• 10 Beras Merah yang Bagus - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Beras Merah yang Bagus - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Beras Merah yang Bagus - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Beras Merah yang Bagus - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Beras Merah yang Bagus - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Beras Merah yang Bagus - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2022)

Menengok jumlah penderita diabetes, Indonesia menempati posisi keenam di dunia. Karena itu, beras merah kini makin digemari masyarakat. Pasalnya, beras merah disinyalir sebagai beras diet terbaik untuk penderita diabetes. Di pasaran sendiri terdapat berbagai jenis dan merek beras merah yang bagus, bahkan organik.


Di antara berbagai jenis tersebut, beberapa di antaranya adalah beras merah sosoh dan pecah kulit. Kali ini bersama dengan biotechnologist, Marceline Noviani, kami akan memberikan tips memilih beras merah terbaik. Anda juga akan menemukan rekomendasi merek beras merah, seperti Javara, Lingkar Organik, dan Asagri.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Marceline Noviani
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 20 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Biotechnologist, Marceline Noviani

Profil pakar: Biotechnologist, Marceline Noviani

Marceline merupakan seorang lulusan Bioteknologi yang aktif mengedukasi masyarakat tentang pentingnya gaya hidup sehat. Pemahamannya tentang gizi dan kesehatan memotivasinya untuk mendirikan jasa katering sehat, Brocoonpo Food, pada 2018.


Selain itu, wanita yang akrab disapa Celine ini juga sering membagikan tentang bahayanya diet ekstrem melalui media sosial. Marceline bahkan pernah melakukan penelitian di Korea Selatan terkait hubungan antara sel kanker payudara dengan kandungan lemak pada manusia.

Apa itu beras merah?

Apa itu beras merah?

Beras merah merupakan salah satu varian beras yang memiliki ciri khas berwarna merah. Berbeda dengan beras putih, beras merah dipercaya memiliki indeks glikemik (angka peningkatan gula darah) yang rendah. Karena itu, beras jenis ini sangat direkomendasikan untuk penderita diabetes. 


Tak hanya itu, beras merah juga bagus untuk mencegah obesitas dan kanker, kesehatan jantung, meningkatkan kekebalan tubuh, dan kecantikan. Sayangnya, beras merah dijual dengan harga lebih mahal dibandingkan beras putih. Rasa beras merah juga disebut-sebut kalah jauh dengan beras putih. Beras merah juga kurang baik bila dikonsumsi setiap hari atau terlalu sering.


Kandungan serat yang tinggi dan kalori yang rendah pada beras merah sering membebani fungsi cerna. Di sisi lain, kondisi ini juga bagus untuk mengontrol berat badan karena Anda akan merasa kenyang dalam waktu lebih lama. Namun, serat yang berlebihan juga dapat mengakibatkan kembung atau diare. Karena itu, lakukanlah selingilah konsumsi beras merah dengan sumber karbohidrat lain.

Marceline Noviani
Biotechnologist
Marceline Noviani

Beras merah memiliki kandungan mangan yang sangat tinggi. Mangan sangat penting untuk banyak proses penting dalam tubuh, seperti perkembangan tulang, penyembuhan luka, dan metabolisme kontraksi otot. Tidak hanya itu, mangan juga penting untuk fungsi saraf serta regulasi gula darah.


Umumnya, beras merah yang sudah matang memiliki rasa yang sedikit lebih kenyal dibandingkan dengan nasi putih matang. Karena hal ini, ada yang beranggapan bahwa teksturnya terasa kurang lezat dibandingkan dengan nasi putih matang. Namun, jika Anda ingin mengikuti gaya hidup sehat, beras merah adalah pilihan yang tepat.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih beras merah

Memilih beras merah ternyata tak lebih sederhana daripada membeli gawai di online shop. Terlebih lagi, jika Anda memiliki kondisi khusus yang mengharuskan Anda lebih jeli dalam memilih kandungan nutrisinya. Jadi, sangat dimaklumi jika Anda begitu selektif saat mengecek jenis beras, kualitas, dan kandungannya. Untuk itu, silakan ikuti panduan memilih beras merah berikut ini.

Pilih jenis beras yang sesuai dengan kebutuhan

Apakah pertimbangan utama Anda saat akan memilih jenis beras merah? Apakah alasan kesehatan, gaya hidup, atau bujet? Ada tiga jenis beras merah yang dapat Anda pilih yaitu beras merah biasa, beras organik, dan beras pecah kulit. Ketiga jenis beras merah ini pasti mampu memenuhi setiap kebutuhan Anda. 

Beras merah biasa (sosoh): Ekonomis dan mudah didapat

Beras merah biasa (sosoh): Ekonomis dan mudah didapat

Ciri khas utama dari beras merah biasa adalah berasnya lebih pulen karena sudah melewati dua kali proses penyosohan. Dengan demikian, tipe ini biasa disebut beras sosoh. Harganya pun lebih murah dibandingkan tipe lain karena dalam proses pembudidayaannya tidak membutuhkan perlakukan khusus laiknya beras merah organik. 


Tipe ini pun mudah sekali didapat dengan harga terjangkau di pasaran karena proses produksi yang tidak memakan banyak waktu. Alhasil, beras merah sosoh cocok untuk konsumsi skala besar seperti untuk restoran. 


Anda dapat mempertimbangkan beras merah sosoh jika mencari beras yang pulen, tahan lama, dan wangi. Meskipun demikian, beras merah biasa ini memiliki kandungan gizi yang lebih rendah karena banyaknya proses pengolahan yang dilewati. Namun, semua kembali lagi pada kebutuhan Anda. 

Marceline Noviani
Biotechnologist
Marceline Noviani

Kelebihan beras sosoh ialah harganya yang lebih rendah dan tidak cepat basi. Namun, perlu diingat bahwa salah satu indikator makanan sehat dan bergizi ialah produknya cepat basi. Hal ini karena produk yang cepat basi memiliki gizi tinggi sehingga mikroorganisme pembusuk cepat tumbuh. Karena itu, pertimbangkanlah hal ini dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Beras organik: Eco-friendly dan lebih menyehatkan

Beras organik: Eco-friendly dan lebih menyehatkan

Bukan asap pabrik dan kendaraan, tahukah Anda bahwa pertanian merupakan penyumbang polusi udara tertinggi di dunia? Bagaikan buah simalakama, penggunaan pupuk kimia berlebihan yang mengandung nitrogen tinggi untuk menyuburkan tanaman ternyata berbuah polusi udara. Kondisi ini pun membuat beberapa produsen mulai memproduksi beras merah organik yang lebih eco-friendly


Beras ini ditanam tanpa menggunakan pestisida atau pupuk kimia. Dengan demikian, beras yang dihasilkan pun lebih sehat untuk tubuh dan proses menanamnya juga ramah lingkungan. Hal ini diikuti dengan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan dan lingkungan sehingga pamor beras organik kian meroket. 


Tak melulu pemerintah atau organisasi lingkungan, Anda pun dapat mengambil peran dalam mencegah pemanasan global dengan hal paling mudah, sederhana, dan dekat dengan hidup Anda. Caranya adalah dengan lebih selektif pada makanan yang akan Anda konsumsi. 

Marceline Noviani
Biotechnologist
Marceline Noviani

Pestisida sintetis dan herbisida dapat mengancam populasi serangga dan mencemari sumber air. Selain itu, hal ini juga dapat menimbulkan efek samping negatif bagi ekosistem. Karena itu, sebaiknya Anda memilih beras dengan sertifikasi organik untuk menghindari konsumsi bahan kimia sintetis dari beras.

Beras pecah kulit: Nutrisi berlipat ganda

Beras pecah kulit: Nutrisi berlipat ganda

Tak hanya beras putih, beras merah pun ada versi pecah kulitnya! Beras merah pecah kulit ini hanya melewati satu proses penggilingan sehingga kandungan nutrisinya sangat melimpah. Menarik dicatat, beras merah sosoh biasanya melewati 90% sampai 100% proses penyosohan yang mampu menggugurkan kandungan nutrisinya. 


Meskipun kandungan nutrisinya lebih banyak, tekstur beras pecah kulit cenderung lebih keras, tidak terlalu pulen, kurang wangi, dan tidak tahan lama. Lalu, apakah pestisida yang menempel di kulit luar beras tidak berbahaya bagi tubuh? 


Untungnya, sebagian besar beras pecah kulit yang beredar di pasaran adalah beras organik. Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui. Dengan membeli beras pecah kulit, Anda akan mendapatkan banyak manfaat sekaligus!

Marceline Noviani
Biotechnologist
Marceline Noviani

Beras pecah kulit merupakan beras yang hanya dihilangkan sekamnya dengan satu kali penggilingan. Selain itu, beras pecah kulit juga tidak diolah menjadi beras sosoh sehingga masih memiliki kulit ari. Kandungan lemak pada beras pecah kulit ini biasanya lebih tinggi. Karena itu, jenis ini lebih mudah apek ketika disimpan lama.


Sebaliknya, beras giling merupakan beras yang sudah dipoles atau disosoh beberapa kali untuk dihilangkan kulit arinya. Karena itu, beras giling umumnya memiliki kandungan gizi yang lebih rendah untuk kesehatan tubuh. 

Amati kondisi beras dari teksturnya

Amati kondisi beras dari teksturnya

Jangan sampai Anda sudah mengeluarkan banyak uang, tetapi mendapatkan beras stok lama yang sudah tak layak konsumsi. Beras merah dengan tekstur yang utuh menandakan beras tersebut masih baru. Namun, jika beras tersebut mudah pecah maka kualitasnya kurang bagus. Besar kemungkinan beras tersebut merupakan beras sortiran atau beras stok lama.


Lantas, bagaimana jika membeli di online shop dan tidak bisa mengecek kondisinya secara langsung? Anda jangan sampai kehabisan akal. Coba perhatikan informasi kedaluwarsa produk. Jika tidak, Anda bisa memperhatikan foto produk apakah kondisi beras masih utuh atau sudah pecah kecil-kecil. Senjata terakhir, Anda bisa membaca ulasan pembeli untuk mencari produk yang terbaik. 

Marceline Noviani
Biotechnologist
Marceline Noviani

Untuk memeriksa kualitas beras, Anda dapat meremas beras dengan tangan untuk merasakan teksturnya. Beras yang berkualitas akan terasa keras dan tidak mudah rapuh. Bila beras menjadi rapuh ketika diremas, beras tersebut tidak mempunyai kualitas yang baik.


Ketika meremas beras, pastikan Anda melakukannya dengan tangan kering untuk merasakan teksturnya. Selain itu, bila beras cenderung menempel pada telapak tangan, beras tersebut mungkin saja sudah dicampur dengan pelicin bahan kimia.

Pertimbangkan beras merah berwarna gelap yang lebih kaya gizi

Pertimbangkan beras merah berwarna gelap yang lebih kaya gizi

Buluk belum berarti buruk. Usut punya usut, beras merah berwarna merah gelap ternyata lebih banyak kandungan gizinya daripada yang berwarna cerah. Hal ini disebabkan oleh perbedaan proses pengolahan setelah dipanen. Jika beras merah berwarna cerah, artinya beras tersebut sudah melewati dua proses penyosohan sehingga makin banyak nutrisi penting yang terbuang. 


Namun, beras merah yang berwarna gelap hanya melewati satu proses penggilingan, lho! Dengan demikian, kandungan gizinya masih melimpah. Beras dengan satu kali penggilingan ini biasanya disebut dengan beras pecah kulit. 


Meski kandungan gizinya lebih banyak, teksturnya lebih keras dibandingkan beras dengan dua kali penyosohan. Yang terpenting, hindarilah beras merah dengan warna kecokelatan karena hal ini menandakan kualitas beras sudah menurun

Marceline Noviani
Biotechnologist
Marceline Noviani

Warna gelap pada beras merah menandakan kadar antioksidannya. Makin gelap atau merah berasnya, berarti makin tinggi kadar antioksidannya. Kandungan antioksidan pada beras merah adalah fenol dan flavonoid. 


Antioksidan ini berfungsi untuk mengikat radikal bebas seperti polusi atau pengotor tubuh lainnya. Setelah itu, antioksidan akan menghancurkan zat-zat tersebut sehingga tubuh terhindar dari penyakit seperti kanker.

Cek juga kandungan gizi tambahan yang tercantum di kemasan

Cek juga kandungan gizi tambahan yang tercantum di kemasan

Mengapa beras merah begitu populer untuk diet? Hal ini dikarenakan beras merah kaya akan kandungan antioksidan dan magnesium yang baik bagi tubuh. Beras merah juga kaya serat sehingga Anda tidak akan cepat lapar. Dengan mengonsumsi beras merah, Anda jadi lebih sehat dan bisa memiliki berat badan ideal.


Selain kedua kandungan ini, beras merah juga memiliki kandungan gizi lain, yaitu karbohidrat kompleks, protein, serat kasar, zat besi, dan lainnya. Silakan memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan gizi Anda. Pasalnya, kebutuhan gizi tiap orang tentunya berbeda-beda.

10 Rekomendasi beras merah terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk beras merah terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Marceline Noviani. 

10
Jenis Organik, pecah kulit
Kandungan nutrisiSerat, vitamin, mineral
Berat500 gr, 1 kg, 2 kg
9

Nusa Organic RiceBeras Merah Pecah Kulit

Mulai dari Rp 25.263,00

Jenis Organik, pecah kulit
Kandungan nutrisiTidak dicantumkan
Berat1 kg, 5 kg
8
JenisOrganik, pecah kulit
Kandungan nutrisiSelenium, zat besi, protein, serat kasar, antioksidan
Berat900 gr
7
Jenis Biasa/sosoh
Kandungan nutrisiSerat, thiamin, zat besi
Berat800 gr
6

PawonmasBerah Merah Organik Pecah Kulit

Mulai dari Rp 23.000,00

Jenis Organik, pecah kulit
Kandungan nutrisiSerat, vitamin B1 dan B2, kalsium, magnesium, zat besi
Berat1 kg, 2 kg, 5 kg
5
Jenis Biasa/sosoh
Kandungan nutrisiSerat, asam lemak esensial, vitamin B kompleks, mineral
Berat1 kg
4
Jenis Organik, pecah kulit
Kandungan nutrisiAntosianin antioksidan
Berat2 kg, 5 kg
3
Jenis Biasa/sosoh
Kandungan nutrisiTidak dicantumkan
Berat5 kg, 10 kg, 15 kg, 20 kg, 25 kg
2
Jenis Organik
Kandungan nutrisiAntioksidan, vitamin, mineral, serat
Berat1 kg
1

Lingkar OrganikBeras Organik Merah

Mulai dari Rp 18.500,00

JenisOrganik
Kandungan nutrisiMineral, glukosa, karbohidrat, protein
Berat500 gr, 1 kg, 2 kg

Tabel perbandingan produk beras merah terbaik

Gambar produk
1
Lingkar Organik Beras Organik Merah 1

Lingkar Organik

2
Asagri Beras Merah Organik 1

Asagri

3
Beras Merah Cap Bunga 1

4
Wahana Inti Makmur Dua Tani Beras Merah 1

Wahana Inti Makmur

5
Caping Emas Beras Merah 1

Caping Emas

6
Pawonmas Berah Merah Organik Pecah Kulit 1

Pawonmas

7
Serambi Botani Beras Merah Pulen 1

Serambi Botani

8
Javara Organic Red Rice Andel Abang 1

Javara

9
Nusa Organic Rice Beras Merah Pecah Kulit 1

Nusa Organic Rice

10
Rice Me Up Beras Merah Organik 4

Rice Me Up

Nama produk

Beras Organik Merah

Beras Merah Organik

Beras Merah Cap Bunga

Dua Tani Beras Merah

Beras Merah

Berah Merah Organik Pecah Kulit

Beras Merah Pulen

Organic Red Rice Andel Abang

Beras Merah Pecah Kulit

Beras Merah Organik

Keunggulan

Beras selalu baru, tidak ada lagi cerita nasi yang apek!

Solusi makanan pokok untuk konsumsi ibu dan MPASI anak

Bikin restoran makin laris manis dengan beras beraroma wangi

Alternatif beras putih yang lebih baik untuk tubuh

Beras made in Bulog yang ekonomis dan bernutrisi

Jaga kelancaran metabolisme tubuh Anda dan keluarga

Lebih lezat dengan tekstur yang tak kalah pulen dari beras putih

Legendaris! Benihnya dibawa oleh Laksamana Cheng Ho!

Cegah berbagai penyakit berat dengan beras merah penuh manfaat

Kian khyusuk berdiet dengan beras alami 100%!

Harga mulai dariRp 18.500,00Rp 38.000,00Rp 65.000,00Rp 42.000,00Rp 16.400,00Rp 23.000,00Rp 42.000,00Rp 29.000,00Rp 25.263,00Rp 15.000,00
JenisOrganikOrganikBiasa/sosohOrganik, pecah kulitBiasa/sosohOrganik, pecah kulitBiasa/sosohOrganik, pecah kulitOrganik, pecah kulitOrganik, pecah kulit
Kandungan nutrisiMineral, glukosa, karbohidrat, proteinAntioksidan, vitamin, mineral, seratTidak dicantumkanAntosianin antioksidan Serat, asam lemak esensial, vitamin B kompleks, mineral Serat, vitamin B1 dan B2, kalsium, magnesium, zat besiSerat, thiamin, zat besiSelenium, zat besi, protein, serat kasar, antioksidanTidak dicantumkanSerat, vitamin, mineral
Berat500 gr, 1 kg, 2 kg1 kg5 kg, 10 kg, 15 kg, 20 kg, 25 kg2 kg, 5 kg1 kg1 kg, 2 kg, 5 kg800 gr900 gr1 kg, 5 kg500 gr, 1 kg, 2 kg
Tautan produk

Pahami ciri-ciri beras merah yang berkualitas baik

Pahami ciri-ciri beras merah yang berkualitas baik

Membeli beras merah sebaiknya tidak sembarangan. Selain berpengaruh terhadap rasa dan tekstur, pemilihan beras merah juga akan memengaruhi kandungan nutrisi di dalamnya. Terlebih bagi Anda yang ingin beralih menjadikan beras merah sebagai makanan pokok, perhatikan hal-hal berikut ini.


  • Perhatikan tingkat warna kemerahan pada beras

Beras merah yang berwarna cerah menandakan beras melewati proses penyosohan lebih dari sekali. Nutrisinya tentu tidak utuh lagi. Di sisi lain, beras merah yang berwarna kecokelatan merupakan indikasi barang lama alias tidak fresh. Untuk mendapatkan manfaat terbaik, pilihlah produk dengan warna merah gelap atau keunguan.


  • Pastikan kebersihan beras merah

Beras merah yang baik memiliki warna yang cemerlang dan cenderung seragam pada tiap bulirnya. Selain itu, beras tersebut juga harus bersih dari kulit terluar padi atau husk. Lapisan kulit tersebut tidak layak dikonsumsi oleh manusia.


  • Amati tekstur bulir beras merah

Beras merah yang bagus memiliki bulir yang keras dan tidak mudah pecah. Ketika membeli secara langsung, Anda dapat mencoba menekan bulir menggunakan kuku untuk memastikan tingkat kekerasannya.

Perhatikan proses memasak beras merah

Perhatikan proses memasak beras merah

Dibandingkan beras putih, beras merah punya tekstur yang lebih keras. Hal ini membuat proses menanak beras merah lebih membutuhkan banyak air dan dalam waktu yang lama. Jika biasanya Anda memakai perbandingan 1 : 1,5 cup saat menanak beras putih, gunakan perbandingan 1 : 3 cup untuk beras merah sosoh dan 1 : 4 cup untuk beras pecah kulit


Dengan demikian, beras merah akan lebih pulen dan mengembang dengan sempurna. Khusus untuk beras pecah kulit yang masih memiliki kulit air, berikanlah air yang lebih banyak. Anda bisa merendamnya beberapa saat sebelum dimasak atau bisa juga direbus terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke rice cooker

Baca juga rekomendasi produk beras lainnya di sini

Tak sebatas beras merah, beras varian lain pun masih banyak beredar di pasaran. Tiap-tiap jenis beras ini punya karakteristik dan manfaat yang berbeda-beda. Untuk mengetahui lebih detail mengenai seluk-beluk beras dan rekomendasi produknya, silakan Anda baca artikel di bawah ini. 

Kesimpulan

Itulah kesepuluh produk beras merah terbaik produksi lokal yang bisa Anda pilih untuk memenuhi kebutuhan Anda. Dengan adanya wabah COVID-19, inilah momen yang pas untuk mendukung produk lokal. Dengan membeli produk buatan dalam negeri, Anda juga bisa membantu memajukan perekonomian negara yang sedang lesu. Selalu jaga kesehatan diri dengan bahan pangan yang sehat dengan mutu terjamin. 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Lencana Merah, Kunci Biru, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang bagus. Saat ini, ada banyak sekali merek minyak goreng yang bagus, seperti Bimoli, SunCo, Fortune, hingga Barco. Setiap produk memiliki keunggulan masing-masing.Guna mendapatkan produk yang bagus, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu bumbu pelengkap untuk membuat masakan menjadi lebih sedap ialah kaldu. Saat ini, terdapat kaldu non MSG yang tentunya lebih menyehatkan. Sudahkah Anda mengetahui merk kaldu non MSG yang enak dan bagus untuk dikonsumsi harian? Artikel yang sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari, ini akan membahas mengenai cara memilih kaldu non MSG terbaik. Kami juga akan mengulas keunggulan kaldu non MSG dari berbagai rasa, seperti ayam, sapi, dan lainnya. Merek kaldu non MSG, seperti Totole, Alsultan, hingga AlaNia juga masuk dalam daftar rekomendasi kami. Mari disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Extra virgin olive oil atau sering disingkat EVOO merupakan minyak zaitun murni dengan kualitas tertinggi. Tidak heran jika manfaat extra virgin olive oil lebih banyak dibandingkan minyak zaitun biasa. Anda dapat menggunakan EVOO untuk berbagai macam jenis masakan. Dikonsumsi secara langsung juga bisa. Bahkan, ada produk yang aman untuk diminum ibu hamil.Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan membahas tentang cara memilih extra virgin olive oil yang bagus. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Bertolli, Borges, hingga Filippo Berio. Jadi, mari disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda gemar membuat roti? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Kami juga akan memberikan rekomendasi tepung terigu yang bagus untuk dijadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar Emas, Komachi, Kabuki, Golden Eagle, dan lain-lain. 
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing dengan butter. Selain untuk bahan dasar bolu dan nastar, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, yakni salted butter dan unsalted butter.Kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn, ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Temukan butter terbaik yang murah, enak, dan pastinya halal untuk masakan Anda di sini!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Bumbu Sate Instan Terenak - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bumbu Sate Instan Terenak - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    Selera sate setiap orang mungkin berbeda. Ada yang suka sate ayam, sate kambing, ataupun sate daging lainnya. Apa pun dagingnya, kelezatan sate tak luput dari bumbunya. Meracik bumbu sendiri memang terasa lebih homemade. Namun, saat harus memasak sate dengan cepat untuk acara seperti hari raya Iduladha, bumbu sate instan bisa diandalkan.Banyak merek bumbu sate instan yang enak di pasaran. Sebut saja bumbu sate Enak Eco dan Selamat Majid Hamid. Kami akan berbagi tips memilih bumbu sate kemasan terbaik untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar.
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori