• 10 Soothing Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Soothing Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Soothing Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Soothing Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Soothing Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Soothing Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Soothing gel merupakan skincare asal Korea yang sempat booming di Indonesia. Biasanya, kandungan utama soothing gel diperoleh dari bahan alami, seperti Aloe vera dan snail gel. Selain dibuat dari bahan-bahan alami yang aman untuk hampir segala jenis kulit, soothing gel memiliki banyak kegunaan.


Anda dapat dengan mudah menemukan produk soothing gel yang bagus, misalnya dari merek Nature Republic, The Saem, dan Missha. Manakah yang sebaiknya dipilih? Kami akan membahas cara memilih soothing gel beserta sepuluh rekomendasi produk terbaiknya. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Annisa Anjani
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 31 Mei 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV
dr. Annisa Anjani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Annisa Anjani

dr. Annisa menempuh pendidikan kedokteran umum dan melanjutkan pendidikan spesialisnya di Universitas Indonesia, Jakarta. Saat ini ia berpraktik di RSIA Tambak dan Kinara clinic, Jakarta.


Ia sering mengisi acara pendidikan dan berkontribusi dalam penulisan artikel untuk edukasi masyarakat mengenai bidang kulit dan kelamin. Ia juga aktif membagikan konten edukasi tentang kesehatan kulit dan kelamin melalui akun Instagram dan YouTube-nya.

Soothing gel yang serbaguna dan kaya manfaat

Soothing gel yang serbaguna dan kaya manfaat

Soothing gel berasal dari bahasa Inggris, soothe yang artinya menenangkan. Sesuai namanya, gel ini memiliki fungsi utama untuk menenangkan kulit, melembapkan, dan menghidrasi kulit kering. Umumnya, soothing gel digunakan sebagai pelembap dalam rangkaian perawatan kulit. Teksturnya yang ringan serta memberi rasa sejuk saat digunakan membuat gel ini populer, apalagi saat cuaca panas.


Selain melembapkan, apa saja manfaat soothing gel

  • Meredakan sunburn setelah beraktivitas di luar ruangan 
  • Meredakan kulit memerah dan meradang pada kulit berjerawat dan bruntusan
  • Memperbaiki tekstur kulit yang kasar
  • Merawat rambut dan kuku

Meski demikian, pemilik kulit sensitif harus lebih berhati-hati saat menggunakan soothing gel. Walaupun kandungan utamanya berbahan alami, beberapa produk soothing gel juga mengandung alkohol dan bahan kimia lain. Jika produk terasa panas seperti membakar kulit, Anda disarankan untuk menghentikan penggunaan.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih soothing gel

Setelah mengetahui beragam kegunaannya, apakah Anda makin penasaran untuk memiliki soothing gel? Selanjutnya, kami akan memberi tips untuk memilih soothing gel. Simak sampai selesai, ya!

Tentukan berdasarkan kandungan atau bahan utamanya

Ada banyak produk soothing gel yang bisa Anda temukan di marketplace. Jika bingung memilih, Anda bisa menentukan berdasarkan kandungan utama yang dimiliki. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Lidah buaya: Melembapkan dan menenangkan kulit

Lidah buaya: Melembapkan dan menenangkan kulit

Lidah buaya atau Aloe vera merupakan bahan alami yang paling umum dijadikan bahan utama soothing gel. Sejak dahulu, lidah buaya dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Gel lidah buaya mengandung 98% air yang dapat melembapkan dan menghidrasi kulit kering.


Terdapat juga kandungan pereda nyeri karboksipeptidase yang mampu menenangkan kulit terbakar. Selain itu, lidah buaya juga mengandung vitamin, mineral, asam amino, dan antioksidan yang tinggi.

Snail gel: Membantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak

Snail gel: Membantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak

Soothing gel dengan bahan utama ekstrak lendir siput juga bisa Anda pertimbangkan. Ekstrak lendir siput memiliki sifat regeneratif yang membantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak.


Lendir siput juga mengandung antioksidan dan asam hialuronat yang bermanfaat untuk menjaga kekenyalan kulit dan mencegah jerawat. Kadar antioksidan dalam lendir siput dipercaya mampu meningkatkan produksi kolagen kulit sehingga lebih elastis dan kenyal.


Selain itu, lendir siput juga bersifat oklusif sehingga mampu memperbaiki barrier kulit, terutama untuk kulit kering. Namun, kulit berminyak perlu berhati-hati saat menggunakannya karena rentan menyebabkan jerawat breakout.

Pomegranate: Mengandung antioksidan yang tinggi

Pomegranate: Mengandung antioksidan yang tinggi

Anda dapat mencoba soothing gel berbahan dasar buah delima dengan manfaat yang sama banyaknya. Buah delima atau pomegranate tidak hanya dapat dikonsumsi secara langsung, tetapi juga dapat diambil ekstraknya untuk perawatan kecantikan.


Kandungan antioksidan yang tinggi dan ellagic acid dalam pomegranate dipercaya dapat mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar UV. Selain itu, pomegranate juga mengandung kolagen yang mampu mempercepat penyembuhan luka.

Moringa: Meningkatkan produksi kolagen

Moringa: Meningkatkan produksi kolagen

Soothing gel berbahan dasar moringa atau kelor juga dapat menjadi alternatif pilihan. Sebagai bahan tambahan makanan, moringa dikatakan dapat mencegah enzim pemecah kolagen bekerja sehingga usia kolagen akan lebih terjaga.


Sementara itu, moringa yang digunakan secara topikal (dioles ke kulit) bermanfaat memperbaiki hidrasi kulit dan mengurangi peradangan. Tak heran jika kandungan ini sangat baik dijadikan soothing gel.


Moringa membantu meningkatkan produksi kolagen alami pada kulit sehingga kulit lebih kencang dan cerah. Hal tersebut berkat karena kandungan vitamin C yang sangat tinggi, yaitu tujuh kali lebih banyak daripada jeruk. Selain itu, terdapat kandungan vitamin A yang dapat melindungi kulit dari kerusakan serta vitamin B yang efektif untuk melembapkan.

Pilih berdasarkan kemasannya

Anda juga bisa memilih soothing gel berdasarkan kemasannya, lho. Umumnya, soothing gel dapat ditemukan dalam kemasan jar dan tube yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Jar, hemat untuk penggunaan sehari-hari

Jar, hemat untuk penggunaan sehari-hari

Soothing gel dengan kemasan jar memiliki volume yang lebih besar sehingga lebih hemat untuk penggunaan sehari-hari. Selain itu, wadahnya juga dapat Anda gunakan lagi untuk hal lain.


Namun, kemasan jar yang besar kurang praktis untuk traveling sehingga Anda perlu memindahkannya ke wadah yang lebih kecil. Jika sudah dipindahkan, Anda bisa membawanya ke mana-mana. Agar lebih higienis, gunakan spatula atau brush untuk mengambil soothing gel dari wadahnya, ya!

Tube, praktis untuk dibawa ke mana pun

Tube, praktis untuk dibawa ke mana pun

Jika ingin lebih praktis, Anda dapat memilih soothing gel dalam kemasan tube. Kemasan tube sangat travel friendly dan mudah dibawa ke mana pun. Dengan kemasan tube, soothing gel juga lebih steril karena tangan tidak bersentuhan langsung dengan produk. Namun, pastikan kemasannya selalu tertutup rapat setelah digunakan untuk mencegah tumpah.


Apabila Anda membutuhkan takaran tertentu, kemasan ini juga bisa dipilih. Sebagai acuan, produk yang dikeluarkan dari tube berdiameter 5 mm sebanyak satu ruas jari telunjuk memiliki berat 0,5 gram.

Cari yang tidak mengandung alkohol jika memiliki kulit sensitif

Cari yang tidak mengandung alkohol jika memiliki kulit sensitif

Soothing gel pada dasarnya bisa digunakan untuk semua jenis kulit. Namun, pemilik kulit sensitif lebih baik memilih soothing gel yang tidak mengandung alkohol. Pasalnya, kandungan alkohol dapat meningkatkan risiko alergi dan iritasi di kulit sensitif. Reaksi tersebut bisa berupa gatal, kemerahan, kulit mengelupas, hingga rasa terbakar. 

10 Rekomendasi soothing gel terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk soothing gel terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV.

10
Bahan utamaEkstrak pomegranate
KemasanJar
Isi300 ml
Keterangan lainAllergen free
9
Bahan utamaAloe vera juice
KemasanTube
Isi80 gram
Keterangan lainTidak mengandung alkohol
8
Bahan utamaEkstrak lendir siput dan Aloe vera
KemasanJar
Isi300 ml
Keterangan lainTidak mengandung alkohol
7
Bahan utamaEkstrak moringa, Aloe vera, jamur putih, kunyit
KemasanTube
Isi200 ml
Keterangan lainMengandung alkohol
6

Holika HolikaAloe 99% Soothing Gel (Fresh Moisturizing)

Mulai dari Rp 208.000,00

Bahan utamaAloe vera, Organic Soothing Complex™
KemasanTube
Isi250 ml
Keterangan lainTidak mengandung alkohol
5

N'PureCactus Aloe Vera Soothing Gel

Mulai dari Rp 80.000,00

Bahan utamaEkstrak kaktus, lemon, Aloe vera leaf juice
KemasanJar
Isi300 ml
Keterangan lainTanpa alkohol, paraben, SLS, dan mineral oil
4
Bahan utamaEkstrak lidah buaya, ekstrak propolis
KemasanTube
Isi100 ml
Keterangan lainTidak mengandung alkohol dan parfum
3

MisshaPremium Cica Aloe Soothing Gel

Mulai dari Rp 129.000,00

Bahan utamaEkstrak lidah buaya dan ekstrak tanaman es
KemasanJar
Isi300 ml
Keterangan lainTidak mengandung mineral oil dan paraben, tetapi mengandung fragrance
2

WardahNature Daily Aloe Hydramild Multifunction Gel

Mulai dari Rp 39.000,00

Bahan utamaAloe vera
KemasanTube
Isi100 ml
Keterangan lainTidak mengandung alkohol
1

Nature RepublicSoothing & Moisture Aloe Vera 92% Soothing Gel

Mulai dari Rp 98.000,00

Bahan utamaEkstrak lidah buaya
KemasanJar
Isi300 ml
Keterangan lainMengandung alkohol dan parfum

Tabel perbandingan produk soothing gel terbaik

Gambar produk
1
Nature Republic Soothing & Moisture Aloe Vera 92% Soothing Gel 1

Nature Republic

2
Wardah Nature Daily Aloe Hydramild Multifunction Gel 1

Wardah

3
Missha Premium Cica Aloe Soothing Gel  1

Missha

4
Benton Aloe Propolis Soothing Gel 1

Benton

5
N'Pure Cactus Aloe Vera Soothing Gel 1

N'Pure

6
Holika Holika Aloe 99% Soothing Gel (Fresh Moisturizing) 1

Holika Holika

7
Evershine Moringa Soothing Gel  1

Evershine

8
The Saem Snail Soothing Gel 1

The Saem

9
Viva White Soothing Aloe Gel 1

Viva

10
SNP Pomegranate Intensive Soothing Gel 1

SNP

Nama produk

Soothing & Moisture Aloe Vera 92% Soothing Gel

Nature Daily Aloe Hydramild Multifunction Gel

Premium Cica Aloe Soothing Gel

Aloe Propolis Soothing Gel

Cactus Aloe Vera Soothing Gel

Aloe 99% Soothing Gel (Fresh Moisturizing)

Moringa Soothing Gel

Snail Soothing Gel

White Soothing Aloe Gel

Pomegranate Intensive Soothing Gel

Keunggulan

Pelopor gel lidah buaya yang serbaguna

Triple soothing agent berikan sensasi dingin segera setelah dioleskan

Mendinginkan kulit dengan teknologi gel suhu rendah

Kombinasi propolis dan lidah buaya untuk hidrasi maksimal

Cegah penuaan dini lebih maksimal dengan kandungan ekstrak kaktus

Kemasan unik dengan jus asli lidah buaya

Mengandung jamur putih dan kunyit juga, hempas jerawat di wajah!

Menutrisi lebih optimal dengan berbagai bahan alami lainnya

Makin praktis dibawa dengan ukuran yang minimalis

Mengandung pomegranate yang menutrisi kulit secara intens

Harga mulai dariRp 98.000,00Rp 39.000,00Rp 129.000,00Rp 270.000,00Rp 80.000,00Rp 208.000,00Rp 147.000,00Rp 149.000,00Rp 24.100,00Rp 100.000,00
Bahan utamaEkstrak lidah buayaAloe veraEkstrak lidah buaya dan ekstrak tanaman esEkstrak lidah buaya, ekstrak propolisEkstrak kaktus, lemon, Aloe vera leaf juiceAloe vera, Organic Soothing Complex™Ekstrak moringa, Aloe vera, jamur putih, kunyitEkstrak lendir siput dan Aloe veraAloe vera juiceEkstrak pomegranate
KemasanJarTubeJarTubeJarTubeTubeJarTubeJar
Isi300 ml100 ml300 ml100 ml300 ml250 ml200 ml300 ml80 gram300 ml
Keterangan lainMengandung alkohol dan parfumTidak mengandung alkoholTidak mengandung mineral oil dan paraben, tetapi mengandung fragranceTidak mengandung alkohol dan parfumTanpa alkohol, paraben, SLS, dan mineral oilTidak mengandung alkoholMengandung alkoholTidak mengandung alkoholTidak mengandung alkoholAllergen free
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar soothing gel

Pertanyaan umum seputar soothing gel

Selain mengulas cara memilih dan rekomendasi produknya, kami sudah mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan yang populer seputar soothing gel. Jika Anda masih penasaran dengan soothing gel, simak jawabannya di bawah ini!

Bisakah soothing gel dipakai di wajah?

Tidak hanya dapat diaplikasikan di tubuh, soothing gel juga bisa digunakan di wajah. Anda dapat menggunakannya sebagai masker wajah sebelum tidur atau masker mata. Selain itu, soothing gel juga bisa Anda gunakan sebagai primer atau makeup base agar riasan lebih tahan lama. Memakai soothing gel di wajah juga berguna sebagai terapi setelah tindakan yang bersifat iritatif.

Perlukah soothing gel dibilas setelah dipakai?

Penggunaan soothing gel sebenarnya tidak perlu dibilas. Hal ini karena soothing gel cepat meresap dan kandungan nutrisinya juga akan terserap ke dalam kulit. Bahan aktif dari soothing gel perlu menempel lebih lama di permukaan kulit agar menyerap dengan baik. Namun, jika Anda memanfaatkan soothing gel sebagai masker wajah, Anda bisa membilas setelah mendiamkannya selama beberapa waktu.

Apakah perbedaan soothing gel dan moisturizer?

Soothing gel memang dapat dimanfaatkan sebagai moisturizer. Namun, soothing gel dan moisturizer adalah dua produk yang berbeda. Moisturizer hanya berfungsi mengunci kelembapan dan menghidrasi kulit kering. Nah, soothing gel memiliki fungsi yang tidak dimiliki moisturizer, yakni menenangkan atau menyejukkan kulit.


Tekstur keduanya juga berbeda. Moisturizer biasanya lebih banyak mengandung minyak dan bertekstur lebih creamy. Sementara itu, soothing gel lebih ringan dan mengandung lebih banyak air.

Cara menggunakan soothing gel

Cara menggunakan soothing gel

Soothing gel bisa digunakan di seluruh bagian tubuh, mulai dari badan, wajah, kuku, hingga rambut. Berikut beberapa cara menggunakan soothing gel.


  • Pertolongan pertama untuk kulit terbakar dan iritasi. Hydrating agent-nya akan menyerap dan menurunkan suhu di permukaan kulit. Tidak hanya untuk luka bakar, soothing gel juga bisa diandalkan untuk pertolongan pertama saat kulit iritasi akibat gigitan serangga atau terkena pisau cukur. Untuk penggunaan di wajah, oleskan dua kali sehari, terutama di area yang sedang iritasi.

  • Masker wajah dan mata yang melembapkan. Oleskan tebal di wajah dan diamkan kurang lebih 30 menit sebelum membilasnya dengan air. Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai masker mata dan mendiamkannya semalaman. Hasilnya, mata lebih segar dan lembap saat bangun tidur.

  • Merawat rambut yang kering dan kusam. Aplikasikan soothing gel pada ujung rambut yang kering. Setelah itu, diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Selain masker rambut, soothing gel bisa digunakan untuk merawat kuku. Oleskan secara rutin agar kuku terlihat sehat berkilau.

  • Menghaluskan permukaan kulit yang kasar. Pakai soothing gel secara rutin setiap hari setelah mandi. Rasakan permukaan kulit siku dan lutut Anda menjadi lebih halus.

Baca juga rekomendasi produk perawatan kulit lainnya di sini

Memiliki kulit yang sehat dan indah merupakan dambaan semua orang. Untuk memilikinya, butuh proses yang tidak instan dan produk perawatan yang tepat. Jika Anda tertarik dengan produk perawatan kulit selain soothing gel, kami telah menyiapkan artikel terkait. Silakan klik tautan di bawah ini untuk menemukan rekomendasi terbaik lainnya dari kami!

Kesimpulan

Banyaknya manfaat yang dapat diperoleh dari soothing gel membuat popularitasnya kian meningkat. Produsen kosmetik pun berlomba-lomba membuat produk untuk menarik perhatian konsumen. Tidak heran, banyak produk soothing gel yang bisa ditemukan di pasaran.


Sebelum membeli, pertimbangkan kandungan utama soothing gel dan kemasannya sesuai kebutuhan Anda. Khusus pemilik kulit sensitif, pilihlah soothing gel yang tidak mengandung alkohol agar tidak memicu iritasi. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan bagian penting dari perawatan kulit. Pemakaian sunscreen secara rutin dapat menghindarkan Anda dari kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Namun, penggunaan sunscreen juga harus menyesuaikan jenis kulit. Untuk Anda yang memiliki kulit kering, jangan khawatir karena kini sudah ada banyak produk yang bisa dipilih.Kami akan memberikan tips memilih sunscreen yang bagus untuk kulit kering beserta rekomendasi produk dari merek terbaik di pasaran. Erha21, Skin Aqua, dan Acnes adalah beberapa contoh di antaranya. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Mari simak selengkapnya!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Body Lotion Marina Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Body Lotion Marina Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Body lotion merupakan salah satu produk skincare yang cukup populer. Tidak hanya merek luar negeri, body lotion lokal juga banyak beredar di pasar Indonesia, salah satunya Marina. Kualitas yang bagus, harga yang terjangkau, dan variasi produknya yang beragam membuat body lotion Marina dicintai oleh banyak orang.Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang varian body lotion Marina lengkap dengan manfaat dan cara memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh varian yang bagus, seperti Marina Healthy & Glow dan Marina Bright & Fresh. Pastikan Anda membaca artikel ini sampai habis, ya!
    Perawatan badan
  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang beranggapan bahwa produk perawatan kulit hanya dibutuhkan oleh wanita. Kenyataannya, pria juga membutuhkan skincare agar kulitnya tetap sehat, tidak berjerawat, dan tidak berminyak. Salah satu produk skincare yang dibutuhkan pria adalah sunscreen atau sunblock.Ada berbagai merk yang mengeluarkan produk sunscreen untuk cowok, seperti Biore, Kahf, hingga Erha21. Kali ini kami akan membantu Anda memilih sunscreen yang bagus untuk kebutuhan kulit pria. Baca juga tips tambahan dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Selamat menyimak!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang enggan menggunakan body lotion atau hand body karena terasa lengket. Sebetulnya, body lotion adalah pelembap yang menutrisi semua jenis kulit. Anda bisa menemukan body lotion yang tidak lengket serta mampu memutihkan dengan kandungan collagen. Ada pula body lotion dengan SPF untuk kulit kering, kulit remaja, serta kebutuhan kulit lainnya.Kami akan menjelaskan cara memilih body lotion serta memberikan rekomendasi merek yang bagus. Body lotion Scarlett, Vaseline, Nivea, Grace and Glow, dan Marina akan turut kami ulas. Simak terus informasi bermanfaat yang akan kami paparkan berikut ini!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock SPF 50 Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock SPF 50 Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Paparan sinar UV memberikan efek buruk terhadap kulit. Oleh sebab itu, Anda perlu melindungi kulit menggunakan sunscreen atau sunblock. Ada banyak produk sunscreen/sunblock di pasaran dengan tingkat SPF yang berbeda. Untuk perlindungan yang maksimal, banyak orang memilih sunscreen atau sunblock SPF 50.Kali ini, kami akan memaparkan cara memilih sunscreen/sunblock SPF 50 serta memberi review produk yang bagus. Produk dari merek ternama, seperti Nivea, LANEIGE, dan Wardah ada dalam rekomendasi kami. Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK, juga akan memberikan komentarnya.
    Perawatan badan
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk melindungi kulit anak-anak yang masih rentan terhadap sinar ultraviolet, diperlukan sunscreen atau sunblock khusus anak-anak. Berbagai merek sunscreen anak dan sunblock anak beredar di pasaran dengan keistimewaan masing-masing. Ada merek Nivea, Beeme, Momami, dan masih banyak lagi.Namun, simak dahulu tips memilih sunscreen untuk anak-anak di bawah ini sebelum membeli. Jangan lewatkan juga rekomendasi sunblock anak yang bagus untuk berenang, sunscreen anak SD, sunscreen untuk anak 10 tahun, dan sebagainya. Sebagai informasi, artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Fitria Agustina.
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Sunscreen Nivea Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sunscreen Nivea Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merek Nivea dikenal memiliki kualitas tinggi dan harga yang relatif terjangkau. Rentang SPF dan PA-nya pun bervariasi. Tidak hanya untuk tubuh, ada juga sunscreen Nivea untuk wajah. Kali ini kami akan memberikan tips memilih sunscreen Nivea yang bagus. Kami sudah menyiapkan rekomendasi produk terbaiknya. Anda akan menemukan sunscreen Nivea untuk kulit berminyak, untuk kulit berjerawat, dan untuk kulit kering. Nivea Sun Protect & White Oil Control, Nivea Sun Protect & White Instant Aura dan lainnya mungkin akan cocok untuk Anda. Yuk, simak artikelnya supaya Anda bisa menemukan produk terbaik!
    Perawatan badan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori