• 10 Rekomendasi Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Memiliki tubuh kurus tidak selalu baik. Kondisi ini bisa saja menjadi tanda-tanda kekurangan nutrisi atau sedang menderita penyakit tertentu. Alih-alih menaikkan berat badan dengan asal makan, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang.


Anda juga bisa menambah berat badan dengan mengonsumsi suplemen. Ada beberapa merek suplemen penambah berat badan yang tersebar di pasaran, seperti Appeton, Nutrifat, dan Curvit. Untuk membantu Anda memilih, ahli gizi, Leona Victoria, juga memberikan komentarnya di artikel ini. Bacalah sampai selesai dan temukan suplemen penambah berat badan yang Anda butuhkan!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Leona Victoria
  • Pembaharuan terakhir: 19 Juni 2021
  • 104.682 Views
Daftar isi

Berkolaborasi dengan ahli gizi Leona Victoria, MND

Berkolaborasi dengan ahli gizi Leona Victoria, MND

Victoria adalah ahli gizi yang memiliki akreditasi praktik dari Dietitians Association of Australia. Wanita yang memiliki gelar Master of Nutrition and Dietetics ini sudah 10 tahun berpengalaman menangani diabetes, weight management, mindful eating, dan gizi anak. 


Pengalaman kerjanya di Sydney meliputi allergy clinic (RPAH), diabetes center (RNSH), dan Blacktown Medical Center. Di Indonesia Victoria banyak bekerja untuk corporate campaign seperti Kraft, Wyeth Nutrition, Meat & Livestock Australia, dan Pepsodent. 

Cara memilih suplemen penambah berat badan

Jangan sampai Anda salah pilih suplemen. Sebelum membeli suplemen penambah berat badan, Anda harus tahu dahulu beberapa hal berikut ini.

Cari tahu kebutuhan kalori dalam tubuh

Cari tahu kebutuhan kalori dalam tubuh

Sama seperti saat menurunkan berat badan, Anda juga harus memantau kebutuhan kalori saat ingin menambah berat badan. Untuk menaikkan berat badan, berarti Anda harus menambah asupan kalori harian.


Kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda, tergantung usia, jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, serta aktivitas fisik sehari-hari. Anda bisa berkonsultasi kepada ahli gizi terlebih dahulu untuk mengetahui kebutuhan kalori harian Anda.


Penambahan kalori yang aman yaitu sekitar 500–1.000 kalori per hari untuk kenaikan berat 1 kg dalam seminggu. Jika belum berhasil, tambahkan kalori secara bertahap, mulai dari 500 kalori dahulu, lalu bertambah hingga 1.000 kalori per hari.


Beberapa makanan sehat dan tinggi kalori yang dapat Anda konsumsi adalah telur, susu, nasi, kacang-kacangan, dan ikan salmon. Selain itu, Anda bisa juga membuat olahan dari alpukat, dark chocolate, yogurt, atau pasta.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Berdasarkan publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, cara menghitung Kebutuhan Kalori Total (KKT) adalah:


KKT = Kebutuhan Kalori Basal (KKB) + (% aktivitas fisik x KKB) - (faktor koreksi x KKB)


Cara menghitung Kebutuhan Kalori Basal (KKB):

Berat Badan Ideal (BBl) x 25 (untuk perempuan) atau 30 (untuk laki-laki)


Cara menghitung Berat Badan Ideal (BBI):

BBI = (TB-100) - (10% (TB-100))


Jika kesulitan dengan perhitungan di atas, Anda bisa dengan mudah menghitung kebutuhan kalori melalui website ataupun aplikasi khusus. Namun, ingat, pastikan satuan unit yang digunakan adalah kalori atau kkal agar sesuai dengan satuan yang dipakai di Indonesia.

Perhatikan kandungan nutrisi di dalamnya

Sangat penting untuk memperhatikan bahan kandungan yang tertera di kemasan produk suplemen penambah berat badan. Di bawah ini adalah beberapa kandungan nutrisi yang baik untuk menaikkan berat badan. Pastikan kandungan ini ada di dalam produk pilihan Anda.

Protein, untuk menambah massa otot

Protein, untuk menambah massa otot

Protein adalah komponen otot manusia. Fungsinya adalah untuk membangun dan memperbaiki massa otot. Karena itu, zat ini amat penting untuk menambah berat badan. Tanpa protein, kalori berlebih dari berbagai makanan akan berakhir menjadi lemak.


Dibandingkan lemak, meningkatkan massa otot lebih dibutuhkan dalam rangka menambah berat badan. Hal ini karena otot lebih padat ketimbang lemak. Otot akan membantu Anda memiliki tubuh yang lebih berisi dan tetap bugar.


Beberapa makanan berprotein tinggi adalah daging, ikan, telur, susu, dan kacang-kacangan. Untuk lebih menunjang pembentukan massa otot, konsumsilah 35% protein dalam satu kali makan.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Sebaiknya pilihlah sumber protein yang rendah lemak atau dimasak dengan cara yang rendah lemak. Hal itu ditujukan untuk memaksimalkan penggunaan protein sebagai bahan pembentuk otot dan sumber energi. 


Sumber protein yang rendah lemak biasanya mengandung lemak baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa contohnya adalah daging ayam tanpa kulit, telur, ikan, seafood, dan daging merah. Selain itu, cara memasak makanan juga memengaruhi kandungan lemak dari sumber protein tersebut. 


Hindari cara memasak dengan menggoreng karena akan menghancurkan kandungan lemak tak jenuh di dalam makanan. Penyerapan dan penggunaan protein sebagai pembentuk otot akan makin maksimal jika dilakukan berbarengan dengan olahraga, terutama olahraga weight resistance.

Karbohidrat kompleks, mengandung kalori yang tinggi

Karbohidrat kompleks, mengandung kalori yang tinggi

Mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dapat membantu menambah berat badan Anda. Hal itu karena karbohidrat mengandung kalori yang tinggi. Anda bisa mengonsumsi karbohidrat sebanyak 6080 gram setiap kali makan.


Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks disebut juga dengan pati. Beberapa makanan tersebut adalah kacang polong, kentang, roti, pasta, beras merah, sayuran, dan tepung. Anda juga bisa mengolah makanan berbahan dasar buah pisang dan gandum.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Karbohidrat kompleks secara alamiah lebih padat nutrisi dan kalori. Jika dibandingkan dengan karbohidrat sederhana seperti nasi, volume atau beratnya mungkin terlihat lebih sedikit. Meskipun begitu, karbohidrat kompleks dapat menyediakan kalori dan nutrisi yang cukup tinggi dan berkualitas.


Hal ini disebabkan oleh kandungan protein dan lemak tak jenuh yang biasanya secara natural terdapat di dalam karbohidrat kompleks. Contoh sumber karbohidrat kompleks adalah produk gandum (wholegrains), seperti oats, barley, dan sorghum. Selain itu, ada juga jagung, gandum utuh, umbi-umbian, dan kacang polong (legumes).

Omega-3, lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh

Omega-3, lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh

Lemak tak jenuh adalah nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan untuk membuat berat badan Anda bertambah. Omega-3 dapat membantu Anda untuk menaikkan berat badan secara alami. 


Cara ini tentu lebih baik daripada mengonsumsi makanan cepat saji atau gorengan yang tinggi kandungan lemak jenuh. Lemak jenuh berisiko menimbulkan penyakit di dalam tubuh, misalnya bertambahnya kolesterol yang memicu gangguan jantung.


Omega-3 juga berfungsi untuk mengonversikan protein ke dalam otot dan menyimpan vitamin di dalam otot. Untuk itu, Anda harus mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3. 


Anda bisa memperolehnya dalam ikan salmon, tuna, makerel, sarden, dan ikan hoki. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi sayuran berdaun hijau. Pastikan lemak tak jenuh ini memenuhi sebanyak 30% dari porsi makan harian Anda.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Sumber nabati lain yang mengandung Omega-3 adalah biji-bijian, seperti flaxseed, chia seed, biji labu (pumpkin seed) dan kacang walnut.

Kandungan bahan alami, lebih baik untuk kesehatan

Kandungan bahan alami, lebih baik untuk kesehatan
Supaya lebih aman untuk kesehatan, ada baiknya Anda memilih suplemen dengan kandungan bahan-bahan alami. Makin sedikit kandungan kimianya, makin baik untuk tubuh. Biasanya, kandungan alami dalam suplemen berasal dari tanaman herba atau ekstrak makanan tertentu.

Untuk mengetahui apakah suplemen tersebut mengandung bahan alami adalah dengan membaca label komposisi di kemasannya. Selain itu, baca juga keterangan produknya dengan detail. Pastikan Anda selalu melakukannya sebelum memutuskan untuk membeli.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Selain kandungan di dalam suplemennya, perhatikan juga kandungan bahan campuran lainnya. Hal ini terutama untuk orang-orang yang memiliki intoleransi atau menderita alergi terhadap sumber makanan tertentu. Terkadang, ada suplemen yang mengandung kacang kedelai (soy), tepung (gluten), atau seafood.

Sesuaikan dengan usia penggunanya

Siapakah yang akan mengonsumsi suplemen penambah berat badan yang hendak Anda beli? Apakah orang dewasa atau anak-anak? Sesuaikanlah produk pilihan Anda dengan penggunanya.

Untuk dewasa, pilih produk yang bisa menambah massa otot

Untuk dewasa, pilih produk yang bisa menambah massa otot

Jika ingin menaikkan berat badan, Anda tidak boleh asal makan banyak yang pada akhirnya menjadi tumpukan lemak di tubuh. Karena itu, lebih baik Anda mengonsumsi makanan dan suplemen yang bisa menambah massa otot pada tubuh. Diiringi dengan olahraga teratur, Anda akan bisa mendapatkan berat badan ideal. Tubuh pun jadi lebih bugar.

Untuk anak, pilih produk yang bisa menambah nafsu makan

Untuk anak, pilih produk yang bisa menambah nafsu makan

Hambatan kebanyakan anak dalam menambah berat badan adalah menurunnya nafsu makan. Selain itu, beberapa anak juga suka memilih-milih makanan. Oleh karena itu, carilah suplemen yang bisa menambah nafsu makannya. Dengan demikian, nutrisi penting untuk tubuhnya bisa terpenuhi dengan baik.


Sedikit berbeda dengan suplemen untuk orang dewasa, untuk anak-anak sebaiknya Anda memilih suplemen yang banyak mengandung omega-3 atau lemak tak jenuh. Lemak sehat ini dapat mendukung tumbuh kembang anak yang aktif bergerak.

Pilih bentuk suplemen yang paling sesuai

Pilih bentuk suplemen yang paling sesuai

Seperti suplemen pada umumnya, suplemen penambah berat badan juga memiliki berbagai macam bentuk. Kebanyakan suplemen penambah berat badan untuk dewasa dibuat dalam bentuk kapsul. Sementara itu, produk untuk anak-anak biasanya berbentuk sirop.


Akan tetapi, bagi orang dewasa yang kesulitan menelan kapsul, Anda bisa memilih suplemen penambah berat badan yang berbentuk sirop. Hanya saja, produk seperti itu cukup sulit untuk ditemukan.

Perhatikan sertifikasi keamanan produk

Perhatikan sertifikasi keamanan produk

Hal penting lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan saat membeli suplemen penambah berat badan adalah keamanan produk. Setelah dibeli, suplemen tersebut akan Anda konsumsi. Karena itu, akan sangat berbahaya bila produk pilihan Anda ternyata mengandung komposisi bahan yang tidak aman.


Agar lebih yakin, Anda sebaiknya memilih produk yang telah terdaftar oleh badan atau lembaga tepercaya. Beberapa sertifikasi yang dapat Anda percayai antara lain BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan), FDA (Food and Drug Administration), dan GMP (Good Manufaturing Practice). Anda bisa mengeceknya pada kemasan produk. Pastikan bahwa produk pilihan Anda benar-benar aman, ya!

10 Rekomendasi suplemen penambah berat badan terbaik

Sekarang, kami akan merekomendasikan beberapa suplemen penambah berat badan yang bisa Anda pilih. Temukan produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga.

10
UntukAnak
BentukSirop dan tablet isap
Kandungan bahan aktifLysine, vitamin A, C, D3, E, B-kompleks
Aturan pakaiSirop -> di bawah 4 tahun: 2,5 ml, di atas 4 tahun: 5 ml | Tablet isap -> 1-3 tahun: 1 tablet/hari, 4-8 tahun: 1-2 tablet/hari, di atas 9 tahun: 1-3 tablet/hari
SertifikasiBPOM
9
UntukDewasa (usia di atas 12 tahun)
BentukKapsul
Kandungan bahan aktifEkstrak pepaya, bubuk pepermint, ekstrak rimpang jahe, ekstrak curcuma
Aturan pakai1-2 kapsul/hari
SertifikasiBPOM, FDA, GMP
8
UntukDewasa
BentukKapsul
Kandungan bahan aktifEkstrak jahe merah, ekstrak kencur, ekstrak temu lawak
Aturan pakaiTidak disebutkan
SertifikasiBPOM
7
UntukDewasa
BentukKapsul
Kandungan bahan aktifEgg protein, zinc laktat
Aturan pakai2 x 3 kapsul/hari
SertifikasiBPOM
6
UntukAnak dan dewasa (usia di atas 5 tahun)
BentukSirop
Kandungan bahan aktifMadu, royal jelly, propolis, ekstrak temu lawak, ekstrak temu ireng, ekstrak kunyit, dan ekstrak pegagan
Aturan pakai3 x 2 sdm/hari
SertifikasiBPOM
5
UntukDewasa
BentukKapsul
Kandungan bahan aktifAdas, daun sirih, lada hitam, kunyit
Aturan pakai3 x 2 kapsul/hari
SertifikasiDinkes
4
UntukDewasa
BentukKapsul
Kandungan bahan aktifBahan-bahan alami tanpa efek samping
Aturan pakaiTidak disebutkan
SertifikasiTidak disebutkan
3
UntukDewasa
BentukKapsul
Kandungan bahan aktifSpirulina plantesis
Aturan pakai2 x 2 kapsul/hari
SertifikasiBPOM
2
UntukAnak (usia 1-12 tahun)
BentukSirop
Kandungan bahan aktifEkstrak temu lawak, ekstrak buah dan sayur
Aturan pakai6-12 bulan: 1x 1/2 sendok takar/hari, 1-6 tahun: 1x 1 sendok takar/hari, 6-12 tahun: 2x 1 sendok takar/hari
SertifikasiBPOM
1
UntukAnak dan dewasa (usia di atas 6 bulan)
BentukSirop
Kandungan bahan aktifCod liver oil, ekstrak curcuma, AA-DHA, kalsium, vitamin A, D, B-kompleks
Aturan pakai6 bulan - 1 tahun: 1 x 1/2 sdm/hari, 1-6 tahun 1 x 1 sdm/hari, 6-12 tahun: 2 x 1 sdm/hari, dewasa: 3 x 1 sdm/hari
SertifikasiBPOM

Tabel perbandingan produk suplemen penambah berat badan terbaik

Gambar produk
1
SOHO Curvit CL Emulsion 1

SOHO

2
SOHO Curcuma Plus Fruit & Veggie 1

SOHO

3
Walatra  Spirulina Plantesis 1

Walatra

4
Canfath 1

5
Ash-Shihhah Kapsul Gemuk Badan 4 in 1 1

Ash-Shihhah

6
Al Mabruroh Madu Pengemuk Badan 1

Al Mabruroh

7
Nutrifat 1

8
Master Weight Gain 1

9
Nutrimax Figure Plus 1

Nutrimax

10
Appeton  Appeton Lysine  1

Appeton

Nama produk

Curvit CL Emulsion

Curcuma Plus Fruit & Veggie

Spirulina Plantesis

Canfath

Kapsul Gemuk Badan 4 in 1

Madu Pengemuk Badan

Nutrifat

Master Weight Gain

Figure Plus

Appeton Lysine

Keunggulan

Tubuh sehat, otak cerdas

Penuhi kebutuhan serat buah dan sayur

Cegah alergi, bersin, dan hidung tersumbat

Tangkal radikal bebas, buat hidup lebih sehat

Hilangkan letih, badan lebih bugar

Detoksifikasi racun dengan kandungan herba alami

Penuhi kebutuhan protein hewani dari putih telur alami

Tubuh lebih berisi dengan suplemen tinggi protein

Lancarkan pencernaan, perut jadi lebih nyaman

Tambah nafsu makan anak dengan suplemen enak

Harga mulai dariRp 61.380,00Rp 23.920,00Rp 200.000,00Rp 173.000,00Rp 17.000,00Rp 33.500,00Rp 249.000,00Rp 180.000,00Rp 311.000,00Rp 80.000,00
UntukAnak dan dewasa (usia di atas 6 bulan)Anak (usia 1-12 tahun)DewasaDewasaDewasaAnak dan dewasa (usia di atas 5 tahun)DewasaDewasaDewasa (usia di atas 12 tahun)Anak
BentukSiropSiropKapsulKapsulKapsulSiropKapsulKapsulKapsulSirop dan tablet isap
Kandungan bahan aktifCod liver oil, ekstrak curcuma, AA-DHA, kalsium, vitamin A, D, B-kompleksEkstrak temu lawak, ekstrak buah dan sayurSpirulina plantesisBahan-bahan alami tanpa efek sampingAdas, daun sirih, lada hitam, kunyitMadu, royal jelly, propolis, ekstrak temu lawak, ekstrak temu ireng, ekstrak kunyit, dan ekstrak pegaganEgg protein, zinc laktatEkstrak jahe merah, ekstrak kencur, ekstrak temu lawakEkstrak pepaya, bubuk pepermint, ekstrak rimpang jahe, ekstrak curcumaLysine, vitamin A, C, D3, E, B-kompleks
Aturan pakai6 bulan - 1 tahun: 1 x 1/2 sdm/hari, 1-6 tahun 1 x 1 sdm/hari, 6-12 tahun: 2 x 1 sdm/hari, dewasa: 3 x 1 sdm/hari6-12 bulan: 1x 1/2 sendok takar/hari, 1-6 tahun: 1x 1 sendok takar/hari, 6-12 tahun: 2x 1 sendok takar/hari2 x 2 kapsul/hariTidak disebutkan3 x 2 kapsul/hari3 x 2 sdm/hari2 x 3 kapsul/hariTidak disebutkan1-2 kapsul/hariSirop -> di bawah 4 tahun: 2,5 ml, di atas 4 tahun: 5 ml | Tablet isap -> 1-3 tahun: 1 tablet/hari, 4-8 tahun: 1-2 tablet/hari, di atas 9 tahun: 1-3 tablet/hari
SertifikasiBPOMBPOMBPOMTidak disebutkanDinkesBPOMBPOMBPOMBPOM, FDA, GMPBPOM
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk susu dan suplemen tubuh lainnya

Tidak hanya suplemen penambah berat badan, kami juga memiliki rekomendasi susu dan suplemen lain yang bermanfaat bagi tubuh. Anda tertarik ingin membaca artikelnya? Silakan klik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Bagaimana dengan produk-produk rekomendasi kami? Apakah Anda sudah menemukan suplemen penambah berat badan yang paling sesuai kebutuhan? Memiliki berat badan ideal adalah keinginan semua orang. Jika Anda juga ingin menambah berat badan, disarankan untuk memperbaiki asupan nutrisi dan rutin mengonsumsi suplemen. 


Akan tetapi, Anda juga harus rajin berolahraga. Dengan begitu, berat ideal bisa tercapai, tubuh Anda pun akan terlindung dari penyakit. Semoga artikel ini bisa membantu dan selamat mencoba!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Suplemen Vitamin C Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Vitamin C Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Vitamin C merupakan nutrisi yang banyak diperoleh dari buah dan sayur. Jika Anda sangat mementingkan kecantikan dan kesehatan, Anda dapat mengonsumsi suplemen sebagai nutrisi tambahan. Terdapat banyak merk, seperti NaturePlus, Enervon C, dan Blackmores. Selain bentuk, kandungan vitamin C dalam suatu produk bisa berbeda, misalnya 500 mg, 1000 mg, atau 1500 mg.Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih suplemen vitamin C beserta rekomendasi produknya. Ada produk vitamin C yang bagus untuk kulit juga, lho. Mari temukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Vitamin & suplemen
    412.975 Views
  • 10 Rekomendasi Multivitamin dan Mineral Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Multivitamin dan Mineral Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Multivitamin dan mineral yang terkandung dalam suplemen merupakan zat yang berguna bagi kesehatan tubuh. Dari banyaknya produk, seperti CDR, Enervon-C, Zevit Grow, Nutrimax, Renovit, dan sebagainya yang tersedia di pasaran, dapatkah Anda memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan tubuh?Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih multivitamin dan mineral yang baik berdasarkan pertimbangan harga, kandungan bahan, serta jenis produk yang sesuai dengan gaya hidup Anda. Karena produk ini akan Anda konsumsi setiap hari, pilihlah yang paling sesuai, baik dari segi manfaat maupun anggaran!
    Vitamin & suplemen
    548.482 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Vitamin D Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Vitamin D Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Vitamin D berguna untuk menguatkan otot dan tulang. Vitamin ini hanya akan diproduksi tubuh ketika Anda terpapar sinar matahari. Sayangnya, zaman sekarang, tidak sedikit orang yang jarang terpapar sinar matahari sehingga rentan mengalami kekurangan vitamin D. Berbagai merek suplemen vitamin D diproduksi untuk mengatasi masalah tersebut. Namun, produk seperti apa yang tepat untuk dipilih?Untuk membantu Anda, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi suplemen vitamin D terbaik. Ada merek ternama, seperti Doctor’s Best, Now Foods, atau Nature’s Plus yang mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda. Yuk, simak informasi selengkapnya!
    Vitamin & suplemen
    139.869 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Kesehatan Kulit (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Kesehatan Kulit (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit yang tidak sehat bisa disebabkan oleh stres, pola makan yang tidak seimbang, dan lain-lain. Untuk mengatasinya, Anda harus menjalani gaya hidup sehat. Sebaiknya, Anda juga mengonsumsi suplemen atau vitamin kulit untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat. Banyak vitamin kulit dengan berbagai kandungan dan fungsi berbeda-beda di pasaran. Agar tidak salah pilih, biotechnologist, Marceline Noviani, akan berbagi tips memilih supplement kulit yang bagus pada artikel ini. Kami juga akan memberikan rekomendasi merk yang bagus, seperti Nourish Skin, Blackmores, Kinohimitsu, dan lain-lain. Jadi, simak terus sampai selesai!
    Vitamin & suplemen
    301.669 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Manusia membutuhkan kolagen tidak hanya untuk menjaga elastisitas dan keremajaan kulit, tetapi juga untuk memelihara fungsi jaringan tubuh lainnya. Meski kolagen tersedia secara alami di dalam tubuh manusia, kualitas dan kuantitasnya akan terus menurun seiring dengan bertambahnya usia.Berbagai merek suplemen kolagen, seperti Puritan’s Pride, Neocell, Youtheory, dan lainnya memiliki manfaat yang baik untuk tubuh Anda. Namun, suplemen kolagen seperti apakah yang ideal untuk Anda? Mari simak tips memilih dan jajaran rekomendasi produk suplemen kolagen yang akan kami ulas berikut ini.
    Vitamin & suplemen
    302.073 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Royal Jelly Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Royal Jelly Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Royal jelly adalah makanan langka yang dihasilkan oleh madu dan dikhususkan untuk ratu lebah. Royal jelly ini memiliki banyak nutrisi dan baik untuk kesehatan manusia. Berlimpahnya khasiat dari royal jelly membuatnya sering dijadikan suplemen. Ada yang berbentuk cair maupun seperti kapsul.Suplemen royal jelly dengan merek seperti HDI Origins™, Manuka Health, dan Puritan’s Pride banyak dijual di pasaran. Jika Anda bingung saat memilihnya, tenang saja! Kali ini, selain membahas khasiatnya, kami akan membahas tips memilih produk royal jelly yang tepat. Kami juga akan merekomendasikan produk terbaik untuk Anda. Selamat membaca!
    Vitamin & suplemen
    10.965 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori