• 10 Pembalut Nifas Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Pembalut Nifas Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Pembalut Nifas Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Pembalut Nifas Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Pembalut Nifas Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Pembalut Nifas Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)

Setelah melahirkan, Anda akan mengalami postpartum bleeding selama beberapa pekan. Pada masa nifas ini, Anda akan mengeluarkan darah dari rahim seperti saat menstruasi dengan cairan yang lebih banyak dan pekat. Untuk itu, Anda memerlukan pembalut untuk ibu melahirkan atau maternity pad.


Beberapa merk pembalut nifas yang mudah ditemukan antara lain Softex Maternity, Dacco Mama, dan Sofie Maternity. Melalui artikel ini kami akan memberikan rekomendasi pembalut nifas yang bagus untuk dipakai. Selain itu, bidan Ony Christy juga akan memberikan informasi tambahan untuk Anda. Mari disimak!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Ony Christy
  • Pembaharuan terakhir: 02 September 2021
  • 33.621 Views
Daftar isi

Profil pakar: Bidan, Ony Christy

Profil pakar: Bidan, Ony Christy

Ony Christy adalah bidan lulusan jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Wanita yang akrab dipanggil Bidan Kriwil ini memiliki pengalaman bekerja selama 6 tahun di Rumah Sakit Bethesda, Yogyakarta. Saat ini bidan Ony aktif menjadi content creator yang giat memberikan edukasi melalui media sosialnya. Tengok Instagram, YouTube, atau blognya untuk tahu informasi seputar kesehatan ibu dan anak.

Mengapa Anda perlu memakai pembalut nifas?

Mengapa Anda perlu memakai pembalut nifas?

Pada masa nifas, jumlah darah yang keluar dari rahim ibu lebih banyak dibandingkan saat menstruasi. Darah yang dikeluarkan pun jauh lebih pekat dibandingkan biasanya. Selain itu, durasinya juga lebih lama, bahkan bisa mencapai 40 hari hingga benar-benar bersih. 


Supaya terhindar dari risiko bocor, iritasi, maupun infeksi, sebaiknya Anda memakai pembalut yang dikhususkan untuk wanita yang baru saja melahirkan. Secara bahan sebenarnya pembalut nifas ini tidak jauh berbeda dengan pembalut biasa. Hal yang membedakan adalah ukurannya yang lebih tebal dan panjang.


Menggunakan pembalut khusus nifas akan membuat Anda merasa nyaman, apalagi jika ada jahitan di perineum. Ibu yang masih dalam masa pemulihan pun bisa istirahat dengan tenang. Selain itu, meski dipakai setiap hari pembalut nifas tidak akan membuat kulit iritasi.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Perdarahan pada masa nifas bisa berlangsung selama 6–8 minggu setelah persalinan. Umumnya, selama masa tersebut lochea yang keluar dari vagina akan berangsur-angsur mengalami perubahan warna dan jumlah. Lochea rubra yang keluar pada hari 1–3 biasanya berwarna merah dan jumlahnya banyak. 


Sementara itu, lochea sanguinolenta yang keluar pada hari ke 3–5 berwarna merah kekuningan. Lalu, lochea serosa yang berwarna kecokelatan keluar pada hari ke 6–10. Terakhir, lochea alba yang berwarna putih keluar pada hari ke-10 sampai selesai nifas. Nah, lochea rubra yang keluar awal tersebut bisa diatasi dengan pembalut khusus agar ibu tidak mengalami iritasi atau kebocoran.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih pembalut nifas

Kemampuan menyerap cairan serta kenyamanan adalah hal utama yang harus Anda perhatikan saat memilih pembalut nifas. Selain itu, ada juga poin-poin penting lain yang harus Anda perhatikan. Cermati penjelasan di bawah ini supaya Anda tidak salah pilih.

Pilih pembalut berdasarkan bahan dan jenisnya

Pilih pembalut berdasarkan bahan dan jenisnya

Ada dua jenis pembalut yang beredar di pasaran, yakni pembalut sekali pakai serta pembalut kain yang bisa dipakai berulang kali. Masing-masing pembalut memiliki kelebihan serta kekurangannya. Pembalut disposable jelas lebih praktis serta mampu meminimalkan terjadinya kebocoran. Sementara, pembalut kain lebih ramah lingkungan, hanya saja Anda harus repot mencucinya dengan bersih usai pemakaian.


Di masa nifas, Anda masih fokus pada masa pemulihan sekaligus fokus mengurus bayi yang baru lahir. Mencuci pembalut kain tentu saja akan memakan waktu dan menjadi hal yang merepotkan. Untuk itu sebaiknya Anda menggunakan pembalut disposable saja. Lagipula volume darah yang Anda keluarkan pada masa nifas cukup banyak.


Jika menggunakan pembalut kain, kemungkinan bocor jauh lebih besar. Sementara, saat menggunakan pembalut disposable, Anda bisa sedikit lebih lega karena ada teknologi penyerapan serta lapisan antibocornya. Pembalut kain bisa Anda gunakan kelak pada masa menstruasi biasa seusai masa nifas.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Saat masa nifas, penggunaan pembalut bisa sampai berhari-hari atau bahkan berbulan-bulan. Oleh karena itu, kenakanlah pembalut dengan bahan yang nyaman, praktis, dan dapat menampung banyak darah. Tidak lupa, pilih juga pembalut yang tidak mudah menyebabkan iritasi.

Pilih pembalut dengan daya serap bagus

Pilih pembalut dengan daya serap bagus

Darah yang keluar dari rahim harus bisa diserap oleh pembalut dengan cepat supaya tidak merembes ke mana-mana. Untuk itu Anda perlu pembalut dengan daya serap yang bagus. Cairan yang diserap dengan cepat akan membuat permukaan pembalut tetap kering dan nyaman dikenakan hingga beberapa jam ke depan.


Saat ini beberapa pembalut dibuat dengan teknologi SAP (super absorbent polymer) yang mampu menyerap cairan secara efektif. Ada juga pembalut yang dilengkapi pulp atau ultra gel sehingga cairan akan terkunci di bagian dalam pembalut. Penting bagi Anda untuk memperhatikan kemampuan daya serap ini sebelum memutuskan membeli pembalut nifas.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Ibu dengan persalinan normal yang memiliki luka perineum harus lebih memperhatikan kebersihan area luka sehingga tidak terjadi infeksi. Pembalut dengan daya serap bagus akan membuat area vagina dan perineum tidak lembap dan tetap kering. Dengan demikian, luka perineum diharapkan bisa lebih cepat sembuh.

Pilih pembalut yang berukuran panjang

Pilih pembalut yang berukuran panjang

Hal lain yang harus Anda pertimbangkan saat hendak memilih pembalut nifas adalah soal ukuran. Supaya nyaman dipakai, sebaiknya gunakanlah pembalut yang berukuran panjang hingga mampu menutupi area belakang. Selain mampu menyerap cairan lebih banyak, pembalut panjang juga menambah kenyamanan Anda.


Seusai melahirkan, apalagi jika mendapatkan jahitan di perineum, biasanya Anda agak kesulitan untuk duduk normal. Anda memerlukan alas duduk yang empuk supaya bekas jahitan tidak terasa nyeri. Dengan memakai pembalut panjang, secara tidak langsung Anda sudah mendapatkan bantalan tambahan sehingga bisa duduk dengan lega.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Beberapa ibu memiliki wasir setelah melahirkan karena proses persalinan yang lama atau akibat mengejan yang terlalu berlebihan. Pembalut yang panjang dapat memberikan perlindungan sekaligus bantalan hingga ke belakang sehingga ibu lebih nyaman saat duduk. Selain itu, pembalut yang panjang lebih aman dan dapat mencegah kebocoran saat ibu menyusui dengan posisi berbaring.

Pastikan harga dan isinya cocok di kantong

Pastikan harga dan isinya cocok di kantong

Masa nifas tidak hanya berlangsung selama 5 atau 6 hari, tetapi bisa berminggu-minggu hingga darah benar-benar berhenti keluar. Selama masih ada flek, selama itu pula Anda harus memakai pembalut. Karena durasinya yang lama, Anda harus mempertimbangkan masalah harga supaya tidak merasa terbebani.


Pilihlah pembalut dengan harga yang ramah dengan kantong Anda. Pastikan juga pembalut tersebut memiliki isi yang banyak karena Anda harus sering gonta-ganti. Di hari-hari terakhir saat darah yang keluar tinggal flek, Anda bisa mengganti dengan pembalut biasa yang lebih murah dibanding pembalut nifas.

10 Rekomendasi pembalut nifas terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pembalut nifas terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari bidan Ony Christy.

10
Isi10 pads
Panjang30 cm
9
Isi4 pads, 8 pads
Panjang42 cm
8

AvailFeminine Comfort Sanitary Pad

Night Use

Mulai dari Rp 29.000,00

Isi10 pads
Panjang30 cm
7
Isi10 pads, 20 pads
Panjang37 cm
6
Isi10 pads
Panjang37,5 cm
5

Mother KMiracle Maternity Pad

Mulai dari Rp 69.900,00

Isi10 pads
Panjang37,5 cm
4

Natracare Maternity Pads

Mulai dari Rp 130.000,00

Isi10 pads
Panjang42 cm
3

OsakiDacco Mama Pembalut Bersalin

Mulai dari Rp 15.000,00

Isi4 pads, 8 pads, 10 pads
Panjang23,5 cm, 28,5 cm, 44,5 cm, 48,5 cm
2
Isi24 pads, 48 pads
PanjangTidak ada keterangan
1
Isi10 pads, 20 pads
Panjang45 cm

Tabel perbandingan produk pembalut nifas terbaik

Gambar produk
1
Softex Indonesia Softex Maternity Pads 1

Softex Indonesia

2
Mothercare Maternity Towel 1

Mothercare

3
Osaki Dacco Mama Pembalut Bersalin 1

Osaki

4
Natracare Maternity Pads 1

5
Mother K Miracle Maternity Pad 1

Mother K

6
Char Mi Dr. Kang Maternity Pad 1

Char Mi

7
Sofie Maternity 1

8
Avail Feminine Comfort Sanitary Pad 1

Avail

9
Unicarm Charm Safe Night Gathers 42 cm 1

Unicarm

10
Monalisa Jumbo 1

Nama produk

Softex Maternity Pads

Maternity Towel

Dacco Mama Pembalut Bersalin

Natracare Maternity Pads

Miracle Maternity Pad

Dr. Kang Maternity Pad

Sofie Maternity

Feminine Comfort Sanitary Pad

Charm Safe Night Gathers 42 cm

Monalisa Jumbo

Keunggulan

Kenyamanan ekstra dari bentuknya yang mengikuti lekuk tubuh

Mau pembalut wings, non-wings, atau dengan Aloe vera? Pilih sendiri favoritmu!

Mengusung teknologi SAP yang berdaya serap tinggi

Pembalut nifas yang baik untuk kulit sekaligus ramah lingkungan

Melindungi luka jahitan secara sempurna

Speed Diamond Channel mampu mencegah cairan menggumpal

Lapisan pulp lebih tebal untuk daya serap maksimal

Pembalut herbal yang nyaman dan mampu mengurangi nyeri

Bebas bergerak dengan pembalut ultra slim yang super panjang

Dengan perekat kuat yang menjadikannya tidak mudah bergeser

Harga mulai dariRp 15.300,00Rp 109.000,00Rp 15.000,00Rp 130.000,00Rp 69.900,00Rp 21.000,00Rp 25.000,00Rp 29.000,00Rp 10.800,00Rp 25.200,00
Isi10 pads, 20 pads24 pads, 48 pads4 pads, 8 pads, 10 pads10 pads10 pads10 pads10 pads, 20 pads10 pads4 pads, 8 pads10 pads
Panjang45 cmTidak ada keterangan 23,5 cm, 28,5 cm, 44,5 cm, 48,5 cm42 cm37,5 cm37,5 cm37 cm30 cm42 cm30 cm
Tautan produk

Tips memakai pembalut nifas dari bidan kami, Ony Christy

Tips memakai pembalut nifas dari bidan kami, Ony Christy

Pilihlah pembalut yang nyaman, lembut, dan tidak menimbulkan iritasi untuk masa nifas, terutama apabila ibu memiliki luka perineum. Meskipun pembalut belum terasa penuh, gantilah pembalut setiap 4 jam sekali untuk mengurangi risiko terjadinya infeksi dan iritasi. Jaga selalu kebersihan area vagina dan perineum. Jangan lupa, bersihkan vagina dari arah depan ke belakang untuk membantu mempercepat pemulihan luka saat nifas.

Baca juga rekomendasi pembalut lainnya di sini

Bagi Anda yang merasa kurang nyaman dengan pembalut nifas karena terlalu panjang dan tebal, Anda bisa mencoba pembalut biasa. Berikut ini beberapa ulasan pembalut yang sudah kami buat, mulai dari pembalut untuk siang hari, pembalut malam hari, hingga pembalut kain. Silakan pilih produk yang paling cocok untuk Anda.

Kesimpulan

Kami telah mengenalkan sepuluh produk pembalut nifas yang bisa Anda pakai seusai melahirkan, bagaimana tanggapan Anda? Apakah Anda sudah menemukan pembalut nifas yang tepat?


Dalam menjalani masa nifas yang tidak sebentar, tentunya Anda membutuhkan pembalut yang cocok dan tidak menimbulkan iritasi. Untuk itu pilihlah pembalut yang benar-benar sesuai serta nyaman dipakai sehari-hari. Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan pembalut nifas terbaik.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Pencukur Miss V Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pencukur Miss V Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2021)
    Sekarang, mulai banyak wanita yang mencukur bulu di area miss V atau area kemaluan. Namun, jika Anda mencukur dengan alat cukur biasa, ujung rambut bisa menjadi tajam. Hal ini dapat menyebabkan rasa gatal pada permukaan kulit miss V yang sensitif. Untuk itu, Anda memerlukan pencukur khusus area miss V.Telah banyak juga merek pencukur miss V yang beredar di pasaran, seperti Veet, Philips, atau Panasonic. Kali ini kami akan memberikan tips memilih pencukur miss V beserta rekomendasi produknya untuk Anda. Mari simak dan temukan pencukur miss V yang tepat!
    Produk dewasa & kewanitaan
    119.538 Views
  • 10 Test Pack Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)
    10 Test Pack Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)
    Test pack adalah salah satu langkah awal yang bisa dilakukan untuk mengecek kehamilan. Berbagai jenis dan merk produk test pack banyak dijual di pasaran. Akan tetapi, bagaimana cara menentukan produk yang tepat? Dalam artikel ini, kami akan membahas secara tuntas mengenai test pack. Simak ulasan kami, mulai dari cara memilih test pack yang bagus sampai rekomendasi produknya, seperti Akurat, Sensitif, dan Clearblue. Ulasan mengenai macam-macam test pack dan harganya juga akan kami paparkan di artikel ini. Agar tidak salah pilih, bidan Ony Christy juga ikut memberikan komentarnya untuk Anda.
    Produk dewasa & kewanitaan
    331.404 Views
  • 10 Pembersih Kewanitaan Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021)
    10 Pembersih Kewanitaan Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021)
    Setiap wanita pasti menginginkan tubuh yang bersih dan sehat. Tak hanya tubuh bagian luar, area kewanitaan yang tersembunyi pun perlu dirawat. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah membersihkannya menggunakan pembersih kewanitaan, seperti Betadine, Purbasari Sabun Sirih Manjakani, atau Lactacyd Feminine Hygiene.Ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan supaya tidak salah pilih sabun kewanitaan. Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih pembersih kewanitaan serta memberikan rekomendasi produk terbaiknya. Tak perlu ragu, artikel ini juga sudah ditinjau oleh dokter umum, dr. Afriyani Khusna. 
    Produk dewasa & kewanitaan
    68.809 Views
  • 10 Rekomendasi Popok Dewasa Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Popok Dewasa Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Ada berbagai kondisi kesehatan yang bisa menyebabkan Anda kesulitan untuk menahan urine dan feses. Usia lanjut, diabetes, obesitas, atau kelainan saraf yang mengatur fungsi berkemih adalah sebagian dari contohnya. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan popok dewasa atau adult diaper.Banyaknya merk popok dewasa di pasaran, seperti Confidence, Certainty, dan Lifree mungkin membuat Anda bingung saat memilih. Tenang, kami akan merekomendasikan produk popok dewasa yang bagus dan sesuai kebutuhan Anda. Tips memilih popok dewasa pun juga akan kami ulas. Selamat membaca!
    Produk dewasa & kewanitaan
    54.321 Views
  • 10 Rekomendasi Pantyliner Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pantyliner Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Cairan yang dihasilkan oleh miss V merupakan elemen penting dalam kesehatan organ intim wanita. Namun, kenyamanan Anda tentu saja terganggu apabila cairan yang dihasilkan banyak, bahkan berbau tak sedap. Karena itu, banyak yang merekomendasikan pantyliner untuk melindungi daerah kewanitaan dan menjaga agar pakaian dalam tetap bersih.Terdapat pantyliner tipe sekali pakai atau kain yang dapat dicuci ulang. Anda dapat memilih berbagai macam merek yang ada, seperti Laurier, Unicharm, dan lainnya. Namun, sebelum membeli, alangkah baiknya jika Anda mempelajari cara memilih pantyliner dan menyimak rekomendasi produknya dari kami. Simak terus, ya!
    Produk dewasa & kewanitaan
    31.699 Views
  • 10 Rekomendasi Pembalut Terbaik untuk Siang Hari (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pembalut Terbaik untuk Siang Hari (Terbaru Tahun 2021)
    Untuk beraktivitas di siang hari saat sedang menstruasi, Anda pasti menginginkan pembalut yang ringan dan nyaman digunakan. Berbagai macam brand terkenal mulai dari Laurier, CHARM, hingga Softex berlomba mengeluarkan pembalut terbaik mereka. Jadi, pembalut seperti apa yang cocok untuk Anda?Untuk menjawab pertanyaan Anda, kali ini kami akan mengulas tentang cara memilih pembalut untuk siang hari. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk pilihan kami. Temukan produk yang sesuai dan bersiaplah untuk bebas beraktivitas tanpa khawatir akan bocor saat sedang deras-derasnya!
    Produk dewasa & kewanitaan
    39.491 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori