• 10 Mukena yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Mukena yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Mukena yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Mukena yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Mukena yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Mukena yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)

Mukena merupakan salah satu item yang digunakan wanita muslim untuk menunjang pelaksanaan salat agar rukunnya lebih sempurna. Produk mukena yang ada di pasaran cukup beragam modelnya dan memiliki kelebihan masing-masing. Karena digunakan setiap hari, pemilihan jenis mukena yang tepat akan membuat salat menjadi lebih nyaman.


Nah, dalam artikel ini kami akan membahas cara memilih mukena yang bagus dengan mempertimbangkan bahan, harga, serta modelnya. Kami juga akan merekomendasikan mukena terbaik dari berbagai merek, seperti Tazbiya, Yumna, dan Jumuna yang bisa Anda pilih. Jangan lewatkan setiap informasinya, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Noni Khairani
Rach Alida Bahaweres
Siska Kusmayanti
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Sejarah awal mula munculnya mukena

Sejarah awal mula munculnya mukena

Salah satu di antara syarat sah salat adalah menutup aurat. Bagi wanita muslim batas aurat tersebut adalah seluruh tubuh, kecuali wajah dan telapak tangan. Nah, mukena merupakan busana syariat yang bisa dikenakan untuk menutupi aurat dengan lebih sempurna saat melaksanakan salat. 


Namun, tahukah Anda bahwa mukena hanya digunakan oleh wanita muslim di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara lainnya? Sebenarnya, mukena merupakan hasil perpaduan budaya Islam dan budaya tradisional Indonesia yang digagas oleh Wali Songo.


Dahulu kala, wanita Jawa hanya menggunakan jarit panjang atau kemban yang dililitkan sehingga tidak dapat menutup aurat. Karena saat itu budaya Jawa masih melekat, hasil kompromi untuk menggunakan busana tertutup hanya digunakan saat salat saja. Akhirnya, mukena pun menjadi busana yang wajib digunakan oleh wanita muslim Indonesia saat menjalankan ibadah salat.

Cara memilih mukena

Apa saja poin penting yang perlu diperhatikan saat hendak membeli mukena? Anda perlu memperhatikan bahan, model, desain, kelengkapan set, serta ukurannya. Di bawah ini, kami akan menjelaskan cara memilih mukena terbaik secara lengkap.

Pilih bahan yang tepat

Mukena yang bagus dan adem biasanya menjadi idaman para wanita muslim. Hal-hal tersebut tergantung pada jenis bahan yang digunakan. Bahan seperti apa yang sebaiknya Anda pilih? Berikut ini penjelasannya!

Katun: Halus di kulit, ringan dan adem saat dikenakan

Katun merupakan kain hasil tenunan dari benang berbahan serat kapas. Bahan ini memiliki tekstur yang halus saat bersentuhan dengan kulit sehingga mengurangi risiko alergi. Ketika dikenakan, kain ini pun ringan dan terasa adem. Dengan karakteristik dasar tersebut, mukena berbahan katun akan sangat nyaman dikenakan.


Terdapat beberapa jenis kain katun yang sering dijadikan bahan mukena, tetapi yang sedang populer belakangan ini adalah katun jepang. Tidak seperti namanya, katun jepang bukanlah kain yang diimpor dari Jepang, melainkan hanya hak patennya. Katun jepang memiliki permukaan yang lebih halus dibandingkan jenis katun lainnya. Ditambah lagi, bahannya alami sehingga lebih ramah di kulit.

Rayon: Berdaya serap baik, tampilan warna pun lebih cemerlang

Rayon merupakan kain semisintetis yang terbuat dari hasil modifikasi sel tumbuhan. Karakteristiknya mirip dengan bahan katun, mulai dari daya serap hingga sensasi sentuhannya pada kulit. Hal yang membedakan adalah rayon lebih tipis dan rapuh dibandingkan katun sehingga membutuhkan perawatan ekstra.


Jenis rayon yang sering kali digunakan sebagai bahan mukena adalah rayon janger. Dibandingkan jenis rayon lainnya, rayon janger memiliki tingkat kerapatan yang tinggi.  Itu sebabnya rayon banyak digunakan untuk pembuatan produk mukena premium. Selain itu, daya serap yang tinggi membuat rayon janger terlihat lebih cemerlang ketika diwarnai.

Parasut: Durabilitas tinggi dan hemat tempat penyimpanan

Parasut dikenal sebagai kain yang ringan, tipis, dan mampu menahan air. Selain itu, bahan parasut memiliki durabilitas tinggi serta tidak mudah pudar warnanya. Karena itu, kain yang terbuat dari poliester ini banyak digunakan untuk membuat konveksi yang berhubungan dengan kegiatan outdoor.


Dengan karakteristik seperti yang disebutkan di atas, tidak heran jika kain parasut banyak dipilih sebagai bahan mukena, terutama mukena traveling. Nilai plus lainnya adalah mukena berbahan kain parasut dapat dilipat menjadi ukuran yang sangat mini sehingga hemat tempat penyimpanan.

Silk atau finest silk: Lembut serta terlihat mewah

Dibanding dengan bahan-bahan sebelumnya, harga kain silk ataupun finest silk tergolong cukup tinggi. Hal tersebut tidak terlepas dari kualitasnya yang didapat dari hasil tenunan serat alami kepompong ulat sutra murbei. Teksturnya yang halus dan lembut diperoleh dari asam amino yang ada di serat tersebut.


Tak heran jika mukena yang terbuat dari kain silk ataupun finest silk membuat Anda betah saat memakainya. Selain sejuk, mukena berbahan sutra juga mampu melindungi kulit Anda dari paparan sinar UV, lho. Bukan hanya itu, tampilannya yang mengilap juga memancarkan kesan mewah.

Tentukan model mukena sesuai dengan selera

Secara umum, mukena terdiri dari tiga model, yaitu two pieces, terusan, dan ponco. Setiap model memiliki ciri khas dan kelebihan masing-masing. Simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

Model two pieces, lebih nyaman digunakan di rumah

Mukena model two pieces atau mukena konvensional terdiri dari atasan dan bawahan yang terpisah. Bagian kepalanya dilengkapi tali ikat atau karet. Model ini tak lekang oleh zaman sehingga banyak diminati oleh wanita dari berbagai rentang usia. Produk mukena two pieces banyak didominasi oleh motif bunga atau polos dengan warna yang cantik. Namun, karena kurang praktis, model ini lebih cocok untuk digunakan di rumah.

Model terusan, cocok untuk dipakai saat bepergian

Awalnya, mukena model terusan merupakan tipe yang sering dipakai oleh orang tua. Namun, seiring berkembangnya zaman, variasi motif dan gaya model ini menjadi lebih trendi sehingga disukai juga oleh anak muda. Mukena model ini terdiri dari satu potong terusan mirip gamis dengan tambahan tudung kepala. Karena cukup praktis, tipe ini direkomendasikan untuk digunakan saat bepergian.

Model ponco, tak perlu repot-repot menata ulang jilbab

Versi terbaru dari mukena adalah model ponco atau yang juga dikenal sebagai mukena abaya. Mukena ini didesain berlubang di daerah leher tanpa tambahan penutup kepala. Ada dua jenis mukena ponco, yaitu model terusan dan model two pieces.


Model ponco terbilang cukup unik dan praktis dipakai karena Anda tak perlu repot-repot merapikan jilbab lagi. Namun, model ini tidak disarankan jika Anda tidak menggunakan jilbab karena Anda perlu membeli tudung kepala secara terpisah.

Cek desain yang sedang populer

Selain digunakan untuk beribadah setiap hari, memakai mukena favorit pada momen spesial akan membawa kebahagiaan tersendiri. Sebelum menengok rekomendasi mukena premium yang bagus, mari pelajari berbagai desain yang sedang populer!

  • Mukena Bali, cantik dengan warna-warni dan corak yang manis

Mukena Bali merujuk pada mukena dengan warna-warna cerah yang umumnya bercorak bunga-bunga. Corak bunganya khas seperti dilukis di atas kain. Secara keseluruhan, mukena Bali sangat lekat dengan image pakaian untuk iklim tropis yang sejuk saat dikenakan. Mukena yang satu ini biasanya terbuat dari kain rayon dengan jenis yang beragam.


  • Mukena plisket, unik dengan lipit-lipit yang menghiasi pinggiran mukena

Mukena plisket naik daun berkat keunikan desainnya. Jika biasanya plisket atau lipit digunakan sebagai aksen pada rok atau dress, kini lipatan kain tersebut hadir sebagai penghias mukena. Pada kebanyakan produk mukena, plisket dipadukan dengan bordir sehingga menambah cantik tampilannya. Anda yang menyukai desain mukena antimainstream barangkali akan jatuh cinta dengan mukena plisket.


  • Mukena bordir, mewah dengan berbagai bentuk dan warna yang terlihat nyata

Ornamen bordir memberi kesan mewah dan elegan pada mukena. Dengan berbagai macam bentuk pola dan warna yang berasal dari benang, mukena bordir banyak menjadi favorit. Mukena bordir banyak dipilih untuk digunakan pada momen-momen spesial, misalnya hari raya. Karena keindahannya, mukena bordir juga kerap digunakan sebagai mukena seserahan.

Kami juga mempunyai rekomendasi mukena bordir dan mukena Bali jika Anda sedang mencarinya. Silakan simak melalui link di bawah ini.

Pertimbangkan mukena yang dilengkapi tas dan sajadah

Jika Anda orang yang cukup aktif dan memiliki banyak kegiatan, mukena yang sudah dilengkapi tas akan sangat bermanfaat. Selain untuk memisahkan mukena dari barang lainnya, mukena dengan tas lebih mudah untuk dibawa-bawa.


Kemudian, mengingat situasi pandemi saat ini, akan lebih higienis apabila Anda membawa sajadah sendiri untuk beribadah. Karena itu, pertimbangkanlah mukena yang dijual satu set dengan sajadahnya. Agar lebih ringkas, Anda bisa memilih set mukena berbahan parasut karena tipis dan tidak memakan banyak tempat.

Periksa ukurannya agar nyaman dikenakan

Periksa ukurannya agar nyaman dikenakan

Banyak produsen yang menjual mukena dengan ukuran all size. Akan tetapi, tidak semua produk memiliki standar ukuran yang sama. Jadi, Anda harus memeriksa kembali ukuran mukena jika tinggi badan Anda melebihi tinggi badan wanita secara umum. Ukuran lebar bagian bawah mukena juga perlu diperhatikan agar Anda lebih leluasa dalam melakukan gerakan duduk saat salat.


Selain tinggi badan dan lebar mukena, Anda juga perlu mengecek lubang wajah agar sesuai dengan ukuran wajah Anda. Namun, hal ini tidak bisa dipastikan jika Anda tidak mencobanya secara langsung. Untuk itu, apabila ingin membeli mukena via online, bacalah review pembeli terlebih dahulu. 


Untungnya, saat ini sudah tersedia mukena yang dilengkapi dengan ritsleting di bawah dagu. Dengan demikian, Anda pun dapat mengatur mukena tersebut sesuai dengan ukuran diameter wajah Anda.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

10 Rekomendasi mukena terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk mukena terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
10
BahanKatun silk
ModelTwo pieces
Tas
Sajadah×
VarianCreamy, bubble gum, cloud, camel, salmon
UkuranPanjang depan: 117 cm, panjang belakang: 122 cm (atasan)・Panjang: 108 cm, lebar: 142 cm (bawahan)
DesainBordir
9
BahanPolycotton kombinasi
ModelTwo pieces
Tas
Sajadah×
VarianGreen, beige, peach, pink
UkuranPanjang: 114 cm (atasan)・Panjang: 112 cm (bawahan)
DesainTwo tones
8

JumunaMukena Dewasa Bordir Silk Kirania Series

Mulai dari Rp 289.900,00

BahanArmani silk
ModelTwo pieces
Tas
Sajadah×
VarianGreen, mint grey, mocca
UkuranPanjang depan: 127 cm, panjang belakang: 155 cm (atasan)・Panjang: 115 cm, lebar: 75 cm (bawahan)
DesainBordir
7

Pusat Mukena IndonesiaPonco Maudy Pink

Mulai dari Rp 155.000,00

BahanKatun jepang
ModelPonco, two pieces
Tas
Sajadah×
VarianPink
UkuranPanjang depan: 110 cm, panjang belakang: 125 cm (atasan)・Panjang: 120 cm, lebar: 75 cm (bawahan)
DesainTidak disebutkan
6
BahanKatun mikro premium
ModelTwo pieces
Tas
Sajadah×
VarianAmora biasa, Amora bunga
UkuranPanjang depan: 125 cm, panjang belakang: 115 cm (atasan)・Panjang: 111 cm, lebar: 74 cm (bawahan)
DesainPlisket, bordir
5
BahanParasut super
ModelTwo pieces
Tas
Sajadah×
VarianBlue, purple, green, brown, pink
UkuranPanjang: 117 cm (atasan)・Panjang: 117 cm (bawahan)
DesainTidak disebutkan
4

Diario x DwihandaMukena Humaira Prayer Set 2 in 1 Free Sejadah Travel

Mulai dari Rp 259.000,00

BahanRayon premium
ModelPonco, two pieces
Tas
Sajadah
VarianLayla (hitam), Yara (dusty purple), Naima (putih/off white), Dama (biru laut), Ayra (tosca), Alena (cokelat muda/krim), Nuha (cokelat/maroon/hitam), Darya (cokelat/abu-abu)
UkuranPanjang depan: 125 cm, panjang belakang: 150 cm (atasan)・Panjang: 115 cm (bawahan)・Panjang: 28 cm (wajah)
DesainTidak disebutkan
3

DS Modest FashionMukena Traveling Mini Terkecil - Petunia (Case Polos) Terusan

Mulai dari Rp 129.000,00

BahanAbutai
ModelTerusan
Tas
Sajadah×
VarianBlack, brown, cream, dusty pink, electric blue, grey, maroon, gold, terracota
UkuranAll size (panjang 195 cm)
DesainTidak disebutkan
2
BahanRayon
ModelTwo pieces
Tas
Sajadah×
VarianRed, green
UkuranPanjang depan: 116 cm, panjang belakang: 137 cm (atasan)・Panjang: 110 cm, lingkar rok: 150 cm (bawahan)
DesainBatik
1

Mukena Bali Seruni Inverse Series

Mulai dari Rp 125.000,00

BahanRayon janger
ModelTwo pieces
Tas
Sajadah×
VarianMaroon, Mocca, Tosca, Soft Grey, White, White Gold, Mustard, Bottle Green, Navy, Sky Blue, Black, Plum, Dark Plum
UkuranPanjang depan: 125 cm, panjang belakang: 128 cm (atasan)・Panjang: 110 cm, lebar: 80 cm (bawahan)
DesainBali

Tabel perbandingan produk mukena terbaik

Gambar produk
1
Mukena Bali Seruni Inverse Series 1

2
Tazbiya AVB Batik-Paisley 1

Tazbiya

3
DS Modest Fashion Mukena Traveling Mini Terkecil - Petunia (Case Polos) Terusan 1

DS Modest Fashion

4
Diario x Dwihanda Mukena Humaira Prayer Set 2 in 1 Free Sejadah Travel 1

Diario x Dwihanda

5
Geembe.id Mukena Parasit Jumputan 1

Geembe.id

6
Mukena Bordir Prisket Amora 1

7
Pusat Mukena Indonesia Ponco Maudy Pink 1

Pusat Mukena Indonesia

8
Jumuna Mukena Dewasa Bordir Silk Kirania Series 1

Jumuna

9
Tatuis Tiara 471 1

Tatuis

10
YUMNA Mukena Queeta 1

YUMNA

Nama produk

Mukena Bali Seruni Inverse Series

AVB Batik-Paisley

Mukena Traveling Mini Terkecil - Petunia (Case Polos) Terusan

Mukena Humaira Prayer Set 2 in 1 Free Sejadah Travel

Mukena Parasit Jumputan

Mukena Bordir Prisket Amora

Ponco Maudy Pink

Mukena Dewasa Bordir Silk Kirania Series

Tiara 471

Mukena Queeta

Keunggulan

Bahan tebal tanpa gerah, ramah di kantong pula!

Tawarkan corak batik bernuansa etnik

Ukurannya compact, nyaman dibawa traveling!

Motifnya yang modern mempercantik penampilan kala beribadah

Look-nya cheerful berkat corak yang colorful

Definisi cantik dan kekinian dalam sebuah mukena

Mukena untuk remaja dengan corak yang girly

Tampilkan kesan mewah, cocok untuk seserahan

Dua warna satu irama, menarik dan bergaya!

Rasakan kelembutan dan kesejukan dari bahan berkualitas

Harga mulai dariRp 125.000,00Rp 199.000,00Rp 129.000,00Rp 259.000,00Rp 85.000,00Rp 260.000,00Rp 155.000,00Rp 289.900,00Rp 199.000,00Rp 245.000,00
BahanRayon jangerRayonAbutai Rayon premiumParasut superKatun mikro premiumKatun jepangArmani silkPolycotton kombinasiKatun silk
ModelTwo piecesTwo piecesTerusanPonco, two piecesTwo piecesTwo piecesPonco, two piecesTwo piecesTwo piecesTwo pieces
Tas
Sajadah×××××××××
VarianMaroon, Mocca, Tosca, Soft Grey, White, White Gold, Mustard, Bottle Green, Navy, Sky Blue, Black, Plum, Dark PlumRed, greenBlack, brown, cream, dusty pink, electric blue, grey, maroon, gold, terracotaLayla (hitam), Yara (dusty purple), Naima (putih/off white), Dama (biru laut), Ayra (tosca), Alena (cokelat muda/krim), Nuha (cokelat/maroon/hitam), Darya (cokelat/abu-abu)Blue, purple, green, brown, pinkAmora biasa, Amora bungaPinkGreen, mint grey, moccaGreen, beige, peach, pinkCreamy, bubble gum, cloud, camel, salmon
UkuranPanjang depan: 125 cm, panjang belakang: 128 cm (atasan)・Panjang: 110 cm, lebar: 80 cm (bawahan)Panjang depan: 116 cm, panjang belakang: 137 cm (atasan)・Panjang: 110 cm, lingkar rok: 150 cm (bawahan)All size (panjang 195 cm)Panjang depan: 125 cm, panjang belakang: 150 cm (atasan)・Panjang: 115 cm (bawahan)・Panjang: 28 cm (wajah)Panjang: 117 cm (atasan)・Panjang: 117 cm (bawahan)Panjang depan: 125 cm, panjang belakang: 115 cm (atasan)・Panjang: 111 cm, lebar: 74 cm (bawahan)Panjang depan: 110 cm, panjang belakang: 125 cm (atasan)・Panjang: 120 cm, lebar: 75 cm (bawahan)Panjang depan: 127 cm, panjang belakang: 155 cm (atasan)・Panjang: 115 cm, lebar: 75 cm (bawahan)Panjang: 114 cm (atasan)・Panjang: 112 cm (bawahan)Panjang depan: 117 cm, panjang belakang: 122 cm (atasan)・Panjang: 108 cm, lebar: 142 cm (bawahan)
DesainBaliBatikTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanPlisket, bordirTidak disebutkanBordirTwo tonesBordir
Tautan produk

Baca juga rekomendasi mukena lainnya di sini

Apakah Anda masih belum menemukan mukena yang dicari-cari? Jika iya, Anda bisa memilih rekomendasi mukena terbaik lainnya pada artikel di bawah ini. Karena bahan dan modelnya beragam, kami pun akan menjelaskan cara memilihnya. Selamat membaca!

Kesimpulan

Dari produk yang telah kami rekomendasikan di atas, apakah ada mukena yang menjadi favorit Anda? Dengan memilih mukena yang tepat, Anda pun dapat lebih khusyuk melakukan salat atau saat membaca Al-Qur'an.


Karena mukena dipakai untuk salat setiap hari, pastikan Anda memilih bahan yang nyaman, ya. Anda juga perlu memperhatikan ukurannya agar menutupi semua bagian aurat dengan sempurna untuk memastikan salat Anda sah. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Merk Kerudung Segi Empat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Kerudung Segi Empat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kerudung segi empat merupakan salah satu jilbab favorit para wanita muslim. Namun, seiring berkembangnya zaman, model dan motif dari kerudung segi empat pun makin beragam. Banyak jenis yang ditawarkan, seperti kerudung polos, bermotif, rawis, bordir, dan kerudung berdesain bolak-balik.Nah, dengan banyaknya pilihan yang ada, Anda mungkin bingung harus memilih yang mana. Karena itu, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi kerudung segi empat yang bagus. Ada merek hijab Lesti Kejora, Rabbani, Elzatta, dan Zoya. Tak hanya cocok dipakai untuk jalan-jalan, jilbab segi empat juga bisa dipakai untuk sekolah! 
    Pakaian wanita muslim
  • 10 Merk Gamis Syar'i Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Gamis Syar'i Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ingin berpenampilan islami, tetapi tetap stylish? Gamis syar'i jawabannya! Ya, gamis syar'i  kini tidak lagi identik dengan bajunya ibu-ibu. Bahkan, cukup banyak gamis syar'i remaja yang dapat Anda temukan dengan mudah di online shop. Ditambah lagi, brand-brand lokal juga banyak merilis baju gamis syar'i yang kekinian.Agar Anda tidak bingung menentukan pilihan, simaklah tips memilih gamis syar'i yang sudah kami susun untuk Anda. Berbagai merek gamis branded, seperti Rabbani, Zoya, Elzatta, dan HijabChic juga masuk dalam daftar rekomendasi kami. Yuk, temukan gamis syar'i yang bagus untuk Anda di sini!
    Pakaian wanita muslim
  • 10 Gamis Brokat Terbaik untuk Orang Gemuk (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gamis Brokat Terbaik untuk Orang Gemuk (Terbaru Tahun 2022)
    Gamis brokat atau gamis brokat renda adalah pakaian yang sangat digandrungi oleh wanita muslim Indonesia. Modelnya beragam, mulai dari gamis brokat polos hingga kombinasi batik dan bahan satin. Modelnya yang beragam membuat Anda bisa tampil santun sekaligus menawan saat momen Lebaran atau menghadiri pesta. Namun, model gamis brokat seperti apa yang cocok untuk wanita gemuk? Bacalah tips memilihnya di sini! Ada rekomendasi gamis brokat superjumbo dari berbagai merek, seperti IWEARALICE, Agnes Fashion, dan Sovinska. Tubuh gemuk dan pendek bukan halangan! Temukan gamis brokat yang bagus dan nyaman untuk Anda, ya.
    Pakaian wanita muslim
  • 10 Rekomendasi Hijab Pashmina Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Hijab Pashmina Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Selain kerudung segi empat, salah satu kerudung yang digemari oleh wanita muslim adalah pashmina. Karena saat ini ukuran, jenis, dan modelnya lebih beragam, pashmina cukup mencuri perhatian di kalangan hijabers. Di pasaran, tak hanya pashmina biasa yang ditawarkan, tetapi juga pashmina instan yang lebih praktis dipakai.Untuk memudahkan Anda menentukan pilihan, kami akan memberikan tips memilih dan membagikan rekomendasi produk yang bagus. Berbagai merek, seperti Rabbani, ZMNow.id, dan Lozy Hijab, memiliki pashmina berbahan nyaman, panjang, dan syar'i. Yuk, pilih yang paling sesuai untuk Anda!
    Pakaian wanita muslim
  • 10 Merk Hijab Voal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Hijab Voal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Hijab voal adalah salah satu produk yang banyak digemari oleh wanita muslim saat ini. Selain nyaman dipakai, model dan desain hijab voal pun banyak yang cantik-cantik. Anda bisa memilih pasmina polos dengan detail rawis hingga hijab instan dengan motif floral.Agar Anda tidak bingung memilihnya, kami akan memberikan cara memilih hijab voal yang bagus. Selain itu, rekomendasi dari merk terbaik, seperti Elzatta, Buttonscarves, dan Authentism pun akan kami ulas di sini. Untuk itu, simak dari awal hingga akhir, ya!
    Pakaian wanita muslim
  • 10 Tunik Brokat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tunik Brokat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tunik sering kali menjadi pilihan sebagai pakaian hari raya Idulfitri atau Lebaran. Dari beberapa bahan tunik, tunik brokat atau brukat memang sering menjadi pilihan para wanita muslim. Tampilan bahan brokat dengan aksen mewah dan elegan merupakan salah satu alasan tunik brokat banyak diminati.Kami akan membahas tips memilih tunik brokat dalam artikel ini. Kami juga merekomendasikan beragam model tunik brokat yang bagus untuk Anda. Merek Almahyralooks, Emikoawa, KORZ, Jenna & Kaia Prive, sampai Berrybenka ada dalam rekomendasi kami. Temukan tunik brokat terbaru dengan harga yang cocok di kantong Anda!
    Pakaian wanita muslim
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori