• 10 Rekomendasi Kurma Terbaik sebagai Hidangan Buka Puasa (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Kurma Terbaik sebagai Hidangan Buka Puasa (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Kurma Terbaik sebagai Hidangan Buka Puasa (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Kurma Terbaik sebagai Hidangan Buka Puasa (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Kurma Terbaik sebagai Hidangan Buka Puasa (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Kurma Terbaik sebagai Hidangan Buka Puasa (Terbaru Tahun 2022)

Menjelang bulan Ramadan, banyak toko dan usaha perorangan yang menjual kurma. Buah kurma tumbuh di wilayah gurun, seperti Timur Tengah, Afrika, dan beberapa wilayah di Amerika. Buah ini menjadi menu berbuka wajib bagi sebagian umat muslim di Indonesia. Selain sebagai santapan berbuka, kurma juga bermanfaat untuk kesehatan.


Banyaknya jenis kurma yang bagus, seperti kurma Ajwa, Sukari, atau Medjool, pasti membuat Anda kesulitan memilih. Jadi, kami akan membahas cara memilih kurma terbaik beserta rekomendasi produknya. Anda bisa menemukan bermacam merek kurma yang enak, seperti Sultan Al Tamoor, Palm'Frutt, dan Crown.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Mengapa kurma cocok untuk buka puasa?

Mengapa kurma cocok untuk buka puasa?

Saat Ramadan, kurma banyak diburu umat muslim sebagai santapan berbuka. Mengonsumsi buah ini saat berbuka puasa bahkan dianjurkan secara langsung oleh Nabi Muhammad SAW. Namun, apa yang membuat kurma sangat dianjurkan untuk dikonsumsi? Ditilik dari kacamata medis, kurma memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kandungannya juga ideal dikonsumsi saat berbuka puasa. 


Hal ini disampaikan Guru Besar Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM, Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD, KGEH, MMB. Menurutnya, kurma mengandung karbohidrat yang kompleks, serat, dan mineral. Selain itu, kurma juga mengandung kalori yang cukup. Karena kandungannya tersebut, kurma dapat memulihkan tenaga setelah berpuasa selama sekitar 14 jam.


Kandungan lain yang bisa ditemukan dalam buah kurma adalah vitamin A, vitamin B, dan zat besi. Selain itu, kalsium, magnesium, asam nikotinat, tiamin, niasin, kalium, dan potasium juga terkandung di dalamnya. Zat gizi tersebut bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, saraf, dan jantung. Sementara itu, kurma kering mengandung asam salisilat yang berfungsi sebagai antiradang dan mampu mencegah pembekuan darah.

Cara memilih kurma sebagai hidangan buka puasa

Kurma bukanlah buah asli Indonesia. Untuk memenuhi permintaan konsumen, pasar harus mengimpor kurma dari negara yang membudidayakannya. Sebelum membeli, ada baiknya Anda memastikan beberapa hal berikut ini.

Pilihlah dari jenis kurma terpopuler

Apa saja jenis-jenis kurma yang nikmat dikonsumsi saat berbuka puasa? Bila Anda ragu dalam memilih kurma, pilihlah dari jenis kurma terbaik yang populer berikut ini!

Kurma Ajwa, kurma kesukaan Nabi Muhammad SAW

Kurma Ajwa, kurma kesukaan Nabi Muhammad SAW

Kurma Ajwa adalah kurma favorit Nabi Muhammad SAW. Kurma yang tumbuh di Kota Madinah ini berwarna hitam dan bertekstur lembut. Cita rasanya tidak terlalu manis, lebih seperti rasa buah kismis. Kurma ini bukan hanya populer di negara asalnya, tetapi juga di Indonesia. Sering kali, jemaah haji dan umroh menjadikan kurma ini sebagai oleh-oleh khas dari Arab Saudi

Dapatkan informasi lengkap seputar kurma Ajwa sekaligus rekomendasi produk terbaiknya dengan klik tautan di bawah ini. Selamat membaca!

Kurma Sukari, disukai oleh banyak raja-raja Arab

Kurma Sukari, disukai oleh banyak raja-raja Arab

Berbeda dengan Nabi Muhammad SAW, raja-raja Arab konon lebih suka mengonsumsi kurma jenis Sukari. Kurma Sukari merupakan kurma basah yang bertekstur lembut dan lumer di mulut. Sukari terkenal juga sebagai 'Royal Dates' atau 'Dates Queen' karena berbagai kelebihannya. Rasanya yang manis seperti karamel membuatnya menjadi favorit di Asia dan Eropa. 

Apabila Anda masih penasaran dengan jenis kurma satu ini, Anda bisa membaca artikel khusus yang membahas kurma Sukari. Klik tautan di bawah ini untuk mendapatkan informasi selengkapnya!

Kurma Medjool, kurma dengan ukuran besar

Kurma Medjool, kurma dengan ukuran besar

Kurma Medjool merupakan jenis kurma yang dikenal hampir di seluruh dunia. Bahkan, negara dengan penduduk minoritas Islam menjadikan kurma ini sebagai salah satu bahan utama pembuatan kudapan. Ukuran yang besar, daging buah tebal, dan rasa yang manis membuatnya menjadi bahan pengganti gula. Tidak heran, banyak orang menganggap inilah jenis kurma paling enak.

Kurma Deglet Nour, dijual beserta tangkainya

Kurma Deglet Nour, dijual beserta tangkainya

Mungkin Anda jarang mendengar jenis kurma ini. Akan tetapi, beberapa merek seperti Palm'Frutt dan Afia’Tunis pasti cukup familier di telinga Anda. Kurma-kurma dari Tunisia memang kebanyakan berjenis Deglet Nour. Rasanya yang mirip seperti madu dan teksturnya yang lembut membuat kurma ini sangat populer saat bulan Ramadan. Tampilannya pun menarik karena masih menempel pada tangkainya.

Kurma Khalas, dikenal sebagai superfood

Kurma Khalas, dikenal sebagai superfood

Salah satu kurma yang bisa dikonsumsi dalam kondisi segar, matang, dan kering adalah kurma Khalas. Kurma berwarna coklat keemasan ini memiliki rasa yang unik dan kulit cukup tebal


Di antara jenis kurma lainnya, kurma Khalas dianggap paling memiliki banyak manfaat sehingga mendapat julukan superfood. Mengonsumsi kurma ini dapat melancarkan saluran pencernaan, membantu penyerapan kolesterol jahat, hingga mengatur tekanan darah.

Kurma Lulu, memiliki bentuk yang mirip dengan kurma Ajwa

Kurma Lulu, memiliki bentuk yang mirip dengan kurma Ajwa

Kurma Lulu memiliki bentuk yang mirip dengan kurma Ajwa, yakni berwarna hitam pekat dengan ukuran kecil. Karena kemiripan tersebut, masih banyak orang yang belum bisa membedakannya. Namun, jika diperhatikan lebih jeli, ukuran kurma Lulu lebih kecil dibanding kurma Ajwa. Kurma ini juga tidak memiliki garis-garis serat di permukaannya. Harganya pun jauh lebih ekonomis ketimbang kurma Ajwa.

Perhatikan daerah asal kurma pilihan Anda

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, kurma tumbuh di daerah gurun. Karena karakteristik kurma dipengaruhi oleh tempat tumbuhnya, ada baiknya Anda juga memperhatikan asal kurma pilihan Anda. 

Saudi Arabia: Pasar kurma terbesar di dunia

Saudi Arabia: Pasar kurma terbesar di dunia

Arab Saudi memiliki pasar kurma terbesar di dunia. Ada banyak jenis kurma yang diperjualbelikan di Arab Saudi. Beberapa jenis kurma asli dari Arab Saudi adalah Ajwa, Sukari, dan Saghai. Mulai dari kurma dengan rasa manis sedang hingga manis seperti karamel ada di sini. Sebagai negara dengan produksi kurma terbesar di dunia, Arab Saudi juga dikenal sebagai penghasil kurma dengan kualitas terbaik

Dubai, Uni Emirat Arab: Terkenal juga dengan produksi kurmanya

Dubai, Uni Emirat Arab: Terkenal juga dengan produksi kurmanya

Tidak kalah dengan Arab Saudi, Uni Emirat Arab juga terkenal dengan produksi kurmanya. Bila Anda berkunjung ke Dubai, Anda akan menemukan berbagai jenis kurma sama seperti halnya di Arab Saudi. Hampir semua jenis kurma di dunia, diperjualbelikan di pasar Dubai. Akan tetapi, bila Anda ingin membeli kurma asli dari Dubai, Anda dapat memilih kurma Khenaizi

Afrika Utara: Harga kurma lebih ekonomis

Afrika Utara: Harga kurma lebih ekonomis

Jika ingin menghemat pengeluaran, carilah kurma yang berasal dari Benua Afrika bagian utara, seperti Mesir, Sudan, dan Tunisia. Harga kurmanya lebih ekonomis daripada kurma yang berasal dari negara-negara Timur Tengah. Beberapa jenis kurma Afrika adalah kurma Deglet Nour, Barakawi, dan Thoory. Kurma dari wilayah Afrika Utara ini biasanya tidak terlalu manis.

Amerika: Membudidayakan beberapa jenis kurma

Amerika: Membudidayakan beberapa jenis kurma

Memiliki wilayah gurun yang cukup luas, negara adidaya Amerika juga memiliki beberapa perkebunan kurma di wilayahnya. Beberapa jenis kurma yang tumbuh di Amerika adalah Medjool, Deglet Nour, dan Empress. Kurma dari Amerika dapat Anda temukan dengan mudah di pasar Indonesia. Kualitasnya juga tidak kalah dari kurma yang berasal dari Timur Tengah.

Wilayah konflik: Turut berbagi dengan membeli kurma

Wilayah konflik: Turut berbagi dengan membeli kurma

Bila Anda sering membaca berita mancanegara, tentu tidak asing dengan konflik wilayah yang terjadi di Timur Tengah. Anda dapat turut serta membantu sesama dengan membeli kurma yang berasal dari wilayah tersebut. 


Misalnya, bila ingin membeli kurma Medjool, Anda dapat membeli kurma yang berasal dari Jericho, Palestina. Selain itu, kurma Mazafati yang berasal dari Iran juga cukup terkenal sebagai salah satu kurma terenak di dunia.

Periksa kualitas dan keaslian

Periksa kualitas dan keaslian

Karena banyak jenis kurma yang beredar di Indonesia, ada baiknya Anda memeriksa keasliannya. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memeriksa kualitas dan keaslian kurma.


  • Periksa apakah tercatat oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Selain sudah pasti keasliannya, produk yang sudah terdaftar di BPOM sudah melewati pengecekan kualitas. Anda pun bisa membeli tanpa meragukan lagi kualitasnya.


  • Cicipi terlebih dahulu jika membeli secara langsung.

Bila Anda membeli kurma secara langsung pada pedagang di pasar, ada baiknya Anda mencicipinya terlebih dahulu. Karena harga kurma cukup mahal, ada beberapa pedagang nakal yang mencoba memalsukan kurma. 


  • Tanya kepada seller atau baca review jika membeli secara daring

Apabila Anda membeli secara daring, Anda dapat bertanya kepada seller melalui chat atau membaca review dari pembeli terdahulu. Jangan sampai Anda tergoda dengan harga yang murah! Karena barang impor, kurma memiliki harga minimal yang seharusnya masuk akal.

10 Rekomendasi kurma terbaik sebagai hidangan buka puasa

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kurma terbaik sebagai hidangan buka puasa yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

Al-RowadMedjoul Dates from Palestine

Mulai dari Rp 105.000,00

JenisMedjool
Berat250 gram, 500 gram, 1 kg, 2 kg
BPOM
Saran penyimpananSuhu ruang
Daerah asalPalestina
9
JenisKhalas
Berat500 gram, 1 kg
BPOM
Saran penyimpananSuhu ruang
Daerah asalUni Emirat Arab
8
JenisMazafati
Berat625 gram
BPOM
Saran penyimpananLemari pendingin
Daerah asalIran
7
JenisLulu
Berat500 gram, 1 kg
BPOM
Saran penyimpananSuhu ruang
Daerah asalUni Emirat Arab
6

Bard ValleyNatural Delights Medjool Dates

Mulai dari Rp 95.000,00

JenisMedjool
Berat500 gram, 1 kg
BPOM
Saran penyimpananSuhu ruang
Daerah asalCalifornia, Amerika
5
JenisAjwa
Berat1 kg
BPOM
Saran penyimpananSuhu ruang
Daerah asalMadinah, Arab Saudi
4
JenisKhenaizi
Berat500 gram, 1 kg
BPOM
Saran penyimpananSuhu ruang
Daerah asalDubai, Uni Emirat Arab
3
JenisSukari
Berat500 gram, 850 gram, 1 kg, 3 kg
BPOM
Saran penyimpananLemari pendingin
Daerah asalArab Saudi
2
JenisDeglet Nour
Berat500 gram
BPOM
Saran penyimpananSuhu ruang
Daerah asalAfrika
1
JenisKhalas
Berat1 kg
BPOM
Saran penyimpananSuhu ruang
Daerah asalUni Emirat Arab

Tabel perbandingan produk kurma terbaik sebagai hidangan buka puasa

Gambar produk
1
Crown Date Crown Khalas 1

Crown

2
Palm'Frutt Kurma 1

Palm'Frutt

3
Al-Qassim Kurma Sukari 1

Al-Qassim

4
Crown Date Crown Khenaizi 1

Crown

5
Sultan Al Tamoor Ajwa Al Madinah 1

Sultan Al Tamoor

6
Bard Valley Natural Delights Medjool Dates 1

Bard Valley

7
Crown Date Crown Lulu 1

Crown

8
Barari Premium Dates 1

Barari

9
Hikmah Kurma Hikmah Khalas 1

Hikmah

10
Al-Rowad Medjoul Dates from Palestine 1

Al-Rowad

Nama produk

Date Crown Khalas

Kurma

Kurma Sukari

Date Crown Khenaizi

Ajwa Al Madinah

Natural Delights Medjool Dates

Date Crown Lulu

Premium Dates

Kurma Hikmah Khalas

Medjoul Dates from Palestine

Keunggulan

Manisnya pas di lidah orang Indonesia

Tersedia hampir di semua swalayan, lebih mudah didapat

Rasanya istimewa, manis seperti karamel

Oleh-oleh kurma premium asli dari Dubai!

Menstabilkan gula darah, kurma ini aman untuk diabetes

Jenis Medjool yang bisa Anda temukan sepanjang tahun!

Rasanya enak, sulit dideskripsikan dengan kata-kata

Tidak terlalu manis, rasanya segar seperti anggur

Kurma untuk kesehatan, bebas pengawet dan bahan kimia

Beramal dengan membeli kurma dari Palestina

Harga mulai dariRp 53.000,00Rp 40.000,00Rp 50.000,00Rp 42.000,00Rp 110.000,00Rp 95.000,00Rp 60.500,00Rp 63.000,00Rp 22.500,00Rp 105.000,00
JenisKhalasDeglet NourSukariKhenaiziAjwaMedjoolLuluMazafatiKhalasMedjool
Berat1 kg500 gram500 gram, 850 gram, 1 kg, 3 kg500 gram, 1 kg1 kg500 gram, 1 kg500 gram, 1 kg625 gram500 gram, 1 kg250 gram, 500 gram, 1 kg, 2 kg
BPOM
Saran penyimpananSuhu ruangSuhu ruangLemari pendinginSuhu ruangSuhu ruangSuhu ruangSuhu ruangLemari pendinginSuhu ruangSuhu ruang
Daerah asalUni Emirat ArabAfrikaArab SaudiDubai, Uni Emirat ArabMadinah, Arab SaudiCalifornia, AmerikaUni Emirat ArabIranUni Emirat ArabPalestina
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar kurma sebagai hidangan buka puasa

Pertanyaan umum seputar kurma sebagai hidangan buka puasa

Apakah Anda masih penasaran dan ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar kurma sebagai hidangan buka puasa? Simak beberapa pertanyaan umum yang sering muncul beserta jawabannya di bawah ini, ya!

Berapa buah kurma untuk buka puasa?

Umat muslim disunnahkan mengonsumsi buah kurma dalam jumlah ganjil, yakni 1, 3 atau 5 buah. Hal ini sesuai anjuran nabi Muhammad SAW. Anda bisa mengonsumsi tiga buah kurma saat berbuka puasa karena jumlah tersebut dirasa paling ideal.

Berbuka puasa makan kurma atau air dahulu?

Berdasarkan sunnah nabi, umat muslim dianjurkan untuk makan kurma terlebih dahulu, baru minum air putih. Makan kurma setelah seharian berpuasa dapat membantu kadar glukosa darah tubuh cepat kembali normal. Pasalnya, kurma mengandung glukosa dan fruktosa tinggi yang mudah dicerna dan diserap oleh tubuh.

Amankah konsumsi kurma untuk penderita diabetes?

Bagi penderita diabetes, mengonsumsi kurma dalam batas wajar masih diperbolehkan. Bahkan, mengonsumsi buah kurma dalam jumlah yang tepat justru bermanfaat bagi penderita diabetes. Kandungan serat pada kurma mampu memperlambat proses pemecahan karbohidrat menjadi glukosa. Dengan demikian, kadar gula darah tidak akan cepat meningkat.

Baca juga rekomendasi hidangan lainnya untuk buka puasa di sini

Selain kurma, Anda pasti menginginkan hidangan lain untuk berbuka puasa, bukan? Baca artikel rekomendasi lainnya terkait hidangan untuk buka puasa dengan klik tautan di bawah ini! Selamat membaca!

Kesimpulan

Pada saat puasa, tubuh kekurangan asupan selama lebih dari delapan jam. Mengonsumsi kurma sebelum makan berat dapat menetralkan kondisi tubuh Anda. Untuk memilih kurma yang bagus dan enak, Anda bisa memilih kurma berdasarkan jenis dan daerah asalnya. Jangan lupa juga untuk memeriksa kualitas dan keasliannya.


Jadikan artikel ini sebagai acuan dalam memilih produk kurma terbaik, ya! Semoga artikel rekomendasi dari kami bermanfaat untuk Anda.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sereal Gandum yang Bagus - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sereal Gandum yang Bagus - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Sereal gandum merupakan makanan alternatif yang disukai, baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Tak hanya mengenyangkan, sereal gandum, terutama yang terbuat dari gandum utuh, memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Sereal gandum dapat menjadi sumber karbohidrat, protein, mineral, bahkan antioksidan.  Dalam artikel ini kami berkolaborasi dengan nutritionist untuk memberikan tips memilih sereal gandum yang bagus. Tak hanya itu, Anda juga dapat menemukan rekomendasi produk sereal gandum. Merek sereal ternama seperti Koko Krunch, Honey Stars, dan Energen, dapat Anda temukan dalam artikel ini. Jadi, baca sampai selesai, ya.
    Makanan olahan kering
  • 10 Produk Makanan Terbaik yang Bebas Gluten - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Makanan Terbaik yang Bebas Gluten - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Akhir-akhir ini makanan bebas gluten makin populer di kalangan pegiat gaya hidup sehat. Awalnya, makanan bebas gluten dibuat untuk penderita celiac (coeliac) atau orang yang sensitif terhadap gluten. Namun, kini makanan tersebut banyak diminati oleh orang yang ingin menjaga pola makannya.Di pasaran, produk makanan bebas gluten juga makin banyak, mulai dari cemilan, roti, hingga pasta. Merek-merek yang memproduksi makanan bebas gluten di antaranya Javara, Ladang Lima, dan Nourish Kitchen. Simaklah tips memilih produk makanan gluten-free dan intiplah rekomendasi produknya. Cek juga komentar ahli gizi, Leona Victoria di artikel ini!
    Makanan olahan kering
  • 10 Rekomendasi Baso Aci Instan Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Baso Aci Instan Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi Anda penggemar bakso, jangan lewatkan untuk mencoba baso aci. Makanan khas Garut ini terbuat dari campuran tepung aci dan tepung terigu sehingga teksturnya terasa kenyal. Namun, Anda tidak perlu jauh-jauh ke Garut untuk menikmati baso aci yang enak. Anda bisa membeli baso aci instan dalam kemasan yang bagus dan praktis.Di artikel ini, kami membagikan rekomendasi baso aci instan terenak berserta cara memilihnya. Ada varian baso aci tulang rangu terenak dari Bapper. Ada juga merk baso aci instan recommended lainnya seperti Bensu, Mak Igun, dan Baso Aci Teh Shanty. Yuk, baca artikel ini sampai selesai!
    Makanan olahan kering
  • 10 Merk Abon Sapi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Abon Sapi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Abon atau beef floss merupakan olahan daging sapi yang berasal dari Tiongkok. Rasanya yang gurih membuat abon menjadi salah satu makanan favorit orang Indonesia. Abon sapi kini makin enak karena varian rasanya banyak, termasuk rasa bawang dan rasa pedas. Apakah Anda termasuk penggemar abon sapi? Jika iya, Anda sudah tepat membaca artikel ini karena kami akan membahas bagaimana cara memilih abon sapi yang enak. Berbagai merek, seperti Gloria, Mesran Solo, Pronas, Patma, dan lainnya ada dalam rekomendasi kami. Ayo baca artikelnya sampai habis untuk mengetahui produk-produk tersebut!
    Makanan olahan kering
  • 10 Rekomendasi Nori (Rumput Laut) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Nori (Rumput Laut) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Nori atau rumput laut merupakan bahan makanan khas Jepang yang sering digunakan untuk membuat onigiri dan sushi. Tak hanya di Jepang, nori juga sukses mencuri perhatian masyarakat Indonesia karena terkenal memiliki rasa yang lezat dan gurih. Terlebih lagi, nori yang bagus memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan dapat dijadikan camilan diet.Nori yang enak dan dijual di pasaran pun beragam, misalnya merek MamaSuka, Man Jun, hingga Choripdong. Untuk itu, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi nori terbaik yang dapat Anda beli secara online beserta harganya. Selamat membaca!
    Makanan olahan kering
  • 10 Oatmeal yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Oatmeal yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Oatmeal merupakan salah satu bahan makanan yang terbuat dari oat dan berbentuk tepung kasar. Oat sendiri adalah jenis biji-bijian yang mengandung serat tinggi serta kaya nutrisi. Karena itu, banyak orang menjadikan oat sebagai salah satu sumber karbohidrat alternatif. Hal ini karena oat dianggap lebih baik untuk kesehatan.Apabila Anda berencana mengonsumsi oatmeal sebagai pengganti nasi, kami akan memberikan rekomendasi oatmeal terbaik dari berbagai merek. Ada QUAKER, Haverjoy, Oatsy, dan lainnya. Supaya Anda mendapatkan oatmeal yang bagus, kami akan menjabarkan poin-poin yang sebaiknya diperhatikan ketika memilih produk oatmeal. Disimak, ya!
    Makanan olahan kering
  • 10 Merk Goji Berry Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Goji Berry Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Goji berry atau wolfberry adalah buah asal Tiongkok yang berwarna merah dan berbentuk menyerupai cabai. Buah sejenis berry ini sudah dikenal sebagai suplemen sejak 2000 tahun lalu. Goji berry kaya akan vitamin A dan C, serat, zat besi, serta antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan.Saat ini, Anda bisa mendapatkan goji berry kering untuk langsung disantap. Sekalipun dikemas dalam bentuk dried fruits, hal ini tidak menyurutkan khasiatnya. Untuk membantu Anda, kami akan mengulas merek goji berry yang bagus, seperti Greenara, Granology, dan Mamiseed. Yuk, cari tahu produk yang cocok untuk Anda!
    Makanan olahan kering
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori