mybest
Nampan & serbet

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Peralatan dapur
  3. Aksesori dapur
  4. 10 Rekomendasi Nampan Terbaik dengan Desain Unik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Nampan Terbaik dengan Desain Unik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Nampan Terbaik dengan Desain Unik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Nampan Terbaik dengan Desain Unik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Nampan Terbaik dengan Desain Unik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Nampan Terbaik dengan Desain Unik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Nampan Terbaik dengan Desain Unik (Terbaru Tahun 2024)

Nampan atau baki adalah perlengkapan dapur yang berbentuk pipih dan biasanya digunakan untuk membawa makanan atau minuman. Beberapa jenis nampan juga didesain supaya bisa digunakan untuk menghidangkan kue. Bahkan, tidak sedikit orang yang menggunakannya untuk sarapan atau sesi minum teh pada sore hari.


Nampan memang berguna, terutama saat ada tamu berkunjung. Namun, model serta bentuknya sangat beragam dan mungkin membuat bingung saat memilih nampan yang bagus. Untuk membantu Anda mendapatkan nampan terbaik, kami akan merekomendasikan nampan dari merek Boscha Living, Dekornata, dan lainnya. Baca artikelnya sampai tuntas, ya!

Diperbaharui 14/07/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Cara memilih nampan dengan desain unik

Jenis-jenis nampan atau baki yang dijual di pasaran tidak terhitung jumlahnya. Untuk mendapatkan produk yang terbaik, tips berikut ini dapat dijadikan pertimbangan saat memilih nampan.

1

Pilih berdasarkan bahannya

Salah satu hal terpenting dalam memilih nampan adalah bahannya. Berikut ini adalah beberapa bahan yang kerap dijadikan sebagai nampan. Kenali karakteristiknya dahulu sebelum membeli, yuk!

Plastik, harga terjangkau dan bobotnya ringan

Plastik, harga terjangkau dan bobotnya ringan

Plastik merupakan material yang paling umum ditemui sebagai bahan perlengkapan rumah tangga, termasuk nampan. Karakteristik material plastik adalah ringan dan pilihan warnanya juga beragam. Akan tetapi, Anda perlu memperhatikan kekukuhan nampan plastik yang dipilih.


Bila bahan plastiknya tidak kuat, nampan akan ringkih dan risiko bocor atau pecah pun lebih tinggi. Nampan plastik juga lebih rentan berubah bentuk, bahkan meleleh ketika terkena panas. Walaupun demikian, nampan plastik masih menjadi pilihan banyak orang karena harganya terjangkau.

Melamin, kukuh dan mudah perawatannya

Melamin, kukuh dan mudah perawatannya

Nampan melamin adalah alternatif dari nampan plastik. Sama seperti plastik, nampan melamin juga ringan, tetapi cenderung lebih kuat. Pilihan motif serta warnanya pun sangat beragam, pas bagi Anda yang menyukai nampan berwarna-warni.


Di pihak lain, nampan melamin bisa menjadi alternatif nampan yang terbuat dari keramik. Bahan melamin tidak mudah pecah dan perawatannya tidak sesulit keramik. Harganya pun masih terbilang ramah di kantong.

Stainless steel, berkilau dan elegan

Stainless steel, berkilau dan elegan

Bila Anda menginginkan nampan yang terbuat dari logam, bahan stainless steel patut dipertimbangkan. Nampan stainless steel bisa digunakan untuk waktu yang lama karena bahannya keras, kuat, dan tahan terhadap karat. Jadi, nampan Anda bisa selalu terlihat bagus meski sudah lama dipakai.


Tampilan nampan stainless juga menarik. Permukaannya berkilau sehingga terlihat elegan dan mahal. Karena itu, stainless steel kerap digunakan sebagai bahan peralatan makan dan perabotan rumah tangga juga. Selain nampan berbahan stainless steel, ada pula nampan dari logam lain, seperti aluminium dan besi.

Kayu, memberikan kesan natural

Kayu, memberikan kesan natural

Bagi Anda yang tidak hanya memprioritaskan fungsi, tetapi juga visual, nampan kayu dapat menjadi pilihan. Selain dapat membuat presentasi minuman dan masakan jadi lebih menarik, kayu tidak mudah menghantarkan panas. Alhasil, panas dari minuman tidak berpindah ke nampan sehingga Anda bisa lebih nyaman membawanya.


Bahan kayu juga lebih alami dan tidak akan bereaksi terhadap zat asam dari makanan. Dengan begitu, rasa makanan yang diletakkan langsung di atas nampan ini tidak akan berubah. Penampilan nampan kayu juga lebih artistik dan sophisticated.

2

Sesuaikan desain dengan kebutuhan

Sesuaikan desain dengan kebutuhan

Nampan memiliki desain yang bervariasi. Dalam hal ini, Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan. Apakah Anda akan menggunakannya untuk menyajikan minuman atau sebagai piring juga. Silakan tentukan dahulu tujuan Anda sebelum memilih.


Selain bentuk dan motif, perhatikan juga keunggulan lain dari desain nampan, contohnya antiselip atau antigores. Nampan yang antiselip akan memudahkan Anda membawa berbagai hidangan di atasnya. Sementara itu, nampan antigores bisa terlihat cantik lebih lama.

3

Perhatikan ukurannya agar lebih tepat guna

Perhatikan ukurannya agar lebih tepat guna

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah ukuran nampan. Pilihlah nampan ukuran personal bila akan digunakan sendiri. Namun, apabila Anda menggunakannya untuk menjamu tamu, pilih yang agak besar sehingga dapat membawa tea set beserta tekonya


Ada juga nampan yang ukurannya ekstra besar. Nampan jenis ini cocok bagi Anda yang gemar membuat roti dan kukis sendiri di rumah. Ukurannya yang besar memungkinkan Anda untuk meletakkan kue yang baru selesai dipanggang di atasnya.

4

Lebih aman bila berbahan food grade

Lebih aman bila berbahan food grade

Last but not least, cek apakah nampan pilihan Anda terbuat dari bahan food grade. Bahan food grade adalah bahan yang aman untuk kontak langsung dengan makanan dan minuman. Dengan demikian, Anda bisa lebih tenang mengonsumsi makanan serta minuman yang disajikan langsung di atas nampan tersebut. Apalagi kalau Anda membeli nampan yang bisa digunakan sebagai piring sekaligus.


Bila Anda tidak yakin, ada baiknya menggunakan piring tatakan. Jadi, nampan tidak langsung bersentuhan langsung dengan makanan dan minuman yang akan Anda konsumsi.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi nampan terbaik dengan desain unik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk nampan terbaik dengan desain unik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Dekornata

Round Tray

Dekornata Round Tray 1

Rp65.000

Menengah

Serat kayu terlihat, lebih terasa alami!

2

Joywood

Nampan Kayu Jati

Joywood Nampan Kayu Jati 1

Rp90.000

Menengah

Kayu jati dan anyaman rotan, kokoh sekaligus ringan

3

Tokyo 1

The Square - Tray070025

Tokyo 1 The Square - Tray 1

Rp28.900

Agak Murah

Transparan, cocok dipadukan dengan berbagai model tea set

4

Surprice

Nampan

 Surprice Nampan 1

Rp16.000

Lebih Murah

Makin cantik dengan adanya motif batik

5

Presindo Central

ONYX Design - Tray Vitamin C

Presindo Central ONYX Design - Tray Vitamin C 1

Rp79.100

Menengah

Hidupkan suasana dengan motif dan warna yang ceria

6

Bosca Living & Art

Nampan Kaca BulatBSD0027B

Bosca Living & Art Nampan Kaca Bulat 1

Rp260.000

Agak Mahal

Beri kesan mewah layaknya jamuan kerajaan

7

Iketa

Nampan Saji Kotak - Handmade Rattan Tray

Iketa Nampan Saji Kotak - Handmade Rattan Tray 1

Rp80.000

Menengah

Dapur lebih hangat dengan adanya nampan rotan

8

#ShellTray Tray Nampan Kerang

 #ShellTray Tray Nampan Kerang 1

Rp75.000

Menengah

Dibuat dari cangkang kerang asli! Unik dan antilicin

9

Mendekor

Amiara - Nampan Kayu dengan Kaki Lipat

Mendekor Amiara - Nampan Kayu dengan Kaki Lipat 1

Rp289.000

Agak Mahal

Sarapan di atas tempat tidur? Kini mungkin saja!

10

Stainless Steel Nordic Serving Storage Tray

 Stainless Steel Nordic Serving Storage Tray 1

Rp400.000

Lebih Mahal

Nampan unik dengan pilihan motif yang tak biasa

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

DekornataRound Tray

Round Tray 1
Sumber: dekornata.com
Harga referensi
Rp65.000
Menengah
Harga referensi
Rp65.000
Menengah

Serat kayu terlihat, lebih terasa alami!

Kelebihan:

  • Permukaan kayunya halus dan seratnya tampak jelas sehingga terkesan alami

Kekurangan:

  • Menurut beberapa pembeli, ukurannya tidak terlalu besar

Bagi Anda yang hobi mengoleksi peralatan makan dari kayu, produk yang satu ini tidak boleh terlupakan. Terbuat dari kayu mahogani asli, serat-serat kayu pada nampan ini terlihat jelas sehingga terkesan alami. Produk ini memang hanya tersedia dalam satu ukuran. Namun, hal ini agaknya bukan permasalahan besar jika hanya untuk menyajikan minuman atau makanan.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

JoywoodNampan Kayu Jati

Harga referensi
Rp90.000
Menengah

Kayu jati dan anyaman rotan, kokoh sekaligus ringan

Kelebihan:

  • Kayu jati terkenal karena keawetannya
  • Bobotnya tidak terlalu berat karena bagian tengahnya full anyaman rotan

Kekurangan:

  • Anyaman rotannya ada kemungkinan mengendur seiring waktu
  • Warnanya juga akan berubah seiring waktu

Produk berbahan kayu jati atau anyaman rotan memiliki ciri khasnya masing-masing. Nah, Joywood menggabungkan keduanya menjadi sebuah nampan yang aesthetic. Desain yang unik menjadikan nampan ini cocok dijadikan alas pemotretan makanan. Anda yang berjualan makanan di e-commerce sepertinya bisa mempertimbangkan produk ini. Dengan demikian, foto yang dihasilkan jadi lebih indah.

No.3

Tokyo 1The Square - Tray070025

Harga referensi
Rp28.900
Agak Murah

Transparan, cocok dipadukan dengan berbagai model tea set

Kelebihan:

  • Bahannya unik (transparan)
  • Desainnya memanjang sehingga cocok juga dijadikan tatakan bumbu dapur

Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi handle sehingga Anda yang belum terbiasa mungkin akan kesulitan memegangnya
  • Barang berisiko percah ketika proses pengiriman

Jika Anda memiliki banyak tea set di rumah, pasti repot untuk menyerasikannya dengan model nampan, bukan? Nah, nampan dari Tokyo 1 ini bisa menjadi solusinya. Meskipun kelihatan sederhana, nampan ini tetap elok dengan bahan akrilik yang transparan.


Bentuknya memang hanya persegi panjang dan tidak dilengkapi handle. Meskipun begitu, bagian bawahnya dilengkapi kaki kecil supaya Anda dapat mengambil nampan dengan mudah. Tak perlu lagi menggeser nampan ke pinggir meja terlebih dahulu untuk diangkat.

No.4

SurpriceNampan

Harga referensi
Rp16.000
Lebih Murah

Makin cantik dengan adanya motif batik

Kelebihan:

  • Bahan plastiknya tebal
  • Tersedia dalam dua pilihan warna, dua bentuk, dan empat ukuran

Kekurangan:

  • Beberapa konsumen menyatakan ukurannya kecil sehingga tidak bisa memuat banyak gelas

Beberapa dari Anda mungkin menganggap nampan yang polos biasa saja. Karena itu, kami merekomendasikan produk ini. Bagian alasnya dihiasi dengan motif batik yang sedikit memantul seperti stiker hologram emas atau perak. Sangat pas dipadukan dengan warna nampan yang cenderung gelap dan bold.


Namun, corak batiknya penuh dan didominasi warna hitam sehingga keindahannya baru terpancar ketika Anda meletakkan gelas porselen berwarna putih. Jika Anda memiliki beragam cangkir polos, tak ada salahnya memiliki produk ini.

No.5

Presindo CentralONYX Design - Tray Vitamin C

Harga referensi
Rp79.100
Menengah

Hidupkan suasana dengan motif dan warna yang ceria

Kelebihan:

  • Bahannya diklaim bebas BPA dan tidak mudah tergores
  • Motifnya ada di kedua sisi (depan dan belakang)

Kekurangan:

  • Barang berisiko pecah ketika proses pengiriman

Ketika mengadakan garden party atau kumpul-kumpul kerabat di rumah, menyajikan minuman dingin nan segar memang paling pas. Agar kesan ceria makin terasa, sajikan sirop atau lemonade Anda dengan nampan dari ONYX Design ini. Motif citrus-nya tampak fresh dan membuat penglihatan jadi segar juga. Cocok sekali untuk memeriahkan suasana, kan?

No.6

Bosca Living & ArtNampan Kaca BulatBSD0027B

Harga referensi
Rp260.000
Agak Mahal

Beri kesan mewah layaknya jamuan kerajaan

Kelebihan:

  • Kedua sisinya dilengkapi pegangan dan bagian bawahnya dilengkapi kaki

Kekurangan:

  • Bahan dasarnya terbuat dari cermin sehingga berisiko pecah saat proses pengiriman

Untuk membuat sesi minum teh Anda makin terasa luks, cobalah gunakan nampan ini. Bahan cermin dengan paduan logam warna gold mampu memberikan kesan mewah. Sisinya juga dilengkapi ukiran sehingga nampan bulat ini terlihat makin klasik. Jangan lupa memadukannya dengan set cangkir dan teko yang sama glamornya agar makin maksimal. Dengan begitu, ngeteh ala anggota kerajaan kini bisa Anda rasakan!

No.7

IketaNampan Saji Kotak - Handmade Rattan Tray

Harga referensi
Rp80.000
Menengah

Dapur lebih hangat dengan adanya nampan rotan

Kelebihan:

  • Nampan kokoh karena lilitan rotan dan anyamannya rapat

Kekurangan:

  • Bahan rotan membuat nampan ini tidak bisa dicuci (hanya bisa dilap menggunakan kain basah)

Anda yang mengusung konsep natural di area dapur sepertinya harus mengecek produk ini. Nampan rotan dengan anyaman nan indah ini akan menambah kesan alami di area dapur. Di pihak lain, warna cokelatnya akan memberi kesan hangat, cocok sekali digunakan saat minum teh pada sore hari. Supaya kesan alami makin kuat, Anda dapat menggunakan teko dan cangkir tembikar.

No.8

#ShellTray Tray Nampan Kerang

Harga referensi
Rp75.000
Menengah

Dibuat dari cangkang kerang asli! Unik dan antilicin

Kelebihan:

  • Bahan dasarnya unik dan dapat membantu mengurangi sampah
  • Dilengkapi dengan alas antilicin yang membuat nampan tidak mudah bergeser

Kekurangan:

  • Karena terbuat dari cangkang kerang yang disatukan secara manual, motifnya mungkin tidak terlalu rapi

Nampan yang licin akan lebih mudah bergeser dan menyebabkan koleksi gelas atau cangkir Anda pecah. Untuk meminimalkan hal tersebut, nampan yang terbuat dari cangkang kerang asli ini bisa dipertimbangkan. Bagian bawahnya dilengkapi antilicin sehingga nampan tidak akan mudah bergeser.


Desainnya sendiri memang terlihat sebagaimana nampan pada umumnya. Namun, apabila diperhatikan dengan lebih jeli, Anda akan melihat tekstur unik yang merupakan gabungan cangkang kerang yang dipipihkan. Produk ini tersedia dalam dua pilihan warna, yakni silver dan gold. Selain itu, ada juga nampan bermotif kombinasi yang menyerupai anyaman bambu. Unik!

No.9

MendekorAmiara - Nampan Kayu dengan Kaki Lipat

Harga referensi
Rp289.000
Agak Mahal

Sarapan di atas tempat tidur? Kini mungkin saja!

Kelebihan:

  • Dilengkapi kaki yang dapat dilipat sehingga dapat digunakan di atas kasur

Kekurangan:

  • Bahan kayu cenderung berat dan sela-sela lidi harus dibersihkan secara rutin agar tidak ada debu yang terselip

Makan di atas meja makan tentu sudah biasa. Mengapa tidak ganti suasana makan Anda dengan nampan lipat ini? Nampan ini dilengkapi dengan kaki sehingga bisa digunakan sebagai meja juga. Kesan tradisional pun sangat terasa dengan desain anyaman di permukaannya.


Breakfast on the bed kini mudah saja dengan nampan ini! Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkannya untuk menyimpan camilan saat sedang nonton di kamar. Jadi, tidak perlu khawatir remah-remah camilan akan mengotori kasur.

No.10

Stainless Steel Nordic Serving Storage Tray

Harga referensi
Rp400.000
Lebih Mahal

Nampan unik dengan pilihan motif yang tak biasa

Kelebihan:

  • Motifnya unik dan bahannya memberikan kesan mewah
  • Antiselipnya bisa meminimalkan risiko goresan di meja

Kekurangan:

  • Produk memiliki glossy coating sehingga mencolok jika tergores

Desain nampan ini memang terkesan abstrak. Namun, ketika Anda menggunakannya untuk dijadikan tatakan gelas atau botol wine, kesan mewah akan terpancar. Apalagi handle-nya dipoles dengan warna gold yang mengilap.


Tambahan lagi, nampan ini tersedia dalam beberapa pilihan motif. Ada golden leaves yang cocok bagi penyuka nuansa monokrom. Sementara itu, motif globe cocok untuk Anda penyuka motif abstrak dan motif stone adalah pilihan untuk pencinta warna cerah.

Baca juga rekomendasi peralatan makan dan minum lainnya di sini

Selain nampan yang menarik, tentunya Anda masih membutuhkan peralatan makan dan minum lainnya. Untuk melengkapi perkakas dapur Anda, mari lihat produk-produk rekomendasi kami di bawah ini.

Kesimpulan

Nampan tidak hanya dapat memudahkan penyajian, tetapi juga mempercantik tampilan minuman dan makanan. Sebelum membeli nampan, ketahuilah kelebihan serta kekurangan tiap-tiap bahan nampan. Setelah itu, pilih yang desainnya sesuai dengan kebutuhan Anda.


Anda yang menyukai nuansa alami dapat mempertimbangkan nampan berbahan kayu atau rotan. Sementara itu, penggemar nuansa modern atau mewah dapat melirik nampan logam. Mudah-mudahan artikel kali ini bermanfaat bagi Anda, ya! Selamat memilih dan berbelanja!

5 Rekomendasi Nampan dengan Desain Unik terbaik

No. 1: DekornataRound Tray

No. 2: JoywoodNampan Kayu Jati

No. 3: Tokyo 1The Square - Tray070025

No. 4: SurpriceNampan

No. 5: Presindo CentralONYX Design - Tray Vitamin C

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Peralatan dapur
  3. Aksesori dapur
  4. 10 Rekomendasi Nampan Terbaik dengan Desain Unik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.