• 10 Rekomendasi Ragi Terbaik untuk Membuat Roti dan Kue (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Ragi Terbaik untuk Membuat Roti dan Kue (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Ragi Terbaik untuk Membuat Roti dan Kue (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Ragi Terbaik untuk Membuat Roti dan Kue (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Ragi Terbaik untuk Membuat Roti dan Kue (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Ragi Terbaik untuk Membuat Roti dan Kue (Terbaru Tahun 2021)

Ragi adalah bahan penting untuk membuat roti dan kue. Tanpa ragi, roti akan bantat dan rasanya kurang enak. Karena itu, jangan lupa menyertakan ragi saat Anda akan baking. Saat ini, telah tersedia berbagai produk seperti ragi instan yang bisa langsung dicampurkan ke adonan.


Kali ini kami akan memberi tips memilih ragi yang sesuai kebutuhan. Selain itu, kami juga akan memberi rekomendasi produk terbaik, seperti merk Koepoe Koepoe, Mauri-pan, Saf-Instant, dan lainnya. Baca juga tips memilih tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Selamat menemukan ragi yang bagus untuk adonan roti Anda!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Inov Pelawi
  • Pembaharuan terakhir: 08 Juni 2021
  • 34.428 Views
Daftar isi

Berkolaborasi dengan cooking influencer, Inov Pelawi

Berkolaborasi dengan cooking influencer, Inov Pelawi

Inov adalah seorang ibu rumah tangga dengan dua orang anak yang saat ini tinggal di Nagoya, Jepang. Wanita berumur 36 tahun ini sudah menyukai kegiatan memasak dan baking sejak usia 14 tahun.


Kegemarannya terhadap dunia masak dan baking ini membuatnya sering berbagi resep dan foto makanan di akun Instagram-nya. Selain untuk dokumentasi pribadi, ia berharap bahwa kontennya juga bisa bermanfaat bagi orang lain, terutama bagi para ibu.

Penggunaan ragi untuk industri makanan

Penggunaan ragi untuk industri makanan

Ragi bekerja dengan cara mengubah oksigen dan gula dari tepung menjadi karbondioksida, air, dan energi. Proses itu disebut dengan fermentasi. Hasil gas karbondioksida dari fermentasi ini membuat tepung mengembang, serta memiliki rasa dan aroma yang khas. Selain itu, ragi juga dapat mematangkan dan melembutkan gluten.


Sebenarnya, ragi tidak hanya digunakan untuk pembuatan roti dan kue saja. Ragi juga dibutuhkan dalam pembuatan minuman beralkohol, tapai, dan tempe. Akan tetapi, di artikel ini kami akan membahas ragi khusus untuk membuat roti dan kue.

Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Ragi merupakan zat yang mengandung mikroorganisme untuk proses fermentasi. Pada umumnya, ragi digunakan dalam industri makanan untuk membuat makanan hasil fermentasi, seperti tape, tempe, roti, donat, dan lainnya. 


Mikroorganisme yang digunakan di dalam ragi terdiri atas berbagai bakteri. Mikroorganisme yang umum dijumpai dalam ragi di antaranya adalah Rhizopus, Aspergillus, Mucor, Amylomyces, Endomycopsis, dan lainnya.

Cara memilih ragi untuk membuat roti dan kue

Sebelum Anda membeli ragi, lebih baik baca dahulu penjelasan kami di bawah ini. Kami akan mengulas cara memilih ragi yang tepat untuk membuat roti dan kue. Jangan sampai Anda memilih ragi yang ternyata tidak sesuai dengan kebutuhan.

Pilih berdasarkan jenisnya

Ada banyak jenis ragi yang beredar di pasaran. Namun, sebelum menentukan, kenali terlebih dahulu tiga jenis ragi berikut ini.

Ragi basah (fresh yeast), lebih segar

Ragi basah (fresh yeast), lebih segar

Ragi jenis ini terbuat dari krim jamur dan memiliki tekstur yang basah sehingga sering disebut ragi segar. Sesuai namanya, ragi basah ini memiliki kadar air yang tinggi sehingga sangat mudah rusak. Biasanya, ragi ini dijual dalam bentuk balok kotak dengan berat kurang lebih 200 gram. Cara penggunaannya adalah dengan meremas-remas terlebih dahulu, kemudian dicampurkan ke dalam adonan roti.


Supaya ragi basah lebih awet, Anda harus menyimpannya lebih dahulu pada suhu maksimal 1 derajat Celsius atau dalam lemari pendingin. Sayangnya, masa simpannya sangat pendek yaitu hanya 8 minggu setelah tanggal produksi.

Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Ragi segar dikenal juga sebagai ragi kue atau ragi terkompresi. Jika disimpan dalam wadah yang terlalu lembap atau tidak bersih, jamur putih dapat berkembang pada ragi. Proses ini biasanya terjadi dalam kurun waktu seminggu. Jika sudah terlihat adanya jamur, ragi tersebut tidak lagi aman untuk digunakan.  


Untuk membuat ragi segar yang lebih tahan lama, Anda dapat menyimpannya dalam beberapa porsi terpisah. Setelah itu, bungkuslah setiap porsi tersebut dengan bungkus plastik yang rapat lalu masukkanlah ke dalam freezer. Dengan cara ini, ragi basah bisa bertahan hingga satu tahun di dalam freezer.

Ragi kering aktif (active dry yeast), lebih tahan lama

Ragi kering aktif (active dry yeast), lebih tahan lama

Ragi jenis ini memiliki bentuk butiran kecil dengan tekstur yang lebih kering. Ragi ini termasuk ragi semiaktif. Jadi, saat akan digunakan, Anda harus mengaktifkannya dahulu dengan cara didiamkan di dalam air hangat suam-suam kuku. 


Proses ini perlu dilakukan selama 1030 menit hingga mengembang. Sifatnya yang kering membuat ragi ini mempunyai waktu simpan yang lebih lama yaitu hingga 2 tahun setelah tanggal produksi.

Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Sel ragi kering aktif bisa disimpan pada suhu ruang hingga beberapa bulan. Namun, ketahuilah bahwa ragi kering sangat peka terhadap suhu panas. Karena itu, Anda harus menyimpannya di area yang terhindar dari panas. Ragi kering aktif tidak boleh dicampur dengan cairan yang suhunya lebih dari 43 derajat Celsius. Hal ini dapat menyebabkan ragi menjadi mati dan tidak berfungsi.

Ragi instan (instant yeast), praktis digunakan pada semua jenis makanan

Ragi instan (instant yeast), praktis digunakan pada semua jenis makanan

Ragi ini berbentuk butiran kering dengan ukuran yang lebih kecil daripada ragi kering. Cara penggunaannya sangat praktis karena bisa langsung dicampurkan ke dalam adonan. Jenis ini dikenal juga dengan sebutan “ragi cepat naik” karena cara kerjanya sangat cepat dalam mengembangkan adonan. Itulah sebabnya ragi ini jadi andalan para baker, terutama jika waktu baking-nya singkat.


Namun, ragi instan lebih cepat rusak dibandingkan ragi kering aktif. Untuk menjaga kualitas ragi instan tetap baik, simpanlah di dalam wadah kedap udara setelah digunakan.

Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Untuk menjaga agar mutunya tetap terjaga baik, ragi instan harus disimpan dalam wadah kedap udara setelah dibuka dari kemasannya. Ragi instan bisa disimpan di dalam kulkas atau freezer. Jika disimpan dalam wadah kedap udara dan di tempat sejuk, ragi dapat bertahan hingga maksimal dua tahun. 

Pilih berdasarkan kemasannya

Ragi umumnya diwadahi dalam kemasan plastik tertutup rapat. Setelah digunakan, ragi masih bisa dipakai lagi asalkan penyimpanannya juga tertutup rapat dan pada suhu yang tepat. Namun, akan lebih baik jika Anda memilih kemasan yang ukurannya sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan memilih kemasan yang terlalu besar agar Anda tidak perlu menyimpannya terlalu lama. Dengan demikian, kualitasnya akan tetap terjaga.

Kemasan sekali pakai, cukup untuk keperluan rumah tangga

Kemasan sekali pakai, cukup untuk keperluan rumah tangga

Jika Anda bermaksud membeli ragi untuk menyajikan kue dan roti bagi keluarga kecil di rumah, Anda dapat memilih kemasan kecil sekali pakai. Umumnya, kemasan ini memiliki ukuran yang pas untuk membuat satu adonan roti atau kue. Dengan begitu, tidak ada ragi yang tersisa. Anda pun tidak perlu khawatir ragi akan menjadi rusak karena terlalu lama disimpan.

Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Ragi sekali pakai biasanya dikemas dalam bentuk sachet yang praktis. Kemasan ragi seperti ini sangatlah cocok untuk kebutuhan rumah tangga. Contohnya, untuk membuat roti atau donat dengan tepung terigu 250 gram–300 gram (hasil jadi sekitar sepuluh roti), dibutuhkan empat gram ragi saja. 


Namun, jika ragi masih tersisa, cara untuk menjaga mutunya adalah dengan menyimpannya dalam wadah kedap udara. Anda juga bisa memasukkannya ke dalam kulkas setelah dibuka dari kemasannya.

Kemasan besar, lebih ekonomis untuk berbisnis kuliner

Kemasan besar, lebih ekonomis untuk berbisnis kuliner

Sebaliknya, jika Anda memiliki bisnis roti dan kue, kebutuhan ragi tentu akan lebih besar. Memilih ragi kemasan kecil malah akan lebih boros dan merepotkan. Karena itu, sebaiknya Anda memilih ragi dalam kemasan besar supaya bisa dipakai beberapa kali. 


Anda cukup memakai ragi sesuai dengan kebutuhan adonan, lalu menyimpan sisanya. Simpanlah sisa ragi di dalam wadah kedap udara yang tertutup rapat. Setelah itu, letakkan di ruang yang kering dan sejuk. Dengan cara yang demikian, ragi akan bertahan dalam waktu kurang lebih satu tahun.

Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Meski lebih kuat daripada ragi basah, active dry yeast dan ragi instan tetap harus disimpan dengan baik agar tetap aktif. Simpanlah active dry yeast serta ragi instan di wadah tertutup yang kedap udara serta kering dan sejuk. Ragi kering sendiri dapat bertahan lebih lama jika disimpan pada suhu ruangan yang tidak lembap. Jika disimpan di tempat dan suhu yang benar, ragi dapat bertahan hingga satu tahun.

Ragi khusus untuk membuat jenis makanan tertentu

Ragi khusus untuk membuat jenis makanan tertentu

Sebelum menentukan ragi yang ingin dibeli, Anda sebaiknya sudah mengetahui jenis makanan yang akan Anda buat. Ada beberapa produk ragi yang dirancang khusus untuk suatu jenis makanan, misalnya donat, bakpao, cakwe, dan sebagainya. Ragi lainnya mungkin juga bisa digunakan untuk membuat makanan tersebut, tetapi hasilnya tentu lebih maksimal jika memakai ragi yang dibuat khusus.

Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Ada banyak jenis dan merek ragi yang bisa Anda temukan di pasaran. Namun, secara umum ragi bisa dibedakan menjadi dua macam, yaitu ragi roti dan ragi tape. Tingkat fermentasi atau daya kembang setiap ragi berbeda-beda tergantung jenis makanan ataupun roti yang dibuat. 


Oleh karena itu, alangkah baiknya jika Anda menggunakan jenis ragi yang sesuai dengan makanan yang ingin dibuat agar hasilnya maksimal.

Pertimbangkan produk yang tidak diberi tambahan gula agar lebih sehat

Pertimbangkan produk yang tidak diberi tambahan gula agar lebih sehat

Untuk mengembangkan adonan, ragi membutuhkan adanya gula di dalam adonan. Jika Anda ingin mengurangi asupan gula, jangan khawatir. Saat ini, sudah ada beberapa produk ragi yang tidak memerlukan gula dalam proses mengembangkan adonan. 


Walau tanpa gula, roti dan kue yang dihasilkan tetap terasa lembut dan lezat. Hal ini tentu memberi manfaat baik untuk kesehatan. Anda jadi tidak perlu khawatir lagi mengenai kadar gula dalam tubuh.

Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Ragi untuk roti dibuat dari bakteri Saccharomyces cerevisiae yang dapat mengubah gula menjadi gas karbondioksida. Proses ini berguna untuk pengembangan adonan. Gula yang diubah ini dapat berasal dari tepung ataupun gula tambahan yang sengaja ditambahkan ke dalam adonan.

10 Rekomendasi ragi terbaik untuk membuat roti dan kue

Berikutnya, kami akan memberikan beberapa rekomendasi ragi terbaik untuk membuat roti dan kue. Semoga Anda bisa mendapatkan ragi yang paling sesuai dengan kebutuhan.

10
Jenis ragiBasah
Ukuran kemasan500 g
9
Jenis ragiInstan
Ukuran kemasan10 g
8
Jenis ragiInstan
Ukuran kemasan10 g
7
Jenis ragiInstan
Ukuran kemasan20 g
6

Citra Nata PramanaWhite Rose Instant Dry Yeast

Mulai dari Rp 36.000,00

Jenis ragiInstan
Ukuran kemasan500 g
5
Jenis ragiInstan
Ukuran kemasan500 g
4
Jenis ragiKering
Ukuran kemasan21 g
3
Jenis ragiKering
Ukuran kemasan65 g
2
Jenis ragiInstan
Berat150 g
1
Jenis ragiInstan
Ukuran kemasan12 g

Tabel perbandingan produk ragi terbaik untuk membuat roti dan kue

Gambar produk
1
Indo Fermex Mauri-Pan Instant Dry Yeast 1

Indo Fermex

2
Kethobetic Dry Instant Yeast 1

Kethobetic

3
Koepoe Koepoe Gist Korel  1

Koepoe Koepoe

4
Fleischmann's  Active Dry Yeast 1

Fleischmann's

5
Saf-Instant Gold 1

6
Citra Nata Pramana White Rose Instant Dry Yeast 1

Citra Nata Pramana

7
Angel Fast Youtiao Raising Agent 1

Angel

8
New Super GS Donat Special 1

New Super GS

9
New Super GS Special Bak Pau 1

New Super GS

10
Indo Fermex Pinnacle Yeast 1

Indo Fermex

Nama produk

Mauri-Pan Instant Dry Yeast

Dry Instant Yeast

Gist Korel

Active Dry Yeast

Saf-Instant Gold

White Rose Instant Dry Yeast

Fast Youtiao Raising Agent

Donat Special

Special Bak Pau

Pinnacle Yeast

Keunggulan

Bebas bahan pengawet, bebas rasa khawatir

Lebih sehat dengan ragi bebas gula

Lebih wangi, membuat kue makin menggoda untuk segera disantap

Ragi kering yang bebas gluten

Roti manis jadi lebih legit

Ragi kemasan besar yang akan memperlancar bisnis bakery Anda

Ragi khusus cakwe yang aman bagi kesehatan

Membuat donat mengembang cantik dan sempurna

Rasakan lembut dan empuknya tekstur bakpao

Mengembangkan adonan lebih cepat dengan ragi basah

Harga mulai dariRp 4.000,00Rp 55.000,00Rp 11.000,00Rp 125.000,00Rp 42.900,00Rp 36.000,00Rp 5.000,00Rp 6.000,00Rp 4.700,00Rp 21.000,00
Jenis ragiInstanInstanKeringKeringInstanInstanInstanInstanInstanBasah
Ukuran kemasan12 g150 g65 g21 g500 g500 g20 g10 g10 g500 g
Tautan produk

Tips menggunakan ragi untuk adonan roti dan kue

Saat membuat roti dan kue, mungkin Anda deg-degan, apakah adonan akan mengembang dengan sempurna dan teksturnya lembut? Bisa saja Anda sudah mengikuti resep secara tepat, tetapi hasilnya tetap tidak sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu, berikut ini adalah tips menggunakan ragi supaya bisa menghasilkan adonan yang sempurna.

Sebelum dipakai, tes dahulu apakah ragi masih aktif

Sebelum dipakai, tes dahulu apakah ragi masih aktif

Ragi yang sudah tidak aktif tak akan bisa mengembangkan adonan. Jadi, sebelum memasukkan ragi ke dalam adonan, sebaiknya tes dahulu apakah ragi tersebut masih aktif atau tidak.


Cara mengetesnya cukup sederhana. Pertama, siapkan air hangat secukupnya di gelas, lalu campurkan dengan ragi. Diamkan selama 10 menit. Jika muncul gelembung-gelembung udara di permukaan larutan, berarti ragi masih aktif dan bisa digunakan. Sebaliknya, jika tidak bergelembung, berarti ragi sudah tidak aktif. Bila demikian, sebaiknya jangan digunakan karena akan membuat adonan bantat.

Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Untuk mengetes apakah ragi masih aktif atau tidak, Anda bisa menambahkan sedikit gula ke dalam air hangat. Setelah itu, aduklah gula sampai larut. Gula berfungsi sebagai makanan untuk ragi agar ragi dapat menghasilkan alkohol dan karbondioksida. Setelah gula larut dan tercampur dengan air, tambahkan ragi, lalu aduk perlahan dan diamkan.

Cobalah kurangi takaran mentega, telur, garam, dan susu cair

Cobalah kurangi takaran mentega, telur, garam, dan susu cair

Ternyata, ragi akan bekerja lebih lambat jika mentega, telur, garam, dan susu cair terlalu mendominasi adonan. Untuk Anda yang ingin memodifikasi resep, cobalah mengurangi sedikit takarannya. Anda bisa mengganti mentega dengan margarin atau jenis lemak nabati lainnya. Selain itu, Anda juga bisa mengganti susu cair dengan susu bubuk. Jika ingin tetap pakai garam, tambahkan sedikit sebelum adonan diuleni.

Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Beberapa bahan dapat menghambat kemampuan ragi untuk bekerja dengan baik. Berdasarkan pengalaman, hal ini sering kali terjadi ketika saya menggabungkan ragi dan garam saat membuat adonan roti, donat, dan lainnya. Zat yang terkandung pada garam bisa mematikan ragi dan mengakibatkan pengembangan adonan jadi lambat atau bahkan tidak mengembang.

Jaga kehangatan adonan kue

Jaga kehangatan adonan kue

Ragi dapat bekerja efektif dalam suhu hangat ruangan. Karena itu, setelah ragi dimasukkan ke dalam adonan dan diuleni hingga kalis, lakukan proses proofing atau fermentasi yang pertama. Selanjutnya, tutup adonan dengan kain atau plastic wrap


Supaya cepat mengembang, letakkan adonan di tempat terhangat di dapur. Anda bisa meletakkannya di dalam oven mati yang masih terasa hangat. Diamkan sesuai waktu yang disarankan resep, lalu lihatlah adonan akan mengembang.

Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Ragi akan bekerja secara efektif pada suhu hangat yang sesuai dengan kondisi suhu ruang. Jika suhu ruangan terlalu panas, ragi akan mati dan tidak berfungsi. Di satu sisi, jika suhu terlalu dingin, ragi tidak dapat bekerja maksimal sehingga adonan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mengembang.

Jangan biarkan adonan mengembang terlalu lama

Jangan biarkan adonan mengembang terlalu lama

Sebaiknya, jangan biarkan adonan terlalu berair atau berminyak karena akan membuat ragi sulit mengembang. Selain itu, bila Anda hendak membuat roti isi, jangan mengisi adonan dengan isi yang terlalu banyak.


Selanjutnya, setelah mengisi atau membentuk adonan, waktunya untuk proofing kedua. Diamkan lagi adonan di tempat hangat sesuai waktu yang ditentukan oleh resep. Jangan membiarkannya mengembang terlalu lama karena bisa-bisa adonan kempis kembali. Alhasil, adonan menjadi keras dan bantat.

Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Jika ragi dibiarkan mengembang terlalu lama maka akan terjadi hal yang disebut juga sebagai over-proofing. Adonan yang terlalu mengembang tandanya memiliki ragi yang sudah mati sehingga menghasilkan roti yang terasa asam. Selain itu, hasil adonan yang over-proofed akan menjadi keras dan bantat setelah dipanggang. 


Karena itu, perhatikanlah waktu serta kondisi adonan ketika Anda membiarkan adonan mengembang. Biasanya, Anda membutuhkan waktu maksimal satu jam untuk membuat adonan mengembang dengan sempurna. 

Baca juga rekomendasi bahan lainnya untuk membuat roti dan kue

Keberhasilan Anda dalam membuat roti dan kue tidak hanya ditentukan oleh ragi, melainkan juga bahan-bahan lainnya. Anda juga harus memastikan bahwa bahan lainnya memiliki kualitas bagus dan sesuai dengan makanan yang akan dibuat. Berikut ini beberapa rekomendasi bahan lain untuk membuat roti dan kue.

Kesimpulan

Ragi sangat dibutuhkan untuk mengembangkan adonan roti dan kue yang Anda buat. Teksturnya pun bakal jadi lebih lembut dan empuk. Roti dan kue hasil olahan Anda akan makin menggugah selera. 


Supaya hasilnya maksimal, pastikan Anda mendapatkan ragi yang sesuai dengan makanan yang akan dibuat. Selain itu, simpanlah ragi di tempat yang tepat. Apakah sekarang Anda sudah menemukan ragi terbaik untuk roti dan kue Anda? Kini, saatnya Anda berkreasi di dapur.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Margarin Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Margarin Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Di Indonesia, margarin sering dikonsumsi sebagai teman makan roti tawar, bahan pembuat kue kering, cake, donat, atau pengganti minyak goreng saat menumis. Anda dapat dengan mudah menemukan margarin dengan berbagai merk, seperti Blue Band, forVITA, Palmia, Filma, dan sebagainya.Setiap produk margarin memiliki keistimewaan yang berbeda, bahkan ada yang rendah lemak dan lebih cocok untuk kegunaan tertentu saja. Pada artikel kali ini, kami akan membahas poin-poin yang perlu diketahui saat memilih margarin. Selain itu, terdapat rekomendasi margarin yang bagus yang telah kami pilih dengan saksama. Yuk, kita mulai!
    Roti & kue
    125.384 Views
  • 10 Merk Selai Kacang Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Selai Kacang Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Lezatnya selai kacang saat dioles di atas roti bakar akan membangkitkan selera. Namun, saat ini selai kacang bukan hanya dinikmati karena rasa lezat saja, melainkan karena kandungan nutrisinya yang bermanfaat untuk tubuh. Selain itu, selai kacang yang mengandung sedikit gula juga cocok untuk Anda yang sedang berdiet.Ada cukup banyak merek selai kacang di pasaran, seperti Skippy, Peanut Butter & Co., dan Jif. Manakah yang terbaik? Dalam artikel ini, kami merekomendasikan selai kacang terbaik untuk melengkapi kebutuhan sarapan atau program kebugaran Anda. Yuk, simak sampai selesai!
    Roti & kue
    68.992 Views
  • 10 Rekomendasi Maple Syrup Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Maple Syrup Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Maple syrup adalah sirup yang dapat digunakan untuk berbagai resep masakan. Biasanya, orang menggunakan maple syrup untuk pelengkap pancake atau membuat saus dasar seperti demiglace. Selain itu, maple syrup juga memiliki kalori yang lebih rendah daripada madu dan aman untuk dikonsumsi bayi.Kali ini kami juga akan menjelaskan manfaat maple syrup beserta cara memilih dan rekomendasi produk terbaiknya. Beberapa produk maple syrup terkenal seperti Maple Joe, Coombs Family Farms, dan B&G MacDonald’s juga ada di rekomendasi produk kali ini, lho! Ayo cari tahu lebih banyak soal maple syrup sebelum membelinya!
    Roti & kue
    28.764 Views
  • 10 Rekomendasi Meses Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Meses Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Meses atau hagel merupakan salah satu topping yang sangat populer di kalangan penggemar makanan manis. Meses biasa dihidangkan bersama roti tawar, dibuat taburan donat, atau dijadikan isian crepes dan martabak manis. Tak hanya disajikan bersama makanan, meses juga bisa dinikmati bersama es krim atau aneka float.Apakah Anda tahu meses seperti apa yang enak dan pas untuk pemakaian yang diinginkan? Dalam artikel ini kami akan membantu Anda menemukan meses terbaik dari berbagai merk, seperti Ceres, Holland, serta Milli Delli. Gunakanlah artikel ini sebagai referensi!
    Roti & kue
    20.389 Views
  • 10 Rekomendasi Selai Cokelat Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Selai Cokelat Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Selai cokelat merupakan salah satu favorit semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Selain rasanya yang lezat, selai cokelat juga mudah ditemukan dimana-mana. Anda dapat menggunakannya sebagai olesan roti, isian kue, hingga celupan untuk biskuit. Namun, banyaknya selai cokelat yang beredar di pasaran mungkin membuat Anda bingung. Selai mana yang sebaiknya Anda pilih? Kali ini, kami akan mengulas cara memilih selai cokelat beserta rekomendasi produk terbaik. Anda dapat menemukan selai cokelat dari berbagai merek seperti Ceres, Nutella, dan Ovomaltine. Simak sampai selesai, ya!
    Roti & kue
    23.846 Views
  • 10 Rekomendasi Tepung Beras Terbaik untuk Membuat Kue dan Roti (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tepung Beras Terbaik untuk Membuat Kue dan Roti (Terbaru Tahun 2021)
    Tepung beras adalah tepung yang berasal dari beras putih. Umumnya, tepung beras itu gluten-free sehingga aman untuk dikonsumsi, bahkan untuk Anda yang alergi terhadap gandum. Kue dan roti yang terbuat dari tepung beras teksturnya akan terasa lebih kenyal dan baik untuk lambung. Bagus untuk Anda yang sedang diet!Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih tepung beras sekaligus memperkenalkan produk-produk yang direkomendasikan. Mari simak penjelasannya dan temukan tepung beras terbaik untuk membuat berbagai jenis makanan kesukaan Anda.
    Roti & kue
    18.715 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori