• 10 Rekomendasi Masker Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Masker Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Masker Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Masker Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Masker Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Masker Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Masker organik adalah masker wajah yang menggunakan 100% bahan alami. Berbeda dengan masker biasa, masker organik tidak menggunakan tambahan bahan kimia. Semua bahannya berasal dari alam sehingga tidak menjadi racun pada tubuh. Masker yang tepat dapat mengatasi berbagai masalah kulit seperti bruntusan, jerawat, dan menghilangkan bekas jerawat.


Ada banyak produk masker organik yang dijual di pasaran, seperti dari Crushlicious, Sensatia Botanicals, Lea Gloria, dan Poupeepou. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan tentang cara memilih masker organik yang tepat serta beberapa rekomendasi produknya. Dengan masker organik, Anda bisa cantik tanpa efek samping!

Blogger/influencer yang ada di artikel ini

Namira Adzani
  • Pembaharuan terakhir: 28 Desember 2020
  • 240.542 Views
Daftar isi

Kenapa perlu menggunakan masker organik?

Masker organik terbuat dari bahan-bahan alami tanpa menggunakan tambahan bahan kimia berbahaya sehingga aman digunakan setiap saat. Selain itu, ada beberapa alasan lain kenapa Anda perlu menggunakan masker organik. Kami akan memaparkannya berikut ini!

Masker dengan bahan kimia bisa berbahaya jika digunakan jangka panjang

Ada beberapa jenis bahan kimia dalam produk skincare yang banyak dijual di pasaran, begitu juga dengan masker. Jika dipakai sebentar, mungkin tidak terlihat efek negatifnya. Namun, apabila digunakan dalam jangka panjang, bahan kimia tersebut bisa berbahaya karena mengendap pada tubuh. Jadi, ada baiknya Anda membaca komposisi pada kemasan sebelum membeli dan hindari produk yang mengandung bahan kimia tambahan.

Pewangi sintetis, bisa menimbulkan reaksi alergi

Pewangi sintetis, bisa menimbulkan reaksi alergi

Banyak produk skincare atau makeup yang mengandung fragrance atau pewangi. Pewangi alami biasanya terbuat dari ekstrak bahan-bahan alami, seperti bunga, buah, rempah-rempah, dan lain sebagainya. Namun, jika tidak tertulis bahan asalnya, bisa saja yang digunakan adalah pewangi sintetis. Pewangi ini terbuat dari campuran beberapa bahan kimia yang bisa saja menimbulkan reaksi alergi pada tipe kulit tertentu.

Paraben, dapat berefek buruk terhadap hormon wanita

Paraben, dapat berefek buruk terhadap hormon wanita

Bahan lainnya yang juga tergolong berbahaya bila digunakan dalam waktu lama adalah paraben. Beberapa penelitian mengatakan bahwa paraben berpotensi mengganggu hormon estrogen dan dicurigai dapat memicu kanker. Meski belum bisa dipastikan kebenarannya, paraben tidak dianjurkan untuk Anda yang memiliki kulit sensitif, wanita hamil, dan ibu menyusui.

Urea, bisa menyebabkan peradangan kulit

Urea, bisa menyebabkan peradangan kulit

Kata "urea" mungkin sudah tidak asing di telinga Anda, terutama yang sering bercocok tanam. Urea ternyata juga terdapat di beberapa produk kecantikan, lho! Namun, urea untuk produk kecantikan berbeda dengan pupuk urea, ya! Urea yang dimaksud adalah imidazolidinyl urea, diazolidinyl urea, dan polyoxymethylene urea. Ketiganya merupakan senyawa yang digunakan sebagai pengawet agar produk lebih tahan lama.


Urea pada produk kecantikan merupakan bentuk lain dari formalin yang tentunya akan berbahaya jika digunakan dalam jangka panjang. Tidak hanya menyebabkan radang pada kulit, tetapi juga sakit persendian, sakit kepala, dan kurang tidur.

Harganya memang mahal, tetapi manfaatnya lebih baik

Harganya memang mahal, tetapi manfaatnya lebih baik

Harga masker organik biasanya lebih mahal daripada masker wajah biasa. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa masker organik memberikan kontribusi lebih untuk lingkungan?


Dari satu produk masker organik, Anda dapat mengurangi kerusakan lingkungan akibat bahan kimia. Karena masker organik tidak menggunakan bahan kimia berbahaya, tentu sisa pembuangannya juga tidak berbahaya.


Selain itu, produk organik biasanya cepat kedaluwarsa karena tidak memakai bahan pengawet. Bahan yang digunakan merupakan bahan alami yang mudah rusak bila tidak disimpan dengan benar. Karena itu, masker organik hanya diproduksi dalam jumlah yang sedikit meski permintaannya cukup banyak. Jadi, jangan heran jika harganya lebih mahal dibandingkan masker wajah biasa!

Cara memilih masker organik

Apabila Anda baru pertama kali mencoba masker organik, Anda mungkin kebingungan dalam memilih produk yang cocok. Berikut ini akan kami berikan beberapa poin cara memilih masker organik untuk Anda.

Pastikan tipe kulit wajah Anda

Berbeda tipe kulit, berbeda pula kebutuhannya. Jadi, sebelum memilih masker organik yang tepat, Anda harus mengenali tipe kulit wajah Anda terlebih dahulu. 

Hampir semua bahan bisa dipakai oleh kulit normal

Hampir semua bahan bisa dipakai oleh kulit normal

Kulit wajah yang dikatakan normal adalah kulit dengan tekstur lembut, cerah, dan tidak memiliki pori-pori besar. Untuk Anda yang mempunyai kulit normal, hampir semua bahan bisa digunakan. Namun, untuk hasil yang optimal, Anda bisa memilih masker dengan bahan utama oatmeal atau madu. Keduanya merupakan bahan yang memiliki antioksidan tinggi dan dapat menjadi pelembap alami. 

Bahan yang melembapkan untuk si kulit kering

Bahan yang melembapkan untuk si kulit kering

Kulit kering biasanya ditandai dengan iritasi dan pecah-pecah pada kulit. Biasanya, hal ini terjadi saat tubuh Anda dehidrasi dan kekurangan nutrisi. Untuk Anda yang memiliki tipe kulit ini, pilihlah bahan yang dapat melembapkan. Beberapa di antaranya adalah olive oil, Aloe vera, shea butter, air mawar, dan madu.

Bahan pengontrol sebum bagi kulit yang berminyak

Bahan pengontrol sebum bagi kulit yang berminyak

Permasalahan kulit seperti jerawat sering terjadi pada tipe kulit berminyak. Jika Anda memiliki tipe kulit ini, Anda membutuhkan masker dengan bahan yang dapat mengendalikan kadar sebum pada wajah. Beberapa bahan yang dapat mengontrol minyak adalah tea tree oil dan kacang-kacangan. Bahan-bahan ini dapat mengendalikan kadar minyak pada wajah tanpa menghilangkannya. Anda juga bisa memakai semua produk clay mask

Gunakan dua masker dengan bahan yang berbeda untuk kulit kombinasi

Gunakan dua masker dengan bahan yang berbeda untuk kulit kombinasi

Kulit kombinasi merupakan kombinasi 2-3 tipe kulit yang berbeda. Biasanya, kulit ini berminyak di area T (dahi dan hidung), sedangkan area lainnya terasa kering atau normal. Masker organik biasanya memiliki kandungan bahan yang minim. Jadi, satu masker saja tidak cukup untuk digunakan.


Kulit kombinasi perlu memakai dua jenis masker yang berbeda untuk hasil optimal. Misalnya, masker dengan bahan tea tree oil diaplikasikan pada bagian yang berminyak, lalu masker berbahan madu di bagian lainnya.

Pilih masker berdasarkan jenisnya

Selain dengan cara mengenali tipe kulit wajah Anda, Anda juga perlu mempertimbangkan jenis masker yang akan digunakan. Pillihlah yang Anda suka!

Gel mask : terasa dingin saat digunakan

Gel mask : terasa dingin saat digunakan

Sesuai dengan namanya, masker jenis ini memiliki tekstur layaknya gel yang kental. Biasanya, masker gel menggunakan bahan dasar Aloe vera dengan tambahan bahan lain. Cara penggunaannya pun mudah, Anda hanya perlu mengoleskannya pada wajah hingga mengering sebelum dibilas dengan air hangat.

Sheet mask: untuk Anda yang tidak punya banyak waktu

Sheet mask: untuk Anda yang tidak punya banyak waktu

Sheet mask adalah masker siap pakai berbentuk lembaran yang dapat langsung digunakan. Lembaran tersebut biasanya terbuat dari serat katun atau serat bambu yang diinfus dengan serum, vitamin, atau mineral.


Jika Anda tidak punya waktu untuk meracik masker, pilihlah sheet mask. Anda hanya tinggal mengenakannya dan tunggu selama 15-20 menit sebelum melepaskannya. Anda juga tidak perlu membilas wajah dengan air. Praktis, bukan? Namun, sheet mask hanya bisa digunakan satu kali. Jadi, Anda harus membeli beberapa lembar bila ingin rutin memakainya.

Powder mask: dapat diracik sendiri

Powder mask: dapat diracik sendiri

Powder mask merupakan masker yang berbentuk serbuk dan memerlukan cairan untuk mengentalkannya. Ada banyak powder mask yang dijual di pasaran, baik yang mengandung beberapa bahan maupun yang hanya mengandung satu bahan.


Bila Anda memilih masker dengan satu bahan, Anda dapat meraciknya sendiri dengan bahan lain untuk menciptakan masker DIY (Do it Yourself). Misalnya, campurkan masker kopi dengan jeruk lemon dan air mawar sebagai pengencer agar kulit Anda terlihat lebih cerah. Anda juga bisa mencampurkan masker kopi dengan madu untuk menjaga kelembapan kulit. Jadi, satu produk powder mask bisa digunakan untuk banyak tipe kulit. Praktis!


Selain bentuk serbuk, powder mask ada yang dijual dalam bentuk krim. Anda hanya perlu langsung mengoleskannya ke wajah tanpa menambah air. Cream mask dapat menyingkat waktu dan Anda juga tidak perlu repot-repot menakar masker sebelum menggunakannya.

Clay mask: efektif mengangkat minyak berlebih

Clay mask: efektif mengangkat minyak berlebih

Clay mask atau masker tanah liat bukanlah sekadar nama saja. Masker ini memang menggunakan tanah liat sebagai bahan dasarnya. Bahan tanah liat yang cenderung mengeras ketika kering membuatnya mudah untuk mengangkat kotoran dan kulit mati pada wajah.


Clay mask direkomendasikan untuk kulit berminyak atau kombinasi. Akan tetapi, bagi kulit kombinasi, Anda memerlukan dua buah clay mask dengan bahan yang berbeda untuk hasil terbaik.

Perhatikan nomor BPOM dan logo organik pada kemasan

Perhatikan nomor BPOM dan logo organik pada kemasan

Sebelum membeli masker organik, sebaiknya periksa terlebih dahulu apakah produk yang Anda incar telah mendapatkan izin Badan Pengawas Obat dan Makanan Indonesia (BPOM) atau belum. Hal ini dilakukan untuk memastikan keaslian dan keamanan produk.


Selain dengan cara tersebut, Anda juga bisa mengecek keberadaan logo organik yang biasanya tertera pada kemasan. Setiap lembaga sertifikasi memiliki logonya masing-masing. Jadi, pastikan Anda memeriksanya terlebih dahulu.


Salah satu lembaga yang mengeluarkan sertifikasi organik untuk produk kosmetik adalah ICERT. Anda dapat mengecek produk yang terdaftar di situs resmi ICERT.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi masker organik terbaik

Jika Anda sudah membaca cara memilih di atas, sekarang waktunya Anda memilih produk rekomendasi dari kami. Jadikan artikel kami sebagai acuan untuk mendapatkan produk terbaik!

10
Tipe kulitNormal
Jenis maskerPowder mask
Berat250 gram
Nomor BPOMNA18170200617
9
Tipe kulitSemua tipe
Jenis maskerPowder mask
Berat30 gram
Nomor BPOMNA18190205508
8
Tipe kulitKering
Jenis maskerGel mask
Berat50 gram
Nomor BPOMNA18190205157
7
Tipe kulitSemua tipe
Jenis maskerClay mask
Berat50 gram
Nomor BPOMNA18190205474
6
Tipe kulitBerminyak, berjerawat, kering, kombinasi
Jenis maskerPowder mask
Berat25 gram
Nomor BPOMTidak dijelaskan
5
Tipe kulitBerminyak
Jenis maskerPowder mask
Berat70 gram
Nomor BPOMNA18190705625
4
Tipe kulitNormal, sensitif, dan matang (mature)
Jenis maskerClay mask
Berat120 gram
Nomor BPOMNA18200200003
3

Sensatia BotanicalsFirming Pomegranate Sheet Mask

Rp 180.000,00

Tipe kulitSemua tipe
Jenis maskerSheet mask
Berat150 ml (isi 8 lembar)
Nomor BPOMNA18190205557
2
Tipe kulitSemua tipe
Jenis maskerGel mask
Berat30 ml
Nomor BPOMNA18190205351
1
Tipe kulitBerminyak
Jenis maskerClay mask
Berat30 gram
Nomor BPOMNA18160200144

Tabel perbandingan produk masker organik terbaik

Gambar produk
1
Utama Spice Face and Body Clay 1

Utama Spice

2
Lea Gloria Gel Mask Watermelon 1

Lea Gloria

3
Sensatia Botanicals Firming Pomegranate Sheet Mask 1

Sensatia Botanicals

4
Organic Supply Co. French Pink Clay 1

Organic Supply Co.

5
Crushlicious Milk Organic Face Mask 1

Crushlicious

6
Poupeepou Masker Organik 1

Poupeepou

7
Skin Dewi Energizing Coffee Clay Mask 1

Skin Dewi

8
The Bath Box Rose Hydrating Mask 1

The Bath Box

9
Teddy Clubs Boba Pore Care Powder Mask 1

Teddy Clubs

10
Velrose Secret  Bengkoang Milk 1

Velrose Secret

Nama produk

Face and Body Clay

Gel Mask Watermelon

Firming Pomegranate Sheet Mask

French Pink Clay

Milk Organic Face Mask

Masker Organik

Energizing Coffee Clay Mask

Rose Hydrating Mask

Boba Pore Care Powder Mask

Bengkoang Milk

Keunggulan

Dengan kaolin yang dapat menghilangkan racun di permukaan kulit

Sensasi dinginnya menyegarkan kulit

Tak perlu takut lagi dengan penuaan!

Hilangkan sel kulit mati di wajah!

Mengontrol minyak berlebih di kulit

Masker hits dengan harga terjangkau dan kualitas unggulan

Selamat tinggal kulit lelah!

Kebaikan bunga mawar untuk melembapkan kulit yang kering

Kecilkan pori-pori dengan boba!

Masker pemutih alami

HargaRp 31.000,00Rp 20.000,00Rp 180.000,00Rp 120.000,00Rp 50.000,00Rp 6.000,00Rp 385.000,00Rp 176.000,00Rp 35.000,00Rp 100.000,00
Tipe kulitBerminyakSemua tipeSemua tipeNormal, sensitif, dan matang (mature)BerminyakBerminyak, berjerawat, kering, kombinasiSemua tipeKeringSemua tipeNormal
Jenis maskerClay maskGel maskSheet maskClay maskPowder maskPowder maskClay maskGel maskPowder maskPowder mask
Berat30 gram30 ml150 ml (isi 8 lembar)120 gram70 gram25 gram50 gram50 gram30 gram250 gram
Nomor BPOMNA18160200144NA18190205351NA18190205557NA18200200003NA18190705625Tidak dijelaskanNA18190205474NA18190205157NA18190205508NA18170200617
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk organik lainnya di sini!

Setelah Anda memilih menggunakan masker organik, kurang lengkap rasanya bila tidak mengubah skincare lainnya dengan produk organik. Ketika kulit sudah melakukan detoksifikasi, sebaiknya Anda tidak menggunakan lagi bahan-bahan kimia. Berikut ini beberapa ulasan produk organik untuk Anda!

Kesimpulan

Kami sudah memberikan cara memilih masker organik serta beberapa rekomendasi produk terbaiknya. Setelah mengenali tipe kulit Anda, apakah Anda mulai tertarik untuk menggunakan masker organik? Hasil yang diberikan memang tidak secepat masker wajah biasa. Namun, pelan tapi pasti, masker organik dapat menyelesaikan berbagai permasalahan kulit seperti bruntusan, jerawat, dan menghilangkan bekas jerawat!


Mnggunakan masker organik baik bagi tubuh serta lingkungan. Jadi, gunakanlah masker organik untuk kulit wajah yang lebih sehat! 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2021)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Mencuci muka menjadi aktivitas penting agar Anda selalu terhindar dari jerawat. Cara mengatasi jerawat pun berbeda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang. Karena itu, pemilihan sabun muka tak boleh sembarangan!Kali ini, kami akan memberikan tips memilih dan merekomendasikan produk-produk sabun muka bermutu untuk menghilangkan jerawat. Selain Pond’s dan Acnes, masih banyak produk yang dapat Anda pilih sesuai dengan jenis kulit. Simak terus informasinya!
    Perawatan wajah
    714.477 Views
  • 10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2021)
    Eye cream digunakan untuk merawat kulit di sekitar mata yang mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan. Karena manfaatnya yang luar biasa, tidak heran apabila produk ini dijual dengan harga relatif mahal. Namun, beberapa merek seperti Pond's, SAFI, dan Wardah telah meluncurkan eye cream yang bagus dengan harga terjangkau.Kali ini, kami akan mengulas cara memilih eye cream terbaik dengan harga terjangkau serta formula premium. Kami juga akan menyertakan sepuluh rekomendasi produk sebagai bahan referensi Anda. Yuk, baca review-nya dan temukan eye cream yang ideal untuk kulit Anda dengan harga di bawah Rp150.000!
    Perawatan wajah
    546.934 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Noda hitam bekas jerawat memang sangat mengganggu penampilan dan dapat menurunkan kepercayaan diri. Karena itu, jangan biarkan noda tersebut berlama-lama di wajah Anda. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan krim penghilang bekas jerawat agar kulit wajah kembali bersih.Ada begitu banyak produk krim penghilang bekas jerawat di pasaran. Namun, tidak perlu bingung, kami akan memberikan tips memilih krim yang tepat untuk Anda. Simak juga berbagai rekomendasi produk, mulai dari COSRX, Everwhite, Safi, hingga Zoya. Selamat membaca dan temukan produk yang paling pas untuk Anda!
    Perawatan wajah
    457.518 Views
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Meski jerawat terlihat kempis dan sudah sembuh, ternyata bekas jerawat yang tersisa masih menimbulkan masalah. Bekas jerawat sangat sulit untuk ditutupi bahkan dengan concealer dan bisa membuat makeup jadi terlihat kurang bagus. Ada produk makeup yang dapat menyamarkannya, tetapi akan lebih baik jika Anda merawat kulit bermasalah tersebut, bukan?Untuk mengatasi permasalahan ini, Anda bisa memilih serum yang dapat membantu menghilangkan bekas jerawat. Nah, kami akan menjabarkan tips memilih serum yang mampu bekerja efektif dan tepat untuk kulit wajah Anda. Simak juga rekomendasi produk terbaik untuk mengatasi bekas jerawat seperti The Ordinary, Dr. Jart+, dan lainnya, ya!
    Perawatan wajah
    374.075 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Noda di wajah atau yang lebih dikenal dengan flek hitam memang sangat menggangu penampilan. Flek hitam dapat terjadi akibat bekas jerawat, paparan sinar UV, dan pigmentasi berlebih. Menggunakan krim merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan tampilan flek hitam pada wajah Anda.Memilih krim untuk menghilangkan flek hitam harus dilakukan dengan saksama. Kami sudah menyiapkan tips untuk memilih krim yang pas dan ampuh untuk mengatasi flek hitam. Kami juga akan memberi rekomendasi produk terbaiknya, seperti Olay, L'Oreal Paris, Kojie San, Shiseido, dan lainnya. Simak terus sampai habis, ya!
    Perawatan wajah
    497.517 Views
  • 10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2021)
    Mungkin banyak di antara Anda yang mengalami berbagai masalah kulit saat berusia 40-an. Kulit kering, noda hitam, keriput, kendur, kusam, dan pori-pori yang terbuka adalah contohnya. Untuk menghindari masalah kulit dan menjaganya agar tetap awet muda, Anda perlu menggunakan essence yang cocok bagi kulit usia 40-an.Namun, banyaknya pilihan essence yang ada di pasaran tentu akan membuat Anda bingung. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih essence untuk Anda yang memasuki usia 40-an. Tidak lupa kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaik beserta ulasannya.
    Perawatan wajah
    72.204 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori