mybest
Rak

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Interior & furnitur
  3. Tempat penyimpanan
  4. 10 Rak Sudut Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rak Sudut Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rak Sudut Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rak Sudut Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rak Sudut Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rak Sudut Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rak Sudut Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2024)

Memanfaatkan sudut ruangan yang umumnya kurang terpakai adalah langkah cerdas untuk memaksimalkan seluruh area dalam ruangan. Nah, rak sudut hadir untuk membantu Anda mewujudkan hal tersebut. Ada beragam jenis rak sudut yang berbeda ukuran, model, dan bahan beredar di pasaran.


Dengan mengetahui tips cara memilih sekaligus rekomendasi rak sudut yang bagus, Anda akan makin mudah menemukan produk yang tepat. Anda bisa memperoleh keduanya dengan membaca sampai habis artikel ini. Temukanlah rak sudut berkualitas merek IKEA, Heim Studio, dan Kris di artikel ini! Simak juga komentar dari arsitek kami, Adil Mochtar.

Diperbaharui 14/07/2023
Adil Mochtar
Pakar
Arsitek
Adil Mochtar

Adil adalah seorang Arsitek Prinsipal kreatif di HADE (PT Hasta Asri Dharma) dan AMA Studio. Ia memiliki 7 tahun pengalaman dalam perancangan bangunan gedung negara, swasta dan rumah tinggal. Seluruh konsep rancangan Adil selalu mengedepankan arsitektur yang berwawasan lingkungan dan inovasi. Selain itu, Adil juga turut aktif dalam organisasi profesi Ikatan Arsitek Indonesia Wilayah Bekasi. Untuk mendapatkan informasi dan konsultasi mengenai arsitektur, Anda bisa menyapa Adil melalui akun Instagram-nya.

Profil Adil Mochtar
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih rak sudut

Sebelum kami memberikan rekomendasi rak sudut terbaik, sebaiknya Anda membaca tips memilihnya terlebih dahulu. Ada lima poin yang patut Anda pertimbangkan saat hendak membeli rak sudut. Berikut akan kami jelaskan secara mendetail.

1

Perhatikan pemasangannya

Berdasarkan penempatannya, ada dua jenis rak sudut. Pertama adalah rak yang langsung ditempatkan dalam ruangan. Sementara itu, tipe kedua adalah rak yang dipasang di dinding.

Rak yang dipasang ke dinding lebih hemat tempat

Rak yang dipasang ke dinding lebih hemat tempat
Sumber: ikea.co.id

Rata-rata, rak sudut yang dipasang ke dinding memiliki pengait khusus. Ada yang perlu menggunakan paku, tetapi ada juga yang tinggal ditempel saja karena sudah dilengkapi dengan suction cup. Jika produk tersebut membutuhkan paku, Anda perlu terlebih dahulu melubangi tembok. Setelah itu, barulah Anda bisa menempatkan rak sudut tersebut. 


Karena dipasang di dinding, produk ini mudah Anda atur posisi dan ketinggiannya. Tipe ini juga lebih hemat tempat. Sekalipun area sudut sudah penuh, Anda tetap bisa memasangnya di bagian dinding yang lebih tinggi. Layak dipilih oleh Anda yang space dalam ruangannya terbatas. 

Adil Mochtar
Arsitek
Adil Mochtar

Rak yang dipasang di dinding bisa menjadi solusi untuk Anda yang memiliki luas ruangan terbatas, tetapi memiliki kebutuhan penyimpanan yang besar. Perhatikan jenis konstruksi penyangga rak yang dipasang di dinding. Apakah konstruksinya cukup kuat untuk menahan berat barang yang akan diletakkan diatasnya?


Rak yang sistem pemasangannya dengan cara dibor ke tembok menggunakan baut fisher akan memiliki ketahanan yang lebih tinggi. Beban barang yang diletakkan pada rak akan tersalurkan ke dinding.


Sebaiknya jangan meletakkan beban yang terlalu berat pada rak jenis suction cup. Sistem penyangga rak jenis suction cup hanya mengandalkan tekanan pada bagian daya hisapnya. Perhatikan juga dinding yang akan ditempeli rak jenis ini. Sebaiknya dinding tidak memiliki pori pori yang dapat menyebabkan keluarnya udara dari suction cup.


Jika Anda menggunakan rak jenis suction cup, letakkan furniture lain di bawahnya. Dengan demikian, Anda bisa lebih maksimal dalam menata dan menghias ruangan sesuai selera.

Rak yang diletakkan dalam ruangan lebih praktis dan mudah digeser

Rak yang diletakkan dalam ruangan lebih praktis dan mudah digeser
Sumber: ikea.co.id

Berbeda dengan sebelumnya, rak yang langsung ditempatkan di ruangan bisa segera Anda gunakan setelah diletakkan. Anda juga bisa dengan mudah menggeser atau memindahkannya kapan pun dibutuhkan. Opsi tepat untuk Anda yang menyukai kepraktisan penggunaan. Meski begitu, Anda tetap perlu menyediakan space khusus di sudut agar produk ini bisa Anda gunakan.

Adil Mochtar
Arsitek
Adil Mochtar

Rak yang bisa digeser cocok untuk Anda yang senang mengubah layout sesuai dengan mood ataupun kebutuhan Anda. Sebelum memilih rak jenis ini, perhatikan konstruksi kakinya. Konstruksi kakinya harus cukup kokoh, tetapi cukup ringan agar Anda dapat memindahkannya tanpa banyak mengeluarkan tenaga.


Fleksibilitas tersebut cocok untuk kaum urban yang memiliki banyak keinginan, tetapi membutuhkan kepraktisan dalam menata ruangannya.

2

Periksalah ukuran dan jumlah rak penyimpanannya

Periksalah ukuran dan jumlah rak penyimpanannya

Saat hendak membeli rak sudut, Anda perlu mengecek ukuran dan jumlah rak penyimpanannya dahulu. Supaya dapat diletakkan dengan pas, sesuaikanlah produk yang akan dibeli dengan besaran area sudut yang ada di ruangan Anda.


Kemudian, jumlah rak penyimpanan juga akan memengaruhi banyaknya barang yang bisa diletakkan pada rak tersebut. Makin banyak rak penyimpanannya, makin banyak pula barang yang bisa disimpan. 


Untuk rak penyimpanan yang lebih dari satu, Anda perlu memeriksa jarak antar raknya. Jika jarak antar rak penyimpanan terlalu sempit, barang-barang yang memiliki dimensi cukup besar pun tak akan muat. Meski begitu, pertimbangkan juga bahwa makin banyak rak penyimpanannya, makin besar pula ukuran rak sudutnya.

Adil Mochtar
Arsitek
Adil Mochtar

Sebelum memilih rak, periksa dimensi barang yang akan Anda letakkan di atasnya agar bisa sesuai dengan ekspektasi dan kebutuhan. Jumlah rak yang banyak cenderung memiliki jarak yang lebih kecil antara tingkatan raknya.


Lebih baik lagi apabila tersedia jenis rak yang bisa diatur ketinggian dan jumlahnya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita. Jenis rak adjustable sangat cocok untuk Anda yang suka berganti suasana dan menginginkan fleksibilitas yang tinggi.

3

Ketahuilah material yang digunakan

Ketahuilah material yang digunakan
Sumber: ikea.co.id

Ada tiga material yang lazim digunakan untuk dijadikan rak sudut, yaitu kayu, metal, dan plastik. Agar tidak salah pilih, Anda perlu mengenali kelebihan dan karakteristik dari ketiga material tersebut.


  • Kayu: Lebih ramah lingkungan, serta mampu memberikan kesan alami dan elegan dalam ruangan. Meskipun begitu, sebaiknya Anda menghindarkan bahan ini di area yang lembap atau basah. Jika tidak, kualitas kayunya akan makin berkurang.

  • Metal: Menghadirkan citra minimalis dan modern saat Anda letakkan dalam ruangan. Beberapa jenis metal yang bisa dipilih, yakni stainless steel, aluminium, dan besi. Dari ketiga jenis tersebut, besi cenderung lebih mudah berkarat. 

  • Plastik: Tidak akan berkarat atau rusak oleh rayap. Rak sudut yang terbuat dari bahan plastik juga lebih mudah dibersihkan. Kekurangannya, bahan ini terkesan cheap terlebih bila Anda membeli produk dengan harga terlampau murah. Jika sering terkena sinar matahari bahan ini juga cepat mengalami penurunan kualitas. 
Adil Mochtar
Arsitek
Adil Mochtar

Pilihlah material yang sesuai dengan tema dan konsep agar tercipta estetika dalam tampilan ruangan Anda. Pilih juga material yang sesuai dengan kondisi kelembapan ruangan Anda. Jangan gunakan rak dari material kayu di daerah yang rawan rayap.


Apabila tetap ingin menggunakan rak dari material kayu, pilihlah material kayu yang tahan terhadap rayap. Material kayu yang tahan terhadap rayap di antaranya kayu jati, kayu sengon, dan kayu ulin. 


Jenis material juga berpengaruh pada tingkat kekuatan konstruksi rak. Jangan memilih material yang lentur untuk rak yang akan dipakai sebagai penyimpanan barang-barang yang berat, seperti buku, kertas, dan lain-lain. Untuk memilih rak yang sesuai, perhatikan lagi fungsi dan jenis barang yang akan Anda simpan atau letakkan pada rak tersebut.

4

Pilih berdasarkan interior ruangan dan penempatannya

Pilih berdasarkan interior ruangan dan penempatannya
Sumber: ikea.co.id

Kesesuaian antara tampilan rak sudut dengan interior ruangan tidak boleh luput dari perhatian. Anda sebaiknya memilih produk sesuai dengan furnitur atau gaya desain dalam ruangan. Misalnya saja, untuk ruangan bertema shabby chic, Anda bisa memilih produk dengan warna pastel. Sementara itu, untuk ruangan bergaya minimalis, desain yang simpel dan minim ornamen dapat dijadikan pilihan.


Tak hanya itu saja, desain dari rak sudut pun perlu Anda sesuaikan dengan penempatannya. Produk yang akan diletakkan di ruang tamu tentu akan berbeda dengan produk yang akan diletakkan di kamar mandi, bukan?


Jika ingin meletakkannya di kamar mandi, pilihlah produk yang antiair dan memiliki tirisan air agar air tidak menggenang. Sementara itu, untuk rak sudut yang akan diletakkan di ruang tamu, pilihlah yang memiliki tampilan menarik. Contohnya, seperti detail ukiran atau warna-warna catchy yang senada dengan ruangan.

Adil Mochtar
Arsitek
Adil Mochtar

Sebelum memilih jenis rak yang Anda suka, perhatikan dimensi serta rencana peletakan rak. Perhatikan konsep dan tema ruangan agar rak dapat menambah estetika pada ruangan Anda. Untuk ruangan yang sempit, gunakan rak berwarna cerah. Pilihlah warna yang netral jika Anda akan menggunakan rak untuk meletakkan pajangan atau hiasan di atasnya.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi rak sudut terbaik

Kini saatnya bagi kami untuk memberikan daftar berisi sepuluh rekomendasi rak sudut terbaik. Ada berbagai macam ukuran, material, dan harga dari rak sudut yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan selera. Selamat membaca dan memilih produk, ya! Produk-produk berikut ini adalah produk pilihan kami dan bukan rekomendasi dari Adil Mochtar.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

IKEA

RÖNNSKÄR901.925.80

IKEA RÖNNSKÄR 1

Rp599.000

Agak Mahal

Eksklusif berkat alas kaca, raknya pun paling banyak

2

Rak Sudut Hiasan Kayu Jati

 Rak Sudut Hiasan Kayu Jati 1

Rp699.000

Agak Mahal

Berbahan kayu jati, sangat durable!

3

Kris

Rak Sudut Kamar Mandi Tiga Tingkat - Chrome285198

Kris Rak Sudut Kamar Mandi Tiga Tingkat - Chrome 1

Rp169.900

Menengah

Tak akan ada air yang menggenang karena desainnya berongga

4

Heim Studio

VINN Rak Corner

Heim Studio VINN Rak Corner 1

Rp1.121.000

Lebih Mahal

Rak two tone minimalis untuk beragam interior ruangan

5

Samju Gallery

Rak Sudut Tali

Samju Gallery Rak Sudut Tali 1

Rp97.800

Agak Murah

Digantung dengan tali, cukup lubangi satu titik saja

6

Purezza

Corner Shelf with Hook

Purezza Corner Shelf with Hook 1

Rp137.000

Menengah

Kecil dan ada hook-nya, makin fungsional

7

Decorunic

Rak Dinding Sudut 3 Pcs

Decorunic Rak Dinding Sudut 3 Pcs 1

Rp120.000

Menengah

Tiga papan terpisah, atur jaraknya sesuka Anda

8

Unisoh

Rak Sudut Minimalis 3 Susun MultifungsiUNI 305301

Unisoh Rak Sudut Minimalis 3 Susun Multifungsi 1

Rp142.000

Menengah

Hiasi ruangan dengan warna pastel

9

COOGER

Rak Kamar Mandi Sudut Aluminium 1 Susun Tempel Dinding

COOGER Rak Kamar Mandi Sudut Aluminium 1 Susun Tempel Dinding 1

Rp85.000

Agak Murah

Perlindungan optimal berkat pembatas di sekelilingnya

10

Stand Corner 4 Layer

 Stand Corner 4 Layer 1

Rp69.000

Lebih Murah

Banyak rak penyimpanan, ekonomis pula!

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

IKEARÖNNSKÄR901.925.80

RÖNNSKÄR 1
Sumber: ikea.co.id
RÖNNSKÄR 2
Sumber: ikea.co.id
RÖNNSKÄR 3
Sumber: ikea.co.id
Harga referensi
Rp599.000
Agak Mahal
Harga referensi
Rp599.000
Agak Mahal

Eksklusif berkat alas kaca, raknya pun paling banyak

Menyimpan begitu banyak benda berbeda di sudut bisa Anda lakukan lebih mudah menggunakan rak sudut ini. Toh, rak penyimpanannya sendiri ada enam, lebih dari cukup untuk menyimpan bermacam-macam benda, seperti vas bunga atau pigura kecil.


Tiap-tiap rak beralaskan kaca, tampilan rak sudut ini pun kian menawan. Alas kaca berpadu dengan desain elegannya juga menjadikan rak sudut ini terlihat eksklusif. Rangkanya sendiri dilapis dengan bahan antikarat sehingga makin kuat untuk digunakan jangka panjang. Pantas dipilih oleh Anda yang mencari rak sudut berkelas dengan kapasitas penyimpanan besar.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Rak Sudut Hiasan Kayu Jati

Harga referensi
Rp699.000
Agak Mahal

Berbahan kayu jati, sangat durable!

Adanya lima susun rak penyimpanan memungkinkan Anda untuk menyimpan lebih banyak barang menggunakan produk ini. Anda bisa menjadikannya sebagai rak foto atau tanaman dengan ukuran pot yang kecil. Desainnya yang vintage pun membuat produk ini sangat cocok untuk ruangan bergaya rustic atau retro. 


Menariknya lagi, produk ini dibuat dari kayu jati sehingga menjadi sangat kuat. Opsi terbaik untuk Anda yang menginginkan rak sudut dengan ketahanan yang sangat mumpuni.

No.3

KrisRak Sudut Kamar Mandi Tiga Tingkat - Chrome285198

Harga referensi
Rp169.900
Menengah

Tak akan ada air yang menggenang karena desainnya berongga

Anda sedang mencari produk yang cocok diletakkan di kamar mandi, serta memiliki ruang penyimpanan yang cukup banyak? Jika begitu, jatuhkan saja pilihan Anda pada rak sudut ini. Produk dari Kris ini didesain dengan model rak yang berongga. Alhasil, jika ada percikan atau sisa air, tak akan menggenang di dalam rak. Dibuat dari kawat baja yang kukuh membuat produk ini pun aman untuk meletakkan berbagai macam peralatan mandi.

No.4

Heim StudioVINN Rak Corner

VINN Rak Corner 1
Sumber: shopee.co.id
VINN Rak Corner 2
Sumber: shopee.co.id
VINN Rak Corner 3
Sumber: shopee.co.id
VINN Rak Corner 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp1.121.000
Lebih Mahal
Harga referensi
Rp1.121.000
Lebih Mahal

Rak two tone minimalis untuk beragam interior ruangan

Produk ini adalah solusi tepat jika Anda mencari rak sudut menawan yang mudah dipadukan dengan berbagai gaya interior ruangan. Memiliki desain minimalis, produk ini tidak terkesan norak dan mudah dipadukan dengan furnitur lainnya dalam ruangan.


Penggunaan warna two-tone putih dan cokelat muda pun mempermanis tampilannya. Tidak hanya itu, warna tersebut juga tergolong netral sehingga produk ini akan terlihat pas diletakkan dalam ruangan dengan tema warna apa pun.

No.5

Samju GalleryRak Sudut Tali

Harga referensi
Rp97.800
Agak Murah

Digantung dengan tali, cukup lubangi satu titik saja

Anda yang ingin memasang rak sudut di dinding, tetapi tidak mau membuat banyak lubang di tembok bisa memilih produk ini. Berbeda dengan rak lainnya, produk ini digantungkan menggunakan tali anyaman. Tenang saja, talinya tebal dan mampu menahan beban hingga mencapai 8 kg. Adanya tali tersebut membuat Anda hanya perlu membuat satu lubang saja di dinding.

No.6

PurezzaCorner Shelf with Hook

Harga referensi
Rp137.000
Menengah

Kecil dan ada hook-nya, makin fungsional

Anda mencari rak sudut yang tidak makan tempat dan kuat untuk digantungkan barang-barang? Ini dia jawabannya! Kecil dan bisa dipasang ke dinding, produk ini sangat hemat tempat. Meskipun begitu, dengan panjang sekitar 20 cm, rak ini dapat digunakan untuk memajang pot mini.


Dibuat dari ABS berkualitas tinggi, rak sudut ini pun tak akan mudah roboh. Anda juga bisa dengan tenang memasangnya di kamar mandi karena produk ini tahan terhadap karat.

No.7

DecorunicRak Dinding Sudut 3 Pcs

Rak Dinding Sudut 3 Pcs 1
Sumber: shopee.co.id
Rak Dinding Sudut 3 Pcs 2
Sumber: shopee.co.id
Rak Dinding Sudut 3 Pcs 3
Sumber: shopee.co.id
Rak Dinding Sudut 3 Pcs 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp120.000
Menengah
Harga referensi
Rp120.000
Menengah

Tiga papan terpisah, atur jaraknya sesuka Anda

Ketika Anda membeli produk ini, Anda akan memperoleh tiga papan yang bisa Anda pasang ke dinding. Tiap-tiap papannya sendiri tidak terhubung satu sama lain. Dengan begitu, Anda bebas mengatur jarak setiap papan sesuai jenis barang yang hendak Anda pajang. Salah satu opsi untuk Anda yang menyukai fleksibilitas pemasangan!

No.8

UnisohRak Sudut Minimalis 3 Susun MultifungsiUNI 305301

Harga referensi
Rp142.000
Menengah

Hiasi ruangan dengan warna pastel

Rak sudut ini tersedia dalam tiga opsi warna, yaitu pink, hijau, dan ungu pastel. Warna soft yang dihadirkan membuat produk ini pas diletakkan di dalam ruangan bergaya shabby chic. Penggunaan bahan PP juga membuat produk ini sangat mudah dibersihkan. Penggemar warna pastel atau Anda yang mencari rak sudut dengan warna kalem bisa memilih produk yang satu ini.

No.9

COOGERRak Kamar Mandi Sudut Aluminium 1 Susun Tempel Dinding

Harga referensi
Rp85.000
Agak Murah

Perlindungan optimal berkat pembatas di sekelilingnya

Tak perlu takut barang dipajang mudah terjatuh apabila Anda memilih rak sudut ini. Dengan adanya pembatas di sekelilingnya, barang yang Anda letakkan akan lebih terlindungi dan minim kemungkinan terjatuh. Rak ini juga dapat menampung beban hingga 5 kg, lho!


Tidak hanya itu saja, sisi bawahnya juga dilengkapi dua pengait. Alhasil, Anda bisa menggunakannya untuk menggantung beragam barang ringan, seperti ikat rambut dan shower puff.

No.10

Stand Corner 4 Layer

Harga referensi
Rp69.000
Lebih Murah

Banyak rak penyimpanan, ekonomis pula!

Rak sudut satu ini memiliki harga yang bisa dibilang ramah di kantong. Apalagi, produk ini sudah dilengkapi dengan empat rak penyimpanan. Anda pun jadi bisa menyimpan beragam barang menggunakan rak sudut ini.


Selain itu, desainnya yang berukir terlihat menawan, membuatnya memiliki daya tarik lebih. Tidak perlu meragukan kekuatan raknya, digunakan untuk memajang pot pun produk ini tidak mudah rusak. Salah satu jawaban untuk Anda yang ingin menyimpan banyak benda tanpa perlu keluar terlalu banyak dana, bukan?

Baca juga rekomendasi rak lainnya di sini

Kesimpulan

Rak sudut sangatlah fungsional, sudut ruangan yang umumnya tidak terpakai pun bisa Anda manfaatkan. Selain ukuran dan jumlah rak, material serta cara penempatan rak sudut juga penting Anda perhatikan.


Rak sudut beragam model tersedia di pasaran, Anda hanya perlu memilih yang dirasa paling pas dengan interior ruangan. Segera miliki rak sudut yang paling Anda suka dan maksimalkan setiap sudut kosong dalam ruangan!

5 Rekomendasi Rak Sudut terbaik

No. 1: IKEARÖNNSKÄR901.925.80

No. 2: Rak Sudut Hiasan Kayu Jati

No. 3: KrisRak Sudut Kamar Mandi Tiga Tingkat - Chrome285198

No. 4: Heim StudioVINN Rak Corner

No. 5: Samju GalleryRak Sudut Tali

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Interior & furnitur
  3. Tempat penyimpanan
  4. 10 Rak Sudut Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.