1. TOP
  2. >
  3. Ibu & anak
  4. >
  5. Perlengkapan & perawatan bayi
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Minyak Telon Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Minyak Telon Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Minyak Telon Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Minyak Telon Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Minyak Telon Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Minyak Telon Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Minyak Telon Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Minyak telon umumnya dipakaikan pada bayi. Namun, tidak sedikit juga orang dewasa yang memakainya karena wanginya enak. Biasanya minyak telon dioleskan ke tubuh bayi setelah mandi untuk memberikan rasa hangat. Ada banyak merek minyak telon yang bagus untuk bayi, seperti Konicare, My Baby, Zwitsal, Doodle, dan Cap Lang. Anda bingung memilihnya?


Untuk membantu Anda menemukan minyak telon terbaik, kami akan memberikan tips memilihnya di artikel ini. Setelah itu, bacalah juga rekomendasi minyak telon bayi pilihan kami. Anda bisa menemukan minyak telon yang wanginya tahan lama. Yuk, lanjutkan membacanya!

Diperbaharui 11-25-2022
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Ovia Ery Rahayu

Ovia Ery Rahayu, akrab dipanggil Ovia, adalah lulusan Sastra Jepang, Universitas Brawijaya. Setelah lulus, ia bekerja selama 3,5 tahun sebagai translator di sebuah perusahaan Jepang di bidang manufaktur alat pertanian. Selama bekerja, Ovia sempat beberapa kali melakukan kunjungan ke cabang perusahaan di prefecture Kochi, Jepang. Selain menjadi Japanese speaker di perusahaan, Ovia mulai bergabung dengan mybest sebagai penulis yang menerjemahkan artikel bahasa Jepang ke dalam bahasa Indonesia. Kini, ibu rumah tangga dan pencinta anak-anak ini sudah berhenti dari perusahaan dan lebih nyaman menjadi penulis di mybest.

Profil Ovia Ery Rahayu
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Manfaat minyak telon

Manfaat minyak telon

Minyak telon sudah digunakan turun-temurun. Hal ini tidak mengherankan sebab minyak telon memang memiliki manfaat yang berlimpah. Beberapa manfaatnya adalah mencegah perut kembung, memberi kehangatan, meningkatkan kenyamanan, melegakan pernapasan, dan melancarkan peredaran darah.


Kata "telon" berasal dari kata "telu" yang dalam bahasa Jawa artinya "tiga". Hal ini memiliki makna bahwa minyak telon adalah campuran dari tiga jenis minyak. Minyak tersebut adalah minyak kayu putih, minyak adas, dan minyak kelapa.


Minyak kayu putih dapat memberi rasa hangat sekaligus meredakan gatal akibat gigitan serangga. Sementara itu, minyak adas bermanfaat untuk mengatasi perut kembung dan pilek. Terakhir, minyak kelapa memiliki sifat antioksidan yang akan melindungi kulit. Ketiga minyak ini diolah dengan takaran yang pas sehingga tidak menimbulkan iritasi dan tidak terlalu panas untuk kulit bayi.


Pada umumnya, minyak telon diformulasikan khusus untuk kulit bayi. Jarang sekali, bahkan hampir tidak ada minyak telon untuk orang dewasa. Namun, banyak juga orang dewasa yang menyukainya.


Komposisi minyak telon telah disesuaikan dengan kulit bayi yang lebih tipis dari kulit orang dewasa. Ketika minyak telon dioleskan ke kulit orang dewasa, manfaatnya tidak begitu terasa maksimal.

Cara memilih minyak telon

Meski memiliki banyak manfaat, tentu Anda ingin mendapat minyak telon terbaik untuk bayi. Maka dari itu, simaklah tips berikut.

① Pilih berdasarkan jenis minyak telon

Anda biasanya akan mendapati tiga jenis minyak telon di toko dan apotek. Tiga jenis tersebut adalah minyak telon bentuk cair, krim, dan balsam. Di bawah ini kami akan menjelaskan karakteristik dari setiap jenisnya dengan lebih rinci.

Minyak telon cair, tidak lengket di kulit

Minyak telon cair, tidak lengket di kulit

Minyak telon yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia adalah tipe cair. Anda bisa dengan mudah dan cepat mengoleskannya secara merata ke tubuh bayi. Bentuk yang cair membuat minyak telon ini tidak lengket di kulit. Namun, jangan sampai Anda lupa menutupnya kembali setelah dipakai. Jika Anda lupa dan botolnya tersenggol, minyak telon bisa tumpah.

Minyak telon krim dan balsam, tidak mudah tumpah

Minyak telon krim dan balsam, tidak mudah tumpah

Jenis lain yang juga beredar di pasaran adalah minyak telon krim dan balsam. Minyak telon jenis ini ada yang dikemas dalam bentuk tube dan ada pula yang di dalam jar. Minyak telon krim dan balsam sedikit lebih lengket, tetapi rasa hangatnya relatif lebih tahan lama di kulit. Selain itu, minyak telon krim lebih aman dan tidak mudah tumpah jika tersenggol.

② Perhatikan kandungan tambahannya

Perhatikan kandungan tambahannya

Seperti yang telah disebutkan di atas, kandungan utama dalam minyak telon adalah minyak kayu putih, minyak adas, dan minyak kelapa. Namun, saat ini ada banyak produk yang memanfaatkan kandungan tambahan lain. Ada produk yang mengandung lavender, olive oil, eucalyptus, dan lainnya. Pilihlah minyak telon yang kandungan tambahannya sesuai dengan kebutuhan si kecil dan preferensi Anda.

③ Cari minyak telon yang wanginya tahan lama

Cari minyak telon yang wanginya tahan lama

Minyak telon yang dioleskan di tubuh bayi biasanya memang memiliki aroma yang segar dan khas bayi. Namun, kandungan di dalam minyak telon bisa memengaruhi aroma dan ketahanannya juga, lho. Jadi, pilihlah wangi yang segar, tahan lama, dan disukai bayi. Dengan begitu, bayi akan lebih betah dan tidak menolak ketika tubuhnya dihangatkan dengan minyak telon.

④ Usahakan memilih produk yang tidak terlalu banyak mengandung kayu putih

Usahakan memilih produk yang tidak terlalu banyak mengandung kayu putih

Minyak telon yang baik akan bisa menghangatkan tubuh anak tanpa membuat kulitnya terasa panas. Di dalam minyak telon memang terdapat kandungan minyak kayu putih. Namun, Anda sebaiknya memilih minyak telon yang kandungan minyak kayu putihnya rendah. Dengan demikian, minyak telon tersebut tidak akan terlalu terasa panas di kulit anak.

10 Rekomendasi minyak telon terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk minyak telon terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Doodle

Exclusive Telon Oil

Doodle Exclusive Telon Oil 1枚目

Beraroma green tea yang wangi dan tahan lama

2

Habbie

Aromatic Telon Oil

Habbie Aromatic Telon Oil 1枚目

Minyak telon dengan 29 varian aroma!

3

Zwitsal

Minyak Telon Natural

Zwitsal  Minyak Telon Natural 1枚目

Aman dipakai untuk bayi dengan kulit sensitif

4

My Baby

Minyak Telon Plus Eucalyptus Longer Protection

My Baby Minyak Telon Plus Eucalyptus Longer Protection 1枚目

Melindungi kulit dari gigitan nyamuk hingga 12 jam

5

Cap Lang

Telon Lang

Cap Lang Telon Lang 1枚目

Produk klasik warisan leluhur dengan mutu dan kualitas yang terjaga

6

TresnoJoyo

Balsem Telon

TresnoJoyo Balsem Telon 1枚目

Meringankan gejala flu dengan cara praktis

7

Konicare

Minyak Telon Plus

Konicare Minyak Telon Plus 1枚目

Dapatkan segudang manfaat lavender untuk bayi Anda

8

Bébé Roosie

Telon Cream

Bébé Roosie Telon Cream 1枚目

Minyak telon bentuk krim yang harganya terjangkau

9

Mommy Time

Telon Cream

Mommy Time Telon Cream 1枚目

Kandungan tambahannya memberi banyak manfaat

10

Bambi

Baby Telon Balm

Bambi Baby Telon Balm 1枚目

Teksturnya tidak lengket dan cepat diserap kulit

Perincian produk
Close
No.1

DoodleExclusive Telon Oil

Mulai dari Rp28.000,00

Beraroma green tea yang wangi dan tahan lama

Kelebihan:

  • Memiliki aroma green tea yang wanginya awet dan tahan lama

Kekurangan:

  • Harganya cukup tinggi di antara minyak telon cair lainnya

Anda ingin rekomendasi minyak telon bayi yang wanginya menyegarkan dan tahan lebih lama? Kalau begitu, pilihlah minyak telon Doodle dengan wangi green tea yang fresh dan lebih tahan lama ini. Berdasarkan review pembeli, produk ini merupakan minyak telon paling wangi dan tahan lama. Rasanya seperti habis dari baby spa!

No.2

HabbieAromatic Telon Oil

Mulai dari Rp49.000,00

Minyak telon dengan 29 varian aroma!

Kelebihan:

  • Terdiri dari banyak varian aroma yang bisa dicocokkan dengan selera bayi

Kekurangan:

  • Hanya tersedia kemasan 100 ml, kurang cocok untuk coba-coba

Cobalah Habbie Aromatic Telon Oil bila si kecil kurang cocok dengan aroma minyak telon biasanya. Produk ini adalah terobosan baru di dunia minyak telon karena terbuat dari racikan ahli aromatic dan ahli pengobatan tradisional. Minyak telon yang wanginya enak ini memiliki aroma teh dan bunga yang memberikan efek relaksasi.


Jasmine Tea, Fresh Tea, Matcha Tea, Black Tea, Anggrek Bulan, Magnolia, Peony, dan Tulip adalah beberapa aromanya. Review dari pembeli menyebutkan bahwa aroma White dan Sakura merupakan minyak telon Habbie yang paling wangi. Bagaimana dengan Anda?

No.3

Zwitsal Minyak Telon Natural

Mulai dari Rp24.100,00

Aman dipakai untuk bayi dengan kulit sensitif

Kelebihan:

  • Sudah teruji hypoallergenic sehingga aman digunakan untuk kulit sensitif

Kekurangan:

  • Wanginya terlalu khas bayi jika dipakai orang dewasa

Jika Anda butuh rekomendasi minyak telon bayi untuk kulit sensitif yang berjenis cair, gunakanlah produk ini. Minyak telon Zwitsal ini sudah teruji hypoallergenic sehingga aman digunakan untuk kulit sensitif.


Formula minyak telon untuk kulit sensitif ini juga memberikan kehangatan pada bayi sekaligus lembut untuk kulitnya. Perlu diketahui bahwa banyak ulasan pembeli yang menyebut keharuman minyak telon ini sangat khas produk Zwitsal.

No.4

My BabyMinyak Telon Plus Eucalyptus Longer Protection

Mulai dari Rp21.000,00

Melindungi kulit dari gigitan nyamuk hingga 12 jam

Kelebihan:

  • Kandungannya mampu melindungi kulit dari gigitan nyamuk selama 12 jam

Kekurangan:

  • Tutup botol dengan sistem putar dianggap kurang praktis bagi sebagian orang

Jangan biarkan nyamuk dan serangga menggigit hingga melukai kulit lembut bayi Anda. Bila Anda tinggal di wilayah yang banyak nyamuk, Anda akan menyukai produk ini. Minyak telon My Baby ini bisa melindungi bayi dari gigitan serangga hingga 12 jam, lho. Selain itu, kehangatannya bisa segera terasa karena cepat terserap di kulit.

No.5

Produk klasik warisan leluhur dengan mutu dan kualitas yang terjaga

Kelebihan:

  • Tersedia dalam beragam ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan

Kekurangan:

  • Tidak memiliki kandungan yang menghaluskan aromanya

Cap Lang Telon Lang cocok untuk Anda yang menginginkan minyak telon dari merek yang sudah dipercaya turun-temurun. Cap Lang memproduksi minyak telon dengan mengikuti formulasi turun-temurun dari warisan leluhur. Walaupun diproduksi secara massal, kualitas minyak telon Cap Lang tetap terjaga. Produk ini dikenal dengan khasiatnya dalam membuat bayi merasa hangat dan bebas kembung.

No.6

TresnoJoyoBalsem Telon

Mulai dari Rp15.500,00

Meringankan gejala flu dengan cara praktis

Kelebihan:

  • Bisa melegakan nafas bayi saat terkena flu
  • Hangatnya pas dan tidak terlalu panas

Kekurangan:

  • Ada review yang mengatakan bahwa wanginya tidak tahan lama

Anak Anda menunjukkan tanda-tanda akan mengalami flu? Jika iya, produk ini adalah minyak telon terbaik untuk dipilih. Usapkanlah produk ini ke tubuhnya, terutama area dada, leher, dan punggung. Kandungannya mampu meredakan gejala flu yang dialami si kecil. Bahkan terdapat ulasan yang mengatakan bahwa batuk pilek anak lebih cepat sembuh dengan produk ini. Selain itu, anak jadi tidur lebih nyenyak.


Karena berbentuk balsam, minyak telon ini tidak akan tumpah apabila tersenggol. TresnoJoyo Balsem Telon tentu pas bagi Anda yang sering mengajak si kecil bepergian saat cuaca dingin. Anda pun bisa menenangkan si kecil saat ia terkena gejala flu di tengah perjalanan.

No.7

KonicareMinyak Telon Plus

Mulai dari Rp26.100,00

Dapatkan segudang manfaat lavender untuk bayi Anda

Kelebihan:

  • Mengandung lavender yang kaya manfaat untuk bayi dan wanginya tidak menyengat

Kekurangan:

  • Harganya cukup tinggi di antara minyak telon cair lainnya

Ingin mendapatkan manfaat lavender untuk bayi Anda? Kalau begitu, Konicare Minyak Telon Plus adalah pilihan yang tepat. Minyak telon Konicare dilengkapi kandungan tambahan lavender yang memiliki banyak manfaat. Selain mampu menghalau nyamuk, lavender bermanfaat untuk menghilangkan bekas gigitannya serta mengurangi rasa gatal sekaligus. Lavender juga bisa menenangkan bayi yang rewel, lho.

No.8

Minyak telon bentuk krim yang harganya terjangkau

Kelebihan:

  • Mengandung olive oil yang dapat melembapkan kulit


Kekurangan:

  • Ada review yang mengatakan bahwa produk kurang cocok untuk kulit yang sensitif


Tidak hanya minyak telon cair yang harganya terjangkau. Jika Anda mencari minyak telon terbaik jenis krim yang harganya ramah di kantong, kami merekomendasikan produk ini. Bébé Roosie Telon Cream juga akan sempurna untuk orang dewasa, lho.


Minyak telon ini memiliki kemasan bermotif menarik yang tidak seperti produk perawatan untuk bayi. Kami yakin Anda tidak akan merasa malu lagi membawa minyak telon saat bepergian. Selain itu, produk ini mengandung olive oil sehingga Anda bisa menggunakannya untuk melembapkan kulit.

No.9

Kandungan tambahannya memberi banyak manfaat

Kelebihan:

  • Mengandung tea tree oil yang mencegah nyamuk, serta olive oil yang dapat melembapkan kulit

Kekurangan:

  • Ada review yang menyebutkan bahwa wanginya kurang tercium dan tidak tahan lama

Kandungan tambahan pada Mommy Time Telon Cream terbilang komplet, salah satunya tea tree oil. Kandungan tersebut tidak disukai serangga sehingga bayi Anda akan terbebas dari nyamuk setelah menggunakan produk ini. Minyak telon jenis krim ini juga mengandung olive oil yang bisa melembapkan kulit, lho. Maka dari itu, pilih produk ini jika Anda mengutamakan manfaat yang beragam.

No.10

Teksturnya tidak lengket dan cepat diserap kulit

Kelebihan:

  • Memiliki tekstur lembut, tidak lengket, serta cepat diserap kulit

Kekurangan:

  • Harganya cukup tinggi untuk volume 50 ml

Sebagian orang mungkin ragu memilih minyak telon jenis balsam untuk bayinya karena dianggap lengket. Jika Anda salah satunya, kami sarankan untuk memilih produk ini. Meski berbentuk balsam, produk ini memiliki tekstur yang lembut dan tidak lengket.


Balsam ini akan cepat diserap kulit bayi Anda. Bahkan, Bambi Baby Telon Balm bisa digunakan untuk bayi yang baru lahir, lho. Anda tidak perlu khawatir karena minyak telon yang bagus untuk bayi newborn ini tidak mengandung iritan dan aman untuk kulit sensitif.

Tips memakai minyak telon

Menggosok minyak telon pada tubuh bayi sudah jadi kebiasaan turun-temurun. Kehangatan yang dihasilkannya bisa memberi kenyamanan. Agar Anda mendapat hasil maksimal, berikut kami berikan beberapa tips pemakaian minyak telon.

Hindari area sensitif

Hindari area sensitif

Jangan mengusapkan minyak telon pada bagian wajah, terutama di daerah sekitar hidung dan mata. Area telapak tangan juga sebaiknya Anda hindari. Bagian tersebut adalah area yang sangat sensitif sehingga berisiko muncul iritasi. Aroma dan khasiat minyak telon memang sangat baik, tetapi Anda tidak dianjurkan untuk memakainya di area-area tersebut.


Sebaiknya, oleskanlah minyak telon di area perut, dada, punggung, telapak kaki, serta leher saja. Area ini memiliki pembuluh darah halus di bawah permukaan kulit sehingga dapat melancarkan peredaran darahnya.

Gunakan secukupnya saja

Gunakan secukupnya saja

Pemakaian minyak telon harus disesuaikan dengan kebutuhan bayi. Pada dasarnya, Anda bisa memakainya kapan saja karena minyak telon terbuat dari bahan alami yang tidak membahayakan. Namun, umumnya frekuensi menggunakan minyak telon adalah empat kali sehari dengan volume yang tepat. Jangan mengoleskannya terlalu banyak supaya tidak terasa panas.

Jangan dioles di area kulit yang iritasi atau ruam

Jangan dioles di area kulit yang iritasi atau ruam

Hindari mengoleskan minyak telon di kulit bayi yang sedang mengalami iritasi atau ruam. Mengoleskan minyak telon di kulit yang ruam justru akan memperburuk kondisi kulit. Hal ini bisa membuat kulit bayi terasa panas dan berisiko membuatnya kesakitan. Bila masih ragu, lebih baik Anda berkonsultasi dahulu dengan dokter anak.

Cek tingkat panasnya di kulit orang dewasa

Cek tingkat panasnya di kulit orang dewasa

Tingkat sensitivitas kulit bayi berbeda-beda. Karena itu, sebaiknya tes dahulu di kulit punggung tangan sendiri sebelum Anda mengoleskan minyak telon ke tubuh bayi. Jika kulit Anda terasa panas, sudah tentu bayi Anda juga akan merasa panas. Jadi, sebaiknya jangan memakaikannya ke kulit bayi.


Apabila Anda ingin membeli minyak telon di toko online, Anda sebaiknya membaca review dari pembeli lainnya terlebih dahulu. Pilihlah produk yang banyak mendapat komentar positif.

Baca juga rekomendasi produk perawatan lainnya untuk bayi di sini

Di samping minyak telon, mungkin Anda juga sedang mencari krim dan salep untuk bayi. Untuk itu, Anda bisa membaca tautan-tautan di bawah ini. Anda akan mendapat informasi lengkap beserta rekomendasi produk terbaiknya. Langsung klik saja, ya!

Kesimpulan

Penggunaan minyak telon yang tepat akan memberi banyak manfaat untuk bayi dan anak kecil. Karena itu, minyak telon menjadi barang wajib bagi para orang tua. Agar lebih nyaman digunakan, pilihlah jenis yang disukai si kecil. Selain itu, perhatikan mengenai kandungan lain pada produknya.


Apakah Anda sudah menemukan produk yang paling sesuai? Semoga artikel ini bisa membantu Anda memilih minyak telon terbaik. Kini saatnya bagi Anda untuk merasakan langsung manfaatnya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer