• 10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Kecerdasan Otak (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Kecerdasan Otak (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Kecerdasan Otak (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Kecerdasan Otak (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Kecerdasan Otak (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Kecerdasan Otak (Terbaru Tahun 2021)

Otak adalah organ penting yang bertugas mengoordinasikan segala hal yang terjadi di dalam tubuh. Beberapa fungsi otak antara lain mengatur gerakan, perilaku, tekanan darah, dan suhu tubuh. Karena fungsinya yang sangat vital, mengonsumsi suplemen untuk kecerdasan otak cukup disarankan, baik untuk orang dewasa, anak-anak, maupun bayi. 


Saat ini, banyak dijual suplemen untuk kecerdasan otak, seperti Blackmores Ginkgo Action, Cerebrovit X-Cel, atau Appeton Taurine Syrup. Agar Anda tidak bingung, kami akan mengulas tips memilihnya, serta memberi rekomendasi produk terbaik. Jadi, tetaplah membaca!

  • Pembaharuan terakhir: 22 Januari 2021
  • 88.335 Views
Daftar isi

Mengapa harus mengonsumsi suplemen untuk kecerdasan otak?

Mengapa harus mengonsumsi suplemen untuk kecerdasan otak?

Bagi anak-anak, pemenuhan nutrisi sangat berguna bagi perkembangan otak. Sementara bagi orang dewasa, nutrisi yang terpenuhi dengan baik akan meningkatkan kemampuan otak. Nutrisi yang dipenuhi melalui makanan dan suplemen tambahan akan membuat kerja otak menjadi makin baik. 


Untuk anak-anak dan bayi, suplemen otak penting sekali bagi tumbuh kembangnya pada masa periode emas. Untuk dewasa, suplemen dapat membantu mempertahankan daya ingat, serta mengurangi risiko penyakit alzheimer atau penyakit otak lainnya.


Kekurangan nutrisi dapat mengganggu perkembangan otak dan tingkat kecerdasan, serta bisa memicu gangguan otak atau cacat otak bawaan. Jadi, pastikan nutrisi untuk otak Anda selalu terpenuhi.


Nutrisi untuk otak ini bisa didapatkan melalui makanan sehat dengan kandungan gizi seimbang. Namun, sering kali makanan saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi otak. Maka dari itu, Anda perlu mengonsumsi suplemen tambahan untuk mendukung perkembangan dan kemampuan otak Anda.

Cara memilih suplemen untuk kecerdasan otak

Supaya kebutuhan nutrisi otak terpenuhi secara optimal, jangan sampai Anda salah memilih suplemen. Berikut ini adalah cara memilih suplemen untuk memaksimalkan kecerdasan otak Anda dan keluarga.

Perhatikan kandungan nutrisi di dalamnya

Sebelum Anda memilih suplemen untuk kecerdasan otak, pastikan untuk memperhatikan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa jenis nutrisi yang dibutuhkan otak. 

AA dan DHA, untuk sistem pertumbuhan saraf pusat

AA dan DHA, untuk sistem pertumbuhan saraf pusat

AA dan DHA sangat bermanfaat untuk pertumbuhan sistem saraf pusat dan fungsi penglihatan. AA berfungsi sebagai neurotransmiter atau penghantar pesan dari otak ke bagain tubuh lain. Sementara itu, DHA berfungsi untuk proses pembentukan sel-sel saraf dan sinaps (titik temu di antara 2 sel saraf).


Kedua nutrisi ini termasuk dalam golongan asam lemak esensial yang tidak bisa dibentuk oleh tubuh, melainkan harus didapat dari luar. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung AA-DHA dapat meningkatkan kecerdasan dan daya visual. Contoh makanan yang mengandung AA-DHA adalah ikan tuna, salmon, makerel, sarden, daging, dan telur.

Omega-3, mendukung proses kognitif dan kesehatan mental

Omega-3, mendukung proses kognitif dan kesehatan mental

Asam lemak omega-3 adalah lemak esensial yang memiliki efek antiperadangan dan dapat mencegah penggumpalan darah. Nutrisi ini sangat penting untuk perkembangan sistem saraf pusat dan otak. Penelitian di Inggris membuktikan bahwa anak-anak yang mendapat asupan omega-3 yang mencukupi ternyata meraih nilai lebih tinggi di sekolah.


Untuk orang dewasa, omega-3 bisa meningkatkan kesehatan jantung, serta mengurangi depresi, skizofrenia, dan gangguan bipolar. Oleh karena itu, Anda sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3. Beberapa makanan yang mengandung omega-3 antara lain ikan kembung, ikan teri, biji chia, kacang kenari, dan biji rami. Di samping itu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung omega-3.

Vitamin B-kompleks, untuk meningkatkan memori dan konsentrasi

Vitamin B-kompleks, untuk meningkatkan memori dan konsentrasi

Vitamin B-kompleks dibutuhkan untuk membantu perkembangan otak, mengaktifkan fungsi otak, dan meningkatkan memori. Kekurangan vitamin B-kompleks berisiko menyebabkan kehilangan memori jangka pendek, serta menurunkan tingkat konsentrasi.


Contoh makanan yang tinggi akan kandungan vitamin B-kompleks adalah telur, bayam, dan brokoli. Daging juga banyak mengandung vitamin B-kompleks, baik itu daging sapi, kambing, ikan, maupun domba. Selain dari makanan tersebut, vitamin B-kompleks juga dapat Anda peroleh dari susu dan suplemen.

Pilih berdasarkan bentuknya

Pilih berdasarkan bentuknya

Sama seperti suplemen lainnya, suplemen untuk kecerdasan otak dibuat dalam bentuk yang berbeda-beda. Ada yang berbentuk sirop, kapsul, tablet, atau softgel. Umumnya, suplemen bentuk sirop lebih cocok untuk anak-anak. Akan tetapi, jika Anda kesulitan menelan tablet, Anda bisa memilih suplemen berbentuk sirop.


Namun, suplemen berbentuk kapsul, tablet, dan softgel lebih praktis untuk dikonsumsi. Anda juga akan lebih mudah untuk membawanya ke mana-mana. Pilihlah yang paling sesuai dengan penggunaan Anda.

Sesuaikan dengan usia orang yang mengonsumsinya

Sesuaikan dengan usia orang yang mengonsumsinya

Sebelum memutuskan, pastikan bahwa suplemen pilihan Anda telah sesuai dengan kebutuhan dan usia orang yang mengonsumsinya. Kebutuhan nutrisi otak pada setiap usia berbeda-beda. 


Anak-anak yang sedang dalam periode emas perkembangan otak membutuhkan suplemen yang bisa memaksimalkan fungsi otak. Sementara untuk remaja yang aktif berkegiatan di sekolah, dibutuhkan vitamin yang bisa meningkatkan konsentrasi belajar. Berikutnya, untuk usia dewasa, termasuk lansia yang rawan terkena alzheimer, dibutuhkan suplemen otak untuk mencegah dan meningkatkan daya ingat.

Perhatikan label komposisi dan dosis

Perhatikan label komposisi dan dosis

Jangan pernah lupa untuk membaca label keterangan yang biasanya tertera di dalam kemasan. Pastikan kandungan yang terdapat di dalamnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan sampai Anda sudah telanjur membeli, tetapi ternyata ada bahan kandungan yang tidak cocok dan menimbulkan alergi.


Selain itu, pastikan juga Anda membaca dosis yang sudah ditentukan. Supaya mendapatkan hasil yang maksimal, ada baiknya Anda mengonsumsi suplemen sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Jika Anda kurang yakin, Anda sebaiknya terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter.

10 Rekomendasi suplemen terbaik untuk kecerdasan otak

Sekarang, kami akan memberikan beberapa rekomendasi produk suplemen untuk kecerdasan otak Anda dan keluarga. Semoga ada produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

10
Kandungan nutrisi untuk otakCentella asiatica
BentukKapsul
UntukAnak dan dewasa
Aturan pakaiUsia 2-7 tahun: setengah kapsul/hari | Usia 7-15 tahun: 1 kapsul/hari | Usia >15 tahun atau dewasa: 2 kapsul/hari
9
Kandungan nutrisi untuk otakOmega-3, vitamin D, vitamin B-kompleks, vitamin C, asam folat, zinc, biotin, iodin
BentukKapsul kunyah
UntukAnak usia 2-12 tahun
Aturan pakai1 kapsul/hari
8
Kandungan nutrisi untuk otakOmega-3
BentukSoftgel
UntukDewasa
Aturan pakai1 softgel/hari
7
Kandungan nutrisi untuk otakAA, DHA, EPA, vitamin B-kompleks, vitamin D, vitamin C, L-Glutamic acid, folic acid
BentukSirop
UntukAnak usia 6 bulan - 12 tahun
Aturan pakai6 bulan - 1 tahun: setengah sdt/hari | 1-6 tahun: 1 sdt/hari | 6-12 tahun: 1 sdt (2 kali/hari)
6
Kandungan nutrisi untuk otakHuperzia serrate, curcuma xanthorrizha, magnesium
BentukKapsul
UntukDewasa hingga lansia
Aturan pakai1 kapsul/hari
5
Kandungan nutrisi untuk otakVitamin B-kompleks, vitamin E, vitamin C, zinc, L-Glutamic acid, folic acid, zinc, selenium
BentukKapsul
UntukRemaja usia 12-22 tahun
Aturan pakai1-2 kapsul/hari
4
Kandungan nutrisi untuk otakEkstrak ginkgo biloba
BentukTablet
UntukDewasa di atas 12 tahun
Aturan pakai1 tablet 2-3 kali/hari
3
Kandungan nutrisi untuk otakTaurine, vitamin A, B-kompleks, C, D, E
BentukSirop
UntukAnak di atas usia 1 tahun
Aturan pakaiUsia 1-4 tahun: setengah sdm/hari | Usia 4 tahun ke atas: 1 sdm/hari
2

Scott's Emulsion Cod Liver Oil

Mulai dari Rp 59.000,00

Kandungan nutrisi untuk otakMinyak ikan kod, omega-3, vitamin A, vitamin D, kalsium
BentukSirop
UntukAnak di atas usia 1 tahun
Aturan pakaiUsia 1-3 tahun: 5 ml (1 kali/hari) | Usia 4-8 tahun: 15 ml (1 kali/hari) | Usia >9 tahun: 15 ml (3 kali/hari)
1
Kandungan nutrisi untuk otakEkstrak crustacea shell, vitamin C
BentukKapsul lunak
UntukDewasa dan anak
Aturan pakaiDewasa: 1-2 kapsul (1 kali/per hari) | Anak 1bulan - 12 tahun: 1 kapsul (1 kali/hari) | Ibu hamil dan menyusui: 2 kapsul (1 kali/hari)

Tabel perbandingan produk suplemen terbaik untuk kecerdasan otak

Gambar produk
1
Sea-Quill  DHA Gold 1

Sea-Quill

2
Scott's  Emulsion Cod Liver Oil  1

Scott's

3
Appeton Taurine Syrup 1

Appeton

4
Blackmores Ginkgo Action 1

Blackmores

5
Kalbe Farma Cerebrovit X-Cel 1

Kalbe Farma

6
Konimex Konilife Focus 1

Konimex

7
Kalbe Cerebrofort Gold 1

Kalbe

8
Wellness Omega RX-3 1

Wellness

9
Blackmores Superkids Omega Brain Chewables 1

Blackmores

10
Vitabrain VB Centella 1

Vitabrain

Nama produk

DHA Gold

Emulsion Cod Liver Oil

Taurine Syrup

Ginkgo Action

Cerebrovit X-Cel

Konilife Focus

Cerebrofort Gold

Omega RX-3

Superkids Omega Brain Chewables

VB Centella

Keunggulan

Tingkatkan IQ dengan DHA dari ekstrak ikan tuna

Maksimalkan pertumbuhan tulang anak

Tingkatkan penglihatan dan daya pandang anak

Tangkal radikal bebas dengan tanaman herba dari Tiongkok

Mendukung konsentrasi dan daya ingat remaja aktif

Daya ingat dan kemampuan kognitif para lansia pun akan terpelihara

Tingkatkan nafsu makan dan jaga metabolisme anak

Cegah pikun sekaligus jaga kolesterol tubuh

Enaknya mengunyah vitamin yang bebas gula

Lancarkan peredaran darah ke otak dengan kandungan herba

Harga mulai dariRp 180.000,00Rp 59.000,00Rp 88.000,00Rp 134.000,00Rp 18.500,00Rp 90.000,00Rp 38.800,00Rp 375.000,00Rp 350.000,00Rp 299.000,00
Kandungan nutrisi untuk otakEkstrak crustacea shell, vitamin CMinyak ikan kod, omega-3, vitamin A, vitamin D, kalsiumTaurine, vitamin A, B-kompleks, C, D, EEkstrak ginkgo biloba Vitamin B-kompleks, vitamin E, vitamin C, zinc, L-Glutamic acid, folic acid, zinc, seleniumHuperzia serrate, curcuma xanthorrizha, magnesium AA, DHA, EPA, vitamin B-kompleks, vitamin D, vitamin C, L-Glutamic acid, folic acidOmega-3Omega-3, vitamin D, vitamin B-kompleks, vitamin C, asam folat, zinc, biotin, iodinCentella asiatica
BentukKapsul lunakSiropSiropTabletKapsulKapsulSiropSoftgelKapsul kunyahKapsul
UntukDewasa dan anak Anak di atas usia 1 tahunAnak di atas usia 1 tahunDewasa di atas 12 tahunRemaja usia 12-22 tahunDewasa hingga lansiaAnak usia 6 bulan - 12 tahunDewasaAnak usia 2-12 tahunAnak dan dewasa
Aturan pakaiDewasa: 1-2 kapsul (1 kali/per hari) | Anak 1bulan - 12 tahun: 1 kapsul (1 kali/hari) | Ibu hamil dan menyusui: 2 kapsul (1 kali/hari)Usia 1-3 tahun: 5 ml (1 kali/hari) | Usia 4-8 tahun: 15 ml (1 kali/hari) | Usia >9 tahun: 15 ml (3 kali/hari)Usia 1-4 tahun: setengah sdm/hari | Usia 4 tahun ke atas: 1 sdm/hari1 tablet 2-3 kali/hari 1-2 kapsul/hari1 kapsul/hari6 bulan - 1 tahun: setengah sdt/hari | 1-6 tahun: 1 sdt/hari | 6-12 tahun: 1 sdt (2 kali/hari)1 softgel/hari1 kapsul/hariUsia 2-7 tahun: setengah kapsul/hari | Usia 7-15 tahun: 1 kapsul/hari | Usia >15 tahun atau dewasa: 2 kapsul/hari
Tautan produk

Baca juga rekomendasi suplemen otak lainnya di sini

Otak sangat berperan penting terhadap segala perilaku dan fungsi tubuh. Suplemen untuk otak tidak hanya ditujukan untuk mencerdaskan secara kognitif, tetapi juga memiliki fungsi lainnya. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda mencari tahu juga mengenai beberapa suplemen otak di bawah ini. Siapa tahu salah satunya ada yang sedang Anda butuhkan.  

Kesimpulan

Memiliki kemampuan kognitif yang bagus, konsentrasi tinggi, daya ingat dan daya tangkap yang baik, serta bebas dari pikun adalah keinginan banyak orang. Untuk itu, Anda dapat menjalankan pola hidup sehat, serta mengonsumsi suplemen untuk mendukung kecerdasan otak. 


Di artikel ini, kami sudah menjabarkan setiap hal penting mengenai suplemen untuk kecerdasan otak. Semoga kini Anda dapat menemukan suplemen yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Multivitamin dan Mineral Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Multivitamin dan Mineral Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Multivitamin dan mineral yang terkandung dalam suplemen merupakan zat yang berguna bagi kesehatan tubuh. Dari banyaknya produk, seperti CDR, Enervon-C, Zevit Grow, Nutrimax, Renovit, dan sebagainya yang tersedia di pasaran, dapatkah Anda memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan tubuh?Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih multivitamin dan mineral yang baik berdasarkan pertimbangan harga, kandungan bahan, serta jenis produk yang sesuai dengan gaya hidup Anda. Karena produk ini akan Anda konsumsi setiap hari, pilihlah yang paling sesuai, baik dari segi manfaat maupun anggaran!
    Vitamin & suplemen
    544.827 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Vitamin C Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Vitamin C Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Vitamin C merupakan nutrisi yang banyak diperoleh dari buah dan sayur. Jika Anda sangat mementingkan kecantikan dan kesehatan, Anda dapat mengonsumsi suplemen sebagai nutrisi tambahan. Terdapat banyak merk, seperti NaturePlus, Enervon C, dan Blackmores. Selain bentuk, kandungan vitamin C dalam suatu produk bisa berbeda, misalnya 500 mg, 1000 mg, atau 1500 mg.Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih suplemen vitamin C beserta rekomendasi produknya. Ada produk vitamin C yang bagus untuk kulit juga, lho. Mari temukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Vitamin & suplemen
    408.741 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Kesehatan Kulit (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Kesehatan Kulit (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit yang tidak sehat bisa disebabkan oleh stres, pola makan yang tidak seimbang, dan lain-lain. Untuk mengatasinya, Anda harus menjalani gaya hidup sehat. Sebaiknya, Anda juga mengonsumsi suplemen atau vitamin kulit untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat. Banyak vitamin kulit dengan berbagai kandungan dan fungsi berbeda-beda di pasaran. Agar tidak salah pilih, biotechnologist, Marceline Noviani, akan berbagi tips memilih supplement kulit yang bagus pada artikel ini. Kami juga akan memberikan rekomendasi merk yang bagus, seperti Nourish Skin, Blackmores, Kinohimitsu, dan lain-lain. Jadi, simak terus sampai selesai!
    Vitamin & suplemen
    299.731 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Memiliki tubuh kurus tidak selalu baik. Kondisi ini bisa saja menjadi tanda-tanda kekurangan nutrisi atau sedang menderita penyakit tertentu. Alih-alih menaikkan berat badan dengan asal makan, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang.Anda juga bisa menambah berat badan dengan mengonsumsi suplemen. Ada beberapa merek suplemen penambah berat badan yang tersebar di pasaran, seperti Appeton, Nutrifat, dan Curvit. Untuk membantu Anda memilih, ahli gizi, Leona Victoria, juga memberikan komentarnya di artikel ini. Bacalah sampai selesai dan temukan suplemen penambah berat badan yang Anda butuhkan!
    Vitamin & suplemen
    103.144 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Vitamin D Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Vitamin D Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Vitamin D berguna untuk menguatkan otot dan tulang. Vitamin ini hanya akan diproduksi tubuh ketika Anda terpapar sinar matahari. Sayangnya, zaman sekarang, tidak sedikit orang yang jarang terpapar sinar matahari sehingga rentan mengalami kekurangan vitamin D. Berbagai merek suplemen vitamin D diproduksi untuk mengatasi masalah tersebut. Namun, produk seperti apa yang tepat untuk dipilih?Untuk membantu Anda, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi suplemen vitamin D terbaik. Ada merek ternama, seperti Doctor’s Best, Now Foods, atau Nature’s Plus yang mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda. Yuk, simak informasi selengkapnya!
    Vitamin & suplemen
    137.749 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Manusia membutuhkan kolagen tidak hanya untuk menjaga elastisitas dan keremajaan kulit, tetapi juga untuk memelihara fungsi jaringan tubuh lainnya. Meski kolagen tersedia secara alami di dalam tubuh manusia, kualitas dan kuantitasnya akan terus menurun seiring dengan bertambahnya usia.Berbagai merek suplemen kolagen, seperti Puritan’s Pride, Neocell, Youtheory, dan lainnya memiliki manfaat yang baik untuk tubuh Anda. Namun, suplemen kolagen seperti apakah yang ideal untuk Anda? Mari simak tips memilih dan jajaran rekomendasi produk suplemen kolagen yang akan kami ulas berikut ini.
    Vitamin & suplemen
    300.450 Views
  • 10 Merk Habbatussauda yang Bagus (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Habbatussauda yang Bagus (Terbaru Tahun 2021)
    Jintan hitam atau yang lebih dikenal sebagai habbatussauda adalah rempah-rempah yang sudah lama digunakan untuk pengobatan. Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa habbatussauda memiliki khasiat kesehatan dan dapat dikonsumsi untuk menangani berbagai penyakit. Itu sebabnya habbatussauda menjadi salah satu obat herbal yang banyak dicari oleh masyarakat.Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan mengenai cara memilih produk habbatussauda yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan beberapa merk habbatussauda terbaik, seperti Habbatussauda Kurma Ajwa, Habbatussauda HPAI, dan lain sebagainya. Simak terus informasinya dan temukan produk yang tepat untuk kebutuhan Anda!
    Vitamin & suplemen
    2.251 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori