mybest
Ragi

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Roti & kue
  4. 10 Rekomendasi Ragi untuk Membuat Roti dan Kue Terbaik [Ditinjau oleh Cooking Influencer]
  • 10 Rekomendasi Ragi untuk Membuat Roti dan Kue Terbaik  [Ditinjau oleh Cooking Influencer] 1
  • 10 Rekomendasi Ragi untuk Membuat Roti dan Kue Terbaik  [Ditinjau oleh Cooking Influencer] 2
  • 10 Rekomendasi Ragi untuk Membuat Roti dan Kue Terbaik  [Ditinjau oleh Cooking Influencer] 3
  • 10 Rekomendasi Ragi untuk Membuat Roti dan Kue Terbaik  [Ditinjau oleh Cooking Influencer] 4
  • 10 Rekomendasi Ragi untuk Membuat Roti dan Kue Terbaik  [Ditinjau oleh Cooking Influencer] 5

10 Rekomendasi Ragi untuk Membuat Roti dan Kue Terbaik [Ditinjau oleh Cooking Influencer]

Ragi adalah bahan penting untuk membuat roti dan kue. Tanpa ragi, roti akan bantat dan rasanya kurang enak. Karena itu, jangan lupa menyertakan ragi saat Anda akan baking. Saat ini, telah tersedia berbagai produk seperti ragi instan yang bisa langsung dicampurkan ke adonan.


Kali ini kami akan memberi tips memilih ragi yang sesuai kebutuhan. Selain itu, kami juga akan memberi rekomendasi produk terbaik, seperti merek Saf-Instant, Mauri-Pan, Fermipan, dan lainnya. Baca juga tips memilih tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Selamat menemukan ragi yang bagus untuk adonan roti Anda!

Diperbaharui 13/11/2023
Inov Pelawi
Pakar
Cooking influencer
Inov Pelawi

Inov adalah seorang ibu rumah tangga dengan dua orang anak. Wanita berumur 36 tahun ini sudah menyukai kegiatan memasak dan baking sejak usia 14 tahun. Kegemarannya terhadap dunia masak memasak dan baking ini membuatnya sering berbagi resep dan foto makanan di akun media sosialnya. Selain untuk dokumentasi pribadi, ia berharap bahwa posting-annya juga bisa bermanfaat bagi orang lain, terutama bagi para ibu lainnya.

Profil Inov Pelawi
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih ragi untuk membuat roti dan kue

Sebelum Anda membeli ragi, lebih baik baca dahulu penjelasan kami di bawah ini. Kami akan mengulas cara memilih ragi yang tepat untuk membuat roti dan kue. Mari simak selengkapnya!

1

Pilih berdasarkan jenisnya

Ada banyak jenis ragi yang beredar di pasaran. Namun, sebelum menentukan, kenali terlebih dahulu tiga jenis ragi berikut ini.

Ragi basah (fresh yeast): Lebih segar

Ragi basah (fresh yeast): Lebih segar

Ragi jenis ini terbuat dari krim jamur dan memiliki tekstur yang basah sehingga sering disebut ragi segar. Sesuai namanya, ragi basah ini memiliki kadar air yang tinggi sehingga sangat mudah rusak. Biasanya, ragi ini dijual dalam bentuk balok kotak dengan berat kurang lebih 200 gram. Cara penggunaannya adalah dengan diremas-remas terlebih dahulu, kemudian dicampur ke dalam adonan roti.


Supaya ragi basah lebih awet, Anda harus menyimpannya lebih dahulu pada suhu maksimal 1 derajat Celsius atau dalam lemari pendingin. Sayangnya, masa simpannya sangat pendek, yaitu hanya 8 minggu setelah tanggal produksi.

Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Ragi segar dikenal juga sebagai ragi kue atau ragi terkompresi. Jika disimpan dalam wadah yang terlalu lembap atau tidak bersih, jamur putih dapat berkembang pada ragi. Proses ini biasanya terjadi dalam kurun waktu seminggu. Jika sudah terlihat adanya jamur, ragi tersebut tidak lagi aman untuk digunakan.  


Untuk membuat ragi segar yang lebih tahan lama, Anda dapat menyimpannya dalam beberapa porsi terpisah. Setelah itu, bungkuslah setiap porsi tersebut dengan bungkus plastik yang rapat, lalu masukkanlah ke dalam freezer. Dengan cara ini, ragi basah bisa bertahan hingga satu tahun di dalam freezer.

Ragi kering aktif (active dry yeast): Lebih tahan lama

Ragi kering aktif (active dry yeast): Lebih tahan lama

Ragi jenis ini memiliki bentuk butiran kecil dengan tekstur yang lebih kering. Ragi ini termasuk ragi semiaktif. Jadi, saat akan digunakan, Anda harus mengaktifkannya dahulu dengan cara didiamkan di dalam air hangat suam-suam kuku


Proses ini perlu dilakukan selama 1030 menit hingga mengembang. Sifatnya yang kering membuat ragi ini mempunyai waktu simpan yang lebih lama, yakni hingga dua tahun setelah tanggal produksi.

Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Sel ragi kering aktif bisa disimpan pada suhu ruang hingga beberapa bulan. Namun, ketahuilah bahwa ragi kering sangat peka terhadap suhu panas. Karena itu, Anda harus menyimpannya di area yang terhindar dari panas. Ragi kering aktif tidak boleh dicampur dengan cairan yang suhunya lebih dari 43 derajat Celsius. Hal ini dapat menyebabkan ragi menjadi mati dan tidak berfungsi.

Ragi instan (instant yeast): Praktis digunakan pada semua jenis makanan

Ragi instan (instant yeast): Praktis digunakan pada semua jenis makanan

Ragi ini berbentuk butiran kering dengan ukuran yang lebih kecil daripada ragi kering. Cara penggunaannya sangat praktis karena bisa langsung dicampurkan ke dalam adonan. Jenis ini dikenal juga dengan sebutan “ragi cepat naik” karena cara kerjanya sangat cepat dalam mengembangkan adonan. Itulah sebabnya ragi ini jadi andalan para baker, terutama jika waktu baking-nya singkat.


Akan tetapi, ragi instan lebih cepat rusak ketimbang ragi kering aktif. Untuk menjaga kualitas ragi instan tetap baik, simpanlah di dalam wadah kedap udara setelah digunakan.

Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Untuk menjaga agar mutunya tetap terjaga baik, ragi instan harus disimpan dalam wadah kedap udara setelah dibuka dari kemasannya. Ragi instan bisa disimpan di dalam kulkas atau freezer. Jika disimpan dalam wadah kedap udara dan di tempat sejuk, ragi dapat bertahan hingga maksimal dua tahun

2

Temukan kemasan sesuai kebutuhan

Ragi umumnya diwadahi dalam kemasan plastik tertutup rapat. Setelah digunakan, ragi masih bisa dipakai lagi asalkan penyimpanannya juga tertutup rapat dan pada suhu yang tepat. Namun, akan lebih baik jika Anda memilih kemasan yang ukurannya sesuai dengan kebutuhan. 

Kemasan sekali pakai, cukup untuk keperluan rumah tangga

Kemasan sekali pakai, cukup untuk keperluan rumah tangga

Jika Anda ingin menyajikan kue dan roti bagi keluarga kecil di rumah, Anda dapat memilih kemasan kecil sekali pakai. Umumnya, kemasan ini memiliki ukuran yang pas untuk membuat satu adonan roti atau kue. Dengan begitu, tidak ada ragi yang tersisa. Anda pun tidak perlu khawatir ragi akan menjadi rusak karena terlalu lama disimpan.

Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Ragi sekali pakai biasanya dikemas dalam bentuk sachet yang praktis. Kemasan ragi seperti ini sangatlah cocok untuk kebutuhan rumah tangga. Contohnya, untuk membuat roti atau donat dengan tepung terigu 250 gram–300 gram (hasil jadi sekitar sepuluh roti), dibutuhkan empat gram ragi saja. 


Akan tetapi, jika ragi masih tersisa, cara untuk menjaga mutunya adalah dengan menyimpannya dalam wadah kedap udara. Anda juga bisa memasukkannya ke dalam kulkas setelah dibuka dari kemasan.

Kemasan besar, lebih ekonomis untuk berbisnis kuliner

Kemasan besar, lebih ekonomis untuk berbisnis kuliner

Sebaliknya, jika Anda memiliki bisnis roti dan kue, kebutuhan ragi tentu akan lebih besar. Memilih ragi kemasan kecil malah akan lebih boros dan merepotkan. Karena itu, sebaiknya Anda memilih ragi dalam kemasan besar supaya bisa dipakai beberapa kali. 


Anda cukup memakai ragi sesuai kebutuhan adonan, lalu menyimpan sisanya di dalam wadah kedap udara yang tertutup rapat. Setelah itu, letakkan di ruang yang kering dan sejuk. Dengan cara demikian, ragi akan bertahan dalam waktu kurang lebih satu tahun.

Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Meski lebih kuat daripada ragi basah, active dry yeast dan ragi instan tetap harus disimpan dengan baik agar tetap aktif. Simpanlah active dry yeast serta ragi instan di wadah tertutup yang kedap udara serta kering dan sejuk. Ragi kering sendiri dapat bertahan lebih lama jika disimpan pada suhu ruangan yang tidak lembap. Jika disimpan di tempat dan suhu yang benar, ragi dapat bertahan hingga satu tahun.

3

Gunakan ragi khusus untuk membuat jenis makanan tertentu

Gunakan ragi khusus untuk membuat jenis makanan tertentu

Sebelum menentukan ragi yang ingin dibeli, Anda sebaiknya sudah mengetahui jenis makanan yang akan dibuat. Ada beberapa produk ragi yang dirancang khusus untuk suatu jenis makanan, misalnya donat, bakpao, cakwe, dan sebagainya. Ragi lainnya mungkin juga bisa digunakan untuk membuat makanan tersebut. Namun, hasilnya tentu lebih maksimal jika memakai ragi yang dibuat khusus.

Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Ada banyak jenis dan merek ragi yang bisa Anda temukan di pasaran. Namun, secara umum ragi bisa dibedakan menjadi dua macam, yaitu ragi roti dan ragi tape. Tingkat fermentasi atau daya kembang setiap ragi berbeda-beda tergantung jenis makanan ataupun roti yang dibuat. 


Oleh karena itu, alangkah baiknya jika Anda menggunakan jenis ragi yang sesuai dengan makanan yang ingin dibuat agar hasilnya maksimal.

4

Pertimbangkan produk yang tidak diberi tambahan gula agar lebih sehat

Pertimbangkan produk yang tidak diberi tambahan gula agar lebih sehat

Untuk mengembangkan adonan, ragi membutuhkan adanya gula di dalam adonan. Jika Anda ingin mengurangi asupan gula, jangan khawatir. Saat ini, sudah ada beberapa produk ragi yang tidak memerlukan gula dalam proses mengembangkan adonan


Walau tanpa gula, roti dan kue yang dihasilkan tetap terasa lembut dan lezat. Hal ini tentu memberi manfaat baik untuk kesehatan. Anda jadi tidak perlu khawatir lagi mengenai kadar gula dalam tubuh.

Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Ragi untuk roti dibuat dari bakteri Saccharomyces cerevisiae yang dapat mengubah gula menjadi gas karbondioksida. Proses ini berguna untuk pengembangan adonan. Gula yang diubah ini dapat berasal dari tepung ataupun gula tambahan yang sengaja ditambahkan ke dalam adonan.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Ragi untuk Membuat Roti dan Kue Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Ragi untuk Membuat Roti dan Kue terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 13 November 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Ukuran kemasan
Jenis ragi
Kadungan gula
1

Sangra Ratu Boga

Fermipan

Sangra Ratu Boga Fermipan 1

Rp4.850

Agak Murah

Ragi kering instan yang terkenal di seluruh dunia

11 g

Ragi instan, ragi kering

2

Indo Fermex

Mauri-Pan Instant Dry Yeast

Indo Fermex Mauri-Pan Instant Dry Yeast 1

Rp3.500

Agak Murah

Bebas bahan pengawet, bebas rasa khawatir

12 g

Ragi instan, ragi kering

3

Lesaffre

Saf-Instant Gold

Lesaffre Saf-Instant Gold 1

Rp51.800

Agak Mahal

Membuat roti manis menjadi lebih legit

500 g

Ragi instan, ragi kering

4

Angel

Instant Dry Yeast (White)

Angel Instant Dry Yeast (White) 1

Rp31.950

Agak Mahal

Tahan dalam berbagai kondisi, konsistensi dan kualitas tanpa kompromi

500 g

Ragi instan, ragi kering

5

NV Algist Bruggeman

Haan Ragi Instant

NV Algist Bruggeman Haan Ragi Instant  1

Rp12.500

Menengah

Lebih menghemat waktu berkat penggunaannya yang praktis

11 g

Ragi instan

6

Koepoe Koepoe

Gist Korels

Koepoe Koepoe Gist Korels 1

Rp10.000

Menengah

Lebih wangi, membuat kue makin menggoda untuk segera disantap

65 g

Ragi kering

7

Big One Indonesia

GS Bakpao

Big One Indonesia GS Bakpao 1

Rp3.800

Agak Murah

Rasakan lembut dan empuknya tekstur bakpao

10 g

Ragi kering

8

Big One Indonesia

GS Donat

Big One Indonesia GS Donat 1

Rp3.800

Agak Murah

Membuat donat mengembang cantik dan sempurna

10 g

Ragi kering

9

Kethobetic

Allaire Dry Instant Yeast

Kethobetic Allaire Dry Instant Yeast 1

Rp65.000

Agak Mahal

Tidak memerlukan gula untuk aktivasi, lebih sehat!

150 g

Ragi instan, ragi kering

10

Indo Fermex

Pinnacle Yeast

Indo Fermex Pinnacle Yeast 1

Rp23.100

Agak Mahal

Mengembangkan adonan lebih cepat dengan ragi basah

500 g

Ragi basah

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Sangra Ratu BogaFermipan

Fermipan 1
Sumber: shopee.co.id
Fermipan 2
Sumber: shopee.co.id
Fermipan 3
Sumber: shopee.co.id
Fermipan 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp4.850
Agak Murah
Harga referensi
Rp4.850
Agak Murah

Ragi kering instan yang terkenal di seluruh dunia

Kami merekomendasikan produk ini untuk Anda yang mencari ragi kering instan yang mudah didapatkan di berbagai tempat. Fermipan merupakan merek ragi kering instan yang berasal dari Prancis. Ragi ini telah terkenal di seluruh dunia dan diandalkan oleh para pembuat kue dan profesional. Bagi para muslim, Anda bisa tenang menggunakannya karena ragi ini telah mendapatkan sertifikat halal.

Ukuran kemasan11 g
Jenis ragiRagi instan, ragi kering
Kadungan gula
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Indo FermexMauri-Pan Instant Dry Yeast

Harga referensi
Rp3.500
Agak Murah

Bebas bahan pengawet, bebas rasa khawatir

Menyajikan roti dan kue yang sehat tentu membuat Anda bisa merasa lebih tenang. Untuk itu, Anda membutuhkan bahan roti yang aman digunakan. Pilihlah Mauri-Pan, ragi instan yang dibuat tanpa bahan pengawet. Mauri-Pan cocok untuk semua jenis tepung, serta bisa digunakan untuk berbagai jenis roti dan kue. Ragi ini dapat digunakan untuk keperluan rumah tangga atau industri kuliner skala kecil.

Ukuran kemasan12 g
Jenis ragiRagi instan, ragi kering
Kadungan gula
No.3

LesaffreSaf-Instant Gold

Harga referensi
Rp51.800
Agak Mahal

Membuat roti manis menjadi lebih legit

Anda penyuka roti manis? Buat sendiri roti manis kesukaan Anda dengan ragi Saf-Instant Gold. Ragi ini cocok digunakan untuk membuat danish atau bagel. Tidak hanya itu, ragi ini juga cocok untuk membuat berbagai roti yang rasanya manis. Kualitasnya yang bagus membuat produk ini dipercaya oleh para pembuat roti sejak lama.

Ukuran kemasan500 g
Jenis ragiRagi instan, ragi kering
Kadungan gula
No.4

AngelInstant Dry Yeast (White)

Harga referensi
Rp31.950
Agak Mahal

Tahan dalam berbagai kondisi, konsistensi dan kualitas tanpa kompromi

Angel Instant Dry Yeast adalah teman terbaik Anda dalam dunia baking. Dengan formula yang unik, ragi kering instan ini akan memberikan hasil yang sempurna setiap waktu. Karena itu, produk ini adalah pilihan yang tepat untuk semua kebutuhan fermentasi Anda.


Dengan kemampuan bertahan dalam berbagai kondisi suhu dan kelembapan, Angel menjamin konsistensi dan kualitas tanpa kompromi. Produk ini direkomendasikan untuk para baker profesional dan amatir yang menginginkan keandalan dan kemudahan penggunaan. Dengan ragi ini, setiap roti Anda akan menjadi karya seni yang lezat!

Ukuran kemasan500 g
Jenis ragiRagi instan, ragi kering
Kadungan gula
No.5

NV Algist BruggemanHaan Ragi Instant

Harga referensi
Rp12.500
Menengah

Lebih menghemat waktu berkat penggunaannya yang praktis

Saat membuat adonan roti, Anda membutuhkan waktu untuk melarutkan ragi instan yang digunakan. Apabila Anda memiliki waktu yang terbatas untuk membuat roti, gunakan ragi instan dari merek Haan ini. Ragi ini dapat digunakan tanpa dilarutkan terlebih dahulu. Anda dapat langsung mencampurkannya pada adonan roti, lalu gluten dalam adonan akan matang dan empuk.

Ukuran kemasan11 g
Jenis ragiRagi instan
Kadungan gula
No.6

Koepoe KoepoeGist Korels

Harga referensi
Rp10.000
Menengah

Lebih wangi, membuat kue makin menggoda untuk segera disantap

Ragi kering dari Koepoe Koepoe ini memiliki bentuk bola-bola kecil. Selain itu, hal yang menarik lainnya adalah aromanya yang lebih wangi dibandingkan ragi pada umumnya. Alhasil, roti yang dihasilkan menjadi lebih harum sehingga orang-orang tertarik untuk segera merasakannya. Cobalah ganti ragi Anda dengan Koepoe Koepoe Gist Korels bila Anda menginginkan kue dengan aroma yang menggoda.

Ukuran kemasan65 g
Jenis ragiRagi kering
Kadungan gula
No.7

Big One IndonesiaGS Bakpao

Harga referensi
Rp3.800
Agak Murah

Rasakan lembut dan empuknya tekstur bakpao

Apakah Anda ingin membuat bakpao yang teksturnya lembut dan empuk? Ragi instan yang satu ini bisa membuat bakpao buatan Anda terlihat menggoda. Ragi ini diolah khusus untuk mempermudah Anda dalam menghasilkan bakpao yang sempurna. Dikemas dalam sachet kecil, produk ini akan pas Anda gunakan saat membuat bakpao lezat untuk keluarga kecil di rumah.

Ukuran kemasan10 g
Jenis ragiRagi kering
Kadungan gula
No.8

Big One IndonesiaGS Donat

Harga referensi
Rp3.800
Agak Murah

Membuat donat mengembang cantik dan sempurna

Jika ingin membuat donat yang tidak hanya nikmat, tetapi juga mengembang dengan cantik, gunakanlah ragi khusus donat ini. Ragi instan ini memiliki kualitas yang terbukti dapat membuat adonan donat mengembang indah. Saat donat digoreng, donat akan langsung empuk dan tampak kuning kecokelatan. Jadi, Anda tidak perlu menggorengnya terlalu lama.

Ukuran kemasan10 g
Jenis ragiRagi kering
Kadungan gula
No.9

KethobeticAllaire Dry Instant Yeast

Harga referensi
Rp65.000
Agak Mahal

Tidak memerlukan gula untuk aktivasi, lebih sehat!

Bagi Anda yang memperhatikan kesehatan dan ingin mengurangi konsumsi gula, kami merekomendasikan produk ini. Produk ini adalah ragi instan yang mampu mengembangkan adonan tanpa perlu penambahan gula. Walau tanpa gula, roti Anda akan tetap mengembang sempurna. Bahkan, produk ini diklaim dapat mengembangkan roti dalam waktu yang lebih cepat daripada biasanya.

Ukuran kemasan150 g
Jenis ragiRagi instan, ragi kering
Kadungan gula
No.10

Indo FermexPinnacle Yeast

Harga referensi
Rp23.100
Agak Mahal

Mengembangkan adonan lebih cepat dengan ragi basah

Menunggu adonan mengembang sering kali membutuhkan waktu yang cukup lama. Untuk Anda yang ingin roti dan kue bisa mengembang lebih cepat, sebaiknya gunakan ragi basah Pinnacle Yeast.


Ragi ini membuat adonan mengembang dengan cepat. Akan tetapi, ragi ini hanya tahan 3-4 jam di luar kulkas dan sekitar seminggu di dalam kulkas. Jadi, pilihlah toko terdekat dari tempat Anda akan membuat adonan kue.

Ukuran kemasan500 g
Jenis ragiRagi basah
Kadungan gula

Tips menggunakan ragi untuk adonan roti dan kue

Berikut ini telah kami siapkan tips menggunakan ragi yang tepat untuk menghasilkan adonan yang sempurna. Simak, ya!

Sebelum dipakai, tes dahulu apakah ragi masih aktif

Sebelum dipakai, tes dahulu apakah ragi masih aktif

Ragi yang sudah tidak aktif tak akan bisa mengembangkan adonan. Jadi, sebelum memasukkan ragi ke dalam adonan, sebaiknya tes dahulu apakah ragi tersebut masih aktif atau tidak. Ikuti langkah berikut ini untuk mengetes ragi Anda.


  1. Siapkan air hangat secukupnya di gelas.
  2. Masukkan ragi.
  3. Diamkan selama 10 menit. 

Jika muncul gelembung-gelembung udara di permukaan larutan, berarti ragi masih aktif dan bisa digunakan. Sebaliknya, jika tidak bergelembung, berarti ragi sudah tidak aktif. Bila demikian, sebaiknya jangan digunakan karena akan membuat adonan bantat.

Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Untuk mengetes apakah ragi masih aktif atau tidak, Anda bisa menambahkan sedikit gula ke dalam air hangat. Setelah itu, aduklah gula sampai larut. Gula berfungsi sebagai makanan untuk ragi agar ragi dapat menghasilkan alkohol dan karbondioksida. Setelah gula larut dan tercampur dengan air, tambahkan ragi, lalu aduk perlahan dan diamkan.

Cobalah kurangi takaran mentega, telur, garam, dan susu cair

Cobalah kurangi takaran mentega, telur, garam, dan susu cair

Ternyata, ragi akan bekerja lebih lambat jika mentega, telur, garam, dan susu cair terlalu mendominasi adonan. Untuk Anda yang ingin memodifikasi resep, cobalah mengurangi sedikit takarannya. Anda bisa mengganti mentega dengan margarin atau jenis lemak nabati lainnya. Selain itu, Anda juga bisa mengganti susu cair dengan susu bubuk. Jika ingin tetap pakai garam, tambahkan sedikit sebelum adonan diuleni.

Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Beberapa bahan dapat menghambat kemampuan ragi untuk bekerja dengan baik. Berdasarkan pengalaman, hal ini sering kali terjadi ketika saya menggabungkan ragi dan garam saat membuat adonan roti, donat, dan lainnya. Zat yang terkandung pada garam bisa mematikan ragi dan mengakibatkan pengembangan adonan jadi lambat atau bahkan tidak mengembang.

Jaga kehangatan adonan kue

Jaga kehangatan adonan kue

Ragi dapat bekerja efektif dalam suhu hangat ruangan. Karena itu, setelah ragi dimasukkan ke dalam adonan dan diuleni hingga kalis, lakukan proses proofing atau fermentasi yang pertama. Selanjutnya, tutup adonan dengan kain atau plastic wrap. Supaya cepat mengembang, letakkan adonan di tempat terhangat di dapur. Diamkan sesuai waktu yang disarankan resep, lalu lihatlah adonan akan mengembang.

Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Ragi akan bekerja secara efektif pada suhu hangat yang sesuai dengan kondisi suhu ruang. Jika suhu ruangan terlalu panas, ragi akan mati dan tidak berfungsi. Di satu sisi, jika suhu terlalu dingin, ragi tidak dapat bekerja maksimal sehingga adonan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mengembang.

Jangan biarkan adonan mengembang terlalu lama

Jangan biarkan adonan mengembang terlalu lama

Sebaiknya, jangan biarkan adonan terlalu berair atau berminyak karena akan membuat ragi sulit mengembang. Selain itu, bila Anda hendak membuat roti isi, jangan mengisi adonan dengan isi yang terlalu banyak.


Selanjutnya, setelah mengisi atau membentuk adonan, waktunya untuk proofing kedua. Diamkan lagi adonan di tempat hangat sesuai waktu yang ditentukan oleh resep. Jangan membiarkannya mengembang terlalu lama karena bisa-bisa adonan kempis kembali. Alhasil, adonan menjadi keras dan bantat.

Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Jika ragi dibiarkan mengembang terlalu lama maka akan terjadi hal yang disebut juga sebagai over-proofing. Adonan yang terlalu mengembang tandanya memiliki ragi yang sudah mati sehingga menghasilkan roti yang terasa asam. Selain itu, hasil adonan yang over-proofed akan menjadi keras dan bantat setelah dipanggang. 


Karena itu, perhatikanlah waktu serta kondisi adonan ketika Anda membiarkan adonan mengembang. Biasanya, Anda membutuhkan waktu maksimal satu jam untuk membuat adonan mengembang dengan sempurna. 

5 Rekomendasi Ragi untuk Membuat Roti dan Kue terbaik

No. 1: Sangra Ratu BogaFermipan

No. 2: Indo FermexMauri-Pan Instant Dry Yeast

No. 3: LesaffreSaf-Instant Gold

No. 4: AngelInstant Dry Yeast (White)

No. 5: NV Algist BruggemanHaan Ragi Instant

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Roti & kue
  4. 10 Rekomendasi Ragi untuk Membuat Roti dan Kue Terbaik [Ditinjau oleh Cooking Influencer]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.