• 10 Rekomendasi Tali Skipping Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Tali Skipping Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Tali Skipping Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Tali Skipping Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Tali Skipping Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Tali Skipping Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Olahraga lompat tali atau skipping digemari oleh banyak orang. Lompat tali merupakan salah satu olahraga cardio yang paling efektif dibandingkan jenis olahraga lainnya. Pastikan Anda memilih tali skipping yang tepat karena dapat memengaruhi pola latihan yang akan dijalani.


Anda bisa menemukan tali skipping atau skipping rope merek Aolikes, Kettler, Speeds, dan lainnya di e-commerce. Untuk memudahkan Anda dalam memilih, kami juga akan memberikan rekomendasi tali skipping yang bagus. Sebelum itu, simaklah cara memilih yang kami jabarkan berikut ini!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 25 Juli 2022
Daftar isi

Apa manfaat olahraga skipping?

Olahraga skipping dikenal juga sebagai lompat tali atau jump rope. Olahraga cardio ini kerap menjadi pilihan masyarakat karena mudah dan murah. Meski demikian, olahraga skipping memiliki banyak manfaat. Lalu, apa saja manfaat olahraga skipping?


  • Membakar kalori tubuh: Skipping yang dilakukan selama 15 menit per hari dapat membakar 200–300 kalori dalam tubuh. Hal ini terjadi karena saat melakukan skipping, tubuh menghasilkan panas lebih banyak.

  • Membantu menurunkan berat badan: Hasil penelitian Harvard University yang dirangkum oleh Bright Side menyatakan bahwa skipping dapat membantu menurunkan berat badan. Penelitian tersebut menjelaskan bahwa skipping selama 30 menit dapat membakar 372 kalori bagi orang dengan berat badan 70 kg.

  • Mencegah penyakit jantung: Melakukan lompat tali selama 30 menit per hari dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Hal ini karena lompat tali dapat meningkatkan kebugaran dan memacu detak jantung dengan baik.

  • Melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh: Keseimbangan dan koordinasi tubuh juga terlatih melalui olahraga skipping. Saat skipping, anggota-anggota tubuh (khususnya tangan, lengan, kaki, dan dada) saling berkoordinasi untuk menjaga ritme secara konstan.

  • Memperkuat otot dan tulang: Gerakan lompat tali yang dilakukan secara berulang membantu pembentukan otot-otot kaki. Selain itu, skipping membantu untuk menjaga kepadatan tulang sehingga menurunkan risiko pengeroposan tulang.

Cara memilih tali skipping

Pastinya Anda menginginkan tali skipping yang efektif untuk melatih tubuh. Jadi, sebelum meluncur ke rekomendasi produk, kami akan membahas cara memilih tali skipping. Simaklah pembahasan dari kami dengan saksama.

Sesuaikan jenis tali dengan kebutuhan Anda

Berat dan kemudahan penggunaan tali skipping sangat bergantung pada jenis tali yang digunakan. Pahami karakteristik setiap jenis talinya. Kemudian, temukan produk yang sesuai dengan kebutuhan.

Tali kain: Cocok untuk latihan kebugaran fisik harian

Tali kain: Cocok untuk latihan kebugaran fisik harian

Tali skipping berbahan kain akan memudahkan Anda dalam menguasai lompat tali. Oleh karena itu, tali kain cocok untuk anak-anak usia TK hingga sekolah dasar. Tali kain juga cocok digunakan oleh pemula atau Anda yang sudah lama tidak bermain lompat tali.


Tali kain cukup berat karena dibuat dari jalinan benang poliester atau kapas sehingga fleksibel dan mudah dilompati. Tali kain tidak menimbulkan rasa sakit berlebih saat mengenai kaki. Tali jenis ini cocok digunakan untuk melatih otot atau awalan sebelum melatih kecepatan.

Tali vinil: Mudah melompat sebanyak mungkin dan pas untuk diet

Tali vinil: Mudah melompat sebanyak mungkin dan pas untuk diet

Bagi Anda yang ingin mengencangkan tubuh, pilihlah tali skipping berbahan vinil. Tali vinil memiliki karakteristik ringan dan mudah diputar. Anda bisa melakukan double jump dan cross jump yang membutuhkan kecepatan memutar tali. Alhasil, Anda dapat sekaligus melatih kekuatan lengan. Makin banyak lompatan dilakukan, makin kuat otot tubuh bagian bawah Anda, seperti betis dan paha.

Tali manik: Menempatkan beban pada tubuh bagian atas dan melatih ritme lompat

Tali manik: Menempatkan beban pada tubuh bagian atas dan melatih ritme lompat

Tambahan manik-manik menjadikan tali jenis ini lebih berat dibandingkan jenis tali lainnya. Jenis tali ini dianjurkan untuk Anda yang ingin melatih otot bagian atas, seperti perut, punggung, dan bahu. Pasalnya, dengan beban yang cukup berat, otot-otot tubuh bagian atas akan terstimulasi.


Selain itu, putaran talinya menghasilkan suara yang akan memudahkan Anda untuk mengatur ritme lompatan. Anda bisa menggunakan tali ini untuk berlatih dengan musik.

Tali kawat (steel dan aluminium alloy): Melompat dengan kecepatan terbaik

Tali kawat bisa diputar dengan sangat cepat sehingga sering digunakan oleh para profesional. Karena terbuat dari logam, tali kawat memberikan beban latihan yang berat pada otot.


Tali kawat cocok untuk melatih otot core. Pasalnya, memerlukan kekuatan otot bagian atas dan bawah agar bisa memutarnya dengan baik. Meski demikian, tali ini sulit terpelintir saat digunakan dan terbilang awet.

Tube: Untuk melatih tubuh bagian atas sembari olahraga aerobik

Tube: Untuk melatih tubuh bagian atas sembari olahraga aerobik

Jika Anda ingin meningkatkan kekuatan lengan dan bahu dengan latihan aerobik, gunakanlah tali tube. Tali ini sangat tebal dan berat, bahkan ada yang beratnya mencapai 1000 gram. Tali tube dikenal juga sebagai tie rope dan sering digunakan pada latihan Muay Thai.


Tali tube lebih berat sepuluh kali lipat ketimbang tali vinil. Anda dapat membakar banyak kalori hanya dengan melompat satu set. Ada berbagai pilihan bobot tali tube yang bisa dipilih. Mulailah dari tali berbobot ringan untuk menghindari cedera siku atau pergelangan tangan.

Kenali jenis pengikatnya

Pengikat tali skipping berpengaruh pada kemudahan berlatih lompat tali. Terdapat tiga tipe pengikat yang umum digunakan pada tali skipping. Pilihlah tali skipping dengan pengikat yang menurut Anda paling mudah digunakan.

Tipe lipat, untuk penyesuaian panjang yang mudah

Tipe lipat, untuk penyesuaian panjang yang mudah

Pengikat jenis lipat disarankan jika Anda ingin menyesuaikan panjang tali dengan mudah. Untuk memendekkan tali, lipatlah tali, lalu masukkan ke bagian dalam pegangan. Jenis pengikat ini paling mudah digunakan daripada jenis pengikat lainnya. Namun, tali bisa saja mudah tertarik atau lepas saat Anda melompat.

Tipe straight, tidak mudah terlepas atau terpelintir talinya

Tipe straight, tidak mudah terlepas atau terpelintir talinya

Jika Anda menginginkan pengikat yang sulit ditarik atau terpelintir, pilihlah jenis straight. Tipe ini dapat mengatur panjang secara lurus dengan pengikat di ujung pegangan. Pengikat jenis ini sangat kuat dan tidak mudah terlepas. Jenis ini juga tidak mudah terpelintir sehingga tipe ini paling sering digunakan pada tali skipping.

Tipe bearing, awet dan tahan digunakan untuk waktu lama

Pengikat tipe ini memiliki bearing pada pegangan yang memudahkan tali untuk berputar. Tipe ini paling mudah dilompati serta tidak mudah terlepas atau terpelintir. Di sisi lain, kualitas bearing bawaan akan berkurang seiring dengan intensitas penggunaan. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa mengganti bearing-nya.

Pastikan pegangan mudah digenggam dan tidak licin

Pastikan pegangan mudah digenggam dan tidak licin

Pegangan tidak kalah penting untuk diperhatikan saat memilih tali skipping. Pilihlah pegangan yang tidak licin dengan bahan yang fleksibel. Pastikan juga pegangan sesuai dengan bentuk dan ukuran tangan. Anda dianjurkan memilih pegangan yang sedikit lebih panjang dari genggaman tangan. Hal tersebut berpengaruh pada ketepatan posisi mendarat serta dapat meningkatkan kualitas latihan.

Pertimbangkan tali skipping yang dapat diatur panjang dan pendeknya

Pertimbangkan tali skipping yang dapat diatur panjang dan pendeknya

Panjang tali skipping yang dijual di pasaran adalah 2–3 meter. Anda dianjurkan untuk menyesuaikan panjang tali agar skipping berjalan dengan baik. Agar dapat melompat dengan benar, idealnya Anda dapat memilih tali skipping dengan panjang 55 cm melebihi tinggi badan. Untuk itu, sebaiknya Anda memilih tali skipping yang memiliki adjuster sehingga panjang tali bisa disesuaikan.

Pilih tali skipping air rope jika ingin berlatih dalam ruangan

Pilih tali skipping air rope jika ingin berlatih dalam ruangan

Anda bisa memilih air rope jumping jika ingin berlatih di rumah. Jenis ini memiliki tali pendek yang menempel pada pegangan. Anda bisa tetap merasakan sensasi lompat tali meski berada di ruangan sempit. Selain itu, Anda juga tidak perlu mengkhawatirkan suara tali yang membentur lantai.


Meski bukan lompat tali sebenarnya, efektivitasnya tetap sama dalam memperkuat otot. Anda juga bisa melakukan lompatan ganda atau triple karena kaki tidak akan tersangkut tali. Gunakan matras yoga sebagai alas jika Anda mengkhawatirkan getaran dari lantai.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

10 Rekomendasi tali skipping terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tali skipping terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 21 Juli 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Yunmai Intelligent Training Jump Rope menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Speeds Skipping Jump Rope LX 021-1604 memiliki angka penjualan tertinggi.

10

Kettler Jump Rope Soft Rubber 403-400

002002169

Mulai dari Rp 59.500,00

Jenis taliVinil
Material peganganVinil berlapis busa
Panjang tali2,85 m
9
Jenis taliSteel berlapis vinil
Material peganganPlastik
Panjang tali3 m
8

The Republic of Svarga Skipping Rope

Mulai dari Rp 139.000,00

Jenis taliAluminium alloy berlapis vinil
Material peganganSteel
Panjang tali3 m
7
Jenis taliManik
Material peganganPlastik
Panjang tali2,50 m
6
Jenis taliVinil
Material peganganPlastik
Panjang tali2,85 m
5
Jenis taliSteel berlapis vinil
Material peganganSteel
Panjang tali3 m
4
Jenis taliVinil
Material peganganPlastik
Panjang tali2,75 m
3
Jenis taliVinil
Material peganganVinil
Panjang tali2,8 m
2
Jenis taliSteel berlapis vinil
Material peganganVinil berlapis busa
Panjang tali2,87 m
1
Jenis taliVinil
Material peganganPlastik ABS, metal bearing
Panjang tali3 m

Tabel perbandingan produk tali skipping terbaik

Gambar produk
1
Speeds  Skipping Jump Rope  1

Speeds

2
Miisoo  Jump Rope Skipping 1

Miisoo

3
Agnite  Jump Rope 1

Agnite

4
HappyFit  New Jump Rope 1

HappyFit

5
SFIDN FITS  Jumping Skipping Rope 1

SFIDN FITS

6
MINISO Skipping Rope 1

MINISO

7
CoreNation Freestyle Beaded Skipping Jump Rope 1

CoreNation

8
The Republic of Svarga  Skipping Rope 1

The Republic of Svarga

9
Aolikes  Skipping Rope  1

Aolikes

10
Kettler  Jump Rope Soft Rubber 403-400 1

Kettler

Nama produk

Skipping Jump Rope

Jump Rope Skipping

Jump Rope

New Jump Rope

Jumping Skipping Rope

Skipping Rope

Freestyle Beaded Skipping Jump Rope

Skipping Rope

Skipping Rope

Jump Rope Soft Rubber 403-400

Keunggulan

Pegangan bertekstur garis, tidak licin ketika digenggam

Dilengkapi counter, memudahkan penghitungan jumlah lompatan

Handle ramping sehingga nyaman digenggam dan tidak mudah terlepas

Hasilkan aksi swing halus berkat gagang yang soft dan ringan

Tali tipis dan bebas kusut, cocok untuk melatih kecepatan lompat tali

Tidak terlalu berat atau ringan sehingga nyaman digunakan untuk berlatih

Tali skipping manik dengan pilihan warna menggemaskan untuk anak

Terdapat ball bearing, berlatih lompat tali lebih mudah

Kuat dan ringan, bakar lemak jadi lebih mudah

Miliki build quality bagus, cocok digunakan untuk pemula

Harga mulai dariRp 14.000,00Rp 15.900,00Rp 17.000,00Rp 65.000,00Rp 68.000,00Rp 69.900,00Rp 59.000,00Rp 139.000,00Rp 60.000,00Rp 59.500,00
Jenis taliVinilSteel berlapis vinilVinilVinilSteel berlapis vinilVinilManikAluminium alloy berlapis vinilSteel berlapis vinilVinil
Material peganganPlastik ABS, metal bearingVinil berlapis busaVinilPlastikSteelPlastikPlastikSteelPlastikVinil berlapis busa
Panjang tali3 m2,87 m2,8 m2,75 m3 m2,85 m2,50 m3 m3 m2,85 m
Tautan produk

Metode latihan lompat tali yang aman dan efektif

Setelah menemukan produk yang sesuai, kami akan membahas hal yang perlu diperhatikan agar Anda dapat berlatih dengan aman. Selain itu, kami akan memberikan tips agar latihan Anda menjadi lebih efektif. Perhatikan dengan saksama, ya!

Tips berlatih lompat tali untuk Anda yang sedang diet menurunkan berat badan

Tips berlatih lompat tali  untuk Anda yang sedang diet menurunkan berat badan

Lompat tali merupakan olahraga cardio yang efektif juga untuk menurunkan berat badan. Cobalah berlatih melompat 50–60 kali per menit selama 5 menit. Setelah itu, Anda bisa beristirahat selama 1 menit, lalu melanjutkan kembali sesi lompat selama 5 menit.


Penting bagi Anda untuk mempertahankan tempo lompatan selama satu menit. Jaga pula pandangan mata Anda tetap lurus ke depan agar postur tubuh tidak berubah. Setelah terbiasa berlatih satu set lompat dan satu menit istirahat, Anda bisa menambah porsi latihan.

Tips berlatih lompat tali untuk membentuk otot

Tips berlatih lompat tali untuk membentuk otot

Jika tujuan latihan Anda adalah pembentukan otot, Anda disarankan untuk menggunakan beban saat melompat. Anda bisa melompat dengan kaki sejajar atau dengan salah satu kaki secara bergantian seperti petinju. Melompat dengan satu kaki berguna untuk menambah beban saat melompat.


Selain itu, melakukan lompatan ganda atau triple efektif untuk melatih kekuatan otot bagian atas. Jika Anda memegang pegangan dengan benar, Anda bisa melatih otot dengan lebih efektif. Berlatih lompat tali juga sangat berguna untuk melatih otot core. Hal itu karena keseimbangan sangat dibutuhkan saat melakukan lompat tali dengan durasi yang lama.

Gunakan sepatu olahraga yang empuk dan sport bra

Gunakan sepatu olahraga yang empuk dan sport bra

Lompat tali adalah olahraga yang membuat lutut dan pergelangan kaki Anda mudah tegang. Untuk itu, Anda perlu menggunakan sepatu olahraga yang empuk. Kami juga menyarankan Anda untuk tidak langsung memaksakan diri dengan lompatan yang banyak di awal latihan. Cobalah untuk berlatih secara bertahap dengan konsisten.


Bagi wanita, Anda harus selalu selalu menggunakan sport bra saat skipping. Latihan lompat tali akan membuat payudara terguncang sehingga dapat membuat payudara mengendur. Nah, sport bra akan membantu menahan payudara dengan lebih baik.

Baca juga rekomendasi peralatan olahraga lainnya di sini

Olahraga sebaiknya dilakukan oleh semua orang untuk mendapatkan hidup sehat. Selain lompat tali, tentunya ada banyak jenis olahraga lain yang bisa Anda coba. Untuk itu, kami telah merangkum berbagai peralatan olahraga lainnya yang bisa Anda lihat melalui link berikut.

Kesimpulan

Lompat tali atau skipping adalah olahraga sederhana yang sangat bermanfaat. Anda bisa berlatih di mana dan kapan saja. Namun, pastikan Anda menggunakan tali skipping yang tepat. Perhatikan jenis tali, material pegangan, hingga panjang tali saat memilih tali skipping. Anda bisa memilih merek tali skipping terbaik yang telah kami rekomendasikan. Selamat berolahraga!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Grip Raket Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Grip Raket Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Raket menjadi salah satu perlengkapan yang dibutuhkan dalam olahraga badminton dan tenis. Salah satu komponen raket yang harus mendapatkan perawatan adalah bagian grip. Jika grip raket sudah rusak dan tidak nyaman saat digenggam, sebaiknya Anda segera menggantinya. Namun, bagaimana cara memilih grip raket yang bagus? Melalui artikel ini, kami akan mengulas tips memilih grip raket, baik untuk pemain pemula maupun atlet profesional. Produk dari merek grip raket terbaik, seperti Li-Ning, Adidas, Yonex akan Anda jumpai dalam daftar rekomendasi kami. Jadi, silakan baca artikel ini sampai tuntas, ya!
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Bola Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bola Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bermain pingpong adalah salah satu opsi untuk mencari keringat atau berekreasi. Akan tetapi, Anda tentu membutuhkan bola pingpong yang bagus agar permainan berjalan sesuai ekspektasi. Ada yang cocok untuk main santai hingga serius. Manakah yang harus Anda pilih?Bola pingpong atau bola tenis meja terbuat dari bahan plastik. Namun, tergantung pada merek dan harga, karakteristiknya berbeda-beda. Karena itu, kami akan memandu Anda memilih bola pingpong terbaik. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk untuk Anda. Ada Nittaku, DHS, dan lainnya. Bila Anda hobi pingpong atau ingin berlatih, jangan lewatkan ulasannya, ya!
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Meja Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Meja Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pingpong atau tenis meja adalah olahraga lintas generasi yang bisa dimainkan secara serius ataupun fun. Selain bola, bet, dan net, elemen utama yang harus ada dalam permainan ini adalah meja pingpong. Kualitas meja pingpong yang bagus bisa menjadi jaminan keseruan permainan Anda.Merek meja pingpong, seperti DONIC, Powerspin, dan Cornilleau mungkin sudah pernah Anda dengar. Namun, bagaimana dengan merek lainnya? Di artikel ini kami akan memberikan tips membeli meja pingpong terbaik dan merekomendasikan produknya. Meja pingpong mini juga ada, lho!
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Earphone Terbaik untuk Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Earphone Terbaik untuk Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    Akhir-akhir ini wireless earphone menjadi barang yang populer untuk digunakan saat berolahraga. Salah satu alasannya adalah karena ringkas dan nyaman digunakan bahkan ketika berlari. Saat hendak membelinya, bisa jadi Anda bingung memilih karena ada banyak pilihan earphone untuk olahraga.Salah satu hal penting yang harus dipertimbangkan adalah kecocokan earphone dengan bentuk telinga agar tidak mudah jatuh. Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih earphone yang bagus untuk olahraga. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan produk dari merek populer, seperti Apple, Éggel, dan SoundPEATS. Bacalah artikel berikut untuk mendapatkan produk terbaiknya.
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Skuter Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Skuter Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Belakangan banyak terlihat pengguna skuter listrik di perkotaan, baik di taman, trotoar, maupun di jalan raya. Skuter yang juga disebut skuter elektrik atau otoped listrik ini makin dilirik karena keren, canggih, dan nyaman dikendarai. Skuter listrik juga ramah lingkungan karena tidak mengeluarkan emisi seperti kendaraan bermotor. Jika Anda berencana membeli skuter listrik dalam waktu dekat, simaklah artikel ini hingga tuntas. Kami akan membagikan tips memilih skuter listrik yang bagus sekaligus merekomendasikan produk skuter listrik terbaik di pasaran. Produk merek Skutis, Segway, dan Xiaomi ada di antaranya. Selamat membaca!
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Topi Baseball Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Topi Baseball Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Topi baseball menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari perkembangan fashion. Fungsinya bukan lagi sekadar pelindung dari sinar matahari, tetapi juga sebagai penunjang style. Topi baseball mampu menambah outlook dari pemakainya, baik untuk perempuan maupun laki-laki.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih topi baseball kepada Anda. Anda akan menemukan berbagai jenis topi baseball yang bagus, mulai dari merek branded hingga topi brand lokal. Salah satu merek topi baseball terkenal yang akan kami rekomendasikan adalah Ralph Lauren, Puma, dan EIGER. Penasaran dengan merek topi lainnya? Langsung scroll ke bawah, yuk!
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Pull Up Bar Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pull Up Bar Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pull up adalah olahraga untuk melatih kekuatan otot tubuh bagian atas. Untuk melakukan pull up, Anda membutuhkan pull up bar. Alat ini biasanya ditempel di dinding atau pintu. Namun, ada juga pull up bar tipe stand untuk outdoor serta tipe portable yang mudah dilepas pasang.Untuk membantu Anda memilih pull up bar yang bagus untuk home gym di rumah, kami telah menyiapkan tips memilihnya. Ada juga review pull up bar Kettler, Speeds, dan merek lainnya dengan harga bervariasi di bagian rekomendasi produk. Brand terbaik manakah yang sebaiknya dipilih? Simak pembahasannya!
    Olahraga lainnya
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori