• 10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2022)

Kulit sensitif sangat rentan terhadap paparan sinar matahari sehingga Anda memerlukan sunscreen. Namun, tidak semua sunscreen aman untuk Anda, terutama jika kulit Anda sensitif, berminyak, dan mudah berjerawat. Apabila Anda kesulitan memilih sunscreen yang cocok untuk kulit sensitif, artikel ini pas untuk Anda.


Kali ini kami akan memberikan tips memilih sunscreen terbaik untuk kulit sensitif dan memberi rekomendasi produk yang bagus. Berbagai merek seperti Banana Boat, Neutrogena, dan Azarine ada di sini. Tidak ketinggalan, dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK, juga akan memberikan komentarnya.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Dian Pratiwi
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 07 Juni 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK

dr. Dian Pratiwi menyelesaikan pendidikan dokter umum dan spesialis dari FKUI, Indonesia. Dokter yang telah 16 tahun berpraktek di ERHA DermaCenter Kemanggisan & Klinik Puspa Jakarta ini juga sering menjadi narasumber di berbagai media cetak dan elektronik.


Dengan minat pada Cosmeceuticals & Laser, dr. Dian telah menerbitkan 39 tulisan ilmiah dan menjadi co-author dari dua buku. Beliau juga aktif menjadi trainer dan pembicara di berbagai simposium ilmiah. Untuk informasi tentang kesehatan kulit, dr. Dian bisa disapa melalui Instagram-nya. 

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sunscreen untuk kulit sensitif

Pemilik kulit sensitif harus teliti dalam memilih sunscreen agar tidak mengiritasi kulit. Supaya Anda tidak salah pilih, kami akan mengulas tipsnya dalam poin berikut ini. Jangan ada yang Anda lewatkan, ya!

Hindari produk yang mengandung paraben dan parfum

Hindari produk yang mengandung paraben dan parfum

Kulit sensitif sangat rentan dengan bahan kimia tertentu. Hindari memilih produk yang mengandung paraben dan parfum karena keduanya dapat mengiritasi kulit sensitif. Para-aminobenzoic acid (PABA) dan benzophenones juga harus Anda hindari. Kedua bahan tersebut dapat menyebabkan kemerahan dan sensasi terbakar pada kulit Anda.


Pilihlah sunscreen yang mengandung mineral seperti titanium dioxide dan zinc oxide. Mineral tersebut adalah bahan alami untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV tanpa menimbulkan iritasi pada kulit. Produk yang mengandung kedua mineral tersebut dapat disebut sebagai mineral sunscreen.


Namun, mineral sunscreen biasanya menimbulkan white cast yang membuat Anda tidak nyaman. Anda bisa menjadikan hybrid sunscreen sebagai pilihan alternatif. Hybrid sunscreen merupakan gabungan antara mineral sunscreen dan chemical sunscreen. Selain itu, chemical sunscreen berlabel for sensitive skin juga memiliki kandungan yang aman untuk Anda coba.


Jika Anda kesulitan mencari tahu tentang kandungan dalam produk pilihan Anda, cara termudahnya adalah dengan melihat labelnya. Anda bisa memilih produk sunscreen dengan label for sensitive skin atau hypoallergenic. Adanya label tersebut menandakan bahwa produk memang aman untuk kulit sensitif karena tidak menyebabkan alergi dan iritasi.

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Bagi pemilik kulit sensitif, Anda perlu menghindari berbagai bahan aktif dalam suatu produk, termasuk sunscreen. Hal ini karena bahan tersebut berpotensi tinggi memicu iritasi atau alergi. Kandungan yang paling sering menyebabkan iritasi adalah pewangi dan pengawet. Selain itu, Anda juga sebaiknya menghindari chemical UV filter, seperti PABA dan benzophenones serta turunannya seperti oxybenzone.

Pilih berdasarkan permasalahan kulit lainnya

Pilih berdasarkan permasalahan kulit lainnya

Di samping kulit yang sensitif, mungkin Anda juga memiliki permasalahan kulit lainnya, seperti kulit kering, berminyak, atau berjerawat. Penting sekali untuk memeriksa kandungan produk tersebut agar lebih sesuai dengan permasalahan kulit lainnya.


  • Jika Anda memiliki kulit berminyak, pilihlah sunscreen tanpa mineral oil. Kandungan mineral oil dapat membuat kulit lebih berminyak serta menyumbat pori-pori. Anda dapat memilih sunscreen dengan hasil akhir matte yang mengandung kaolin atau bahan lainnya yang diklaim dapat menyerap minyak.

  • Anda yang kulitnya berjerawat juga harus menghindari produk dengan mineral oil. Pilihlah produk yang mengandung Centella asiatica atau tea tree oil untuk meredakan iritasi dan mencegah jerawat. 

  • Bila kulit Anda cenderung kering, Anda dapat memilih sunscreen yang mengandung pelembap. Aloe vera dan minyak alami dari tumbuhan merupakan pilihan aman bagi Anda. 

Pilih juga produk yang non-comedogenic agar pori-pori Anda tidak tersumbat, terutama jika Anda menggunakannya untuk wajah.

Apakah Anda tertarik dengan produk sunscreen khusus untuk kondisi kulit tertentu selain kulit sensitif? Simak artikel di bawah ini untuk menambah pengetahuan Anda.

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Saat memilih sunscreen, kenali dulu jenis kulit Anda, apakah normal, kering, berminyak, atau kombinasi. Lalu, kenali permasalahan kulit, seperti jerawat, sensitif, mengelupas, dan lain-lain. Selanjutnya, Anda baru bisa memilih produk sunscreen


Pilih sunscreen dengan sediaan yang sesuai jenis kulit.

  • Losion untuk kulit normal
  • Gel untuk kulit berminyak
  • Krim untuk kulit kering

Selain itu, pilih sunscreen dengan bahan aktif yang dibutuhkan kulit. Misalnya:

  • Zinc untuk acne
  • Ceramides atau hyaluronic acid untuk kulit kering atau mengelupas
  • Aloe vera atau oatmeal untuk kulit sensitif

UV filter yang bisa Anda pilih untuk kulit sensitif adalah mineral sunscreen yang mengandung zinc oxide atau titanium dioxide.

Perhatikan kandungan SPF dan PA

Perhatikan kandungan SPF dan PA

Ada dua jenis ultraviolet yang dipancarkan oleh matahari, UVA dan UVB. UVA menembus sampai lapisan dermis kulit Anda, serta dapat merusak kolagen sehingga menyebabkan penuaan dini. Berbeda dengan UVA, UVB merusak lapisan permukaan kulit sehingga menyebabkan iritasi dan kulit terbakar.


Anda akan menemukan dua jenis label pada sunscreen yaitu SPF dan PA. SPF merupakan singkatan dari Sun Protection Factor, sedangkan PA adalah Protection Grade of UVA.


  • SPF berperan untuk melindungi kulit dari sinar UVB agar tidak teriritasi dan terbakar. Makin tinggi angka SPF, makin kuat pula produk tersebut melindungi Anda dari paparan sinar UVB. Namun, SPF memang tidak dapat melindungi kulit 100% dari paparan sinar UVB. Pilihlah sunscreen dengan SPF 30 atau lebih untuk melindungi kulit sensitif dengan lebih maksimal.

  • Berikutnya, Anda akan menemukan kandungan PA dengan tanda "+". Banyaknya tanda "+" menunjukkan kekuatan perlindungan dari sunscreen. Bagi Anda yang tinggal di negara tropis, kandungan PA++ sampai PA+++ sudah cukup untuk melindungi kulit.

  • Di samping SPF dan PA, Anda juga dapat memilih produk dengan label "broad spectrum". Sunscreen dengan label tersebut mampu melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB.

Seberapa pun tingginya tingkat SPF dan PA yang terkandung dalam suatu produk, pastikan tetap mengoles ulang sunscreen secara berkala. Pemakaian secara berkala akan melindungi dengan sempurna karena efektivitas sunscreen dapat berkurang setelah beberapa jam digunakan.

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Saat memilih sunscreen, ada empat hal yang penting untuk diperhatikan:


  1. SPF minimal 30, menunjukkan proteksi dari sinar UVB. 
  2. Broad spectrum, melindungi kulit dari sinar UVB dan UVA.
  3. Water resistant, lebih tahan saat digunakan di air.
  4. PA atau protection grade of UVA, menunjukkan proteksi terhadap sinar UVA. 

Makin banyak simbol + maka makin tinggi proteksinya terhadap sinar UVA. Karena itu, pilihlah produk dengan minimal PA++. Namun, tidak semua sunscreen mencantumkan PA. Apabila tidak ada PA, pastikan produknya tertulis broad spectrum yang artinya sunscreen melindungi dari UVB dan UVA. 

Jika dibutuhkan, pilih produk water resistant

Jika dibutuhkan, pilih produk water resistant

Beberapa produk menyediakan sunscreen dengan formula water resistant. Pilihlah jenis ini jika Anda akan menggunakannya untuk renang atau berlibur ke pantai. Oleskan 20 menit sebelum Anda masuk ke dalam air, lalu oleskan lagi setelah keluar dari air. Produk dengan formula water resistant akan tahan di dalam air selama beberapa waktu saja. Anda tetap perlu mengoleskannya kembali setelah keluar dari air.

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Untuk kegiatan outdoor yang terkena air dan membuat Anda berkeringat, pilihlah sunscreen yang water resistant. Umumnya, sunscreen tersebut akan mencantumkan lama ketahanannya, yaitu antara 40 menit atau 80 menit


Gunakan sunscreen 20 menit sebelum aktivitas dan ulangi pemakaiannya setelah melebihi waktu tersebut. Tidak lupa, pastikan untuk menggunakannya dalam jumlah yang cukup. Untuk seluruh tubuh, Anda membutuhkan 30 gram untuk proteksi yang optimal. Pastikan leher belakang, telinga, dan punggung kaki tidak terlewat karena area tersebut sering kali terlupakan.  

10 Rekomendasi sunscreen terbaik untuk kulit sensitif

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sunscreen terbaik untuk kulit sensitif yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. 

10

NeutrogenaSheer Zinc Dry-Touch Sunscreen Broad Spectrum SPF 50

Mulai dari Rp 212.000,00

JenisLotion
Isi88 ml
Bahan aktifZinc oxide, Chrysanthemum parthenium flower
Paraben free
Perfume free
Mineral sunscreen
UV protectionSPF 50 (broad spectrum)
9
JenisCream cair
Isi40 gram
Bahan aktifHyaluronic acid, collagen
Paraben free
Perfume free
Mineral sunscreenx
UV protectionSPF 25/PA++
8

SebamedMulti Protect Sun Cream SPF 50

Mulai dari Rp 380.000,00

JenisCream
Isi75 ml
Bahan aktifHydro-fructol, vitamin E, vitamin B5
Paraben free
Perfume free
Mineral sunscreenx (hybrid sunscreen)
UV protectionSPF 50
7

Some by MiSome By Mi Truecica Mineral Calming Tone up Suncream

Mulai dari Rp 189.000,00

JenisCream
Isi50 ml
Bahan aktifZinc oxide, Truecica™ 378,000 ppm, Aloe barbadensis leaf extract, Centella asiatica leaf extract
Paraben free
Perfume free
Mineral sunscreen
UV protectionSPF 50+/PA++++
6

Etude HouseSunprise Mild Airy Finish SPF50+/PA+++

Mulai dari Rp 129.900,00

JenisGel
Isi55 ml
Bahan aktifDwarf ground sedge extract, sunflower seed extract, Portulaca oleracea, Centella asiatica, mistletoe leaves, Aloe vera, cactus, hyaluronic acid
Paraben free
Perfume free
Mineral sunscreen
UV protectionSPF 50+/PA+++
5

Sensatia BotanicalsSurf Naked Sunscreen Lotion

Mulai dari Rp 150.000,00

JenisLotion
Isi100 ml
Bahan aktifNon-nano zinc oxide, minyak bunga matahari, beeswax
Paraben free
Perfume free
Mineral sunscreen
UV protectionTidak disebutkan
4

Banana BoatSimply Protect Kids Sunscreen Lotion SPF50+

Mulai dari Rp 183.700,00

JenisLotion
Isi90 ml
Bahan aktif Titanium dioxide, zinc oxide, glycerin
Paraben free
Perfume free
Mineral sunscreen
UV protectionSPF 50+
3

La Roche-PosayAnthelios Invisible Fluid SPF50+

Mulai dari Rp 350.000,00

JenisCair
Isi50 ml
Bahan aktifMexoryl XL, thermal water, glycerin
Paraben free
Perfume free
Mineral sunscreenx
UV protectionSPF 50+/PA++++
2

AzarineHydrasoothe Sunscreen GEL SPF 45 PA++++

Mulai dari Rp 65.000,00

JenisGel
Isi50 ml
Bahan aktifRoyal jelly, Aloe vera, green tea, resveratrol, niacinamide
Paraben free
Perfume free
Mineral sunscreenx
UV protectionSPF 45/PA++++
1

AvoskinThe Great Shield Sunscreen

Mulai dari Rp 55.000,00

JenisCream
Isi5 ml, 30 ml
Bahan aktif Zinc oxide, niacinamide, Centella asiatica, vitamin C
Paraben free
Perfume free
Mineral sunscreenx (hybrid sunscreen)
UV protectionSPF 50/PA++++

Tabel perbandingan produk sunscreen terbaik untuk kulit sensitif

Gambar produk
1
Avoskin The Great Shield Sunscreen 1

Avoskin

2
Azarine Hydrasoothe Sunscreen GEL SPF 45 PA++++ 1

Azarine

3
La Roche-Posay Anthelios Invisible Fluid SPF50+ 1

La Roche-Posay

4
Banana Boat Simply Protect Kids Sunscreen Lotion SPF50+  1

Banana Boat

5
Sensatia Botanicals Surf Naked Sunscreen Lotion 1

Sensatia Botanicals

6
Etude House Sunprise Mild Airy Finish  SPF50+/PA+++ 1

Etude House

7
Some by Mi Some By Mi Truecica Mineral Calming Tone up Suncream 1

Some by Mi

8
Sebamed Multi Protect Sun Cream SPF 50 1

Sebamed

9
Rohto  Skin Aqua UV Mild Milk 1

Rohto

10
Neutrogena Sheer Zinc Dry-Touch Sunscreen Broad Spectrum SPF 50 1

Neutrogena

Nama produk

The Great Shield Sunscreen

Hydrasoothe Sunscreen GEL SPF 45 PA++++

Anthelios Invisible Fluid SPF50+

Simply Protect Kids Sunscreen Lotion SPF50+

Surf Naked Sunscreen Lotion

Sunprise Mild Airy Finish SPF50+/PA+++

Some By Mi Truecica Mineral Calming Tone up Suncream

Multi Protect Sun Cream SPF 50

Skin Aqua UV Mild Milk

Sheer Zinc Dry-Touch Sunscreen Broad Spectrum SPF 50

Keunggulan

Hasil akhir matte dan samarkan pori, cocok untuk kulit berminyak

Memakai sunscreen serasa memakai pelembap

Sunscreen dengan tekstur cair yang tidak pedih di mata

Aman untuk buah hati mulai usia 2 tahun

100% dari bahan alami, ramah untuk kulit dan lingkungan

Diperkaya ekstrak tumbuhan, cocok untuk kulit sensitif remaja

Ringan dan memberi efek tone up pada wajah

Hydro-fructol formulanya membantu melembapkan kulit berminyak

Andalan untuk kulit kering dan sensitif

Kulit sensitif dengan eczema bukan masalah bagi Neutrogena

Harga mulai dariRp 55.000,00Rp 65.000,00Rp 350.000,00Rp 183.700,00Rp 150.000,00Rp 129.900,00Rp 189.000,00Rp 380.000,00Rp 56.000,00Rp 212.000,00
JenisCreamGelCairLotionLotionGelCreamCreamCream cairLotion
Isi5 ml, 30 ml50 ml50 ml90 ml100 ml55 ml50 ml75 ml40 gram88 ml
Bahan aktif Zinc oxide, niacinamide, Centella asiatica, vitamin C Royal jelly, Aloe vera, green tea, resveratrol, niacinamideMexoryl XL, thermal water, glycerin Titanium dioxide, zinc oxide, glycerinNon-nano zinc oxide, minyak bunga matahari, beeswaxDwarf ground sedge extract, sunflower seed extract, Portulaca oleracea, Centella asiatica, mistletoe leaves, Aloe vera, cactus, hyaluronic acidZinc oxide, Truecica™ 378,000 ppm, Aloe barbadensis leaf extract, Centella asiatica leaf extractHydro-fructol, vitamin E, vitamin B5Hyaluronic acid, collagenZinc oxide, Chrysanthemum parthenium flower
Paraben free
Perfume free
Mineral sunscreenx (hybrid sunscreen)xxx (hybrid sunscreen)x
UV protectionSPF 50/PA++++SPF 45/PA++++SPF 50+/PA++++SPF 50+Tidak disebutkanSPF 50+/PA+++SPF 50+/PA++++ SPF 50SPF 25/PA++SPF 50 (broad spectrum)
Tautan produk

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Seperti yang banyak diketahui, 90% penuaan kulit disebabkan oleh sinar UV. Karena itu, pakai sunscreen secara rutin setiap hari sejak dini. Ingat, pilih sunscreen sesuai jenis, permasalahan, dan kebutuhan kulit.


Lalu, sunscreen seperti apa yang terbaik? Jawabannya, sunscreen yang terbaik adalah sunscreen yang nyaman untuk Anda. Dengan demikian, Anda akan senang hati apabila menggunakannya setiap hari, sepanjang tahun, dan seumur hidup. 

Baca juga rekomendasi sunscreen lainnya di sini

Beberapa produk sunscreen dikhususkan untuk kondisi tertentu, seperti ibu hamil, anak-anak, dan bayi. Temukan tips memilih produk sunscreen yang pas dalam berbagai tautan di bawah ini. Dapatkan juga rekomendasi produk-produk terbaiknya!

Kesimpulan

Kulit sensitif membutuhkan perlindungan ekstra, salah satunya adalah dengan menggunakan sunscreen. Memilih produk sunscreen untuk kulit sensitif juga membutuhkan ketelitian. 


Pilihlah produk yang menggunakan mineral alami sebagai bahan perlindungan terhadap sinar UV. Perhatikan juga tingkat SPF dan PA agar kulit terlindung optimal dari paparan sinar UV. Sekian artikel kali ini dan semoga Anda merasa terbantu. Jangan lupa untuk menjaga kulit dengan lebih maksimal, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang wajib digunakan setiap hari. Ada beberapa jenis sunscreen yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari, salah satunya physical sunscreen. Physical sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan memantulkan sinar matahari dari kulit. Sunscreen ini tidak menyumbat pori-pori sehingga cocok untuk kulit sensitif atau berjerawat.Merek skincare lokal, seperti SOMETHINC dan JOYLAB, maupun brand luar, seperti Innisfree, menawarkan physical sunscreen yang bagus. Review produk physical sunscreen terbaik lainnya akan kami sajikan berikut ini. Artikel ini telah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan.
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering dituduh menjadikan kulit berminyak dan berjerawat, padahal kenyataannya tidak begitu. Sunscreen yang tepat akan aman dipakai meski kulit Anda berjerawat, beruntusan, dan sensitif sekalipun. Justru saat Anda berjerawat dan tidak menggunakan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam.Kali ini kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan Azarine di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah permasalahan kulit yang umum terjadi pada remaja atau dewasa, baik itu wanita maupun pria. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Pilihlah sabun muka untuk wajah berjerawat berdasarkan jenis kulit, seperti kulit berminyak, kering, dan sensitif.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Safi, dan SENKA bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit kering bisa terjadi pada siapa saja, biasanya ditandai dengan rasa gatal dan kerutan-kerutan halus di wajah. Bila Anda mengalami kondisi ini, perhatikanlah facial wash yang Anda gunakan. Gunakan facial wash yang sesuai dengan masalah kulit kering yang dialami. Ada produk facial wash untuk kulit kering yang kusam, sensitif, serta kulit kering berjerawat, berkomedo, dan beruntusan. Di pasaran dijual beragam merek facial wash yang bagus, seperti Cetaphil, Hada Labo, dan Wardah. Simaklah artikel ini agar Anda tidak salah memilih. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK.
    Perawatan wajah
  • 10 Peeling Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Peeling Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Peeling gel adalah produk yang digunakan untuk mengeksfoliasi kulit. Peeling gel biasanya memiliki kandungan AHA, BHA, atau PHA yang berfungsi membersihkan pori-pori serta mengangkat sel kulit mati. Saat ini sudah banyak peeling gel yang bagus, seperti merek Hanasui, Girlpal, dan The Body Shop.Kami akan memberi rekomendasi peeling gel terbaik. Anda bisa mendapatkan peeling gel untuk kulit berminyak dan berjerawat, kulit kering, dan sensitif. Selain itu, tips memilih produk eksfoliasi gel juga akan dibahas. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV. Yuk, baca lebih lanjut!
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Sabun Batang Pembersih Wajah Terbaik untuk Usia 30-an (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sabun Batang Pembersih Wajah Terbaik untuk Usia 30-an (Terbaru Tahun 2022)
    Memasuki usia 30-an, masalah kulit akan mulai bermunculan seperti kulit kusam atau kering akibat kotoran yang menumpuk. Untuk itu, Anda membutuhkan perawatan kulit wajah yang lebih intens. Sebelum memilih rangkaian skincare, ada baiknya Anda memilih sabun pembersih wajah yang tepat terlebih dahulu. Salah satu jenis sabun pembersih wajah yang dapat Anda pilih adalah sabun batang. Terdapat beberapa merek sabun yang dapat Anda pilih, seperti Kojie San, Nivea, Cetaphil, dan lainnya. Namun, Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu cara memilih sabun batang yang tepat untuk Anda. Simak terus artikel ini, ya!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori