• 10 Rekomendasi Kebaya Muslim Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Kebaya Muslim Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Kebaya Muslim Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Kebaya Muslim Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Kebaya Muslim Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Kebaya Muslim Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Kebaya muslim merupakan salah satu pakaian tradisional yang makin banyak peminatnya. Penggunaannya pun tidak hanya untuk pernikahan saja, tetapi juga untuk menghadiri acara kondangan dan wisuda. Untuk diketahui, di pasaran ada berbagai model kebaya muslim yang ditawarkan, seperti gamis, kutu baru, dan tunik. 


Jika Anda tertarik memakai kebaya muslim, kami akan berikan tips memilihnya sekaligus merekomendasikan produk yang bagus untuk Anda. Beberapa merek terkenal, seperti Lyne Halim dan Izarabatik pun ada dalam daftar rekomendasi kami. Yuk, pilih kebaya muslim favorit Anda!

  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Apa itu kebaya muslim?

Kebaya merupakan pakaian tradisional yang digunakan oleh wanita Indonesia. Biasanya, kebaya dikombinasikan dengan bawahan berupa sarung, batik, songket, atau kain tradisional lain. Pada awalnya, kebaya dikenal sebagai busana yang digunakan oleh wanita Jawa. Namun, saat ini para wanita dari berbagai suku dan daerah pun banyak yang menggunakan kebaya. 


Dahulu, variasi model kebaya memang masih minim. Akan tetapi, seiring berkembangnya zaman, model kebaya pun makin berkembang. Salah satunya adalah kebaya muslim yang dirancang agar bisa dipakai oleh wanita muslim. Syarat utama kebaya muslim adalah dapat menutup aurat dan mudah dipadukan dengan jilbab.

Cara memilih kebaya muslim

Sebelum masuk ke bagian rekomendasi produk, mari simak terlebih dahulu cara memilih kebaya muslim yang tepat. Setidaknya ada empat poin yang perlu Anda perhatikan. Langsung saja scroll ke bawah untuk membaca pemaparannya!

Sesuaikan desainnya dengan aktivitas dan acara

Penggunaan kebaya muslim harus disesuaikan dengan kegiatan dan kebutuhan Anda. Dengan pemilihan kebaya yang tepat, Anda tentu akan lebih percaya diri saat menghadiri berbagai acara.

Kebaya berdesain sederhana, pas untuk kondangan

Kebaya berdesain sederhana, pas untuk kondangan

Jika Anda ingin menghadiri kondangan menggunakan kebaya, pilihlah kebaya dengan desain yang sederhana. Model kebaya, seperti kutubaru atau beraksen batik merupakan solusi yang tepat. Kemudian, Anda cukup memadukannya dengan jilbab berwarna senada ataupun kontras sesuai selera. Selain lebih praktis, Anda pun tetap dapat tampil stylish!

Kebaya berdesain mewah, cocok untuk acara spesial

Pemilihan kebaya untuk acara spesial, seperti wisuda atau lamaran, memang harus memiliki desain yang mewah. Kebaya dengan tambahan payet dan hiasan lainnya akan menambah kesan classy pada penampilan Anda. Anda bisa memadukan kebaya dengan kombinasi rok sepan untuk membuat tampilan jadi lebih anggun. Sudah siap membuat acara spesial makin meriah dengan kebaya berdesain mewah?

Kenali model kebaya muslim

Selain desainnya, Anda juga perlu mengenali model kebaya yang umum digunakan untuk kebaya muslim. Setiap model tersebut tentunya memiliki ciri khas masing-masing. Apa sajakah itu? Yuk, cari tahu jawabannya dalam penjelasan berikut ini.

Tunik: Panjangnya mencapai paha atau betis

Tunik merupakan pakaian longgar yang memiliki panjang sampai paha ataupun betis. Kebaya model tunik rata-rata didesain dengan warna yang polos dengan sentuhan brokat ataupun hiasan lainnya. Jadi, tak heran jika banyak seller yang menawarkan kebaya tunik lengkap dengan bawahan bermotif. 


Tak ayal, kombinasi atasan tunik polos dengan bawahan rok bermotif batik tersebut berhasil menciptakan tampilan yang lebih memikat. Sebagai informasi, kebaya tunik yang dijual satu set dengan kemeja pria bermotif senada pun sudah banyak tersedia, lho.

Jika Anda sedang membutuhkan busana tunik, Anda dapat menyimak rekomendasi produk one set tunik dari kami. Silakan klik tautan berikut ini. 

Kutubaru: Menghadirkan tampilan klasik yang timeless

Kutubaru: Menghadirkan tampilan klasik yang timeless

Kutubaru merupakan kebaya tradisional yang pamornya tak pernah redup. Ciri khas model ini, yaitu mempunyai lapisan di bagian tengah dada yang menghubungkan ujung kebaya bagian kiri dan kanan. Kebaya kutubaru umumnya memiliki panjang hingga bagian pinggul. Namun, sekarang ada juga kebaya kutubaru yang memiliki panjang hingga di bawah lutut.


Karena kebaya kutubaru memiliki desain bagian leher yang terbuka, Anda perlu menggunakan manset atau ciput ninja ketika mengenakannya. Dengan demikian, aurat Anda pun akan tetap tertutup dengan baik.

Gamis: Menjuntai hingga mata kaki, berikan kesan yang anggun

    Berbeda dari model sebelumnya, kebaya model gamis memiliki panjang hingga mata kaki. 
    Dengan panjang yang menjuntai ke bawah seperti ini, kebaya gamis akan memberikan kesan anggun saat dipakai. Selain itu, kebaya gamis umumnya diberi kerutan atau sedikit lekukan di bagian pinggang.

Jika kurang nyaman dengan produk yang membentuk lekukan tubuh, pilih saja kebaya gamis yang dilengkapi dengan kerudung syar'i. Kerudung ini terbilang lebar dan memiliki panjang yang menutupi dada. Alhasil, tampilan akhir kebaya pun tidak akan memperlihatkan lekuk tubuh Anda.

Kami juga memiliki rekomendasi gamis batik yang bisa Anda simak melalui link di bawah ini.

Model lainnya yang tak kalah menarik

Model lainnya yang tak kalah menarik

Selain tunik, kutubaru, dan gamis, ada juga model kebaya muslim lain yang menarik untuk dikoleksi. Sebagai contoh, jika ingin menonjolkan kesan modern, Anda bisa memilih kebaya model kaftan. Model ini memiliki ukuran yang longgar dengan bentuk menyerupai kelelawar. Untuk mendapatkan kesan tubuh yang singset, pilih saja kebaya kaftan dengan kerut di bagian pinggang.


Di sisi lain, untuk Anda yang ingin tampil simpel, pilihlah kebaya muslim model blus. Kebaya model blus rata-rata memiliki desain full kancing sehingga busui friendly. Anda juga bisa bebas memadukannya dengan bawahan rok tipe A-line ataupun sepan.

Perhatikan bahan yang digunakan

Perhatikan bahan yang digunakan

Supaya betah dan nyaman memakainya, Anda juga perlu memperhatikan bahan dari kebaya muslim. Karena modelnya sangat beragam, bahan yang dipakai pun otomatis bervariasi. Namun, ada lima bahan yang cukup sering digunakan untuk membuat kebaya muslim. Mari simak penjelasan singkat dari kelima bahan tersebut di bawah ini.


  • Brokat

Kain brokat dihiasi dengan dekorasi sulam dari benang perak ataupun emas sehingga mempunyai tampilan yang begitu mewah. Karena mempunyai tekstur yang cukup kasar, kain brokat perlu dilapisi kain lagi agar nyaman saat bersentuhan dengan kulit. 


  • Katun

Ciri khas dari kain katun adalah breathable sehingga Anda tidak akan mudah gerah ketika mengenakannya. Akan tetapi, kebaya muslim berbahan katun cenderung mudah kusut jika dipakai seharian.


  • Poliester

Jika Anda ingin selalu terlihat rapi saat mengenakan kebaya muslim, pilihlah yang berbahan poliester. Berbeda dengan katun, bahan ini tidak akan mudah kusut sehingga Anda bisa bebas bergerak. Namun, karena poliester merupakan bahan sintetis yang dibuat secara kimiawi, Anda yang memiliki kulit sensitif lebih baik menghindarinya.


  • Jersey

Karakteristik bahan jersey yang lembut dan fleksibel akan membuat Anda betah memakainya. Warna dari kebaya muslim berbahan jersey pun tidak mudah pudar meskipun dipakai berkali-kali. Namun, bahan jersey memiliki bentuk yang mengikuti lekuk tubuh sehingga Anda perlu memilih ukuran yang lebih longgar.


  • Maxmara

Kebaya muslim yang terbuat dari bahan maxmara cenderung ringan sehingga memberikan kesan flowy. Selain adem dipakai, kain maxmara juga memiliki look yang mengilap. Nah, agar serat kainnya tidak mudah rusak, cucilah produk berbahan maxmara menggunakan tangan.

Pilih warna kebaya berdasarkan warna kulit

Setiap wanita muslim niscaya tampil menawan ketika menggunakan kebaya. Namun, agar tampilan Anda makin menarik, pilihlah warna kebaya yang sesuai dengan warna kulit. Dengan memilih warna kebaya yang tepat, pasti kulit akan terlihat lebih cerah dan cantik. Lalu, apa warna kebaya yang pas untuk kulit Anda?

Kulit gelap: Gunakan warna yang kontras dengan kulit

Kulit gelap: Gunakan warna yang kontras dengan kulit

Bagi Anda yang memiliki kulit gelap, hindarilah warna yang memiliki kesan dark, seperti hitam, hijau daun, dan magenta. Warna-warna tersebut akan membuat kulit Anda terlihat makin kusam. Sebaliknya, gunakanlah warna yang cerah, seperti abu-abu, pink, atau khaki. Dengan memilih kebaya yang warnanya kontras, kulit Anda pun akan tampak lebih memesona.

Kulit putih: Pilihlah warna yang soft

Kulit putih: Pilihlah warna yang soft

Wanita berkulit putih akan terlihat lebih kinclong jika memilih kebaya dengan warna-warna yang soft. Sebagai contoh, pemilik kulit putih bisa mengenakan kebaya berwarna biru pastel, peach, atau baby pink. Warna-warna gelap, seperti hitam, navy, dan cokelat tua juga akan membuat penampilan Anda makin stunning. Namun, sebaiknya Anda menghindari warna nude agar kulit tidak terlihat pucat.

Kulit sawo matang: Warna yang terang patut untuk dipilih

Kulit sawo matang: Warna yang terang patut untuk dipilih

Banyak orang berpendapat, dibandingkan warna kulit lainnya, warna kulit sawo matang menampilkan kesan yang eksotis. Warna kebaya yang terang, seperti gold, pink, oranye, kuning, dan hijau akan membuat kulit Anda lebih menawan. Namun, ada beberapa warna yang perlu Anda hindari, yaitu merah bata, cokelat gelap, hijau lumut, olive, dan biru tua. Warna-warna tersebut malah akan membuat kulit Anda terlihat kusam.

10 Rekomendasi kebaya muslim terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kebaya muslim terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
10
ModelTunik
BahanBrokat import, batik
WarnaMaroon, dusty, green, mocca
UkuranAtasan: all size (lingkar dada: 110 cm, panjang: 90 cm)・Panjang rok: 78 cm
9

Lyne Halim Kebaya Blouse

02432

Mulai dari Rp 959.900,00

ModelBlus
BahanPoliester
WarnaTurquoise
Ukuran38, 40, 42, 44, 46, 48
8
ModelGamis
BahanJersey, ceruti
WarnaBaby pink, maroon, peach, grey, purple, pink, navy, green, coco
UkuranAll size (fit to XL)
7

IzarabatikDress Ulfa

Mulai dari Rp 385.000,00

ModelGamis
BahanMaxmara, tile
WarnaBaby pink
UkuranS, M, L, XL, XXL
6

WOU BATIKKebaya Batik Couple Dayana

Mulai dari Rp 427.000,00

ModelTunik
BahanAtasan wanita: brokat・Rok dan kemeja pria: katun prima
WarnaBlue
UkuranWanita: all size (lingkar dada: 100 cm, panjang baju: 85 cm)・Pria: M, L, XL
5
ModelKaftan
BahanBrokat
WarnaMaroon, navy, grey, pink
UkuranAll size (lingkar dada: 98 cm, panjang: 130 cm)
4
ModelTunik
BahanBrokat
WarnaBlack, mocca, fuchsia, baby pink, silver, maroon, gold, dan lain-lain.
UkuranM, L, XL, XXL
3

Pelangi Jaya Kebaya Kipas Sapujagat

Mulai dari Rp 270.000,00

ModelTunik
BahanKatun taffeta
WarnaRed, green, gold, silver, dan lainnya
UkuranM, L, XL, XXL
2
ModelTunik
BahanPremium brokat full furing
WarnaMaroon, grey, dusty, mocca, white, bottle, gold, navy, black
UkuranAtasan: all size (lingkar dada: 140–145cm, panjang baju: 92 cm)・Rok: all size (bisa melar sampai 125 cm)
1
ModelKutubaru
BahanKatun yoris
WarnaArmy, green, maroon, mocca, rose gold, navy, dan lainnya
UkuranM, L, XL, XXL

Tabel perbandingan produk kebaya muslim terbaik

Gambar produk
1
Kebaya Kutu Sanjani 1

2
Glowy Super Jumbo 1

3
Pelangi Jaya  Kebaya Kipas Sapujagat 1

Pelangi Jaya

4
Kebaya Jaguar Myesha 1

5
Kaftan Wulandari 1

6
WOU BATIK Kebaya Batik Couple Dayana 1

WOU BATIK

7
Izarabatik Dress Ulfa 1

Izarabatik

8
Sasmita Syar'i 1

9
Lyne Halim  Kebaya Blouse 1

Lyne Halim

10
Kebaya Syahra 1

Nama produk

Kebaya Kutu Sanjani

Glowy Super Jumbo

Kebaya Kipas Sapujagat

Kebaya Jaguar Myesha

Kaftan Wulandari

Kebaya Batik Couple Dayana

Dress Ulfa

Sasmita Syar'i

Kebaya Blouse

Kebaya Syahra

Keunggulan

Desain kutubarunya menjuntai, trendy ethnic look pun didapat

Ukurannya jumbo, cocok untuk si badan berisi!

Kombinasi penuh warna, bikin gaya makin standout!

Detail bordir bunga buat tampilan lebih feminin

Kekinian desainnya, terjangkau pula harganya!

Tampil serasi bersama pasangan saat acara lamaran? Bisa banget!

Tak akan mati gaya berkat desainnya yang charming

Tetap syar'i saat memakai kebaya

Kesan tradisional dan mewah melekat menjadi satu

Hadirkan model kebaya ala Dewi Yunani yang glamor

Harga mulai dariRp 220.000,00Rp 204.000,00Rp 270.000,00Rp 205.000,00Rp 118.000,00Rp 427.000,00Rp 385.000,00Rp 189.990,00Rp 959.900,00Rp 175.000,00
ModelKutubaruTunikTunikTunikKaftanTunikGamisGamisBlusTunik
BahanKatun yorisPremium brokat full furingKatun taffetaBrokatBrokatAtasan wanita: brokat・Rok dan kemeja pria: katun primaMaxmara, tileJersey, cerutiPoliesterBrokat import, batik
WarnaArmy, green, maroon, mocca, rose gold, navy, dan lainnyaMaroon, grey, dusty, mocca, white, bottle, gold, navy, blackRed, green, gold, silver, dan lainnyaBlack, mocca, fuchsia, baby pink, silver, maroon, gold, dan lain-lain.Maroon, navy, grey, pinkBlueBaby pinkBaby pink, maroon, peach, grey, purple, pink, navy, green, cocoTurquoiseMaroon, dusty, green, mocca
UkuranM, L, XL, XXLAtasan: all size (lingkar dada: 140–145cm, panjang baju: 92 cm)・Rok: all size (bisa melar sampai 125 cm)M, L, XL, XXLM, L, XL, XXLAll size (lingkar dada: 98 cm, panjang: 130 cm)Wanita: all size (lingkar dada: 100 cm, panjang baju: 85 cm)・Pria: M, L, XLS, M, L, XL, XXLAll size (fit to XL)38, 40, 42, 44, 46, 48Atasan: all size (lingkar dada: 110 cm, panjang: 90 cm)・Panjang rok: 78 cm
Tautan produk

Baca juga rekomendasi baju batik lainnya di sini

Pakaian tradisional Indonesia tidak hanya kebaya, ada juga batik yang memberi kesan elegan. Nah, jika Anda ingin tampil bergaya menggunakan batik, kami sudah menyiapkan beberapa artikel sebagai acuan Anda. Ada beberapa model batik, misalnya outer, long dress, dan batik untuk couple. Baca hingga tuntas dan pilihlah produk terbaik dari rekomendasi kami!

Kesimpulan

Sudahkah Anda menemukan kebaya muslim favorit Anda? Kebaya muslim bisa digunakan untuk berbagai acara, seperti wisuda, kondangan, dan lamaran. Dengan memilih produk yang tepat, Anda dapat tampil lebih percaya diri.


Namun, karena beberapa kebaya muslim didesain dengan payet dan aksesori lainnya, Anda harus berhati-hati dalam merawatnya. Nah, mari tentukan kebaya muslim favorit Anda agar kecantikan Anda makin terpancar. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Merk Kerudung Segi Empat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Kerudung Segi Empat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kerudung segi empat merupakan salah satu jilbab favorit para wanita muslim. Namun, seiring berkembangnya zaman, model dan motif dari kerudung segi empat pun makin beragam. Banyak jenis yang ditawarkan, seperti kerudung polos, bermotif, rawis, bordir, dan kerudung berdesain bolak-balik.Nah, dengan banyaknya pilihan yang ada, Anda mungkin bingung harus memilih yang mana. Karena itu, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi kerudung segi empat yang bagus. Ada merek hijab Lesti Kejora, Rabbani, Elzatta, dan Zoya. Tak hanya cocok dipakai untuk jalan-jalan, jilbab segi empat juga bisa dipakai untuk sekolah! 
    Pakaian wanita muslim
  • 10 Merk Gamis Syar'i Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Gamis Syar'i Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ingin berpenampilan islami, tetapi tetap stylish? Gamis syar'i jawabannya! Ya, gamis syar'i  kini tidak lagi identik dengan bajunya ibu-ibu. Bahkan, cukup banyak gamis syar'i remaja yang dapat Anda temukan dengan mudah di online shop. Ditambah lagi, brand-brand lokal juga banyak merilis baju gamis syar'i yang kekinian.Agar Anda tidak bingung menentukan pilihan, simaklah tips memilih gamis syar'i yang sudah kami susun untuk Anda. Berbagai merek gamis branded, seperti Rabbani, Zoya, Elzatta, dan HijabChic juga masuk dalam daftar rekomendasi kami. Yuk, temukan gamis syar'i yang bagus untuk Anda di sini!
    Pakaian wanita muslim
  • 10 Gamis Brokat Terbaik untuk Orang Gemuk (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gamis Brokat Terbaik untuk Orang Gemuk (Terbaru Tahun 2022)
    Gamis brokat atau gamis brokat renda adalah pakaian yang sangat digandrungi oleh wanita muslim Indonesia. Modelnya beragam, mulai dari gamis brokat polos hingga kombinasi batik dan bahan satin. Modelnya yang beragam membuat Anda bisa tampil santun sekaligus menawan saat momen Lebaran atau menghadiri pesta. Namun, model gamis brokat seperti apa yang cocok untuk wanita gemuk? Bacalah tips memilihnya di sini! Ada rekomendasi gamis brokat superjumbo dari berbagai merek, seperti IWEARALICE, Agnes Fashion, dan Sovinska. Tubuh gemuk dan pendek bukan halangan! Temukan gamis brokat yang bagus dan nyaman untuk Anda, ya.
    Pakaian wanita muslim
  • 10 Kebaya Wisuda Hijab Terbaik - Ditinjau oleh Fashion Stylist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kebaya Wisuda Hijab Terbaik - Ditinjau oleh Fashion Stylist (Terbaru Tahun 2022)
    Wisuda merupakan salah satu momen yang ditunggu-tunggu oleh mahasiswa. Banyak mahasiswi menggunakan kebaya saat wisuda agar tampil makin memesona. Anda yang berhijab tentu membutuhkan kebaya khusus. Jangan khawatir, sekarang tersedia berbagai model kebaya wisuda hijab, baik kebaya tradisional maupun modern.Kali ini kami akan memberikan tips memilih kebaya wisuda hijab terbaik. Kami juga mengulas sepuluh rekomendasi produk yang bagus, seperti merek Meradelima Batik, Alexuez, dan Batik Faaro. Bacalah artikelnya, lalu temukan kebaya wisuda hijab simpel dan elegan yang Anda sukai! Artikel ini sudah ditinjau oleh fashion stylist kami, Ocka Sakri.
    Pakaian wanita muslim
  • 10 Rekomendasi Hijab Pashmina Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Hijab Pashmina Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Selain kerudung segi empat, salah satu kerudung yang digemari oleh wanita muslim adalah pashmina. Karena saat ini ukuran, jenis, dan modelnya lebih beragam, pashmina cukup mencuri perhatian di kalangan hijabers. Di pasaran, tak hanya pashmina biasa yang ditawarkan, tetapi juga pashmina instan yang lebih praktis dipakai.Untuk memudahkan Anda menentukan pilihan, kami akan memberikan tips memilih dan membagikan rekomendasi produk yang bagus. Berbagai merek, seperti Rabbani, ZMNow.id, dan Lozy Hijab, memiliki pashmina berbahan nyaman, panjang, dan syar'i. Yuk, pilih yang paling sesuai untuk Anda!
    Pakaian wanita muslim
  • 10 Mukena yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mukena yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Mukena merupakan salah satu item yang digunakan wanita muslim untuk menunjang pelaksanaan salat agar rukunnya lebih sempurna. Produk mukena yang ada di pasaran cukup beragam modelnya dan memiliki kelebihan masing-masing. Karena digunakan setiap hari, pemilihan jenis mukena yang tepat akan membuat salat menjadi lebih nyaman.Nah, dalam artikel ini kami akan membahas cara memilih mukena yang bagus dengan mempertimbangkan bahan, harga, serta modelnya. Kami juga akan merekomendasikan mukena terbaik dari berbagai merek, seperti Tazbiya, Yumna, dan Jumuna yang bisa Anda pilih. Jangan lewatkan setiap informasinya, ya!
    Pakaian wanita muslim
  • 10 Merk Gamis Motif Bunga Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Gamis Motif Bunga Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu model gamis yang banyak diminati oleh wanita muslim adalah gamis motif bunga. Dengan menggunakan gamis bunga, penampilan Anda akan terlihat lebih fresh dan girly. Motif yang ditawarkan juga beragam, seperti full motif bunga kecil atau bunga besar. Ada pula gamis motif bunga kombinasi polos berbahan sifon.Agar Anda tidak salah memilih, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi gamis bunga yang bagus. Ada gamis dari merek TUNEECA, HijabChic, dan JILBRAVE yang akan kami ulas di artikel ini. Simak dahulu tips memilihnya dan temukan gamis motif bunga kekinian untuk Lebaran ataupun harian!
    Pakaian wanita muslim
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori