1. TOP
  2. >
  3. Outdoor & sports
  4. >
  5. Olahraga air
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Baju Renang Muslimah Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Baju Renang Muslimah Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Baju Renang Muslimah Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Baju Renang Muslimah Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Baju Renang Muslimah Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Baju Renang Muslimah Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Baju Renang Muslimah Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Baju renang merupakan item yang diperlukan jika Anda ingin berolahraga renang. Namun, muslimah mungkin lebih sulit mencari merek baju renang muslimah yang bagus dan menutup aurat. Karena itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih baju renang muslimah terbaik.

 
Ada pula rekomendasi baju renang muslimah terbaik dari berbagai merek, misalnya Lee Vierra, Nay Sportswear, Td Active, dan lain-lain. Model dan ukurannya juga beragam, ada baju renang muslimah jumbo dan baju renang muslimah anak. Anda juga bisa mendapatkan baju renang muslimah syar’i yang lebih longgar. Yuk, baca sampai selesai!

Diperbaharui 09-29-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Perbedaan baju renang biasa dan baju renang muslimah

Perbedaan baju renang biasa dan baju renang muslimah

Jika mendengar kata baju renang, biasanya akan terbayang baju ketat dan seksi seperti bikini. Hal ini pun menyulitkan wanita muslimah yang ingin berenang dengan tetap menutup aurat. Karena itu, belakangan ini sudah banyak bermunculan produk baju renang hijab untuk menutup aurat. Akan tetapi, apakah perbedaan sebenarnya dari baju renang biasa dan baju renang muslimah?


  1. Baju renang muslimah harus dapat menutupi aurat. Bagi wanita muslimah, bagian tubuh yang harus ditutup adalah seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Karena itu, pastikan baju renang yang Anda pilih dapat menutupi seluruh bagian tubuh Anda, ya.
  2. Tidak pas di badan. Meski sudah menutupi seluruh tubuh, baju renang muslimah juga tidak boleh ketat sampai menampilkan lekuk tubuh. Sebelum membeli, pastikan baju renang pesanan Anda tidak ketat, ya. Jika khawatir, kami sarankan untuk membeli produk dengan satu ukuran di atas ukuran yang biasa Anda pakai.

Cara memilih baju renang muslimah

Berbeda dengan baju renang biasa, baju renang muslimah memiliki poin-poin khusus yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah dapat menutup aurat. Namun, selain itu masih ada banyak poin yang perlu diperhatikan ketika memilih. Berikut kami jabarkan cara memilih baju renang muslimah.

① Pilihlah model berdasarkan selera Anda

Ada banyak pilihan baju renang muslimah yang sudah beredar di pasaran. Mulai dari model rok rimpel, tunic, hingga kerudung panjang. Seluruh model ini dapat menutupi bagian tubuh, hanya berbeda bentuk dan bagian tubuh mana yang lebih ingin ditutupi. Mengacu kepada penjelasan di bawah ini, pastikan baju renang pilihan Anda sudah sesuai dengan kebutuhan sebelum membeli, ya. 

Model rok rimpel, menutupi bagian bokong

Model rok rimpel, menutupi bagian bokong
Sumber: lasona.com

Jika Anda ingin menutupi bagian bokong, kami rekomendasikan set baju renang muslimah yang dilengkapi dengan rok rimpel. Rok rimpel tersebut biasanya menyatu langsung dengan atasannya. Sekilas memang terlihat seperti tunic, tetapi bagian bawah baju ini berlipat-lipat serta bergelombang membentuk rok rimpel. Dengan model seperti ini, bagian bokong pun akan tertutup sempurna.

Kerudung panjang, mampu menutupi dada

Selain bagian bokong, dada adalah bagian tubuh yang menjadi perhatian, terutama bagi muslimah yang setiap harinya menggunakan kerudung syar'i. Karena itu, kami merekomendasikan model hijab renang ini untuk Anda. Bentuknya seperti rompi yang dilengkapi dengan hijab yang menutup dada. Anda dapat memadukan hijab ini dengan manset dan celana legging.  

Tunic plus leggings, menyamarkan lekuk tubuh

Model tunic ini direkomendasikan bagi Anda yang ingin menyamarkan lekuk tubuh. Dengan menyamarkan lekuk tubuh, lipatan di perut pun tidak terekspos. Jadi, selain aurat, lemak berlebih di tubuh Anda juga bisa tertutupi, bukan? Tunic berpotongan lurus biasanya paling umum dijumpai di pasaran. Dengan model ini, lekuk tubuh dapat disamarkan.

Tren baju renang muslimah yang sedang digandrungi

Tren baju renang muslimah yang sedang digandrungi
Sumber: nay.co.id

Selain tiga model baju renang muslimah di atas, tak ada salahnya untuk mencari tren lain yang sedang digemari. Hal ini karena tren fesyen berubah setiap tahunnya. Contoh tren baju renang muslimah lainnya adalah model jumpsuitJika Anda peduli terhadap gaya berbusana, kami menyarankan Anda memilih model baju renang yang sedang in. Namun, tetap dengan syarat bisa menutupi aurat, ya.

② Tentukan berdasarkan bahannya

Ada banyak jenis bahan baju renang muslimah, mulai dari yang lembut, nyaman dipakai, hingga bahan antibasah. Yuk, mari periksa baju renang muslimah dari segi tekstur bahannya.

Spandeks, halus dan elastis

Spandeks, halus dan elastis

Spandeks merupakan jenis bahan yang paling banyak dipakai oleh industri pakaian renang. Terbuat dari 100% serat sintetis, bahan ini begitu ringan dan halus. Bahannya pun elastis dan dapat melar hingga lima kali lipat ukuran normalnya. Untuk pemakaian secara umum, gunakan baju renang dengan bahan spandeks ini. Pilih jenis baju renang yang Anda sukai dan butuhkan melalui tautan berikut ini.

Lycra, lembut dan nyaman dipakai

Lycra, lembut dan nyaman dipakai

Lycra merupakan hasil percampuran bahan spandeks dengan bahan lain. Perpaduan serat menghasilkan karakteristik lembut dan nyaman dipakai. Kualitasnya jelas setingkat lebih tinggi daripada spandeks. Selain lebih awet, lycra juga memiliki tingkat elastisitas hingga tujuh kali lipat dari ukuran biasanya. Karena elastisitasnya tinggi, sedikit perubahan berat badan pun tak menjadi masalah.

Livina, lentur dan baik daya tahannya

Livina, lentur dan baik daya tahannya

Apabila Anda menyukai karakter kain yang lentur dan jatuh, livina pilihannya. Bahan ini memiliki daya tahan yang baik sehingga lebih awet. Daya serapnya juga bagus sehingga tidak membuat Anda gerah. Selain untuk swimsuit, livina juga sering dipakai sebagai bahan tunic, gaun, dan kulot. Karakternya yang mudah dibentuk dan tidak mudah kusut membuatnya pas digunakan untuk jenis pakaian tersebut.

Scuba, tidak mudah kusut

Scuba, tidak mudah kusut

Bahan scuba cocok bagi Anda yang menginginkan kain yang tebal dan tidak mudah kusut. Elastisitasnya tidak hanya vertikal tetapi juga horizontal sehingga lebih baik dibanding bahan rajut. Karena itu, scuba sering digunakan untuk bahan baju olahraga. Namun, bahan ini rentan terhadap panas dan cepat melar jika pencuciannya kurang tepat. Sebaiknya kucek perlahan dan hindari penggunaan mesin cuci.

Nilon, ringan tetapi kuat

Nilon, ringan tetapi kuat

Nilon atau nylon tergolong bahan ringan, kuat, dan elastis. Karena kuat, nilon tidak mudah robek atau berubah bentuk akibat proses pencucian. Bahan ini juga tahan terhadap jamur, kutu, dan serangga. Tak hanya itu, nilon juga tahan terhadap air dan panas sehingga sering diguanakan untuk bahan baju renang dan payung. Sayangnya, daya serap bahan ini tidak terlalu baik dibandingkan bahan lain.

10 Rekomendasi baju renang muslimah terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk baju renang muslimah terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

HIA EveryWear

Adeeva Hijab

HIA EveryWear Adeeva Hijab 1枚目

Dapat digunakan untuk berenang atau olahraga lainnya

2

Rocella

Swimwear Mandalika

Rocella Swimwear Mandalika  1枚目

Swimwear syar'i yang tersedia dalam ukuran jumbo

3

SULBI

Baju Renang Muslimah Premium

SULBI  Baju Renang Muslimah Premium 1枚目

Tak perlu khawatir baju tersingkap dengan produk ini!

4

Opelon

Baju Selam / Baju Renang Wanita Muslim

Opelon  Baju Selam / Baju Renang Wanita Muslim 1枚目

Potongannya slim-fit, nyaman untuk berenang dan menyelam

5

Jaimelavie

Baju Renang Muslimah Jumpsuit

Jaimelavie  Baju Renang Muslimah Jumpsuit 1枚目

Tampak jenjang berkat produk bermodel jumpsuit

6

Nay Sportswear

Baju Renang Muslimah Khirani Swimwear

Nay Sportswear Baju Renang Muslimah Khirani Swimwear 1枚目

Baju renang trendi yang tak boleh dilewatkan pencinta fesyen

7

Td Active

Set Baju Renang

Td Active Set Baju Renang 1枚目

Teknologi insta-dry membuat kain cepat kering

8

Lee Vierra

Modest Haifa Burqini

Lee Vierra Modest Haifa Burqini 1枚目

Berbagai fitur canggih dalam satu baju renang

9

Silver

Baju Renang Muslim Anak

Silver Baju Renang Muslim Anak 1枚目

Melindungi kulit dari sinar matahari, cocok untuk baju renang anak-anak

10

Lasona

Burqini Swimsuit

Lasona Burqini Swimsuit 1枚目

Baju renang remaja dengan pilihan warna dan motif yang ceria

Perincian produk
Close
No.1

HIA EveryWearAdeeva Hijab

Mulai dari Rp129.000,00

Dapat digunakan untuk berenang atau olahraga lainnya

Kelebihan:

  • Serbaguna untuk berbagai jenis olahraga
  • Panjang dan menutup dada
  • Bahannya adem, ringan, dan tidak menerawang

Kekurangan:

  • Anda masih membutuhkan baju olahrga lainnya untuk dikombinasikan dengan hijab ini

Jika Anda menginginkan sport hijab yang serbaguna, ini dia rekomendasi produk dari kami! Adeeva Hijab dari HIA EveryWear dapat Anda pakai untuk berenang dan olahraga lainnya, seperti lari atau yoga. Desainnya unik dengan sepasang lubang lengan yang menyerupai kombinasi hijab dan sweater.


Dengan hijab ini, pergerakan Anda lebih leluasa tanpa khawatir hijab akan tersingkap. Bagian wajahnya juga didesain antem atau antitembem sehingga wajah akan terlihat lebih tirus. Produk ini cocok untuk Anda yang membutuhkan hijab olahraga modis yang menutup dada. Anda bisa memakai Adeeva Hijab bersama manset dan celana legging.

No.2

RocellaSwimwear Mandalika

Mulai dari Rp235.000,00

Swimwear syar'i yang tersedia dalam ukuran jumbo

Kelebihan:

  • Pilihan ukurannya lengkap dari S hingga 5XL
  • Modelnya syar'i
  • Dilengkapi detail handsock

Kekurangan:

  • Perlu perawatan khusus agar bahannya tidak cepat melar

Swimwear Mandalika direkomendasikan untuk Anda yang menyukai baju renang syar'i dan membutuhkan ukuran jumbo. Atasannya model tunic yang longgar dan panjang hingga menutupi pantat. Hijabnya juga panjang sehingga menutup dada dan tampak lebih syar'i. Baju renang ini makin menarik dengan detail handsock di kedua ujung lengan.


Mengenai ukurannya, Anda tak perlu khawatir. Swimwear Mandalika tersedia dalam berbagai ukuran mulai S hingga 5XL. Anda yang memiliki ukuran big size tetap bisa mengenakan baju renang ini!

No.3

SULBI Baju Renang Muslimah Premium

Mulai dari Rp390.000,00

Tak perlu khawatir baju tersingkap dengan produk ini!

Kelebihan:

  • Potongannya longgar sehingga tidak membentuk lekuk tubuh
  • Dilengkapi kain penutup dada dan tali karet

Kekurangan:

  • Kerudung dan topi renangnya terpisah sehingga rawan tertinggal karena ukurannya kecil

Apakah Anda merasa kesulitan dengan kerudung panjang pada baju renang yang kerap terangkat ketika berenang? Hal ini memang sering terjadi bila memakai baju renang dengan kerudung yang lebar. Namun, tidak perlu khawatir karena produk ini memiliki solusi untuk Anda.


Terdapat kain penutup yang dapat menutupi bagian dada pada atasannya. Nah, kerudung yang Anda pakai dapat diselipkan ke dalam penutup dada tersebut. Penutup inilah yang dapat menjaga kerudung agar tidak tersingkap. Tak hanya itu, atasan ini juga memiliki tali karet yang dapat ditarik untuk menghindari baju renang terangkat. Dengan begitu, tubuh Anda akan tertutup secara lebih baik.

No.4

Opelon Baju Selam / Baju Renang Wanita Muslim

Mulai dari Rp746.500,00

Potongannya slim-fit, nyaman untuk berenang dan menyelam

Kelebihan:

  • Bahannya tidak transparan, ringan, dan stretchable
  • Dapat digunakan untuk berenang dan menyelam  
  • Dilengkapi ritsleting dan cup bra

Kekurangan:

  • Diperlukan perawatan khusus agar baju renang awet

 

Produk dari Opelon ini cocok untuk Anda yang gemar berenang dan menyelam. Potongannya slim-fit dengan bahan yang ringan sehingga pas di badan dan memudahkan Anda bergerak. Selain itu, ada detail ritsleting di bagian dada sehingga baju ini lebih mudah dilepas pasang.


Di samping fungsional, produk ini juga memiliki desain menarik dengan kombinasi tiga warna. Namun, Anda perlu melakukan perawatan khusus agar baju renang ini awet. Misalnya, dengan mencuci baju secara terpisah dan mengeringkannya di tempat teduh.

No.5

Jaimelavie Baju Renang Muslimah JumpsuitDianne

Mulai dari Rp485.000,00

Tampak jenjang berkat produk bermodel jumpsuit

Kelebihan:

  • Desainnya unik dan memberi kesan jenjang 
  • Terdapat aksen rimpel yang manis

Kekurangan:

  • Agak sulit saat dilepas atau dipasang

Sebagian besar baju renang muslimah terdiri dari atasan dan celana. Namun, baju renang ini hanya terdiri dari satu piece, yang biasa disebut sebagai model jumpsuit. Model inilah yang dikenal dapat memberikan kesan jenjang pada tubuh. Tak ketinggalan, aksen rimpel one shoulder pun menambah kesan manis pada produk ini.


Akan tetapi, seperti layaknya baju model jumpsuit, pakaian ini lebih sulit dipakai dan dilepas. Karena itu, pastikan ritsletingnya dapat dibuka cukup lebar agar lebih mudah dipakai. Meskipun begitu, produk ini cocok bagi Anda yang ingin terlihat lebih jenjang ketika berolahraga renang.

No.6

Nay SportswearBaju Renang Muslimah Khirani Swimwear

Mulai dari Rp429.000,00

Baju renang trendi yang tak boleh dilewatkan pencinta fesyen

Kelebihan:

  • Desainnya modis dan kekinian
  • Terdapat aksen rimpel yang menutup dada

Kekurangan:

  • Salah satu ulasan pembeli menyebutkan ukuran hijabnya kecil

Kebanyakan baju renang muslimah memang terdiri dari tiga pieces. Namun, produk ini memiliki desain yang unik. Pada bagian dada, terdapat rimpel berwarna cerah. Hal ini membuatnya terlihat seperti baju model off shoulder sehingga penampilan pun akan terlihat makin chic. Apabila mencari baju renang dengan model terkini nan modis, kami rekomendasikan produk ini untuk Anda.   

No.7

Td ActiveSet Baju RenangLSA22

Mulai dari Rp679.800,00

Teknologi insta-dry membuat kain cepat kering

Kelebihan:

  • Dilengkapi teknologi insta-dry yang membuat kain cepat kering
  • Bahannya ringan, kuat, dan stretchable
  • Tahan terhadap kaporit dan melindungi kulit dari sinar matahari

Kekurangan:

  • Potongannya body fit sehingga kurang cocok untuk orang dengan tubuh plus size


Apakah Anda lebih menyukai baju renang yang cepat kering? Jika iya, pilihlah baju renang muslimah dari Td Active. Produk ini dilengkapi teknologi insta-dry yang membuatnya lebih cepat kering. Bahannya juga dilengkapi sun protection untuk melindungi kulit dari sinar matahari.


Selain itu, materialnya ringan, lentur, dan stretchable sehingga memudahkan Anda bergerak. Untuk pilihan set baju renang muslimah dengan bahan yang kuat dan awet, Anda bisa memilih produk ini!

No.8

Lee VierraModest Haifa Burqini

Mulai dari Rp749.900,00

Berbagai fitur canggih dalam satu baju renang

Kelebihan:

  • Dilengkapi dengan sun protection dan chlorine resistance
  • Perawatannya mudah
  • Bahannya kuat dan awet

Kekurangan:

  • Hijab dijual terpisah

Bagi Anda yang biasa berenang dalam waktu yang lama, produk inilah pilihan tepat untuk Anda! Baju renang keluaran Lee Vierra ini memiliki berbagai fitur yang begitu menguntungkan. Fitur pertama adalah sun protection yang dapat melindungi Anda dari bahaya sengatan sinar matahari.


Kedua, chlorine resistance membuat baju ini tahan terhadap air berkaporit. Selain membuat kulit kasar, kaporit juga dapat menurunkan kualitas kain pada baju renang. Ketiga, easy care sehingga perawatannya mudah. Benar-benar produk yang sesuai untuk menemani Anda berenang dalam waktu lama.

No.9

SilverBaju Renang Muslim Anak12501

Mulai dari Rp589.900,00

Melindungi kulit dari sinar matahari, cocok untuk baju renang anak-anak

Kelebihan:

  • Melindungi kulit dari sinar matahari
  • Bahannya lentur sehingga dapat mengikuti bentuk tubuh
  • Memudahkan anak-anak bergerak saat berenang

Kekurangan:

  • Hanya tersedia ukuran untuk anak usia 10–13 tahun

Kulit anak-anak terkadang lebih sensitif daripada kulit dewasa. Karena itu, pilihlah baju renang muslimah untuk anak dengan bahan yang dapat melindungi kulit dari sinar matahari. Kami merekomendasikan baju renang muslimah dari Silver.


Produk ini terbuat dari bahan berkualitas yang memberikan perlindungan terhadap sinar matahari. Bahannya juga sejuk dan fleksibel sehingga mampu menyesuaikan dengan bentuk tubuh anak-anak.

No.10

LasonaBurqini Swimsuit

Mulai dari Rp1.249.000,00

Baju renang remaja dengan pilihan warna dan motif yang ceria

Kelebihan:

  • Bahannya tahan terhadap kaporit dan sinar matahari
  • Banyak pilihan warna dan motif
  • Dilengkapi tempat untuk bra pad


Kekurangan:

  • Hanya tersedia ukuran XS dan S

Rekomendasi produk kali ini cocok untuk Anda yang membutuhkan baju renang muslimah untuk remaja. Burqini Swimsuit hadir dengan beragam pilihan warna dan motif yang memberi kesan ceria sehingga cocok untuk remaja. 


Produk ini makin layak Anda pilih karena bahannya yang nyaman serta tahan terhadap kaporit dan sinar matahari. Detail ritsleting depan pada baju renang ini membantu meningkatkan kenyamanan di bagian kerah. Bagian punggung belakang juga makin fleksibel saat Anda bergerak. Baju renang ini juga dilengkapi tempat untuk menyelipkan bra pad di bagian dada.

Baca juga rekomendasi perlengkapan renang terbaik lainnya di sini

Anda telah mengetahui lebih detail mengenai baju renang muslimah terbaik. Namun, mungkin Anda juga membutuhkan rekomendasi perlengkapan renang lainnya untuk keluarga atau teman Anda. Kami memiliki rekomendasi baju renang, papan renang, dan perlengkapan lain dengan berbagai fungsi serta model. Silakan Anda baca pada link di bawah ini.

Kesimpulan

Bagaimana menurut Anda? Apakah baju renang muslimah yang kami rekomendasikan sesuai dengan kebutuhan Anda? Kami harap Anda menemukan baju renang favorit yang dapat menutupi aurat sesuai dengan syariat. 


Selain sesuai syariat, pastikan baju renang pilihan Anda sesuai dengan selera, ya. Dengan begitu, olahraga renang pun akan menjadi kegiatan yang menyenangkan. Akhir kata, enjoy the sport!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer