• 10 Masker Organik Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Masker Organik Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Masker Organik Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Masker Organik Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Masker Organik Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Masker Organik Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Masker organik adalah masker wajah yang menggunakan bahan-bahan alami. Berbeda dengan masker biasa, masker organik tidak menggunakan bahan kimia sintetis. Karena itu, masker organik yang tepat dapat mengatasi berbagai masalah kulit, seperti beruntusan, jerawat, dan menghilangkan bekas jerawat.


Banyak masker organik dijual di pasaran, seperti produk merek Skin Dewi, Sensatia Botanicals, dan Utama Spice. Agar Anda mudah menentukan pilihan, kami akan membagikan cara memilih masker organik yang bagus serta merekomendasikan produk-produknya. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Annisa Anjani
Grace Mulyani
  • Pembaharuan terakhir: 07 September 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV
dr. Annisa Anjani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Annisa Anjani

dr. Annisa menempuh pendidikan kedokteran umum dan melanjutkan pendidikan spesialisnya di Universitas Indonesia, Jakarta. Saat ini, ia berpraktik di RSIA Tambak dan Kinara Clinic, Jakarta.


Ia sering mengisi acara pendidikan dan berkontribusi dalam penulisan artikel untuk edukasi masyarakat mengenai bidang kulit dan kelamin. Ia juga aktif membagikan konten edukasi tentang kesehatan kulit dan kelamin melalui media sosial Instagram dan YouTube.

Kenapa perlu menggunakan masker organik?

Masker organik terbuat dari bahan-bahan alami tanpa menggunakan tambahan bahan kimia berbahaya sehingga aman digunakan setiap saat. Selain itu, tentu saja ada beberapa alasan lain yang membuat Anda perlu menggunakan masker organik. Kami akan memaparkannya di bawah ini!

Masker dengan bahan kimia bisa berbahaya jika digunakan jangka panjang

Beberapa bahan kimia cukup sering ditambahkan dalam produk skincare, tak terkecuali masker. Jika dipakai sebentar, bahan-bahan tersebut mungkin tidak terlihat efek negatifnya. Namun, apabila digunakan terus-menerus, bahan-bahan kimia sintetis itu akan mengendap dalam tubuh.

Pewangi, bisa menimbulkan reaksi alergi

Pewangi, bisa menimbulkan reaksi alergi

Banyak produk skincare atau makeup yang mengandung fragrance atau pewangi. Pewangi alami biasanya terbuat dari ekstrak bahan alami, seperti bunga, buah, rempah-rempah, dan lain sebagainya. Namun, jika tidak tertulis bahan asalnya, ada kemungkinan yang digunakan adalah pewangi sintetis.


Pewangi sintetis dibuat dari campuran beberapa bahan kimia yang bisa saja menimbulkan reaksi alergi pada tipe kulit sensitifAkan tetapi, pewangi alami pun sebenarnya dapat menimbulkan reaksi alergi. Reaksi alergi dapat timbul pada orang yang secara genetik memiliki alergi terhadap bahan tersebut.

Paraben, dapat berefek buruk terhadap hormon wanita

Paraben, dapat berefek buruk terhadap hormon wanita

Bahan lainnya yang juga tergolong berbahaya apabila digunakan dalam waktu lama adalah paraben. Beberapa penelitian mengatakan bahwa paraben berpotensi mengganggu hormon estrogen dan dicurigai dapat memicu kanker.


Walaupun masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, paraben tidak dianjurkan untuk orang dengan kulit sensitif, wanita hamil, dan ibu menyusui. Namun, penggunaan paraben dalam jumlah kecil masih aman untuk tubuh secara keseluruhan.

Urea, bisa menyebabkan peradangan kulit

Urea, bisa menyebabkan peradangan kulit

Kata "urea" mungkin sudah tidak asing di telinga orang yang hobi bercocok tanam. Urea ternyata terkandung di beberapa produk kecantikan, lho! Namun, urea untuk produk kecantikan berbeda dengan pupuk urea, ya. Urea yang dimaksud adalah imidazolidinyl urea, diazolidinyl urea, dan polyoxymethylene urea. Ketiganya berfungsi sebagai pengawet agar produk lebih tahan lama.


Urea dosis rendah pada masker dapat melembapkan dan sering dimanfaatkan oleh dokter kulit sebagai terapi untuk kulit ekstra kering. Urea pada produk kecantikan merupakan bentuk lain dari formalin yang tentunya akan berbahaya jika digunakan dalam jangka panjang. Tidak hanya menyebabkan radang pada kulit, senyawa ini juga bisa menyebabkan sakit persendian dan sakit kepala.

Manfaatnya lebih baik meskipun harganya tinggi

Manfaatnya lebih baik meskipun harganya tinggi

Tahukah Anda bahwa masker organik memberikan kontribusi lebih untuk lingkungan? Dari satu produk masker organik, Anda dapat mengurangi kerusakan lingkungan akibat bahan kimia. Karena masker organik tidak menggunakan bahan kimia berbahaya, tentu sisa pembuangannya juga tidak berbahaya.


Produk organik juga tidak memakai bahan pengawet. Bahan yang digunakan merupakan bahan alami yang mudah rusak jika tidak disimpan dengan benar. Karena itu, masker organik hanya diproduksi dalam jumlah yang sedikit meski permintaannya cukup banyak. Jadi, jangan heran jika harganya lebih tinggi dibandingkan masker wajah biasa!


Namun, tetap perhatikan kesesuaiannya dengan jenis kulit dan masalah kulit yang ingin Anda tanggulangi. Perhatikan juga bahan aktifnya. Hindari bahan yang berpotensi iritatif, seperti asam, alkohol, dan sebagainya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih masker organik

Apabila Anda baru pertama kali mencoba masker organik, Anda mungkin kebingungan dalam memilih produk yang cocok. Berikut ini kami berikan poin-poin memilih masker organik yang tepat.

Sesuaikan dengan jenis kulit Anda

Berbeda tipe kulit, berbeda pula kebutuhannya. Oleh karena itu, sebelum memilih masker organik yang tepat, Anda harus mengenali tipe kulit wajah Anda terlebih dahulu.

Kulit normal: Sebagian besar bahan dapat dipakai dengan aman

Kulit normal: Sebagian besar bahan dapat dipakai dengan aman

Kulit wajah yang dikatakan normal adalah kulit dengan tekstur lembut, kadar minyak normal, dan tidak memiliki pori-pori besar. Jika Anda mempunyai kulit normal, hampir semua bahan bisa Anda gunakan. Namun, untuk hasil yang optimal, Anda bisa memilih masker dengan bahan utama oatmeal atau madu. Keduanya merupakan bahan yang memiliki antioksidan tinggi dan dapat menjadi pelembap alami.


Namun, perlu diingat kembali bahwa masih ada faktor alergi yang diturunkan secara genetik terhadap bahan tertentu. Jadi, seseorang tidak bisa menggunakan bahan tersebut meskipun kulit wajahnya termasuk tipe normal. Selain itu, ada bahan asam yang bersifat iritatif. Bahan ini tetap bisa menyebabkan iritasi apabila ada luka di kulit, bahkan pada kulit normal sekalipun.

Kulit kering: Bahan yang melembapkan cocok dipilih

Kulit kering: Bahan yang melembapkan cocok dipilih

Kulit kering biasanya ditandai dengan kulit kasar dan pecah-pecah. Biasanya, hal ini terjadi saat tubuh Anda dehidrasi dan kekurangan nutrisi. Apabila Anda memiliki tipe kulit ini, pilihlah masker dengan bahan yang dapat melembapkan. Sebagai contoh, Anda bisa memilih produk dengan kandungan olive oil, Aloe vera, shea butter, air mawar, dan madu.

Kulit berminyak: Pas memakai masker organik yang dapat mengontrol sebum

Kulit berminyak: Pas memakai masker organik yang dapat mengontrol sebum

Permasalahan kulit, seperti jerawat, sering terjadi pada tipe kulit berminyak. Jika Anda memiliki tipe kulit ini, Anda membutuhkan masker organik yang dapat mengendalikan kadar sebum pada wajah.


Beberapa bahan yang dapat mengontrol minyak adalah tea tree oil dan kacang-kacangan. Bahan-bahan ini dapat mengendalikan kadar minyak pada wajah tanpa menghilangkannya. Anda juga bisa memakai semua produk clay mask.

Kulit kombinasi: Hasil makin optimal dengan dua masker yang mengandung bahan berbeda

Kulit kombinasi: Hasil makin optimal dengan dua masker yang mengandung bahan berbeda

Kulit kombinasi merupakan kombinasi 23 tipe kulit yang berbeda. Biasanya, kulit ini berminyak di area T (dahi dan hidung), sedangkan area lainnya terasa kering atau normal. Masker organik biasanya memiliki kandungan bahan yang minim. Jadi, satu masker saja tidak cukup untuk digunakan.


Kulit kombinasi perlu memakai dua jenis masker yang berbeda untuk hasil optimal. Sebagai contoh, masker dengan bahan tea tree oil bisa diaplikasikan pada bagian yang berminyak. Lalu, gunakan masker berbahan madu untuk bagian lainnya.

Pilih masker berdasarkan jenisnya

Selain mengenali tipe kulit wajah, Anda juga perlu mempertimbangkan jenis masker yang akan digunakan. Berikut ini penjelasannya. Pilihlah yang paling Anda suka, ya!

Gel mask: Terasa dingin saat digunakan

Gel mask: Terasa dingin saat digunakan

Sesuai dengan namanya, masker jenis ini memiliki tekstur layaknya gel yang kental. Umumnya, masker gel menggunakan bahan dasar Aloe vera dengan tambahan bahan lain. Cara penggunaannya pun mudah. Anda hanya perlu mengoleskannya pada wajah, biarkan mengering lalu bilas dengan air hangat.

Sheet mask: Untuk Anda yang tidak punya banyak waktu

Sheet mask: Untuk Anda yang tidak punya banyak waktu

Sheet mask adalah masker siap pakai berbentuk lembaran yang dapat langsung digunakan. Lembaran tersebut biasanya terbuat dari serat katun atau serat bambu yang diinfus dengan serum, vitamin, atau mineral.


Jika Anda tidak punya waktu untuk meracik masker, pilihlah sheet mask. Anda hanya tinggal mengenakan dan menunggu selama 1520 menit sebelum melepaskannya. Anda juga tidak perlu membilas wajah dengan air. Namun, sheet mask hanya bisa digunakan satu kali. Jadi, Anda harus membeli beberapa lembar apabila ingin rutin memakainya.

Powder mask: Dapat diracik sendiri

Powder mask: Dapat diracik sendiri

Powder mask merupakan masker berbentuk serbuk yang memerlukan cairan untuk mengentalkannya. Ada banyak powder mask yang dijual di pasaran, baik yang mengandung beberapa bahan maupun yang hanya mengandung satu bahan. Jika Anda memilih masker dengan satu bahan, Anda dapat meraciknya sendiri dengan bahan lain untuk menciptakan masker DIY.


Sebagai contoh, campurkan masker kopi dengan jeruk lemon dan air mawar sebagai pengencer agar kulit Anda terlihat lebih cerah. Anda juga bisa mencampurkan masker kopi dengan madu untuk menjaga kelembapan kulit. Jadi, satu produk powder mask bisa digunakan untuk banyak tipe kulit. Praktis!


Selain bentuk serbuk, ada juga masker organik yang dijual dalam bentuk krim. Anda hanya perlu mengoleskannya ke wajah tanpa menambahkan air. Cream mask dapat mempersingkat waktu dan Anda tidak perlu repot-repot menakar masker sebelum menggunakannya.

Clay mask: Efektif mengangkat minyak berlebih

Clay mask: Efektif mengangkat minyak berlebih

Clay mask atau masker tanah liat bukanlah sekadar nama saja. Masker ini memang menggunakan tanah liat sebagai bahan dasarnya. Bahan tanah liat yang cenderung mengeras ketika kering membuatnya mudah mengangkat kotoran dan kulit mati pada wajah.


Clay mask direkomendasikan untuk kulit berminyak atau kombinasi. Akan tetapi, bagi kulit kombinasi, Anda memerlukan dua buah clay mask dengan bahan yang berbeda untuk hasil terbaik. Beberapa clay mask pun ada yang berbentuk bubuk sehingga Anda perlu mencampurkannya dengan air.

Perhatikan nomor BPOM dan logo organik pada kemasan

Perhatikan nomor BPOM dan logo organik pada kemasan

Sebelum membeli masker organik, periksalah terlebih dahulu izin edar. Adanya nomor Badan Pengawas Obat dan Makanan Indonesia (BPOM) membuktikan bahwa produk tersebut asli dan aman untuk dipakai.


Selain nomor BPOM, Anda juga bisa mengecek keberadaan logo organik pada kemasan. Setiap lembaga sertifikasi memiliki logonya masing-masing. Salah satu lembaga yang mengeluarkan sertifikasi organik untuk produk kosmetik adalah ICERT. Anda dapat mengecek produk yang terdaftar di situs resmi ICERT.

10 Rekomendasi masker organik terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk masker organik terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 3 September 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Poupeepou Basic Natural Mask memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Utama Spice Face and Body Clay yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 8 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.

Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV.

Gambar produk
1
Poupeepou Basic Natural Mask 1

Poupeepou

2
Oh My Skin! Masker Organik Matcha 1

Oh My Skin!

3
Lea Gloria Day By Day Face Mask Chocolate Melted 1

Lea Gloria

4
Teddy Clubs Boba Pore Care Mask 1

Teddy Clubs

5
Crushlicious Milk Face Mask with Gluthatione 1

Crushlicious

6
Mitra Kreasi Natural THE BATH BOX ROSE STAR Exfoliating Facial Mask 1

Mitra Kreasi Natural

7
VELROSE SECRET Face Mask Bengkoang Milk 1

VELROSE SECRET

8
Utama Spice Face and Body Clay 1

Utama Spice

9
Sensatia Botanicals Firming Pomegranate Sheet Mask 1

Sensatia Botanicals

10
Skin Dewi Energizing Coffee Clay Mask 1

Skin Dewi

Nama produk

Basic Natural Mask

Masker Organik Matcha

Day By Day Face Mask Chocolate Melted

Boba Pore Care Mask

Milk Face Mask with Gluthatione

THE BATH BOX ROSE STAR Exfoliating Facial Mask

Face Mask Bengkoang Milk

Face and Body Clay

Firming Pomegranate Sheet Mask

Energizing Coffee Clay Mask

Keunggulan

Masker hits dengan harga terjangkau dan kualitas unggul

Kandungan matcha-nya cocok untuk mengatasi kulit beruntusan dan jerawat

Wanginya enak, pas untuk merelaksasi kulit!

Kecilkan pori-pori dengan boba? Tentu bisa!

Mengontrol minyak berlebih berkat kandungan vitaminnya

Kebaikan bunga mawar untuk melembapkan kulit yang kering

Masker untuk mencerahkan wajah dengan kandungan vitamin C yang tinggi

Dengan kaolin yang dapat menyerap kotoran di permukaan kulit

Atasi tanda penuaan dengan khasiat buah delima

Mengandung antioksidan tinggi untuk menyegarkan kulit lelah

Harga mulai dariRp 6.000,00Rp 40.000,00Rp 10.000,00Rp 35.000,00Rp 45.000,00Rp 169.000,00Rp 100.000,00Rp 39.300,00Rp 180.000,00Rp 385.000,00
Tipe kulitSemua tipeSemua tipeNormal, keringSemua jenis kulitKulit berminyakSemua jenis kulit, khususnya kulit keringSemua tipeKulit berminyak dan berjerawatSemua tipeBerminyak dan berjerawat
Jenis maskerPowder maskPowder maskPowder maskPowder maskPowder maskGel maskPowder maskClay mask (powder)Sheet maskClay mask (powder)
Berat/isi25 g65 g50 g30 g50 g30 ml150 g30 g, 150 g150 ml (8 lembar)50 g
BPOM
Tautan produk
10

Skin DewiEnergizing Coffee Clay Mask

Mulai dari Rp 385.000,00

Tipe kulitBerminyak dan berjerawat
Jenis maskerClay mask (powder)
Berat/isi50 g
BPOM
9

Sensatia BotanicalsFirming Pomegranate Sheet Mask

Mulai dari Rp 180.000,00

Tipe kulitSemua tipe
Jenis maskerSheet mask
Berat/isi150 ml (8 lembar)
BPOM
8
Tipe kulitKulit berminyak dan berjerawat
Jenis maskerClay mask (powder)
Berat/isi30 g, 150 g
BPOM
7

VELROSE SECRETFace Mask Bengkoang Milk

Mulai dari Rp 100.000,00

Tipe kulitSemua tipe
Jenis maskerPowder mask
Berat/isi150 g
BPOM
6

Mitra Kreasi NaturalTHE BATH BOX ROSE STAR Exfoliating Facial Mask

Mulai dari Rp 169.000,00

Tipe kulitSemua jenis kulit, khususnya kulit kering
Jenis maskerGel mask
Berat/isi30 ml
BPOM
5

CrushliciousMilk Face Mask with Gluthatione

Mulai dari Rp 45.000,00

Tipe kulitKulit berminyak
Jenis maskerPowder mask
Berat/isi50 g
BPOM
4
Tipe kulitSemua jenis kulit
Jenis maskerPowder mask
Berat/isi30 g
BPOM
3

Lea GloriaDay By Day Face Mask Chocolate Melted

Mulai dari Rp 10.000,00

Tipe kulitNormal, kering
Jenis maskerPowder mask
Berat/isi50 g
BPOM
2

Oh My Skin!Masker Organik Matcha

Mulai dari Rp 40.000,00

Tipe kulitSemua tipe
Jenis maskerPowder mask
Berat/isi65 g
BPOM
1
Tipe kulitSemua tipe
Jenis maskerPowder mask
Berat/isi25 g
BPOM

Baca juga rekomendasi produk organik lainnya di sini

Setelah Anda memilih menggunakan masker organik, kurang lengkap rasanya apabila tidak mengubah skincare lainnya dengan produk organik. Ketika kulit sudah melakukan detoksifikasi, sebaiknya Anda tidak menggunakan lagi bahan-bahan kimia. Berikut ini beberapa ulasan produk organik lainnya untuk Anda!

Kesimpulan

Kami sudah memberikan cara memilih masker organik serta beberapa rekomendasi produk terbaiknya. Setelah mengenali tipe kulit Anda, apakah Anda mulai tertarik untuk menggunakan masker organik? Hasil yang diberikan memang tidak secepat masker wajah biasa.


Namun, pelan tapi pasti, masker organik dapat menyelesaikan berbagai permasalahan kulit. Lagipula, menggunakan masker organik baik bagi tubuh serta lingkungan. Jadi, yuk, gunakan masker organik!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering dituduh menjadikan kulit berminyak dan berjerawat, padahal kenyataannya tidak begitu. Sunscreen yang tepat akan aman dipakai meski kulit Anda berjerawat, beruntusan, dan sensitif sekalipun. Justru saat Anda berjerawat dan tidak menggunakan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam.Kali ini kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan Azarine di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah permasalahan kulit yang umum terjadi pada remaja atau dewasa, baik itu wanita maupun pria. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Pilihlah sabun muka untuk wajah berjerawat berdasarkan jenis kulit, seperti kulit berminyak, kering, dan sensitif.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cetaphil, Safi, dan SENKA bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu skincare yang populer saat ini adalah serum wajah yang mengandung retinol. Serum retinol menawarkan banyak manfaat, terutama untuk mencegah penuaan dan menjaga elastisitas kulit. Harga jual retinol serum pun bervariasi, dari yang mahal hingga harga kurang dari 100 ribu rupiah.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih retinol serum terbaik untuk Anda. Kami juga menyiapkan beberapa rekomendasi merek serum retinol yang bagus, seperti Somethinc, Avoskin, dan Azarine. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama dan dr. Dian Pratiwi. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, manakah yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya tips memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang wajib digunakan setiap hari. Ada beberapa jenis sunscreen yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari, salah satunya physical sunscreen. Physical sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan memantulkan sinar matahari dari kulit. Sunscreen ini tidak menyumbat pori-pori sehingga cocok untuk kulit sensitif atau berjerawat.Merek skincare lokal, seperti SOMETHINC dan JOYLAB, maupun brand luar, seperti Innisfree, menawarkan physical sunscreen yang bagus. Review produk physical sunscreen terbaik lainnya akan kami sajikan berikut ini. Artikel ini telah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan.
    Perawatan wajah
  • 10 Peeling Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Peeling Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Peeling gel adalah produk yang digunakan untuk mengeksfoliasi kulit. Peeling gel biasanya memiliki kandungan AHA, BHA, atau PHA yang berfungsi membersihkan pori-pori serta mengangkat sel kulit mati. Saat ini sudah banyak peeling gel yang bagus, seperti merek Hanasui, Girlpal, dan The Body Shop.Kami akan memberi rekomendasi peeling gel terbaik. Anda bisa mendapatkan peeling gel untuk kulit berminyak dan berjerawat, kulit kering, dan sensitif. Selain itu, tips memilih produk eksfoliasi gel juga akan dibahas. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV. Yuk, baca lebih lanjut!
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Skincare Emina Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Skincare Emina Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit kombinasi mempunyai kebutuhan yang berbeda dengan kondisi kulit lainnya. Agar kulit kombinasi senantiasa sehat, tentunya Anda memerlukan skincare yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Nah, kali ini secara spesial kami akan mengulas skincare merek Emina yang bagus untuk digunakan pemilik kulit kombinasi.Rangkaian produk Emina untuk kulit kombinasi, mulai dari face wash, toner, pelembap, dan sunscreen akan kami ulas secara lengkap. Tidak ketinggalan, review serum Emina terbaru juga ada di sini! Kami juga telah menyediakan tips memilih skincare Emina untuk kulit kombinasi. Penasaran dengan ulasan kami? Yuk, simak sampai habis!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori