• 10 Rekomendasi Conditioner Terbaik untuk Rambut Rontok (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Conditioner Terbaik untuk Rambut Rontok (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Conditioner Terbaik untuk Rambut Rontok (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Conditioner Terbaik untuk Rambut Rontok (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Conditioner Terbaik untuk Rambut Rontok (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Conditioner Terbaik untuk Rambut Rontok (Terbaru Tahun 2021)

Masalah rambut yang sering dihadapi semua kalangan adalah kerontokan. Jika tidak ditangani dengan serius, lama kelamaan rambut akan menipis, bahkan menyebabkan kebotakan. Salah satu cara untuk mengatasi kerontokan adalah dengan memilih produk perawatan rambut yang tepat.


Menggunakan kondisioner dapat memaksimalkan perlindungan terhadap rambut rontok. Ada banyak jenis dan merek kondisioner untuk rambut rontok, misalnya Dove, Pantene, dan L'Oreal. Kondisioner seperti apa yang harus dipilih? Dalam artikel ini kami akan membahas tentang cara memilih kondisioner beserta rekomendasi produk terbaik. Selamat membaca!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Mollyta Mochtar
Gusti Gina
Aprijanti
  • Pembaharuan terakhir: 07 April 2021
  • 30.488 Views
Daftar isi

Apa penyebab rambut rontok?

Sebelum memilih kondisioner untuk rambut rontok, sebaiknya Anda mengetahui penyebabnya. Normalnya, manusia akan kehilangan rambut sebanyak tiga puluh hingga seratus helai per hari. Jika lebih dari itu, Anda perlu mengambil tindakan sebelum kerontokan semakin parah. 


Penyebab rambut rontok secara garis besar dibagi menjadi dua faktor, yaitu faktor internal dan eksternal. Simak penyebab rambut rontok secara ringkas di bawah ini. 

Faktor internal, seperti keturunan dan perubahan hormonal

Faktor internal, seperti keturunan dan perubahan hormonal

Faktor keturunan merupakan faktor internal penyebab kerontokan yang tidak bisa dihindari oleh pria dan wanita. Jika pria yang mengalaminya, ia akan mengalami kerontokan hingga kebotakan mulai dari puncak kepalanya. Berbeda dengan pria, wanita akan mengalami kerontokan mulai dari penipisan rambut setelah menopause. 


Ketidakstabilan hormon juga dapat menjadi penyebab rambut rontok. Hormon yang tidak stabil sering dialami oleh ibu hamil atau ketika menggunakan alat kontrasepsi. Tidak hanya hormon, stres juga dapat mengakibatkan kerontokan. Ketika hormon sudah kembali normal atau stres sudah mereda, biasanya kerontokan akan berkurang. 


Di samping itu, pola makan serta diet yang tidak tepat juga berpengaruh terhadap rambut, lho! Anda harus memastikan kecukupan asupan protein dan mineral yang masuk ke dalam tubuh Anda. Waspadalah ketika kerontokan tidak juga berkurang. Bisa jadi kerontokan tersebut merupakan pertanda masalah kesehatan lainnya. Segera periksakan diri Anda apabila terjadi kerontokan yang abnormal. 

Faktor eksternal, seperti alat hair styling dan polusi

Faktor eksternal, seperti alat hair styling dan polusi

Jika Anda sering mengubah gaya rambut pasti sudah tidak asing lagi dengan alat styling bersuhu panas, seperti flat iron, curling wand, maupun hairdryer. Namun, penggunaan alat-alat itu dapat memengaruhi kesehatan rambut sehingga rambut menjadi rapuh dan mudah rontok. 


Penggunaan cat rambut serta zat-zat kimia lain yang berlebihan pun bisa jadi penyebab kerontokan. Selain itu, terlalu sering mengikat rambut dengan kencang juga membuat rambut rapuh. Masalah ini sering dialami oleh para muslimah yang berhijab. Sebaiknya, hindari mengikat rambut terlalu kencang setiap saat, ya! 


Paparan sinar matahari dan polusi juga turut menjadi penyebab rapuhnya rambut. Penyerapan sinar UV (ultraviolet) setiap hari akan mengurangi kelembapan rambut sehingga membuat rambut kering dan mudah rontok. Rambut yang sering terpapar polusi udara pun akan mengalami penurunan protein dalam sel untuk pertumbuhan rambut. Karena itu, usahakan menggunakan pelindung kepala seperti topi untuk melindungi rambut tiap kali bepergian. 

Cara memilih conditioner untuk rambut rontok

Setelah mengetahui penyebab rambut rontok, sekarang saatnya memilih kondisioner untuk mengatasinya. Simak tips kami untuk memilih produk yang tepat bagi Anda.

Pilih berdasarkan kandungannya

Sebelum memutuskan untuk membeli, Anda dapat memeriksa kandungan dalam kondisioner terlebih dahulu. Usahakan memilih kondisioner dengan bahan-bahan alami yang sudah terbukti dapat membantu melindungi rambut Anda dari kerontokan. Bahan-bahan alami yang juga mempercepat pertumbuhan rambut antara lain sebagai berikut. 

Ginseng dan lidah buaya, terbukti menutrisi rambut sejak dulu

Ginseng dan lidah buaya, terbukti menutrisi rambut sejak dulu

Penggunaan ginseng dalam pengobatan tradisional sudah tidak perlu diragukan lagi. Kandungan senyawa ginsenosides di dalam ginseng berfungsi untuk menguatkan akar rambut. Terdapat pula  senyawa antibakteri yang dapat mengatasi ketombe penyebab gatal di kulit kepala.


Lidah buaya atau Aloe vera dikenal sebagai bahan yang efektif untuk rambut rontok dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Lidah buaya juga efektif dalam mengurangi masalah kulit kepala seperti gatal dan mengelupas. Anda pun dapat menggunakan secara langsung dengan mengoleskannya pada kulit kepala dan batang rambut.

Bahan alami lain yang juga bermanfaat bagi kesehatan rambut

Bahan alami lain yang juga bermanfaat bagi kesehatan rambut

Bahan alami lainnya, yaitu minyak kelapa dan santan. Asam laurat yang terdapat pada ekstrak minyak kelapa dipercaya dapat mengikat protein dalam rambut. Protein dan lemak esensial di dalam santan dipercaya meningkatkan pertumbuhan dan mencegah kerontokan rambut.


Alpukat tidak hanya enak dimakan, tetapi juga banyak mengandung protein alami yang bagus untuk rambut dan kulit kepala. Buah bit kaya akan vitamin C dan B6, folat, mangan, betaine, dan kalium, yang semuanya penting untuk pertumbuhan rambut sehat. Selain alpukat dan buah bit, Anda dapat memilih kondisioner dengan kandungan minyak zaitun, kacang-kacangan, serta pepermin dan tea tree

Formulasi khusus yang telah teruji dari pakar kesehatan rambut

Formulasi khusus yang telah teruji dari pakar kesehatan rambut

Selain menggunakan bahan-bahan alami, ada pula produk yang menggunakan formula khusus, seperti kapsul serum dan Pro-V. Formula khusus tersebut sudah melalui serangkaian penelitian dan uji coba yang dilakukan oleh para ahli di bidangnya. Anda dapat memilih kondisioner berbahan khusus ini jika merasa bahan alami kurang cocok untuk rambut. 

Pilih berdasarkan jenisnya

Pilih berdasarkan jenisnya

Umumnya, ada tiga jenis kondisioner yang dapat Anda temukan di pasaran. Jenis pertama, yaitu rinse-out conditioner atau kondisioner bilas yang mungkin paling familiar bagi Anda. Cara menggunakannnya dengan mengoleskan kondisioner di rambut setelah keramas, tunggu dua hingga tiga menit, lalu bilas hingga bersih. Kondisioner jenis ini cocok untuk segala jenis rambut, termasuk rambut rontok. Anda dapat menggunakannya setiap usai keramas agar hasilnya maksimal. 


Dalam artikel ini kami akan merekomendasikan kondisioner dengan jenis rinse-out agar dapat memaksimalkan hasil dari sampo antirontok Anda. Sebagai informasi tambahan, selain kondisioner rinse-out ada pula leave-in conditioner (kondisioner tanpa bilas) dan deep conditioner. 


Anda dapat menggunakan leave-in conditioner dalam keadaan rambut kering karena teksturnya ringan dan praktis. Jenis ini cocok untuk pemilik rambut berminyak dan sulit diatur. Kondisioner lain yaitu deep conditioner atau biasa dikenal dengan hair mask. Produk ini biasanya berbentuk krim dan butuh waktu lebih lama untuk meresap ke dalam rambut. Produk hair mask lebih direkomendasikan untuk pemilik rambut kering dan rusak.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Natur Conditioner Moringa Oleifera & Olive Oil

Mulai dari Rp 29.000,00

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

L’Oreal Paris Total Repair 5 Repairing Conditioner

Mulai dari Rp 31.000,00

10 Rekomendasi conditioner terbaik untuk rambut rontok

Kondisioner mana saja yang disarankan untuk mengatasi dan mencegah rambut rontok? Simak daftar rekomendasi produk terbaik dari kami!

10

WatsonsNATURAL'S BY WATSONS

Aloe Vera Conditioner

Mulai dari Rp 69.900,00

Isi 490 ml
Bahan utamaAloe vera
9

TRESemméTRESemmé Hair Fall Control Conditioner

Mulai dari Rp 25.000,00

Isi170 ml
Bahan utamaChia seed oil, amino vitamin
8

Mane 'n TailMane 'n Tail Herbal Gro Conditioner

Mulai dari Rp 149.900,00

Isi 355 ml
Bahan utamaOlive oil
7

SunsilkSunsilk Hijab Recharge Conditioner Refresh & Hairfall Solution

Mulai dari Rp 24.000,00

Isi 170 ml
Bahan utamaAkar gingseng
6

KloraneConditioner with Quinine and B vitamins

Mulai dari Rp 165.000,00

Isi 200 ml
Bahan utamaQuinine, vitamin B kompleks (B5, B6, B8)
5

NaturNatur Conditioner Ginseng & Olive Oil

Mulai dari Rp 29.000,00

Isi 165 ml
Bahan utamaEkstrak ginseng, olive oil
4

PanteneHair Fall Control 3 Minute Miracle Quantum Conditioner

Mulai dari Rp 26.900,00

Isi180 ml
Bahan utamaFormula Pro-V
3

L'OrealFall Resist 3X Anti-Hair Fall Conditioner

Mulai dari Rp 38.500,00

Isi 165 ml
Bahan utamaProtein arginine
2

DoveDove 1 Minute Super Conditioner

Intensive Hair Fall Treatment

Mulai dari Rp 27.900,00

Isi170 ml
Bahan utamaKapsul serum
1

Head & ShouldersSupreme Anti-Hairfall Conditioner

Mulai dari Rp 25.900,00

Isi135 ml
Bahan utamaArgan crème, esens alpukat

Tabel perbandingan produk conditioner terbaik untuk rambut rontok

Gambar produk
1
Head & Shoulders Supreme Anti-Hairfall Conditioner 1

Head & Shoulders

2
Dove Dove 1 Minute Super Conditioner 1

Dove

3
L'Oreal Fall Resist 3X Anti-Hair Fall Conditioner 1

L'Oreal

4
Pantene Hair Fall Control 3 Minute Miracle Quantum Conditioner 1

Pantene

5
Natur Natur Conditioner Ginseng & Olive Oil 1

Natur

6
Klorane Conditioner with Quinine and B vitamins 1

Klorane

7
Sunsilk Sunsilk Hijab Recharge Conditioner Refresh & Hairfall Solution 1

Sunsilk

8
Mane 'n Tail Mane 'n Tail Herbal Gro Conditioner 1

Mane 'n Tail

9
TRESemmé TRESemmé Hair Fall Control Conditioner 1

TRESemmé

10
Watsons NATURAL'S BY WATSONS  1

Watsons

Nama produk

Supreme Anti-Hairfall Conditioner

Dove 1 Minute Super Conditioner

Fall Resist 3X Anti-Hair Fall Conditioner

Hair Fall Control 3 Minute Miracle Quantum Conditioner

Natur Conditioner Ginseng & Olive Oil

Conditioner with Quinine and B vitamins

Sunsilk Hijab Recharge Conditioner Refresh & Hairfall Solution

Mane 'n Tail Herbal Gro Conditioner

TRESemmé Hair Fall Control Conditioner

NATURAL'S BY WATSONS

Keunggulan

Ucapkan selamat tinggal pada rambut rontok dan ketombe!

Menutrisi rambut rontok dalam satu menit

Diperkaya dengan tiga aksi melawan rambut rontok

Cukup tiga menit sehari, lindungi rambut dari rontok dan polusi

Manfaat bahan-bahan alami untuk merawat kekuatan helai rambut

Merevitalisasi rambut lemah dengan bahan vegan dan ramah lingkungan

Solusi rambut rontok yang ramah hijabers

Menguatkan dan menutrisi kembali rambut sehingga lebih cepat panjang

Membuat rambut hingga sepuluh kali lebih kuat

Menjaga kesuburan rambut dan mencegah kulit kepala gatal

Harga mulai dariRp 25.900,00Rp 27.900,00Rp 38.500,00Rp 26.900,00Rp 29.000,00Rp 165.000,00Rp 24.000,00Rp 149.900,00Rp 25.000,00Rp 69.900,00
Isi135 ml170 ml165 ml180 ml165 ml200 ml170 ml355 ml170 ml 490 ml
Bahan utamaArgan crème, esens alpukatKapsul serumProtein arginineFormula Pro-VEkstrak ginseng, olive oilQuinine, vitamin B kompleks (B5, B6, B8)Akar gingsengOlive oilChia seed oil, amino vitaminAloe vera
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk perawatan rambut rontok lainnya di sini

Untuk mengatasi rambut rontok, Anda akan memerlukan produk perawatan rambut lain, seperti sampo, vitamin, dan hair tonic. Jika Anda membutuhkan rekomendasi dan penjelasan lebih lengkap mengenai produk perawatan rambut rontok, bacalah artikel di bawah ini!

Kesimpulan

Kami telah membahas cara memilih dan merekomendasikan kondisioner untuk mengatasi rambut rontok. Setelah membaca artikel kami, apakah Anda telah menentukan kondisioner yang paling disukai? 


Memiliki rambut yang sehat merupakan impian semua orang. Jangan sampai impian tersebut kandas akibat rambut rontok. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan menggunakan kondisioner antirontok. Semoga Anda menemukan kondisioner yang tepat, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Mengatasi Rambut Rontok (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Mengatasi Rambut Rontok (Terbaru Tahun 2021)
    Rambut rontok berlebih merupakan masalah yang bisa terjadi baik pada pria maupun wanita. Salah satu cara mengatasi rambut rontok adalah dengan memakai sampo yang tepat. Kali ini, kami akan memberikan tips memilih sampo terbaik yang bagus untuk mengatasi rambut rontok.Mulai dari sampo yang menguatkan rambut dari akar, sampai sampo yang mengatasi kerontokan disertai ketombe akan kami bahas. Simak juga sepuluh rekomendasi sampo antirontok terbaik mulai dari merk L'oreal Paris, Kérastase, hingga Pantene. Mari pelajari penyebab rambut rontok berlebih dan temukan produk yang sesuai dengan kondisi Anda!
    Perawatan rambut
    224.781 Views
  • 10 Rekomendasi Hair Tonic Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Hair Tonic Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Masalah kerontokan, ketombe, kulit kepala gatal, dan beragam masalah rambut lainnya memerlukan lebih dari sekadar shampo. Menambahkan hair tonic yang bagus akan mengoptimalkan perawatan yang Anda butuhkan. Pemakaian hair tonic yang tepat menjadikan rambut lebih kuat, sehat, dan berkilau. Namun, dengan banyaknya merek hair tonic saat ini, manakah produk yang tepat untuk mengatasi masalah rambut Anda? Kali ini, kami akan berbagi tips memilih hair tonic terbaik untuk Anda. Beragam review hair tonic dari merek ternama, seperti ERHA, Natur, dan Dove ada di sini. Penasaran dengan ulasan lengkapnya? Simak artikel ini!
    Perawatan rambut
    340.103 Views
  • 10 Rekomendasi Serum Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Serum Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Rambut sehat yang berkilau merupakan dambaan semua orang. Untuk mendapatkannya, tentu Anda harus merawat rambut dengan baik. Salah satu produk perawatan rambut yang dapat Anda gunakan adalah serum rambut. Serum rambut yang bagus akan melindungi rambut Anda sehingga tak mudah patah, serta bebas kusam.Tenang saja jika Anda masih tergolong baru dalam menggunakan serum rambut karena kami akan memberikan tips mudah untuk memilihnya. Tidak ketinggalan, kami juga akan memberi rekomendasi produk serum rambut terbaik, seperti merk L'Oreal, Kérastase, Kiehl's, dan lainnya. Yuk, segera simak pembahasan kami berikut ini!
    Perawatan rambut
    63.995 Views
  • 10 Rekomendasi Shampo Anti Ketombe Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Shampo Anti Ketombe Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Keberadaan ketombe dapat memunculkan masalah lain pada rambut, misalnya gatal dan rambut rontok. Ketombe sendiri bisa muncul karena kulit kepala yang kering, sekresi sebum berlebih, atau hal lainnya. Untungnya, sekarang telah banyak merek shampo anti ketombe di pasaran, seperti Pantene, Dove, hingga CLEAR. Jenisnya pun makin beragam, mulai dari shampo medicated, shampo khusus untuk hijab, dan lainnya.Supaya Anda tidak kebingungan, kali ini kami akan menjelaskan cara menemukan shampo terbaik untuk menghilangkan ketombe. Kami juga akan merekomendasikan produk terbaik yang dapat dibeli secara online. Yuk, baca artikelnya hingga selesai!
    Perawatan rambut
    196.726 Views
  • 10 Rekomendasi Shampo Penumbuh Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Shampo Penumbuh Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Menggunakan sampo dengan formula penumbuh rambut merupakan solusi terbaik untuk mengatasi masalah rambut tipis dan rontok. Saat ini, ada banyak sampo penumbuh rambut yang dijual di marketplace. Banyaknya produk dengan kualitas baik yang dijual terkadang membuat Anda bingung menentukan pilihan.Untuk memudahkan Anda, kami akan memberi informasi cara memilih sampo penumbuh rambut. Selain itu, kami juga telah menyiapkan rekomendasi sampo penumbuh rambut terbaik dari merek terkenal, seperti shampo Metal, Kelaya, Pura D'or, Erhair, dan shampo kuda, Mane 'n Tail. Simak ulasan kami sampai akhir, ya!
    Perawatan rambut
    139.493 Views
  • 10 Shampo Terbaik untuk Rambut Rusak - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Shampo Terbaik untuk Rambut Rusak - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021)
    Ciri-ciri rambut rusak biasanya adalah rambut kering, mengembang, dan rontok. Salah satu cara untuk memperbaiki rambut rusak adalah dengan mengganti shampo. Sudah banyak merk shampo untuk perawatan rambut rusak, seperti Pantene, Natur, dan Dove.Di artikel ini kami akan membagikan cara memilih shampoo terbaik untuk rambut rusak. Anda juga bisa menemukan tips memilihnya dari certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Mengatasi masalah rambut rontok, mengembang, dan kering memang memerlukan waktu. Agar bisa mendapatkan rekomendasi produk shampo yang bagus, ayo baca review-nya di artikel ini!
    Perawatan rambut
    172.824 Views
  • 10 Rekomendasi Cat Rambut Cokelat Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Cat Rambut Cokelat Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Banyak orang senang mengubah warna rambut, salah satunya mungkin Anda. Di antara berbagai macam warna rambut, warna cokelat sedang menjadi tren. Warna cokelat mampu memberikan kesan natural dan segar. Tidak heran jika akhirnya banyak orang memilih cat warna cokelat untuk rambutnya.Mungkin itu juga yang membuat Anda tertarik mewarnai rambut dengan warna cokelat. Lalu, Anda bingung karena ada banyak varian warna cokelat dari berbagai merek, seperti L’Oreal, Garnier, atau Miranda. Tenang saja, kami akan membantu Anda memilih cat rambut cokelat yang tepat. Jadi, tetaplah membaca!
    Perawatan rambut
    50.588 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori