• 10 Pensil Warna Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Pensil Warna Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Pensil Warna Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Pensil Warna Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Pensil Warna Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Pensil Warna Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2022)

Pensil warna tidak hanya populer di kalangan anak-anak, tetapi juga orang dewasa. Berbagai merek pensil warna ternama, seperti Faber-Castell, Staedtler, dan Joyko mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Namun, adakah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih pensil warna terbaik?

Kali ini kami akan membagikan tips memilih pensil warna yang bagus. Tidak ketinggalan, rekomendasi produk-produk terbaik juga akan kami berikan setelahnya. Ada juga komentar dari illustrator kami, Karina Doniho, untuk menambah wawasan Anda tentang pensil warna. Pilihlah dengan cermat produk yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Karina Doniho
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 23 November 2022
Daftar isi

Profil pakar: Watercolorist, illustrator, sekaligus abstract artist, Karina Doniho

Profil pakar: Watercolorist, illustrator, sekaligus abstract artist, Karina Doniho

Karina adalah seorang watercolorist, illustrator, dan abstract artist berbasis di Yokohama yang dikenal dengan pen-name Karinpyong. Karina telah aktif freelancing sebagai artist sejak SMA. 


Karina pernah terlibat untuk mengilustrasikan salah satu cover chapter buku Steve Aoki yang berjudul "Blue: The Color of Noise". Karina juga salah satu artist dalam project American Beauty milik Alya Michelson. Karina terpilih menjadi salah satu dari 100 artists yang mendesain project MASK WEAR TOKYO.

Berkolaborasi dengan illustrator: Cara memilih pensil warna

Ada banyak produk pensil warna yang dapat Anda temui di pasaran. Akan tetapi, apa yang menjadi poin penting dalam memilih pensil warna? Yuk, simak pembahasannya!

Pilihlah berdasarkan jenisnya

Secara garis besar, terdapat dua jenis pensil warna, yaitu pensil warna berbasis minyak (oil-based) dan pensil warna berbasis air (water-based). Setiap jenis memiliki kegunaan yang berbeda. Simak perbedaan keduanya berikut ini.

Pensil warna berbasis minyak: Cocok untuk anak-anak dan orang dewasa

Pensil warna berbasis minyak: Cocok untuk anak-anak dan orang dewasa

Pensil warna berbasis minyak adalah yang paling umum dan banyak digunakan oleh berbagai kalangan. Karena mudah dipakai, anak-anak hingga orang dewasa dapat memakainya. Bagian inti dari pensil warna jenis minyak lebih lunak dibandingkan pensil warna berbasis air. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah membuat berlapis-lapis arsiran menggunakan pensil warna ini.


Pensil warna berbasis minyak mengandung pigmen dan lilin sehingga warnanya indah. Selain itu, hasil arsiran dari pensil warna ini akan tetap terlihat meskipun ditimpa dengan cat air berkat sifatnya yang tahan air. Jadi, apabila Anda bingung dalam memilih jenis yang tepat, pensil warna berbasis minyak tak akan mengecewakan.

Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Bila menggunakan pensil warna yang berbasis minyak, warnanya memang vibrant (terang) sekali dibandingkan yang berbasis air. Selain itu, pensil warna berbasis minyak memiliki nilai artistiknya sendiri saat digoreskan di atas kertas. Untuk pengaturan tebal atau tipis warnanya juga bisa dibilang lebih mudah dibandingkan pensil berbasis air.

Pensil warna berbasis air: Untuk Anda yang menggunakan teknik khusus dalam mewarnai

Pensil warna berbasis air: Untuk Anda yang menggunakan teknik khusus dalam mewarnai

Pensil warna berbasis air cocok untuk Anda yang ingin membuat hasil gambar seperti menggunakan cat air. Anda dapat membuat gradasi warna hanya dengan menyapukan kuas basah di atas gambar yang sudah diwarnai.


Pensil warna jenis ini memiliki inti yang keras sehingga ideal untuk mewarnai tipis-tipis atau untuk membuat garis tipis. Untuk Anda yang suka mengombinasikan pensil warna dan cat air, kami merekomendasikan jenis ini.

Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Pensil ini bagus terutama bagi Anda yang suka menggunakan cat air, tetapi menginginkan hasil yang lebih rapi. Anda juga bisa menggaris daerah tertentu dengan akurat menggunakan pensil warna berbasis air.


Pensil ini juga fleksibel karena bisa digunakan untuk mengarsir ataupun dihaluskan dengan air. Fleksibilitas ini tentunya membuat pensil warna berbasis air akan terasa sangat menyenangkan ketika menggambar.

Sesuaikan jumlah warna dalam set dengan kebutuhan

Sesuaikan jumlah warna dalam set dengan kebutuhan

Satu set pensil warna tersedia dalam berbagai jumlah warna. Orang dewasa biasanya menggunakan set standar yang berisi 36 warna. Namun, sebaiknya Anda memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Set pensil warna yang jumlahnya lebih dari 36 warna tentu akan sulit dibawa bepergian karena kemasannya besar. Para pemula juga akan kesulitan dalam memahami perbedaan warnanya.


Namun, memiliki pensil warna dengan jumlah warna yang banyak dapat membantu Anda menemukan ide baru dari warna-warna tersebut. Warna yang lengkap juga akan memudahkan Anda dalam membuat gradasi warna. Cocok untuk Anda yang belum terbiasa memakai pensil warna. Selain itu, untuk pemula, kami sarankan untuk memilih set yang berisi 36 warna terlebih dahulu.


Jika Anda merasa membutuhkan banyak warna setelah mencoba set 36 warna, Anda bisa membeli produk yang menjual warna satuan. Hal inuntuk melengkapi warna-warna yang belum ada. Produk satuan sangat praktis karena Anda hanya perlu membeli warna yang belum dimiliki atau yang sering dipakai. Untuk Anda yang hobi membuat sketsa, Anda mungkin juga akan memilih pensil warna berdesain menarik.

Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Saat ini, ada bermacam-macam merek pensil warna. Warna yang tersedia dalam satu set juga beraneka ragam. Pastikan ketika memilih set pensil warna, terdapat dua belas warna pokok dan warna tersier yang tidak bisa dicampur dengan warna pokok. Selain itu, Anda juga bisa menyesuaikannya dengan selera.

Perhatikan tingkat kelunakan inti dari pensil warna

Perhatikan tingkat kelunakan inti dari pensil warna

Tingkat kelunakan inti pensil warna terbagi menjadi tiga, yaitu keras, medium, dan lunak. Anda perlu menyesuaikan tingkat kelunakan produk yang akan dipilih dengan pemakaian dan kebutuhan. Inti pensil warna yang keras adalah pilihan tepat untuk Anda yang ingin memberikan detail pewarnaan dengan garis-garis tipis.


Sementara itu, inti pensil warna yang lunak cocok dipakai untuk mewarnai gambar yang luas karena mempunyai pigmen warna yang lebih bagus. Teknik pewarnaannya pun mudah dikembangkan. Dengan pensil warna berinti lunak, tekstur dari hasil gambar Anda akan tampak halus.


Namun, saat ini sudah banyak dijual pensil warna berinti keras yang menawarkan pigmen warna yang bagus. Setiap tingkat mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi, pilihlah tingkat kelunakan inti sesuai selera Anda.

Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Tingkat kelunakan termasuk bagian penting ketika Anda akan membeli set pensil warna. Sebaiknya pilih pensil warna yang lunak kalau Anda suka dengan yang warnanya bisa di-blending benar-benar halus. Hal ini karena pensil warna yang lunak dapat mempercepat proses blending warnanya


Namun, jika Anda suka dengan yang agak bertekstur, Anda bisa memilih yang medium atau bahkan keras. Jangan lupa bahwa kertas yang digunakan juga memegang peranan untuk memaksimalkan pemakaian pensil warna.

Cek kelebihan dari tiap merek

Cek kelebihan dari tiap merek

Mungkin Anda bingung ketika memilih karena semua pensil warna terlihat sama. Anda mungkin merasa bahwa yang membedakannya hanya jenis dan jumlah warna dalam set. Jika masih bingung menentukan pilihan, Anda bisa mengecek kelebihan dari merek-merek pensil warna yang terkenal, seperti Faber-Castell dan Staedtler.


Untuk pensil warna berbasis air, Faber-Castell adalah salah satu merek yang terkenal. Banyak anak sekolah yang menggunakan pensil warna ini. Sementara itu, Staedtler adalah salah satu merek alat tulis asal Jerman yang terkenal di dunia. Staedtler menjual pensil warna dengan harga yang relatif terjangkau dengan pigmen warna yang bagus.


Kedua merek tersebut memiliki perbedaan dari segi kenyamanan dan juga warnanya. Anda bisa mencoba memilih berdasarkan merek yang Anda suka.

10 Rekomendasi pensil warna terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pensil warna terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 22 November 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Deli Colored Pencil memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Faber-Castell Classic Colour Pencils yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 2 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.

Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Karina Doniho. 

Gambar produk
1
Deli Colored Pencil 1

Deli

2
Faber-Castell Classic Colour Pencils 1

Faber-Castell

3
Joyko Bi-Color Pencils 1

Joyko

4
Staedler LUNA Watercolour Pencil 137 1

Staedler

5
Prismacolor Premier® Soft Core Colored Pencil Sets 1

Prismacolor

6
GREEBEL Watercolor Pencil 1

GREEBEL

7
Brutfuner Macaron 50 Colored Artists Drawing Sketching Pencils Set 1

Brutfuner

8
Giotto Stilnovo Erasable 1

Giotto

9
ACCO Derwent Chromaflow 1

ACCO

10
Maped Color’Peps My First Jumbo 1

Maped

Nama produk

Colored Pencil

Classic Colour Pencils

Bi-Color Pencils

LUNA Watercolour Pencil 137

Premier® Soft Core Colored Pencil Sets

Watercolor Pencil

Macaron 50 Colored Artists Drawing Sketching Pencils Set

Stilnovo Erasable

Derwent Chromaflow

Color’Peps My First Jumbo

Keunggulan

Dilengkapi wadah dan rautan, cocok untuk anak-anak

Dengan sistem SV Bonding untuk mencegah ujung pensil patah

Praktis! Dua warna berbeda dalam satu batang pensil

Dapat digunakan langsung atau sebagai watercolor pensil

Salah satu pensil andalan untuk menggambar dan mewarnai anime

Bisa diaplikasikan di atas kertas, kanvas, bahkan kayu

Pensil warna dengan hasil yang soft dan tahan lama

Dapat dipakai mewarnai, menulis, dan bisa dihapus

Hasilnya pigmented, tetap stand out di kertas gelap

Berbentuk segitiga, cocok untuk anak 2 tahun

Harga mulai dariRp 20.000,00Rp 16.900,00Rp 8.500,00Rp 25.500,00Rp 325.000,00Rp 55.500,00Rp 149.000,00Rp 76.701,00Rp 241.000,00Rp 75.000,00
JenisTidak ada keteranganBerbasis minyakTidak ada keteranganBerbasis airTidak ada keteranganBerbasis airBerbasis minyakBerbasis minyakBerbasis minyakBerbasis minyak
Pilihan jumlah warna12, 24, 36, 4812, 24, 36, 486 Bi-Colors, 12 Bi-Colors12, 24, 36, 4812, 23, 24, 36, 48, 72, 132, 15012, 24, 36501012, 24, 36, 48, 7212
Tingkat kelunakan intiMediumTidak ada keteranganMediumTidak ada keteranganLunakLunakTidak ada keteranganMediumLunakLunak
Tautan produk
10
JenisBerbasis minyak
Pilihan jumlah warna12
Tingkat kelunakan intiLunak
9
JenisBerbasis minyak
Pilihan jumlah warna12, 24, 36, 48, 72
Tingkat kelunakan intiLunak
8
JenisBerbasis minyak
Pilihan jumlah warna10
Tingkat kelunakan intiMedium
7

BrutfunerMacaron 50 Colored Artists Drawing Sketching Pencils Set

Mulai dari Rp 149.000,00

JenisBerbasis minyak
Pilihan jumlah warna50
Tingkat kelunakan intiTidak ada keterangan
6
JenisBerbasis air
Pilihan jumlah warna12, 24, 36
Tingkat kelunakan intiLunak
5

PrismacolorPremier® Soft Core Colored Pencil Sets

Mulai dari Rp 325.000,00

JenisTidak ada keterangan
Pilihan jumlah warna12, 23, 24, 36, 48, 72, 132, 150
Tingkat kelunakan intiLunak
4

StaedlerLUNA Watercolour Pencil 137

Mulai dari Rp 25.500,00

JenisBerbasis air
Pilihan jumlah warna12, 24, 36, 48
Tingkat kelunakan intiTidak ada keterangan
3
JenisTidak ada keterangan
Pilihan jumlah warna6 Bi-Colors, 12 Bi-Colors
Tingkat kelunakan intiMedium
2

Faber-CastellClassic Colour Pencils

Mulai dari Rp 16.900,00

JenisBerbasis minyak
Pilihan jumlah warna12, 24, 36, 48
Tingkat kelunakan intiTidak ada keterangan
1
JenisTidak ada keterangan
Pilihan jumlah warna12, 24, 36, 48
Tingkat kelunakan intiMedium

Jangan lupa mencoba dahulu sebelum membeli

Jangan lupa mencoba dahulu sebelum membeli

Tiap orang tentu memiliki sudut pandang tersendiri mengenai kenyamanan dalam menggambar. Hasil gambar pun tergantung pada kualitas pensil warna yang digunakan. Apabila Anda khawatir membeli produk dengan warna yang banyak, sebaiknya Anda mencobanya terlebih dahulu sebelum membeli.


Banyak toko alat tulis yang memberi Anda keleluasaan untuk mencoba pensil warna secara langsung di atas kertas. Jika hanya ingin mencoba, kami tak merekomendasikan Anda membeli produk yang dijual satuan. Produk seperti ini cenderung lebih mahal harganya.


Selain itu, ada beberapa toko alat tulis yang dominan menjual merek pensil warna tertentu. Jadi, Anda mungkin perlu mengitari banyak toko jika ingin membeli pensil warna dari beberapa merek. Sebaiknya carilah referensi terlebih dahulu secara online. Anda pun dapat membeli produk yang sudah tidak diproduksi lagi melalui toko-toko online.

Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Mencoba sebelum membeli adalah hal yang sangat penting. Kalau hanya berdasarkan kata orang, review, atau bahkan hasil jadi, terkadang tidak sesuai dengan ekspektasi. Jadi, hal utama yang harus dilakukan adalah mencoba salah satu sample pensil yang disediakan di toko jika tersedia.

Tips dari watercolorist, illustrator, sekaligus abstract artist, Karina Doniho

Tips dari watercolorist, illustrator, sekaligus abstract artist, Karina Doniho

Tips dari saya untuk memilih pensil warna adalah pastikan Anda nyaman saat memegang pensil warnanya. Diameter pensil warna ada yang berbentuk segitiga, bersudut enam, atau bahkan delapan. Ada juga diameternya yang benar-benar bulat. Hal tersebut memengaruhi genggaman saat digunakan.

Baca juga rekomendasi produk untuk mewarnai lainnya di sini

Selain pensil warna, Anda mungkin memerlukan buku mewarnai dan tempat alat tulis. Karena itu, kami juga telah menyiapkan beberapa artikel mengenai produk terkait. Segera cek tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Beberapa rekomendasi pensil warna yang bagus sudah kami berikan. Sudahkan Anda menemukan pensil warna yang cocok dari produk-produk yang kami rekomendasikan? Tiap jenis pensil warna memiliki kegunaan yang berbeda. Pilihlah jenis yang nyaman untuk Anda gunakan.

Selain itu, sesuaikan jumlah pensil warna dalam satu setnya dengan kebutuhan Anda. Mewarnai adalah sebuah proses belajar dan akan menciptakan kemahiran jika diasah terus-menerus. Selamat membuat karya yang penuh warna!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Pulpen Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pulpen Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pulpen menjadi salah satu alat tulis yang wajib dimiliki oleh siapa saja, mulai dari pelajar sampai pekerja kantoran. Ada banyak jenis pulpen dengan beragam variasi tinta, model, dan juga keunggulan. Kali ini, kami akan memaparkan cara memilih pulpen terbaik untuk berbagai kebutuhan.Tak hanya itu, kami juga akan memberikan rekomendasi merek pulpen yang bagus untuk Anda. Anda dapat menemukan produk dari ZEBRA, Faber-Castell, juga Parker dalam rekomendasi kami. Yuk, baca artikel ini sampai habis untuk menemukan pulpen terbaik!
    Alat tulis
  • 10 Rekomendasi Pulpen Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pulpen Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pulpen gel adalah alat tulis yang tintanya terbuat dari gel. Keistimewaan pulpen ini adalah warna tintanya yang bervariasi sehingga dapat digunakan untuk berbagai kreativitas penggunanya. Kini terdapat banyak pilihan merek pulpen gel, mulai dari warna hitam, putih, sampai warna-warni yang menarik.Untuk membantu Anda, kami akan memberikan tips memilih pulpen gel terbaik. Berbagai merek pulpen gel yang bagus juga ada dalam rekomendasi kami, seperti Kenko, Pilot, Zebra, Joyko, dan Pentel. Mari simak informasinya dan temukan pulpen gel yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Alat tulis
  • 10 Rekomendasi Lem Kertas Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lem Kertas Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Menarik untuk diketahui, lem kertas tak hanya tersedia dalam bentuk cair, lho. Kini, Anda dapat menemukan jenis lem kertas yang sangat mudah dipakai dan dibawa ke mana saja. Anda pun dapat menemukan lem kertas berukuran mini atau berbentuk pulpen yang dapat disimpan di dalam kantong!Dengan makin banyaknya pilihan, Anda pun bisa lebih leluasa menjatuhkan pilihan. Selain UHU dan Deli, ada merek-merek lain yang bagus dengan berbagai kelebihan untuk digunakan. Temukan produk terbaik dengan berpedoman pada cara memilih lem kertas yang telah kami susun untuk Anda.
    Alat tulis
  • 10 Rekomendasi Correction Tape Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Correction Tape Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Correction tape, disebut juga tipe x kertas atau stipo kertas, berguna untuk menghapus tulisan dan cetakan yang salah. Ada berbagai merek correction tape yang dapat Anda temukan, seperti Tombow, Faber-Castell, Debozz, dan Joyko. Setiap merek tentunya memiliki keunggulan dan karakteristik masing-masing.Namun, Anda mungkin kebingungan memilih produk yang sesuai. Karena itu, kami ingin menjelaskan beberapa cara memilih yang harus diperhatikan sebelum membeli. Kami juga akan mencantumkan beberapa rekomendasi produk untuk membantu Anda menemukan correction tape yang bagus. Simak tips-tips di bawah ini sampai tuntas, ya!
    Alat tulis
  • 10 Rekomendasi Pulpen yang Bisa Dihapus Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pulpen yang Bisa Dihapus Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Anda ingin catatan lebih rapi tanpa coretan, tetapi tak suka menyerut pensil? Mengapa tidak mencoba pulpen yang bisa dihapus? Tinta erasable pen dapat dihapus dengan panas dari gesekan, lho. Jadi, Anda tidak perlu khawatir salah menulis. Namun, ada banyak ragam produknya di pasaran. Hal ini mungkin membuat Anda bingung saat memilih.Tenang saja, kali ini kami akan berbagi rekomendasi pulpen yang bisa dihapus dari berbagai merek terbaik. Anda bisa menemukan pulpen yang bagus, seperti Pilot Frixion dan Joyko Shokyo. Sebelumnya, kami akan mengulas tips memilihnya untuk Anda. Selamat menyimak!
    Alat tulis
  • 10 Penghapus Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Penghapus Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2022)
    Dari sekian banyak jenis alat tulis, penghapus termasuk peralatan yang wajib dimiliki. Selain untuk pensil, ada juga penghapus yang mampu menghapus tinta bolpoin. Banyaknya produk yang beragam mungkin membuat Anda bingung dalam menentukan pilihan.Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan kepada Anda cara memilih penghapus yang bagus. Produk-produk terbaik dari merek ternama, seperti Faber-Castell, Deli, Joyko, dan STAEDTLER juga akan kami ulas di bawah ini. Dalam artikel ini, kami juga berkolaborasi dengan illustrator, Karina Doniho. Jadi, jangan lewatkan pembahasan lengkapnya, ya!
    Alat tulis
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori