• 10 Saus Lada Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Saus Lada Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Saus Lada Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Saus Lada Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Saus Lada Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Saus Lada Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2022)

Banyak orang yang menyukai makanan dengan sensasi pedas khas lada hitam. Anda bisa memberikan sentuhan cita rasa tersebut dengan menggunakan saus lada hitam. Di pasaran tersedia beragam saus lada hitam yang berbeda volume, kandungan, dan sebagainya.


Anda bisa membaca tips cara memilih dan rekomendasi saus lada hitam terbaik dalam artikel ini. Saus lada hitam enak merek Pronas, Saori, dan sebagainya ada dalam daftar kami. Anda akan menemukan saus bumbu lada hitam yang enak dalam berbagai kemasan, termasuk produk instan. Artikel ini sudah ditinjau oleh home cook influencer kami, Mariska Tracy.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Mariska Tracy
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 13 September 2022
Daftar isi

Profil pakar: Home cook influencer, Mariska Tracy

Profil pakar: Home cook influencer, Mariska Tracy
Mariska Tracy
Home Cook, Influencer
Mariska Tracy

Mantan wartawan salah satu majalah remaja terbesar di Indonesia ini pernah menulis buku nonfiksi dan fiksi. Mariska juga pernah menjadi content writer di sebuah online travel agent. Setelah menikah, Mariska aktif memasak dan baking. Ia kerap berbagi resep masak dan baking di Instagram melalui foto dan video masak. Dari hobi tersebut, akhirnya Mariska aktif mengikuti aneka lomba fotografi makanan dan lomba memasak. Ia cukup sering pula meraih gelar juara.

Mariska kemudian ikut MasterChef Indonesia dan berhasil menjadi finalis di MasterChef Indonesia season 7, hingga menduduki peringkat Top 10. Kini, Mariska aktif menjadi content creator di bidang memasak. Selain aktif berbagi resep, Mariska juga kerap me-review aneka jajanan, aneka produk memasak, cookware, dan aneka peralatan dapur.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih saus lada hitam

Ada beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan saat hendak membeli saus lada hitam. Di bawah ini akan kami menjelaskannya secara mendetail untuk Anda.

Pilih produk berdasarkan kemasannya

Ada beragam kemasan yang lazim digunakan untuk mengemas saus lada hitam. Berikut akan kami jelaskan lebih detail keunggulan tiap tipe kemasannya.


  • Botol kaca membuat kualitas saus lada hitam lebih optimal terjaga. Setelah sausnya habis, Anda bisa mencuci dan menggunakan kembali botolnya sehingga lebih ramah lingkungan. Saat diletakkan di meja makan pun botol kaca terkesan lebih elegan.

  • Botol plastik tepat dipilih oleh Anda yang mengutamakan kepraktisan penggunaan. Anda pun tidak perlu takut botolnya pecah saat tidak sengaja terjatuh. Bobotnya juga lebih ringan daripada botol kaca sehingga memudahkan Anda dalam menuangkan saus. Selain itu, pada volume yang sama harganya cenderung lebih murah ketimbang produk yang dikemas dalam botol kaca.

  • Saset memiliki volume kecil dan harga paling murah. Saus lada hitam saset umumnya ditujukan untuk Anda yang ingin membuat masakan lada hitam sesekali saja. Namun, saset kurang ramah lingkungan karena cuma sekali pakai, menambah sampah, dan sulit diurai.

  • Pouch besar ditujukan untuk mengisi ulang botol atau wadah saus yang kosong. Hal tersebut membuatnya memiliki harga yang lebih ekonomis dibanding dengan volume besarnya. Kemasan ini merupakan pilihan tepat bila Anda ingin memperoleh saus lada hitam sebanyak mungkin dengan dana seminim mungkin. Pastikan Anda sudah memiliki wadah untuk menampungnya, ya!

Pastikan volumenya sesuai dengan kebutuhan

Pastikan volumenya sesuai dengan kebutuhan

Tergantung masing-masing produsen, saus lada hitam dijual dalam berbagai volume berbeda. Akan sangat baik bila Anda membeli saus lada hitam dengan volume yang sesuai dengan kebutuhan.


Untuk Anda yang hanya sesekali membuat masakan lada hitam, produk dengan volume kecil tepat dipilih. Hal tersebut dimaksudkan agar sausnya bisa lebih cepat habis. Dengan begitu, Anda tidak perlu menyediakan space khusus di kulkas atau dapur untuk menyimpan saus lada hitamnya. Selain itu, bisa jadi kualitasnya makin berkurang atau malah rusak bila lama tidak terpakai.


Bagaimana bila Anda sering membuat masakan lada hitam atau hendak membuatnya dalam porsi besar? Produk dengan volume besar adalah pilihannya. Apalagi membeli satu produk berukuran besar biasanya lebih ekonomis daripada membeli beberapa produk kecil dengan volume sama.

Cek tanggal kedaluwarsa dan jangka waktu konsumsi sejak pertama dibuka

Cek tanggal kedaluwarsa dan jangka waktu konsumsi sejak pertama dibuka

Tanggal kedaluwarsa dan jangka waktu konsumsi sejak membuka saus pertama kali penting untuk Anda ketahui. Bila Anda langsung menghabiskan produknya dalam sekali pakai, hal tersebut mungkin tidak menjadi masalah. Sebaliknya, Anda perlu mengecek hal tersebut bila membeli saus lada hitam dalam volume besar.


Tanggal kedaluwarsa biasanya tercantum pada kemasan saus. Namun, jangka waktu konsumsi sejak pertama dibuka mungkin tidak selalu dituliskan. Jika demikian, sebaiknya Anda mengonsumsi sausnya dalam jangka waktu maksimal 1 bulan sejak pertama dibuka. Dengan begitu, kemungkinan sausnya rusak makin minim.

Cek ada tidaknya alergen dan zat aditif buatan

Cek ada tidaknya alergen dan zat aditif buatan

Zat aditif lazim digunakan pada berbagai bahan makanan. Anda akan menemukan zat aditif alami dalam saus lada hitam, misalnya cuka, garam, dan gula. Ada juga zat aditif sintetis, seperti pemanis, pewarna, dan pengawet buatan. 


Selain itu, jangan lupakan MSG (monosodium glutamate) yang merupakan penyedap rasa buatan. MSG sebenarnya tidak berbahaya untuk kesehatan sama sekali, apalagi kalau digunakan sewajarnya. Justru dengan adanya MSG, masakan bisa lebih lezat tanpa harus menambahkan banyak garam atau kaldu bubuk terlalu banyak.


MSG bahkan wajar dikonsumsi saat diet. Namun, beberapa orang mungkin sensitif dengan makanan yang mengandung MSG. Untuk mengatasinya, hindari saja produk dengan kandungan MSG.


Anda pun perlu mengecek ada tidaknya bahan alergen pada saus lada hitam yang hendak dibeli. Keberadaan gandum, gluten, kacang, dan sebagainya perlu Anda perhatikan. Jangan sampai momen menikmati makanan lezat menjadi tidak menyenangkan akibat timbulnya alergi.

10 Rekomendasi saus lada hitam terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk saus lada hitam terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 13 September 2022:

Berdasarkan riset kami sebelumnya, Asian Organics Organic Black Pepper Sauce menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Bamboe Asia Saus Lada Hitam memiliki angka penjualan tertinggi.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Mariska Tracy.

Gambar produk
1
Bamboe Asia Saus Lada Hitam 1

Bamboe Asia

2
Ajinomoto Saori Saus Lada Hitam 1

Ajinomoto

3
My Taste Saus Lada Hitam 1

My Taste

4
Pronas Saus Lada Hitam 1

Pronas

5
Mazzoni Black Pepper Sauce 1

Mazzoni

6
LittleMaria Mushroom Blackpepper Sauce 1

LittleMaria

7
Kikkoman Black Pepper Teriyaki Sauce 1

Kikkoman

8
Lee Kum Kee Black Pepper Sauce 1

Lee Kum Kee

9
The Duck King Sauce Black Pepper 1

The Duck King Sauce

10
Kikkoman Akufood AKU Saus Lada Hitam Jerigen 5 kg 1

Kikkoman Akufood

Nama produk

Saus Lada Hitam

Saori Saus Lada Hitam

Saus Lada Hitam

Saus Lada Hitam

Black Pepper Sauce

Mushroom Blackpepper Sauce

Black Pepper Teriyaki Sauce

Black Pepper Sauce

Black Pepper

AKU Saus Lada Hitam Jerigen 5 kg

Keunggulan

Memberikan kelezatan khas Asia untuk lidah orang Indonesia

Harganya paling ramah di kantong!

Siap melezatkan lebih dari 1 kg daging

Tekstur encernya memberikan rasa yang ringan

Volume besar tanpa membuat dompet berteriak

Memberikan sensasi gurih jamur di lidah Anda

Kombinasi sedap saus lada hitam plus teriyaki

Tahan 24 bulan tanpa pengawet!

Hadirkan cita rasa restoran di setiap hidangan!

Isinya sangat banyak, siap mendukung usaha restoran

Harga mulai dariRp 7.000,00Rp 3.000,00Rp 17.500,00Rp 12.200,00Rp 7.900,00Rp 69.000,00Rp 19.900,00Rp 43.000,00Rp 34.650,00Rp 280.000,00
KemasanSasetSaset dan botol plastik (133 ml)PouchPouchPouchBotol plastikBotol kaca dan jerikenBotol kacaBotol kaca dan pouchJeriken
Volume50 gram26 ml dan 133 ml500 gram175 gram250 gram dan 1.000 gram500 gram300 gram dan 2.200 gram230 gram225 gram dan 500 gram5.000 gram
Kandungan alergen・Zat aditif buatanTidak disebutkan・Tidak adaTidak ada・MSG, pewarna karamel kelas III, perisa sintetik, dan kalium sorbatTidak ada・Natrium benzoatTiram・MSGJagung・Natrium benzoatTidak disebutkanTidak disebutkanKedelai, gandum, tiram・Tidak adaTidak adaJagung・MSG, kalium sorbat, dinatrium isonat, dan guanilat
Tautan produk
10

Kikkoman AkufoodAKU Saus Lada Hitam Jerigen 5 kg

Mulai dari Rp 280.000,00

KemasanJeriken
Volume5.000 gram
Kandungan alergen・Zat aditif buatanJagung・MSG, kalium sorbat, dinatrium isonat, dan guanilat
9
KemasanBotol kaca dan pouch
Volume225 gram dan 500 gram
Kandungan alergen・Zat aditif buatanTidak ada
8
KemasanBotol kaca
Volume230 gram
Kandungan alergen・Zat aditif buatanKedelai, gandum, tiram・Tidak ada
7
KemasanBotol kaca dan jeriken
Volume300 gram dan 2.200 gram
Kandungan alergen・Zat aditif buatanTidak disebutkan
6
KemasanBotol plastik
Volume500 gram
Kandungan alergen・Zat aditif buatanTidak disebutkan
5
KemasanPouch
Volume250 gram dan 1.000 gram
Kandungan alergen・Zat aditif buatanJagung・Natrium benzoat
4
KemasanPouch
Volume175 gram
Kandungan alergen・Zat aditif buatanTiram・MSG
3
KemasanPouch
Volume500 gram
Kandungan alergen・Zat aditif buatanTidak ada・Natrium benzoat
2
KemasanSaset dan botol plastik (133 ml)
Volume26 ml dan 133 ml
Kandungan alergen・Zat aditif buatanTidak ada・MSG, pewarna karamel kelas III, perisa sintetik, dan kalium sorbat
1
KemasanSaset
Volume50 gram
Kandungan alergen・Zat aditif buatanTidak disebutkan・Tidak ada

Tips memasak daging sapi lada hitam dari home cook influencer kami, Mariska Tracy

Tips memasak daging sapi lada hitam dari home cook influencer kami, Mariska Tracy

Jangan gunakan terlalu banyak saus lada hitam. Cobalah sedikit dahulu, lalu tes rasanya. Kalau terlalu banyak digunakan, pedasnya lada hitam akan berlebih dan menimbulkan rasa pahit.


Saus lada hitam sudah mengandung MSG dan garam sehingga sudah terasa gurih sekaligus asin. Karena itu, penambahan garam sudah tidak perlu dilakukan. Garam bisa ditambahkan di akhir saja jika masakan terasa kurang asin.

Baca juga rekomendasi saus lainnya di sini

Ada banyak jenis saus yang bisa Anda gunakan untuk menyedapkan makanan. Mulai dari saus sambal, saus tiram, hingga saus teriyaki bisa Anda gunakan saat memasak. Kami sudah menyiapkan rekomendasi produknya di tautan-tautan berikut. Disimak, yuk!

Kesimpulan

Memasak hidangan yang membuat lidah berdecak makin mudah dilakukan bila Anda memiliki saus lada hitam. Anda bisa memilih produk dengan kemasan dan volume yang sesuai kebutuhan.


Pastikanlah untuk menggunakan saus lada hitam selama jangka waktu yang dianjurkan. Mengecek kandungan zat aditif buatan dan alergen sebelum memutuskan untuk membeli juga merupakan langkah yang cerdas. Pilih yang rasanya paling Anda suka, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang hobi memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan tepung terigu. Tepung ini banyak digunakan untuk membuat kue, gorengan, pasta, dan makanan ringan. Tepung terigu sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tepung dengan protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah.Apabila Anda membutuhkan tepung yang serbaguna, gunakan tepung terigu protein sedang. Di sini kami akan merekomendasikan beberapa merek tepung terigu protein sedang yang bagus dengan harga ekonomis. Contohnya saja, Segitiga Biru, Kompas, dan Falcon. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Jadi, simak sampai habis, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    Melezatkan berbagai masakan dapat lebih sehat dengan kaldu non MSG. Di pasaran terdapat berbagai produk penyedap yang sehat. Ada kaldu jamur non MSG, bahkan kaldu non MSG untuk bayi dan memasak MPASI. Manakah kaldu non MSG yang enak dan bagus untuk dikonsumsi harian?Artikel yang sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari, ini akan membahas mengenai cara memilih kaldu non MSG terbaik. Keunggulan berbagai rasa kaldu non MSG, seperti ayam, sapi, dan lainnya pun turut diulas. Merek kaldu non MSG, seperti Totole, Royco, hingga Maseko juga ada dalam rekomendasi.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing dengan butter. Selain untuk bahan dasar bolu dan nastar, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, yakni salted butter dan unsalted butter.Kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn, ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Temukan butter terbaik yang murah, enak, dan pastinya halal untuk masakan Anda di sini!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Gatotkaca, Jawara, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Bakso Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Bakso Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Menyantap bakso kuah yang hangat atau bakso goreng yang renyah mungkin jadi kenikmatan tersendiri. Jika Anda tiba-tiba ingin menikmati bakso Kota Cak Man atau bakso Solo Samrat, Anda tidak perlu pergi jauh-jauh. Berkat tepung bakso, Anda dapat membuat bakso kenyal sendiri di rumah.Banyak merek tepung yang bagus untuk membuat bakso di pasaran, misalnya tepung bakso MamaSuka, Sasa, dan Saguku. Tidak perlu bingung memilihnya karena kami akan mengulasnya satu per satu di sini. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh home cook influencer kami, Mariska Tracy. Disimak, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Saus Sambal Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Saus Sambal Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    Lidah orang Indonesia terbiasa dengan makanan pedas dan berbumbu. Tak heran jika saus sambal menjadi pelengkap hidangan paling digemari. Karena kepopulerannya, banyak perusahaan nasional hingga internasional yang memproduksi saus sambal terbaik bercita rasa lokal. Sebut saja merk Indofood, ABC, Dua Belibis, Jawara, hingga Del Monte.Saus sambal juga hadir dalam beragam kemasan botolan hingga sachet. Dalam artikel ini kami akan menjelaskan tips memilih saus sambal yang enak. Kami pun akan merekomendasikan saos sambal terenak, terpedas, dan cocok untuk diet dari berbagai merk di e-commerce Indonesia. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Bumbu Rawon Instan Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Bumbu Rawon Instan Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    Rawon adalah makanan khas Jawa Timur, tepatnya Surabaya dan Malang, yang menggunakan keluak sebagai bumbu utamanya. Rawon disebut sup sapi karena menggunakan daging sapi dalam pembuatannya. Akan tetapi, saat ini ada juga yang menggunakan daging ayam sebagai alternatif. Untuk mempermudah pembuatan rawon, saat ini tersedia bumbu rawon instan yang enak. Menu rawon daging atau rawon ayam dapat dijadikan referensi memasak saat Idul Adha. Kami akan menjelaskan cara memilih bumbu rawon instan terenak sekaligus merekomendasikan produk terbaiknya. Terdapat produk, seperti bumbu rawon merek Bamboe, Indofood, dan Bango. Simak sampai selesai, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori