mybest
Alat pengukur

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. DIY & tools
  3. Hand tools
  4. 10 Rekomendasi pH Meter Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi pH Meter Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi pH Meter Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi pH Meter Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi pH Meter Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi pH Meter Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi pH Meter Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Sebuah pH meter dapat mengukur tingkat keasaman lebih akurat dibandingkan kertas lakmus. Alat pH meter dengan berbagai jenis, fungsi, dan harga sudah banyak dijual di pasaran. Dari segi jenisnya, ada pH meter tipe compact dan handy. Sementara itu, dari penggunaannya ada pH meter untuk cairan dan ada yang untuk tanah.


Anda kesulitan mencari pH meter yang bagus? Di artikel ini, kami akan membagikan beberapa tips dalam memilih pH meter terbaik. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan pH meter merek Mediatech, Hanna Instrument, dan Takemura. Selamat membaca!

Diperbaharui 14/07/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Mengenal pH meter

Saat mendengar pH meter, biasanya benak orang akan melayang ke pekerjaan laboratorium. Namun, sejatinya pH meter bisa digunakan untuk kebutuhan di luar laboratorium. Selain itu, pH meter juga memiliki prinsip kerja yang tak kalah menariknya untuk Anda ketahui.

Memahami fungsi pH meter dan cara menggunakannya

Memahami fungsi pH meter dan cara menggunakannya

Mungkin sebagian orang tidak familier dengan pH meter, tetapi alat ini banyak fungsinya, lho! Alat pH meter memiliki banyak fungsi di berbagai bidang, misalnya:


  • Pertanian: Kondisi keasaman atau kebasaan media tanam, baik tanah maupun cair, akan memengaruhi kemampuan tumbuh tanaman. Dengan mengetahui nilai pH media tanam, Anda akan mampu memberikan penanganan yang optimal sehingga hasil panen pun maksimal.

  • Konsumsi pangan: Alat ini dapat mengukur tercemar tidaknya pangan termasuk minuman dengan mikroorganisme seperti bakteri dan jamur. Peminum air mineral sebaiknya memiliki alat ini. Begitu pun jika Anda berniat mengembangkan olahan susu seperti yoghurt yang membutuhkan tingkat keasaman tepat.

  • Perikanan: Budidaya ikan membutuhkan air dengan pH yang tepat. Air yang terlalu asam bisa memusnahkan ikan dalam waktu cepat.

  • Lingkungan hidup: Alat pH meter berguna untuk mengetahui tingkat keasaman air limbah.

Nah, bagi Anda yang baru kali pertama memakai alat ini, mungkin Anda bingung bagaimana cara mengoperasikannya. Cara penggunaannya mudah saja, seperti tergambar pada langkah-langkah berikut:


1. Siapkan sampel larutan atau tanah yang hendak diuji.

2. Nyalakan pH meter dengan menekan tombol ON.

3. Masukkan pH meter ke dalam larutan. Jika Anda akan mengukur pH tanah, tancapkan pH meter ke dalam tanah.

4. Diamkan sebentar, jarum pada layar display pH meter akan terus bergerak. Jika Anda menggunakan pH meter digital, angka pada layar akan terus berganti-ganti.

5. Setelah jarum atau angka pada display tidak berubah-ubah lagi, segera perhatikan. Selamat, Anda sudah mendapatkan angka pH sampel!

Mengenal bagian dan prinsip kerja pH meter

Mengenal bagian dan prinsip kerja pH meter

Pada dasarnya pH meter terdiri dari dua elektroda, yaitu elektroda sensor atau indikator dan elektroda referensi. Elektroda indikator memiliki membran kaca yang sangat sensitif terhadap konsentrasi hidrogen sampel uji. Lewat proses elektrokimia konsentrasi hidrogen tersebut, tegangan listrik yang dihasilkan pun berbeda-beda tergantung sampel yang diukur.


Adapun elektroda referensi dialiri larutan yang sudah diketahui tingkat keasamannya. Elektroda ini tidak akan menunjukkan respons apa pun terhadap sampel uji. Perbedaan tegangan listrik antara kedua elektroda itulah yang akan diukur oleh pH meter. Kemudian, pH meter akan mengubahnya menjadi angka pH yang muncul pada layar display.

Cara memilih pH meter

Untuk lebih memudahkan Anda dalam memilih pH meter, berikut ini beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan. Simak dengan baik, ya!

1

Pilih jenis pH meter berdasarkan tujuan penggunaannya

Pilih jenis pH meter berdasarkan tujuan penggunaannya

Berdasarkan tujuan penggunaannya, pH meter dibagi menjadi dua, yaitu untuk mengukur kualitas tanah dan kualitas air. Hampir semua pH meter untuk mengukur pH tanah digunakan dengan cara menancapkan bagian ujungnya ke dalam tanah. Oleh karena itu, umumnya pH meter jenis ini memiliki bodi yang ramping dan dilengkapi batang panjang di bagian ujungnya.


Adapun pH meter air masih terbagi lagi menjadi dua tipe berdasarkan bentuknya. Kedua tipe tersebut adalah:


  • Tipe compact: Bentuk bodinya panjang sehingga mudah untuk melakukan pengukuran di mana saja. Jenis ini biasanya tidak waterproof meskipun bisa digunakan outdoor. Jadi, Anda harus berhati-hati karena selain bagian sensor untuk mengukur air, bagian lainnya tidak waterproof.

  • Tipe handy: Tipe ini dilengkapi kabel yang tersambung dengan bodinya. Di bagian ujung kabelnya terdapat detektor untuk mengukur pH sampel. Kabel yang panjang membuat Anda lebih leluasa saat ingin mengukur pH sampel, seperti air sungai ataupun genangan air. Sayangnya, di marketplace, tipe ini relatif jarang dijual oleh seller dalam negeri.
2

Sesuaikan pH meter berdasarkan sampel yang akan dicek

Sesuaikan pH meter berdasarkan sampel yang akan dicek

Jenis pH meter juga bisa disesuaikan dengan sampel yang akan diukur. Sebagai contoh, pH meter yang berbentuk seperti pena umumnya digunakan untuk mengukur pH cairan. Sementara itu, untuk mengukur pH tanah, digunakan pH meter khusus yang detektornya panjang sehingga bisa menjangkau tanah lebih dalam.

3

Ketahui rentang pengukuran pH meter

Ketahui rentang pengukuran pH meter

Kadar keasaman atau pH material berkisar antara 0–14 pH. Namun, tidak semua pH meter memiliki rentang pengukuran sepanjang itu. Untuk penggunaan reguler seperti pertanian, pH meter dengan rentang pengukuran antara 3–8 pH sudah memadai.


Namun, jika Anda membutuhkan pH meter untuk pekerjaan laboratorium atau mengukur limbah, carilah pH meter dengan rentang sejauh mungkin. Bahkan, ada juga pH meter yang memiliki rentang pengukuran di kisaran -2 pH sampai dengan 12 pH. Memilih pH meter dengan rentang pengukuran yang tepat akan membantu Anda mendapatkan hasil akurat.

4

Pertimbangkan produk dengan lengan yang bisa dilepas untuk mengukur sampel viscous

Pertimbangkan produk dengan lengan yang bisa dilepas untuk mengukur sampel viscous

Pengukuran pH sampel yang kekentalannya tinggi (viscous) misalnya cat bisa menyumbat bagian elektroda yang dicelupkan. Akibatnya, pengukuran selanjutnya jadi tidak akurat. Untuk mengatasi masalah tersebut, pilihlah pH meter yang lengannya bisa dilepas. Bagian lengan bisa dicuci sehingga Anda dapat mencegah adanya sampel yang menyumbat.


Dari segi harga, pH meter seperti ini harganya memang sedikit lebih tinggi dari yang lain. Namun, produk ini lebih ekonomis dibandingkan harus berkali-kali membeli barang murah yang mudah rusak.

5

Cek ada tidaknya fungsi tambahan

Cek ada tidaknya fungsi tambahan

Mempersiapkan dan mengganti alat ukur satu per satu saat mengukur sampel tentunya memakan waktu dan biaya. Jika Anda bisa mengukur lebih dari satu parameter dengan satu alat ukur yang sama, tentu akan lebih praktis dan hemat. Sebagian pH meter memiliki fungsi tambahan yang bisa Anda pertimbangkan.


Ada pH meter yang dapat digunakan mengukur temperatur, jumlah zat padat terlarut/TDS, potensial reduksi/ORP, dan sebagainya. Sementara itu, pada pH meter tanah, Anda akan menemukan fungsi lain. Misalnya adalah mengukur intensitas cahaya dan kelembapan tanah.

6

Periksa tingkat kesulitan kalibrasi pH meter

Periksa tingkat kesulitan kalibrasi pH meter

Jika Anda mengukur beberapa sampel, pH sampel sebelumnya dapat memengaruhi pH sampel yang sedang diukur. Oleh karena itu, Anda wajib melakukan kalibrasi dengan mencelupkan pH meter ke dalam larutan penyangga (buffer). Dengan kalibrasi, pengukuran jadi lebih akurat. Ada dua cara kalibrasi sebagai berikut:


  • Kalibrasi manual: Anda membutuhkan semacam obeng kecil untuk mengatur angka agar sesuai dengan pH larutan buffer.

  • Kalibrasi otomatis: Anda cukup menekan tombol kalibrasi dan menyesuaikan angka pH meter dengan pH larutan buffer.

Kalibrasi otomatis tentu saja tidak memakai banyak tenaga dan waktu. Jika Anda sering memakai pH meter dalam aktivitas sehari-hari, pertimbangkan memilih produk dengan kalibrasi otomatis.


Selain itu, proses kalibrasi pH meter membutuhkan larutan penyangga (larutan buffer). Jika Anda jarang menggunakan pH meter, cobalah membeli pH meter yang sudah dilengkapi larutan buffer. Dengan begitu, Anda tidak perlu membeli larutannya secara terpisah.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi pH meter terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pH meter terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Mediatech

pH Meter Digital Automatic CalibrationB1900126

Mediatech pH Meter Digital Automatic Calibration 1

Rp165.000

Menengah

Produk yang didesain untuk mudah dibawa ke kegiatan lapangan

2

Soil pH-Moisture MeterVT-05

 Soil pH-Moisture Meter 1

Rp169.000

Menengah

Alat pH meter dengan elektroda logam dan bobot ringan

3

Mediatech

Soil Survey Instrument Digital 4 In 1 Backlight/ PH Meter TanahB19005

Mediatech Soil Survey Instrument Digital 4 In 1 Backlight/ PH Meter Tanah 1

Rp200.000

Menengah

Hemat biaya, Anda bisa mengetahui empat informasi sekaligus

4

Hanna Instruments Indotama

Waterproof Pocket pH Tester with 0.1 Resolution - pHep®HI98107

Hanna Instruments Indotama Waterproof Pocket pH Tester with 0.1 Resolution - pHep® 1

Rp760.000

Agak Mahal

Desain sel referensinya unik! Elektroda jadi lebih awet

5

Purie Garden

PH Meter Digital + PH Buffer

Purie Garden PH Meter Digital + PH Buffer 1

Rp69.000

Lebih Murah

Respons pengukuran yang sangat cepat! Anda jadi hemat waktu

6

Yinmik

PH MeterEZ-9908

Yinmik PH Meter 1

Rp198.000

Menengah

Dilengkapi Automatic Temperature Compensation, hasilnya jadi lebih akurat dan cepat

7

Infarm

Soil Meter 3 in 1

Infarm Soil Meter 3 in 1 1

Rp80.000

Agak Murah

Membantu Anda memastikan kesehatan akar tanaman

8

Mediatech

3 in1 portable Multifunction TDS TEMP PH METER 9901 Abu AbuB1900133

Mediatech 3 in1 portable Multifunction TDS TEMP PH METER 9901 Abu Abu 1

Rp599.000

Agak Mahal

Wajib dibawa saat camping untuk memastikan air yang diminum berkualitas

9

Takemura

Soil PH & Moisture Tester DM 15

Takemura Soil PH & Moisture Tester 1

Rp940.000

Agak Mahal

Bodinya kokoh, tidak mudah rusak saat ditancapkan ke tanah

10

Hanna Instrument Indotama

COMBO pH/ORP/°C-TesterHI98121

Hanna Instrument Indotama COMBO pH/ORP/°C-Tester 1

Rp3.590.000

Lebih Mahal

Mengukur pH penampungan limbah cair di lingkungan Anda

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

MediatechpH Meter Digital Automatic CalibrationB1900126

pH Meter Digital Automatic Calibration 1
Sumber: shopee.co.id
pH Meter Digital Automatic Calibration 2
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp165.000
Menengah
Harga referensi
Rp165.000
Menengah

Produk yang didesain untuk mudah dibawa ke kegiatan lapangan

Kelebihan:

  • Ada pengait di bagian belakang untuk mencantolkan ke baju
  • Dilengkapi bubuk kalibrasi untuk beberapa kali pemakaian

Kekurangan:

  • Bubuk kalibrasi hanya bisa digunakan beberapa kali sehingga Anda harus membelinya kembali dalam jangka panjang

Apakah Anda belum pernah menggunakan pH meter sebelumnya? Produk ini adalah pilihan tepat untuk Anda. Desainnya seperti highlighter dan cara penggunaannya hanya tinggal dicelupkan saja. Ia juga dilengkapi dengan tiga jenis bubuk kalibrasi untuk pengaturan ulangnya.


Pada bagian belakang, Anda bisa menemukan pengait yang berguna untuk mencantolkan pH meter di saku baju. Jika Anda sering bertugas mengukur pH di lapangan yang berbeda-beda, alat ini mudah dibawa dan kecil kemungkinan untuk terjatuh.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Soil pH-Moisture MeterVT-05

Harga referensi
Rp169.000
Menengah

Alat pH meter dengan elektroda logam dan bobot ringan

Kelebihan:

  • Terbuat dari plastik sehingga lebih ringan untuk dibawa ke mana-mana
  • Self-powered alias tidak menggunakan baterai

Kekurangan:

  • Rentan digunakan di bawah suhu 5 

Jika Anda memiliki lahan yang luas, pengukuran pH jadi lebih menantang. Pasalnya Anda perlu mengambil rata-rata pH sampel di beberapa titik. Untuk itu, memiliki pH meter dengan elektroda logam dan kuat akan sangat membantu. Entah di lahan yang gembur atau keras, alat ini bisa mengatasinya.


Harga pH Meter VT-05 ini juga relatif terjangkau jika dibandingkan dengan pH meter sejenis. Bagi Anda yang bertani di lahan luas dan membutuhkan pH meter murah, alat ini bisa dipertimbangkan. 

No.3

MediatechSoil Survey Instrument Digital 4 In 1 Backlight/ PH Meter TanahB19005

Harga referensi
Rp200.000
Menengah

Hemat biaya, Anda bisa mengetahui empat informasi sekaligus

Kelebihan: 

  • Bisa mengukur empat parameter sekaligus
  • Terdapat LCD backlight sehingga memudahkan pengguna membaca hasil saat berada di tempat yang terang-benderang
  • Temperatur tersedia dalam dua satuan, yaitu celsius dan fahrenheit

Kekurangan:

  • Beberapa review mengatakan tombol on/off perlu ditekan agak lama agar bisa bekerja

Produk ini bisa digunakan untuk mengukur empat parameter sekaligus! Selain untuk mengetahui pH sampel, produk ini bisa digunakan untuk mengukur temperatur, intensitas cahaya, dan kelembapan tanah. Produk ini cocok untuk Anda yang memiliki kebun sendiri dan rutin mengecek kualitas tanahnya.


Uniknya lagi, produk ini dilengkapi dengan LCD backlight sehingga Anda lebih mudah membacanya meskipun pada siang hari. Sebagai tambahan, Anda bisa membaca temperaturnya dalam dua satuan, yakni celsius dan fahrenheit.

No.4

Hanna Instruments IndotamaWaterproof Pocket pH Tester with 0.1 Resolution - pHep®HI98107

Harga referensi
Rp760.000
Agak Mahal

Desain sel referensinya unik! Elektroda jadi lebih awet

Kelebihan:

  • Memiliki indikator low battery sehingga meminimalkan kemungkinan kehabisan daya di tengah pekerjaan

Kekurangan:

  • Meskipun sudah disertai kalibrasi otomatis, masih banyak reviewer yang mengaku bingung dengan cara kalibrasi

Elektroda pada produk Hanna ini menggunakan desain sel referensi yang unik yang menambahkan semacam kain penyaring di bagian sambungan. Dengan demikian, permukaan elektroda akan selalu bersih, pembacaan hasil pH pun jadi lebih akurat


Selain itu, kemampuan membersihkan kotoran pada permukaan tersebut dapat membuat elektroda lebih awet. Alat pH meter ini juga ditenagai baterai CR2032 3v Li-ion. Daya tahannya pun bisa sampai 800 jam, lho. Kalau Anda mencari pH meter yang tahan lama, produk ini adalah jawabannya.

No.5

Purie GardenPH Meter Digital + PH Buffer

Harga referensi
Rp69.000
Lebih Murah

Respons pengukuran yang sangat cepat! Anda jadi hemat waktu

Kelebihan:

  • Memiliki fitur automatic shut sehingga bisa mati sendiri saat tidak digunakan
  • Sudah dilengkapi bubuk buffer 4 pH dan 6,8 pH

Kekurangan:

  • Fitur automatic shut bekerja setelah 10 menit tidak digunakan sehingga mungkin terasa terlalu lama

Menunggu biasanya terasa menyebalkan. Hal ini juga berlaku dalam mengukur pH. Anda yang memiliki load pekerjaan tinggi pastilah kerepotan jika pH meter Anda lambat melakukan pengukuran. Untuk itu, Anda sebaiknya mempertimbangkan pH meter dari Purie Garden ini. 


Respons pengukuran produk ini sangat cepat. Anda hanya butuh 10 detik untuk mendapatkan hasilnya. Cepat sekali, bukan? Jadi, pertimbangkan produk ini jika Anda sedang dikejar waktu untuk menyelesaikan pekerjaan mengukur pH.

No.6

YinmikPH MeterEZ-9908

Harga referensi
Rp198.000
Menengah

Dilengkapi Automatic Temperature Compensation, hasilnya jadi lebih akurat dan cepat

Kelebihan:

  • Memiliki Automatic Temperature Compensation yang memungkinkan pengukuran suhu lebih akurat

Kelemahan:

  • Beberapa review menyebutkan kesulitan melakukan kalibrasi

Tahukah Anda bahwa ada kalanya temperatur turut memengaruhi keasaman? Untuk itulah, beberapa produk memasukkan fitur Automatic Temperature Compensation. Contohnya adalah pH Meter EZ-9908. Fitur ini memungkinkan penilaian pH meter jadi lebih akurat.


Fitur ini juga membantu Anda bekerja lebih cepat. Dengan fitur Automatic Temperature Compensation, Anda tidak perlu lagi melakukan kompensasi nilai pH pada larutan penyangga terhadap suhu pengukuran. Bagi Anda yang kerap mengukur pH di tempat dengan suhu berbeda-beda, alat ini akan menjadi salah satu asisten terbaik.

No.7

InfarmSoil Meter 3 in 1

Harga referensi
Rp80.000
Agak Murah

Membantu Anda memastikan kesehatan akar tanaman

Kelebihan:

  • Tidak membutuhkan baterai

Kekurangan:

  • Beberapa review menyebutkan alat ini sulit dikalibrasi

Akar yang sehat adalah salah satu kunci bagi keberhasilan budidaya tanaman. Untuk itu, Anda harus memastikan agar tanaman tidak terlalu lembap atau kekurangan sinar matahari. Produk Soil Meter dari Infarm memang dirancang untuk digunakan di level akar. 


Anda cukup menancapkan alat ini ke area dekat akar. Hanya dengan menggeser tombol ke arah ON, Anda akan mendapatkan angka-angka yang menunjukkan kesehatan akar. Kalau Anda sering bermasalah dengan akar misalnya pembusukan, memiliki alat ini adalah langkah awal mendapatkan solusi.

No.8

Mediatech3 in1 portable Multifunction TDS TEMP PH METER 9901 Abu AbuB1900133

Harga referensi
Rp599.000
Agak Mahal

Wajib dibawa saat camping untuk memastikan air yang diminum berkualitas

Kelebihan:

  • Elektroda bisa dilepas dan diganti
  • Tersedia penutup ujung elektroda

Kekurangan:

  • Lampu layar hanya bertahan sekitar 30 detik sehingga Anda harus cepat membacanya

Produk dari Mediatech ini memiliki tiga fungsi utama, yakni dapat mengukur pH, TDS, dan temperatur. Alat ini sangat berguna bagi Anda yang sedang camping dan ingin memastikan kualitas air yang Anda minum. Anda dapat membedakan kualitas air dari berbagai sumber, misalnya sungai atau danau. Produk ini tidak boleh Anda lewatkan jika camping merupakan aktivitas yang sering Anda lakukan.

No.9

TakemuraSoil PH & Moisture Tester DM 15

Harga referensi
Rp940.000
Agak Mahal

Bodinya kokoh, tidak mudah rusak saat ditancapkan ke tanah

Kelebihan:

  • Bisa digunakan di tanah dengan beragam tekstur

Kekurangan:

  • Badan pH meter terbuat dari besi seluruhnya sehingga bobotnya relatif lebih berat

 

Produk ini bisa diandalkan jika Anda memiliki kebun, lahan pertanian, ataupun sekadar ingin meneliti tanah di luar rumah. Bodinya yang kokoh membuatnya tidak mudah rusak meskipun ditancapkan ke permukaan tanah yang agak keras. Dengan pH meter ini, Anda bisa mengukur tingkat keasaman sekaligus kelembapan tanah sehingga pertumbuhan tanaman akan lebih optimal.

No.10

Hanna Instrument IndotamaCOMBO pH/ORP/°C-TesterHI98121

Harga referensi
Rp3.590.000
Lebih Mahal

Mengukur pH penampungan limbah cair di lingkungan Anda

Kelebihan:
  • Elektroda dapat diganti
  • Memiliki rentang pengukuran yang sangat panjang
  • Ada tombol hold untuk menghentikan pergerakan di layar sehingga memudahkan pembacaan hasil

Kekurangan:
  • Beberapa review menyebutkan alat ini masih bisa kemasukan air, terutama jika digunakan di kedalaman lebih dari 60 cm

Makin banyak orang yang mulai menyadari pentingnya pengelolaan limbah, termasuk limbah cair. Tidak sedikit yang mengolah limbah cair agar dapat digunakan kembali. Jika Anda kerap berurusan dengan pengolahan limbah cair, Anda harus membekali diri dengan pH meter yang bagus.


Produk Hanna ini memiliki rentang pengukuran yang panjang. Selain itu, produk ini memiliki akurasi 0.01 pH. Alat pengukur keasaman ini tentu cocok digunakan untuk laboratorium, bahan-bahan kimia, termasuk penampungan limbah cair. 

Baca juga rekomendasi alat ukur lainnya di sini

Selain pH meter, masih banyak lagi alat yang bisa digunakan untuk mengukur berbagai hal. Kami mempunyai rekomendasi alat ukur lainnya, seperti higrometer, anemometer, dan yang lainnya. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai alat-alat ukur tersebut, silakan simak melalui link di bawah ini.

Kesimpulan

Kami sudah menjelaskan cara memilih pH meter dan merekomendasikan produk-produk terbaik untuk Anda. Sudahkah Anda menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan? Jika belum, silakan gunakan penjelasan kami sebagai panduan.


Anda bisa menggunakan pH meter untuk berbagai keperluan, mulai dari aquascape, hidroponik, hingga mengukur tingkat keasaman air minum. Di pasaran, pH meter dijual dengan harga yang bervariasi. Nah, pilihlah pH meter sesuai tujuan penggunaan Anda. Selamat memilih!

5 Rekomendasi pH Meter terbaik

No. 1: MediatechpH Meter Digital Automatic CalibrationB1900126

No. 2: Soil pH-Moisture MeterVT-05

No. 3: MediatechSoil Survey Instrument Digital 4 In 1 Backlight/ PH Meter TanahB19005

No. 4: Hanna Instruments IndotamaWaterproof Pocket pH Tester with 0.1 Resolution - pHep®HI98107

No. 5: Purie GardenPH Meter Digital + PH Buffer

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. DIY & tools
  3. Hand tools
  4. 10 Rekomendasi pH Meter Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.