10 Rekomendasi Pensil Warna Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Pensil Warna Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Pensil warna tidak hanya populer di kalangan anak-anak, tetapi juga orang dewasa. Terdapat berbagai merek pensil warna, dari pensil warna klasik merek Staedtler dan Faber-Castell hingga pensil warna merek menengah keatas seperti Derwent. Selain itu, pensil warna biasanya terdiri dari beberapa pilihan tipe kelompok warna berjumlah 12 warna, 24 warna, 36 warna hingga 500 warna.

Sebagian dari Anda mungkin masih bingung untuk menentukan pensil warna yang cocok untuk menunjang hobi anak Anda atau mungkin untuk Anda sendiri. Kali ini kami akan berbagi tentang cara memilih pensil warna dan rekomendasi pensil warna berdasarkan tipe, harga, dan fungsi.

Daftar isi

Cara memilih pensil warna

Set pensil warna dengan 12, 24, dan 36 warna adalah tipe pensil warna yang biasanya digunakan oleh anak-anak. Kami akan mengulas produk pensil warna yang tidak hanya diperuntukkan untuk anak-anak tetapi juga orang dewasa.

Meskipun pensil warna pada umumnya terlihat sama, sebenarnya setiap produsen pensil warna menghasilkan karakter pensil warna yang berbeda-beda. Menemukan pensil warna yang sesuai dengan karakter dan kebutuhan Anda mungkin akan sedikit sulit. Oleh karena itu, kami akan mencoba mengulas tentang cara memilih pensil warna terlebih dahulu.

Pilih yang berbasis minyak atau air

Terdapat dua tipe pensil warna: pensil warna berbasis minyak dan air. Oleh karena karakter dasar dan fitur dari dua tipe tersebut berbeda ketika digunakan, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Berbasis minyak: warna dapat dikembangkan dengan baik, cocok untuk digunakan oleh anak-anak hingga karya seni autentik

Berbasis minyak: warna dapat dikembangkan dengan baik, cocok untuk digunakan oleh anak-anak hingga karya seni autentik

Pensil warna berbasis minyak adalah pensil warna yang umum dan banyak digunakan oleh berbagai kalangan. Karakter utama dari pensil minyak adalah tahan air. Bahkan jika Anda mengulaskan cat air di atas arsiran pensil warna, garis-garis pensil warna akan tetap terlihat dengan jelas. Selain itu, karena sifatnya yang lebih lembut dibandingkan pensil warna berbasis air, arsiran pensil warna berbasis minyak dapat dilapisi dengan lebih mudah.

Kekurangan dari pensil warna minyak adalah sulit dihapus dengan penghapus karena mengandung lilin. Meski begitu, terdapat beberapa teknik yang sebenarnya dapat diaplikasikan dalam menggunakan pensil warna minyak. Anda juga dapat mengaburkan warnanya dengan menggunakan cairan blanking khusus pensil warna.

Keuntungan dari pensil warna minyak adalah Anda dapat menggunakannya dengan mengaplikasikan teknik dasar maupun teknik lanjutan yang sulit. Oleh karena itu, pensil warna ini sesuai untuk Anda yang ingin menggunakannya bersama dengan anak Anda atau Anda yang ingin terus berlatih untuk semakin piawai dalam teknik penggunaan pensil warna.

Pensil warna berbasis air: untuk pengguna tingkat lanjut yang dapat mengaplikasikan teknik khusus

Pensil warna berbasis air: untuk pengguna tingkat lanjut yang dapat mengaplikasikan teknik khusus

Pensil warna berbasis air adalah pensil warna yang dapat dicampur dengan air sehingga menimbulkan efek seperti menggunakan cat air. Pensil warna berbasis air memiliki karakter mudah dicampur, terutama karena sifatnya yang dapat larut dalam air.

Anda dapat menggambar seperti menggunakan cat air. Namun dengan pensil warna ini, menggambar akan lebih mudah daripada menggunakan cat air. Sifat pensil warna yang kaku mempermudah proses menggambar dengan lebih detail, misalnya fine art.

Mungkin banyak yang merasa bahwa beberapa hal bisa diselesaikan dengan cat air saja, tetapi ada beberapa teknik yang hanya bisa dikerjakan dengan pensil warna berbasis air. Pensil warna berbasis air direkomendasikan untuk Anda yang menyukai gaya menggambar bebas seperti menggunakan cat air. Pensil warna berbasis air juga dapat menjadi pilihan untuk Anda yang ingin belajar menggambar fine art.

Pilih berdasarkan jumlah set pensil warna

Pilih berdasarkan jumlah set pensil warna

Harga pensil warna berbanding lurus dengan jumlah pensil dalam satu set pensil warna. Tipe warna yang Anda butuhkan tergantung dari pewarnaan yang Anda terapkan. Jika Anda menggunakan pensil warna untuk mewarnai, set pensil warna berisi 36 warna dapat menjadi pilihan yang sesuai. Dengan pilihan 12 atau 24 warna, Anda mungkin akan merasa kesulitan untuk mengekspresikan warna yang lebih beragam. Bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakan pensil warna 24 warna dalam satu set mungkin sudah cukup karena Anda sudah terbiasa untuk mencampur dan mengkreasikan warna. Namun bagi Anda yang pemula, 24 warna akan terasa kurang. Kami merekomendasikan Anda untuk membeli set pensil warna yang berisi 36 warna terlebih dahulu.

Terdapat beberapa merek pensil warna yang menawarkan lebih dari 72 warna dalam satu set. Akan tetapi, 72 warna mungkin akan terasa terlalu banyak sehingga mempersulit pilihan dan kombinasi warna.  Selain itu, mungkin masih sulit bagi Anda yang pemula untuk membedakan warna secara lebih detail.

Beli satu batang dahulu untuk memastikan kualitas

Beli satu batang dahulu untuk memastikan kualitas

Tingkat kelembutan pensil warna dibagi menjadi tiga, keras, medium, dan lembut. Pigmen warna yang kaku tidak terlalu bagus, akan tetapi cocok untuk mewarnai objek-objek detail. Sedangkan pigmen yang lembut biasanya sedikit rapuh, namun cocok untuk mewarnai objek yang lebar karena teknik pewarnaannya lebih mudah dikembangkan. Meski begitu, selera melukis dan mewarnai sangat dipengaruhi oleh teknik penekanan pensil dan metode pewarnaan.

Untuk memilih pensil warna yang Anda sukai, cobalah menggambar sedikit di kertas yang biasanya disediakan di toko alat tulis. Jika toko alat tulis tidak menyediakan kertas untuk uji coba menggambar dan merek tersebut menyediakan stok pensil warna yang dijual satuan, Anda dapat membeli satu pensil warna saja dahulu untuk dicoba di rumah.

Hanya membeli satu batang pensil warna mungkin terdengar mubazir. Akan tetapi jika Anda membeli tanpa mencoba pensil warna tersebut, Anda akan lebih banyak membuang uang dan akan menjadi lebih mubazir. Anda dapat membeli sebanyak mungkin pensil warna yang Anda sukai setelah mencoba menggambar dan menemukan yang sesuai dengan keinginan Anda.

Pilih pensil warna yang juga dijual secara satuan

Pilih pensil warna yang juga dijual secara satuan

Set pensil warna milik Anda akan memiliki panjang yang berbeda-beda seiring dengan penggunaan setiap warna yang tidak sama rata. Jika Anda memilih pensil warna yang juga dijual secara satuan, Anda dapat membarui pensil warna yang sering Anda pakai dan habis lebih cepat dibandingkan yang lain dengan membeli pensil warna satuan.

10 Rekomendasi pensil warna terbaik

Setelah menjelaskan cara memilih pensil warna yang sesuai dengan Anda, kini saatnya Anda memilih sendiri pensil warna yang Anda inginkan. Berikut rekomendasi pensil warna terbaik yang dapat Anda pilih berdasarkan tipe, harga, dan fungsi.

10. Faber-Castell Albrecht Durer Watercolour Pencil Tin 36

10. Faber-Castell Albrecht Durer Watercolour Pencil Tin 36

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 4.120.000

Untuk para seniman dengan kreativitas yang tidak terbatas

Pensil warna dengan nama seorang seniman ini memberi ruang kreativitas dan fleksibilitas yang luar biasa saat menggambar atau melukis dengan cat air. Pensil warna yang populer di kalangan seniman ini terbuat dari bahan berkualitas tinggi. Kandungan pigmen yang berkualitas tinggi dan tahan luntur menghasilkan goresan-goresan yang halus dan warna yang kuat.

Pensil warna ini tidak hanya dapat digunakan untuk menggambar dan mewarnai di atas kertas tetapi juga di  atas kartu, bahan kayu, kain, batu, hingga kaca. Untuk Anda para seniman yang mencari pensil warna dengan kualitas terbaik dan karakter warna yang kuat, pensil warna ini dapat menjadi pilihan Anda.

9. Derwent Watercolour Pencil Tin 36

9. Derwent Watercolour Pencil Tin 36

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.328.000

Untuk hasil lukisan yang halus dengan tekstur lembut

Sejak dulu pensil warna Derwent dikenal dengan goresannya yang halus dan tekstur hasil goresannya yang lembut. Pensil warna ini dapat dicampur dengan air untuk menghasilkan warna yang lebih playful dan menarik serta kombinasi warna yang halus. Selain dicampur dengan air, pensil warna ini juga dapat digunakan kering tanpa air.

Dengan membasahi kertas dahulu sebelum digunakan, Anda akan menghasilkan warna yang lebih intens dengan garis luar yg lembut. Apabila sebelum melukis Anda membasahi ujung pensil terlebih dahulu tekstur garis-garis yang dihasilkan akan lebih kaya. Pas untuk Anda yang ingin berkreasi dengan berbagai tekstur dan warna.

8. Prismacolor Premier 36

8. Prismacolor Premier 36

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 850.000

Pensil warna premium berkualitas untuk warna yang hidup

Pensil warna kualitas premium dari Prismacolor ini terdiri dari beragam pilihan warna mencakup warna primer, warna netral, abu-abu, warna neon, dan warna logam metalik. Goresan dari pensil warna ini lembut dan tebal, sangat cemerlang, dan menghasilkan campuran warna berkualitas. Pigmen permanen pada pensil warna ini membuat warna menjadi tidak mudah pudar.

Proses pengikatan warna dengan batang pensil yang sempurna membuat pensil warna ini kuat dan tahan lama. Kulit dari pensil warna ini memiliki warna yang sama dengan warna yang dihasilkan sehingga mempermudah dan mempercepat Anda saat memilih warna. Bagi Anda yang ingin berkreasi tanpa mau repot, produk berkualitas ini harus masuk daftar belanja Anda.

7. Prismacolor Premier Watercolour 36

7. Prismacolor Premier Watercolour 36

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 975.000

Mudah larut dalam air dan lembut!

Di dalam kotak Anda akan menemukan 36 pensil warna cat air yang mudah larut dalam air dan jika Anda mengkombinasikannya dengan kuas, pensil warna ini akan menghasilkan goresan warna dengan tekstur unik dan berkilauan. Pensil warna ini juga memiliki pigmen berkualitas tinggi sehingga tetap menghasilkan saturasi warna yang kaya meski digunakan dalam keadaan kering.

Pensil warna yang diproduksi di Amerika Serikat ini dapat menjadi pilihan bagi Anda yang senang bereksperimen dan bereksplorasi. Anda dapat mengasah kemampuan Anda dalam mewarnai dengan bantuan kuas ketika ingin mendapatkan efek cat air. Anda juga dapat berlatih mengeksplorasikan warna ketika menggunakan pensil warna ini dalam keadaan kering.

6. Faber-Castell Watercolour Pencil Art Grip Aquarelle Tin 36

6. Faber-Castell Watercolour Pencil Art Grip Aquarelle Tin 36

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 953.000

Ideal untuk seniman pemula dan professional muda

Dengan satu sentuhan kuas basah, pensil warna dari Faber-Castell ini menghasilkan efek cat air yang mengagumkan. Pensil warna ini ideal untuk lukisan detail dan lebih unggul dari pensil warna air standar yang sering meninggalkan noda di kertas. Kepekatan warna yang kuat dari produk ini mengekspresikan ide kreatif Anda secara sempurna di atas kertas berwarna terang maupun gelap.

Produk ini banyak direkomendasikan untuk Anda para seniman pemula, mahasiswa, hingga kalangan profesional. Batang pensil warna ini dirancang berbentuk segitiga dan sangat ergonomis sehingga Anda tidak akan mudah lelah ketika memakainya. Produk ini juga dijual satuan sehingga lebih ekonomis dan mudah untuk diperbaharui.

5. Cergio Artists Watercolour Pencils Tin Case 36

5. Cergio Artists Watercolour Pencils Tin Case 36

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 690.000

Pensil warna pilihan para profesional

Brand Cergio mungkin belum begitu familier di Indonesia tetapi kualitas produk ini tidak perlu diragukan. Pensil warna berbasis air ini banyak direkomendasikan untuk kalangan profesional. Produk dari Amerika Serikat ini menawarkan pilihan-pilihan warna yang sangat lembut namun berkarakter kuat.

Batang pensil dirancang anti patah sehingga dijamin kuat dan tahan lama. Selain itu, alas di dalam kotak pensil didesain mengikuti bentuk pensil berjajar sehingga mempermudah penataan. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir posisi pensil warna akan berantakan ketika diambil dari tas dan dibuka. Cocok untuk seniman yang tidak ingin pensil warna kesayangannya berantakan.

4. Stabilo Aquacolor 36

4. Stabilo Aquacolor 36

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 333.300

Lepaskan kreativitas Anda dengan pensil warna air anti pudar

Pensil warna anti pudar ini dapat digunakan baik secara basah maupun kering untuk menciptakan karya seni Anda. Di atas kertas kering, warna-warna dapat dicampur dan dikreasikan dengan menggunakan kuas dan air. Di atas kertas basah, warna-warna dari pensil akan tercampur dan menyatu secara natural. Kuas basah juga dapat langsung diusapkan ke ujung pensilnya.

Pensil warna premium dari Stabilo ini dapat meningkatkan kreativitas Anda. Pensil berkualitas tinggi dengan diameter warna 2.8 mm ini memberikan aplikasi warna yang kaya untuk menciptakan karya seni yang indah. Stabiloaquacolor adalah pilihan tepat untuk para seniman pemula, para siswa di sekolah, di universitas, hingga orang dewasa.

3. Staedtler Luna 137 (18-36)

3. Staedtler Luna 137 (18-36)

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 45.500

Koleksi 36 warna dalam 18 pensil

Satu produk dari Staedtler ini familiar di kalangan anak-anak sekolah. Pensil warna dari Staedtler ini berisi 18 pensil dengan masing-masing terdiri dari dua warna sehingga terdapat 36. Compact dan ringan menjadikan pensil warna ini sesuai untuk dibawa ke sekolah. Harganya terjangkau dan dapat membantu tahap awal anak Anda dalam mengenal warna dan mewarnai.

Kemasan cover yang simple namun colorful pada produk ini dilengkapi dengan gambar seluruh pensil warna sehingga mempermudah anak Anda dalam mencari pensil warna yang dibutuhkan dan memotivasi mereka untuk menata pensil dengan rapi dengan menyesuaikan warna pensil di cover. Tidak heran bila pensil warna ini dapat menjadi pilihan terbaik untuk anak-anak.

2. Faber-Castell 36 Watercolour Pencils

2. Faber-Castell 36 Watercolour Pencils

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 71.900

Pensil warna berbasis air untuk anak-anak dan pemula

Faber-Castell memiliki rentang pilihan jenis pensil warna yang beragam dan menyesuaikan kebutuhan berbagai tipe konsumen. Selain menyediakan pilihan untuk para seniman dan profesional, brand dari Jerman ini juga mengeluarkan produk pensil warna yang sesuai untuk para pemula, dari anak-anak hingga dewasa. Produk dengan 36 warna ini adalah salah satunya.

Sistem SV bonding membuat pensil warna ini kuat dan ujung pensilnya tidak mudah patah. Selain itu, produk ini dijamin aman untuk anak-anak. Jika Anda membeli satu set produk pensil warna ini, Anda akan mendapatkan bonus rautan dan kuas tambahan. Produk ini dapat menjadi langkah awal Anda maupun anak Anda dalam belajar menggunakan pensil warna berbasis air.

1. Faber-Castell 36 Classic Colour Pencils

1. Faber-Castell 36 Classic Colour Pencils

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 61.500

Belajar mewarnai dan arsir dengan pensil warna klasik!

Pensil warna dari Faber-Castell ini sangat familier di kalangan dari berbagai umur. Produk ini banyak dipasarkan dan sering direkomendasikan untuk para pemula. Tekstur yang dihasilkannya lembut tetapi memiliki karakter warna yang kuat. Selain itu, ujung pensil yang tidak mudah patah mempermudah Anda dalam mewarnai detail-detail gambar dengan sempurna.

Selain menawarkan pilihan warna terang, netral, dan gelap, set pensil warna ini juga dilengkapi dengan warna gold dan silver sehingga memperkaya referensi pilihan warna Anda. Anda juga akan mendapatkan bonus rautan di dalam satu paket produk ini. Produk ini dijual dengan harga yang terjangkau dan cukup memenuhi kebutuhan untuk kegiatan mewarnai Anda.

Kiat untuk menghasilkan paduan warna yang berani

Kiat untuk menghasilkan paduan warna yang berani

Jika Anda ingin menghasilkan warna yang berani ketika mewarnai, cobalah untuk mewarnai dengan urutan warna terang, warna bayangan, dan warna netral. Misalnya ketika Anda mewarnai daun, lebih baik Anda mulai dengan arsir tipis warna kuning, lalu warnai seluruh vena daun atau bayangan, dan warnai keseluruhan daun dengan menyesuaikan transisi warna daun, vena daun, hingga bayangan dan seluruh bagian daun. Trik agar proses mewarnai bisa berhasil adalah jangan mengarsir secara kasar dan tebal di awal. Mengarsir secara halus dan pelan-pelan terlebih dahulu.

Kesimpulan

Setelah membaca semua produk pensil warna yang kami rekomendasikan, apakah Anda sudah mendapatkan gambaran pilihan pensil warna yang terbaik dan sesuai untuk Anda? Setiap pensil warna memiliki karakter yang berbeda dan sebaiknya disesuaikan dengan tujuan pemakaiannya.

Melukis dan mewarnai adalah sebuah proses belajar dan akan menciptakan kemahiran jika diasah terus-menerus. Selamat mewarnai dengan pensil warna terbaik pilihan Anda dan selamat membuat karya yang penuh warna!