• 10 Pewarna Makanan yang Bagus (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Pewarna Makanan yang Bagus (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Pewarna Makanan yang Bagus (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Pewarna Makanan yang Bagus (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Pewarna Makanan yang Bagus (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Pewarna Makanan yang Bagus (Terbaru Tahun 2021)

Tambahan pewarna pada makanan akan membuat tampilannya lebih menarik dan menggugah selera. Namun, pewarna alami terkadang dapat mengubah rasa makanan sehingga akhirnya pewarna sintetis lebih banyak dipakai. Dalam memilih pewarna makanan sintetis, Anda perlu berhati-hati. Pilihlah produk yang aman dikonsumsi.


Untuk memudahkan Anda, kami akan memberi tips dalam memilih pewarna makanan yang aman untuk dikonsumsi, juga memberi rekomendasi produk terbaik. Berbagai produk, seperti Koepoe Koepoe, AmeriColor, Colatta, dan Chefmaster ada dalam rekomendasi kami. Silakan lanjutkan membaca untuk menemukan berbagai info menarik!

  • Pembaharuan terakhir: 03 Maret 2021
Daftar isi

Cara memilih pewarna makanan

Banyaknya produk pewarna makanan di pasaran mungkin membuat Anda bingung memilih. Kami akan berikan beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan dalam memilih pewarna makanan yang aman untuk Anda.

Pilih berdasarkan jenis pewarna makanan

Ada beberapa jenis pewarna makanan, seperti air, gel, minyak, dan serbuk. Kami akan menjelaskan tentang masing-masing jenis pewarna makanan tersebut.

Pewarna makanan berbahan dasar air lebih mudah ditemukan

Pewarna makanan berbahan dasar air lebih mudah ditemukan

Pewarna makanan berbahan dasar air merupakan jenis pewarna yang sering Anda jumpai. Harganya pun tergolong lebih ekonomis di kantong. Anda dapat menggunakannya untuk mewarnai icing, adonan, serta telur. Untuk mewarnai telur dengan pewarna makanan jenis ini, Anda harus menambahkan sedikit cuka.


Sayangnya, pewarna makanan berbahan dasar air memiliki hasil warna yang kurang intens. Anda perlu menambahkan lebih banyak pewarna untuk mendapatkan warna yang Anda inginkan. Berhati-hatilah ketika menambahkan pewarna berbahan dasar air karena dapat memengaruhi hasil tekstur adonan Anda.

Pewarna makanan berbahan dasar gel berikan warna yang lebih pekat

Pewarna makanan berbahan dasar gel berikan warna yang lebih pekat

Pewarna makanan lain yang juga mudah Anda temui di pasaran adalah yang berbentuk pasta gel. Jenis yang satu ini merupakan konsentrat sehingga Anda hanya membutuhkan dalam jumlah sedikit untuk menghasilkan warna yang pekat. Pewarna gel lebih cocok digunakan untuk makanan yang sedikit mengandung air.


Berhati-hatilah saat memakai pewarna berbahan dasar gel karena bisa membuat makanan Anda berwarna gelap jika terlalu banyak digunakan. Selain itu, pewarna makanan ini memiliki tekstur yang kental sehingga agak sulit tercampur dengan adonan yang padat. Jadi, Anda harus berusaha lebih keras agar adonan bisa memiliki warna yang merata.

Pewarna makanan berbahan dasar minyak sesuai untuk bahan makanan yang kaya lemak

Produk pewarna makanan berbahan dasar minyak mungkin cukup sulit Anda temui di pasaran. Pewarna makanan ini sangat cocok untuk mewarnai makanan yang tinggi kandungan lemak, misalnya buttercream frosting dan cokelat.


Harganya memang lebih mahal dibanding dengan pewarna berbahan dasar air dan gel. Namun, pewarna makanan berbahan dasar minyak tidak akan merusak tekstur makanan yang kandungan minyaknya lebih tinggi.

Pewarna makanan serbuk lebih mudah untuk mewarnai makanan dalam jumlah besar

Pewarna makanan serbuk lebih mudah untuk mewarnai makanan dalam jumlah besar

Pewarna makanan berbentuk serbuk merupakan pewarna makanan yang terkonsentrasi sempurna. Dengan demikian, jenis ini cocok untuk mewarnai makanan yang dibuat dalam jumlah besar. Anda dapat menggunakannya untuk makanan yang tidak boleh mengandung air sedikit pun, seperti misalnya cokelat.

Pilih warna sesuai hasil akhir yang Anda inginkan

Pewarna makanan tentu bakal membuat makanan Anda tampil lebih menarik. Anda dapat menyesuaikan pemilihan warna dengan makanan yang akan Anda buat. 


Pilihlah warna sesuai dengan rasa yang Anda gunakan. Anda bisa memakai warna kuning untuk rasa pisang atau durian, merah untuk rasa stroberi, hijau untuk pandan atau alpukat, dan sebagainya. Warna akan membuat orang yang mengonsumsi memiliki ekspektasi terhadap rasanya. Karena itu, jangan sampai Anda salah memilih warna.


Selain pemilihan warna, tingkat kepekatan juga harus Anda perhatikan. Terlalu banyak menambahkan pewarna makanan bisa membuat warna makanan terlalu pekat dan rasanya menjadi pahit. Teteskan sedikit terlebih dahulu, lalu aduk secara merata untuk melihat hasilnya. Tambahkan sedikit lagi jika warnanya kurang mencapai yang Anda inginkan. Ulangi terus prosesnya hingga Anda mencapai warna yang dikehendaki.

Periksalah keamanan produk

Periksalah keamanan produk

Hal ini merupakan poin yang sangat penting untuk Anda perhatikan. Ada beberapa zat berbahaya yang terkandung dalam pewarna makanan dan dapat mengganggu kesehatan Anda. Masalah kesehatan yang dapat diakibatkan oleh pewarna makanan antara lain munculnya alergi, penurunan konsentrasi, sampai kanker.


Hindarilah menggunakan pewarna makanan berbahan dasar rhodamin B dan metanil yellow karena dapat menyebabkan iritasi pada saluran cerna, bahkan berisiko menimbulkan kanker. Beberapa bahan dasar pewarna makanan juga harus dibatasi penggunaannya, seperti, tartrazine, quinoline yellow, kuning FCF, charmoisine, ponceau, eritrosin, allura red, indigotin, biru berlian, hijau FCF, dan cokelat HT.


Penting sekali untuk membaca label kemasan, serta memeriksakan produk tersebut pada website BPOM. Jangan sampai Anda memilih produk yang membahayakan diri sendiri dan orang lain.

10 Rekomendasi pewarna makanan terbaik

Berikutnya, kami akan memberikan rekomendasi pewarna makanan terbaik. Pilihlah produk yang sesuai kebutuhan Anda.

10
JenisSerbuk
BPOM
9
JenisAir
BPOM
8

WiltonColor Right Performance Food Coloring Set

Mulai dari Rp 812.000,00

JenisTidak disebutkan
BPOM×
7
JenisSerbuk
BPOM
6
JenisSerbuk
BPOM×
5
JenisOil
BPOM
4

Sugarflair ColoursMaximum Concentrated Paste Colours

Mulai dari Rp 193.000,00

JenisGel
BPOM×
3
JenisGel
BPOM
2
JenisGel
BPOM
1
JenisGel
BPOM×

Tabel perbandingan produk pewarna makanan terbaik

Gambar produk
1
AmeriColor Soft Gel Paste 1

AmeriColor

2
Chefmaster Liqua-Gel 1

Chefmaster

3
Red Bell Pasta 1

Red Bell

4
Sugarflair Colours Maximum Concentrated Paste Colours 1

Sugarflair Colours

5
Colatta ChocoArt 1

Colatta

6
TigersonPhilti Lustre Edible 1

TigersonPhilti

7
Cross Powder Food Colour 1

Cross

8
Wilton Color Right Performance Food Coloring Set 1

Wilton

9
Koepoe Koepoe Pewarna Makanan 1

Koepoe Koepoe

10
Indocol Pewarna Makanan 1

Indocol

Nama produk

Soft Gel Paste

Liqua-Gel

Pasta

Maximum Concentrated Paste Colours

ChocoArt

Lustre Edible

Powder Food Colour

Color Right Performance Food Coloring Set

Pewarna Makanan

Pewarna Makanan

Keunggulan

Lebih banyak pilihan warna menarik

Warnanya tahan lama dan bebas pudar

Tidak usah pusing memadukan rasa dan warna

Pakai sedikit, lalu dapatkan warna super vibrant

Pasangan sejati hidangan cokelat

Rahasia kue tampak mewah dan elegan

Ciptakan dekorasi yang lebih cantik

Teknologi mutakhir yang hasilkan warna-warna konsisten

Pilihan cerdas, harga ekonomis

Andalan para pengusaha makanan

Harga mulai dariRp 65.000,00Rp 38.000,00Rp 6.500,00Rp 193.000,00Rp 18.100,00Rp 59.500,00Rp 25.000,00Rp 812.000,00Rp 3.500,00Rp 80.000,00
JenisGelGelGelGelOilSerbukSerbukTidak disebutkanAirSerbuk
BPOM××××
Tautan produk

Baca juga rekomendasi bahan baking lainnya di sini

Pewarna makanan merupakan salah satu komponen penting dalam baking. Namun, jangan lupakan juga bahan-bahan penting lainnya. Kami memiliki berbagai artikel menarik tentang bahan baking yang lain. Klik tautan di bawah ini untuk mencari tahu tentang bahan yang Anda butuhkan.

Kesimpulan

Pewarna makanan memang dapat mempercantik tampilan hidangan, tetapi jangan lupa untuk memperhatikan keamanan produknya. Pastikan produk yang Anda pilih tidak mengandung bahan berbahaya, serta sudah tersertifikasi. Sesuaikan juga jenis pewarna dengan bahan makanan yang akan Anda warnai agar tidak mengganggu tekstur sajian. Terakhir, pilihlah warna yang pas dengan keinginan Anda dan rasa makanan tersebut.


Sekian artikel kali ini dan semoga Anda merasa terbantu. Selamat bermain dengan warna!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021)
    10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021)
    Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang bagus. Saat ini, ada banyak sekali merek minyak goreng yang bagus, seperti Bimoli, SunCo, Fortune, hingga Barco. Setiap produk memiliki keunggulan masing-masing.Guna mendapatkan produk yang bagus, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang hobi memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan tepung terigu. Tepungini banyak digunakan untuk membuat kue, gorengan, pasta, dan makanan ringan lain. Tepung terigu sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tepung dengan protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah.Apabila Anda membutuhkan tepung yang serbaguna, gunakan tepung terigu protein sedang. Di sini kami akan merekomendasikan beberapa merek tepung terigu protein sedang yang bagus dengan harga ekonomis. Contohnya, Segitiga Biru, Kompas, dan Bola Salju. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Jadi, simak sampai habis, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Lencana Merah, Kunci Biru, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan butter. Tidak hanya untuk bahan dasar bolu, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter sangat mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, salted butter dan unsalted butter.Kali ini kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Simak terus artikel ini dan temukan butter terbaik untuk masakan Anda!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Extra virgin olive oil atau sering disingkat EVOO merupakan minyak zaitun murni dengan kualitas tertinggi. Tidak heran jika manfaat extra virgin olive oil lebih banyak dibandingkan minyak zaitun biasa. Anda dapat menggunakan EVOO untuk berbagai macam jenis masakan. Dikonsumsi secara langsung juga bisa. Bahkan, ada produk yang aman untuk diminum ibu hamil.Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan membahas tentang cara memilih extra virgin olive oil yang bagus. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merk, seperti Bertolli, Borges, hingga Filippo Berio. Jadi, mari disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Kaldu Non MSG Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Kaldu Non MSG Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu bumbu pelengkap untuk membuat masakan menjadi lebih sedap ialah kaldu. Saat ini, terdapat kaldu non MSG yang tentunya lebih menyehatkan. Sudahkah Anda mengetahui merk kaldu non MSG yang enak dan bagus untuk dikonsumsi harian?   Artikel kali ini akan membahas mengenai cara memilih kaldu non MSG terbaik yang dijual di pasaran. Kami juga akan mengulas keunggulan kaldu non MSG dari berbagai rasa, seperti ayam, sapi, dan lainnya. Produk seperti kaldu non MSG Totole, Alsultan, hingga AlaNia juga masuk dalam daftar rekomendasi kami. Untuk itu, simak sampai tuntas, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Mustard Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Mustard Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Penggemar salad, fast food, atau steak, pasti familier dengan mustard. Sebenarnya, mustard merujuk pada biji sawi yang menjadi bumbu rempah khas Eropa. Rasanya agak pedas dan menyengat di lidah. Kemudian, mustard diolah dengan bumbu lainnya, seperti cuka, garam, dan kunyit untuk menghasilkan saus mustard yang lezat.Untuk Anda yang sedang mencari mustard enak untuk segala macam makanan, ini adalah artikel yang tepat. Kami akan mengulas rekomendasi mustard dari berbagai merek, seperti MamaSuka, French's, Remia, dan sebagainya. Namun, sebelumnya ketahui dahulu apa bedanya mustard dan mayones. Yuk, simak penjelasannya berikut ini.
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori