• 10 Rekomendasi Koper Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Koper Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Koper Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Koper Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Koper Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Koper Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Pemilihan koper menjadi bagian penting bagi Anda yang hendak bepergian. Mau dipakai untuk liburan, perjalanan dinas, atau mudik, sebaiknya pilih koper yang kuat dan berkualitas baik. Saat ini, terdapat banyak pilihan model koper dari berbagai merk yang bagus. Ukurannya pun beragam, dari yang kecil sampai yang besar.


Lantas, apa saja pertimbangan saat memilih koper? Berikut akan kami berikan beberapa tips dan rekomendasi produk koper terbaik yang bisa Anda pilih. Koper dari Polo, Dupont, atau Robert Ansell mungkin akan Anda sukai. Untuk itu, simak review koper-koper tersebut hingga tuntas, ya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Mia Kamila
  • Pembaharuan terakhir: 12 Oktober 2021
Daftar isi

Cara memilih koper

Koper tersedia dalam berbagai jenis dan ukuran. Pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan, kemudahan penggunaan, dan bisa memberikan kenyamanan dalam perjalanan Anda.

Periksa bahan yang digunakan

Sebelum memilih koper, hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan tentu adalah bahannya. Umumnya, koper terdiri dari dua jenis bahan. Ada bahan hard case yang terbuat dari polycarbonate dan soft case yang terbuat dari kain.


Bagi Anda yang membutuhkan perlindungan optimal terhadap barang, tipe hard case adalah pilihan tepat. Anda juga tak perlu khawatir ketika koper terbentur saat dipindahkan. Ditambah lagi, koper cenderung dilempar ketika dimasukkan ke bagasi pesawat.


Sementara itu, bahan soft case lebih ringan serta mudah dibuka dan ditutup. Gunakan soft case jika Anda tidak terlalu membutuhkan keamanan dan ketahanan terhadap benturan. Koper berbahan ini juga lebih fleksibel untuk dibawa pergi.

Poin yang perlu diperhatikan saat memilih koper hard case

Selanjutnya, kami akan membahas tentang cara memilih bahan hard case. Berdasarkan penutupnya, koper hard case terbagi menjadi dua tipe, yaitu frame lock dan zipper lock.

Untuk tipe frame lock, perhatikan ketebalan frame dan lekukan

Untuk tipe frame lock, perhatikan ketebalan frame dan lekukan

Poin dalam memilih koper dengan frame lock adalah memperhatikan ketebalan frame dan kedalaman lekukan. Frame yang tebal dan lekukan yang dalam akan membuat koper lebih tahan oleh benturan dari luar. Kedalaman lekukan koper yang ideal adalah 10 mm.


Baru-baru ini, koper dengan frame lock yang ringan dan berharga terjangkau mulai laris di pasaran. Meski ada beberapa produk yang berkualitas tinggi, ada juga yang memiliki frame tipis, lekukannya dangkal, dan tampak ringkih. Jangan sampai Anda memilih koper yang kurang aman hanya karena harganya murah, ya!

Untuk tipe zipper lock, perhatikan ketebalan ritsleting

Untuk tipe zipper lock, perhatikan ketebalan ritsleting

Jika Anda menginginkan koper dengan zipper lock, jangan lupa untuk memperhatikan ketebalan ritsleting dan tingkat keamanannya. Dibandingkan dengan tipe frame lock, koper dengan zipper lock memang lebih populer karena lebih ringan dan mudah dibuka-tutup. Sayangnya, tipe zipper lock mudah dirobek sehingga cenderung kurang aman.


Di antara produk koper zipper lock berharga murah, beberapa produk hanya menawarkan ritsleting yang tipis. Jika Anda ingin lebih aman dari tindak kejahatan, sebaiknya pilih ritsleting yang lebih tebal. Selain itu, utamakan juga ritsleting yang diproduksi oleh merek ternama seperti YKK. Keamanan akan lebih terjamin jika Anda memilih produk dengan ritsleting ganda.

Jika memilih koper soft case, pertimbangkan bahan kain

Jika memilih koper soft case, pertimbangkan bahan kain

Hal yang paling penting dari koper soft case adalah kekuatan kain. Kuat atau tidaknya kain tersebut bisa ditentukan dengan mengacu pada nilai denier yang mewakili tingkat ketebalan serat nilon. Untuk koper, 400 denier sudah cukup kuat dan tahan terhadap gesekan.


Karena terbuat dari kain, tentu saja koper soft case tidak tahan air. Jadi, Anda perlu berhati-hati saat membawanya di tengah hujan. Untuk mengatasinya, Anda bisa memilih koper yang berbahan kain antiair atau ritsleting yang waterproof. Namun, jika Anda takut koper basah kuyup akibat hujan deras, Anda bisa menyiapkan cover pelindung koper. Anda bisa menemukan produk cover pelindung yang banyak dijual secara online.

Pilih ukuran berdasarkan banyaknya barang

Ketika akan membeli koper, Anda pasti juga bingung ketika memilih ukurannya. Ada beberapa poin yang perlu diperhatikan sebelum Anda memutuskan ukuran yang akan dibeli. Simak penjelasanya berikut ini.

Perkirakan kapasitas dan lama menginap

Perkirakan kapasitas dan lama menginap

Saat memilih koper, Anda juga perlu menentukan ukurannya. Anda bisa menentukan ukuran dari lamanya menginap. Pilih ukuran 16″ jika Anda berencana menginap 1–3 hari saja. Untuk 7 hari, ukuran 18″ atau 20″ yang muat hingga 16 kg lebih cocok digunakan. Ukuran 24″ dapat diisi barang bawaan sebanyak 26 kg atau lama menginap 2 minggu. Namun, jika Anda akan menginap dalam jangka waktu yang lama, gunakan koper berukuran 28″ atau 32″.


Ukuran tersebut bisa menampung 35–45 kg barang atau dalam jangka waktu sekitar 3 minggu. Sayangnya, makin besar koper tentu akan makin berat pula bobotnya, apalagi jika diisi penuh barang bawaan. Untuk wanita atau orang tua, sebaiknya pilih koper yang tidak lebih besar dari 24″. Gunakan koper yang sekiranya bisa Anda bawa tanpa kesusahan ketika harus mengangkatnya.

Ukuran koper untuk Anda yang sering bepergian dengan pesawat

Ukuran koper untuk Anda yang sering bepergian dengan pesawat

Salah satu kekhawatiran ketika pergi menggunakan pesawat adalah biaya tambahan bagasi. Setiap maskapai penerbangan memiliki aturan berbeda. Biasanya, pada penerbangan internasional, biaya tambahan akan dikenakan jika jumlah dimensi koper melebihi 158 cm. Bisa juga karena berat yang lebih dari 20 kg.


Untuk dimensi koper yang diperbolehkan untuk masuk ke kabin umumnya adalah 56 x 36 x 23 cm. Akan tetapi, ketentuan dimensi koper akan berubah pada pesawat dengan kapasitas penumpang kurang dari 100 orang. Ada baiknya Anda menyesuaikan barang bawaan dengan ketentuan dimensi koper maskapai yang akan dinaiki agar terhindar dari kelebihan muatan.

Pilih ukuran yang pas dengan loker jika berencana menggunakannya

Apa jadinya jika Anda tiba di tempat tujuan terlalu cepat, sedangkan waktu check in hotel masih lama? Di sisi lain, Anda juga memiliki keperluan yang tidak bisa ditunda. Di saat seperti itu, loker bisa menjadi solusi.


Beberapa negara yang kerap disambangi wisatawan dunia biasanya menyediakan fasilitas loker, misalnya Jepang. Loker yang menggunakan koin begitu terkenal di Jepang. Loker ini bisa dijumpai di berbagai tempat wisata, stasiun, dan bandara.


Sebelum Anda meninggalkan koper, Anda perlu memperhatikan ukurannya supaya muat di dalam loker. Setiap negara memiliki ukuran loker yang berbeda. Jadi, sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu sebelum berangkat berwisata ke luar negeri, ya!

Pilih roda koper sesuai penggunaan

Kebanyakan koper memiliki roda empat meski kadang ada juga dijumpai koper beroda dua. Pilihlah berdasarkan penggunaan dan kebutuhan Anda. 

Untuk permukaan jalan yang rata dan barang bawaan berat, gunakan koper beroda empat

Untuk permukaan jalan yang rata dan barang bawaan berat, gunakan koper beroda empat

Jika digunakan di permukaan jalan yang rata atau untuk membawa barang berat, pilihlah koper beroda empat. Koper beroda dua akan membuat lengan Anda cepat lelah ketika berat barang bawaan Anda lebih dari 10 kg. Koper juga akan mudah rusak karena roda terlalu berat menahan beban.


Kelebihan dari koper roda empat adalah kemampuan manuvernya yang baik. Akan tetapi, koper akan susah dikendalikan apabila digunakan di jalanan yang permukaannya tidak rata. Selain itu, suara dari roda empat lebih berisik daripada roda dua ketika diseret. Bagi Anda yang terganggu dengan suara berisik roda, pilihlah koper yang memiliki kelebihan silent wheel.

Untuk isi koper yang ringan, koper dengan dua roda lebih mudah dipakai

Untuk isi koper yang ringan, koper dengan dua roda lebih mudah dipakai

Jika isi koper Anda hanya sedikit, kami merekomendasikan koper beroda dua. Selain mudah dipakai, koper beroda dua juga nyaman ketika digunakan di jalanan yang tidak rata. Suara yang dikeluarkan pun tidak berisik layaknya koper roda empat. Meski rodanya hanya dua, koper ini tetap bisa berdiri sendiri, kok. 

Periksa juga fungsi lainnya

Di era modern seperti sekarang ini, koper bukan hanya berfungsi untuk membawa pakaian atau perlengkapan mandi saja. Demi mendukung mobilitas penggunanya, berbagai merek koper menawarkan beragam fungsi yang bisa Anda pilih. 

Kompartemen tambahan untuk laptop atau tablet

Jika Anda berencana membawa laptop atau tablet saat bepergian, pilihlah koper yang menyediakan kompartemen atau kantong tambahan. Adanya bantalan di kantong tersebut membuat laptop tetap aman meski ditaruh di dalam koper. Terlebih lagi, jika kantong tambahannya berada di bagian depan koper. Anda tidak perlu lagi membongkar koper hanya untuk mengambil laptop.

Saat memilih tipe zipper lock, pilih yang bisa diperlebar

Saat memilih tipe zipper lock, pilih yang bisa diperlebar

Banyak orang yang barang bawaannya cenderung bertambah usai bepergian, terutama setelah berwisata. Untuk Anda yang seperti itu, pilihlah koper tipe zipper lock yang bisa diperlebar atau sering disebut koper expandable. Kapasitas koper jadi bisa diperlebar beberapa sentimeter ketika dibutuhkan. Anda pun tak perlu lagi repot mencari tas tambahan ketika barang bertambah banyak.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Navy Club Travel Bag Trolley BJEB

Mulai dari Rp 999.000,00

10 Rekomendasi koper terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk koper terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

Samsonite Crosslite Spinner 55 cm / 20 Inch

Mulai dari Rp 4.790.000,00

TipeSoft case, zipper lock
BahanPolyester
Ukuran20″ (37 cm x 55 cm x 23 cm)
Berat2,5 kg
Jumlah roda4
Kelebihan lainnyaKunci kombinasi TSA internasional・dual tube (multi stop) pull handle・soft touch carry handles (top and side)・address tag (side slot)
9

Delsey ParisAero 19" Carry-on Expandable Rolling Luggage

Mulai dari Rp 4.827.200,00

TipeHard case, zipper lock
BahanPolycarbonate
Ukuran19″ (± 48 cm x 33 cm x 24 cm)
Berat±3,6 kg
Jumlah roda4
Kelebihan lainnyaKunci kombinasi TSA internasional・4 roda ganda yang berputar 360 derajat・kompartemen khusus untuk laptop
8

Navy Club Koper Soft Case Nylon 4 Roda Putar 16 Inch

Mulai dari Rp 1.328.000,00

TipeSoft case, zipper lock
BahanNylon
Ukuran16″ (40 cm x 18 cm x 35 cm)
Berat2,9 kg
Jumlah roda4
Kelebihan lainnyaKunci kombinasi angka・kompartemen khusus untuk laptop
7

Xiaomi90 GOFUN Business Suitcase 20″

Mulai dari Rp 1.099.000,00

TipeHard case, zipper lock
BahanBayer PC & kain oxford
Ukuran20″ (55,9 cm x 37 cm x 23 cm)
Berat3,86 kg
Jumlah roda4
Kelebihan lainnyaKunci kombinasi TSA internasional・kompartemen khusus untuk laptop dan tablet・antiair・roda putar 360 derajat & shock resistance・4 gear pada bagian trolley yang dapat diatur ketinggiannya・aluminium alloy trolley・silent wheel
6

Kamiliant by American Tourister Ohana Koper Hardcase Cabin/ 20inch TSA

Mulai dari Rp 690.000,00

TipeHard case, zipper lock
BahanPolycarbonate
Ukuran20" (35 cm x 25 cm x 55 cm)
Berat3,1 kg
Jumlah roda4
Kelebihan lainnyaKunci keamanan kombinasi
5

Lojel Lineo Koper Hardcase Cabin / 21 Inch

Mulai dari Rp 1.350.000,00

TipeHard case, zipper lock
BahanPolypropylene
Ukuran21″ (55 cm x 35 cm x 23,5 cm)
Berat3 kg
Jumlah roda4
Kelebihan lainnyaKunci kombinasi TSA internasional・antigores・ritsleting ganda
4
TipeHard case, zipper lock
BahanABS lapis polycarbonate
Ukuran24″ (41 cm x 27 cm x 61 cm)
BeratTidak disebutkan
Jumlah roda4
Kelebihan lainnyaKunci kombinasi・aluminium trolley・padded handle・roda putar 360 derajat
3

Robert AnsellKoper Hello Kitty Kabin 20 Inch

Mulai dari Rp 359.000,00

TipeHard case, zipper lock
BahanABS hardcase (waterproof)
Ukuran20″ (37 cm x 22 cm x 55,5 cm)
Berat±2 kg
Jumlah roda4
Kelebihan lainnyaKunci kombinasi 3 angka・roda putar 360 derajat・aluminium trolley
2

PresidentKoper Travel 20 Inch

5259

Mulai dari Rp 700.000,00

TipeHard case, frame lock
BahanFiber
Ukuran20″ (35 cm x 23 cm x 50 cm)
BeratTidak disebutkan
Jumlah roda4
Kelebihan lainnyaKunci kombinasi TSA internasional・roda putar 360 derajat・aluminium trolley
1

DupontKoper Hardcase Anti Tusuk+Expander+TSA Lock 20 inch

6045

Mulai dari Rp 1.687.500,00

TipeHard case, zipper lock, expandable
BahanPolycarbonate
Ukuran20″ (35 cm x 24 cm x 50 cm)
BeratTidak disebutkan
Jumlah roda4
Kelebihan lainnyaRitsleting antitusuk・kunci kombinasi TSA internasional・aluminium trolley・padded handle・roda putar 360 derajat

Tabel perbandingan produk koper terbaik

Gambar produk
1
Dupont Koper Hardcase Anti Tusuk+Expander+TSA Lock 20 inch  1

Dupont

2
President Koper Travel 20 Inch 1

President

3
Robert Ansell Koper Hello Kitty Kabin 20 Inch 1

Robert Ansell

4
Polo Team Koper Hardcase Size 24 inch 1

Polo Team

5
Lojel  Lineo Koper Hardcase Cabin / 21 Inch 1

Lojel

7
Xiaomi 90 GOFUN Business Suitcase 20″ 1

Xiaomi

8
Navy Club  Koper Soft Case Nylon 4 Roda Putar 16 Inch 1

Navy Club

9
Delsey Paris Aero 19" Carry-on Expandable Rolling Luggage 1

Delsey Paris

10
Samsonite  Crosslite Spinner 55 cm / 20 Inch 1

Samsonite

Nama produk

Koper Hardcase Anti Tusuk+Expander+TSA Lock 20 inch

Koper Travel 20 Inch

Koper Hello Kitty Kabin 20 Inch

Koper Hardcase Size 24 inch

Lineo Koper Hardcase Cabin / 21 Inch

90 GOFUN Business Suitcase 20″

Koper Soft Case Nylon 4 Roda Putar 16 Inch

Aero 19" Carry-on Expandable Rolling Luggage

Crosslite Spinner 55 cm / 20 Inch

Keunggulan

Dilengkapi kunci kombinasi TSA dan ritsleting antitusuk

Tetap aman meski tanpa ritsleting

Gemas! Koper ini punya karakter Hello Kitty yang imut

Perpaduan ABS dan polycarbonate jadi tahan guncangan dan benturan

Desain modis dengan perpaduan warna yang keren

Dilengkapi kompartemen khusus laptop yang praktis

Ringkas untuk perjalanan singkat

Kuat dan tahan lama!

Pegangannya mudah dipanjangkan dan dipendekkan

Harga mulai dariRp 1.687.500,00Rp 700.000,00Rp 359.000,00Rp 430.000,00Rp 1.350.000,00Rp 1.099.000,00Rp 1.328.000,00Rp 4.827.200,00Rp 4.790.000,00
TipeHard case, zipper lock, expandableHard case, frame lockHard case, zipper lockHard case, zipper lockHard case, zipper lockHard case, zipper lockSoft case, zipper lockHard case, zipper lockSoft case, zipper lock
BahanPolycarbonateFiberABS hardcase (waterproof)ABS lapis polycarbonatePolypropylene Bayer PC & kain oxfordNylonPolycarbonatePolyester
Ukuran20″ (35 cm x 24 cm x 50 cm)20″ (35 cm x 23 cm x 50 cm)20″ (37 cm x 22 cm x 55,5 cm)24″ (41 cm x 27 cm x 61 cm) 21″ (55 cm x 35 cm x 23,5 cm)20″ (55,9 cm x 37 cm x 23 cm)16″ (40 cm x 18 cm x 35 cm)19″ (± 48 cm x 33 cm x 24 cm) 20″ (37 cm x 55 cm x 23 cm)
BeratTidak disebutkanTidak disebutkan±2 kgTidak disebutkan3 kg3,86 kg2,9 kg±3,6 kg2,5 kg
Jumlah roda444444444
Kelebihan lainnyaRitsleting antitusuk・kunci kombinasi TSA internasional・aluminium trolley・padded handle・roda putar 360 derajatKunci kombinasi TSA internasional・roda putar 360 derajat・aluminium trolleyKunci kombinasi 3 angka・roda putar 360 derajat・aluminium trolleyKunci kombinasi・aluminium trolley・padded handle・roda putar 360 derajat Kunci kombinasi TSA internasional・antigores・ritsleting gandaKunci kombinasi TSA internasional・kompartemen khusus untuk laptop dan tablet・antiair・roda putar 360 derajat & shock resistance・4 gear pada bagian trolley yang dapat diatur ketinggiannya・aluminium alloy trolley・silent wheelKunci kombinasi angka・kompartemen khusus untuk laptopKunci kombinasi TSA internasional・4 roda ganda yang berputar 360 derajat・kompartemen khusus untuk laptopKunci kombinasi TSA internasional・dual tube (multi stop) pull handle・soft touch carry handles (top and side)・address tag (side slot)
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk koper lainnya di sini

Apakah sudah ada produk koper yang cocok untuk Anda? Bila rekomendasi di atas belum membantu, cobalah untuk membaca artikel kami yang lain berikut ini. Di sana ada banyak rekomendasi produk koper yang lebih spesifik!

Kesimpulan

Apakah Anda berhasil menemukan koper yang sesuai? Meski terkadang harga menjadi pertimbangan utama, kualitas juga tetap harus diutamakan. Anda juga perlu memikirkan lama perjalanan, jenis, jumlah barang yang dibawa, serta keamanan koper.


Jika Anda sudah menentukannya, Anda bisa memilih tipe dan ukuran yang pas. Untuk Anda yang tidak dapat membawa barang berat, terutama wanita, pilih kapasitas yang tidak terlalu besar. Koper yang nyaman akan membuat perjalanan Anda makin menyenangkan!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Koper Terbaik dengan Desain Modis (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Koper Terbaik dengan Desain Modis (Terbaru Tahun 2021)
    Tidak hanya fungsional, koper dapat menunjang penampilan Anda saat traveling. Untuk itu, Anda memerlukan koper dengan desain modis. Produknya tidak hanya mengutamakan desain, lho. Fitur dan kapasitasnya pun tidak kalah dari koper konvensional.Kali ini kami akan membagikan cara memilih koper terbaik dengan desain modis. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi koper dari merek yang bagus, seperti Samsonite, American Tourister, dan lainnya. Produknya terdiri dari berbagai jenis, bahan, dan warna. Pastinya ada yang paling cocok untuk Anda. Yuk, baca artikel ini sampai habis untuk menemukannya!
    Perlengkapan travelling
  • 10 Rekomendasi Koper Polo Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Koper Polo Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Koper merek Polo sudah dikenal masyarakat Indonesia sebagai koper berkualitas. Koper Polo awet sudah banyak beredar, tentu Anda bisa menggunakannya untuk jangka panjang. Mengikuti perkembangan zaman, koper Polo keren juga banyak diproduksi dan sangat menggoda untuk dimiliki.Cara memilih dan daftar rekomendasi koper Polo terbaik akan kami berikan pada Anda melalui artikel ini. Dengan begitu, Anda tidak akan kesulitan menentukan koper Polo yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Hanya koper Polo yang bagus dan asli yang akan Anda temukan dalam artikel ini. Selamat memilih!
    Perlengkapan travelling
  • 10 Rekomendasi Alat Pertahanan Diri Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Alat Pertahanan Diri Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2021)
    Saat ini kejahatan bisa terjadi di mana saja, baik tempat yang sepi maupun ramai. Wanita sering menjadi sasaran empuk bagi pelaku kejahatan. Oleh karena itu, sangat penting bagi para wanita untuk bisa melindungi dirinya sendiri. Salah satu caranya adalah dengan membawa alat pertahanan diri seperti stun gun, semprotan merica, atau alarm pribadi.Nah, di artikel ini kami sajikan untuk Anda cara memilih alat pertahanan diri yang bagus bagi wanita. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaik dari beberapa merek ternama, seperti Deter & Alert dan SWAT. Selamat membaca, ya!
    Perlengkapan travelling
  • 10 Rekomendasi Tas Koper Terbaik untuk Perjalanan Bisnis (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tas Koper Terbaik untuk Perjalanan Bisnis (Terbaru Tahun 2021)
    Saat melakukan perjalanan bisnis, para pebisnis biasanya membawa barang yang cukup banyak. Daripada punggung sakit akibat beban berat dari memanggul backpack, pilih saja tas koper! Tas koper yang tidak terlalu besar akan cukup untuk membawa barang Anda jika harus menginap selama 1-3 hari.Tips memilih tas koper yang bagus untuk perjalanan bisnis akan kami uraikan dalam artikel ini. Anda pun bisa menemukan produk-produk rekomendasi kami dari TUMI, Samsonite, Traveler’s Choice, Navy Club, dan lainnya. Simaklah dan dapatkan tas koper terbaik untuk perjalanan bisnis Anda di sini!
    Perlengkapan travelling
  • 10 Rekomendasi Tas Terbaik untuk Perjalanan Menginap 1 Malam (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tas Terbaik untuk Perjalanan Menginap 1 Malam (Terbaru Tahun 2021)
    Saat melakukan perjalanan dua hari satu malam, packing adalah salah satu kebutuhan yang harus dilakukan. Namun, masalah yang sering terjadi adalah packing yang kurang rapi karena tas terlalu besar atau kecil. Malah barangkali, tas tersebut ternyata memang kurang tepat guna.Untuk itu, kami akan membagikan cara praktis dalam memilih tas yang bagus untuk bepergian. Tak hanya itu, rekomendasi dari merek ternama, seperti Fjallraven, Herschel, Exsport, Bodypack, akan kami ulas. Apa pun pilihan Anda, perjalanan pasti lebih menyenangkan jika Anda menggunakan tas favorit.
    Perlengkapan travelling
  • 10 Rekomendasi Passport Case Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Passport Case Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Passport case merupakan item praktis yang membantu Anda menyimpan paspor dengan aman. Berbagai jenis produk bisa ditemui di pasaran, misalnya passport case yang dilengkapi tali untuk digantungkan di leher. Ada pula passport case yang dilengkapi fitur antiskimming yang melindungi data pribadi Anda. Banyaknya pilihan yang tersedia membuat Anda bingung, bukan?Kali ini, kami akan membagikan berbagai tips yang wajib diketahui sebelum memilih passport case. Kami juga akan membagikan sepuluh produk dari berbagai merek, seperti Naturhike dan Eiger. Simak artikel ini baik-baik dan temukan passport case terbaik untuk Anda.
    Perlengkapan travelling
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori