anda mendapatkan referensi produk mana yang hendak dibeli.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Test Pack Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)
    10 Test Pack Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)
    Test pack adalah salah satu langkah awal yang bisa dilakukan untuk mengecek kehamilan. Berbagai jenis dan merk produk test pack banyak dijual di pasaran. Akan tetapi, bagaimana cara menentukan produk yang tepat? Dalam artikel ini, kami akan membahas secara tuntas mengenai test pack. Simak ulasan kami, mulai dari cara memilih test pack yang bagus sampai rekomendasi produknya, seperti Akurat, Sensitif, dan Clearblue. Ulasan mengenai macam-macam test pack dan harganya juga akan kami paparkan di artikel ini. Agar tidak salah pilih, bidan Ony Christy juga ikut memberikan komentarnya untuk Anda.
    Produk dewasa & kewanitaan
  • 10 Rekomendasi Pencukur Miss V Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pencukur Miss V Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2021)
    Sekarang, mulai banyak wanita yang mencukur bulu di area miss V atau area kemaluan. Namun, jika Anda mencukur dengan alat cukur biasa, ujung rambut bisa menjadi tajam. Hal ini dapat menyebabkan rasa gatal pada permukaan kulit miss V yang sensitif. Untuk itu, Anda memerlukan pencukur khusus area miss V.Telah banyak juga merek pencukur miss V yang beredar di pasaran, seperti Veet, Philips, atau Panasonic. Kali ini kami akan memberikan tips memilih pencukur miss V beserta rekomendasi produknya untuk Anda. Mari simak dan temukan pencukur miss V yang tepat!
    Produk dewasa & kewanitaan
  • 10 Rekomendasi Popok Dewasa Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Popok Dewasa Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Ada berbagai kondisi kesehatan yang bisa menyebabkan Anda kesulitan untuk menahan urine dan feses. Usia lanjut, diabetes, obesitas, atau kelainan saraf yang mengatur fungsi berkemih adalah sebagian dari contohnya. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan popok dewasa atau adult diaper.Banyaknya merk popok dewasa di pasaran, seperti Confidence, Certainty, dan Lifree mungkin membuat Anda bingung saat memilih. Tenang, kami akan merekomendasikan produk popok dewasa yang bagus dan sesuai kebutuhan Anda. Tips memilih popok dewasa pun juga akan kami ulas. Selamat membaca!
    Produk dewasa & kewanitaan
  • 10 Rekomendasi Pembalut Terbaik untuk Siang Hari (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pembalut Terbaik untuk Siang Hari (Terbaru Tahun 2021)
    Untuk beraktivitas di siang hari saat sedang menstruasi, Anda pasti menginginkan pembalut yang ringan dan nyaman digunakan. Berbagai macam brand terkenal mulai dari Laurier, CHARM, hingga Softex berlomba mengeluarkan pembalut terbaik mereka. Jadi, pembalut seperti apa yang cocok untuk Anda?Untuk menjawab pertanyaan Anda, kali ini kami akan mengulas tentang cara memilih pembalut untuk siang hari. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk pilihan kami. Temukan produk yang sesuai dan bersiaplah untuk bebas beraktivitas tanpa khawatir akan bocor saat sedang deras-derasnya!
    Produk dewasa & kewanitaan
  • 8 Pembalut Nifas Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)
    8 Pembalut Nifas Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)
    Setelah melahirkan, Anda akan mengalami postpartum bleeding selama beberapa pekan. Pada masa nifas ini, Anda akan mengeluarkan darah dari rahim seperti saat menstruasi dengan cairan yang lebih banyak dan pekat. Untuk itu, Anda memerlukan pembalut untuk ibu melahirkan atau maternity pad.Beberapa merk pembalut nifas yang mudah ditemukan antara lain Natracare Maternity Pads, Softex Maternity Pads, dan lainnya. Melalui artikel ini kami akan memberikan rekomendasi pembalut nifas yang bagus untuk dipakai. Selain itu, bidan Ony Christy juga akan memberikan informasi tambahan untuk Anda. Mari disimak!
    Produk dewasa & kewanitaan
  • 10 Menstrual Cup Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2021)
    10 Menstrual Cup Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2021)
    Beberapa tahun terakhir, banyak wanita yang beralih ke menstrual cup karena diklaim memiliki sejumlah keunggulan. Anda tidak perlu repot membeli pembalut secara rutin karena satu menstrual cup dapat digunakan bertahun-tahun. Selain itu, menstrual cup lebih ramah lingkungan karena tidak menghasilkan sampah seperti pembalut. Kami akan menjelaskan hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilih menstrual cup, serta merekomendasikan produk terbaik untuk Anda. Ada sejumlah merek menstrual cup seperti Lena Cup, Intimina, dan OrganiCup. Artikel ini sudah ditinjau oleh perawat kami, Maryami Y. Kosim. Temukan menstrual cup yang bagus dan ketahui perbedaannya!
    Produk dewasa & kewanitaan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori