1. TOP
  2. >
  3. Outdoor & sports
  4. >
  5. Olahraga lainnya
  6. >
  7. 10 Tali Skipping Terbaik - Ditinjau oleh Personal Trainer (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Tali Skipping Terbaik - Ditinjau oleh Personal Trainer (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Tali Skipping Terbaik - Ditinjau oleh Personal Trainer (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Tali Skipping Terbaik - Ditinjau oleh Personal Trainer (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Tali Skipping Terbaik - Ditinjau oleh Personal Trainer (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Tali Skipping Terbaik - Ditinjau oleh Personal Trainer (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Tali Skipping Terbaik - Ditinjau oleh Personal Trainer (Terbaru Tahun 2023)

Olahraga lompat tali atau skipping digemari oleh banyak orang. Lompat tali merupakan salah satu olahraga cardio yang paling efektif dibandingkan jenis olahraga lainnya. Namun, pastikan Anda memilih tali skipping yang bagus karena dapat memengaruhi pola latihan yang akan dijalani.


Anda bisa menemukan tali skipping atau skipping rope merek HappyFit, Kettler, Speeds, dan lainnya di e-commerce. Untuk memudahkan Anda dalam memilih, kami juga akan memberikan rekomendasi produk tali skipping terbaik. Sebelum itu, simaklah cara memilih yang kami jabarkan berikut ini! Artikel ini sudah ditinjau oleh personal trainer kami, Tedi Hermawan.

Diperbaharui 07-25-2022
Pakar
Personal trainer
Tedi Hermawan

Tedi adalah lulusan Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. Tedi menempuh karier sebagai personal trainer di Gold's Gym sejak 2018. Sejak SMP, Tedi aktif sebagai atlet cabang olahraga futsal, pencak silat, dan kriket. Berbagai prestasi ia dapatkan mulai dari tingkat daerah hingga nasional. Tedi telah mendapatkan sertifikasi sebagai pelatih beberapa cabang olahraga. Beberapa sertifikasi tersebut yaitu sebagai pelatih olahraga dari BNSP, pelatih fisik renang, dan pelatih massage level 1 nasional. Ia juga memiliki sertifikasi cabang olahraga bela diri, seperti pelatih pencak silat dan pelatih muay thai.

Profil Tedi Hermawan
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Apa manfaat olahraga skipping?

Olahraga skipping dikenal juga sebagai lompat tali atau jump rope. Olahraga cardio ini kerap menjadi pilihan masyarakat karena mudah dan murah. Meski demikian, olahraga skipping memiliki banyak manfaat. Lalu, apa saja manfaat olahraga skipping?


  • Membakar kalori tubuh: Skipping yang dilakukan selama 15 menit per hari dapat membakar 200–300 kalori dalam tubuh. Hal ini terjadi karena saat melakukan skipping, tubuh menghasilkan panas lebih banyak.

  • Membantu menurunkan berat badan: Hasil penelitian Harvard University yang dirangkum oleh Bright Side menyatakan bahwa skipping dapat membantu menurunkan berat badan. Penelitian tersebut menjelaskan bahwa skipping selama 30 menit dapat membakar 372 kalori bagi orang dengan berat badan 70 kg.

  • Mencegah penyakit jantung: Melakukan lompat tali selama 30 menit per hari dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Hal ini karena lompat tali dapat meningkatkan kebugaran dan memacu detak jantung dengan baik.

  • Melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh: Keseimbangan dan koordinasi tubuh juga terlatih melalui olahraga skipping. Saat skipping, anggota-anggota tubuh (khususnya tangan, lengan, kaki, dan dada) saling berkoordinasi untuk menjaga ritme secara konstan.

  • Memperkuat otot dan tulang: Gerakan lompat tali yang dilakukan secara berulang membantu pembentukan otot-otot kaki. Selain itu, skipping membantu untuk menjaga kepadatan tulang sehingga menurunkan risiko pengeroposan tulang. Selain itu, olahraga skipping juga dapat memperkuat persendian, terutama di bagian pergelangan kaki, lutut, dan panggul.

Cara memilih tali skipping

Pastinya Anda menginginkan tali skipping yang efektif untuk melatih tubuh. Jadi, sebelum meluncur ke rekomendasi produk, kami akan membahas cara memilih tali skipping. Simaklah pembahasan dari kami dengan saksama.

① Sesuaikan jenis tali dengan kebutuhan Anda

Berat dan kemudahan penggunaan tali skipping sangat bergantung pada jenis tali yang digunakan. Pahami karakteristik setiap jenis talinya. Kemudian, temukan produk yang sesuai dengan kebutuhan.

Tali kain: Cocok untuk latihan kebugaran fisik harian

Tali kain: Cocok untuk latihan kebugaran fisik harian

Tali skipping berbahan kain akan memudahkan Anda dalam menguasai lompat tali. Karena itu, tali kain cocok untuk anak-anak usia TK hingga sekolah dasar. Tali kain juga cocok digunakan oleh pemula atau Anda yang sudah lama tidak bermain lompat tali.


Tali kain cukup berat karena dibuat dari jalinan benang poliester atau kapas sehingga fleksibel dan mudah dilompati. Tali kain tidak menimbulkan rasa sakit berlebih saat mengenai kaki. Tali jenis ini cocok digunakan untuk melatih otot atau awalan sebelum melatih kecepatan.


Namun, bahan kain akan lebih mudah basah dan kotor, terutama saat digunakan di outdoor. Anda juga membutuhkan waktu lebih untuk menjemur tali skipping berbahan kain agar kering.

Tali vinil: Mudah melompat sebanyak mungkin dan pas untuk diet

Tali vinil: Mudah melompat sebanyak mungkin dan pas untuk diet

Bahan vinil adalah bahan tali skipping yang paling umum ditemui. Bagi Anda yang ingin mengencangkan tubuh, pilihlah tali skipping berbahan ini. Tali vinil memiliki karakteristik ringan dan mudah diputar.


Anda bisa melakukan double jump dan cross jump yang membutuhkan kecepatan memutar tali. Alhasil, Anda dapat sekaligus melatih kekuatan lengan. Makin banyak lompatan dilakukan, makin kuat otot tubuh bagian bawah Anda, seperti betis dan paha.


Meski begitu, harap diperhatikan bahwa pemilihan bahan tali skipping tidak berhubungan dengan diet. Hal ini karena skipping merupakan olahraga cardio, sedangkan diet adalah perihal pengaturan pola makan.

Tali manik: Menempatkan beban pada tubuh bagian atas dan melatih ritme lompat

Tali manik: Menempatkan beban pada tubuh bagian atas dan melatih ritme lompat

Tambahan manik-manik menjadikan tali jenis ini lebih berat dibandingkan jenis tali lainnya. Putaran talinya menghasilkan suara yang akan memudahkan Anda untuk mengatur ritme lompatan. Anda bisa menggunakan tali ini untuk berlatih dengan musik.

Tali kawat (steel dan aluminium alloy): Melompat dengan kecepatan terbaik

Tali kawat bisa diputar dengan sangat cepat sehingga sering digunakan oleh para profesional. Karena terbuat dari logam, tali kawat memberikan beban latihan yang berat pada otot.


Tali kawat cocok untuk melatih otot core. Pasalnya, memerlukan kekuatan otot bagian atas dan bawah agar bisa memutarnya dengan baik. Meski demikian, tali ini sulit terpelintir saat digunakan dan terbilang awet.

Tube: Untuk melatih tubuh bagian atas sembari olahraga aerobik

Tube: Untuk melatih tubuh bagian atas sembari olahraga aerobik

Jika Anda ingin meningkatkan kekuatan lengan dan bahu dengan latihan aerobik, gunakanlah tali tube. Tali ini sangat tebal dan berat, bahkan ada yang beratnya mencapai 1000 gram.


Tali skipping ini biasanya terbuat dari selang dan pegangannya dari kayu. Ada juga skipping tube yang di dalam selangnya terdapat pemberat berupa kawat. Tali tube dikenal juga sebagai tie rope dan sering digunakan pada latihan Muay Thai.


Tali tube lebih berat sepuluh kali lipat ketimbang tali vinil. Anda dapat membakar banyak kalori hanya dengan melompat satu set. Ada berbagai pilihan bobot tali tube yang bisa dipilih. Mulailah dari tali berbobot ringan untuk menghindari cedera siku atau pergelangan tangan.

② Kenali jenis pengikatnya

Pengikat tali skipping berpengaruh pada kemudahan berlatih lompat tali. Terdapat tiga tipe pengikat yang umum digunakan pada tali skipping. Pilihlah tali skipping dengan pengikat yang menurut Anda paling mudah digunakan.

Tipe lipat, untuk penyesuaian panjang yang mudah

Tipe lipat, untuk penyesuaian panjang yang mudah

Pengikat jenis lipat disarankan jika Anda ingin menyesuaikan panjang tali dengan mudah. Untuk memendekkan tali, lipatlah tali, lalu masukkan ke bagian dalam pegangan. Jenis pengikat ini paling mudah digunakan daripada jenis pengikat lainnya. Namun, tali bisa saja mudah tertarik atau lepas saat Anda melompat.

Tipe straight, tidak mudah terlepas atau terpelintir talinya

Tipe straight, tidak mudah terlepas atau terpelintir talinya

Jika Anda menginginkan pengikat yang sulit ditarik atau terpelintir, pilihlah jenis straight. Tipe ini dapat mengatur panjang secara lurus dengan pengikat di ujung pegangan. Pengikat jenis ini sangat kuat dan tidak mudah terlepas. Jenis ini juga tidak mudah terpelintir sehingga tipe ini paling sering digunakan pada tali skipping.

Tipe bearing, awet dan tahan digunakan untuk waktu lama

Pengikat tipe ini memiliki bearing pada pegangan yang memudahkan tali untuk berputar. Tipe ini paling mudah dilompati serta tidak mudah terlepas atau terpelintir. Di sisi lain, kualitas bearing bawaan akan berkurang seiring dengan intensitas penggunaan. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa mengganti bearing-nya.

③ Pastikan pegangan mudah digenggam dan tidak licin

Pastikan pegangan mudah digenggam dan tidak licin

Pegangan tidak kalah penting untuk diperhatikan saat memilih tali skipping. Carilah tali skipping dengan pegangan yang dilengkapi bantalan busa agar lebih empuk. Selain itu, pilih pegangan yang dilengkapi karet agar tidak licin.


Pastikan juga pegangan sesuai dengan bentuk dan ukuran tangan. Anda dianjurkan memilih pegangan yang sedikit lebih panjang dari genggaman tangan. Hal tersebut berpengaruh pada ketepatan posisi mendarat serta dapat meningkatkan kualitas latihan.

④ Pertimbangkan tali skipping yang dapat diatur panjang dan pendeknya

Pertimbangkan tali skipping yang dapat diatur panjang dan pendeknya

Panjang tali skipping yang dijual di pasaran adalah 2–3 meter. Anda dianjurkan untuk menyesuaikan panjang tali agar skipping berjalan dengan baik. Agar dapat melompat dengan benar, idealnya Anda dapat memilih tali skipping dengan panjang 55 cm melebihi tinggi badan. Untuk itu, sebaiknya Anda memilih tali skipping yang memiliki adjuster sehingga panjang tali bisa disesuaikan.

⑤ Pilih tali skipping air rope jika ingin berlatih dalam ruangan

Pilih tali skipping air rope jika ingin berlatih dalam ruangan

Anda bisa memilih air rope jumping jika ingin berlatih di rumah. Jenis ini memiliki tali pendek yang menempel pada pegangan. Anda bisa tetap merasakan sensasi lompat tali meski berada di ruangan sempit. Selain itu, Anda juga tidak perlu mengkhawatirkan suara tali yang membentur lantai. Jenis ini cocok untuk Anda yang takut tersangkut tali skipping.


Meski bukan lompat tali sebenarnya, efektivitasnya tetap sama dalam memperkuat otot. Anda juga bisa melakukan lompatan ganda atau triple karena kaki tidak akan tersangkut tali. Gunakan matras yoga sebagai alas jika Anda mengkhawatirkan getaran dari lantai.

10 Rekomendasi tali skipping terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tali skipping terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Tedi Hermawan.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Speeds

Skipping Jump Rope

Speeds  Skipping Jump Rope  1枚目

Pegangan bertekstur garis, tidak licin ketika digenggam

2

Miisoo

Jump Rope Skipping

Miisoo  Jump Rope Skipping 1枚目

Dilengkapi counter, memudahkan penghitungan jumlah lompatan

3

Agnite

Jump Rope

Agnite  Jump Rope 1枚目

Handle ramping sehingga nyaman digenggam dan tidak mudah terlepas

4

HappyFit

New Jump Rope

HappyFit  New Jump Rope 1枚目

Hasilkan aksi swing halus berkat gagang yang soft dan ringan

5

SFIDN FITS

Jumping Skipping Rope

SFIDN FITS  Jumping Skipping Rope 1枚目

Tali tipis dan bebas kusut, cocok untuk melatih kecepatan lompat tali

6

MINISO

Skipping Rope

MINISO Skipping Rope 1枚目

Tidak terlalu berat atau ringan sehingga nyaman digunakan untuk berlatih

7

CoreNation

Freestyle Beaded Skipping Jump Rope

CoreNation Freestyle Beaded Skipping Jump Rope 1枚目

Tali skipping manik dengan pilihan warna menggemaskan untuk anak

8

The Republic of Svarga

Skipping Rope

The Republic of Svarga  Skipping Rope 1枚目

Terdapat ball bearing, berlatih lompat tali lebih mudah

9

Aolikes

Skipping Rope

Aolikes  Skipping Rope  1枚目

Kuat dan ringan, bakar lemak jadi lebih mudah

10

Kettler

Jump Rope Soft Rubber 403-400

Kettler  Jump Rope Soft Rubber 403-400 1枚目

Miliki build quality bagus, cocok digunakan untuk pemula

Perincian produk
Close
No.1

Speeds Skipping Jump Rope LX 021-1604

Mulai dari Rp14.000,00

Pegangan bertekstur garis, tidak licin ketika digenggam

Kelebihan:

  • Pegangan bertekstur garis sehingga tidak licin
  • Tali liat sehingga tidak mudah putus dan awet
  • Terdapat counter untuk menghitung gerakan lompat tali

Kekurangan:

  • Bearing terbuat dari bahan metal sehingga mudah berkarat

Terkadang tali skipping tidak nyaman digunakan karena pegangannya licin. Selain tidak nyaman, pegangan yang licin juga membuat tali skipping mudah terlepas dari genggaman. Agar Anda tidak merasakan hal yang demikian, cobalah gunakan tali skipping seri LX 021-1604 dari Speeds.


Tali skipping ini memiliki tekstur bergaris sehingga tidak licin ketika dipegang. Selain itu, tali skipping dari Speeds ini juga sudah dilengkapi dengan fitur counter. Segala kelebihan tersebut akan memudahkan Anda berolahraga skipping di rumah.

No.2

Miisoo Jump Rope Skipping

Mulai dari Rp15.900,00

Dilengkapi counter, memudahkan penghitungan jumlah lompatan

Kelebihan:

  • Terdapat counter untuk menghitung gerakan lompat tali
  • Panjang tali dapat disesuaikan dengan kebutuhan
  • Pegangan empuk karena berlapis busa

Kekurangan:

  • Lapisan vinil pada tali rawan mengelupas
  • Beberapa pengguna menyebutkan tali terlalu pendek dan tampilannya tidak sesuai dengan yang ada di gambar

Menghitung jumlah lompatan saat melakukan skipping terkadang mengganggu konsentrasi. Anda tentu tidak ingin mengalaminya, bukan? Untuk itu, pilihlah produk tali skipping dari Miisoo.


Produk ini dilengkapi dengan counter sehingga Anda lebih mudah dalam menghitung jumlah lompatan. Selain itu, handle juga dilapisi busa sehingga telapak tangan terhindar dari kapalan. Tali ini lebih cocok untuk orang dewasa karena ukuran genggamannya lebih besar.

No.3

Handle ramping sehingga nyaman digenggam dan tidak mudah terlepas

Kelebihan:

  • Handle ramping sehingga nyaman digenggam
  • Terdapat tiga pilihan warna pastel yang menarik

Kekurangan:

  • Handle yang kecil membuatnya susah digunakan untuk lompat tali dengan intensitas cepat

Agnite mengeluarkan tali skipping dengan handle ramping. Hal ini menjadikan Anda nyaman menggenggamnya sehingga tidak mudah terlepas. Dengan panjang tali yang bisa disesuaikan, Anda bisa berlatih lompat tali dengan lebih maksimal.


Bagi Anda yang membutuhkan tali skipping untuk anak-anak dan orang dewasa, produk ini juga cocok dipilih. Terdapat tiga varian tali dengan warna pastel yang bisa Anda pilih. Akan tetapi, handle-nya cukup licin sehingga Anda perlu berhati-hati ketika menggunakannya.

No.4

Hasilkan aksi swing halus berkat gagang yang soft dan ringan

Kelebihan:

  • Gagang soft dan ringan sehingga mendukung aksi swing
  • Tali liat dan kuat sehingga tidak mudah putus

Kekurangan:

  • Pegangan keras karena tidak ada busanya
  • Tidak bisa diatur panjang dan pendeknya

Ada banyak variasi lompat tali, salah satunya gerakan swing. Anda yang sudah mahir melakukannya tentu ingin mendapatkan tali skipping yang tepat. Produk dari HappyFit ini dapat menjadi pilihan untuk Anda yang ingin melakukan aksi swing.


Gerakan swing yang Anda lakukan akan terasa halus berkat gagang yang soft dan ringan. Sayangnya, panjang tali ini tidak bisa diatur sehingga orang yang bertubuh pendek akan cukup kesulitan memakainya.

No.5

SFIDN FITS Jumping Skipping Rope

Mulai dari Rp68.000,00

Tali tipis dan bebas kusut, cocok untuk melatih kecepatan lompat tali

Kelebihan:

  • Tali bebas kusut sehingga tidak mudah retak atau putus

Kekurangan:

  • Pemasangan tali cukup sulit karena menggunakan mur dan baut

Anda sudah mahir bermain skipping? Lalu, Anda ingin meningkatkan skill dengan menambah kecepatan lompatan? Gunakanlah tali skipping yang satu ini untuk berlatih. Tali skipping dari SFIDN FITS ini didesain dengan model speed rope sehingga tipis dan bebas kusut. Karena bebas kusut, tali juga tidak mudah putus dan retak.

No.6

Tidak terlalu berat atau ringan sehingga nyaman digunakan untuk berlatih

Kelebihan:

  • Bobot tali skipping pas sehingga nyaman ketika digunakan
  • Panjang tali bisa disesuaikan dengan tinggi badan

Kekurangan:

  • Terasa sakit jika tali mengenai kaki
  • Genggaman keras sehingga tidak nyaman ketika digenggam

Apakah Anda pemula yang sedang ingin menurunkan berat badan atau baru ingin mencoba skipping? Produk tali skipping MINISO dapat dipilih. MINISO Skipping Rope membuat latihan lompat tali Anda terasa nyaman karena bobotnya tidak terlalu berat atau ringan. Berat badan ideal pun mudah untuk Anda gapai.

No.7

CoreNationFreestyle Beaded Skipping Jump Rope

Mulai dari Rp59.000,00

Tali skipping manik dengan pilihan warna menggemaskan untuk anak

Kelebihan:

  • Tali ringan dan tidak mudah putus
  • Panjang tali dapat disesuaikan dengan kebutuhan

Kekurangan:

  • Menurut beberapa pengguna, manik-manik penyusun tali seperti akan lepas ketika melakukan gerakan swing

Anda mencari tali skipping untuk anak? Pilihlah produk tali skipping keluaran CoreNation Active ini. Produk ini terbuat dari rangkaian manik-manik sehingga terlihat menggemaskan. Ada tiga pilihan warna, yaitu pink, hitam, dan biru.


Tidak sekadar menarik, tali skipping ini juga dapat disesuaikan panjangnya. Tali skipping ini cocok untuk anak yang tingginya tidak lebih dari 150 cm. Namun, harap berhati-hati saat menggunakannya karena manik-maniknya bisa mudah pecah bila terkena lantai terus-menerus dan terinjak.

No.8

The Republic of Svarga Skipping Rope

Mulai dari Rp139.000,00

Terdapat ball bearing, berlatih lompat tali lebih mudah

Kelebihan:

  • Handle antiselip sehingga nyaman digenggam
  • Memiliki ball bearing yang memudahkan perputaran tali

Kekurangan:

  • Karena mayoritas terbuat dari logam, produk mudah berkarat

Skipping rope dari The Republic of Svarga ini memiliki ball bearing sehingga perputaran tali lebih mudah. Karena itu, tali skipping ini cocok digunakan oleh Anda yang masih pemula atau yang sudah mahir.


Selain terdapat bearing, tali skipping ini juga didesain ringan dengan bobot kisaran 120 gram. Anda pun lebih mudah bergerak. Karena pegangannya terbuat dari steel, produk ini akan terasa licin jika dipakai dalam jangka waktu lama akibat keringat.

No.9

Kuat dan ringan, bakar lemak jadi lebih mudah

Kelebihan:

  • Tali dan pegangan ringan

Kekurangan:

  • Diameter tali kecil sehingga sulit ketika diayunkan
  • Tali di bagian ujung mengganggu saat digunakan untuk skipping

Anda berencana latihan cardio dengan target membakar lemak di tubuh? Kami sarankan Anda untuk menggunakan tali skipping dari Aolikes yang satu ini. Target membakar lemak akan terasa lebih mudah berkat tali skipping yang kuat dan ringan. Tali ini kuat dan ringan karena terbuat dari bahan baja yang berlapis vinil di bagian luarnya. Namun, tali ini lebih direkomendasikan untuk Anda yang sudah terbiasa melakukan skipping. Sebab, ukuran talinya yang kecil membuatnya lebih sulit diayun.

No.10

Kettler Jump Rope Soft Rubber 403-400002002169

Mulai dari Rp59.500,00

Miliki build quality bagus, cocok digunakan untuk pemula

Kelebihan:

  • Pegangan berlapis busa sehingga empuk
  • Talinya tebal sehingga lebih awet

Kekurangan:

  • Bagian atas handle sulit dibuka ketika ingin mengatur panjang tali

Sebagai salah satu brand olahraga ternama, Kettler tidak ketinggalan mengeluarkan produk tali skipping yang cocok digunakan untuk pemula. Tali berbahan vinil ini tebal sehingga awet. Selain itu, pegangannya empuk karena berlapis busa. 


Anda yang masih pemula bisa menggunakannya untuk latihan berkat build quality yang bagus. Anda yang masih pemula bisa menggunakannya untuk latihan berkat build quality yang bagus. Namun, Anda harus segera menjemurnya setelah digunakan karena pegangannya cepat basah jika terkena keringat.

Metode latihan lompat tali yang aman dan efektif

Setelah menemukan produk yang sesuai, kami akan membahas hal yang perlu diperhatikan agar Anda dapat berlatih dengan aman. Selain itu, kami akan memberikan tips agar latihan Anda menjadi lebih efektif. Perhatikan dengan saksama, ya!

Tips berlatih lompat tali untuk Anda yang sedang diet menurunkan berat badan

Tips berlatih lompat tali  untuk Anda yang sedang diet menurunkan berat badan

Lompat tali merupakan olahraga cardio yang efektif juga untuk menurunkan berat badan. Cobalah berlatih melompat 50–60 kali per menit selama 5 menit. Setelah itu, Anda bisa beristirahat selama 1 menit, lalu melanjutkan kembali sesi lompat selama 5 menit.


Penting bagi Anda untuk mempertahankan tempo lompatan selama satu menit. Jaga pula pandangan mata Anda tetap lurus ke depan agar postur tubuh tidak berubah. Setelah terbiasa berlatih satu set lompat dan satu menit istirahat, Anda bisa menambah porsi latihan.


Tubuh akan mulai melakukan pembakaran lemak jika Anda melakukan suatu aktivitas secara konsisten di atas 25 menit. Karena itu, Anda disarankan untuk melakukan cardio, salah satunya skipping, di atas 25 menit agar pembakaran lemak lebih optimal. Bagi pemula yang ingin menurunkan berat badan, gunakan tali skipping yang ringan dan sudah disesuaikan dengan tinggi badan Anda.

Tips berlatih lompat tali untuk membentuk otot

Tips berlatih lompat tali untuk membentuk otot

Latihan skipping tidak ada kaitannya dengan membentuk otot tubuh. Latihan skipping lebih dominan untuk melatih otot organ seperti paru-paru dan jantung. Jika Anda ingin melatih otot kaki, Anda bisa melakukan lompat tali dengan menggunakan tambahan pemberat kaki.

Gunakan sepatu olahraga yang empuk dan sport bra

Gunakan sepatu olahraga yang empuk dan sport bra

Lompat tali adalah olahraga yang membuat lutut dan pergelangan kaki Anda mudah tegang. Untuk itu, Anda perlu menggunakan sepatu olahraga yang empuk. Kami juga menyarankan Anda untuk tidak langsung memaksakan diri dengan lompatan yang banyak di awal latihan. Cobalah untuk berlatih secara bertahap dengan konsisten.


Bagi wanita, Anda harus selalu selalu menggunakan sport bra saat skipping. Latihan lompat tali akan membuat payudara terguncang sehingga dapat membuat payudara mengendur. Nah, sport bra akan membantu menahan payudara dengan lebih baik.

Tips dari personal trainer kami, Tedi Hermawan

Tips dari personal trainer kami, Tedi Hermawan

Gunakanlah tali skipping yang panjangnya bisa diatur. Dengan begitu, Anda tidak perlu membeli tali skipping berulang kali akibat panjang yang tidak sesuai. Untuk pemula, pilih tali skipping dengan pegangan berbantalan busa. Di sisi lain, jika Anda seorang olahragawan, disarankan untuk menggunakan skipping tube yang lebih berat.

Baca juga rekomendasi peralatan olahraga lainnya di sini

Olahraga sebaiknya dilakukan oleh semua orang untuk mendapatkan hidup sehat. Selain lompat tali, tentunya ada banyak jenis olahraga lain yang bisa Anda coba. Untuk itu, kami telah merangkum berbagai peralatan olahraga lainnya yang bisa Anda lihat melalui link berikut.

Kesimpulan

Lompat tali atau skipping adalah olahraga sederhana yang sangat bermanfaat. Anda bisa berlatih di mana dan kapan saja. Namun, pastikan Anda menggunakan tali skipping yang tepat. Perhatikan jenis tali, material pegangan, hingga panjang tali saat memilih tali skipping. Anda bisa memilih merek tali skipping terbaik yang telah kami rekomendasikan. Selamat berolahraga!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer