• 10 Rekomendasi Mukena Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Mukena Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Mukena Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Mukena Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Mukena Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Mukena Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Mukena merupakan item wajib yang perlu dimiliki oleh setiap wanita muslim agar rukun salat menjadi lebih sempurna. Produk mukena yang ada di pasaran cukup beragam modelnya dan memiliki kelebihan masing-masing. Karena digunakan setiap hari, pemilihan mukena yang tepat akan membuat salat menjadi lebih nyaman.


Nah, dalam artikel ini kami akan membahas cara memilih mukena dengan mempertimbangkan bahan serta modelnya. Terdapat sepuluh rekomendasi mukena terbaik, seperti merek Elzatta, Tatuis, dan Hijab Alila yang bisa Anda pilih. Jangan lewatkan setiap informasinya, ya!

Blogger/influencer yang ada di artikel ini

Noni Khairani
Rach Alida Bahaweres
  • Pembaharuan terakhir: 16 November 2020
  • 10.242 Views
Daftar isi

Sejarah awal mula munculnya mukena

Sejarah awal mula munculnya mukena

Di antara syarat sah salat adalah menutup aurat. Nah, mukena ini merupakan busana syariat yang hanya boleh menampakkan wajah dan telapak tangan saja. Para wanita bisa melepas mukena tersebut setelah menyelesaikan ibadah salat. 


Namun, tahukah Anda bahwa mukena hanya digunakan oleh wanita muslim di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara lainnya? Sebenarnya, mukena merupakan hasil perpaduan budaya Islam dan budaya tradisional Indonesia yang digagas oleh Wali Songo. 


Dahulu kala, wanita Jawa hanya menggunakan jarit panjang atau kemban yang dililitkan sehingga tidak dapat menutup aurat. Karena budaya Jawa masih melekat saat itu, hasil kompromi untuk menggunakan busana tertutup hanya digunakan saat salat saja. Akhirnya, mukena pun menjadi busana yang wajib digunakan oleh wanita muslim Indonesia saat menjalankan ibadah salat.

Cara memilih mukena

Apa saja poin penting yang perlu diperhatikan saat hendak membeli mukena? Anda perlu memperhatikan soal model, material bahan, kenyamanan pemakaian, serta ukurannya. Berikut ini, kami akan menjelaskan cara memilih mukena terbaik secara lengkap.

Pilihlah bahan yang tepat

Pilihlah bahan yang tepat

Memilih jenis bahan yang nyaman untuk salat menjadi poin penting sebelum membeli mukena. Anda perlu memilih bahan yang memiliki sirkulasi udara yang baik, lembut, dan tidak transparan saat digunakan. Ada banyak bahan mukena yang ada di pasaran, tetapi bahan rayon, katun, dan viscose merupakan yang paling populer. Bahan-bahan tersebut terasa lembut saat digunakan dan memiliki daya serap tinggi. 


Bahan katun sendiri terdiri dari beberapa jenis dengan karakteristik yang berbeda, contohnya katun rayon dan katun silk. Mukena dengan bahan katun rayon memiliki daya serap keringat yang cukup baik. Bahan ini juga terasa adem dan jatuh saat dipakai meski mudah kusut. Lalu, mukena yang terbuat dari katun silk lebih licin, halus, dan lembut. Bahan katun silk juga terbilang tahan lama dan kuat.


Selain itu, ada juga bahan parasut yang ringan. Tak heran mukena berbahan parasut sering dijadikan sebagai mukena travel yang bisa dibawa ke mana-mana. Kemudian, jika Anda ingin menggunakan mukena untuk jangka waktu yang lama, pilihlah mukena dengan bahan polyester. Bahan ini tahan akan kuman dan bakteri sehingga tidak mudah rusak. Bahan polyester juga lebih mudah kering. Anda pun lebih mudah mencuci dan memakainya kembali!

Tentukan model mukena sesuai dengan selera Anda

Mukena terdiri dari tiga model, yaitu model two pieces, terusan, dan ponco. Setiap model memiliki ciri khas dan kelebihan masing-masing. Simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

Model two pieces : lebih nyaman digunakan di rumah

Mukena model two pieces atau mukena konvensional terdiri dari atasan dan bawahan yang terpisah. Bagian kepalanya dilengkapi dengan tali ikat atau karet. Model mukena ini tak lekang oleh zaman sehingga banyak diminati oleh wanita dari berbagai rentang usia. Banyak produk mukena two pieces yang bermotif bunga atau polos dengan warna yang cantik. Karena kurang praktis, model ini lebih cocok untuk digunakan di dalam rumah.

Model terusan : cocok untuk dipakai saat bepergian

Awalnya, model mukena terusan merupakan model yang sering dipakai oleh orang tua. Namun, seiring berkembangnya zaman, variasi motif dan gayanya menjadi lebih trendi sehingga banyak anak muda yang memakainya. Mukena terusan ini terdiri dari satu potong terusan yang mirip gamis dengan tambahan tudung kepala. Karena cukup praktis, model terusan ini direkomendasikan untuk digunakan saat bepergian.

Model ponco : tak perlu repot-repot menata ulang jilbab

Versi terbaru dari mukena adalah model ponco atau yang juga dikenal sebagai mukena abaya. Mukena ini didesain berlubang di daerah leher tanpa tambahan penutup kepala. Ada dua jenis mukena ponco, yaitu model terusan dan model two pieces.


Model ponco terbilang cukup unik dan sangat praktis jika dipakai. Bahkan, saat Anda di luar rumah atau bertamasya, Anda tak perlu repot-repot merapikan jilbab lagi. Namun, model ini tidak disarankan untuk Anda yang tidak menggunakan jilbab karena Anda perlu membeli jilbab secara terpisah.

Lebih mudah jika dilengkapi dengan tas

Jika Anda orang yang cukup aktif dan banyak kegiatan, mukena dengan tambahan tas ini sangat bermanfaat. Selain untuk memisahkan mukena dari barang lainnya, mukena dengan tas lebih mudah untuk dibawa kemana-mana. Jika ingin lebih praktis, Anda bisa memilih mukena berbahan parasut dan tas kecil. Bahan parasut yang cukup ringan dan tipis akan lebih mudah dimasukkan di tas dan tidak memakan banyak tempat. 

Periksalah ukurannya

Periksalah ukurannya

Banyak produsen yang menjual mukena dengan ukuran all size, tetapi tidak semua produk memiliki standar ukuran yang sama. Anda harus memeriksa kembali ukurannya jika tinggi badan Anda melebihi tinggi badan wanita secara umum. Selain tinggi badan, perlu juga untuk mengecek lubang wajah agar sesuai dengan ukuran wajah Anda. Namun, hal ini tidak bisa dipastikan jika Anda tidak mencobanya langsung. Apabila Anda membeli mukena via online, bacalah review pembeli terlebih dahulu.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

10 Rekomendasi mukena terbaik

Selanjutnya, kami akan memberikan rekomendasi mukena terbaik untuk Anda. Jadikan aspek kenyamanan, model, dan harga sebagai pertimbangan Anda.

10
BahanRayon
ModelTwo pieces
Tas
WarnaGreen
UkuranPanjang depan : 116 cm, panjang belakang : 137 cm (atasan)・panjang : 115 cm, lebar : 77 cm (bawahan)
9
BahanParasut
ModelTwo pieces
Tas
WarnaRosetan, tosca, milo
UkuranAll size
8
BahanKatun
ModelTwo pieces
Tas
WarnaPink-green, green-pink, pink-purple, purple-pink
UkuranPanjang : 120 cm, lebar : 125 cm (atasan)・panjang : 112 cm, lebar : 72 cm (bawahan)
7
BahanViscose
ModelTerusan
Tas
WarnaGreen, pink, grey, blue
UkuranPanjang depan : 184 cm, panjang belakang : 184 cm, lebar : 190 cm, ukuran muka : 50 cm
6
BahanKatun wolfis
ModelPonco, terusan
Tas
WarnaBlack (tali pinggang tersedia dalam pilihan warna purple, maroon, dan black)
UkuranPanjang : 145 cm, lebar : 79 cm
5
BahanKatun rayon
ModelTwo pieces
TasTidak ada info
WarnaChic, owl, brown
UkuranPanjang depan : 110 cm, panjang belakang : 145 cm (atasan)・tinggi : 125 cm, lebar : 152 cm (bawahan)
4
BahanParasut
ModelPonco, terusan
Tas
WarnaHitam, beige, milo
UkuranAll size
3

ExobroochMukena Mukaga Indigo

Rp 269.000,00

BahanPolyester
ModelPonco, two pieces
Tas
WarnaMulticolor
UkuranAll size
2
BahanBasic rayon
ModelTwo pieces
Tas
WarnaWhite
UkuranPanjang : 120 cm (atasan)・panjang : 116 cm (bawahan)
1

ZaylilaMukena Long Tarim

Rp 369.000,00

BahanKatun silk
ModelTerusan
Tas
WarnaDusty pink, light brown, red pink, blue turkish, burgundy, lavender, mint, light coffee,
UkuranPanjang : 220 cm, lebar : 180 cm, lingkar mukena bawah : 190 cm

Tabel perbandingan produk mukena terbaik

Gambar produk
1
Zaylila Mukena Long Tarim 1

Zaylila

2
Tatuis Shafwa 022 White 1

Tatuis

3
Exobrooch Mukena Mukaga Indigo 1

Exobrooch

4
Elzatta M Abaya Haifa HNI 1

Elzatta

5
Hijab Alila Mukena Marwa 1

Hijab Alila

6
Tatuis Quita Inggrid 1

Tatuis

7
Tazbiya Azmaara 1

Tazbiya

8
Tatuis Allura 048 Aurelia Griselda 1

Tatuis

9
Elzatta Mukena M Travel Frillya HNI 1

Elzatta

10
Tazbiya Batik Paisley Green 1

Tazbiya

Nama produk

Mukena Long Tarim

Shafwa 022 White

Mukena Mukaga Indigo

M Abaya Haifa HNI

Mukena Marwa

Quita Inggrid

Azmaara

Allura 048 Aurelia Griselda

Mukena M Travel Frillya HNI

Batik Paisley Green

Keunggulan

Rasakan kelembutan dan kesejukan dari bahan berkualitas

Pilihan tepat untuk menemani ibadah haji atau umrah

Kesan lebih cheerful dengan motif kotak yang colorful

Terdapat tali pengatur pada bagian kerah, tak perlu takut melorot

Pet tegak, bikin pipi tak tembam lagi

Unik! Mukena dengan desain kemeja

Pilihan warna yang kalem bikin tambah adem

Dua warna satu irama, menarik dan cantik!

Tampil lebih girly dengan tambahan detail frill

Untuk para pencinta motif batik

HargaRp 369.000,00Rp 312.000,00Rp 269.000,00Rp 189.000,00Rp 265.000,00Rp 220.500,00Rp 174.000,00Rp 195.000,00Rp 189.000,00Rp 135.000,00
BahanKatun silkBasic rayonPolyesterParasutKatun rayonKatun wolfisViscoseKatunParasutRayon
ModelTerusanTwo piecesPonco, two piecesPonco, terusanTwo piecesPonco, terusanTerusanTwo piecesTwo piecesTwo pieces
TasTidak ada info
WarnaDusty pink, light brown, red pink, blue turkish, burgundy, lavender, mint, light coffee, WhiteMulticolorHitam, beige, miloChic, owl, brownBlack (tali pinggang tersedia dalam pilihan warna purple, maroon, dan black)Green, pink, grey, bluePink-green, green-pink, pink-purple, purple-pinkRosetan, tosca, miloGreen
UkuranPanjang : 220 cm, lebar : 180 cm, lingkar mukena bawah : 190 cmPanjang : 120 cm (atasan)・panjang : 116 cm (bawahan)All sizeAll sizePanjang depan : 110 cm, panjang belakang : 145 cm (atasan)・tinggi : 125 cm, lebar : 152 cm (bawahan)Panjang : 145 cm, lebar : 79 cmPanjang depan : 184 cm, panjang belakang : 184 cm, lebar : 190 cm, ukuran muka : 50 cmPanjang : 120 cm, lebar : 125 cm (atasan)・panjang : 112 cm, lebar : 72 cm (bawahan)All sizePanjang depan : 116 cm, panjang belakang : 137 cm (atasan)・panjang : 115 cm, lebar : 77 cm (bawahan)
Tautan produk

Baca juga rekomendasi mukena Tatuis terbaik di sini!

Apakah Anda salah satu penggemar mukena merek Tatuis? Jika iya, Anda bisa memilih rekomendasi produk terbaiknya pada artikel di bawah ini. Karena bahan dan modelnya beragam, kami pun akan menjelaskan cara memilih mukena Tatuis yang sesuai untuk Anda. Simak dengan baik-baik dan temukan mukena Tatuis favorit! Selamat membaca!

Kesimpulan

Dari produk yang telah kami rekomendasikan di atas, apakah ada salah satu mukena yang menjadi favorit Anda? Dengan memilih mukena yang tepat, Anda pun dapat lebih khusyuk melakukan salat atau saat membaca Quran.


Karena mukena dipakai untuk salat setiap hari, pastikan Anda memilih bahan yang nyaman, ya. Anda juga perlu memperhatikan ukurannya agar menutupi semua bagian aurat dengan sempurna dan salat pun menjadi sah. Semoga bermanfaat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Hijab Pashmina Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Hijab Pashmina Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Selain kerudung segi empat, salah satu kerudung yang digemari oleh wanita muslim adalah pasmina. Karena saat ini model dan coraknya lebih beragam, pasmina cukup mencuri perhatian kalangan hijabers. Di pasaran, tak hanya pasmina biasa yang ditawarkan, ada juga pasmina instan untuk Anda yang tak mau ribet.Untuk itu, agar tidak salah memilih, kami akan memberikan tips cara memilih dan rekomendasi produk terbaik. Berbagai merek, seperti Umama, Rabbani, dan Anakara memiliki pasmina dengan beragam bahan nyaman yang akan kami ulas. Selamat menyimak!
    Pakaian wanita muslim
    45.234 Views
  • 10 Rekomendasi Gamis Syar'i Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Gamis Syar'i Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pada umumnya, gamis syar'i merupakan model baju long dress yang tidak ketat dan tidak menerawang. Biasanya, model gamis semacam ini digunakan untuk pengajian atau Lebaran. Namun, tak jarang juga ada yang menggunakannya untuk aktivitas sehari-hari.Nah, gamis syar'i manakah yang cocok untuk Anda? Di artikel ini, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi gamis syar'i terbaik khusus untuk Anda. Pelbagai merek dari Rabbani hingga Zoya juga masuk ke dalam daftar rekomendasi kami. Baca hingga tuntas dan pilihlah gamis syar'i favorit Anda!
    Pakaian wanita muslim
    15.990 Views
  • 10 Rekomendasi Kerudung Segi Empat Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kerudung Segi Empat Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kerudung segi empat merupakan salah satu kerudung favorit para muslimah. Namun, seiring berkembangnya zaman, model dan motif dari kerudung segi empat pun mulai beragam. Banyak jenis yang ditawarkan, seperti kerudung rawis, printing, bordir, hingga kerudung berdesain bolak-balik.Nah, dengan banyaknya pilihan yang ada, Anda pun kemungkinan bingung harus memilih yang mana. Oleh karena itu, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi kerudung segi empat terbaik khusus untuk Anda. Ada pelbagai merek ternama, seperti Elzatta, Zoya, dan Hijab Alila. Pilihlah sesuai dengan selera fashion dan kebutuhan Anda!
    Pakaian wanita muslim
    23.095 Views
  • 10 Rekomendasi Kerudung Bergo Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kerudung Bergo Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kerudung bergo merupakan jenis kerudung yang simpel, sederhana, dan praktis saat digunakan. Selain bentuknya yang tetap, kerudung bergo juga sangat mudah dibetulkan ketika berantakan. Kemudian, Anda pun dapat menggunakannya untuk berbagai acara, mulai dari formal hingga kasual.Namun, kerudung bergo seperti apa yang cocok untuk Anda? Di artikel ini, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi produk terbaik dari merek ternama, seperti Rabbani, Elzatta, dan Zoya. Nah, simak artikel ini hingga tuntas dan temukan produk favorit Anda, ya!
    Pakaian wanita muslim
    14.868 Views
  • 10 Rekomendasi Ciput/Inner Hijab Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Ciput/Inner Hijab Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Inner hijab atau underscarf umumnya digunakan sebelum para wanita mengenakan hijab. Produk yang saat ini beredar di pasaran pun cukup beragam modelnya dan bisa disesuaikan dengan gaya berhijab Anda. Meskipun dalaman kerudung ini biasanya tertutup hijab dari luar, pemilihan ciput yang tepat akan membuat penampilan Anda lebih menarik.Nah, kali ini kami akan membahas cara memilih inner hijab dengan mempertimbangkan bahan serta modelnya. Simak pula ulasan produk-produk rekomendasi pilihan, mulai dari keluaran ZOYA, elzatta, hingga UNIQLO. Jangan lewatkan informasinya agar gaya berhijab Anda selalu up to date!
    Pakaian wanita muslim
    14.720 Views
  • 10 Rekomendasi Sepatu Ankle Boots Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepatu Ankle Boots Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ankle boots adalah salah satu item penyempurna OOTD, lho! Meski sudah lebih tenar di negara Asia seperti Jepang dan Korea Selatan, ankle boots akhirnya mulai diminati di tanah air. Kini, sudah banyak selebgram Indonesia yang terlihat memakai ankle boots pada berbagai kesempatan. Meskipun begitu, Anda tidak bisa sembarangan memilih ankle boots. Apalagi, jika Anda harus membelinya secara online. Pastikan Anda sudah mengecek beberapa hal agar tidak salah pilih. Anda yang sudah suka dengan merek Mango dan Everbest, bisa juga melirik merek ankle boots lain yang tak kalah saing! 
    Pakaian wanita muslim
    1.785 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori