• 10 Rekomendasi Pensil Warna Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Pensil Warna Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Pensil Warna Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Pensil Warna Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Pensil Warna Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Pensil Warna Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Pensil warna tidak hanya populer di kalangan anak-anak, tetapi juga orang dewasa. Merek pensil warna ternama, seperti Faber-Castell, Staedtler, dan Joyko mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Jika dilihat, hampir semua produk pensil warna memang terlihat sama. Namun, adakah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih pensil warna terbaik?

Kali ini kami akan membagikan tips memilih pensil warna yang tepat. Tidak ketinggalan, rekomendasi produk-produk terbaik juga akan kami berikan setelahnya. Pilihlah dengan cermat manakah produk yang sesuai dengan keinginan Anda. Selamat membaca, ya!

Blogger/influencer yang ada di artikel ini

Noorma Fitriana M. Zain
  • Pembaharuan terakhir: 27 Agustus 2020
  • 51.544 Views
Daftar isi

Cara memilih pensil warna

Ada banyak produk pensil warna yang dapat Anda temui di pasaran. Akan tetapi, apa yang menjadi poin penting dalam memilih pensil warna? Yuk, simak pembahasannya!

Pilihlah berdasarkan jenisnya

Ada dua jenis pensil warna, yaitu pensil warna berbasis minyak dan air. Tiap-tiap jenis memiliki kegunaan yang berbeda. Simak perbedaan keduanya berikut ini.

Pensil warna berbasis minyak: cocok untuk anak-anak dan orang dewasa

Pensil warna berbasis minyak: cocok untuk anak-anak dan orang dewasa

Pensil warna berbasis minyak adalah yang paling umum dan banyak digunakan oleh berbagai kalangan. Karena mudah dipakai, anak-anak hingga orang dewasa dapat memakainya. Inti dari pensil warna jenis lebih lunak dibandingkan pensil warna berbasis air. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah membuat berlapis-lapis arsiran dengan pensil warna ini.


Pensil warna berbasis minyak mengandung pigmen dan lilin sehingga warnanya indah. Selain, itu, hasil arsiran dari pensil warna ini akan tetap terlihat meskipun ditimpa dengan cat air berkat sifatnya yang tahan air. Jadi, apabila Anda bingung dalam memilih jenis yang tepat, pensil warna berbasis minyak tak akan mengecewakan Anda.

Pensil warna berbasis air: untuk Anda yang menggunakan teknik khusus dalam mewarnai

Pensil warna berbasis air: untuk Anda yang menggunakan teknik khusus dalam mewarnai

Pensil warna berbasis air cocok untuk Anda yang ingin membuat hasil gambar seperti menggunakan cat air. Anda dapat membuat gradasi warna hanya dengan menyapukan kuas basah di atas gambar yang sudah diwarnai.


Pensil warna jenis ini memiliki inti yang keras sehingga ideal untuk mewarnai tipis-tipis atau untuk membuat garis tipis. Untuk Anda yang suka mengombinasikan pensil warna dan cat air, kami merekomendasikan jenis ini.

Sesuaikan jumlah warna dalam set dengan kebutuhan

Sesuaikan jumlah warna dalam set dengan kebutuhan

Satu set pensil warna tersedia dalam berbagai jumlah warna. Orang dewasa biasanya menggunakan set standar yang berisi 36 warna. Namun, sebaiknya Anda memilih yang sesuai dengan kebutuhan. 


Jika Anda memilih set pensil warna yang jumlahnya lebih dari 36 warna, tentu akan sulit untuk membawanya bepergian karena kemasannya besar. Para pemula juga akan kesulitan dalam memahami perbedaan warnanya. Namun, memiliki pensil warna dengan jumlah warna yang banyak dapat membantu Anda menemukan ide baru dari warna-warna tersebut. Selain itu, warna yang lengkap juga akan memudahkan Anda dalam membuat gradasi warna. Cocok untuk Anda yang belum terbiasa memakai pensil warna.


Untuk Anda yang hobi membuat sketsa, Anda mungkin juga akan memilih pensil warna dengan desain menarik. Untuk pemula, kami sarankan untuk memilih set yang berisi 36 warna terlebih dahulu. Setelah itu, Anda dapat membeli lagi untuk melengkapi warna-warna yang belum ada.


Jika Anda merasa membutuhkan banyak warna setelah mencoba set 36 warna, Anda bisa membeli produk yang menjual warna satuan. Produk satuan sangat praktis karena Anda hanya perlu membeli warna yang belum Anda punya atau yang sering dipakai saja.

Perhatikan tingkat kelunakan inti dari pensil warna

Perhatikan tingkat kelunakan inti dari pensil warna

Tingkat kelunakan inti pensil warna terbagi menjadi tiga, yaitu keras, medium, dan lunak. Anda perlu menyesuaikan tingkat kelunakan produk yang akan dipilih dengan pemakaian dan kebutuhan. Inti pensil warna yang keras adalah pilihan tepat untuk Anda yang ingin memberikan detail pewarnaan dengan garis-garis tipis.


Di sisi lain, inti pensil warna yang lunak cocok dipakai untuk mewarnai gambar yang luas karena mempunyai pigmen warna yang lebih bagus. Teknik pewarnaannya pun mudah dikembangkan. Dengan pensil warna berinti lunak, tekstur dari hasil gambar Anda akan tampak halus.


Namun, saat ini sudah banyak dijual pensil warna berinti keras yang menawarkan pigmen warna yang bagus. Jadi, pilihlah tingkat kelunakan inti sesuai selera Anda. Tiap tingkat mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Karena itu, penting bagi Anda untuk memperhatikan kelunakan inti pensil sebelum membeli. 

Cek kelebihan dari tiap merek

Cek kelebihan dari tiap merek

Mungkin Anda bingung memilih karena semua pensil warna terlihat sama, yang membedakan hanya jenis dan jumlah warna dalam set. Jika masih bingung menentukan pilihan, Anda bisa mengecek kelebihan dari merek-merek pensil warna yang terkenal. Beberapa merek yang banyak ditemui di pasaran adalah Faber-Castell dan Staedtler.


Untuk jenis pensil warna berbasis air, Faber-Castell adalah salah satu merek yang terkenal. Banyak anak sekolah yang menggunakan pensil warna ini. 


Staedtler adalah salah satu merek alat tulis asal Jerman yang terkenal di dunia. Staedtler menjual pensil warna mereka dengan harga yang relatif terjangkau dengan pigmen warna yang bagus. Kedua merek ini memiliki perbedaan dari segi kenyamanan dan juga warnanya. Karena itu, sebaiknya Anda mencoba memilih berdasarkan merek yang Anda suka.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi pensil warna terbaik

Berikut ini, kami memberikan rekomendasi beberapa produk pensil warna terbaik. Semoga rekomendasi yang kami berikan dapat membantu Anda memilih pensil warna yang berkualitas.

10
JenisBerbasis minyak
Jumlah warna12
Tingkat kelunakan intiTidak ada keterangan
9

DeliEC00600 Color Kids Jumbo Colored Pencil 12C

Rp 49.200,00

JenisBerbasis minyak
Jumlah warna12
Tingkat kelunakan intiTidak ada keterangan
8
JenisBerbasis minyak
Jumlah warna36 (18 pcs)
Tingkat kelunakan intiTidak ada keterangan
7
JenisBerbasis minyak
Jumlah warna15
Tingkat kelunakan intiTidak ada keterangan
6
JenisBerbasis air
Jumlah warna36
Tingkat kelunakan intiLunak
5
JenisBerbasis air
Jumlah warna36
Tingkat kelunakan intiTidak ada keterangan
4

Prismacolor Premier Col-Erase® Colored Pencils

Rp 380.000,00

JenisBerbasis minyak
Jumlah warna24
Tingkat kelunakan intiMedium
3
JenisBerbasis minyak
Jumlah warna36
Tingkat kelunakan intiLunak
2
JenisBerbasis minyak
Jumlah warna36
Tingkat kelunakan intiTidak ada keterangan
1

Faber-CastellWatercolour Pencil Albrecht Dürer Wooden Case of 120

117513

Rp 6.900.000,00

JenisBerbasis air
Jumlah warna120
Tingkat kelunakan intiLunak

Tabel perbandingan produk pensil warna terbaik

Gambar produk
1
Faber-Castell Watercolour Pencil Albrecht Dürer Wooden Case of 120 1

Faber-Castell

2
Faber-Castell Classic Colour Pencils 36 1

Faber-Castell

3
Staedtler LUNA Coloured Pencil 136 C36 1

Staedtler

4
Prismacolor  Premier Col-Erase® Colored Pencils 1

Prismacolor

5
F.I.L.A Lyra Graduate Aquarell 1

F.I.L.A

6
Derwent Watercolour Pencils 36 Tin 1

Derwent

7
Maped Color’Peps Smart Box 1

Maped

8
Greebel Bi-Colour – 18 Colours 1

Greebel

9
Deli EC00600 Color Kids Jumbo Colored Pencil 12C 1

Deli

10
Joyko Color Pencil CP-12RT 1

Joyko

Nama produk

Watercolour Pencil Albrecht Dürer Wooden Case of 120

Classic Colour Pencils 36

LUNA Coloured Pencil 136 C36

Premier Col-Erase® Colored Pencils

Lyra Graduate Aquarell

Watercolour Pencils 36 Tin

Color’Peps Smart Box

Bi-Colour – 18 Colours

EC00600 Color Kids Jumbo Colored Pencil 12C

Color Pencil CP-12RT

Keunggulan

Set premium dan eksklusif bagi para seniman

Dengan sistem SV Bonding untuk mencegah ujung pensil patah

Didesain ergonomis, bikin nyaman digenggam

Pensil warna yang mudah dihapus

Dibuat dari bahan yang mudah diraut

Bisa digunakan secara kering dan basah

Hadir dalam kemasan Smart Box yang mudah dibawa ke mana-mana

Dua warna berbeda dalam satu batang pensil. Lebih efektif dan praktis!

Berbentuk segitiga untuk mengikuti lekuk jari balita

Kemasan yang ringkas untuk dibawa anak-anak ke sekolah

HargaRp 6.900.000,00Rp 72.800,00Rp 99.000,00Rp 380.000,00Rp 253.500,00Rp 653.000,00Rp 81.000,00Rp 78.000,00Rp 49.200,00Rp 17.600,00
JenisBerbasis airBerbasis minyakBerbasis minyakBerbasis minyakBerbasis airBerbasis airBerbasis minyakBerbasis minyakBerbasis minyakBerbasis minyak
Jumlah warna12036362436361536 (18 pcs)1212
Tingkat kelunakan intiLunakTidak ada keteranganLunakMediumTidak ada keteranganLunakTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keterangan
Tautan produk

Jangan lupa mencoba dahulu sebelum membeli

Jangan lupa mencoba dahulu sebelum membeli

Tiap orang tentu memiliki sudut pandang tersendiri mengenai kenyamanan dalam menggambar. Hasil gambar pun tergantung pada kualitas pensil warna yang digunakan. Apabila Anda khawatir membeli produk dengan warna yang banyak, sebaiknya Anda mencobanya terlebih dahulu sebelum membeli. Banyak toko alat tulis yang memberi Anda keleluasaan untuk mencobanya secara langsung di atas kertas.


Jika hanya ingin mencoba, kami tidak merekomendasikan Anda membeli produk yang dijual satuan. Hal ini tentu saja dikarenakan harganya yang mahal jika hanya dijadikan sebagai alat percobaan.


Ada beberapa toko alat tulis yang hanya menjual merek pensil warna tertentu. Jadi, Anda perlu mengitari banyak toko jika ingin membeli pensil warna dari beberapa merek. Sebelum membuang waktu Anda untuk berkeliling, sebaiknya Anda mencari referensi terlebih dahulu secara online. Anda pun dapat membeli produk yang sudah tidak diproduksi lagi melalui toko-toko online.

Baca juga rekomendasi produk untuk mewarnai lainnya di sini

Selain pensil warna, ada juga produk lain yang bisa digunakan untuk mewarnai gambar. Karena itu, kami juga telah menyiapkan beberapa artikel lain yang membahas produk terkait seperti cat air dan krayon. Segera cek tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Bagaimana? Apakah Anda sudah menemukan pensil warna yang cocok dari produk-produk yang kami rekomendasikan? Pilihlah jenis yang nyaman untuk Anda gunakan. Tiap jenis pensil warna memiliki kegunaan yang berbeda. 

Selain itu, sesuaikan jumlah set pensil warna yang hendak Anda beli dengan kebutuhan Anda. Mewarnai adalah sebuah proses belajar dan akan menciptakan kemahiran jika diasah terus-menerus. Selamat membuat karya yang penuh warna!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Novel Romantis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Novel Romantis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Salah satu cara terbaik untuk mengisi waktu senggang adalah dengan membaca novel romantis. Selain bisa menikmati kisah cinta tokoh utamanya, Anda juga bisa mendapatkan inspirasi dari novel tersebut. Tak hanya itu, siapa tahu Anda juga menemukan kutipan kata cinta menarik yang bisa diunggah di Instagram.Masalahnya, setiap bulan selalu ada judul novel romantis baru yang terbit mulai dari Senja & Pagi hingga Antologi Rasa. Anda akan dibuat bingung saat hendak membelinya. Guna mengurangi kebingungan Anda, kami akan memberikan tips tentang bagaimana cara memilih novel romantis terbaik.
    Buku & alat tulis
    171.910 Views
  • 10 Rekomendasi Buku Catatan Terbaik yang Mudah Dipakai (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Buku Catatan Terbaik yang Mudah Dipakai (Terbaru Tahun 2020)
    Buku catatan tidak hanya digunakan untuk bekerja atau belajar, tetapi juga untuk berbagai keperluan lain. Sejumlah produsen buku catatan ternama, seperti Kenko, Kiky, dan Kokuyo menawarkan beberapa produk terbaiknya. Tentu saja, produk-produk tersebut dibuat dengan jenis kertas, ukuran garis, dan motif sampul yang beragam.Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih buku catatan terbaik yang mudah dipakai. Tidak ketinggalan, kami juga merekomendasikan produk buku catatan terbaik untuk membantu Anda menentukan pilihan. Jadi, simak ulasannya sampai habis ya!
    Buku & alat tulis
    31.185 Views
  • 10 Rekomendasi Pulpen Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pulpen Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pulpen merupakan alat tulis yang biasa digunakan sehari-hari. Berbagai variasi tinta, seperti tinta gel, tinta berbasis air dan berbasis minyak, bahkan tinta yang dapat dihapus, telah banyak beredar di pasaran. Produknya pun beragam mulai dari yang biasa hingga mewah.Kali ini, kami akan memaparkan cara memilih pulpen untuk berbagai keperluan. Beragam produk pilihan bermerek Faber Castell atau PILOT yang umum digunakan, serta merek PARKER yang elegan pun akan kami ulas pada rekomendasi produk.
    Buku & alat tulis
    39.015 Views
  • 10 Rekomendasi Sketchbook Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sketchbook Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi Anda yang gemar menggambar atau menggeluti dunia seni rupa, pastinya sudah akrab dengan sketchbook. Meski tampak sama, jenis kertas sketchbook ada bermacam-macam, seperti drawing paper, watercolor paper, dan charcoal paper. Produsen alat tulis seperti Reeves dan Canson pun memiliki produk sketchbook dengan spesifikasi dan kualitas yang beragam pula.Pilihlah produk sketchbook yang paling sesuai dengan kebutuhan, baik untuk menjalankan hobi maupun pekekerjaan Anda. Untuk memudahkan Anda, kami akan memberikan rekomendasi produk sketchbook terbaik pada artikel berikut ini. Selamat membaca!
    Buku & alat tulis
    37.780 Views
  • 10 Rekomendasi Loose Leaf Binder Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Loose Leaf Binder Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Salah satu alat tulis yang cukup populer adalah loose leaf binder yang dapat digunakan baik untuk belajar maupun bekerja. Salah satu poin yang membuat loose leaf binder praktis digunakan adalah kertasnya yang bisa diisi ulang dan dapat berfungsi sebagai catatan atau bahkan scrapbook. Masalahnya, tidak semua binder nyaman digunakan.Tidak sedikit loose leaf binder yang ringnya sulit dibuka atau bahkan mudah rusak. Selain itu, banyaknya loose leaf binder, misalnya keluaran Kokuyo, Joyko, atau Bantex bisa saja membuat Anda bingung memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi loose leaf binder terbaik. Selamat menyimak!
    Buku & alat tulis
    22.797 Views
  • 10 Rekomendasi Jangka Terbaik untuk Pelajar SD (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Jangka Terbaik untuk Pelajar SD (Terbaru Tahun 2020)
    Jangka adalah salah satu alat tulis yang mulai diperkenalkan di tingkat SD (sekolah dasar). Demi kenyamanan dan keamanan, orang tua perlu memilih jangka yang tepat untuk dipakai oleh anak-anak. Ada begitu banyak variasi jangka yang dijual secara offline maupun online, seperti Joyko, Maped, dan STAEDTLER. Lalu, jangka dengan kriteria seperti apakah yang sebaiknya dipilih?Pada kesempatan ini, kami akan membantu Anda memahami poin-poin dalam memilih jangka untuk digunakan oleh pelajar SD. Selain itu, kami akan memberikan rekomendasi jangka terbaik yang bisa Anda pertimbangkan untuk buah hati Anda. Selamat membaca!
    Buku & alat tulis
    2.598 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori