mybest
Pensil

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Peralatan kantor & alat tulis
  3. Alat tulis
  4. 10 Rekomendasi Pensil Warna Terbaik [Ditinjau oleh Illustrator]
  • 10 Rekomendasi Pensil Warna Terbaik  [Ditinjau oleh Illustrator] 1
  • 10 Rekomendasi Pensil Warna Terbaik  [Ditinjau oleh Illustrator] 2
  • 10 Rekomendasi Pensil Warna Terbaik  [Ditinjau oleh Illustrator] 3
  • 10 Rekomendasi Pensil Warna Terbaik  [Ditinjau oleh Illustrator] 4
  • 10 Rekomendasi Pensil Warna Terbaik  [Ditinjau oleh Illustrator] 5

10 Rekomendasi Pensil Warna Terbaik [Ditinjau oleh Illustrator]

Pensil warna tidak hanya populer di kalangan anak-anak, tetapi juga orang dewasa. Berbagai merek pensil warna ternama, seperti Faber-Castell, Staedtler, dan Joyko mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Namun, adakah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih pensil warna terbaik?

Ingin menambah wawasan Anda tentang pensil warna? Bacalah tips memilih pensil warna terbaik yang kami susun bersama illustrator kami, Karina Doniho. Tidak ketinggalan, rekomendasi pensil warna yang bagus juga akan kami berikan setelahnya. Pilihlah dengan cermat dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat membaca!
Diperbaharui 27/11/2023
Karina Doniho
Pakar
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Karina Doniho adalah seorang artist yang melukis dan menggambar dengan fusion style antara manga dan abstract. Artist yang dikenal dengan nama Karinpyong ini aktif berkarya dalam berbagai proyek freelancing sejak SMA. Ia sudah lulus kuliah Fine Arts Major (Seni Rupa) dengan beasiswa di Jepang. Karina pernah di-featured oleh Instagram official untuk Jepang, Amerika Serikat, dan negara lainnya. Ia juga terlibat untuk mengilustrasikan salah satu cover chapter di buku official Steve Aoki yang berjudul "Blue: The Color of Noise". Ia juga terpilih menjadi salah satu 100 artists yang mendesain project MASK WEAR TOKYO.

Profil Karina Doniho
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Berkolaborasi dengan illustrator: Cara memilih pensil warna

Ada banyak produk pensil warna yang dapat Anda temui di pasaran. Akan tetapi, apa yang menjadi poin penting dalam memilih pensil warna? Yuk, simak pembahasannya!
1

Pilihlah berdasarkan jenisnya

Secara garis besar, terdapat dua jenis pensil warna, yaitu pensil warna berbasis minyak (oil-based) dan pensil warna berbasis air (water-based). Setiap jenis memiliki kegunaan yang berbeda. Simak perbedaan keduanya berikut ini.

Pensil warna berbasis minyak: Cocok untuk anak-anak dan orang dewasa

Pensil warna berbasis minyak: Cocok untuk anak-anak dan orang dewasa

Pensil warna berbasis minyak adalah yang paling umum dan banyak digunakan oleh berbagai kalangan. Karena mudah dipakai, anak-anak hingga orang dewasa dapat memakainya. Bagian inti dari pensil warna jenis minyak lebih lunak dibandingkan pensil warna berbasis air. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah membuat berlapis-lapis arsiran menggunakan pensil warna ini.


Pensil warna berbasis minyak mengandung pigmen dan lilin sehingga warnanya indah. Selain itu, hasil arsiran dari pensil warna ini akan tetap terlihat meskipun ditimpa dengan cat air berkat sifatnya yang tahan air. Jadi, apabila Anda bingung dalam memilih jenis yang tepat, pensil warna berbasis minyak tak akan mengecewakan.

Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Bila menggunakan pensil warna yang berbasis minyak, warnanya memang vibrant (terang) sekali dibandingkan yang berbasis air. Selain itu, pensil warna berbasis minyak memiliki nilai artistiknya sendiri saat digoreskan di atas kertas. Untuk pengaturan tebal atau tipis warnanya juga bisa dibilang lebih mudah dibandingkan pensil berbasis air.

Pensil warna berbasis air: Untuk Anda yang menggunakan teknik khusus dalam mewarnai

Pensil warna berbasis air: Untuk Anda yang menggunakan teknik khusus dalam mewarnai

Pensil warna berbasis air cocok untuk Anda yang ingin membuat hasil gambar seperti menggunakan cat air. Anda dapat membuat gradasi warna hanya dengan menyapukan kuas basah di atas gambar yang sudah diwarnai.


Pensil warna jenis ini memiliki inti yang keras sehingga ideal untuk mewarnai tipis-tipis atau untuk membuat garis tipis. Untuk Anda yang suka mengombinasikan pensil warna dan cat air, kami merekomendasikan jenis ini.

Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Pensil ini bagus terutama bagi Anda yang suka menggunakan cat air, tetapi menginginkan hasil yang lebih rapi. Anda juga bisa menggaris daerah tertentu dengan akurat menggunakan pensil warna berbasis air.


Pensil ini juga fleksibel karena bisa digunakan untuk mengarsir ataupun dihaluskan dengan air. Fleksibilitas ini tentunya membuat pensil warna berbasis air akan terasa sangat menyenangkan ketika menggambar.

2

Sesuaikan jumlah warna dalam set dengan kebutuhan

Sesuaikan jumlah warna dalam set dengan kebutuhan

Satu set pensil warna tersedia dalam berbagai jumlah warna. Orang dewasa biasanya menggunakan set standar yang berisi 36 warna. Namun, sebaiknya Anda memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Set pensil warna yang jumlahnya lebih dari 36 warna tentu akan sulit dibawa bepergian karena kemasannya besar. Para pemula juga akan kesulitan dalam memahami perbedaan warnanya.


Namun, memiliki pensil warna dengan jumlah warna yang banyak dapat membantu Anda menemukan ide baru dari warna-warna tersebut. Warna yang lengkap juga akan memudahkan dalam membuat gradasi warna, cocok untuk Anda yang belum terbiasa memakai pensil warna. Selain itu, untuk pemula, kami sarankan untuk memilih set yang berisi 36 warna terlebih dahulu.


Jika Anda merasa membutuhkan banyak warna setelah mencoba set 36 warna, Anda bisa membeli produk yang menjual warna satuan. Hal ini untuk melengkapi warna-warna yang belum ada. Produk satuan sangat praktis karena Anda hanya perlu membeli warna yang belum dimiliki atau yang sering dipakai. Untuk Anda yang hobi membuat sketsa, Anda mungkin juga akan memilih pensil warna berdesain menarik.

Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Saat ini, ada bermacam-macam merek pensil warna. Warna yang tersedia dalam satu set juga beraneka ragam. Pastikan ketika memilih set pensil warna, terdapat dua belas warna pokok dan warna tersier yang tidak bisa dicampur dengan warna pokok. Selain itu, Anda juga bisa menyesuaikannya dengan selera.

3

Perhatikan tingkat kelunakan inti dari pensil warna

Perhatikan tingkat kelunakan inti dari pensil warna

Tingkat kelunakan inti pensil warna terbagi menjadi tiga, yaitu keras, medium, dan lunak. Anda perlu menyesuaikan tingkat kelunakan produk yang akan dipilih dengan pemakaian dan kebutuhan. Inti pensil warna yang keras adalah pilihan tepat untuk Anda yang ingin memberikan detail pewarnaan dengan garis-garis tipis.


Sementara itu, inti pensil warna yang lunak cocok dipakai untuk mewarnai gambar yang luas karena mempunyai pigmen warna yang lebih bagus. Teknik pewarnaannya pun mudah dikembangkan. Dengan pensil warna berinti lunak, tekstur dari hasil gambar Anda akan tampak halus.


Namun, saat ini sudah banyak dijual pensil warna berinti keras yang menawarkan pigmen warna yang bagus. Setiap tingkat mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi, pilihlah tingkat kelunakan inti sesuai selera Anda.

Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Tingkat kelunakan termasuk bagian penting ketika Anda akan membeli set pensil warna. Sebaiknya pilih pensil warna yang lunak kalau Anda suka dengan yang warnanya bisa di-blending benar-benar halus. Hal ini karena pensil warna yang lunak dapat mempercepat proses blending warnanya


Namun, jika Anda suka dengan yang agak bertekstur, Anda bisa memilih yang medium atau bahkan keras. Jangan lupa bahwa kertas yang digunakan juga memegang peranan untuk memaksimalkan pemakaian pensil warna.

4

Cek kelebihan dari tiap merek

Cek kelebihan dari tiap merek

Mungkin Anda bingung ketika memilih karena semua pensil warna terlihat sama. Anda mungkin merasa bahwa yang membedakannya hanya jenis dan jumlah warna dalam set. Jika masih bingung menentukan pilihan, Anda bisa mengecek kelebihan dari merek-merek pensil warna yang terkenal, seperti Faber-Castell dan Staedtler.


Untuk pensil warna berbasis air, Faber-Castell adalah salah satu merek yang terkenal. Banyak anak sekolah yang menggunakan pensil warna ini. Sementara itu, Staedtler adalah salah satu merek alat tulis asal Jerman yang terkenal di dunia. Staedtler menjual pensil warna dengan harga yang relatif terjangkau dengan pigmen warna yang bagus.


Kedua merek tersebut memiliki perbedaan dari segi kenyamanan dan juga warnanya. Anda bisa mencoba memilih berdasarkan merek yang Anda suka.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Pensil Warna Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Pensil Warna terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace (diperbarui tanggal 19 November 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Tipe
Bahan bodi
Berat
Fitur
Ketebalan isi pensil
Jenis
Pilihan jumlah warna
Tingkat kelunakan inti
Ukuran pensil
Diameter pencil lead
Isi pak
Kemampuan menjaga pensil tidak patah
Grip
Diameter
Diameter inti
Tipe pensil
Kelebihan lain
1

JOYKO

Superior Quality Color PencilsCP-100/CP-101

JOYKO Superior Quality Color Pencils 1

Rp9.400

Lebih Murah

Pewarna favorit andalan para murid

Single

Kayu

Berbasis air

12, 24

Tidak diketahui

175 mm

3 mm

12, 24

Tidak diketahui

Heksagonal

2

Faber-Castell

Classic Colour Pencils

Faber-Castell Classic Colour Pencils 1

Rp18.500

Agak Murah

Dengan sistem SV Bonding untuk mencegah ujung pensil patah

Single

Kayu

Berbasis air

12, 24, 36, 48

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

12, 24, 36, 48

SV bonding

Heksagonal

3

Deli

School Colored Pencil EC00327

Deli School Colored Pencil  1

Rp35.000

Menengah

Dilengkapi wadah dan rautan, cocok untuk anak-anak

Single

Poplar

Tidak diketahui

24

Tidak diketahui

175 mm

2,9 mm

24

Tidak diketahui

Segitiga

4

Kenko

Superior Quality Bi-Color Pencils

Kenko  Superior Quality Bi-Color Pencils  1

Rp12.675

Agak Murah

Praktis! Dua warna berbeda dalam satu batang pensil

Single

Kayu

Tidak diketahui

24, 36, 48

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

12, 18, 24

Tidak diketahui

Heksagonal

5

GREEBEL

Classic Colour Pencils

GREEBEL Classic Colour Pencils 1

Rp23.000

Menengah

Bisa diaplikasikan di atas kertas, kanvas, bahkan stik es krim

Single

Kayu

Berbasis air

12, 24, 36

Tidak diketahui

175 mm

2,8 mm

12, 24, 36

Tidak diketahui

Heksagonal

6

Staedtler

LUNA Watercolour

Staedtler LUNA Watercolour   1

Rp17.000

Agak Murah

Dapat digunakan langsung atau sebagai watercolor pensil

Single

Kayu

Watercolor pencils

12, 24, 36, 48

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

12, 24, 36, 48

Tidak diketahui

Bulat

7

Brutfuner

Oil Based Classic Color Pencils

Brutfuner Oil Based Classic Color Pencils 1

Rp118.750

Agak Mahal

Koleksi warnanya cerah, pigmented, dan tidak mudah pudar

Single

Kayu

Berbasis minyak

72, 120

Tidak diketahui

175 mm

3,5 mm

72, 120

Tidak diketahui

Bulat

8

Girgione

Water-based Color Pencils

Girgione Water-based Color Pencils 1

Rp99.000

Agak Mahal

Bisa digunakan untuk aneka macam teknik menggambar

Single

Kayu

Berbasis air

12, 24, 36, 48, 72, 120

Tidak diketahui

175 mm

3,8 mm

12, 24, 36, 48, 72, 120

Thick core with SV adhesive

Triangle

9

FILA

GIOTTO Stillnovo Skin Tones

FILA  GIOTTO Stillnovo Skin Tones 1

Rp60.700

Agak Mahal

Koleksi 12 warna yang mampu gambarkan skin tone manusia dari beragam etnis di bumi

Single

Kayu

Berbasis minyak

12

Tidak diketahui

180 mm

3,3 mm

12

Tidak diketahui

Heksagonal

10

Prismacolor

Premier Soft Core Colored Pencil

Prismacolor Premier Soft Core Colored Pencil 1

Rp332.000

Lebih Mahal

Salah satu pensil andalan untuk menggambar dan mewarnai anime

Single

Kayu

Tidak diketahui

24, 36, 48, 72

Soft (creamy cores)

Tidak diketahui

Tidak diketahui

24, 36, 48, 72

Tidak diketahui

Bulat

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

JOYKOSuperior Quality Color PencilsCP-100/CP-101

Superior Quality Color Pencils 1
Sumber: joyko.co.id
Superior Quality Color Pencils 2
Sumber: joyko.co.id
Superior Quality Color Pencils 3
Sumber: joyko.co.id
Superior Quality Color Pencils 4
Sumber: joyko.co.id
Superior Quality Color Pencils 5
Sumber: joyko.co.id
Harga referensi
Rp9.400
Lebih Murah
Harga referensi
Rp9.400
Lebih Murah

Pewarna favorit andalan para murid

Anak sekolah akrab dengan kegiatan menggambar dan mewarnai. Karena itu, kami merekomendasikan pensil warna Joyko yang menjadi best seller di kalangan pelajar. Pensil warna ini memiliki inti pensil yang tidak mudah patah dan menghasilkan pigmen warna yang bagus. Joyko juga membalutnya dengan kayu berkualitas tinggi. Jadi, produk ini juga bisa jadi pilihan tepat untuk Anda yang sedang mencari pensil warna murah, tetapi berkualitas bagus.

Tipe Single
Bahan bodi Kayu
Berat
Fitur
Ketebalan isi pensil
Jenis Berbasis air
Pilihan jumlah warna 12, 24
Tingkat kelunakan intiTidak diketahui
Ukuran pensil 175 mm
Diameter pencil lead3 mm
Isi pak12, 24
Kemampuan menjaga pensil tidak patah Tidak diketahui
GripHeksagonal
Diameter
Diameter inti
Tipe pensil
Kelebihan lain
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Faber-CastellClassic Colour Pencils

Harga referensi
Rp18.500
Agak Murah

Dengan sistem SV Bonding untuk mencegah ujung pensil patah

Anda sering bermasalah dengan pensil warna yang mudah patah saat membuat arsiran atau merautnya? Kalau begitu, coba pensil warna Faber-Castell. Classic colour pencils ini memiliki sistem SV Bonding yang merekatkan seluruh bagian inti pensil dengan casing kayunya. Jadi, inti pensil jadi lebih kuat dan tidak mudah patah.


Set pensil warna ini memberikan warna yang cemerlang, bahkan dilengkapi warna emas dan perak untuk kemasan 36 dan 48. Ini tentunya akan memperkaya pilihan warna saat menggambar. Selain itu, produk ini terbuat dari bahan yang non-toxic sehingga aman untuk anak.

Tipe Single
Bahan bodi Kayu
Berat
Fitur
Ketebalan isi pensil
Jenis Berbasis air
Pilihan jumlah warna 12, 24, 36, 48
Tingkat kelunakan intiTidak diketahui
Ukuran pensil Tidak diketahui
Diameter pencil leadTidak diketahui
Isi pak12, 24, 36, 48
Kemampuan menjaga pensil tidak patah SV bonding
GripHeksagonal
Diameter
Diameter inti
Tipe pensil
Kelebihan lain
View all
No.3

DeliSchool Colored Pencil EC00327

Harga referensi
Rp35.000
Menengah

Dilengkapi wadah dan rautan, cocok untuk anak-anak

Pensil warna biasanya dibungkus dalam kemasan karton, tetapi Deli berinovasi dengan mengemasnya dalam wadah bulat yang mirip kotak pensil. Bagian bawah wadahnya pun dilengkapi rautan sehingga makin lengkap dan praktis. Cocok untuk anak-anak yang gemar menggambar dan membawa pensil warna ke sekolah.


Meskipun bukan pensil warna mahal, kualitas pensil warna Deli ini tetap layak diacungi jempol. Pigmen warna yang dihasilkan termasuk cerah dan lembut. Selain itu, warnanya juga tidak mudah pudar dan tahan luntur. Jadi, karya si kecil bisa dijadikan kenang-kenangan.

Tipe Single
Bahan bodi Poplar
Berat
Fitur
Ketebalan isi pensil
Jenis Tidak diketahui
Pilihan jumlah warna 24
Tingkat kelunakan intiTidak diketahui
Ukuran pensil 175 mm
Diameter pencil lead2,9 mm
Isi pak24
Kemampuan menjaga pensil tidak patah Tidak diketahui
GripSegitiga
Diameter
Diameter inti
Tipe pensil
Kelebihan lain
View all
No.4

Kenko Superior Quality Bi-Color Pencils

Harga referensi
Rp12.675
Agak Murah

Praktis! Dua warna berbeda dalam satu batang pensil

Inovasi yang dikeluarkan oleh Kenko ini sangat berguna dan disukai anak-anak. Dalam satu batang pensil terdapat dua warna. Artinya, kedua ujungnya memiliki warna yang berbeda. Jadi, pewarna yang harus dibawa ke sekolah hanya separuh dari jumlah pensil warna biasa. Sangat praktis dan ringkas bukan? Menariknya lagi, pewarna ini memiliki koleksi warna vibrant yang akan membuat gambar anak-anak menjadi lebih ceria.
Tipe Single
Bahan bodi Kayu
Berat
Fitur
Ketebalan isi pensil
Jenis Tidak diketahui
Pilihan jumlah warna 24, 36, 48
Tingkat kelunakan intiTidak diketahui
Ukuran pensil Tidak diketahui
Diameter pencil leadTidak diketahui
Isi pak12, 18, 24
Kemampuan menjaga pensil tidak patah Tidak diketahui
GripHeksagonal
Diameter
Diameter inti
Tipe pensil
Kelebihan lain
View all
No.5

GREEBELClassic Colour Pencils

Harga referensi
Rp23.000
Menengah

Bisa diaplikasikan di atas kertas, kanvas, bahkan stik es krim

Watercolor drawing cukup banyak digemari belakangan ini. Jika tertarik untuk mencoba teknik ini, kami menyarankan pensil warna watercolor GREEBEL. Produk ini dapat diaplikasikan di berbagai media. Jadi, Anda dapat mewarnai gambar yang ada di atas kertas, kanvas, hingga stik es krim.


Cara menggunakan pensil warna GREEBEL watercolor ini terbilang mudah. Anda cukup mencelupkan pensil ke dalam air sebelum mewarnai. Namun, jika Anda menginginkan tantangan, aplikasikan langsung di atas media gambar. Lalu, gunakan kuas yang telah dicelupkan ke dalam air untuk mendapatkan warna yang diinginkan.

Tipe Single
Bahan bodi Kayu
Berat
Fitur
Ketebalan isi pensil
Jenis Berbasis air
Pilihan jumlah warna 12, 24, 36
Tingkat kelunakan intiTidak diketahui
Ukuran pensil 175 mm
Diameter pencil lead2,8 mm
Isi pak12, 24, 36
Kemampuan menjaga pensil tidak patah Tidak diketahui
GripHeksagonal
Diameter
Diameter inti
Tipe pensil
Kelebihan lain
View all
No.6

StaedtlerLUNA Watercolour

Harga referensi
Rp17.000
Agak Murah

Dapat digunakan langsung atau sebagai watercolor pensil

Pensil warna Staedtler Luna adalah watercolor pencil yang dapat dipakai sebagai pensil warna biasa. Anda bisa menggunakannya seperti pensil biasa, baik untuk membuat sketsa maupun mewarnai. Yang kedua, Anda bisa menggunakannya serupa cat air. Jadi, setelah lembar diwarnai, Anda bisa menggunakan kuas dan air untuk menciptakan teknik pewarnaan yang bebeda. Tertarik untuk mencobanya?

Tipe Single
Bahan bodi Kayu
Berat
Fitur
Ketebalan isi pensil
Jenis Watercolor pencils
Pilihan jumlah warna 12, 24, 36, 48
Tingkat kelunakan intiTidak diketahui
Ukuran pensil Tidak diketahui
Diameter pencil leadTidak diketahui
Isi pak12, 24, 36, 48
Kemampuan menjaga pensil tidak patah Tidak diketahui
GripBulat
Diameter
Diameter inti
Tipe pensil
Kelebihan lain
View all
No.7

BrutfunerOil Based Classic Color Pencils

Harga referensi
Rp118.750
Agak Mahal

Koleksi warnanya cerah, pigmented, dan tidak mudah pudar

Apabila Anda membutuhkan pewarna dengan rentang warna yang banyak, pensil warna satu ini bisa dicoba. Brutfuner mengeluarkan oil based pencils color dengan jumlah di atas lima puluh per pax-nya. Lukisan Anda pun akan kaya warna dan gradasi.


Pensil ini memiliki warna yang pigmented dan cerah saat diaplikasikan di kertas. Warnanya juga tidak mudah pudar sehingga gambar Anda akan tetap indah hingga beberapa waktu mendatang. Dengan harga yang cukup bersaing jika dibandingkan pensil warna berjumlah sama, produk ini sayang untuk dilewatkan.

Tipe Single
Bahan bodi Kayu
Berat
Fitur
Ketebalan isi pensil
Jenis Berbasis minyak
Pilihan jumlah warna 72, 120
Tingkat kelunakan intiTidak diketahui
Ukuran pensil 175 mm
Diameter pencil lead3,5 mm
Isi pak72, 120
Kemampuan menjaga pensil tidak patah Tidak diketahui
GripBulat
Diameter
Diameter inti
Tipe pensil
Kelebihan lain
View all
No.8

GirgioneWater-based Color Pencils

Water-based Color Pencils 1
Sumber: shopee.co.id
Water-based Color Pencils 2
Sumber: shopee.co.id
Water-based Color Pencils 3
Sumber: shopee.co.id
Water-based Color Pencils 4
Sumber: shopee.co.id
Water-based Color Pencils 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp99.000
Agak Mahal
Harga referensi
Rp99.000
Agak Mahal

Bisa digunakan untuk aneka macam teknik menggambar

Pensil warna Giorgione memiliki kesan premium. Hal ini berkat kemasannya yang berupa kaleng biru elegan. Baik membeli yang isi 12 maupun 120 warna, Anda akan mendapatkan kemasan yang sama. Sangat cocok untuk dijadikan hadiah.


Produk ini bisa digunakan untuk aneka macam teknik pewarnaan. Mulai dari teknik pewarnaan ala cat air langsung menggunakan kuas atau dikuas setelah diwarnai, semuanya bisa. Dengan pensil berbentuk triangle grip, ia akan mudah digenggam dan terasa nyaman di tangan.

Tipe Single
Bahan bodi Kayu
Berat
Fitur
Ketebalan isi pensil
Jenis Berbasis air
Pilihan jumlah warna 12, 24, 36, 48, 72, 120
Tingkat kelunakan intiTidak diketahui
Ukuran pensil 175 mm
Diameter pencil lead3,8 mm
Isi pak12, 24, 36, 48, 72, 120
Kemampuan menjaga pensil tidak patah Thick core with SV adhesive
GripTriangle
Diameter
Diameter inti
Tipe pensil
Kelebihan lain
View all
No.9

FILA GIOTTO Stillnovo Skin Tones

Harga referensi
Rp60.700
Agak Mahal

Koleksi 12 warna yang mampu gambarkan skin tone manusia dari beragam etnis di bumi

Anda yang gemar menggambar portrait wajah dan juga manusia sebaiknya tidak melewatkan produk yang satu ini. GIOTTO Stillnovo Skin Tones didesain khusus untuk menggambar kulit manusia. Oleh karena itu, pilihan wananya hanya seputar warna skin tone yang serupa porselen, kuning langsat, kecoklatan, hingga gelap. 


Terdapat 12 pilihan warna yang merepresentasikan kulit manusia dari beragam penjuru bumi. Dengan memakai pewarna ini, gambar portrait Anda dijamin lebih realistis.

Tipe Single
Bahan bodi Kayu
Berat
Fitur
Ketebalan isi pensil
Jenis Berbasis minyak
Pilihan jumlah warna 12
Tingkat kelunakan intiTidak diketahui
Ukuran pensil 180 mm
Diameter pencil lead3,3 mm
Isi pak12
Kemampuan menjaga pensil tidak patah Tidak diketahui
GripHeksagonal
Diameter
Diameter inti
Tipe pensil
Kelebihan lain
View all
No.10

PrismacolorPremier Soft Core Colored Pencil

Harga referensi
Rp332.000
Lebih Mahal

Salah satu pensil andalan untuk menggambar dan mewarnai anime

Liriklah produk ini jika Anda mencari pensil warna yang bagus untuk mewarnai anime atau menggambar anime. Bagian tengah yang tebal dan lembut juga cocok untuk blending, shading, dan layering.


Bagian intinya memang lembut, tetapi Anda dapat merautnya hingga mendapatkan ketajaman yang diinginkan dan tidak mudah rusak. Kombinasi ini memungkinkan Anda untuk membuat garis yang kuat atau garis halus dengan baik. Poin tersebut menjadi alasan lain mengapa pensil warna ini banyak direkomendasikan untuk menggambar anime.

Tipe Single
Bahan bodi Kayu
Berat
Fitur
Ketebalan isi pensil
Jenis Tidak diketahui
Pilihan jumlah warna 24, 36, 48, 72
Tingkat kelunakan intiSoft (creamy cores)
Ukuran pensil Tidak diketahui
Diameter pencil leadTidak diketahui
Isi pak24, 36, 48, 72
Kemampuan menjaga pensil tidak patah Tidak diketahui
GripBulat
Diameter
Diameter inti
Tipe pensil
Kelebihan lain
View all

Poin tambahan yang sebaiknya diperhatikan

Poin-poin yang harus diperhatikan sebelum membeli pensil warna sudah kami jelaskan. Namun, masih ada hal lain yang sebaiknya diperhatikan, apalagi kalau Anda berencana membeli pensil warna di toko. Jadi, Anda bisa lebih mantap dalam menentukan pilihan.

Jangan lupa mencoba dahulu sebelum membeli

Jangan lupa mencoba dahulu sebelum membeli

Tiap orang tentu memiliki sudut pandang tersendiri mengenai kenyamanan dalam menggambar. Hasil gambar pun tergantung pada kualitas pensil warna yang digunakan. Apabila Anda khawatir membeli produk dengan warna yang banyak, sebaiknya Anda mencobanya terlebih dahulu sebelum membeli.


Banyak toko alat tulis yang memberi Anda keleluasaan untuk mencoba pensil warna secara langsung di atas kertas. Jika hanya ingin mencoba, kami tak merekomendasikan Anda membeli produk yang dijual satuan. Produk seperti ini cenderung lebih mahal harganya.


Selain itu, ada beberapa toko alat tulis yang dominan menjual merek pensil warna tertentu. Jadi, Anda mungkin perlu mengitari banyak toko jika ingin membeli pensil warna dari beberapa merek. Sebaiknya carilah referensi terlebih dahulu secara online. Anda pun dapat membeli produk yang sudah tidak diproduksi lagi melalui toko-toko online.

Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Mencoba sebelum membeli adalah hal yang sangat penting. Kalau hanya berdasarkan kata orang, review, atau bahkan hasil jadi, terkadang tidak sesuai dengan ekspektasi. Jadi, hal utama yang harus dilakukan adalah mencoba salah satu sample pensil yang disediakan di toko jika tersedia.

Tips dari watercolorist, illustrator, sekaligus abstract artist, Karina Doniho

Tips dari watercolorist, illustrator, sekaligus abstract artist, Karina Doniho

Tips dari saya untuk memilih pensil warna adalah pastikan Anda nyaman saat memegang pensil warnanya. Diameter pensil warna ada yang berbentuk segitiga, bersudut enam, atau bahkan delapan. Ada juga diameternya yang benar-benar bulat. Hal tersebut memengaruhi genggaman saat digunakan.

Baca juga rekomendasi produk untuk mewarnai lainnya di sini

Selain pensil warna, Anda mungkin memerlukan buku mewarnai dan tempat alat tulis. Karena itu, kami juga telah menyiapkan beberapa artikel mengenai produk terkait. Segera cek tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Beberapa rekomendasi pensil warna yang bagus sudah kami berikan. Sudahkan Anda menemukan pensil warna yang cocok dari produk-produk yang kami rekomendasikan? Tiap jenis pensil warna memiliki kegunaan yang berbeda. Pilihlah jenis yang nyaman untuk Anda gunakan.

Selain itu, sesuaikan jumlah pensil warna dalam satu setnya dengan kebutuhan Anda. Mewarnai adalah sebuah proses belajar dan akan menciptakan kemahiran jika diasah terus-menerus. Selamat membuat karya yang penuh warna!

5 Rekomendasi Pensil Warna terbaik

No. 1: JOYKOSuperior Quality Color PencilsCP-100/CP-101

No. 2: Faber-CastellClassic Colour Pencils

No. 3: DeliSchool Colored Pencil EC00327

No. 4: Kenko Superior Quality Bi-Color Pencils

No. 5: GREEBELClassic Colour Pencils

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Peralatan kantor & alat tulis
  3. Alat tulis
  4. 10 Rekomendasi Pensil Warna Terbaik [Ditinjau oleh Illustrator]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.