• 10 Merk Beras Merah yang Bagus (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Merk Beras Merah yang Bagus (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Merk Beras Merah yang Bagus (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Merk Beras Merah yang Bagus (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Merk Beras Merah yang Bagus (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Merk Beras Merah yang Bagus (Terbaru Tahun 2021)

Menengok jumlah penderita diabetes di Indonesia menempati posisi keenam di dunia, beras merah pun menjadi idola baru di masyarakat. Pasalnya, beras merah disinyalir sebagai beras diet terbaik untuk penderita diabetes. Bukannya tidak mungkin, suatu saat nanti beras merah akan menggeser posisi beras putih di hati orang Indonesia.


Selain untuk diabetes, beras merah juga memiliki keunggulan lain yang baik untuk kesehatan. Oleh karenanya, sudah saatnya Anda melirik merek Javara, Lingkar Organik, Nusa, dan merek lain yang menjual beras merah terbaik. Yuk, baca tips selengkapnya di bawah ini. 

  • Pembaharuan terakhir: 03 Maret 2021
  • 14.092 Views
Daftar isi

Apa itu beras merah?

Apa itu beras merah?

Beras merah merupakan salah satu varian beras yang memiliki ciri khas berwarna merah. Berbeda dengan beras putih, beras merah dipercaya memiliki indeks glikemik (angka peningkatan gula darah) yang rendah. Makanya, beras jenis ini sangat direkomendasikan untuk penderita diabetes. 


Tak sekadar untuk penderita diabetes, beras merah juga layak dikonsumsi sehari-hari. Beras merah juga bagus untuk mencegah obesitas dan kanker, kesehatan jantung, meningkatkan kekebalan tubuh, dan kecantikan. Sayangnya, beras merah dijual dengan harga lebih mahal dibandingkan beras putih. Ada juga beberapa yang dikemas secara eksklusif dengan harga selangit. 


Namun, bagaikan dua sisi mata uang, beras merah pun memiliki kelebihan dan kekurangan. Tak hanya harganya, rasa beras merah juga disebut-sebut kalah jauh dengan beras putih. Kandungan serat yang tinggi dan kalori yang rendah sering membebani fungsi cerna. Di sisi lain, kondisi ini juga bagus untuk mengontrol berat badan karena Anda akan merasa kenyang dalam waktu lebih lama.

Cara memilih beras merah

Memilih beras merah ternyata tak lebih sederhana daripada membeli gawai di online shop, kita tidak bisa asal-asalan. Terlebih lagi, jika Anda memiliki kondisi khusus yang mengharuskan Anda lebih jeli dalam memilih kandungan nutrisinya. Jadi, sangat dimaklumi jika Anda begitu selektif saat mengecek jenis beras, kualitas, dan kandungannya. Silakan ikuti panduan memilih beras merah berikut ini agar Anda tidak menyesal dengan setiap rupiah yang keluar dari kantong Anda. 

Pilih jenis beras yang sesuai dengan kebutuhan

Apakah pertimbangan utama Anda saat akan memilih jenis beras merah? Apakah alasan kesehatan, gaya hidup, atau bujet? Ada tiga jenis beras merah yang dapat Anda pilih yaitu beras merah biasa, beras organik, dan beras pecah kulit. Ketiga jenis beras merah ini pasti mampu memenuhi setiap kebutuhan Anda. 

Beras merah biasa (sosoh): Ekonomis dan mudah didapat

Beras merah biasa (sosoh): Ekonomis dan mudah didapat

Ciri khas utama dari beras merah biasa adalah berasnya lebih pulen karena sudah melewati dua kali proses penyosohan. Dengan demikian, tipe ini biasa disebut beras sosoh. Harganya pun lebih murah dibandingkan tipe lain karena dalam proses pembudidayaannya tidak membutuhkan perlakukan khusus laiknya beras merah organik. Tipe ini pun mudah sekali didapat dan harganya lebih murah di pasaran karena proses produksi yang tidak memakan banyak waktu. Alhasil, beras merah sosoh cocok untuk konsumsi skala besar seperti untuk restoran. 


Anda dapat mempertimbangkan beras merah sosoh jika mencari beras yang pulen, tahan lama, dan wangi. Meskipun demikian, beras merah biasa ini memiliki kandungan gizi yang lebih rendah karena banyaknya proses pengolahan yang dilewati. Semua kembali lagi pada kebutuhan Anda. 

Beras organik: Eco-friendly dan lebih menyehatkan

Beras organik: Eco-friendly dan lebih menyehatkan

Bukan asap pabrik dan kendaraan, tahukah Anda bahwa pertanian merupakan penyumbang polusi udara tertinggi di dunia? Bagaikan buah simalakama, penggunaan pupuk kimia berlebihan yang mengandung nitrogen tinggi untuk menyuburkan tanaman ternyata berbuah polusi udara. Kondisi ini pun membuat beberapa produsen mulai memproduksi beras merah organik yang lebih eco-friendly


Beras ini ditanam tanpa menggunakan pestisida atau pupuk kimia. Dengan demikian, beras yang dihasilkan pun lebih sehat untuk tubuh dan proses menanamnya juga ramah lingkungan. Hal ini diikuti dengan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan dan lingkungan sehingga pamor beras organik kian meroket.  


Tak melulu pemerintah atau organisasi lingkungan, Anda pun dapat mengambil peran dalam mencegah pemanasan global dengan hal paling mudah, sederhana, dan dekat dengan hidup Anda. Caranya adalah dengan lebih selektif pada makanan yang akan Anda konsumsi. 

Beras pecah kulit: Nutrisi berlipat ganda

Beras pecah kulit: Nutrisi berlipat ganda

Tak hanya beras putih, beras merah pun ada versi pecah kulitnya! Beras merah pecah kulit ini hanya melewati satu proses penggilingan sehingga kandungan nutrisinya sangat melimpah. Menarik dicatat, beras merah sosoh biasanya melewati 90 % sampai 100 % proses penyosohan yang mampu menggugurkan kandungan nutrisinya. 


Meskipun kandungan nutrisinya lebih banyak, tekstur beras pecah kulit cenderung lebih keras, tidak terlalu pulen, kurang wangi, dan tidak tahan lama. Lalu, apakah pestisida yang menempel di kulit luar beras tidak berbahaya bagi tubuh? Untungnya, sebagian besar beras pecah kulit yang beredar di pasaran adalah beras organik. Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui. Dengan membeli beras pecah kulit, Anda akan mendapatkan banyak manfaat sekaligus!

Cek kondisi beras dari teksturnya

Cek kondisi beras dari teksturnya

Jangan sampai Anda sudah mengeluarkan banyak uang, tetapi mendapatkan beras stok lama yang sudah tak layak konsumsi. Beras merah dengan tekstur yang utuh menandakan beras tersebut masih baru. Namun, jika beras tersebut mudah pecah maka kualitasnya kurang bagus. Besar kemungkinan beras tersebut merupakan beras sortiran atau beras stok lama.


Lantas, bagaimana jika membeli di online shop dan tidak bisa mengecek kondisinya secara langsung? Anda jangan sampai kehabisan akal. Coba perhatikan informasi kedaluwarsa produk. Jika tidak, Anda bisa memperhatikan foto produk apakah kondisi beras masih utuh atau sudah pecah kecil-kecil. Senjata terakhir, Anda bisa membaca ulasan pembeli untuk mencari produk yang terbaik. 


Pilih beras merah berwarna gelap yang lebih kaya gizi

Pilih beras merah berwarna gelap yang lebih kaya gizi

Buluk belum berarti buruk. Usut punya usut, beras merah berwarna merah gelap ternyata lebih banyak kandungan gizinya daripada yang berwarna cerah. Hal ini disebabkan oleh perbedaan proses pengolahan setelah dipanen. Jika beras merah berwarna cerah, artinya beras tersebut sudah melewati dua proses penyosohan sehingga makin banyak nutrisi penting yang terbuang. 


Namun, beras merah yang berwarna gelap hanya melewati satu proses penggilingan saja, lho! Dengan demikian, kandungan gizinya masih melimpah. Beras dengan satu kali penggilingan ini biasanya disebut dengan beras pecah kulit. 


Meski kandungan gizinya lebih banyak, teksturnya lebih keras dibandingkan beras dengan dua kali penyosohan. Yang terpenting, hindarilah beras merah dengan warna kecokelatan karena hal ini menandakan kualitas beras sudah menurun. 

Cek juga kandungan gizi tambahan yang tercantum di kemasan

Cek juga kandungan gizi tambahan yang tercantum di kemasan

Mengapa beras merah begitu populer untuk diet? Hal ini dikarenakan beras merah kaya akan kandungan antioksidan dan magnesium yang baik bagi tubuh. Beras merah juga kayak serat sehingga Anda tidak akan cepat lapar. Dengan mengonsumsi beras merah, Anda jadi lebih sehat dan bisa memiliki berat badan ideal.


Selain kedua kandungan ini, beras merah juga memiliki kandungan gizi lain, yaitu karbohidrat kompleks, protein, serat kasar, zat besi, dan lainnya. Silakan memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan gizi Anda. Pasalnya, kebutuhan gizi tiap orang tentunya berbeda-beda.

10 Rekomendasi beras merah terbaik

Berikut ini daftar sepuluh beras merah terbaik yang diproduksi secara lokal. Masing-masing produk memiliki keunggulan masing-masing. Silakan mencari produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

10
Jenis Biasa
Kandungan nutrisiSerat, thiamin, zat besi, indeks glikemik rendah, dan nonpestisida
Berat0,8 kg
9
Jenis Pecah kulit
Kandungan nutrisiZat besi, serat, mineral, antioksidan, selenium, dan fitonutrien
Berat0,5 kg
8
Jenis Biasa
Kandungan nutrisiTidak dicantumkan
Berat5 kg
7
Jenis Organik
Kandungan nutrisiAntosianin antioksidan
Berat5 kg
6
JenisOrganik dan pecah kulit
Kandungan nutrisiSelenium, zat besi, protein, serat kasar, dan antioksidan
Berat0,9 kg
5
Jenis Organik dan pecah kulit
Kandungan nutrisiTidak dicantumkan
Berat1 Kg
4
Jenis Organik
Kandungan nutrisiBitamin B-1, serat, mineral, minyak alami
Berat2,5 kg
3
Jenis Biasa
Kandungan nutrisiTidak dicantumkan
Berat3 kg
2

Rice Me UpBeras Merah Pecah Kulit Beras Organik

Mulai dari Rp 53.000,00

Jenis Organik dan pecah kulit
Kandungan nutrisiVitamin B6, anitoksidan
Berat2 kg
1
JenisOrganik
Kandungan nutrisiTidak dicantumkan
Berat1 kg

Tabel perbandingan produk beras merah terbaik

Gambar produk
1
Lingkar Organik Beras Organik Merah 1

Lingkar Organik

2
Rice Me Up Beras Merah Pecah Kulit Beras Organik 1

Rice Me Up

3
BULOG Beras Merah Caping Emas 1

BULOG

4
Mentariku Beras Ratu Merah 1

Mentariku

5
Nusa Beras Merah Organik Pecah Kulit 1

Nusa

6
Javara Andel Abang Red Rice 1

Javara

7
Dua Tani  Beras Merah 1

Dua Tani

8
Beras Prima Sari Beras Merah 1

Beras Prima Sari

9
El Granola Berah Merah Pecah Kulit 1

El Granola

10
Serambi Botani Beras Merah Pulen 1

Serambi Botani

Nama produk

Beras Organik Merah

Beras Merah Pecah Kulit Beras Organik

Beras Merah Caping Emas

Beras Ratu Merah

Beras Merah Organik Pecah Kulit

Andel Abang Red Rice

Beras Merah

Beras Merah

Berah Merah Pecah Kulit

Beras Merah Pulen

Keunggulan

Brand kenamaan yang diburu masyarakat

Kian khyusuk berdiet dengan beras alami 100%!

Beras made in Bulog dengan kemasan ekonomis

Buat bayi kok coba-coba, pilih yang kaya zat besi dan tiamin!

Produksi lokal, kualitas internasional

Legendaris! Benihnya dibawa Laksamana Cheng Ho!

Bukan beras biasa, terbukti bukan oplosan dan bebas kutu

Bikin restoran makin laris manis dengan beras beraroma wangi

Cara termudah untuk mendapatkan kulit cantik dan awet muda!

Saking pulennya bikin nafsu makan meroket!

Harga mulai dariRp 21.500,00Rp 53.000,00Rp 80.000,00Rp 75.041,00Rp 23.000,00Rp 29.000,00Rp 87.900,00Rp 75.000,00Rp 14.900,00Rp 41.000,00
JenisOrganikOrganik dan pecah kulitBiasaOrganikOrganik dan pecah kulitOrganik dan pecah kulitOrganikBiasaPecah kulitBiasa
Kandungan nutrisiTidak dicantumkanVitamin B6, anitoksidanTidak dicantumkanBitamin B-1, serat, mineral, minyak alamiTidak dicantumkanSelenium, zat besi, protein, serat kasar, dan antioksidanAntosianin antioksidan Tidak dicantumkanZat besi, serat, mineral, antioksidan, selenium, dan fitonutrienSerat, thiamin, zat besi, indeks glikemik rendah, dan nonpestisida
Berat1 kg2 kg3 kg2,5 kg1 Kg0,9 kg5 kg5 kg0,5 kg0,8 kg
Tautan produk

Perhatikan proses memasak beras merah

Perhatikan proses memasak beras merah

Dibandingkan beras putih, beras merah punya tekstur yang lebih keras. Hal ini membuat proses menanak beras merah lebih membutuhkan banyak air dan dalam waktu yang lama. Jika biasanya Anda memakai perbandingan 1 : 1,5 cup saat menanak beras putih, gunakan perbandingan 1 : 3 cup untuk beras merah dan 1 : 4 cup untuk beras pecah kulit. 


Dengan demikian, beras merah akan lebih pulen dan mengembang dengan sempurna. Khusus untuk beras pecah kulit yang masih memiliki kulit air, berikanlah air yang lebih banyak. Anda bisa merendamnya beberapa saat sebelum dimasak atau bisa juga direbus terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke rice cooker


Baca juga rekomendasi produk beras organik lainnya di sini

Tak sebatas beras merah, beras varian lain pun ada versi organiknya. Masing-masing jenis beras ini punya karakteristik dan manfaat yang berbeda-beda. Untuk mengetahui lebih detail mengenai seluk-beluk beras organik dan rekomendasi produknya, silakan Anda baca artikel di bawah ini. 

Kesimpulan

Ini dia kesepuluh produk beras merah terbaik produksi lokal yang bisa Anda pilih untuk memenuhi kebutuhan Anda. Dengan adanya wabah COVID-19, inilah momen yang pas untuk mendukung produk lokal. Dengan membeli produk buatan dalam negeri, Anda juga bisa membantu memajukan perekonomian negara yang sedang lesu. Selalu jaga kesehatan diri dengan bahan pangan yang sehat dengan mutu terjamin. 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda gemar membuat kue? Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan butter. Tidak hanya untuk bahan dasar kue, butter juga digunakan untuk olesan menyantap roti. Butter sangat mudah ditemui di pasaran, mulai dari ukuran kecil, sedang, sampai besar. Butter juga terbagi menjadi salted ataupun unsalted.Makin penasaran kan tentang butter ini? Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang cara memilih butter. Beberapa merek butter terkenal, seperti Anchor, Elle & Vire, Lurpak, dan Golden Churn ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel ini untuk menemukan butter terbaik untuk masakan Anda!
    Bumbu & bahan masakan
    136.567 Views
  • 10 Minyak Goreng Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Minyak Goreng Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang bagus.Saat ini, ada banyak sekali merk minyak goreng yang bagus yang beredar di pasaran, seperti Bimoli, Filma, hingga Sania. Setiap produk memiliki keunggulan masing-masing. Guna mendapatkan produk yang bagus, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
    77.064 Views
  • 10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda gemar membuat roti sendiri? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Plus, terdapat rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda jadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar, Komachi, Segitiga Biru, Golden Eagle, dan lain-lain. Yuk, kita mulai!
    Bumbu & bahan masakan
    122.437 Views
  • 10 Merk Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Beberapa tahun terakhir, gaya hidup sehat mulai meningkat di kalangan masyarakat. Bentuk perilaku hidup sehat yang terjadi antara lain adalah meningkatnya konsumsi bahan penyedap non MSG. Salah satu bahan penyedap alami tanpa kandungan MSG yang tengah populer adalah kaldu jamur.Sejumlah merek, seperti Pawon Ibun, Lemonilo, dan Royco, menawarkan kaldu jamur yang mungkin akan membuat Anda bingung memilih. Dalam artikel kali ini, kami akan memberi tips memilih kaldu jamur beserta rekomendasi produk terbaik. Selamat menyimak dan dapatkan manfaat dari kaldu jamur!
    Bumbu & bahan masakan
    22.989 Views
  • 10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Minyak zaitun saat ini menjadi salah satu bahan pelengkap masakan yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Di antara banyaknya produk yang dijual, ternyata hanya produk dengan label “extra virgin olive oil” yang benar-benar berkualitas tinggi dan memiliki banyak manfaat. Bahkan ada produk minyak zaitun palsu yang juga beredar di pasaran, lho!Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih extra virgin olive oil yang bagus agar Anda dapat menikmati manfaat maksimal dari zaitun berkualitas tinggi. Tidak lupa, kami juga akan memberikan rekomendasi merk yang dapat menjadi referensi Anda. Temukanlah produk terbaik untuk melengkapi rasa hidangan di meja makan Anda!
    Bumbu & bahan masakan
    124.256 Views
  • 10 Penyedap Rasa Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Penyedap Rasa Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Menambahkan penyedap rasa ke masakan merupakan cara efisien untuk membuat masakan Anda lebih sedap tanpa perlu meracik bumbu sendiri. Penyedap rasa juga memberikan rasa yang lebih konsisten pada makanan sehingga sering digunakan untuk usaha kuliner. Apakah sekarang Anda sudah merasa cocok dengan penyedap rasa yang Anda gunakan?Meskipun penyedap rasa merupakan produk yang sudah sering Anda temui, kami akan membahas tentang cara memilih penyedap yang enak. Berbagai merk terkenal, seperti Totole, Masako, dan Biomiwon, ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel kali ini dan dapatkan informasinya.
    Bumbu & bahan masakan
    71.011 Views
  • 10 Rekomendasi Saus Asam Manis Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Saus Asam Manis Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saus asam manis merupakan bahan pelengkap masakan yang populer digunakan untuk sajian Chinese food dan Thailand food. Perpaduan rasa asam, manis, dan sedikit pedas membuat saus ini banyak digemari masyarakat Indonesia. Anda dapat menemukan beragam saus asam manis yang berbeda komposisi, rasa, dan ukurannya di pasaran. Produk manakah yang sebaiknya dipilih?Di artikel ini, kami akan memberikan tips memilih saus asam manis beserta rekomendasi produk terbaiknya. Anda bisa menyimak ulasan produk dari sejumlah merek ternama, seperti Lee Kum Kee, Ajinomoto, dan Heinz ABC. Selamat membaca!!
    Bumbu & bahan masakan
    77 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori