• 10 Rekomendasi Pensil Warna Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Pensil Warna Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Pensil Warna Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Pensil Warna Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Pensil Warna Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Pensil Warna Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Pensil warna tidak hanya populer di kalangan anak-anak, tetapi juga orang dewasa. Produsen pensil warna, seperti Faber-Castell, Staedtler, dan Maped mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Namun, adakah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih pensil warna?

Kali ini kami akan membahas hal tersebut untuk Anda. Tidak ketinggalan, rekomendasi produk-produk terbaik juga akan kami berikan setelahnya. Pilihlah dengan cermat manakah produk yang sesuai dengan keinginan Anda. Selamat membaca.
  • Pembaharuan terakhir: 05 Februari 2020
  • 17.048 Views
Daftar isi

Cara memilih pensil warna

Ada banyak produk pensil warna yang dapat Anda temui di pasaran. Akan tetapi, apa yang menjadi poin penting dalam memilih pensil warna? Yuk, simak pembahasannya!

Pilih jenis pensil warna yang nyaman Anda gunakan

Ada dua jenis pensil warna yaitu pensil warna berbasis minyak dan air. Masing-masing memiliki kegunaan yang berbeda. Jadi, pilihlah sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pensil warna berbasis minyak: warna berkembang dengan baik, cocok digunakan anak-anak hingga profesional

Pensil warna berbasis minyak: warna berkembang dengan baik, cocok digunakan anak-anak hingga profesional
Pensil warna berbasis minyak adalah yang paling umum dan digunakan oleh berbagai kalangan. Karakter utama dari pensil warna ini adalah mengandung pigmen dan lilin yang membuat warnanya indah, serta tahan air. Jadi, arsiran pensil warna akan tetap terlihat meskipun ditimpa dengan cat air. Selain itu, pensil warna ini lebih lembut dibandingkan pensil warna berbasis air.
Namun, kekurangan dari pensil warna ini adalah sulit dihapus dengan penghapus karena mengandung lilin. Meski begitu, Anda dapat mengaburkan warnanya dengan menggunakan cairan blanking khusus pensil warna. Kelebihannya, Anda dapat menggunakannya untuk mewarnai baik buku gambar maupun melukis dengan teknik sulit sekalipun. Dengan demikian, tipe ini direkomendasikan untuk buku mewarnai anak-anak dan untuk membuat karya lukisan full color dengan pensil warna.

Pensil warna berbasis air: direkomendasikan untuk pengguna yang sudah ahli dengan teknik pewarnaan khusus

Pensil warna berbasis air: direkomendasikan untuk pengguna yang sudah ahli dengan teknik pewarnaan khusus
Karakteristik pensil warna ini adalah sifatnya yang larut dalam air. Anda dapat membuat gradasi warna hanya dengan menyapukan kuas basah di atas gambar yang sudah Anda warnai. Pensil warna ini memiliki inti yang keras. Jadi, tipe ini sangat cocok untuk mewarnai tipis-tipis atau untuk membuat garis tipis.
Mungkin banyak orang mengira bahwa beberapa gambar tersebut diwarnai dengan cat air, tetapi ada beberapa teknik yang hanya bisa dikerjakan dengan pensil warna berbasis air. Namun, tipe ini memiliki pengembangan warna yang sedikit lemah. Untuk itu, pensil warna ini direkomendasikan untuk Anda yang sudah ahli dengan teknik pewarnaan khusus dan menyukai hasil akhir gambar yang seperti dilukis menggunakan cat air.

Pilihlah berdasarkan jumlah set pensil warna

Pilihlah berdasarkan jumlah set pensil warna
Satu set pensil warna ada yang tersedia dalam 12 warna, 24 warna, bahkan lebih dari 72 warna. Namun, sebaiknya Anda memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk anak-anak, set dengan dua belas warna sudah cukup, sedangkan untuk Anda yang ingin mengekspresikan warna-warna halus di buku mewarnai dewasa, pilihlah set dengan 36 warna.
Jika Anda memilih set pensil warna yang jumlahnya lebih besar, tentu akan sulit untuk membawanya, terutama seorang pemula yang kurang memahami perbedaan warna. Untuk pemula, kami sarankan untuk memilih set 36 warna terlebih dahulu, kemudian Anda dapat membeli lagi untuk melengkapi warna-warna yang belum ada. Memiliki pensil warna dengan banyak pilihan warna dapat membuat Anda puas memilih warna yang diinginkan.

Untuk memastikan kualitas, cobalah sebelum membeli

Untuk memastikan kualitas, cobalah sebelum membeli
Kelembutan inti pensil warna terbagi menjadi tiga, yaitu keras, medium, dan lembut. Inti pensil warna yang keras memiliki pigmen warna yang kurang bagus, tetapi cocok untuk pewarnaan tipis-tipis. Di samping itu, inti pensil warna yang lembut memiliki pigmen warna yang lebih bagus sehingga cocok untuk mewarnai gambar yang luas karena teknik pewarnaannya mudah dikembangkan. Meski begitu, pigmentasi pensil warna dapat diatur sesuai teknik penekanan.
Oleh karena itu, sebaiknya Anda mencoba pensil warna dahulu sebelum membelinya. Cobalah mewarnai di kertas yang biasanya disediakan di toko alat tulis. Jika tersedia, sebaiknya Anda mencari pensil warna yang dijual satuan untuk mencobanya di rumah. Jangan sampai ketika Anda sudah membeli satu set, tetapi produknya tidak sesuai harapan.

Jika Anda tidak yakin, cobalah membeli produk satuan terlebih dahulu

Jika Anda tidak yakin, cobalah membeli produk satuan terlebih dahulu
Saat membeli set pensil warna, akan ada warna-warna yang jarang sekali terpakai, tetapi ada juga warna yang terus-menerus Anda butuhkan. Jika ada yang menjual pensil warna satuan, Anda dapat membeli warna yang paling sering digunakan.
Dengan membeli satuan, Anda juga berkesempatan untuk membeli pensil warna dari produsen yang berbeda sesuai dengan kualitas warna yang Anda harapkan. Jadi, membeli pensil warna satuan disarankan untuk Anda yang memperhatikan kualitas warna dan kualitas pensil itu sendiri.

10 Rekomendasi pensil warna terbaik

Berikut ini, kami memberikan rekomendasi beberapa produk pensil warna terbaik. Semoga rekomendasi yang kami berikan dapat membantu Anda memilih pensil warna yang berkualitas.
10
JenisBerbasis minyak
Jumlah set12 pcs
9
JenisBerbasis air
Jumlah set36 pcs
8

Prismacolor Premier Col-Erase Colored Pencils

Rp 307.000,00

JenisBerbasis minyak
Jumlah set12 pcs dan 24 pcs
7
JenisBerbasis air
Jumlah set12 pcs, 24 pcs, dsn 36 pcs
6

Greebel 12 Classic Colour Triangular Jumbo

Rp 75.900,00

JenisBerbasis minyak
Jumlah set12 pcs
5
JenisBerbasis air
Jumlah set36 pcs
4
JenisBerbasis air
Jumlah set36 pcs
3
JenisBerbasis minyak
Jumlah setSatuan, 97 pilihan warna
2
JenisBerbasis minyak
Jumlah set12 pcs
1
JenisBerbasis minyak
Jumlah set12 pcs, 24 pcs, 36 pcs, dan 48 pcs

Tabel perbandingan produk pensil warna terbaik

Gambar produk
1
Faber-Castell 36 Classic Colour Pencils 1

Faber-Castell

2
Maped Color’Peps Smart Box 1

Maped

3
Faber-Castell Colour Pencil Polychromos 1

Faber-Castell

4
Staedtler Luna Aquarell Watercolour Pencils 137 C36 1

Staedtler

5
STABILO aquacolor Wallet of 12 1

STABILO

6
Greebel  12 Classic Colour Triangular Jumbo 1

Greebel

7
Fila Lyra Graduate Aquarell 1

Fila

8
Prismacolor  Premier Col-Erase Colored Pencils 1

Prismacolor

9
Derwent Watercolour Pencil 36 Tin 1

Derwent

10
Joyko Color Pencil  1

Joyko

Nama produk

36 Classic Colour Pencils

Color’Peps Smart Box

Colour Pencil Polychromos

Luna Aquarell Watercolour Pencils 137 C36

aquacolor Wallet of 12

12 Classic Colour Triangular Jumbo

Lyra Graduate Aquarell

Premier Col-Erase Colored Pencils

Watercolour Pencil 36 Tin

Color Pencil

KeunggulanProduk pensil warna klasik ...Lebih hemat dengan penghapu...Ingin menambah koleksi, tet...Tidak mudah patah, jadi leb...Lepaskan kreativitas Anda d...Pensil warna berbentuk segi...Ideal untuk Anda yang menek...Pensil warna yang mudah dih...Untuk hasil lukisan yang ha...Kemasan yang ringkas untuk ...
HargaRp 65.000,00Rp 61.800,00Rp 26.889,00Rp 112.000,00Rp 383.300,00Rp 75.900,00Rp 249.900,00Rp 307.000,00Rp 607.000,00Rp 16.200,00
JenisBerbasis minyakBerbasis minyakBerbasis minyakBerbasis airBerbasis airBerbasis minyakBerbasis airBerbasis minyakBerbasis airBerbasis minyak
Jumlah set12 pcs, 24 pcs, 36 pcs, dan 48 pcs12 pcsSatuan, 97 pilihan warna36 pcs36 pcs12 pcs12 pcs, 24 pcs, dsn 36 pcs12 pcs dan 24 pcs36 pcs12 pcs
Tautan produk

Tips untuk menghasilkan paduan warna yang indah

Tips untuk menghasilkan paduan warna yang indah
Jika Anda ingin menghasilkan warna yang indah dengan pensil warna, cobalah untuk mewarnai dengan urutan warna terang, warna bayangan, dan warna netral. Misalnya, ketika Anda mewarnai daun, lebih baik memulainya dengan arsir tipis yang seluruhnya berwarna kuning, lalu warnailah garis-garis daun dan bayangan dengan warna hijau secara bertahap hingga terjadi tumpang tindih warna di antaranya. Agar berhasil, arsirlah secara halus dan tidak terlalu menekan.
Lalu, sebisa mungkin Anda harus menghindari kesalahan dan menghindari penggunaan penghapus. Pensil berbasis minyak memiliki sifat yang sulit dihapus sehingga Anda perlu memberi penekanan lebih saat menghapus. Hal tersebut justru akan membuat gambar Anda terlihat tidak natural.

Baca juga rekomendasi produk untuk mewarnai lainnya di sini!

Selain pensil warna, ada juga produk lain yang bisa digunakan untuk mewarnai gambar. Oleh sebab itu, kami juga telah menyiapkan beberapa artikel lain yang membahas produk terkait. Cek link di bawah ini!

Kesimpulan

Bagaimana? Apakah Anda sudah menemukan pensil warna yang cocok dari produk-produk yang kami rekomendasikan? Sesuaikan pensil warna yang hendak Anda beli dengan kebutuhan Anda. Pilihlah jenis yang nyaman untuk Anda gunakan.
Mewarnai adalah sebuah proses belajar dan akan menciptakan kemahiran jika diasah terus-menerus. Selamat membuat karya yang penuh warna!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Cat Tembok Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Cat Tembok Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Memilih cat tembok bukanlah perkara mudah. Ada banyak hal yang harus diperhatikan, seperti pemilihan warna, lokasi ruangan yang hendak dicat, kualitas cat, hingga penyesuaian dengan warna furnitur. Untuk itu Anda harus benar-benar jeli dalam memilih cat tembok.Saat ini, ada banyak jenis cat yang bisa dipilih seperti Nippon Paint, Jotun, Dulux Catylax, dan lain-lain. Supaya Anda tidak bingung dalam memilih, kami akan memberikan rekomendasi cat tembok terbaik beserta keunggulannya. Sebelum itu, kami juga berbagi tips mengenai hal-hal apa saja yang harus dipertimbangkan dalam memilih cat tembok. Selamat membaca!
    Kebutuhan rumah tangga
    66.907 Views
  • 10 Rekomendasi Karbol Terbaik untuk Lantai Bersih Bebas Kuman (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Karbol Terbaik untuk Lantai Bersih Bebas Kuman (Terbaru Tahun 2020)
    Karbol merupakan cairan pembersih lantai yang mengandung disinfektan dan mampu membunuh kuman. Selain untuk mengepel lantai, karbol juga bisa digunakan untuk membersihkan kamar mandi, kandang hewan peliharaan, serta bagian rumah yang mengeluarkan bau tak sedap.Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan mengenai fungsi karbol dan cara memilihnya agar Anda bisa mendapatkan lantai bersih bebas kuman. Tidak itu saja, kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaik seperti Wipol, Super Sol, S.O.S, hingga Super Mom. Silakan dibaca hingga tuntas!
    Kebutuhan rumah tangga
    33.833 Views
  • 10 Rekomendasi Desk Humidifier Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Desk Humidifier Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Humidifier adalah alat yang umumnya digunakan untuk menjaga kelembapan ruangan. Humidifier juga efektif menangkal virus dan debu yang menyebabkan alergi. Terdapat beberapa tipe dari desk humidifier, yaitu tipe steam, ultrasonik, hibrida, dan vaporisasi (paper humidifier). Setiap tipe memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.Untuk membantu Anda menemukan yang cocok, kami akan menjelaskan cara memilih desk humidifier kepada Anda. Tak ketinggalan, kami pun akan memperkenalkan rekomendasi produk terbaik untuk Anda dari merek Taffware, Smart Frog, dan lainnya. Mari ciptakan lingkungan tempat tinggal yang nyaman untuk Anda dan keluarga!
    Kebutuhan rumah tangga
    28.312 Views
  • 10 Rekomendasi Pengharum Ruangan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pengharum Ruangan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Berada di ruangan yang harum tentunya bisa memperbaiki mood dan membuat Anda rileks. Ada banyak jenis pengharum ruangan dengan keunggulan yang berbeda, misalnya Glade, Stella, BayFresh, dan sebagainya sehingga bisa saja membuat Anda bingung saat hendak membelinya.Untuk itulah, kali ini kami akan memperkenalkan beberapa produk pengharum ruangan terbaik yang dapat dibeli melalui internet. Anda dapat memilih pengharum ruangan berdasarkan desain, efek, tipe, dan sebagainya sesuai selera serta kebutuhan Anda. Jadi, jangan sampai salah pilih ya!
    Kebutuhan rumah tangga
    24.160 Views
  • 10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Akhir-akhir ini, perhatian terhadap bantal tidur berkualitas semakin meningkat. Dengan menggunakan bantal yang tepat, Anda dapat mengatasi bahu yang kaku dan mengurangi ketegangan pada leher. Namun, bantal memiliki beragam ketebalan, kepadatan, dan ukuran yang dapat membingungkan Anda saat memilihnya.Pertama-tama, kami akan menjelaskan terlebih dahulu poin-poin yang penting dalam memilih bantal. Kemudian, kami akan merekomendasikan merek bantal populer, seperti KING KOIL, RESTKING, Bestway, PillowPeople, Willow Pillow, dan lain-lain untuk Anda. Semoga artikel kami dapat membantu Anda.
    Kebutuhan rumah tangga
    22.627 Views
  • 10 Rekomendasi Pemutih Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pemutih Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pemutih pakaian atau bleach umumnya digunakan untuk menghilangkan noda membandel yang tidak bisa dibersihkan dengan detergen biasa. Produk tersebut juga efektif untuk memutihkan warna pakaian, membasmi kuman, jamur, serta menghilangkan bau tak sedap pada pakaian.Berbagai merek, seperti Bayclin, Vanish, dan So Klin Pemutih memiliki keunggulannya masing-masing dalam menghilangkan noda. Kali ini, kami akan merekomendasikan produk pemutih pakaian terbaik serta mengulas poin-poin yang harus Anda perhatikan saat memilihnya.
    Kebutuhan rumah tangga
    24.790 Views
  • 10 Rekomendasi Lampu Bohlam LED Terbaik Ukuran Kecil (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lampu Bohlam LED Terbaik Ukuran Kecil (Terbaru Tahun 2020)
    Banyak orang tidak bisa tidur dalam kondisi gelap. Untuk itu, penggunaan lampu bohlam LED berukuran kecil bisa menjadi solusi. Selain hemat energi, lampu LED ukuran kecil juga dapat menekan tagihan listrik. Namun, karena di pasaran terlalu banyak jenisnya, Anda mungkin kebingungan dalam memilih.Jadi, kali ini kami akan membahas tentang lampu bohlam LED ukuran kecil dan menjelaskan cara memilih produk. Tak lupa, kami juga akan merekomendasi beberapa merek, seperti Philips, Chiyoda, dan IKEA yang dapat menjadi referensi. Silakan baca artikel ini secara saksama sebelum membeli lampu bohlam LED berukuran kecil!
    Kebutuhan rumah tangga
    7.416 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori