• 10 Rekomendasi pH Meter Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi pH Meter Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi pH Meter Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi pH Meter Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi pH Meter Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi pH Meter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Sebuah pH meter dapat mengukur tingkat keasaman lebih akurat dibandingkan kertas lakmus. pH meter dengan berbagai jenis dan fungsi sudah banyak dijual di pasaran, apalagi yang harganya terjangkau. Dari segi jenisnya, ada pH meter tipe compact dan handy. Sementara, dari penggunaannya, ada pH meter untuk cairan dan ada yang untuk tanah.


Anda kesulitan mencari pH meter yang sesuai kebutuhan? Di artikel ini, kami akan membagikan tips memilih pH meter yang baik. Selain itu, kami juga merekomendasikan beberapa produk dari merek terbaik, seperti Horiba, Hanna Instrument, atau Thermo Scientific!

  • Pembaharuan terakhir: 13 November 2020
  • 13.210 Views
Daftar isi

pH meter sangat berguna untuk mengontrol kualitas air

pH meter sangat berguna untuk mengontrol kualitas air

Mungkin sebagian orang tidak familier dengan pH meter, tetapi alat ini banyak fungsinya, lho! Misalnya, ketika Anda ingin memelihara ikan tropis di akuarium, Anda membutuhkan pH meter untuk menjaga tingkat keasaman airnya. Dengan begitu, kondisi lingkungan di dalam akuarium tetap nyaman untuk ikan.


Jika Anda memiliki instalasi hidroponik di rumah, pH meter juga bisa digunakan untuk mengontrol kualitas airnya. Tak hanya kualitas air, pH meter juga bisa digunakan untuk mengukur pH tanah di pekarangan rumah Anda. Dengan begitu, Anda bisa menanam sayuran-sayuran segar yang berkualitas baik meskipun hanya dari pekarangan rumah.


Selain itu, beberapa tahun belakangan ini, industri air mineral sedang meningkat pesat dan banyak produk-produk baru bermunculan. Tiap produsen tentunya memiliki kualitas air yang berbeda sehingga tak jarang pH-nya pun berbeda. Adanya pH meter dapat membantu pelanggan untuk mengecek pH di setiap produk air mineral sehingga keamanan dan kualitasnya tetap terjamin.

Cara memilih pH meter

Untuk lebih memudahkan Anda dalam memilih pH meter, berikut ini beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan. Simak dengan baik, ya!

Pilih jenis pH meter berdasarkan tipe dan kegunaannya

Pilih jenis pH meter berdasarkan tipe dan kegunaannya

Ada dua tipe pH meter yang dapat digunakan untuk mengukur kualitas air, yakni tipe compact dan handy. Tipe compact memiliki bentuk bodi yang panjang sehingga mudah untuk melakukan pengukuran di mana saja. Jenis ini biasanya tidak waterproof. Meskipun bisa digunakan outdoor, Anda harus berhati-hati karena selain bagian sensor untuk mengukur air, bagian lainnya tidak waterproof


Di sisi lain, pH meter tipe handy dilengkapi kabel yang tersambung dengan bodinya. Di bagian ujung kabelnya terdapat detektor untuk mengukur pH sampel. Kabel yang panjang membuat Anda lebih leluasa saat ingin mengukur pH sampel, seperti air sungai maupun genangan air. 


Selain itu, ada juga pH meter untuk mengukur pH tanah. Hampir semua pH meter untuk mengukur pH tanah digunakan dengan cara menancapkan bagian ujungnya ke dalam tanah. Jadi, umumnya pH meter jenis ini memiliki bodi yang ramping dan dilengkapi batang panjang di bagian ujungnya.

Pilih pH meter berdasarkan sampel yang akan dicek

Pilih pH meter berdasarkan sampel yang akan dicek

Jenis pH meter juga bisa disesuaikan dengan sampel yang akan diukur. Jadi, pertama-tama tentukan terlebih dahulu sampel apa yang ingin Anda ukur pH-nya. Misalnya, pH meter tipe compact umumnya digunakan untuk mengukur pH cairan.


pH meter tipe compact yang digunakan untuk mengukur pH cairan biasanya tidak bisa digunakan untuk mengukur pH tanah. Oleh karena itu, pH tanah biasanya diukur menggunakan pH meter khusus yang detektornya dimasukkan ke dalam tanah untuk pengukuran.


Selain itu, jika Anda ingin mengukur sampel secara berkelanjutan, Anda bisa menggunakan pH meter tipe flow yang dilengkapi elektroda. Biasanya alat ini digunakan untuk melihat perubahan pH yang terjadi dalam jangka waktu tertentu. Tipe ini juga bisa mengukur tingkat keasaman obat-obatan atau minyak. Namun, berhati-hatilah karena hal ini bisa menyebabkan bagian elektrodanya mudah rusak.

Pilih yang bagian lengannya bisa digerakkan agar tidak ada sampel yang menyumbat

Pada kasus pengukuran pH terhadap sampel yang kental, misalnya cat, ada kemungkinan bagian elektroda yang dicelupkan ke sampel jadi tersumbat. Hal ini bisa menyebabkan pengukuran selanjutnya tidak akurat. Jika Anda ingin mengukur pH pada sampel dengan tingkat kekentalan tinggi, pilihlah pH meter yang bagian lengannya bisa digerakkan. Bagian ini bisa dicuci sehingga Anda dapat mencegah adanya sampel yang menyumbat.


Jika dilihat dari segi harga, mungkin pH meter jenis ini harganya lebih tinggi dari yang lain. Namun, tentu saja ada harga ada kualitas barang! Lebih ekonomis membeli satu produk dengan harga yang cukup tinggi dibandingkan harus membeli barang dengan harga murah berkali-kali.

Pilih berdasarakan fungsi tambahan lainnya

Pilih berdasarakan fungsi tambahan lainnya

Dari sekian banyak variasi produk pH meter, ada beberapa produk yang memiliki fungsi tambahan, misalnya bisa mengukur temperatur, jumlah zat padat terlarut (total dissolve solids/TDS), potensial reduksi (oxidation-reduction potential/ORP), dan sebagainya. Jenis ini lebih praktis untuk mengetahui kualitas air karena bisa langsung mengukur banyak parameter.


Mempersiapkan dan mengganti alat ukur satu per satu saat mengukur sampel tentunya memakan waktu dan biaya. Jika Anda bisa mengukur lebih dari satu parameter dengan satu alat ukur yang sama, tentu akan lebih praktis dan hemat. Sebisa mungkin, pilihlah pH meter yang tidak hanya bisa mengukur pH saja.


Sebagai informasi, TDS adalah parameter yang menunjukkan seberapa banyak zat organik maupun anorganik yang terlarut dalam cairan. Angka TDS tidak dapat dijadikan patokan utama kualitas air, tetapi nilainya bisa memengaruhi rasa dari air tersebut. Bayangkan jika air mineral yang diminum mengandung terlalu banyak zinc, pastinya akan ada perubahan rasa atau bau. Sebagai patokan, air mineral dengan nilai TDS di bawah 300 mg/L termasuk berkualitas bagus, sedangkan 300-600 mg/L bisa dikatakan baik.

Pilih pH meter yang mudah dikalibrasi

Pilih pH meter yang mudah dikalibrasi

Saat menggunakan pH meter, salah satu langkah pentingnya adalah melakukan kalibrasi. Jika tidak dikalibrasi, pengukurannya bisa jadi kurang akurat karena bagian sensor yang bersentuhan dengan sampel bisa dipengaruhi banyak faktor. Misalnya, jika Anda mengganti-ganti sampel, bisa saja pH sampel sebelumnya memengaruhi pH sampel yang sedang diukur. Hal ini menyebabkan keakurasiannya berkurang.


Di sisi lain, akan sangat memakan waktu jika Anda harus sering mengkalibrasi pH meter. Oleh karena itu, pH meter yang bisa dikalibrasi otomatis atau hanya dengan satu sentuhan mungkin akan lebih efektif. Anda jadi lebih hemat waktu dan bisa mengukur pH sampel dengan lebih cepat. 


Selain itu, untuk mengkalibrasi pH meter dibutuhkan larutan penyangga (larutan buffer). Jika Anda tidak terlalu sering menggunakan pH meter, usahakan untuk membeli pH meter yang sudah dilengkapi larutan buffer. Dengan begitu, Anda tidak perlu membelinya secara terpisah.

10 Rekomendasi pH meter terbaik

Setelah menyimak cara memilih di atas, kini saatnya memilih produk pH meter terbaik untuk Anda. Pilih sesuai kebutuhan, ya!

10
TipeCompact
SampelCairan
Fungsi tambahanX
9
TipeCompact
SampelTanah
Fungsi tambahanMengukur temperatur, kelembapan, dan intensitas cahaya matahari
8

Mediatech3 in1 Portable Multifunction TDS Temp PH Meter

B1900133

Rp 360.000,00

TipeCompact
SampelCairan
Fungsi tambahanMengukur TDS dan temperatur
7
TipeHandy
SampelCairan
Fungsi tambahanMengukur suhu, temperatur, dan ORP
6
TipeCompact
SampelCairan, tanah (dalam bentuk bubur/slurries)
Fungsi tambahanX
5

AdwaProfessional pH-ORP-TEMP Bench Meter

AD1030

Rp 5.550.000,00

TipeHandy
SampelCairan
Fungsi tambahanMengukur ORP dan temperatur
4

TakemuraSoil PH Humidity Moisture Tester Meter

DM 15

Rp 1.050.000,00

TipeCompact
SampelTanah
Fungsi tambahanMengukur kelembapan tanah
3
TipeHandy
SampelCairan
Fungsi tambahanMengukur ORP dan temperatur
2

Hanna InstrumentBench top pH meter with Built-in Magnetic Stirrer

HI-208

Rp 8.400.000,00

TipeHandy
SampelCairan
Fungsi tambahanMengukur ORP dan temperatur
1
TipeHandy
SampelCairan
Fungsi tambahanMengukur ORP dan temperatur

Tabel produk pH meter terbaik

Gambar produk
1
Horiba Laqua 1

Horiba

2
Hanna Instrument Bench top pH meter with Built-in Magnetic Stirrer 1

Hanna Instrument

3
AZ Instrument pH/mV Meter 1

AZ Instrument

4
Takemura Soil PH Humidity Moisture Tester Meter 1

Takemura

5
Adwa Professional pH-ORP-TEMP Bench Meter 1

Adwa

6
Hanna Instruments GroLine Hydroponics pH Tester 1

Hanna Instruments

7
Thermo Scientific Eutech 1

Thermo Scientific

8
Mediatech 3 in1 Portable Multifunction TDS Temp PH Meter 1

Mediatech

9
Soil Analyzer 4 In 1 PH Meter  1

10
Mediatech Generic Digital pH Meter  1

Mediatech

Nama produk

Laqua

Bench top pH meter with Built-in Magnetic Stirrer

pH/mV Meter

Soil PH Humidity Moisture Tester Meter

Professional pH-ORP-TEMP Bench Meter

GroLine Hydroponics pH Tester

Eutech

3 in1 Portable Multifunction TDS Temp PH Meter

Soil Analyzer 4 In 1 PH Meter

Generic Digital pH Meter

Keunggulan

Akurasi tingkat tinggi untuk kebutuhan penelitian

Ruang kerja dan colokan listrik terbatas? Tidak masalah untuk produk ini!

Datanya bisa disimpan dan diunggah untuk keperluan analisis

Bodi kokoh, tidak mudah rusak saat ditancapkan ke tanah

Hasil lebih akurat dengan tiga titik kalibrasi

Cukup satu tombol untuk mengoperasikan semua fitur canggihnya!

Mudah dibaca dan hasil pengukurannya bisa disimpan

Memastikan air yang Anda minum berkualitas!

Fungsi lengkap dengan harga ekonomis

Desain minimalis, praktis, dan mudah digunakan!

HargaRp 18.400.000,00Rp 8.400.000,00Rp 4.000.000,00Rp 1.050.000,00Rp 5.550.000,00Rp 1.000.000,00Rp 8.500.000,00Rp 360.000,00Rp 152.000,00Rp 89.000,00
TipeHandyHandyHandyCompactHandyCompactHandyCompactCompactCompact
SampelCairanCairanCairanTanahCairanCairan, tanah (dalam bentuk bubur/slurries)CairanCairanTanahCairan
Fungsi tambahanMengukur ORP dan temperaturMengukur ORP dan temperaturMengukur ORP dan temperaturMengukur kelembapan tanahMengukur ORP dan temperaturXMengukur suhu, temperatur, dan ORPMengukur TDS dan temperaturMengukur temperatur, kelembapan, dan intensitas cahaya matahariX
Tautan produk

Baca juga rekomendasi alat ukur lainnya di sini

Selain pH meter, masih banyak lagi alat yang bisa digunakan untuk mengukur. Misalnya, termometer yang khusus untuk mengukur suhu, atau higrometer untuk mengukur kelembapan udara, dan lainnya. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai alat-alat ukur semacam itu, silakan klik tautan artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Kami sudah mengulas cara memilih pH meter dan merekomendasikan produk-produk terbaik untuk Anda. Bagaimana menurut Anda? Apakah sudah ada yang sesuai kebutuhan?


pH meter bisa diaplikasikan secara luas, mulai dari untuk aquascape, hidroponik, mengukur tingkat keasaman air minum, hingga kebutuhan penelitian. Di pasaran, pH meter dijual dengan harga yang bervariasi. Oleh sebab itu, pilihlah pH meter sesuai kebutuhan Anda. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Pulse Oximeter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pulse Oximeter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pulse oximeter merupakan alat yang berfungsi untuk memeriksa kondisi jantung dan paru-paru. Alat ini juga digunakan untuk mendeteksi happy hypoxia, kondisi saat kadar oksigen dalam darah sangat rendah. Happy hypoxia dapat menyebabkan organ utama dalam tubuh mengalami gagal fungsi dan berakibat fatal. Pulse oximeter dibutuhkan untuk mencegah hal tersebut terjadi.Ada banyak produk pulse oximeter di pasaran, mulai dari Beurer, Contecmed, ChoiceMMed, dan lainnya. Untuk itu, kami akan mengulas cara memilih pulse oximeter beserta rekomendasi produk terbaik. Perhatikan dengan saksama dan pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan. Selamat membaca!
    Alat medis
    65.259 Views
  • 10 Rekomendasi Masker Pelindung Sekali Pakai Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Masker Pelindung Sekali Pakai Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Masker pelindung sekali pakai merupakan benda yang cukup sering digunakan khususnya ketika seseorang mengalami masalah kesehatan. Anda juga akan membutuhkan masker pelindung sekali pakai ketika berada di tempat berdebu atau dikelilingi zat-zat berbahaya.Saat ini, masker pelindung telah diproduksi dalam berbagai varian yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Kali ini, kami akan membantu Anda untuk memilih masker pelindung sekali pakai sesuai kebutuhan. Produk-produk yang akan kami perkenalkan di sini antara lain Sensi, Skrineer, dan Nexcare. Untuk ulasan lengkapnya, silakan baca artikel berikut ini. 
    Alat medis
    219.375 Views
  • 10 Rekomendasi Alat Pengukur Tekanan Darah Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Alat Pengukur Tekanan Darah Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Tekanan darah merupakan parameter kondisi kesehatan yang pemeriksaannya sering kali dilakukan di fasilitas kesehatan. Namun, bila Anda memiliki alat pengukur tekanan darah atau tensimeter sendiri, Anda dapat memeriksa tekanan darah di rumah. Merek-merek, seperti Omron, Beurer, dan Elvasense menawarkan berbagai macam tensimeter, baik yang dipakai di lengan atas ataupun pergelangan tangan. Dari banyaknya pilihan tersebut, Anda mungkin kesulitan untuk memilihnya. Maka dari itu, kami akan memberikan rekomendasi alat pengukur tekanan darah yang lengkap dengan cara memilihnya. Selamat memilih dan pantaulah kesehatan Anda setiap hari!
    Alat medis
    78.879 Views
  • 10 Rekomendasi Termometer Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Termometer Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Termometer digital merupakan pengukur suhu yang saat ini umum digunakan untuk menggantikan termometer air raksa. Termometer ini tersedia dalam berbagai bentuk dengan spesifikasi yang berbeda-beda. Produsen ternama, seperti OneMed, Omron, dan Braun juga turut meramaikan pasar dengan produk-produknya. Anda mungkin jadi sedikit kebingungan untuk menentukan termometer yang tepat. Pada kesempatan ini, kami akan memberikan poin-poin yang perlu diperhatikan ketika ingin membeli termometer digital. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi termometer digital terbaik yang mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan lewatkan informasinya berikut ini, ya!
    Alat medis
    112.089 Views
  • 10 Rekomendasi Alat Cek Gula Darah Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Alat Cek Gula Darah Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Mengecek kadar gula darah secara teratur adalah hal penting bila Anda memiliki riwayat penyakit diabetes. Untuk melakukannya, Anda dapat menggunakan alat cek gula darah yang kini banyak beredar di pasaran. Anda dapat memilih alat dari berbagai produsen, seperti Abbott, Roche atau Xiaomi. Pemilihannya tentu perlu disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Untuk memudahkan Anda, kami akan mengulas cara memilih alat cek gula darah sekaligus merekomendasikan produk terbaiknya. Pilihlah alat yang dapat membantu Anda untuk memantau gula darah secara efektif!
    Alat medis
    61.986 Views
  • 10 Rekomendasi Timbangan Badan Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Timbangan Badan Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Menimbang berat badan merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Anda dapat mengetahui kebutuhan kalori tubuh dengan melihat berat badan Anda di timbangan. Selain itu, menimbang badan juga diperlukan oleh Anda yang sedang menjalankan program diet untuk mendapatkan tubuh ideal.Timbangan digital dapat menjadi pilihan yang praktis dan akurat untuk mengetahui angka berat badan. Dalam artikel kali ini, kami akan membahas tentang memilih timbangan badan digital. Tidak ketinggalan, kami juga akan memberi rekomendasi produk terbaik, seperti OneMed, Tanita, dan Idealife. Selamat membaca!
    Alat medis
    17.542 Views
  • 10 Rekomendasi Masker Kain Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Masker Kain Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Di tengah mewabahnya COVID-19 (coronavirus disease 2019), setiap orang wajib meningkatkan kebersihan dan melindungi diri dari ancaman virus. Memakai masker merupakan salah satu cara untuk mencegah masuknya virus melalui droplet. Kini, masker yang disarankan adalah masker berbahan kain karena masker sekali pakai lebih dibutuhkan orang sakit dan tenaga medis. Namun, banyak sekali jenis dan model masker kain yang ditawarkan di pasaran. Kali ini kami akan membahas cara memilih masker kain dan merekomendasikan sepuluh produk terbaik. Terdapat berbagai merek masker kain, antara lain Mayonette dan Lucky Cla. Selamat menyimak!
    Alat medis
    7.216 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori