• 10 Rekomendasi Lipstik Terbaik untuk Kulit Sawo Matang (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Lipstik Terbaik untuk Kulit Sawo Matang (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Lipstik Terbaik untuk Kulit Sawo Matang (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Lipstik Terbaik untuk Kulit Sawo Matang (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Lipstik Terbaik untuk Kulit Sawo Matang (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Lipstik Terbaik untuk Kulit Sawo Matang (Terbaru Tahun 2021)

Warna kulit sawo matang merupakan salah satu warna kulit asli orang Indonesia. Ada banyak produk lipstik yang akan mempercantik tampilan Anda yang kulitnya berwarna sawo matang. Namun, jangan sampai salah pilih karena berisiko membuat kulit Anda jadi terlihat kusam dan tidak menarik.


Kali ini, kami akan membantu Anda memilih lipstik yang pas untuk pemilik kulit sawo matang. Kami akan mengulas tips memilih, serta memberi rekomendasi produk terbaik. Berbagai merek, mulai dari MAC, Revlon, Mineral Botanica, hingga Wardah, dapat Anda temukan dalam daftar rekomendasi kami. Selamat membaca!

  • Pembaharuan terakhir: 09 April 2021
  • 54.417 Views
Daftar isi

Cara memilih lipstik untuk kulit sawo matang

Dalam memilih lipstik untuk kulit sawo matang, ada beberapa hal khusus yang harus Anda perhatikan. Simaklah dalam poin-poin berikut ini!

Pilih warna lipstik sesuai dengan warna undertone kulit

Undertone dan surface tone merupakan hal yang berbeda. Surface tone merupakan warna kulit yang paling mudah diidentifikasi, seperti putih, kuning langsat, dan sawo matang. Sementara itu, undertone adalah warna yang terlihat di bawah permukaan kulit. Memang memeriksa warna undertone terkadang sulit untuk ditentukan. Namun, memilih warna lipstik berdasarkan undertone Anda akan sangat membantu agar warnanya lebih cocok di kulit.


Bagaimana cara menentukan undertone kulit Anda? Anda dapat menentukannya melalui warna nadi. Warna nadi yang cenderung kebiruan atau keunguan menandakan Anda memiliki undertone yang cool. Jika warna nadi Anda kehijauan, Anda memiliki undertone yang warm.


Selain melalui warna nadi, perhatikan kondisi kulit Anda setelah terpapar sinar matahari dalam waktu lama. Jika kulit Anda mengalami kemerahan terlebih dahulu, Anda memiliki undertone kulit cool. Di sisi lain, bila warna kulit Anda langsung menggelap tanpa kemerahan, undertone kulit Anda adalah warm.


Pemilik kulit sawo matang dengan undertone cool dapat memilih warna merah yang lebih terang, serta warna nude dengan tone cokelat atau karamel. Sebaliknya, jika Anda memiliki undertone kulit yang warm pilihlah warna oranye, coralpink gelap, rose, dan mauve.

Perhatikan warna bibir Anda

Setiap orang memiliki warna bibir yang berbeda. Bagi pemilik warna bibir yang cerah, menggunakan lipstik akan lebih mudah karena warna bibir Anda dapat ditutupi dengan baik. 


Akan tetapi, bagi Anda yang memiliki warna bibir cenderung gelap, mungkin Anda cukup kesulitan memilih lipstik untuk menutupi warna bibir. Anda dapat memilih lipstik dengan pigmentasi yang tinggi untuk menutupi warna bibir yang gelap.


Biasanya, lipstik dalam bentuk cair memiliki pigmentasi yang lebih tinggi. Agar lebih yakin, bacalah terlebih dahulu ulasan-ulasan pembeli lainnya tentang produk tersebut.

Pilih bentuk lipstik yang pas

Pilih bentuk lipstik yang pas

Ada 2 bentuk lipstik yang bisa Anda gunakan, padat dan cair. Keduanya dapat memberikan hasil akhir matte atau creamy. Bentuk padat adalah bentuk lipstik klasik yang lebih mudah untuk dibawa ke mana saja. Penggunaannya pun lebih mudah karena bentuknya yang padat dan tidak cepat menempel pada bibir.


Bentuk lainnya, lipstik cair, sedang banyak diminati sekarang ini. Lipstik ini dapat memberikan efek glossy sehingga bibir tampak lebih plump. Di samping itu, Anda dapat dengan mudah mendapatkan efek ombre saat menggunakan lipstik cair. Pilihlah bentuk lipstik yang sesuai dengan kesukaan Anda.

Pilih hasil akhir lipstik yang sesuai

Ada 3 jenis hasil akhir lipstik, yaitu matte, glossy, dan creamy. Ketiganya akan kami ulas dalam poin di bawah ini.

Matte : memiliki pigmentasi yang kuat dan tahan lama

Lipstik dengan hasil akhir matte sedang banyak diminati. Hasil akhirnya terlihat tanpa kilau sehingga lipstik ini memberikan kesan yang lebih formal untuk Anda.


Hasil akhir matte memiliki pigmentasi yang kuat, serta daya tahan yang lebih lama. Beberapa produk bahkan diklaim waterproof dan transferproof. Sayangnya, lipstik ini membuat garis-garis bibir Anda jadi lebih terlihat. Gunakan lip balm terlebih dahulu agar bibir Anda tidak menjadi kering.

Glossy : jadikan bibir terlihat penuh

Hasil akhir yang berkilau atau glossy akan lebih cocok digunakan oleh pemilik bibir tipis dan kecil. Bibir yang glossy akan membuatnya tampak lebih penuh.


Namun, hasil akhir glossy sering kali memberikan efek lengket pada bibir sehingga membuat Anda kurang nyaman. Beberapa produsen lipstik mulai mengubah formulasinya agar tetap glossy tanpa membuatnya terasa lengket. Anda dapat menyiasati dengan cara menjadikannya sebagai top coat dari lipstik.

Creamy : cegah bibir kering

Creamy : cegah bibir kering

Lipstik creamy memiliki lebih banyak kandungan pelembap. Kandungan pelembap ini membuat hasil akhirnya seperti kombinasi antara glossy dan matte. Anda yang memiliki bibir kering dapat menggunakan lipstik dengan hasil akhir creamy agar bibir Anda tampak lebih sehat.

Periksa kandungan pelembapnya

Periksa kandungan pelembapnya

Anda yang harus bepergian tentu tidak boleh kelewatan untuk memoleskan lipstik agar tidak tampak pucat. Jika Anda adalah seorang karyawan, Anda perlu menggunakan lipstik setidaknya 8 jam sehari. Ditambah lagi, aktivitas sepulang kerja juga terkadang membuat bibir Anda tertutup lipstik lebih lama.


Karena itu, kandungan pelembap di dalam lipstik menjadi sangat penting agar bibir Anda tidak kering dan pecah-pecah. Anda dapat memilih lipstik yang mengandung shea butter, madu, atau jojoba oil. Dengan demikian, bibir akan tetap terlindungi dan ternutrisi, termasuk saat Anda menggunakan lipstik selama 24 jam.


Namun, jika lipstik yang Anda taksir ternyata tidak memiliki kandungan pelembap, Anda dapat menggunakan lip balm terlebih dahulu. Jangan lupa untuk melakukan perawatan bibir seperti scrubbing agar sel-sel kulit mati terangkat dan bibir menjadi lebih mulus.

PR

Sephora#Lipstories Refresh

65 Spiked

Mulai dari Rp 157.000,00

10 Rekomendasi lipstik terbaik untuk kulit sawo matang

Berikutnya, kami akan memberikan rekomendasi merek produk lipstik terbaik untuk kulit sawo matang. Berbagai warna yang sesuai untuk kulit sawo matang telah kami pilihkan khusus untuk Anda.

10
Hasil akhirMatte
PelembapTidak disebutkan
9
Hasil akhirCreamy
PelembapJojoba oil, squalane
8

Zoya CosmeticsLip Paint - Pink Powder

07

Mulai dari Rp 75.000,00

Hasil akhirMatte
PelembapShea butter
7

NYXPowder Puff Lippie Lip Cream - Puppy Love

Mulai dari Rp 139.000,00

Hasil akhirMatte
PelembapRosa canina fruit oil, glycerin
6

EminaMy Favorite Things Lip Color Balm - Dancing Queen

05

Mulai dari Rp 67.200,00

Hasil akhirCreamy
PelembapTidak disebutkan
5

MACRetro Matte Lipstick - Ruby Woo

Mulai dari Rp 280.000,00

Hasil akhirMatte
PelembapCapric triglyceride
4
Hasil akhirMatte
PelembapVitamen E
3
Hasil akhirMatte metallic
PelembapTidak disebutkan
2

Mineral BotanicaHD Gloss Liquid Lipstick Care - Jolly Candy

Mulai dari Rp 93.900,00

Hasil akhirGlossy
PelembapSqualene, vitamin E, baobab extract
1

MaybellineColor Sensational The Powder Mattes - Almond Pink

Mulai dari Rp 44.400,00

Hasil akhirMatte
PelembapHoney nectar

Tabel perbandingan produk lipstik terbaik untuk kulit sawo matang

Gambar produk
1
Maybelline Color Sensational The Powder Mattes - Almond Pink 1

Maybelline

2
Mineral Botanica HD Gloss Liquid Lipstick Care - Jolly Candy 1

Mineral Botanica

3
Revlon Ultra HD Metallic Matte - Shine 1

Revlon

4
Make Over Intense Matte Lip Cream - Coco 1

Make Over

5
MAC Retro Matte Lipstick - Ruby Woo 1

MAC

6
Emina My Favorite Things Lip Color Balm - Dancing Queen 1

Emina

7
NYX Powder Puff Lippie Lip Cream - Puppy Love 1

NYX

8
Zoya Cosmetics Lip Paint - Pink Powder 1

Zoya Cosmetics

9
Wardah Exclusive Lipstick - Peach Brown 1

Wardah

10
BLP Beauty Lip Coat - Bloody Marry 1

BLP Beauty

Nama produk

Color Sensational The Powder Mattes - Almond Pink

HD Gloss Liquid Lipstick Care - Jolly Candy

Ultra HD Metallic Matte - Shine

Intense Matte Lip Cream - Coco

Retro Matte Lipstick - Ruby Woo

My Favorite Things Lip Color Balm - Dancing Queen

Powder Puff Lippie Lip Cream - Puppy Love

Lip Paint - Pink Powder

Exclusive Lipstick - Peach Brown

Lip Coat - Bloody Marry

Keunggulan

Pigmentasi sempurna tutupi bibir Anda

Bibir cantik sekaligus sehat terawat

Metalik bikin tampilan makin kece

Warna nude anti kusam

When in doubt, wear red!

Satu produk dengan 3 hasil akhir, praktis!

Cantik dengan bibir ombre ala Korea

Lipstik matte, tetapi tidak bikin kering!

Lembabkan bibir dengan jojoba oil

Warna misterius, jadikan Anda lebih menawan

Harga mulai dariRp 44.400,00Rp 93.900,00Rp 129.000,00Rp 105.000,00Rp 280.000,00Rp 67.200,00Rp 139.000,00Rp 75.000,00Rp 40.400,00Rp 139.000,00
Hasil akhirMatteGlossyMatte metallicMatteMatteCreamyMatteMatteCreamyMatte
PelembapHoney nectarSqualene, vitamin E, baobab extractTidak disebutkanVitamen ECapric triglycerideTidak disebutkanRosa canina fruit oil, glycerinShea butterJojoba oil, squalaneTidak disebutkan
Tautan produk

Baca juga rekomendasi lipstik pink untuk kulit sawo matang di sini

Lipstik dengan shades pink tidak pernah mengecewakan Anda karena akan membuat tampilan Anda lebih segar, bahkan tampak feminin. Ada banyak variasi warna pink, tetapi warna pink seperti apa yang cocok untuk kulit sawo matang? Klik tautan di bawah ini untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang lipstik warna pink. Semoga Anda dapat terbantu!

Kesimpulan

Banyak warna lipstik yang cocok untuk pemilik kulit sawo matang. Namun, Anda tetap harus jeli dalam memilih warna agar penampilan Anda lebih maksimal dan tidak membuat kusam. Perhatikan undertone kulit Anda agar lebih memudahkan dalam memilih warna. Pastikan lipstik yang Anda pilih mengandung pelembap. Selain itu, pilihlah hasil akhir yang paling sesuai untuk Anda.


Semoga Anda menemukan lipstik dengan warna dan hasil akhir yang tepat. Selamat mempercantik diri!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Lip Tint Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lip Tint Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Lip tint merupakan produk pewarna bibir dari Korea yang diklaim tahan lama. Penggunaan lip tint bahkan tidak membuat bibir hitam dan bibir kering. Karena formulanya yang unik, lip tint cocok untuk semua orang, termasuk untuk remaja.Kini telah banyak merk ternama seperti Etude House, Innisfree, Tony Moly hingga Emina yang mengeluarkan lip tint. Ada produk yang dilengkapi Aloe vera, ada pula yang bersifat waterproof. Namun, produk manakah yang bagus? Kali ini kami akan menjabarkan cara memilih sekaligus memperkenalkan rekomendasi lip tint terbaik. Untuk lebih lengkapnya, bacalah artikel ini hingga selesai!
    Lip color & lip care
    178.361 Views
  • 10 Lipstik Waterproof Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Lipstik Waterproof Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2021)
    Lipstik waterproof cukup diminati oleh orang Indonesia. Lipstik ini memudahkan Anda agar tidak perlu melakukan touch up dalam waktu beberapa jam. Bahkan, ada beberapa produk yang tahan lama dan tidak akan luntur meski dipakai saat makan. Lipstik waterproof hadir dalam berbagai tipe, baik cream, stick, maupun liquid.  Jika Anda tertarik untuk membeli lipstik waterproof yang bagus, simaklah tips dari kami. Temukan juga tips tambahan dari makeup artist, Renata Aprianti. Jangan ketinggalan juga untuk membaca rekomendasi lipstik waterproof terbaik dari berbagai merk, seperti Revlon, NYX, dan Make Over. Selamat membaca!
    Lip color & lip care
    65.378 Views
  • 10 Serum Bibir Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Serum Bibir Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021)
    Serum bibir atau lip serum adalah produk perawatan bibir yang populer akhir-akhir ini. Serum dapat membuat bibir lebih kenyal, memperbaiki tekstur, serta memudarkan kerutan di bibir. Beberapa serum juga bisa digunakan sebagai pewarna bibir serta efektif melindungi bibir dari sinar UV.Di sini kami akan menjelaskan cara memilih serum bibir yang bagus. Baca juga tips memilihnya dari certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Temukan rekomendasi serum bibir terbaik dari merk lokal dan luar negeri, seperti Emina, Clarins, Dior, Ms. Glow, dan lainnya. Selamat tinggal bibir hitam!
    Lip color & lip care
    207.398 Views
  • 10 Rekomendasi Lip Balm Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lip Balm Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bibir yang tampak lembap dan cerah akan membuat penampilan Anda makin segar. Namun, gaya hidup dan paparan sinar ultraviolet dapat mengakibatkan bibir gelap dan kering. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan pelembap bibir untuk mengatasi bibir gelap dan kering.Pada kesempatan kali ini, kami akan menyajikan tips memilih lip balm yang bagus dan ber-BPOM. Berbagai merk lip balm mancanegara, seperti Nivea, dan Vaseline telah kami siapkan. Kami juga akan mengulas lip balm lokal, seperti Wardah, Emina, dan Tiff Body. So, jangan lewatkan ulasan kami, ya!
    Lip color & lip care
    192.569 Views
  • 10 Rekomendasi Lipstik Ombre Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lipstik Ombre Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Riasan bibir ombre berasal dari Korea Selatan dan turut mendapat sambutan baik di Indonesia. Gaya riasan ini memberikan gradasi warna yang indah pada bibir. Untuk menciptakan efek ombre dengan cara mudah, Anda bisa menggunakan lipstik ombre atau tint. Namun, lipstik ombre seperti apa yang cocok untuk Anda?Tidak perlu bingung memilih lipstik ombre yang pas untuk Anda karena kali ini kami akan memberikan tips cara memilihnya. Setelah itu, temukan juga berbagai merek lipstik ombre ternama yang kami rekomendasikan untuk Anda, seperti Laneige, NYX, dan Dior. Selamat membaca!
    Lip color & lip care
    82.790 Views
  • 10 Rekomendasi Lipstik Matte Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lipstik Matte Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Lipstik matte masih menjadi must-have item untuk para wanita. Lipstik matte dinilai lebih nyaman digunakan, tahan lama, dan cocok dipakai kapan saja. Berbagai brand makeup mengeluarkan lipstik matte populer, di antaranya Make Over, Luxcrime, Emina, Rollover Reaction, Wardah, hingga L’Oréal.Untuk membantu Anda memilih lipstik matte yang bagus, kami telah merangkum tips memilih lipstik matte. Beragam review lip matte terbaik dari berbagai merk juga sudah kami sediakan di sini. Mari, temukan rekomendasi lipstik matte yang bagus dan tahan lama bersama kami!
    Lip color & lip care
    89.447 Views
  • 10 Rekomendasi Lip Cream Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lip Cream Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Belakangan ini, kosmetik bibir menjadi salah satu produk yang pasti dimiliki oleh hampir seluruh wanita. Tidak terkecuali produk lip cream yang terkenal dengan pigmentasi dan hasil akhir matte yang tahan lama. Sekarang, tidak hanya merek ternama yang memproduksi lip cream. Banyak merek lokal yang mulai memproduksi lip cream berkualitas.Dalam artikel kali ini, kami akan memperkenalkan cara memilih produk lip cream keluaran lokal. Kami juga akan merekomendasikan produk dari Makeover, Wardah, Emina, dan merek lainnya yang bisa Anda jadikan referensi. Anda pasti penasaran, bukan? Simak sampai habis, ya!
    Lip color & lip care
    28.985 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori