• 10 Merk Teh Oolong Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Merk Teh Oolong Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Merk Teh Oolong Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Merk Teh Oolong Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Merk Teh Oolong Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Merk Teh Oolong Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)

Buatlah waktu afternoon tea Anda menjadi lebih berkesan dengan teh oolong! Selain memiliki fungsi pengobatan, teh oolong juga bisa dinikmati saat bersantai. Jika Anda tak sempat ke restoran Tiongkok, cobalah menyeduh teh oolong sendiri di rumah.


Teh oolong tersedia dalam berbagai jenis, seperti versi tubruk, celup, dan instan. Beberapa merek teh kenamaan, seperti Dilmah dan East Java & Co merilis teh oolong berkualitas tinggi. Anda pun bisa membeli merek teh oolong lain yang kualitasnya tak kalah bersaing. Mari simak artikel ini yang berkolaborasi dengan konsultan dan spesialis teh, Muhammad Ashfiya. 

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Muhammad Ashfiya
  • Pembaharuan terakhir: 02 September 2021
  • 3.098 Views
Daftar isi

Profil pakar: Konsultan dan spesialis teh, Muhammad Ashfiya

Profil pakar: Konsultan dan spesialis teh, Muhammad Ashfiya

Pencinta teh sekaligus tea specialist ini berfokus pada tea testing dan quality control product. Inspirasi Ashfiya untuk menyebarkan informasi mengenai teh berawal dari hadiah teh premium yang diterimanya dari sesama rekan tester.


Ashfiya menyebarkan informasi mengenai teh melalui platform media sosial yang sudah dirintis sejak tahun 2017. Ia juga sering mengisi kelas dan seminar untuk sesama tea lovers. Tulisan Ashfiya seputar informasi edukasi teh bisa didapatkan di akun Instagram @tehnusantara.

Apa itu teh oolong?

Apa itu teh oolong?

Nama teh oolong tentu masih cukup asing bagi penikmat teh di Indonesia. Kondisi ini bukan tanpa alasan, lho. Hal ini karena teh oolong memang bukan berasal dari Indonesia, melainkan dari Fujian, Tiongkok. Teh herbal ini disajikan secara eksklusif di restoran Tiongkok bersama-sama dengan dimsum. 


Perbedaan mendasar teh oolong dengan teh jenis lain adalah dari proses oksidasinya. Kabarnya, teh oolong mengalami proses oksidasi dalam rentang 20% sampai 40%. Dengan demikian, teh oolong memiliki aroma yang khas dan cita rasa yang pas. Warna daun tehnya pun kombinasi antara warna hitam dan hijau. 

Muhammad Ashfiya
Tea tester, tea specialist, and tea consultant
Muhammad Ashfiya

Teh oolong adalah jenis teh yang teroksidasi sebagian. Oksidasi teh oolong terbagi atas beberapa tingkat, mulai dari 20%, 40%, 60%, sampai 80%. Teh dari Cina ini memiliki kurang lebih 800 varian yang sudah teridentifikasi. Selain negara asalnya, teh oolong juga banyak diproduksi di Taiwan, Vietnam, Jepang, bahkan Indonesia.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih teh oolong

Anda yang baru pertama kali membeli teh oolong pasti akan kehilangan arah karena banyaknya produk yang bisa dipilih. Hal utama yang harus Anda perhatikan adalah cara penyajian dan tipe teh oolong. Dengan demikian, Anda dapat menemukan produk teh oolong terbaik yang sesuai dengan kebutuhan. 

Pilih cara penyajian yang paling sesuai dengan selera

Teh oolong dapat disajikan dengan tiga cara, yaitu tubruk, celup, dan instan dalam bentuk cair. Ketiga cara penyajian teh oolong ini dapat disesuaikan dengan selera dan kebutuhan Anda. Misalnya, Anda yang supersibuk bisa memilih tipe cair yang bisa langsung diminum. Untuk penjelasan selengkapnya, silakan baca ulasan berikut ini.

Teh tubruk: Classy dan autentik

Teh tubruk: Classy dan autentik

Untuk tea lovers kelas berat, rasanya kurang puas jika tidak menyaksikan proses daun-daun teh kering yang mengembang saat disiram air panas hingga teh siap untuk diminum. Meski terkesan kurang praktis, proses menyeduh teh ini sendiri yang menjadi magnet utama dari teh tubruk. 


Rasa-rasanya teh tubruk lebih classy dan autentik dibandingkan cara penyajian yang instan seperti teh celup dan teh botol cair. Anda pun bisa memadukan berbagai varian teh oolong tubruk dengan cangkir yang cantik untuk menemani agenda afternoon tea Anda. 


Selain itu, teh tubruk juga dinilai lebih sehat karena tidak perlu dibungkus dengan bahan plastik layaknya teh celup. Pasalnya, beberapa merek teh celup memakai kantong yang mengandung microplastics. 

Muhammad Ashfiya
Tea tester, tea specialist, and tea consultant
Muhammad Ashfiya

Tubruk atau the classic way adalah cara terbaik untuk menikmati teh. Selain bisa melihat atraksi "dancing leaves" yang sangat anggun, Anda juga dapat belajar mengapresiasi proses penyeduhan teh. 


Proses penyeduhan teh dimulai dari memilih alat seduh, menentukan air yang cocok, serta proses perebusan air. Setelah itu, proses ini dilanjutkan dengan menuang air, steeping, kemudian pemisahan liquor dan leaves infusion. Terakhir, Anda akan menikmati hasil seduhan yang indah dan mencium aroma teh yang menarik. 

Teh celup: Menyeduh bebas ribet

Teh celup: Menyeduh bebas ribet

Teh celup menjadi tipe primadona seluruh kalangan masyarakat karena Anda bisa menyeduh teh sesuai selera tanpa harus berurusan dengan ampasnya! Dibandingkan teh tubruk yang menghasilkan ampas, kantong teh celup bisa langsung diangkat dan dibuang bebas ribet tanpa harus disaring. Meskipun begitu, Anda perlu memperhatikan cara penyeduhan teh celup yang benar. 


Setelah kantong teh direndam dalam air panas, segera angkat kantong tersebut. Jika Anda tetap membiarkan kantong tersebut di dalam cangkir, partikel microplastics dan nanoplastics akan bercampur dengan teh Anda. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk segera mengangkat kantong teh setelah tiga menit. 

Muhammad Ashfiya
Tea tester, tea specialist, and tea consultant
Muhammad Ashfiya

Tea bag atau teh celup adalah cara menikmati teh yang tergolong cukup baru. Bagi Anda yang menginginkan kepraktisan dan kemudahan saat waktu sedang terbatas, cara seduh inilah yang tepat. Hal yang terpenting, perhatikan kesegaran teh yang akan Anda seduh. Jangan lupa juga untuk mengangkat kantong teh setelah ekstraksi yang kita inginkan tercapai.

Teh cair: Bisa dibawa ke mana saja

Teh cair: Bisa dibawa ke mana saja

Teh oolong pun ada versi instannya, lho! Anda bisa memilih teh oolong cair dalam kemasan botolan yang bisa langsung diminum. Tipe ini bisa menjadi favorit bagi Anda yang supersibuk atau jika ingin dibawa saat bepergian. Menariknya, ada beberapa produk yang menyediakan teh oolong tanpa gula. Anda yang sedang berdiet tetap bisa menikmati kelezatan sebotol sugarless oolong tea.  

Muhammad Ashfiya
Tea tester, tea specialist, and tea consultant
Muhammad Ashfiya

Ready-to-Drink Tea atau RTD juga diperuntukkan bagi mereka yang ingin minum teh dengan simpel. Anda bisa membuat cold brew tea di rumah dengan rasio yang Anda inginkan. Teh ini kemudian bisa Anda nikmati di mana pun dan kapan pun Anda mau.

Cari tahu khasiatnya bagi kesehatan tubuh

Cari tahu khasiatnya bagi kesehatan tubuh

Apa sih tujuan Anda meminum teh oolong? Tak bisa dimungkiri, beberapa orang sengaja meminum teh oolong karena tergiur dengan khasiatnya. Setelah ditelisik lebih dalam, teh oolong ampuh mengatasi berbagai jenis penyakit. Hal ini tergantung pada jenis teh, cara pengolahan, dan bahan tambahan yang digunakan. 


Namun, secara garis besar teh oolong dipercaya memiliki manfaat seperti di bawah ini:


  • Teh herbal yang mampu mengatasi deretan penyakit berbahaya, seperti jantung, kanker, kolesterol, dan diabetes. 
  • Mengandung antioksidan tinggi yaitu polifenol yang sanggup melarutkan lemak tubuh yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan kolesterol.  
  • Kandungan antioksidan ini juga bagus untuk menjaga kesehatan kulit, khususnya dari efek sinar UV yang mengancam kesehatan kulit dan mencegah produksi minyak berlebih. 
  • Mengandung fluoride yang juga akan menguatkan gigi Anda. 


Dari sekian banyak khasiatnya, Anda tak bisa menampik fakta bahwa teh oolong yang mengandung antioksidan L-theanine ini aman untuk lambung. Mesti diingat, teh oolong ini juga mengandung kafein. Makanya, pastikan Anda mengonsumsi teh oolong secara bijak agar tidak memberikan efek negatif di tubuh Anda. 

Perhatikan juga lokasi pembudidayaan teh

Perhatikan juga lokasi pembudidayaan teh

Mengapa kita harus memperhatikan lokasi pembudidayaan teh? Pasalnya, dengan mengetahui lokasi pembudidayaan teh, Anda bisa mengetahui kualitas produk. Misalnya, banyak produk teh oolong yang berasal dari Gunung Halimun di Jawa Barat. 


Daerah pegunungan ini terkenal memiliki tanah vulkanis yang subur sehingga kandungan gizi di teh oolong pun makin tinggi. Karena itu, lokasi pembudidayaan teh bisa dijadikan pertimbangan saat memilih teh oolong. 

Muhammad Ashfiya
Tea tester, tea specialist, and tea consultant
Muhammad Ashfiya

Teh dengan segala keunikannya memiliki ciri khas yang berbeda sesuai dengan daerah penanamannya. Di Indonesia, teh oolong dari Pengalengan, Bandung yang ditanam di daerah berkabut dengan ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut tentu berbeda dengan teh yang ditanam di ketinggian 1000 meter.

Pilih produk lokal atau impor? Ini dia pertimbangannya!

Pilih produk lokal atau impor? Ini dia pertimbangannya!

Pasar teh oolong di Indonesia memang masih dikuasai oleh produk dari Taiwan dan Tiongkok. Maklum saja, teh oolong memang berasal dari Tiongkok. Jadi, tak salah apabila banyak produk teh oolong berkualitas tinggi dari kedua negara ini yang dijual di online shop Indonesia. 


Meskipun begitu, petani Indonesia sudah ada yang mulai membudidayakan teh Camellia sinensis yang menjadi bahan utama pembuatan teh oolong. Dengan terjunnya produsen lokal dalam persaingan teh oolong di Indonesia, Anda pun akan memiliki lebih banyak pilihan. 


Kedua produk sama-sama berkualitas dan memiliki khasiat dan cita rasa yang berbeda-beda. Silakan untuk memilih produk yang sesuai kebutuhan. Menengok saat ini tengah ada pandemi COVID-19, Anda dapat mempertimbangkan produk lokal karena bisa saja pengiriman dari luar negeri akan memakan waktu yang lebih lama. 

Muhammad Ashfiya
Tea tester, tea specialist, and tea consultant
Muhammad Ashfiya

Anda bisa memilih teh oolong produksi lokal. Selain mendukung #ekonomilokal, teh produksi lokal juga terjaga kesegarannya karena tidak melalui proses pengiriman. Pengiriman teh biasanya dilakukan melalui kapal yang memakan waktu berminggu-minggu. Hal ini tentu akan mengurangi kesegaran dari teh itu sendiri. 

Jika ingin lebih sehat, pertimbangkan teh oolong organik

Jika ingin lebih sehat, pertimbangkan teh oolong organik

Dewasa ini, produsen teh terus berlomba-lomba menciptakan teh oolong berkualitas tinggi. Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan lingkungan dan minuman sehat, produsen juga memproduksi teh oolong organik. 


Teh oolong organik berasal dari daun teh yang ditanam secara organik bebas pestisida. Setelah itu, daun teh akan diolah secara alami tanpa pengawet dan bahan kimia lainnya. Maka dari itu, teh oolong organik dijual dengan harga yang lebih mahal karena proses budidaya dan pengolahan yang memakan waktu dan biaya. Setimpal dengan harganya, teh oolong organik punya kualitas yang baik. 

Muhammad Ashfiya
Tea tester, tea specialist, and tea consultant
Muhammad Ashfiya

Produk teh oolong organik cocok bagi anda yang menginginkan khasiat teh yang lebih optimal. Hal ini karena organic treatment dengan pupuk alami lebih ramah terhadap lingkungan. Selain itu, organic treatment juga bisa membuat pohon teh menjadi lebih awet.


Mulailah minum teh berkualitas dan belajar mengapresiasi tiap prosesnya. Sampai saat ini, budaya minum teh bisa bertahan sampai ribuan tahun berkat apresiasi yang tinggi dari penikmatnya.

10 Rekomendasi teh oolong terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk teh oolong terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari tea specialist Muhammad Ashfiya. 

10
Jenis produk Celup
Isi20 kantong
9

Savis TeaOrganic Halimun Oolong

Mulai dari Rp 165.000,00

Jenis produk Tubruk
Isi60 gr
8
Jenis produk Cair
Isi450 ml
7

Teh Dandang Oolong Tea

Mulai dari Rp 150.000,00

Jenis produk Tubruk
Isi150 gr
6
Jenis produk Cair
Isi450 ml
5
Jenis produk Cair
Isi500 ml
4
Jenis produkTubruk
Isi35 gr
3

TEMA teaCourage

Mulai dari Rp 145.000,00

Jenis produk Celup
Isi15 kantong
2

East Java & CoOrganic Oolong Tea -Loose Leaf

Mulai dari Rp 116.000,00

Jenis produk Tubruk
Isi80 gr
1
Jenis produk Celup
Isi20 kantong

Tabel perbandingan produk teh oolong terbaik

Gambar produk
1
Dilmah Traditional Oolong 1

Dilmah

2
East Java & Co Organic Oolong Tea -Loose Leaf  1

East Java & Co

3
TEMA tea Courage 1

TEMA tea

4
Havilla Tea Guranse Oolong  1

Havilla Tea

5
ITO EN Oolong Tea 1

ITO EN

6
Suntory MYTEA Teh Poci 1

Suntory

7
Teh Dandang  Oolong Tea 1

Teh Dandang

8
Pokka Oolong Tea Less Sugar  1

Pokka

9
Savis Tea Organic Halimun Oolong  1

Savis Tea

10
Teh 63 Jawa Oolong Natural Teabag 1

Teh 63

Nama produk

Traditional Oolong

Organic Oolong Tea -Loose Leaf

Courage

Guranse Oolong

Oolong Tea

MYTEA Teh Poci

Oolong Tea

Oolong Tea Less Sugar

Organic Halimun Oolong

Jawa Oolong Natural Teabag

Keunggulan

Tekstur velvet-nya sungguh berkelas

Memiliki aroma khas tanah vulkanis

Kombinasi tak biasa, rasa manis dan sepat jadi satu

Teh produksi Nepal dengan kemasan glowing

Pahit di awal, rasa manis di akhir tegukan

Apa pun acaranya, minumnya MYTEA!

Nikmati proses penyeduhan teh yang memanjakan mata!

Ngeteh cantik bebas gemuk!

Melihat refleksi alam lestari Gunung Halimun dalam secangkir teh!

Ampuh untuk mencegah beragam penyakit mematikan

Harga mulai dariRp 76.000,00Rp 116.000,00Rp 145.000,00Rp 135.000,00Rp 9.000,00Rp 39.600,00Rp 150.000,00Rp 5.500,00Rp 165.000,00Rp 45.000,00
Jenis produk CelupTubrukCelupTubrukCairCairTubrukCairTubruk Celup
Isi20 kantong80 gr15 kantong35 gr500 ml450 ml150 gr450 ml60 gr20 kantong
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk teh lainnya di sini

Pencinta teh layak berbahagia karena banyaknya tipe teh yang bisa Anda cicipi di dunia ini. Setelah memasukkan teh oolong ke dalam daftar favorit, Anda juga bisa melirik beberapa tipe teh lainnya di sini. Mulai dari teh apel sampai teh jagung, bisa Anda temukan di artikel-artikel rekomendasi teh terbaik di bawah ini.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan tipe teh oolong yang paling sesuai dengan gaya hidup Anda? Ketiga tipe teh oolong di atas punya keunggulan sendiri-sendiri. Anda pun bisa mengonsumsinya secara fleksibel sesuai dengan kebutuhan dan kondisi. Jika ingin yang lebih sehat, Anda bisa memilih yang organik! Kalau bukan sekarang, kapan lagi Anda ingin memulai gaya hidup sehat? 

Artikel terkait

  • 10 Merk Teh Jahe Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Teh Jahe Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Teh jahe sangat pas diminum saat cuaca dingin karena khasiat jahe yang mampu menghangatkan badan dan meningkatkan metabolisme. Minuman ini juga dianjurkan bagi Anda yang sedang diet atau ingin menjaga kesehatan. Namun, saat ini banyak varian teh jahe di pasaran yang mungkin akan membingungkan Anda.Kali ini, kami akan menjelaskan beberapa poin tentang cara memilih teh jahe yang enak sesuai selera dan kebutuhan. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek teh jahe terbaik seperti Savis Tea, Kepala Djenggot, dan Yogi. Yuk, dapatkan teh jahe terbaik agar mendatangkan manfaat maksimal bagi tubuh!
    Teh & kopi
    8.146 Views
  • 10 Kopi Organik Terbaik - Ditinjau oleh Konsultan Kopi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Kopi Organik Terbaik - Ditinjau oleh Konsultan Kopi (Terbaru Tahun 2021)
    Banyak pencinta kopi yang ingin mencoba atau merasakan sensasi minum kopi organik. Kopi organik adalah kopi yang seluruh proses penanamannya tidak menggunakan pestisida atau bahan kimia lainnya. Di Indonesia, ada beberapa merk kopi organik terkenal, seperti Tjap Djaran, HiBo, dan Le Conducteur.Bagi produsen, mendapatkan sertifikasi kopi organik tentu tidak mudah karena tidak banyak biji kopi yang benar-benar organik. Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan membagikan cara memilih kopi organik yang tepat. Jangan lupa, simak juga komentar coffee consultant, Deni Dermanto, di artikel ini.
    Teh & kopi
    8.965 Views
  • 10 Teh Terbaik yang Tidak Mengandung Kafein - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Teh Terbaik yang Tidak Mengandung Kafein - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda seorang pencinta teh, sebaiknya Anda berhati-hati dengan asupan kafein yang Anda konsumsi sehari-hari. Kelebihan kafein dapat membahayakan, terutama bagi wanita hamil. Sebagai alternatif, Anda dapat beralih ke teh tanpa kafein yang terbuat dari bahan biji-bijian atau akar tanaman.Berbagai jenis teh tanpa kafein telah beredar di pasaran, mulai dari teh gandum, jagung, hingga rooibos. Agar Anda tidak kebingungan, tea specialist, Neysa Valeria akan memberikan informasi tambahan di artikel ini. Kami juga akan merekomendasikan teh yang enak dari berbagai merek terkenal, seperti Yogi, Sempio, atau Traditional Medicinals. Selamat membaca!
    Teh & kopi
    24.090 Views
  • 10 Rekomendasi Minuman Teh dalam Kemasan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Minuman Teh dalam Kemasan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Minuman teh dalam kemasan selalu menjadi produk top of mind saat Anda mencari pelepas dahaga. Ada banyak brand minuman teh dalam kemasan yang dijual di pasaran. Rasanya pun terbilang cukup beragam, mulai dari rasa original sampai milk tea yang creamy.Kali ini, kami akan memperkenalkan berbagai minuman teh dalam kemasan. Simaklah tips dari kami tentang cara memilih minuman teh dalam kemasan. Kami juga akan memberikan rekomendasi minuman teh dalam kemasan terbaik, seperti Tehbotol Sosro, Teh Pucuk, Fruit Tea, dan banyak lainnya. Simak pembahasan kami dan temukan minuman teh yang menarik!
    Teh & kopi
    3.040 Views
  • 10 Merk Kopi Toraja Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Kopi Toraja Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kopi Toraja adalah kopi terbaik dari dataran tinggi Sulawesi Selatan. Kopi tersebut kaya rasa, memiliki fruity aftertaste, dan tingkat keasaman yang memanjakan lidah. Biji kopi Toraja pun menjadi rebutan penikmat kopi dari berbagai negara.Meskipun membahas kenikmatan kopi Toraja tidak akan ada habisnya, kami akan mengulasnya untuk Anda. Sejarah kopi Toraja, ciri khas atau karakteristiknya, hingga beberapa jenis terbaik, seperti Toraja Sapan atau Kalosi, ada di artikel ini. Kami juga akan merekomendasikan kopi Toraja asli dari merk terkenal seperti Excelso, Top Coffee, dan Tanamera. 
    Teh & kopi
    1.856 Views
  • 10 Merk Kopi Sidikalang Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Kopi Sidikalang Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kopi Sidikalang adalah salah satu kopi kebanggaan masyarakat Medan, Sumatera Utara. Karakter kopi Sidikalang yang cenderung asam dan tidak begitu pahit membuatnya bisa dinikmati berbagai kalangan. Sering kali, kopi Sidikalang menjadi solusi bagi penderita mag yang tetap ingin menikmati kopi. Popularitas kopi Sidikalang mungkin tidak setenar zaman dahulu, tetapi kopi ini tetap dicari-cari oleh penikmatnya, terutama varian arabika premiumnya.Di artikel ini kami akan memberikan tips memilih kopi Sidikalang paling enak dengan harga yang bersahabat. Merk terkenal seperti Cap King Kong Dunia, Tanpak Sidikalang, atau Tagetto akan kami rekomendasikan untuk Anda. 
    Teh & kopi
    1.159 Views
  • 10 Merk Kopi Vietnam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Kopi Vietnam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kopi Vietnam adalah kopi dengan teknik penyeduhan yang khas Vietnam. Negara Vietnam merupakan produsen biji kopi robusta terbesar kedua di dunia. Jadi, tidak heran bila Vietnam terkenal dengan kopinya. Hal yang membuatnya khas adalah teknik penyeduhannya yang menggunakan dripper sehingga sering disebut kopi Vietnam drip.Jika Anda ingin membuat kopi Vietnam sendiri, artikel ini adalah artikel yang tepat. Kami akan mengulas kopi Vietnam yang bagus dari berbagai merk, seperti G7 Trung Nguyen, King Coffee, atau Café PHO. Bacalah artikel ini dan dapatkan kopi Vietnam terenak untuk menemani hari-hari Anda.
    Teh & kopi
    682 Views
  • 10 Produk Excelso Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Produk Excelso Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Anda pasti sudah familier dengan nama Excelso. Merk kopi yang memiliki banyak gerai kafe di Indonesia ini juga menjual kopi kemasan. Anda bisa membeli kopi kemasan Excelso langsung di gerainya, swalayan, maupun secara online.Kopi Excelso memiliki beragam varian yang enak, seperti Kalosi Toraja, Arabica Gold, dan Robusta Gold. Karena itu, kali ini kami akan merekomendasikan sepuluh kopi Excelso terbaik versi kami. Selain itu, kami juga akan memberikan tips memilihnya agar sesuai dengan preferensi Anda. Selamat berburu kopi!
    Teh & kopi
    1.675 Views
  • 10 Merk Kopi Kintamani Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Kopi Kintamani Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Para penikmat kopi pastinya sudah tidak asing lagi dengan kopi Kintamani khas Bali. Kopi Kintamani adalah kopi yang terkenal memiliki cita rasa unik dengan sensasi citrus. Untuk Anda yang baru ingin mencoba kopi Kintamani Bali, Anda bisa membaca artikel ini terlebih dahulu.  Kami akan mengulas tentang rekomendasi produk kopi Kintamani beserta cara memilihnya. Anda akan menemukan beberapa merk kopi Kintamani arabica yang enak, seperti Otten Coffee, Tanamera Coffee, dan Sentra Kopi. Buat Anda yang penasaran, langsung scroll ke bawah, yuk!
    Teh & kopi
    297 Views
  • 10 Rekomendasi Kopi Malabar Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kopi Malabar Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kopi malabar adalah sebutan untuk kopi yang diproduksi di area Gunung Malabar, Jawa Barat. Kopi arabika merupakan jenis kopi malabar yang sering diunggulkan dari segi rasa dan kualitas. Sudah menjadi rahasia umum bahwa perbedaan kopi arabika dan robusta salah satunya terletak pada tingkat keasamannya.Apakah Anda sudah mahir memilih kopi malabar yang enak atau masih kerap bingung saat menentukan pilihan? Supaya memudahkan Anda memilih, beberapa tips di bawah ini dapat menjadi pertimbangan. Bacalah artikel ini sampai habis untuk mengetahui rekomendasi kopi malabar terbaik, mulai dari merek Otten sampai Tanamera Coffee.
    Teh & kopi
    138 Views
  • Artikel populer

  • 10 Merk Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Biji dan bubuk kopi berkualitas adalah faktor utama yang menentukan kenikmatan kopi yang Anda seduh. Anda bisa memilih kopi yang paling disukai, mulai dari kopi arabika, robusta, luwak, espresso, hingga kopi tanpa ampas. Bagi yang baru mendalami dunia kopi, mungkin memilih biji dan bubuk kopi yang bagus bisa menjadi kesulitan tersendiri.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih biji kopi dan bubuk kopi yang enak untuk Anda. Berbagai rekomendasi merk kopi terbaik, seperti JJ Royal Coffee, Nescafe, Kapal Api, hingga Otten akan turut kami ulas. Silakan baca terus artikel ini!
    Teh & kopi
    93.692 Views
  • 10 Rekomendasi Krimer Terbaik untuk Kopi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Krimer Terbaik untuk Kopi (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi sebagian orang, menikmati kopi adalah hal penting sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Namun, tidak semua orang menggemari kopi hitam yang cenderung pahit. Nah, krimer hadir sebagai pelengkap agar kopi hitam terasa lebih creamy dan lebih lembut rasa pahitnya.Ada berbagai pilihan krimer dari bermacam-macam brand, seperti Nestle, Coffindo, Kapal Api, dan Max Creamer. Dari sekian banyaknya krimer di pasaran, manakah yang paling pas sebagai pelengkap kopi Anda? Cari tahu hal-hal yang harus diperhatikan dan produk-produk krimer terbaik di bawah ini!
    Teh & kopi
    74.612 Views
  • 10 Teh Chamomile Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Teh Chamomile Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    Teh merupakan minuman yang sudah umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Ada begitu banyak jenis teh yang dijual di pasaran dengan beragam rasa dan aroma. Salah satu jenis teh yang diracik untuk memenuhi kebutuhan akan minuman herbal adalah teh chamomile.Dengan banyaknya pilihan, Anda mungkin bingung memilih produk yang enak. Karena itu, kami akan membagikan tips memilih teh chamomile dan menjelaskan manfaatnya. Kami juga akan mengulas sepuluh produk teh chamomile dari merk Lipton, Dilmah, Twinings, dan lainnya. Selain itu, cek juga komentar tea specialist, Neysa Valeria di artikel ini, ya!
    Teh & kopi
    80.911 Views
  • 10 Rekomendasi Kopi Decaf Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kopi Decaf Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi sebagian orang, minum kopi merupakan aktivitas yang menyenangkan sekaligus dapat membuat mata melek. Sayangnya, kandungan kafeina di dalam kopi memberi efek yang kurang baik untuk beberapa orang. Sebagai solusi minum kopi yang aman, Anda dapat mengonsumsi kopi decaf, kopi dengan kadar kafeina yang rendah.Untuk Anda yang tertarik dengan kopi decaf, kami telah menyiapkan informasi tentang cara memilih produknya. Kami juga akan memberikan rekomendasi kopi decaf terbaik. Nescafé, Illy, dan berbagai merek kopi lokal ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel ini untuk mendapatkan informasi menarik tentang kopi decaf.
    Teh & kopi
    12.170 Views
  • 10 Teh Terbaik yang Tidak Mengandung Kafein - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Teh Terbaik yang Tidak Mengandung Kafein - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda seorang pencinta teh, sebaiknya Anda berhati-hati dengan asupan kafein yang Anda konsumsi sehari-hari. Kelebihan kafein dapat membahayakan, terutama bagi wanita hamil. Sebagai alternatif, Anda dapat beralih ke teh tanpa kafein yang terbuat dari bahan biji-bijian atau akar tanaman.Berbagai jenis teh tanpa kafein telah beredar di pasaran, mulai dari teh gandum, jagung, hingga rooibos. Agar Anda tidak kebingungan, tea specialist, Neysa Valeria akan memberikan informasi tambahan di artikel ini. Kami juga akan merekomendasikan teh yang enak dari berbagai merek terkenal, seperti Yogi, Sempio, atau Traditional Medicinals. Selamat membaca!
    Teh & kopi
    24.090 Views
  • 10 Rekomendasi Good Day Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Good Day Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Good Day Coffee merupakan salah satu merek kopi yang populer di Indonesia. Selain murah dan praktis, pilihan rasa yang ditawarkan juga variatif. Good Day Coffee mengemas produknya dengan kekinian sehingga banyak anak muda menggemarinya. Dari banyaknya pilihan, manakah yang sebaiknya dipilih?Kali ini, kami akan memberikan tips untuk memilih produk Good Day Coffee yang paling sesuai. Tak lupa, kami akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik dari Good Day Coffee, seperti Coffee Freeze, Tiramisu Bliss Coffee, dan Cappuccino. Bersiaplah untuk menikmati varian rasa seru dari Good Day Coffee!
    Teh & kopi
    4.569 Views
  • 10 Merk Kopi Lampung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Kopi Lampung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat ini, kebiasaan minum kopi menjadi sebuah tren tersendiri, khususnya di kalangan anak muda. Nah, bagi Anda para pencinta kopi, sudahkah Anda mencicipi cita rasa kopi Lampung? Varietas kopi yang dikembangkan di provinisi Lampung ini terkenal akan rasanya yang strong dan berkarakter.Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa membaca ulasan kami berikut ini mengenai kopi Lampung. Kami akan memberikan tips memilih kopi Lampung beserta rekomendasi produknya. Merk kopi Lampung paling enak seperti Artcofie, Arutala Coffee, dan Seven Bika juga akan kami ulas di sini. Silakan disimak!
    Teh & kopi
    527 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori