1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Lip color & lip care
  6. >
  7. 10 Lipstik Terbaik untuk Kulit Sawo Matang - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Lipstik Terbaik untuk Kulit Sawo Matang - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Lipstik Terbaik untuk Kulit Sawo Matang - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Lipstik Terbaik untuk Kulit Sawo Matang - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Lipstik Terbaik untuk Kulit Sawo Matang - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Lipstik Terbaik untuk Kulit Sawo Matang - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Lipstik Terbaik untuk Kulit Sawo Matang - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023)

Sawo matang merupakan salah satu warna kulit asli orang Indonesia. Ada banyak produk lipstik yang akan mempercantik tampilan Anda yang kulitnya sawo matang atau berbibir hitam. Namun, salah pilih lipstik akan berisiko membuat kulit Anda jadi terlihat kusam dan tidak menarik.


Kali ini kami akan membantu Anda memilih warna lipstik untuk kulit sawo matang agar wajah terlihat fresh. Kami juga akan mengulas tips memilih serta rekomendasi produk yang bagus. Anda dapat menemukan produk dari berbagai merek, seperti Y.O.U dan Implora. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Renata Aprianti.

Diperbaharui 06-30-2022
Pakar
Makeup artist
Renata Aprianti

Renata Aprianti merupakan seorang makeup artist dan beauty enthusiast yang aktif membagikan video review produk beauty. Selain itu, Renata juga senang membagikan tutorial makeup dan skincare di YouTube dan Instagram miliknya. Wanita yang suka menulis ini pernah menerbitkan tiga novel remaja dan telah berkecimpung di dunia blogger selama sepuluh tahun. Penulis dan penggemar dunia beauty ini fokus menjadi makeup artist (MUA) dan vlogger sejak 2017.

Profil Renata Aprianti
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih lipstik untuk kulit sawo matang

Dalam memilih lipstik untuk kulit sawo matang, ada beberapa hal khusus yang harus Anda perhatikan. Simaklah penjabarannya dalam poin-poin berikut!

① Sesuaikan warna lipstik dengan warna undertone kulit

Sesuaikan warna lipstik dengan warna undertone kulit

Satu warna lipstik bisa terlihat berbeda di setiap bibir, bahkan pada warna kulit yang sama. Hal ini dipengaruhi oleh undertoneUndertone adalah warna yang terlihat di bawah permukaan kulit. Umumnya terdapat tiga macam undertone, yaitu warm, cool, dan netral. Berikut penjelasannya!


  • Warm undertone

Warm undertone ditandai dengan warna nadi atau pembuluh darah yang kehijauan. Saat terpapar sinar matahari, kulit dengan undertone ini langsung menggelap tanpa kemerahan. Pemilik kulit sawo matang dengan warm undertone disarankan menggunakan lipstik berwarna hangat, seperti oranye dan merah jingga. Warna lipstik deep red, berry, rose, dan mauve juga tidak kalah cantik, lho.


  • Cool undertone

Jika urat nadi Anda berwarna kebiruan atau keunguan, artinya Anda memiliki cool undertone. Kulit dengan undertone ini akan mengalami kemerahan setiap kali terpapar sinar matahari. Pemilik kulit sawo matang dengan undertone cool dapat memilih warna merah yang lebih terang agar terlihat fresh.


Warna-warna blue-based seperti dusty rose, pink, berry, purple, mauve, dan bluish red juga sangat cocok di bibir Anda. Ingin menggunakan warna nude? Bisa! Carilah warna nude dengan tone cokelat atau karamel.


  • Neutral undertone

Pemilik neutral undertone memiliki warna nadi yang berwarna hijau dan biru. Bisa dikatakan undertone ini merupakan gabungan dari warm undertone dan cool undertone. Karena itu, tan skin dengan neutral undertone bisa memakai berbagai macam warna lipstik mulai dari orange-based hingga blue-based. Sebagai pilihan, kami merekomendasikan warna oranye, nude, merah, dan merah muda.

② Perhatikan warna bibir Anda

Perhatikan warna bibir Anda

Setiap orang memiliki warna bibir yang berbeda. Bagi pemilik warna bibir pucat, hindari warna lipstik yang terlalu soft karena bisa membuat bibir Anda terlihat lebih pucat. Sebaiknya, gunakan warna yang shocking ataupun segar, seperti shocking pink, oranye, dan peach.


Namun, lipstik berwarna tegas atau bold akan sangat cocok apabila warna bibir Anda cenderung gelap atau hitam. Warna lipstik bold juga disarankan untuk bibir tebal. Anda bisa mencoba warna burgundy ataupun merah tua. Selain itu, carilah lipstik berpigmentasi tinggi untuk menutupi warna bibir yang gelap. Biasanya lipstik dalam bentuk cair memiliki pigmentasi yang lebih tinggi.


Terakhir, ada bibir yang berwarna merah atau cerah. Pemilik warna bibir ini akan lebih mudah dalam mengeksekusi warna lipstik mana pun, baik warna yang soft maupun bold. Untuk hasil yang cantik, kami merekomendasikan warna oranye, nude, dan merah. Anda juga bisa mengeksplorasi warna-warna gelap!

③ Tentukan bentuk lipstik yang pas

Ada dua bentuk lipstik yang bisa Anda pilih, yaitu padat dan cair. Keduanya dapat memberikan hasil akhir matte atau creamyBentuk padat adalah bentuk lipstik klasik yang lebih mudah untuk dibawa ke mana saja. Penggunaannya pun lebih mudah karena bentuknya yang padat dan tidak cepat menempel pada bibir.


Sementara itu, lipstik cair sedang banyak diminati sekarang ini. Lipstik cair dapat memberikan efek glossy sehingga bibir tampak lebih plump. Di samping itu, Anda dapat dengan mudah mendapatkan efek ombre saat menggunakan lipstik cair. Pilihlah bentuk lipstik yang sesuai dengan kesukaan Anda.

④ Pilih hasil akhir lipstik yang sesuai

Ada tiga jenis hasil akhir lipstik, yaitu matte, glossy, dan creamy. Ketiganya akan kami ulas dalam poin di bawah ini.

Matte, berpigmentasi tinggi dan tahan lama

Lipstik dengan hasil akhir matte sedang banyak diminati. Hasil akhirnya terlihat tanpa kilau sehingga lipstik ini memberikan kesan yang lebih formal untuk Anda. Hasil akhir matte memiliki pigmentasi tinggi serta daya tahan yang lebih lama


Beberapa produk bahkan diklaim waterproof dan transferproof. Sayangnya lipstik ini membuat garis-garis bibir Anda jadi lebih terlihat. Gunakan lip balm terlebih dahulu agar bibir Anda tidak menjadi kering.

Creamy, cegah bibir kering

Creamy, cegah bibir kering

Lipstik creamy memiliki lebih banyak kandungan pelembap. Kandungan pelembap ini membuat hasil akhirnya seperti kombinasi antara glossy dan matte. Anda yang memiliki bibir kering dapat menggunakan lipstik dengan hasil akhir creamy agar bibi tampak lebih sehat.

Glossy, jadikan bibir terlihat penuh

Hasil akhir yang berkilau atau glossy akan lebih cocok digunakan oleh pemilik bibir tipis dan kecil agar tampak lebih penuh. Namun, hasil akhir ini kerap memberi rasa kurang nyaman karena lengket pada bibir. Karena itu, beberapa produsen lipstik berinovasi dengan menciptakan formula lipstik glossy yang tidak terasa lengket. Anda dapat menyiasati dengan cara menjadikannya sebagai top coat dari lipstik.

⑤ Periksa kandungan pelembapnya

Periksa kandungan pelembapnya

Anda yang harus bepergian tentu tidak boleh kelewatan untuk memoleskan lipstik agar tidak tampak pucat. Jika Anda adalah seorang karyawan, Anda perlu menggunakan lipstik setidaknya 8 jam sehari. Tambahan lagi, aktivitas sepulang kerja juga terkadang membuat bibir Anda tertutup lipstik lebih lama.


Karena itu, kandungan pelembap di dalam lipstik menjadi sangat penting agar bibir Anda tidak kering dan pecah-pecah. Anda dapat memilih lipstik yang mengandung shea butter, madu, atau jojoba oil. Dengan demikian, bibir akan tetap terlindungi dan ternutrisi, termasuk saat Anda menggunakan lipstik selama 24 jam.


Namun, Anda dapat menggunakan lip balm terlebih dahulu jika lipstik yang ditaksir ternyata tidak memiliki kandungan pelembap. Jangan lupa untuk melakukan scrubbing agar sel-sel kulit mati terangkat dan bibir menjadi lebih mulus.

10 Rekomendasi lipstik terbaik untuk kulit sawo matang

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk lipstik terbaik untuk kulit sawo matang yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Renata Aprianti.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Purbasari

Lipstick Color Matte

Purbasari Lipstick Color Matte 1枚目

Solusi tampil natural dengan percaya diri

2

Hanasui

Lip Cream Boba Edition

Hanasui Lip Cream Boba Edition 1枚目

Rasakan sensasi aroma minuman boba sepanjang hari di bibir Anda

3

Maybelline

Super Stay Matte Ink

Maybelline Super Stay Matte Ink 1枚目

Pigmentasi tinggi yang sempurna mewarnai bibir Anda

4

Wardah

Velvet Matte Lip Mousse

Wardah Velvet Matte Lip Mousse 1枚目

Warna cokelatnya nontransfer, bebas noda menempel di masker

5

Implora

Lip Velvet

Implora Lip Velvet 1枚目

Samarkan garis-garis di bibir Anda dengan blurry effect

6

Y.O.U

Colorland Powder Mousse Lip Stain

Y.O.U Colorland Powder Mousse Lip Stain 1枚目

Lipstik matte, tetapi tidak bikin kering!

7

BLP Beauty

Lip Coat

BLP Beauty Lip Coat 1枚目

Warna misterius, jadikan Anda lebih menawan

8

Emina

Creamytint

Emina Creamytint 1枚目

Kecil-kecil cabe rawit! Formulanya ringan, color staining-nya tahan lama

9

Dear Me Beauty

Perfect Matte Lip Coat

Dear Me Beauty Perfect Matte Lip Coat 1枚目

Lipstik nude tanpa kandungan paraben, lebih aman untuk bibir sensitif

10

Make Over

Liquid Lip Color

Make Over Liquid Lip Color 1枚目

Sempurnakan tampilan no-makeup makeup look idaman Anda

Perincian produk
Close
No.1

PurbasariLipstick Color Matte81 Diamond

Mulai dari Rp37.500,00

Solusi tampil natural dengan percaya diri

Lipstick Color Matte varian 81 Diamond menjadi salah satu produk Purbasari yang best seller. Bagaimana tidak, produk ini memiliki warna yang jarang ditemukan di produk lipstik lain. Warna cokelatnya tidak terlalu tua, ditambah dengan bias greyish dan aksen peach. Perpaduan warna tersebut menghasilkan warna yang natural tanpa kesan kusam di bibir Anda.


Saking naturalnya, produk ini bisa Anda gunakan sebagai base ombre maupun single use. Hanya saja bentuknya yang padat membuat lipstik ini rentan patah. Karena itu, Anda harus berhati-hati saat memakainya. Produk ini cocok bagi Anda yang ingin tampil lebih segar tanpa kesan yang berlebihan.

No.2

HanasuiLip Cream Boba Edition02 Brown Sugar

Mulai dari Rp30.500,00

Rasakan sensasi aroma minuman boba sepanjang hari di bibir Anda

Hanasui menghadirkan produk lipstik yang terinspirasi dari minuman boba. Bukan hanya mengadaptasi nama-nama variannya, produk ini juga memiliki aroma boba yang manis. Anda pun dapat merasakan sensasi minuman boba tanpa khawatir kalori.


Salah satu varian yang cocok untuk kulit sawo matang adalah 02 Brown Sugar. Produk ini didominasi oleh warna cokelat dengan hint oranye. Dengan formula yang ringan, pigmentasi Boba Edition ini cukup tinggi, lho. Apabila Anda penggemar minuman boba, produk ini wajib dilirik!

No.3

MaybellineSuper Stay Matte InkAmazonian

Mulai dari Rp125.000,00

Pigmentasi tinggi yang sempurna mewarnai bibir Anda

Bibir Anda berwarna gelap? Tidak perlu khawatir karena Super Stay Matte Ink memiliki warna yang intens untuk menutupi bibir gelap. Dalam sekali oles saja, lipstik Maybelline untuk kulit sawo matang ini sudah mengisi bibir Anda dengan sempurna.


Produk ini juga dikenal dengan klaim waterproof dan transferproof. Alhasil, warna lipstik ini tetap bertahan di bibir meskipun terkena makanan atau air. Dengan lipstik ini, Anda bisa memancarkan sentuhan warna nude oranye selama 16 jam. Produk yang ahan lama, bukan?

No.4

WardahVelvet Matte Lip Mousse14 Dainty Caramel

Mulai dari Rp74.500,00

Warna cokelatnya nontransfer, bebas noda menempel di masker

Anda mungkin merasa jengkel jika warna lipstik menempel di masker atau sedotan. Untuk menghindari masalah tersebut, gunakanlah lipstik yang long-lasting dan nontransfer. Semua itu bisa Anda temukan pada Wardah Velvet Matte Lip Mousse. Kami menyarankan varian 14 Dainty Caramel bagi pemilik kulit sawo matang.


Produk ini mengandung velvet powdery texture yang membuat lipstik terasa halus dan lembut saat diaplikasikan ke bibir. Ditambah kandungan vitamin E sebagai pelembap, bibir Anda pun akan berwarna sepanjang hari tanpa khawatir kering.

No.5

ImploraLip VelvetFearless

Mulai dari Rp23.000,00

Samarkan garis-garis di bibir Anda dengan blurry effect

Mencari warna oranye yang tidak mencolok? Implora Lip Velvet Fearless bisa Anda pertimbangkan! Lipstik ini memiliki warna oranye tua yang dikombinasikan dengan warna cokelat. Perpaduan warna tersebut menghasilkan warna yang kalem, tetapi tetap segar.


Lipstik ini memberikan efek blur untuk menyamarkan garis-garis di bibir Anda. Warna lipstik pun akan terlihat natural. Berkat itu, Anda dapat menggunakan lipstik ini dalam keadaan wajah ber-makeup ataupun bare face.

No.6

Y.O.UColorland Powder Mousse Lip StainBrick Red

Mulai dari Rp79.000,00

Lipstik matte, tetapi tidak bikin kering!

Kabar baik untuk pemilik bibir kering! Sekarang Anda dapat mencoba lipstik dengan hasil akhir soft matte. Seri lipstik dari Y.O.U ini mengandung cocoa butter dan strawberry extract yang memberikan kelembapan ekstra bagi bibir kering. 


Tak hanya mempercantik dan melembapkan bibir, produk ini juga kaya akan vitamin. Alhasil, kesehatan bibir Anda tetap terjaga meskipun memakai lipstik seharian. Pigmentasi lipstik ini cukup tinggi. Dalam sekali oles, warna brick red yang cantik akan tampak di bibir Anda.

No.7

BLP BeautyLip CoatBloody Marry

Mulai dari Rp139.000,00

Warna misterius, jadikan Anda lebih menawan

Shade warna burgundy pas sekali jika Anda menyukai warna yang berkesan misterius. Varian Bloody Marry dari BLP ini memiliki perpaduan warna burgundy yang kemerahan. Warna ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki warm undertone. Menggunakan Bloody Marry akan membuat Anda terlihat lebih dewasa. Anda dapat memakainya dari siang hingga malam hari untuk menemani berbagai aktivitas.

No.8

Kecil-kecil cabe rawit! Formulanya ringan, color staining-nya tahan lama

Para remaja yang baru mencoba lipstik dapat memilih Emina Creamytint. Formula produk ini ringan sehingga memberikan hasil yang halus dan tidak lengket di bibir. Meskipun ringan, staining color lipstik ini tahan lama hingga 8 jam!


Produk ini juga dilengkapi dengan kombinasi tiga natural oil untuk menjaga kelembapan bibir Anda. Selain itu, applicator-nya berbentuk teardrop agar memudahkan Anda dalam memulas lipstik ke bibir. Dengan perpaduan warna merah dan cokelat, lipstik ini akan membuat wajah Anda terlihat fresh.

No.9

Dear Me BeautyPerfect Matte Lip CoatDear Winna

Mulai dari Rp109.000,00

Lipstik nude tanpa kandungan paraben, lebih aman untuk bibir sensitif

Mencari lipstik nude yang bebas kandungan paraben? Perfect Matte Lip Coat jawabannya! Produk ini juga diklaim alcohol free, sulfate free, dan silicone free sehingga aman digunakan oleh pemilik bibir sensitif. Dari segi tekstur, lipstik ini tergolong ringan dan airy. Alhasil, bibir Anda akan terasa seperti tidak memakai lipstik. Lipstik ini sangat nyaman untuk penggunaan sehari-hari.

No.10

Make OverLiquid Lip ColorMachiato

Mulai dari Rp81.000,00

Sempurnakan tampilan no-makeup makeup look idaman Anda

Tampilan no-makeup makeup look memang menjadi favorit karena terlihat lebih natural. Anda dapat mencoba varian warna nude bernuansa hangat dari Make Over yang satu ini. Warna cokelat dengan sentuhan pinkish tidak akan membuat kulit Anda terlihat kusam.


Anda yang sering bekerja di luar ruangan pun bisa tenang karena bibir Anda akan tetap terlindungi. Kandungan vitamin C dan E berperan sebagai antioksidan dan pelindung bibir dari paparan radikal bebas. Keduanya juga dapat menutrisi bibir Anda agar tetap sehat dan terlihat segar sepanjang hari.

Tips dari makeup artist kami, Renata Aprianti

Tips dari makeup artist kami, Renata Aprianti

Pemilik kulit sawo matang terkadang takut mengenakan lipstik warna nude. Sebenarnya, warna nude yang tepat bisa membuat tampilan menjadi lebih cantik. Pilihlah nude dengan brown tone atau sedikit peachy. Hindari nude yang pinkish, ya.

Baca juga rekomendasi produk kecantikan untuk kulit sawo matang di sini

Lipstik pink tak pernah mengecewakan karena akan membuat Anda tampil lebih segar, bahkan tampak feminin. Penampilan Anda juga dapat disempurnakan blush on dan foundation yang tepat. Yuk, temukan rekomendasi produknya dari kami di link berikut!

Kesimpulan

Banyak warna lipstik yang cocok untuk pemilik kulit sawo matang. Namun, Anda tetap harus jeli memilih warna agar penampilan Anda lebih maksimal dan bebas kusam. Perhatikan undertone kulit agar lebih memudahkan Anda dalam memilih warna lipstik.


Selain itu, pastikan lipstik yang Anda pilih juga mengandung pelembap. Selanjutnya, pilihlah hasil akhir yang paling sesuai untuk Anda. Semoga Anda menemukan lipstik dengan warna dan hasil akhir yang tepat. Selamat mempercantik diri!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer