• 10 Rekomendasi Tali Skipping Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Tali Skipping Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Tali Skipping Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Tali Skipping Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Tali Skipping Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Tali Skipping Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Olahraga lompat tali atau skipping kini mulai digemari oleh banyak orang. Lompat tali merupakan salah satu olahraga cardio yang paling efektif dibanding jenis olahraga lainnya. Karena itu, memilih tali skipping adalah sesuatu yang harus diperhatikan karena alat ini dapat memengaruhi pola latihan Anda. 


Brand olahraga seperti Ketler, LP Sport, dan Xiaomi memiliki variasi tali skipping yang beragam. Untuk memudahkan Anda dalam mendapatkan tali skipping terbaik, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Sebelum itu, mari simak cara memilih yang akan kami jabarkan berikut ini.

  • Pembaharuan terakhir: 29 Januari 2021
  • 13.658 Views
Daftar isi

Cara memilih tali skipping

Pastinya, Anda menginginkan tali skipping yang efektif untuk melatih tubuh Anda. Jadi, sekarang kami akan memperkenalkan cara memilih tali skipping yang paling sesuai untuk Anda.

Pilih jenis tali yang sesuai untuk Anda

Berat dan kemudahan penggunaan tali skipping sangatlah beragam tergantung pada jenis tali yang digunakan. Pahami karakteristik masing-masing jenis dan temukan produk yang tepat untuk Anda.

Tali kain: Cocok untuk latihan kebugaran fisik harian

Tali kain: Cocok untuk latihan kebugaran fisik harian

Tali yang terbuat dari kain akan memudahkan Anda untuk menguasai cara lompat tali. Inilah alasan tali skipping berbahan kain sering digunakan oleh anak usia taman kanak-kanak hingga murid sekolah dasar. Bahan tali ini sangat pas digunakan bagi para pemula atau Anda yang sudah lama tidak bermain lompat tali.


Tali skipping berbahan kain cukup berat karena dibuat dari jalinan benang poliester atau kapas. Hal itu membuat tali berbahan ini lebih fleksibel dan mudah dilompati. Selain itu, tali ini tidak akan menimbulkan rasa sakit berlebih saat menyentuh kaki Anda. Cocok digunakan untuk melatih otot atau awalan latihan sebelum melatih kecepatan.

Tali vinyl: Mudah melompat sebanyak mungkin dan pas untuk diet

Bagi Anda yang ingin mengencangkan tubuh, Anda bisa memilih tali skipping berbahan vinyl. Tali dengan bahan ini memiliki karakteristik yang ringan dan mudah diputar. Anda bisa melakukan double jump dan cross jump yang membutuhkan kecepatan memutar tali. Dengan begitu, Anda dapat sekaligus melatih kekuatan lengan. Semakin banyak lompatan yang Anda lakukan, semakin kuat otot tubuh bagian bawah Anda seperti betis dan paha.


Kegiatan lompat tali juga sangat dianjurkan bagi Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Efek latihan lompat tali selama 10 menit setara dengan latihan aerobik dan jogging selama 30 menit. Latihan lompat tali sangat efektif untuk membakar lemak tubuh.

Tali manik: Menempatkan beban pada tubuh bagian atas dan melatih ritme lompat

Tali manik lebih berat dua hingga tiga kali lipat dibanding tali vinyl biasa karena tali telah ditambahi dengan manik-manik. Dengan beratnya tersebut, melompat dengan tali ini memberikan beban sedang dan mampu menstimulasi otot-otot tubuh bagian atas. Dengan latihan lompat tali biasa, Anda akan merasakan otot perut, punggung, serta bahu Anda bekerja.


Jenis tali ini dianjurkan untuk Anda yang ingin melatih otot bagian atas. Selain itu, putaran talinya menghasilkan suara yang akan memudahkan Anda untuk mengatur ritme lompatan. Anda bisa menggunakan tali ini untuk berlatih dengan musik. Sayangnya, jenis ini memang masih cukup jarang dijumpai di pasaran Indonesia.

Tali kawat: Melompat dengan kecepatan terbaik

Tali kawat direkomendasikan bagi Anda yang sudah ahli berolahraga lompat tali. Tipe ini bisa diputar dengan sangat cepat sehingga sering digunakan juga oleh para profesional di kompetisi menghitung jumlah lompatan. Karena menggunakan logam seperti baja, tali ini terasa berat meski tipis dan memberikan beban latihan yang berat pada otot. Hal menarik lain dari bahan ini adalah talinya sulit terpelintir saat sedang digunakan.


Berlatih menggunakan tali skipping dari kawat memerlukan kekuatan otot bagian atas dan bawah agar bisa memutar tali dengan baik. Jadi, jenis tali skipping ini sangat sempurna melatih otot core. Jenis tali ini juga sangat awet sehingga direkomendasikan untuk Anda yang berniat berlatih lompat tali dalam waktu lama.

Tube: Untuk melatih tubuh bagian atas sembari olahraga aerobik

Jika Anda ingin meningkatkan kekuatan lengan dan bahu Anda bersamaan dengan latihan aerobik, Anda bisa menggunakan tali tube. Tali ini sangat tebal dan berat, bahkan ada beberapa tali yang mencapai berat 1000 gram. Tali tube dikenal juga sebagai tie rope dan sering digunakan pada latihan Muay Thai.


Tali tube lebih berat sepuluh kali lipat ketimbang tali vinyl. Anda dapat mengbakar banyak kalori hanya dengan melompat satu set. Jika Anda tertarik, ada berbagai pilihan bobot tali tube yang bisa Anda pilih, misalnya mulai dari 100 gram. Anda disarankan untuk memulai dari bobot ringan terlebih dahulu untuk menghindari cedera siku atau pergelangan tangan.

Pilih pegangan yang mudah digenggam dan tidak licin

Pilih pegangan yang mudah digenggam dan tidak licin

Memilih pegangan yang nyaman juga penting diperhatikan saat memilih tali skipping. Pilihlah pegangan yang tidak mudah selip dan sesuai dengan bentuk tangan Anda atau pilihlah bahan yang fleksibel.


Pastikan Anda memilih ukuran pegangan yang sesuai dengan tangan, dalam artian tidak terlalu pendek. Anda dianjurkan untuk memilih pegangan yang sedikit lebih panjang dari genggaman Anda. Hal tersebut akan berpengaruh pada ketepatan posisi Anda mendarat serta meningkatkan kualitas latihan Anda.

Pilih panjang tali dengan menambah 55 cm pada tinggi Anda

Untuk dapat melompat dengan benar, gunakan tali skipping dengan panjang 55 cm melebihi tinggi badan Anda. Jika teknik melompat Anda tidak sesuai, Anda akan mudah lelah dan cedera akibat gerakan yang tidak perlu.


Mayoritas tali skipping yang dijual di pasaran memiliki panjang 2-3 meter. Anda dianjurkan untuk memotong tali dengan menyesuaikan panjang optimal untuk diri sendiri dengan menggunakan perhitungan di atas. Akan sangat baik jika pegangan tali skipping memiliki adjuster yang bisa menyesuaikan panjang tali.

Pilih jenis pengikat

Pengikat tali skipping sangat berpengaruh pada kemudahan berlatih. Kami akan memperkenalkan tiga tipe utama pengikat yang umum digunakan pada tali skipping. Silakan pilih yang menurut Anda paling mudah digunakan.

Tipe lipat, untuk penyesuaian panjang yang mudah

Pengikat jenis lipat direkomendasikan jika Anda ingin menyesuaikan panjang tali dengan mudah. Untuk memendekkan tali, Anda tinggal melipat tali lalu memasukkannya ke bagian dalam pegangan. Di antara dua jenis pengikat lainnya, jenis inilah yang paling mudah digunakan. Namun, tali bisa saja mudah tertarik atau lepas saat Anda melompat.


Harga yang dipatok tergolong ramah di kantong, Anda bisa dengan mudah membeli dan menggantinya jika diperlukan. Tentunya sangat cocok bagi Anda yang ingin memulai latihan lompat tali sejak kini.

Tipe straight, tidak mudah terlepas atau terpelintir talinya

Jika Anda menginginkan pengikat yang sulit ditarik atau melintir, pilihlah jenis straight. Jenis ini dapat mengatur panjang secara lurus dengan pengikat di ujung pegangan. Pengikat jenis ini sangat kuat dan tidak mudah terlepas. Selain itu, jenis ini tidak mudah terpelintir sehingga tipe ini paling sering digunakan pada tali skipping.

Tipe bearing, awet dan tahan digunakan untuk waktu lama

Pengikat jenis ini memiliki bearing bawaan pada pegangan yang memudahkan tali untuk berputar dengan lancar. Pengikat jenis ini direkomendasikan bagi Anda yang ingin menggunakannya dalam waktu lama. Dari ketiga jenis pengikat, tipe ini yang paling mudah dilompati serta tidak mudah terlepas atau terpelintir. 


Kualitas bearing bawaan akan berkurang seiring dengan intensitas penggunaan. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena pengikat tetap dapat digunakan dengan mengganti bearing-nya.

Pilih tali skipping air rope jika ingin berlatih dalam ruangan

Jika Anda ingin berlatih di dalam rumah, Anda bisa menggunakan air rope jumping. Jenis ini memiliki tali pendek yang menempel pada pegangan tali skipping. Anda bisa tetap merasakan sensasi lompat tali meski berada di ruangan sempit. Selain itu, Anda juga tidak perlu mengkhawatirkan suara tali yang membentur lantai.


Meskipun bukan lompat tali sebenarnya, efektifitasnya tetap sama dalam memperkuat otot lengan, pinggang, dan kaki Anda. Karena kaki Anda tidak akan tersangkut tali, Anda bisa melakukan lompatan ganda atau triple yang sulit dilakukan. Jika Anda mengkhawatirkan getaran lantai saat melompat, seperti di apartemen, Anda bisa menggunakan matras yoga sebagai alas.

10 Rekomendasi produk tali skipping terbaik

Setelah Anda mengetahui berbagai jenis tali skipping, kami akan memberikan beberapa rekomendasi produk yang bisa Anda pilih. Simak ulasan kami sampai akhir untuk temukan produk terbaik!

10

Tali Skipping Manik Warna-Warni

Rp 31.000,00

Jenis taliManik
Material peganganPlastik
Panjang tali2,6 m
9
Jenis taliSteel
Material peganganAluminium alloy
Panjang tali3 m
8
Jenis taliVinyl
Material peganganPlastik dan busa
Panjang tali3 meter
7
Jenis taliKain poliester
Material peganganPlastik dan busa
Panjang tali2,5 m
6
Jenis taliVinyl
Material peganganPlastik ABS
Panjang tali±3 m
5
Jenis taliSteel dan vinyl
Material peganganPlastik dan busa
Panjang tali2,9 m
4
Jenis taliVinyl
Material peganganBusa
Panjang tali2,6 m
3

XiaomiYunmai Anti-Skid Handle Durable Skipping Rope

Rp 230.000,00

Jenis taliSteel
Material peganganVinyl
Panjang tali3 m
2
Jenis taliTidak disebutkan
Material peganganPlastik dan busa
Panjang tali41 cm
1
Jenis taliPC, PU, dan kawat baja
Material peganganDilapisi karet
Panjang tali3 m

Tabel perbandingan produk tali skipping terbaik

Gambar produk
1
Xiaomi Yunmai Smart Skipping Rope 1

Xiaomi

2
Cordless Jump Rope 1

3
Xiaomi Yunmai Anti-Skid Handle Durable Skipping Rope 1

Xiaomi

4
Kongs Pro Jumping Rope 1

Kongs Pro

5
LP Support Cable Jump Rope 1

LP Support

6
Kettler Digital Rope 1

Kettler

7
LP Support Weave Jump Rope 1

LP Support

8
Jump Rope Automatic Counter 1

9
Aolikes Jump Rope Steel Wire Bearing 1

Aolikes

10
Tali Skipping Manik Warna-Warni 1

Nama produk

Yunmai Smart Skipping Rope

Cordless Jump Rope

Yunmai Anti-Skid Handle Durable Skipping Rope

Jumping Rope

Cable Jump Rope

Digital Rope

Weave Jump Rope

Jump Rope Automatic Counter

Jump Rope Steel Wire Bearing

Tali Skipping Manik Warna-Warni

Keunggulan

Hubungkan dengan smartphone dan atur sesi latihan Anda!

Nyaman dan aman dipakai meski dalam ruangan sempit

Pegangan ditambahi pemberat, makin optimal melatih lengan

Tali skipping bebas kusut, bebas kesal!

Bisa digunakan cukup cepat, tetapi memiliki bobot lebih berat

Hitung jumlah kalori yang terbakar sekaligus

Bobotnya berat, jadi lebih efektif untuk melatih otot

Mudah dipakai oleh pemula dan anak-anak sekalipun

Kuat dan ringan untuk melatih kecepatan Anda

Latih tempo melompat Anda dengan bantuan manik

HargaRp 417.240,00Rp 87.500,00Rp 230.000,00Rp 168.000,00Rp 250.000,00Rp 159.000,00Rp 246.000,00Rp 20.000,00Rp 82.500,00Rp 31.000,00
Jenis taliPC, PU, dan kawat bajaTidak disebutkanSteelVinylSteel dan vinylVinylKain poliesterVinylSteel Manik
Material peganganDilapisi karetPlastik dan busaVinylBusaPlastik dan busaPlastik ABSPlastik dan busaPlastik dan busaAluminium alloyPlastik
Panjang tali3 m41 cm3 m2,6 m2,9 m±3 m2,5 m3 meter3 m2,6 m
Tautan produk

Metode latihan lompat tali yang aman dan efektif

Setelah menemukan produk yang sesuai, kami akan membahas hal yang perlu diperhatikan agar Anda dapat berlatih dengan aman. Selain itu, kami juga akan memberikan tips agar latihan Anda menjadi lebih efektif.

Tips berlatih lompat tali untuk Anda yang sedang diet

Tips berlatih lompat tali  untuk Anda yang sedang diet

Lompat tali merupakan olahraga cardio yang efektif juga untuk menurunkan berat badan. Cobalah berlatih melompat 50-60 kali per menit selama 5 menit. Setelah itu, Anda bisa beristirahat selama 1 menit lalu melanjutkan kembali sesi lompat selama 5 menit.


Penting bagi Anda untuk mempertahankan tempo lompatan selama satu menit. Jaga pula pandangan mata Anda tetap lurus ke depan agar postur tubuh tidak berubah. Setelah terbiasa dengan berlatih satu set lompat dan satu menit istirahat, Anda bisa menambah porsi latihan menjadi dua atau tiga set.

Tips berlatih lompat tali untuk membentuk otot

Tips berlatih lompat tali untuk membentuk otot

Jika tujuan latihan Anda adalah pembentukan otot, Anda disarankan untuk menggunakan beban saat melompat. Anda bisa melompat dengan kaki sejajar atau dengan salah satu kaki secara bergantian seperti petinju. Melompat dengan satu kaki berguna untuk menambah beban saat melompat.


Selain itu, melakukan lompatan ganda atau triple efektif untuk melatih kekuatan otot bagian atas. Jika Anda memegang pegangan dengan benar, Anda bisa melatih otot dengan lebih efektif. Berlatih lompat tali juga sangat berguna untuk melatih otot core. Hal itu disebabkan karena keseimbangan sangat dibutuhkan saat melakukan lompat tali dengan durasi yang lama.

Gunakan sepatu olahraga yang empuk dan sport bra

Gunakan sepatu olahraga yang empuk dan sport bra

Lompat tali adalah olahraga yang membuat lutut dan pergelangan kaki Anda mudah tegang. Untuk itu, Anda perlu menggunakan sepatu olahraga yang empuk.


Bagi wanita, penting untuk selalu menggunakan sport bra saat latihan. Latihan lompat tali akan membuat payudara terguncang sehingga dapat membuat payudara mengendur. Nah, sport bra akan membantu menahan payudara dengan lebih baik.


Kami juga menyarankan Anda untuk tidak langsung memaksakan diri dengan lompatan yang banyak di awal latihan. Cobalah untuk berlatih secara bertahap dengan konsisten.

Baca juga rekomendasi peralatan olahraga lainnya di sini

Olahraga merupakan kegiatan yang wajib dilakukan oleh semua orang agar bisa memiliki hidup sehat. Selain lompat tali, tentunya ada banyak jenis olahraga lain yang bisa Anda coba. Untuk itu, kami telah membantu merangkum berbagai peralatan olahraga lainnya yang bisa Anda lihat melalui link berikut.

Kesimpulan

Lompat tali adalah olahraga yang sederhana, tetapi sangat bermanfaat. Anda bisa melakukannya di mana pun dan kapan pun, terlebih kini tali skipping sudah memiliki fitur yang bervariasi.


Jangan lupa untuk memperhatikan jenis tali, material pegangan, dan panjang tali saat akan memilih tali skipping. Hal itu akan membuat Anda lebih nyaman saat berlatih lompat tali. Akhir kata, selamat berolahraga!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Topi Baseball Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Topi Baseball Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Topi baseball seakan menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari perkembangan fashion. Fungsinya sudah bukan lagi sekadar pelindung dari sinar matahari saja, tetapi sebagai penunjang style juga. Topi baseball mampu menambah outlook dari pemakainya, baik perempuan maupun laki-laki.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih topi baseball kepada Anda. Tak lupa, kami pun akan merekomendasikan sepuluh topi baseball dari merek-merek ternama, seperti New Era, Adidas, hingga Champion. Sudah siap tampil lebih chic dengan topi baseball?
    Olahraga lainnya
    45.643 Views
  • 10 Rekomendasi Sepatu Roda Terbaik untuk Dewasa dan Anak-Anak (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepatu Roda Terbaik untuk Dewasa dan Anak-Anak (Terbaru Tahun 2020)
    Bermain sepatu roda dapat membuat Anda meluncur bebas. Kini, kegiatan tersebut makin digandrungi banyak kalangan, baik dewasa maupun anak-anak. Namun, terdapat banyak sekali jenis sepatu roda di pasaran, mulai dari merek Powerslide, Cougar, LYNX, dan lain-lain. Manakah yang terbaik?Supaya Anda tidak bingung, kami akan memberikan rekomendasi sepatu roda terbaik yang telah kami pilih berdasarkan harga, kenyamanan, dan kemudahan cara pakai. Panduan memilih sepatu roda juga akan dijabarkan dengan detail sehingga pemula pun dapat menemukan produk yang sesuai. Mari temukan sepatu roda yang cocok untuk Anda!
    Olahraga lainnya
    31.897 Views
  • 10 Rekomendasi Earphone Terbaik untuk Olahraga (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Earphone Terbaik untuk Olahraga (Terbaru Tahun 2021)
    Akhir-akhir ini, wireless earphone menjadi barang yang populer. Salah satu alasannya adalah karena ringkas dan nyaman digunakan bahkan saat berlari. Saat hendak membelinya, bisa jadi Anda bingung memilih karena ada banyak pilihan earphone untuk olahraga. Salah satu hal penting yang harus dipertimbangkan adalah kecocokan dengan bentuk telinga sehingga tidak mudah jatuh. Nah, kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih earphone untuk olahraga serta merekomendasikan merek-merek populer, seperti Apple, JBL, dan ÉGGEL. Bacalah artikel berikut untuk mendapatkan produk terbaik. Selamat membaca!
    Olahraga lainnya
    24.821 Views
  • 10 Rekomendasi Bagian-Bagian Skateboard Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bagian-Bagian Skateboard Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Akhir-akhir ini skateboard digunakan bukan hanya sekadar untuk bermain trik saja, tetapi juga merupakan sebuah fashion item. Ada berbagai macam produsen skateboard yang dapat Anda temui di pasaran seperti Element, Thrasher, Nomad, Spitfire, dan sebagainya. Anda dapat membeli skateboard yang sudah dirakit atau bisa juga merakitnya sendiri.Kali ini, kami juga akan merekomendasikan bagian-bagian skateboard yang dapat Anda pilih untuk membuat skateboard pribadi Anda sendiri beserta petunjuk cara memilihnya. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi Anda dalam menemukan bagian-bagian skateboard yang bagus dan keren!
    Olahraga lainnya
    27.350 Views
  • 10 Rekomendasi Bola Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bola Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sebagai kegiatan olahraga maupun kegiatan rekreasional, tenis meja atau pingpong selalu banyak peminat. Saat bermain pingpong, tentu Anda harus menyiapkan raket dan bola. Namun, tahukah Anda kalau tidak semua bola pingpong itu sama?Sebenarnya, bola pingpong mempunyai berbagai macam ukuran dan fungsi. Selain membagikan tips cara memilih bola pingpong yang baik, pada artikel kali ini kami akan merekomendasikan bola pingpong dari merek terkenal seperti Nittaku, DHS, dan Butterfly. Bagia Anda yang hobi main tenis meja atau ingin berlatih, jangan lewatkan ulasan ini!
    Olahraga lainnya
    18.931 Views
  • 10 Rekomendasi Skuter Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Skuter Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Skuter atau otoped merupakan sebuah papan dengan kemudi yang dilengkapi roda. Anda sendiri mungkin pernah memainkannya saat masih anak-anak. Kami pun ingin agar anak Anda dapat ikut merasakan pengalaman dan keseruan bermain skuter. Namun, kini jenis skuter sudah semakin bervariasi sehingga mungkin membuat Anda bingung menentukan pilihan.Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih skuter untuk anak. Tak lupa, kami pun telah menyiapkan sepuluh rekomendasi produk terbaik yang bisa Anda jadikan referensi pilihan. Yuk, temukan skuter favorit untuk anak Anda di sini!
    Olahraga lainnya
    25.250 Views
  • 10 Rekomendasi Sepatu Tenis Meja Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepatu Tenis Meja Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Tenis meja atau pingpong adalah olahraga yang banyak digemari dan tidak membutuhkan persiapan yang merepotkan. Di setiap kantor atau kampus, meja pingpong cukup mudah ditemui, bahkan banyak yang memiliki komunitas. Tahukah Anda ternyata ada sepatu khusus olahraga tenis meja? Tidak semua sepatu indoor dapat digunakan untuk bermain tenis meja. Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum membeli sepatu tenis meja. Di artikel kali ini, kami akan membahas cara memilihnya dan memberikan beberapa rekomendasi produk dari merek terbaik, seperti Asics, Stiga, dan Butterfly. Temukan sepatu yang terbaik untuk Anda, ya!
    Olahraga lainnya
    4.080 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori