1. TOP
  2. >
  3. Kesehatan
  4. >
  5. Vitamin & suplemen
  6. >
  7. 10 Vitamin Otak Terbaik - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Vitamin Otak Terbaik - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Vitamin Otak Terbaik - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Vitamin Otak Terbaik - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Vitamin Otak Terbaik - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Vitamin Otak Terbaik - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Vitamin Otak Terbaik - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2023)

Otak merupakan organ tubuh paling kompleks dengan fungsi yang vital. Otak terdiri dari miliaran sel dan jaringan yang saling terhubung. Karena itu, konsumsi suplemen otak sangat disarankan bagi anak ataupun orang dewasa. Kini, banyak dijual berbagai merek suplemen otak yang bagus, seperti Blackmores, Wellness, Konimex, dan Appeton


Kami akan memberikan tips memilih suplemen otak terbaik. Kami juga telah merangkum beragam rekomendasi vitamin untuk kecerdasan otak dan vitamin penambah daya ingat. Simak artikelnya sampai habis, ya! Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter dan residen spesialis kedokteran olahraga kami, dr. Regina Varani.

Diperbaharui 01-26-2023
Pakar
Dokter dan residen spesialis kedokteran olahraga
dr. Regina Varani

Regina adalah dokter dan residen spesialis kedokteran olahraga yang berfokus di bidang wellness dan postur tubuh. Ia memiliki lebih dari 5 tahun pengalaman dalam menangani kelainan tulang belakang khususnya skoliosis, masalah postur, serta nyeri muskuloskeletal. dr. Regina telah mendapat sertifikasi sebagai instruktur penanganan skoliosis dari Schroth Best Practice Academy Jerman. Ia juga telah tersertifikasi untuk melakukan praktik akupuntur Jepang Kiiko Matsumoto Style (KMS). Saat ini, Regina sedang menjalani residensi di Universitas Indonesia dan berpraktik di Spine Clinic Family Holistic Jakarta. Untuk informasi lebih lanjut, dr. Regina bisa disapa melalui Instagram-nya.

Profil dr. Regina Varani
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Mengapa harus mengonsumsi suplemen untuk kecerdasan otak?

Mengapa harus mengonsumsi suplemen untuk kecerdasan otak?

Memenuhi kebutuhan nutrisi otak sangat penting. Kekurangan nutrisi dapat mengganggu perkembangan otak, tingkat kecerdasan, serta bisa memicu gangguan atau cacat otak bawaan.


Nutrisi otak dapat dipenuhi melalui konsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang. Namun, sering kali asupan harian tidak mampu mencukupi kebutuhan Anda. Maka dari itu, Anda perlu mengonsumsi suplemen tambahan untuk mendukung kerja otak agar makin baik.


Apa saja manfaat mengonsumsi vitamin otak?

  • Suplemen otak untuk anak dan bayi penting untuk mendukung tumbuh kembang otak di periode emas. 
  • Bagi orang dewasa, vitamin untuk otak berguna dalam meningkatkan kemampuan otak serta mempertahankan daya ingat. 
  • Suplemen otak dapat mengurangi risiko penyakit alzheimer dan penyakit otak lainnya pada usia tua.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih vitamin otak

Lalu, bagaimana memilih suplemen untuk otak yang tepat? Di bawah ini, kami telah merangkum tips memilih suplemen otak terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Silakan disimak, ya!

① Perhatikan kandungan nutrisi di dalamnya

Saat memilih vitamin otak terbaik, pastikan Anda memperhatikan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa jenis nutrisi yang dibutuhkan otak. 

AA dan DHA, untuk perkembangan sistem saraf pusat

AA dan DHA, untuk perkembangan sistem saraf pusat

Otak sebagian besar terbentuk dari lemak. Karena itu, kandungan lemak memegang peranan penting dalam mempertahankan fungsi dan struktur otak. Asam lemak tak jenuh jamak atau polyunsaturated fatty acid (PUFA) merupakan komponen utama membran sel. Di otak, PUFA terbanyak ada dalam bentuk AA dan DHA.


  • AA

AA merupakan PUFA omega-6. AA memengaruhi produksi neurotransmitter atau penghantar pesan dari satu sel otak ke sel otak lainnya.


  • DHA

DHA merupakan PUFA omega-3. DHA dibutuhkan untuk proses pembentukan sel-sel saraf dan sinaps. Sinaps sendiri adalah titik temu di antara dua sel saraf.


AA dan DHA sangat bermanfaat untuk perkembangan sistem saraf pada masa kehamilan dan masa kanak-kanak awal. Namun, kedua nutrisi ini termasuk dalam golongan asam lemak esensial yang tidak bisa dibentuk oleh tubuh.


Anda dapat memperolehnya lewat makanan, seperti ikan tuna, salmon, makerel, sarden, daging, dan telur. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung AA-DHA dapat meningkatkan kecerdasan dan daya visual.

Omega-3, mendukung proses kognitif dan kesehatan mental

Omega-3, mendukung proses kognitif dan kesehatan mental

Selain DHA, masih ada omega-3 lainnya, contohnya EPA atau eicosapentaenoic acid. Seperti DHA, EPA juga penting dalam perkembangan otak, khususnya pada bayi. Nutrisi ini sangat penting untuk perkembangan sistem saraf pusat.


Beberapa manfaat lain omega-3, yaitu:

  • Memiliki efek antiperadangan dan dapat mencegah penggumpalan darah
  • Mampu mengurangi risiko berbagai penyakit kronis
  • Meningkatkan kecerdasan otak anak
  • Meningkatkan kesehatan jantung
  • Mengurangi depresi, skizofrenia, dan gangguan bipolar

Melihat banyaknya manfaat yang akan didapatkan, Anda sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3. Beberapa makanan yang mengandung omega-3 antara lain ikan kembung, ikan teri, biji chia, kacang kenari, dan biji rami (flaxseed). Di samping itu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung omega-3.


Kami memiliki artikel yang khusus membahas tentang suplemen omega-3 terbaik. Dibaca juga, ya!

Vitamin B kompleks, untuk meningkatkan memori dan konsentrasi

Vitamin B kompleks, untuk meningkatkan memori dan konsentrasi

Vitamin B kompleks dibutuhkan untuk membantu perkembangan otak, mengaktifkan fungsi otak, dan meningkatkan memori. Kekurangan vitamin B kompleks, khususnya vitamin B12, berisiko menyebabkan gangguan kognitif dan kehilangan memori jangka pendek


Makanan yang tinggi akan kandungan vitamin B kompleks adalah telur, bayam, brokoli, daging sapi, kambing, ikan, dan domba. Selain dari makanan tersebut, vitamin B kompleks juga dapat Anda peroleh dari susu dan suplemen penambah daya ingat.


Jika Anda membutuhkan rekomendasi suplemen B kompleks terbaik, kami sudah menyiapkan artikelnya untuk Anda. Anda bisa membacanya melalui tautan di bawah ini.

② Sesuaikan dengan usia orang yang mengonsumsinya

Sebelum memilih produk vitamin untuk otak, pastikan Anda menyesuaikan dengan usia penggunanya, ya. Pasalnya, kebutuhan nutrisi anak dan dewasa tidaklah sama. 

Anak dan remaja, vitamin yang meningkatkan konsentrasi dan kecerdasan

Anak dan remaja, vitamin yang meningkatkan konsentrasi dan kecerdasan

Anak-anak yang sedang dalam periode emas membutuhkan asupan suplemen otak untuk mendukung perkembangannya. Sementara itu, remaja yang aktif membutuhkan vitamin untuk otak yang membantu meningkatkan konsentrasi belajar. 


Vitamin otak anak umumnya mengandung omega-3 seperti DHA. Nutrisi ini sangat penting untuk perkembangan otak dan dipercaya mampu mengurangi risiko perilaku hiperaktif pada anak. Selain itu, omega-3 juga meningkatkan kemampuan konsentrasi dan memperbaiki daya ingat.


Kekurangan asupan omega-3 dalam jangka pendek mungkin tidak menimbulkan efek signifikan pada anak. Namun, dalam jangka panjang, kekurangan omega-3 dapat mengakibatkan beberapa hal berikut ini:

  • Gangguan memori dan kognitif

  • Depresi atau gangguan mood

  • Daya tahan tubuh yang kurang baik

  • Kulit kering, rasa lelah, dan sebagainya


Selain itu, ingatlah bahwa tubuh memerlukan keseimbangan antara asupan omega-3 dan omega-6 dalam tubuh.

Orang dewasa, vitamin yang mampu meningkatkan daya ingat

Orang dewasa, vitamin yang mampu meningkatkan daya ingat

Sedikit berbeda dengan anak, vitamin otak dewasa biasanya fokus pada manfaat meningkatkan daya ingat serta kemampuan kognitif. Orang dewasa membutuhkan suplemen otak untuk mengurangi risiko gangguan otak, contohnya demensia dan alzheimer.


Beberapa jenis vitamin otak untuk dewasa antara lain B1, B6, B12, C, dan E. Selain itu, nutrisi seperti omega-3 dan acetyl-l-carnitine juga turut mendukung daya ingat Anda. 

③ Pilih bentuk vitamin yang mudah Anda konsumsi

Pilih bentuk vitamin yang mudah Anda konsumsi

Sama seperti suplemen lainnya, vitamin untuk kecerdasan otak tersedia dalam bentuk yang berbeda-beda. Anda bisa memilih suplemen otak yang berbentuk sirop, kapsul, tablet, atau softgel. 


Umumnya, vitamin anak tersedia dalam bentuk sirop. Akan tetapi, Anda yang kesulitan menelan tablet juga bisa memilih suplemen berbentuk sirop.


Namun, suplemen berbentuk kapsul, tablet, dan softgel lebih praktis untuk dikonsumsi. Anda juga akan lebih mudah untuk membawanya ke mana-mana. Pilihlah yang paling sesuai dengan penggunaan Anda.

④ Perhatikan label komposisi dan dosis

Perhatikan label komposisi dan dosis

Setelah menemukan suplemen yang dirasa tepat, jangan lupa untuk membaca label keterangan yang biasanya tertera di dalam kemasan. Pastikan kandungan yang terdapat di dalam suplemen sesuai dengan kebutuhan Anda.


Selain itu, pastikan juga Anda membaca dosis yang sudah ditentukan. Supaya mendapatkan hasil yang maksimal, ada baiknya Anda mengonsumsi suplemen sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Jika kurang yakin, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

10 Rekomendasi vitamin otak terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk vitamin otak terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Regina Varani.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Blackmores

Ginkgo Recall

Blackmores  Ginkgo Recall 1枚目

Vitamin penambah daya ingat dan konsentrasi

2

YOU Indonesia

Youvit Omega-3 Anak

YOU Indonesia Youvit Omega-3 Anak 1枚目

Rasanya enak, menyehatkan otak dengan cara yang menyenangkan

3

Vitabrain

VB Centella

Vitabrain  VB Centella 1枚目

Suplemen daya ingat untuk segala usia

4

Nature's Health

DHA Complex

Nature's Health DHA Complex  1枚目

Suplemen otak dengan kandungan DHA yang boleh dikonsumsi ibu hamil

5

Kalbe

Cerebrofort Gold

Kalbe  Cerebrofort Gold 1枚目

Multivitamin untuk otak dan tumbuh kembang anak

6

Kalbe

Cerebrovit X-Cel

Kalbe Cerebrovit X-Cel 1枚目

Mendukung aktivitas remaja yang produktif

7

Appeton

Multivitamin Taurine Syrup

Appeton  Multivitamin Taurine Syrup 1枚目

Tingkatkan nafsu makan dan prestasi anak

8

Herbindo Persada

Obrain

Herbindo Persada Obrain 1枚目

Mempertahankan kemampuan memori dan fokus pada usia lanjut

9

Wellness

Omega RX-3

Wellness  Omega RX-3 1枚目

Omega-3 dosis tinggi untuk memelihara kesehatan tubuh

10

Suryaprana Nutrisindo

Nutrimax B Complex

Suryaprana Nutrisindo Nutrimax B Complex 1枚目

Menjaga kesehatan otak dan seluruh tubuh!

Perincian produk
Close
No.1

Blackmores Ginkgo Recall

Mulai dari Rp176.600,00

Vitamin penambah daya ingat dan konsentrasi

Merasa kesulitan untuk konsentrasi akhir-akhir ini? Coba dulu vitamin dari Blackmores berikut ini. Vitamin untuk daya ingat ini mengandung Ginkgo biloba yang meningkatkan sirkulasi darah dan menyediakan oksigen ke otak.


Dengan asupan nutrisi yang cukup, daya ingat dan konsentrasi Anda akan meningkat. Vitamin otak yang dijual di apotek secara bebas ini rupanya membantu melindungi jaringan otak serta memperlambat demensia juga, lho.

No.2

YOU IndonesiaYouvit Omega-3 Anak

Mulai dari Rp19.900,00

Rasanya enak, menyehatkan otak dengan cara yang menyenangkan

Ada banyak cara untuk menjadi sehat. Jika Anda ingin memberikan vitamin otak dengan rasa enak untuk anak, rekomendasi kami jatuh kepada Youvit. Suplemen kesehatan berbentuk gummy dengan rasa jeruk, persik, dan rasberi ini dapat membantu menutrisi otak dan mata anak Anda.


Manfaat ini didapat dari omega-3, DHA, EPA, dan ALA yang cukup dikonsumsi sekali sehari. Praktis sekali, bukan? Suplemen harian ini cocok untuk mendukung anak Anda yang memerlukan konsentrasi tinggi saat belajar atau menghadapi ujian.

No.3

Vitabrain VB Centella

Mulai dari Rp299.000,00

Suplemen daya ingat untuk segala usia

Suplemen otak ini cocok untuk Anda yang mencari suplemen praktis untuk seluruh anggota keluarga. Suplemen ini terbuat dari ekstrak daun pegagan yang dikenal dapat memperbaiki sel-sel otak yang rusak.


VB Centella dipercaya dapat melancarkan peredaran darah, meningkatkan konsentrasi, dan mencegah kepikunan. Suplemen ini juga cocok untuk mengatasi insomnia dan memberi efek relaksasi pada otak. Selain itu, vitamin ini juga banyak direkomendasikan untuk penderita migrain dan perawatan pasca-stroke.

No.4

Nature's HealthDHA Complex

Mulai dari Rp450.000,00

Suplemen otak dengan kandungan DHA yang boleh dikonsumsi ibu hamil

DHA sangat penting untuk kesehatan otak, baik orang dewasa maupun bayi. DHA Complex aman dikonsumsi anak-anak hingga dewasa, bahkan ibu hamil. Mengonsumsi suplemen DHA sangat dianjurkan untuk ibu hamil karena zat ini berperan penting bagi perkembangan saraf dan otak janin.


Produk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang mencari suplemen otak untuk segala usia. Dengan bentuk softgel tanpa bau amis, suplemen ini nyaman diminum oleh siapa saja. Jika Anda seorang ibu hamil dan tertarik dengan produk ini, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan sebelum mengonsumsinya.

No.5

Kalbe Cerebrofort Gold

Mulai dari Rp22.500,00

Multivitamin untuk otak dan tumbuh kembang anak

Anda sedang mencari vitamin anak untuk otak dan tumbuh kembang? Jangan lewatkan produk Kalbe yang satu ini. Cerebrofort Gold merupakan multivitamin untuk tumbuh dan kembang anak, membantu metabolisme tubuh serta memelihara kesehatan.


Multivitamin anak ini mengandung DHA serta vitamin B kompleks yang baik untuk otak anak. Vitamin untuk otak anak ini hadir dengan rasa stroberi dan jeruk yang pasti disukai anak Anda.

No.6

Mendukung aktivitas remaja yang produktif

Aktivitas remaja yang padat perlu didukung dengan suplemen kesehatan yang bagus. Salah satunya adalah suplemen otak Cerebrovit X-Cel. Vitamin otak untuk remaja ini mengandung beragam vitamin dan mineral.


Komposisinya cocok dikonsumsi oleh remaja berusia 12–22 tahun. Manfaat vitamin untuk otak ini adalah meningkatkan konsentrasi dan daya ingat dalam menunjang aktivitas pelajar sehari-hari. Vitamin ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di apotek atau minimarket terdekat dengan harga yang cukup terjangkau.

No.7

Appeton Multivitamin Taurine Syrup

Mulai dari Rp121.000,00

Tingkatkan nafsu makan dan prestasi anak

Sulit makan dan sulit belajar adalah dua masalah yang kerap dirasakan anak-anak. Nah, vitamin kecerdasan otak anak yang satu ini bisa mengatasi kedua masalah tersebut. Appeton Taurine cocok dikonsumsi anak usia sekolah untuk menunjang prestasi belajarnya. 


Suplemen anak ini mengandung multivitamin yang meningkatkan nafsu makan, perkembangan intelektual dan visual anak. Rasanya tentu dikemas dengan rasa buah yang menarik. Anak-anak pasti suka!

No.8

Mempertahankan kemampuan memori dan fokus pada usia lanjut

Tambah usia makin sering lupa? Suplemen penambah daya ingat untuk dewasa dari Obrain ini bisa jadi jawaban Anda. Obrain diperkaya dengan kandungan, mulai dari saffron, moringa, hingga ginkgo biloba.


Walaupun tidak mengandung omega-3, kandungan ginkgo biloba berfungsi sebagai antioksidan sehingga bermanfaat melindungi otak dari dementia. Sementara itu, daun kelor (moringa) dan blueberry dipercaya melindungi otak dari alzheimer. Tak hanya itu, produk ini juga bekerja mempertahankan kemampuan memori dan fokus dalam belajar.

No.9

Omega-3 dosis tinggi untuk memelihara kesehatan tubuh

Omega-3 menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Omega-3 membantu menjaga kesehatan jantung, mengurangi depresi, hingga masalah kesehatan otak lainnya. Bila Anda tengah mencari suplemen omega-3 dosis tinggi yang aman, kami rekomendasikan Wellness. Vitamin otak untuk orang tua dan dewasa ini juga mengandung EPA, DHA, dan vitamin E yang dapat memelihara kesehatan Anda.

No.10

Suryaprana NutrisindoNutrimax B Complex

Mulai dari Rp165.000,00

Menjaga kesehatan otak dan seluruh tubuh!

Suplemen otak terbaik untuk dewasa ini datang dari Nutrimax. Produk yang satu ini mengandung semua jenis vitamin B dalam rasio yang seimbang. Vitamin B kompleks dikenal dengan beragam manfaat, seperti nutrisi otak, memperbaiki sistem pencernaan, dan meningkatkan imunitas.


Selain itu, vitamin B kompleks juga menjaga kesehatan kulit, rambut, otak, saraf, otot, darah, hati dan jantung. Dengan mengonsumsi Nutrimax, Anda tidak hanya akan menjaga kesehatan otak, tetapi juga seluruh tubuh.

Pertanyaan seputar vitamin otak

Pertanyaan seputar vitamin otak

Selain tips memilih vitamin otak, kami juga akan menjawab beberapa pertanyaan seputar vitamin otak. Simak jawaban selengkapnya di bawah ini, ya.

Makanan apa yang membantu mencerdaskan otak anak

Selain mengonsumsi vitamin untuk kecerdasan otak anak, Anda juga bisa memenuhi nutrisi dengan makanan sehari-hari. Berikut ini adalah jenis makanan sehari-hari yang bisa membantu mencerdaskan otak anak.


  • Salmon: Mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk perkembangan kognitif dan daya ingat.
  • Telur: Mengandung protein yang meningkatkan kemampuan konsentrasi dan daya ingat.
  • Oatmeal: Mengandung vitamin E yang mendukung fungsi otak.
  • Kacang merah: Mengandung asam lemak omega-3 yang membantu anak berpikir dengan baik.
  • Buah beri: Mengandung asam lemak omega-3.
  • Buah dan sayuran berwarna: Mengandung vitamin dan mineral berguna untuk pertumbuhan dan fungsi otak.
  • Susu, yoghurt, dan keju: Mengandung vitamun B, protein, dan kalsium yang penting bagi pertumbuhan jaringan otak.
  • Daging sapi dan ayam: Mengandung zat besi dan protein hewani yang memberikan energi dan konsentrasi sepanjang hari.

Kapan waktu yang tepat konsumsi suplemen otak?

Agar mendapatkan hasil optimal, Anda harus mengikuti anjuran yang tertera pada kemasan produk. Aturan minum tersebut memang bergantung pada jenis dan kebutuhan Anda. Secara umum, jika sudah mengonsumsi makanan sehat dan seimbang, Anda tidak membutuhkan vitamin otak tambahan.


Namun, kebutuhan vitamin setiap orang bisa berbeda-beda, tergantung pada usia, jenis kelamin, kehamilan, dan penyakit yang diderita. Beberapa nutrisi juga tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh sehingga membutuhkan bantuan suplemen.


Oleh sebab itu, sebelum mengonsumsi suplemen apa pun, berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa mengonsumsi suplemen yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga rekomendasi suplemen lainnya di sini

Selain vitamin otak yang telah kami sebutkan di atas, kami masih punya rekomendasi suplemen kesehatan lainnya. Yuk, lengkapi kebutuhan nutrisi Anda. Langsung klik link di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Otak Anda bekerja keras sepanjang waktu. Oleh karena itu, memilih suplemen otak tidak boleh sembarangan. Agar Anda tak bingung memilih suplemen otak yang bagus, gunakan tips memilih dari kami, ya. 


Belilah vitamin otak tepercaya melalui link yang sudah kami himpun. Jangan lupa untuk menerapkan gaya hidup sehat dan konsumsilah makanan yang sehat. Semoga artikel kami membantu Anda dan selamat berbelanja!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer