• 10 Rekomendasi Alat Olahraga Tangan Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Alat Olahraga Tangan Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Alat Olahraga Tangan Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Alat Olahraga Tangan Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Alat Olahraga Tangan Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Alat Olahraga Tangan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Olahraga untuk tangan memang tidak boleh dilupakan. Selain untuk membentuk otot, olahraga tangan berguna untuk proses rehabilitasi setelah cedera atau stroke. Berbagai alat olahraga untuk tangan memiliki ukuran yang kecil dan mudah disimpan, serta dapat dengan mudah Anda temukan.


Agar tidak salah memilih alat olahraga untuk tangan, kami akan memberikan tipsnya bagi Anda. Tak lupa, kami juga mengulas sepuluh rekomendasi produk terbaik. Berbagai merek yang bagus, seperti Kettler, Happyfit, dan Speeds ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel ini dan temukan alat olahraga tangan yang Anda butuhkan!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 05 Juli 2022
Daftar isi

Apa itu olahraga tangan?

Olahraga tangan merupakan kegiatan olahraga yang didominasi oleh tangan. Aktivitas ini umumnya difokuskan untuk melatih kekuatan otot tangan, baik untuk keperluan olahraga lanjutan maupun latihan musik. Olahraga tangan bisa digolongkan sebagai olahraga yang praktis dan tidak membutuhkan banyak alat.


Beberapa manfaat olahraga tangan yang bisa dirasakan, mulai dari menguatkan otot-otot dan jari-jari hingga meningkatkan metabolisme tubuh. Yuk, simak bagian selanjutnya di mana kami akan menjelaskan cara memilih alat olahraga tangan!

Cara memilih alat olahraga tangan

Alat olahraga dirancang untuk berbagai otot. Agar Anda tidak salah memilih, simaklah tips kami berikut ini. Kami rangkum dalam beberapa poin untuk memudahkan Anda.

Pilih alat sesuai otot yang ingin dilatih

Pilih alat sesuai otot yang ingin dilatih

Hal pertama yang harus Anda perhatikan dalam memilih alat olahraga untuk tangan adalah otot yang akan Anda latih. Tangan terbagi menjadi jari, telapak tangan, pergelangan tangan, lengan bawah atau forearm, dan lengan atas. Setiap alat olahraga tangan dirancang khusus untuk bagian tertentu. Berikut ini adalah beberapa nama alat olahraga tangan yang bisa Anda jumpai di pasaran beserta kegunaannya.


  • Dumbbell

Dumbel bisa juga disebut barbel versi kecil. Alat ini bisa digunakan hanya dengan satu tangan. Anda bisa meningkatkan kekuatan otot dengan alat ini. Berat dumbel yang biasa digunakan pemula, yakni 2–4,5 kg untuk wanita dan 4,5–9 kg untuk pria.


  • Hand grip

Alat olahraga tangan tipe tuas yang praktis dan portabel ini dikenal dengan hand grip. Dengan alat ini, Anda bisa meningkatkan kekuatan otot tangan, otot jari, dan lengan. Selain itu, hand grip juga bisa digunakan untuk melatih jari agar lebih lentur dan kuat saat memainkan alat musik.


  • Kettleball

Kettlebell berbentuk bola dari besi yang dilengkapi pegangan di bagian atas dan biasa dipakai untuk latihan beban. Selain otot-otot yang terlatih, Anda juga membantu menyehatkan jantung dengan berlatih menggunakan kettlebell. Jika Anda baru ingin memulai menggunakan alat ini, mulailah dengan berat 4–6 kg.


Alat-alat untuk olahraga tangan bisa digunakan untuk bermacam-macam tujuan, mulai dari rehabilitasi sampai membentuk otot. Jika Anda menggunakannya untuk mengembalikan kekuatan otot setelah pengobatan, pilihlah alat yang ringan. Namun, untuk meningkatkan kekuatan dan membentuk otot, Anda dapat memilih alat yang lebih berat.

Pertimbangkan alat yang nyaman digunakan

Pertimbangkan alat yang nyaman digunakan

Anda akan banyak menggunakan telapak tangan ketika menggunakan alat olahraga tangan. Karena itu, pilihlah alat yang nyaman di genggaman Anda.


Bahan foam sering digunakan untuk mengurangkan tekanan pada telapak tangan Anda sehingga lebih nyaman untuk digenggam. Silikon juga kerap digunakan karena elastis untuk pergerakan tangan. Anda juga bisa memilih bahan antiselip agar pergerakan Anda tidak terganggu ketika sedang berkeringat.


Jika alat yang Anda pilih berbahan stainless steel pada pegangannya, pakailah gloves terlebih dahulu. Gloves menjaga agar kulit Anda terlindungi dan tidak terluka ketika menggunakan alat dalam waktu lama.


Selain bahannya, pilihlah bentuk yang ergonomis, terutama jika Anda ingin melatih telapak tangan dan jari. Bentuk yang ergonomis membuat Anda lebih maksimal dalam menggunakan alat tersebut.

10 Rekomendasi alat olahraga tangan terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk alat olahraga tangan terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 4 Juli 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, produk Adjustable Spring Grip dari Kettler menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa produk Power Wrist Exercise dari Speeds memiliki angka penjualan tertinggi.

10
Otot yang dilatihJari, telapak tangan
Bahan gripTidak disebutkan
9

SvargaPower Twister 3 in 1 Strength Level

Mulai dari Rp 199.000,00

Otot yang dilatihLengan atas, telapak tangan
Bahan gripFoam
8
Otot yang dilatihLengan, sistem kardiovaskular
Bahan gripTidak ada
7
Otot yang dilatihJari, telapak tangan
Bahan gripTPE
6
Otot yang dilatihPergelangan tangan
Bahan gripTidak disebutkan
5
Otot yang dilatihTangan
Bahan gripABS plastic
4
Otot yang dilatihTelapak tangan, lengan
Bahan gripRubber
3
Otot yang dilatihTelapak tangan, lengan
Bahan gripPVC
2

HappyfitNeoprene Hand Dumbbell

Mulai dari Rp 160.000,00

Otot yang dilatihLengan atas
Bahan gripNeoprene
1
Otot yang dilatihPergelangan tangan, lengan atas dan bawah
Bahan gripFoam

Tabel perbandingan produk alat olahraga tangan terbaik

Gambar produk
1
Speeds Power Wrist Exercise  1

Speeds

2
Happyfit Neoprene Hand Dumbbell 1

Happyfit

3
Speeds Handgrip 1

Speeds

4
Kettler Spring Grip Adjustable  1

Kettler

5
Gyro Spinning Power Ball  1

6
Kettler Wrist Bands 1

Kettler

7
Squeeze Hand Exerciser 1

8
Berwyn Neoprene Kettlebell 1

9
Svarga Power Twister 3 in 1 Strength Level 1

Svarga

10
Happyfit Finger Grip 1

Happyfit

Nama produk

Power Wrist Exercise

Neoprene Hand Dumbbell

Handgrip

Spring Grip Adjustable

Gyro Spinning Power Ball

Wrist Bands

Squeeze Hand Exerciser

Berwyn Neoprene Kettlebell

Power Twister 3 in 1 Strength Level

Finger Grip

Keunggulan

Pergelangan tangan lebih kuat, makin andal pantulkan bola

Bahan terbaik, tidak selip di tangan

Hitung otomatis, tidak perlu hitung sendiri!

Satu alat untuk beragam tingkat intensitas latihan

Dilengkapi auto roll starter, menggunakannya pun kian mudah

Latih pukulan jadi makin kuat dan kencang

Meski lembut, tetap mampu mengembalikan kekuatan jari-jari Anda

Selain otot lengan terbentuk, jantung Anda pun ikut sehat

Latih lebih banyak otot, lebih praktis!

Makin jago bermain musik berkat jari yang lincah

Harga mulai dariRp 35.000,00Rp 160.000,00Rp 25.500,00Rp 79.000,00Rp 88.000,00Rp 139.500,00Rp 80.000,00Rp 199.900,00Rp 199.000,00Rp 85.000,00
Otot yang dilatihPergelangan tangan, lengan atas dan bawahLengan atasTelapak tangan, lenganTelapak tangan, lenganTanganPergelangan tanganJari, telapak tanganLengan, sistem kardiovaskularLengan atas, telapak tanganJari, telapak tangan
Bahan gripFoamNeoprenePVCRubberABS plasticTidak disebutkanTPETidak adaFoamTidak disebutkan
Tautan produk

Tips latihan untuk memperkuat tangan

Tips latihan untuk memperkuat tangan

Ada berbagai cara untuk meningkatkan kekuatan tangan, mulai dari genggaman sampai forearm. Latihannya cukup sederhana, terutama bagi Anda yang sedang dalam tahap rehabilitasi dan bagi lansia. Berikut ini beberapa contoh gerakan yang dapat dilakukan untuk melatih kekuatan tangan.


  • Meremas bola merupakan cara paling sederhana untuk melatih tangan. Pilihlah stress ball atau bola tenis untuk latihan ini. Remas dan tahan selama 3 sampai 5 detik, lalu ganti ke tangan yang lainnya.

  • Anda juga dapat melatih tangan Anda tanpa alat. Tekankan ibu jari pada setiap 4 jari lainnya dan tahan selama 5 detik. Tingkatkan tekanan jika Anda merasa sudah cukup kuat.

  • Bagi Anda yang sering menggunakan laptop dan mouse, latih pergelangan tangan dengan gerakan wrist roll. Hadapkan telapak tangan ke depan, lalu tekan ke atas menggunakan tangan lainnya. Setelah itu, putarlah ke bawah dan tekan ke arah bawah untuk merenggangkan. Jaga agar siku dan forearm tetap stabil ketika melakukan ini.

Baca juga rekomendasi alat olahraga tangan lainnya di sini

Selain alat-alat yang sudah kami sebutkan, Anda dapat menggunakan alat lainnya untuk meningkatkan kekuatan tangan. Klik tautan di bawah ini untuk mendapatkan berbagai informasi lainnya. Jangan sampai ada yang terlewatkan, ya!

Kesimpulan

Jika Anda adalah seorang atlet, musikus, atau sedang dalam tahap penyembuhan, Anda membutuhkan latihan olahraga tangan. Berbagai alat olahraga tangan dapat dengan mudah Anda temui di pasaran. Pilihlah alat yang sesuai dengan kebutuhan otot Anda.


Sesuaikan juga intensitasnya dengan kekuatan Anda. Selain itu, pastikan alat tersebut nyaman untuk digunakan. Sekian artikel kami kali ini dan semoga Anda menemukan alat yang pas. Stay healthy and get stronger!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Bola Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bola Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bermain pingpong adalah salah satu opsi untuk mencari keringat atau berekreasi. Akan tetapi, Anda tentu membutuhkan bola pingpong yang bagus agar permainan berjalan sesuai ekspektasi. Ada yang cocok untuk main santai hingga serius. Manakah yang harus Anda pilih?Bola pingpong atau bola tenis meja terbuat dari bahan plastik. Namun, tergantung pada merek dan harga, karakteristiknya berbeda-beda. Karena itu, kami akan memandu Anda memilih bola pingpong terbaik. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk untuk Anda. Ada Nittaku, DHS, dan lainnya. Bila Anda hobi pingpong atau ingin berlatih, jangan lewatkan ulasannya, ya!
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Meja Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Meja Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pingpong atau tenis meja adalah olahraga lintas generasi yang bisa dimainkan secara serius ataupun fun. Selain bola, bet, dan net, elemen utama yang harus ada dalam permainan ini adalah meja pingpong. Kualitas meja pingpong yang bagus bisa menjadi jaminan keseruan permainan Anda. Merek meja pingpong, seperti DONIC, Powerspin, dan Cornilleau mungkin sudah pernah Anda dengar. Namun, bagaimana dengan merek lainnya? Di artikel ini kami akan memberikan tips membeli meja pingpong terbaik dan merekomendasikan produknya. Meja pingpong mini juga ada, lho!
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Earphone Terbaik untuk Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Earphone Terbaik untuk Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    Akhir-akhir ini, wireless earphone menjadi barang yang populer. Salah satu alasannya adalah karena ringkas dan nyaman digunakan bahkan saat berlari. Saat hendak membelinya, bisa jadi Anda bingung memilih karena ada banyak pilihan earphone untuk olahraga. Salah satu hal penting yang harus dipertimbangkan adalah kecocokan dengan bentuk telinga sehingga tidak mudah jatuh. Nah, kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih earphone untuk olahraga serta merekomendasikan merek-merek populer, seperti Apple, JBL, dan ÉGGEL. Bacalah artikel berikut untuk mendapatkan produk terbaik. Selamat membaca!
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Grip Raket Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Grip Raket Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Raket menjadi salah satu perlengkapan yang dibutuhkan dalam olahraga badminton dan tenis. Salah satu komponen raket yang harus mendapatkan perawatan adalah bagian grip. Jika grip raket sudah rusak dan tidak nyaman saat digenggam, sebaiknya Anda segera menggantinya. Namun, bagaimana cara memilih grip raket yang bagus? Melalui artikel ini, kami akan mengulas tips memilih grip raket, baik untuk pemain pemula maupun atlet profesional. Produk dari merek grip raket terbaik, seperti Li-Ning, Adidas, Yonex akan Anda jumpai dalam daftar rekomendasi kami. Jadi, silakan baca artikel ini sampai tuntas, ya!
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Topi Baseball Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Topi Baseball Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Topi baseball menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari perkembangan fashion. Fungsinya bukan lagi sekadar pelindung dari sinar matahari, tetapi juga sebagai penunjang style. Topi baseball mampu menambah outlook dari pemakainya, baik untuk perempuan maupun laki-laki.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih topi baseball kepada Anda. Anda akan menemukan berbagai jenis topi baseball yang bagus, mulai dari merek branded hingga topi brand lokal. Salah satu merek topi baseball terkenal yang akan kami rekomendasikan adalah Ralph Lauren, Puma, dan EIGER. Penasaran dengan merek topi lainnya? Langsung scroll ke bawah, yuk!
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Skuter Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Skuter Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Belakangan banyak terlihat pengguna skuter listrik di perkotaan, baik di taman, trotoar, maupun di jalan raya. Skuter yang juga disebut skuter elektrik atau otoped listrik ini makin dilirik karena keren, canggih, dan nyaman dikendarai. Skuter listrik juga ramah lingkungan karena tidak mengeluarkan emisi seperti kendaraan bermotor. Jika Anda berencana membeli skuter listrik dalam waktu dekat, simaklah artikel ini hingga tuntas. Kami akan membagikan tips memilih skuter listrik yang bagus sekaligus merekomendasikan produk skuter listrik terbaik di pasaran. Produk merek Skutis, Segway, dan Xiaomi ada di antaranya. Selamat membaca!
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Baju Balet Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Baju Balet Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bila Anda memiliki anak perempuan yang gemar menari balet, baca artikel kami kali ini hingga tuntas. Kami punya banyak rekomendasi baju balet yang bagus dari berbagai merek. Tidak hanya baju balet ukuran anak, tetapi juga baju balet untuk remaja dan dewasa.Ada baju balet leotard basic, rok chiffon, rok tutu, hingga baju balet dengan beragam karakter tertentu. Kami akan mengulas secara singkat satu per satu untuk Anda. Sebelum itu, mari simak tips memilih baju balet dari kami. Selamat membaca!
    Olahraga lainnya
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori