1. TOP
  2. >
  3. Fashion wanita
  4. >
  5. Pakaian wanita muslim
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Kebaya Muslim Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Kebaya Muslim Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Kebaya Muslim Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Kebaya Muslim Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Kebaya Muslim Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Kebaya Muslim Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Kebaya Muslim Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Kebaya merupakan salah satu pakaian tradisional yang makin digemari banyak orang, tak terkecuali para muslimah. Penggunaannya pun tidak hanya untuk pernikahan saja, tetapi juga untuk menghadiri acara kondangan dan wisuda. Untuk diketahui, di pasaran ada berbagai model kebaya muslim yang ditawarkan, seperti gamis, kutu baru, dan tunik.


Jika Anda tertarik memakai kebaya muslim, kami akan berikan tips memilihnya sekaligus merekomendasikan produk yang bagus untuk Anda. Beberapa merek terkenal, seperti Sejauh Mata Memandang dan Lyne Halim pun ada dalam daftar rekomendasi kami. Yuk, pilih kebaya muslim favorit Anda!

Diperbaharui 02-01-2023
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Halida Fatha

Halida Fatha Arrifa atau sering dipanggil Halida adalah mahasiswi S2 Kajian Pariwisata di Universitas Gadjah Mada. Karena kesukaannya dengan budaya Jepang, pada tahun 2016 hingga 2018 ia pun pernah hijrah ke Jepang untuk belajar bahasa Jepang. Bukan hanya gemar traveling dan belajar bahasa, Halida juga senang mengikuti perkembangan fashion mode di Jepang. Tak heran jika saat ini ia pun menjadi seorang fashion enthusiast dan kreator di mybest yang sering mengulas mengenai busana wanita.

Profil Halida Fatha
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace. (Diperbaharui pada 17 Januari 2023)

Apa itu kebaya muslim?

Apa itu kebaya muslim?

Kebaya merupakan pakaian tradisional yang digunakan oleh wanita Indonesia. Biasanya, kebaya dikombinasikan dengan bawahan berupa sarung, batik, songket, atau kain tradisional lain. Pada awalnya, kebaya dikenal sebagai busana yang digunakan oleh wanita Jawa. Namun, saat ini para wanita dari berbagai suku dan daerah pun banyak yang menggunakan kebaya.


Dahulu, variasi model kebaya memang masih minim. Akan tetapi, seiring berkembangnya zaman, model kebaya pun makin berkembang. Salah satunya adalah kebaya muslim yang dirancang agar bisa dipakai oleh wanita muslim. Syarat utama kebaya muslim adalah dapat menutup aurat dan mudah dipadukan dengan jilbab.

Cara memilih kebaya muslim

Sebelum masuk ke bagian rekomendasi produk, mari simak terlebih dahulu cara memilih kebaya muslim yang tepat. Setidaknya ada empat poin yang perlu Anda perhatikan. Langsung saja scroll ke bawah untuk membaca pemaparannya!

① Sesuaikan desainnya dengan aktivitas dan acara

Penggunaan kebaya muslim harus disesuaikan dengan kegiatan dan kebutuhan Anda. Dengan pemilihan kebaya yang tepat, Anda tentu akan lebih percaya diri saat menghadiri berbagai acara.

Kebaya berdesain sederhana, pas untuk kondangan

Kebaya berdesain sederhana, pas untuk kondangan

Jika Anda ingin menghadiri kondangan menggunakan kebaya, pilihlah kebaya dengan desain yang sederhana. Model kebaya, seperti kutubaru atau beraksen batik merupakan solusi yang tepat. Kemudian, Anda cukup memadukannya dengan jilbab berwarna senada ataupun kontras sesuai selera. Selain lebih praktis, Anda pun tetap dapat tampil stylish!

Kebaya berdesain mewah, cocok untuk acara spesial

Kebaya berdesain mewah, cocok untuk acara spesial

Pemilihan kebaya untuk acara spesial seperti wisuda atau lamaran memang harus memiliki desain yang mewah. Kebaya dengan tambahan payet dan hiasan lainnya akan menambah kesan classy pada penampilan Anda. Anda bisa memadukan kebaya dengan kombinasi rok sepan untuk membuat tampilan jadi lebih anggun. Sudah siap membuat acara spesial makin meriah dengan kebaya berdesain mewah?

② Kenali model kebaya muslim

Selain desainnya, Anda juga perlu mengenali model kebaya yang umum digunakan untuk kebaya muslim. Setiap model tersebut tentunya memiliki ciri khas masing-masing. Apa sajakah itu? Yuk, cari tahu jawabannya dalam penjelasan berikut ini.

Tunik: Panjangnya mencapai paha atau betis

Tunik: Panjangnya mencapai paha atau betis
Sumber: sejauh.com

Tunik merupakan pakaian longgar yang memiliki panjang sampai paha ataupun betis. Kebaya model tunik rata-rata didesain dengan warna yang polos dengan sentuhan brokat ataupun hiasan lainnya. Jadi, tak heran jika banyak seller yang menawarkan kebaya tunik lengkap dengan bawahan bermotif.


Tak ayal, kombinasi atasan tunik polos dengan bawahan rok bermotif batik tersebut berhasil menciptakan tampilan yang lebih memikat. Sebagai informasi, kebaya tunik yang dijual satu set dengan kemeja pria bermotif senada pun sudah banyak tersedia, lho.


Jika Anda sedang membutuhkan busana tunik, Anda dapat menyimak rekomendasi produk one set tunik dari kami. Silakan klik tautan berikut ini. 

Kutubaru: Menghadirkan tampilan klasik yang timeless

Kutubaru: Menghadirkan tampilan klasik yang timeless

Kutubaru merupakan kebaya tradisional yang pamornya tak pernah redup. Ciri khas model ini, yaitu mempunyai lapisan di bagian tengah dada yang menghubungkan ujung kebaya bagian kiri dan kanan. Kebaya kutubaru umumnya memiliki panjang hingga bagian pinggul. Namun, sekarang ada juga kebaya kutubaru yang memiliki panjang hingga di bawah lutut.


Karena kebaya kutubaru memiliki desain bagian leher yang terbuka, Anda perlu menggunakan manset atau ciput ninja ketika mengenakannya. Dengan demikian, aurat Anda pun akan tetap tertutup dengan baik.

Model lainnya: Tak kalah menarik untuk dipakai

Model lainnya: Tak kalah menarik untuk dipakai

    Selain kebaya tunik dan kutubaru, ada juga model kebaya muslim lain yang menarik untuk dikoleksi. Sebagai contoh, jika ingin menonjolkan kesan lebih cheerful, Anda bisa memilih kebaya model encim. Model ini memiliki ciri khas detail bordir yang colorful.


    Di sisi lain, untuk Anda yang ingin tampil simpel, pilihlah kebaya muslim model blus. Kebaya model blus rata-rata memiliki desain full kancing sehingga busui friendly. Anda juga bisa bebas memadukannya dengan bawahan rok tipe A-line ataupun sepan.

③ Perhatikan bahan yang digunakan

Perhatikan bahan yang digunakan

Supaya betah dan nyaman memakainya, Anda juga perlu memperhatikan bahan dari kebaya muslim. Karena modelnya sangat beragam, bahan yang dipakai pun otomatis bervariasi. Namun, ada empat bahan yang cukup sering digunakan untuk membuat kebaya muslim. Mari simak penjelasan singkat dari kelima bahan tersebut di bawah ini.


  • Brokat

Kain brokat dihiasi dengan dekorasi sulam dari benang perak ataupun emas sehingga mempunyai tampilan yang begitu mewah. Karena mempunyai tekstur yang cukup kasar, kain brokat perlu dilapisi kain lagi agar nyaman saat bersentuhan dengan kulit. Selain itu, kebaya brokat bisa dicuci, tetapi tidak disarankan menggunakan mesin cuci agar benangnya tidak mudah rusak.


  • Katun

Ciri khas dari kain katun adalah breathable sehingga Anda tidak akan mudah gerah ketika mengenakannya. Akan tetapi, kebaya muslim berbahan katun cenderung mudah kusut jika dipakai seharian.


  • Poliester

Jika Anda ingin selalu terlihat rapi saat mengenakan kebaya muslim, pilihlah yang berbahan poliester. Berbeda dengan katun, bahan ini tidak akan mudah kusut sehingga Anda bisa bebas bergerak. Namun, karena poliester merupakan bahan sintetis yang dibuat secara kimiawi, Anda yang memiliki kulit sensitif lebih baik menghindarinya.


  • Maxmara

Kebaya muslim yang terbuat dari bahan maxmara cenderung ringan sehingga memberikan kesan flowy. Selain adem dipakai, kain maxmara juga memiliki look yang mengilap. Nah, agar serat kainnya tidak mudah rusak, cucilah produk berbahan maxmara menggunakan tangan.


Sebagai informasi, kebaya bisa Anda setrika agar tampilannya tetap terlihat rapi. Akan tetapi, karena kebanyakan kebaya memiliki detail payet, Anda perlu berhati-hati saat menyetrikanya, ya!

④ Pilih warna kebaya berdasarkan warna kulit

Setiap wanita muslim niscaya tampil menawan ketika menggunakan kebaya. Namun, agar tampilan Anda makin menarik, pilihlah warna kebaya yang sesuai dengan warna kulit. Dengan memilih warna kebaya yang tepat, pasti kulit akan terlihat lebih cerah dan cantik. Lalu, apa warna kebaya yang pas untuk kulit Anda?

Kulit gelap: Warna yang kontras buat tampilan lebih cerah

Kulit gelap: Warna yang kontras buat tampilan lebih cerah

Bagi Anda yang memiliki kulit gelap, hindarilah warna yang memiliki kesan dark, seperti hitam, hijau daun, dan magenta. Warna-warna tersebut akan membuat kulit Anda terlihat makin gelap. Sebaliknya, gunakanlah warna yang cerah, seperti abu-abu, pink, atau khaki. Dengan memilih kebaya yang warnanya kontras, kulit Anda akan tampak lebih memesona.

Kulit putih: Warna yang soft berikan kesan lebih glowing

Kulit putih: Warna yang soft berikan kesan lebih glowing

Wanita berkulit putih akan terlihat lebih kinclong jika memilih kebaya dengan warna-warna yang soft. Sebagai contoh, pemilik kulit putih bisa mengenakan kebaya berwarna biru pastel, peach, atau baby pink. Warna-warna gelap, seperti hitam, navy, dan cokelat tua juga akan membuat penampilan Anda makin stunning. Namun, sebaiknya Anda menghindari warna nude agar kulit tidak terlihat pucat.

Kulit sawo matang: Warna yang terang mampu tampilkan look yang eksotis

Kulit sawo matang: Warna yang terang mampu tampilkan look yang eksotis

Banyak orang berpendapat, dibandingkan warna kulit lainnya, warna kulit sawo matang menampilkan kesan yang eksotis. Warna kebaya yang terang, seperti gold, pink, oranye, kuning, dan hijau akan membuat kulit Anda lebih menawan.


Namun, ada beberapa warna yang perlu Anda hindari, yaitu merah bata, cokelat gelap, hijau lumut, olive, dan biru tua. Warna-warna tersebut malah akan membuat kulit Anda terlihat kusam.

10 Rekomendasi kebaya muslim terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kebaya muslim terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

WOU BATIK

Kebaya Batik Couple Laskita

WOU BATIK Kebaya Batik Couple Laskita 1枚目

Tampil serasi bersama pasangan saat acara lamaran? Tentu bisa!

2

Izarabatik

Inayah - Gaun Kebaya Batik Modern

Izarabatik Inayah - Gaun Kebaya Batik Modern 1枚目

Hadirkan model kebaya ala dewi Yunani yang glamor

3

Setelan Kebaya Kutu Baru Long Tunik Modern

null Setelan Kebaya Kutu Baru Long Tunik Modern 1枚目

Desain kutubarunya menjuntai, trendy ethnic look pun didapat

4

Glowy Super Jumbo

 Glowy Super Jumbo 1枚目

Ukurannya jumbo, cocok untuk si badan berisi!

5

Kebaya Kutubaru Wanita Motif Jumputan Lengan Panjang

null Kebaya Kutubaru Wanita Motif Jumputan Lengan Panjang 1枚目

Busui friendly desainnya, terjangkau pula harganya!

6

Neng Lina Kebaya

Kebaya Encim Ondel Ondel Jakarta Katun Merah

Neng Lina Kebaya Kebaya Encim Ondel Ondel Jakarta Katun Merah  1枚目

Hadirkan detail bordir unik gambar ondel-ondel

7

Pelangi Jaya

Kebaya Kipas Sapujagat

Pelangi Jaya  Kebaya Kipas Sapujagat 1枚目

Kombinasi penuh warna, bikin gaya makin stand out!

8

Sejauh Mata Memandang

Kebaya Panjang "Ombak Laut"

Sejauh Mata Memandang Kebaya Panjang "Ombak Laut" 1枚目

Potongannya panjang dan longgar, cocok untuk look yang syar'i

9

Evernoon

Frodine Kebaya Laser Cut

Evernoon Frodine Kebaya Laser Cut 1枚目

Tak akan mati gaya berkat detailnya yang charming

10

Lyne Halim

Kebaya Bordir Emas

Lyne Halim Kebaya Bordir Emas 1枚目

Kesan tradisional dan mewah melekat menjadi satu

Perincian produk
Close
No.1

WOU BATIKKebaya Batik Couple Laskita

Mulai dari Rp130.000,00

Tampil serasi bersama pasangan saat acara lamaran? Tentu bisa!

Kelebihan:

  • Kebayanya sudah dilengkapi selendang yang matching
  • Dikemas dengan box eksklusif, cocok untuk kado

Kekurangan:

  • Ulasan mengatakan bahwa roknya tidak melar sehingga Anda perlu berhati-hati saat melangkah

Acara lamaran merupakan momen spesial yang pastinya dinanti oleh Anda dan pasangan. Untuk membuat acara tersebut makin berkesan, pakailah busana yang serasi, seperti produk ini.


Kebaya Batik Couple Laskita dari WOU BATIK ini terdiri dari kemeja pria dan setelan kebaya untuk wanita. Kemeja dan bawahan roknya pun didesain dengan motif yang senada. Dengan begitu, Anda dan pasangan akan tampak lebih kompak ketika memakainya.

No.2

IzarabatikInayah - Gaun Kebaya Batik Modern

Mulai dari Rp360.000,00

Hadirkan model kebaya ala dewi Yunani yang glamor

Kelebihan:

  • Terdapat detail hiasan mutiara yang membuatnya terlihat lebih menarik hati
  • Bisa membeli satu set dengan rok ataupun hijabnya

Kekurangan:

  • Tidak tersedia ukuran jumbo

Ingin memakai kebaya dengan model yang unik saat wisuda? Kalau iya, kebaya keluaran Izarabatik ini bisa menjadi solusi untuk Anda. Meskipun modelnya kebaya, produk ini memiliki nuansa modern sehingga look Anda akan tampak seperti dewi Yunani.


Tambahan kain berwarna senada, mulai dari bahu hingga paha, akan memberi kesan glamor pada penampilan Anda. Saat mengenakannya, siap-siap saja menjadi center of attention saat acara wisuda!

No.3

Setelan Kebaya Kutu Baru Long Tunik Modern

Mulai dari Rp190.000,00

Desain kutubarunya menjuntai, trendy ethnic look pun didapat

Kelebihan:

  • Ada lebih dari delapan warna yang dapat dipilih sesuai dengan selera
  • Dibuat dari bahan yang adem, lembut, dan "jatuh" di badan

Kekurangan:

  • Ulasan mengatakan bahwa bahannya cukup tipis

Apabila Anda sedang mencari kebaya kutubaru dengan model yang berbeda, produk satu ini merupakan pilihan yang tepat. Kebaya kutubaru ini didesain dengan atasan yang memanjang hingga ke bawah lutut. Desain tersebut akan menciptakan tampilan yang anggun dan luwes. Ditambah lagi, karena memiliki rok model sepan, ilusi tubuh yang ramping pun akan terlihat. 

No.4

Ukurannya jumbo, cocok untuk si badan berisi!

Kelebihan:

  • Bisa memilih dengan rok atau tanpa rok
  • Dilapisi full furing sehingga tidak akan menerawang

Kekurangan:

  • Menurut pembeli, jahitannya kurang rapi

Ini dia kebaya model tunik yang memiliki size jumbo. Bagi Anda yang memiliki badan besar ataupun berisi, pilih saja Glowy Super Jumbo ini, ya. Atasan tuniknya didesain asimetris sehingga membuat kebaya ini tampak lebih bergaya.


No more insecure berkat tampilannya yang begitu memesona! Selain itu, produk ini memiliki cukup banyak pilihan warna sehingga Anda bisa memilih sesuai dengan selera. 

No.5

Kebaya Kutubaru Wanita Motif Jumputan Lengan Panjang

Mulai dari Rp54.999,00

Busui friendly desainnya, terjangkau pula harganya!

Kelebihan:

  • Kebayanya dibuat dari bahan yang ringan, tidak tembus pandang, dan tidak melar 
  • Tersedia ukuran jumbo dengan lingkar dada 118 cm 

Kekurangan:

  • Ulasan mengatakan bahwa bahannya cukup tipis 

Jika Anda sedang mencari kebaya dengan harga yang ramah di kantong, pilih saja kebaya kutubaru ini. Selain memiliki harga cukup terjangkau, pilihan warnanya pun cantik dan bervariasi. Bergaya dengan kebaya tak harus menguras isi kantong, bukan? Selain itu, produk ini memiliki detail full kancing di bagian depan. Dengan demikian, para ibu menyusui pun jadi lebih nyaman memakainya. 

No.6

Neng Lina KebayaKebaya Encim Ondel Ondel Jakarta Katun Merah 710

Mulai dari Rp110.003,00

Hadirkan detail bordir unik gambar ondel-ondel

Kelebihan:

  • Size yang ditawarkan cukup lengkap, yakni ada delapan ukuran 
  • Ulasan mengatakan bahwa kebayanya tidak mudah membuat gerah ketika dipakai 

Kekurangan:

  • Hanya tersedia satu pilihan warna 

Jatuhkan pilihan Anda pada produk ini jika ingin memiliki kebaya dengan bordir yang antimainstream. Neng Lina Kebaya menghadirkan kebaya encim dengan balutan warna merah terang. 


Di bagian kerah hingga bawah bajunya pun diberi detail bordir bergambar bunga dan ondel-ondel ikon khas Betawi. Perpaduan gambar dan bordir berwarna-warninya membuat kebaya ini memiliki tampilan yang berbeda dan eye-catching.

No.7

Pelangi Jaya Kebaya Kipas Sapujagat

Mulai dari Rp285.000,00

Kombinasi penuh warna, bikin gaya makin stand out!

Kelebihan:

  • Memiliki detail kancing depan yang busui friendly 
  • Sudah satu set dengan rok yang senada 

Kekurangan:

  • Bahannya terbilang agak panas

Kebaya Kipas Sapujagat ini dipenuhi dengan bordir bernuansa floral. Desain bordir yang dihadirkan menggunakan bordir tempel yang dijahit dengan rapi. Jadi, bordirnya pun tak akan mudah lepas.


Produk dari Pelangi Jaya ini terdiri dari atasan tunik dan rok yang colorful, senada dengan bordirnya. Jika Anda ingin tampil stand out dengan balutan kebaya penuh warna, produk ini layak untuk dipilih.

No.8

Sejauh Mata MemandangKebaya Panjang "Ombak Laut"

Mulai dari Rp1.480.000,00

Potongannya panjang dan longgar, cocok untuk look yang syar'i

Kelebihan:

  • Hadirkan motif dengan tema ombak laut yang pancarkan kesan minimalis 

Kekurangan:

  • Karena bahannya cukup menerawang, Anda perlu memakai manset 

Produk keluaran Sejauh Mata Memandang ini merupakan pilihan tepat bagi Anda yang ingin tampil syar'i dalam balutan kebaya. Kebaya tunik ini mempunyai potongan yang terbilang cukup longgar saat dikenakan. Anda pun tak perlu khawatir lekuk badan akan tampak saat memakainya. Untuk menciptakan tampilan yang syar'i, coba padukan saja dengan kerudung yang panjang. 

No.9

EvernoonFrodine Kebaya Laser Cut

Mulai dari Rp1.310.000,00

Tak akan mati gaya berkat detailnya yang charming

Kelebihan:

  • Menawarkan berbagai pilihan ukuran, termasuk ukuran untuk pemilik badan berisi 
  • Detail aksen hiasan bunga di bagian dada membuat tampilannya tampak lebih manis 
  • Sudah dilengkapi hard box eksklusif, cocok untuk dijadikan hadiah 

Kekurangan:

  • Hanya boleh dicuci menggunakan tangan jika tidak ingin bahan cepat rusak

Kebaya model blus dari EVERNOON ini memiliki potongan yang simpel. Meskipun memiliki corak yang polos, detail laser cut yang menghiasinya akan menciptakan tampilan yang charming


Karena pilihan warnanya netral, Anda bisa dengan mudah memadukannya dengan bawahan dan hijab warna apa saja. Kebaya ini memang patut dipilih jika Anda ingin memiliki produk dengan potongan simpel serta mudah di-mix and match. 

No.10

Lyne HalimKebaya Bordir Emas7397

Mulai dari Rp1.089.900,00

Kesan tradisional dan mewah melekat menjadi satu

Kelebihan:

  • Menawarkan ukuran jumbo hingga 4XL sehingga nyaman dipakai pemilik tubuh berisi
  • Bordir warna keemasannya pancarkan kesan yang mewah dan elegan

Kekurangan:

  • Perlu memakai manset untuk menutup lengan dengan sempurna karena desain lengannya 3/4 

Kebaya Bordir Emas dari Lyne Halim ini cocok untuk menemani Anda ke kondangan atau acara pesta di kantor. Kesan tradisionalnya sangat melekat sehingga kebaya blus ini pas untuk Anda yang ingin tampil klasik. 


Selain itu, detail etnik motif bordir batik pada bagian tepi lengan, kerah, dan bawah baju membuat look-nya jadi lebih classy. Untuk gaya yang lebih sempurna, coba padukan dengan kerudung berwarna senada dan rok lilit batik.

Baca juga rekomendasi baju batik lainnya di sini

Pakaian tradisional Indonesia tidak hanya kebaya, ada juga batik yang memberi kesan elegan. Nah, jika Anda ingin tampil bergaya menggunakan batik, kami sudah menyiapkan beberapa artikel sebagai referensi. Ada beberapa model batik, misalnya outer, long dress, dan batik untuk couple. Baca hingga tuntas dan pilihlah produk favorit Anda!

Kesimpulan

Sudahkah Anda menemukan kebaya muslim favorit Anda? Kebaya muslim bisa digunakan untuk berbagai acara, seperti wisuda, kondangan, dan lamaran. Dengan memilih produk yang tepat, Anda dapat tampil lebih percaya diri.


Namun, karena beberapa kebaya muslim didesain dengan payet dan berbagai aksesori lain, Anda harus berhati-hati dalam merawatnya. Nah, mari tentukan kebaya muslim yang tepat agar kecantikan Anda makin terpancar. Selamat berbelanja!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer