1. TOP
  2. >
  3. Kesehatan
  4. >
  5. Makanan & minuman kesehatan
  6. >
  7. 10 Merk Sari Kurma Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Merk Sari Kurma Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Merk Sari Kurma Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Merk Sari Kurma Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Merk Sari Kurma Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Merk Sari Kurma Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Merk Sari Kurma Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Sari kurma adalah salah satu alternatif agar Anda dapat menikmati buah kurma tanpa harus memakannya secara langsung. Terlebih, manfaat sari kurma asli sama baiknya dengan buah kurma. Minuman ini bermanfaat untuk ibu hamil, untuk menambah berat badan anak, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mengatasi asam lambung. 


Produk yang dipercaya bagus dikonsumsi saat berpuasa serta ampuh untuk DBD (demam berdarah) ini akan kami bahas di artikel ini. Rekomendasi produk terbaik dari berbagai merek seperti TJ, Al-Jazira, HPAI, dan Sahara, juga telah kami siapkan. Yuk, simak bersama!

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Apa manfaat sari kurma?

Buah kurma terkenal memiliki kandungan zat gula sederhana, yakni fruktosa dan dekstrosa, yang mudah dicerna oleh tubuh. Karena itu, kurma dapat mengisi energi pada tubuh dengan lebih cepat. Kurma juga kaya akan kandungan bermanfaat lainnya, seperti serat, kalium, protein, lemak, mineral, zat besi, hingga asam folat. Sari kurma sering menjadi pilihan, baik untuk anak, ibu hamil, maupun yang lainnya.

Manfaat sari kurma untuk orang dewasa

Manfaat sari kurma untuk orang dewasa

Bagi orang dewasa, sari kurma menyimpan manfaat yang sangat melimpah berkat kandungan nutrisi di dalamnya. Berikut beberapa manfaat sari kurma untuk orang dewasa:


  • Efektif untuk menangkal efek radikal bebas terhadap tubuh
  • Mencegah munculnya kanker
  • Mencegah penuaan dini
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Mencegah stroke
  • Mempercepat proses penyembuhan DBD (demam berdarah)
  • Memelihara kesehatan tulang dan gigi
  • Menjaga kesehatan usus
  • Melancarkan buang air besar
  • Mengontrol gula darah dalam tubuh
  • Menambah energi saat puasa

Manfaat sari kurma untuk anak

Manfaat sari kurma untuk anak

Tidak hanya untuk orang dewasa, sari kurma ternyata juga sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak. Manfaat yang didapat anak dengan mengonsumsi sari kurma juga tidak main-main, lho. Contoh manfaat sari kurma untuk anak adalah sebagai berikut:


  • Menjaga kesehatan sistem saraf (memperkuat daya ingat)
  • Mengembalikan energi dengan cepat sehingga anak tidak mudah lelah
  • Membantu pertumbuhan gigi dan tulang
  • Menjaga kesehatan mata

Cara memilih sari kurma

Setelah membahas berbagai manfaat sari kurma, sekarang kami akan menjabarkan beberapa poin penting dalam memilih sari kurma. Perhatikanlah dengan saksama agar Anda bisa mendapatkan produk yang bagus dan tepat.

① Periksa tekstur sari kurma untuk mengetahui keasliannya

Periksa tekstur sari kurma untuk mengetahui keasliannya

Saat hendak membeli sari kurma, pastikan bahwa produk pilihan Anda benar-benar terbuat dari kurma asli. Ciri dari sari kurma asli yaitu harus larut dalam air. Di samping itu, hindari sari kurma yang bertekstur kasar dan berkristal karena berisiko tidak asli.


Namun, untuk mengetahui hal tersebut, tentu Anda harus mencobanya terlebih dahulu sebelum membelinya. Jika Anda hendak membeli sari kurma secara online, kami sarankan untuk membaca review dari pembeli lainnya. Sebisa mungkin, jatuhkan pilihan pada produk yang memiliki review yang bagus. 

② Pertimbangkan sari kurma tanpa pengawet buatan

Pertimbangkan sari kurma tanpa pengawet buatan

Jika dikonsumsi secara rutin, sari kurma dapat menjaga kesehatan dan menutrisi tubuh. Karena itu, demi mendapat manfaat yang optimal, pilihlah sari kurma yang tidak mengandung bahan pengawet buatan. 


Akan tetapi, sari kurma yang tidak mengandung pengawet biasanya tidak dapat bertahan lama. Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya Anda membelinya dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Jadi, Anda bisa menghindari risiko sari kurma rusak sebelum dikonsumsi.

③ Tentukan jumlah isi yang Anda butuhkan

Tentukan jumlah isi yang Anda butuhkan

Sari kurma bisa dikonsumsi oleh semua anggota keluarga, baik untuk anak maupun orang dewasa. Bagi Anda yang ingin membeli sari kurma untuk dikonsumsi pribadi, sebaiknya belilah yang jumlah isinya sedikit. Apabila Anda membeli produk yang isinya terlalu banyak, bisa-bisa Anda harus menyimpannya terlalu lama. Hal tersebut berisiko menurunkan kualitas sari kurma.


Sebaliknya, jika akan dikonsumsi oleh seluruh anggota keluarga, Anda dapat membeli produk yang isinya lebih banyak. Produk dengan isi minimal 500 gram bisa Anda pilih. Dengan begitu, Anda tidak perlu bolak-balik membelinya lagi. Selain itu, sari kurma yang isinya lebih banyak biasanya terhitung lebih ekonomis.

④ Perhatikan material kemasannya

Perhatikan material kemasannya

Sari kurma biasanya dikemas dalam botol kaca dan plastik. Tiap-tiap kemasan memiliki keunggulannya tersendiri. Kami sarankan untuk memilih kemasan sari kurma yang paling sesuai dengan preferensi pribadi.


  • Botol kaca
Sari kurma dalam botol kaca cenderung memiliki kualitas yang lebih terjaga. Sayangnya, kemasan botol kaca biasanya lebih mahal. Bobotnya juga lebih berat sehingga sedikit merepotkan ketika dibawa bepergian. 

Jika Anda berniat memilih kemasan botol kaca, sebisa mungkin pilihlah produk yang dikemas dalam botol berwarna gelap. Tujuannya untuk melindungi sari kurma dari paparan sinar matahari supaya lebih tahan lama dan kualitasnya tidak menurun.


  • Botol plastik
Di sisi lain, isi sari kurma dalam botol plastik umumnya lebih rentan rusak. Namun, sari kurma berkemasan plastik biasanya dijual dengan harga yang lebih murah. Bobotnya pun ringan sehingga lebih praktis dibawa bepergian.

Hal penting lainnya, jangan lupa untuk selalu memeriksa tutupnya, apakah masih tersegel rapat atau tidak. Apabila masih tersegel rapat, Anda bisa yakin bahwa sari kurma tersebut memang masih baru.

⑤ Cek bahan kandungan lainnya

Cek bahan kandungan lainnya

Selain terbuat dari kurma, beberapa produk sari kurma juga mengandung bahan tambahan lainnya. Ada yang dilengkapi dengan habbatussauda, minyak zaitun, propolis, angkak, dan banyak lagi. Keberadaan bahan tambahan tersebut dapat memaksimalkan manfaat sari kurma bagi tubuh. Beberapa produk dapat membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit, meningkatkan kecerdasan anak, mengatasi anemia, dan lainnya.


Demi mendapat manfaat yang optimal dari sari kurma, pastikan Anda selalu mengecek bahan-bahan kandungan pada produk pilihan. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan sari kurma yang memang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tubuh Anda.

⑥ Untuk anak, sebisa mungkin pilih yang memang ditujukan bagi si kecil

Untuk anak, sebisa mungkin pilih yang memang ditujukan bagi si kecil

Pada dasarnya, sari kurma bisa dikonsumsi oleh anak 1 tahun ke atas. Prinsipnya, selama si kecil sudah dikenalkan dengan MPASI, Anda bisa mengenalkannya dengan sari kurma. Namun, karena organ pencernaannya belum sempurna seperti orang dewasa, Anda harus lebih berhati-hati dalam memilih produk.


Selain memastikan sari kurmanya asli, sebisa mungkin pilihlah produk yang memang ditujukan untuk anak. Biasanya, kadar dan bahan kandungan dalam produk khusus anak sudah disesuaikan dengan kebutuhan si kecil. Anda bisa mendapatkan informasi mengenai ini pada label kemasan sari kurma.

10 Rekomendasi sari kurma terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sari kurma terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Kurmaqu

Sari Kurma

Kurmaqu Sari Kurma 1枚目

Ucapkan selamat tinggal pada insomnia

2

HNI

HPAI Healthy Dates Sari Kurma

HNI HPAI Healthy Dates Sari Kurma 1枚目

Sari kurma terbaik untuk ibu hamil atau menyusui

3

Tresno Joyo

Sari Kurma TJ

Tresno Joyo Sari Kurma TJ 1枚目

Cegah anemia saat aktif berkegiatan

4

Ad-Dawa' Sejati

Sari Kurma Muda Pilihan

Ad-Dawa' Sejati Sari Kurma Muda Pilihan 1枚目

Terbuat dari sari kurma muda yang tinggi vitamin C

5

Sahara

Sari Kurma Plus Jambu Biji Merah

Sahara Sari Kurma Plus Jambu Biji Merah 1枚目

Kaya akan vitamin yang bermanfaat untuk asam lambung

6

Tamr

Sari Kurma 4 in 1

Tamr Sari Kurma 4 in 1 1枚目

Ampuh untuk mengatasi DBD karena diperkaya angkak

7

Dates Honey

Sari Kurma

Dates Honey Sari Kurma 1枚目

Kemasan terbesar untuk stok di rumah

8

Amira

100% Sari Kurma

Amira 100% Sari Kurma 1枚目

Sumber energi yang bagus saat menjalani puasa

9

Al Jazira

Sari Kurma Madu Platinum Plus 10 in 1 For Kids

Al Jazira Sari Kurma Madu Platinum Plus 10 in 1 For Kids 1枚目

Nutrisi lengkap untuk menambah berat badan anak

10

Annabawy Berkah Jaya

Annabawy Sari Kurma Extra Ajwa

Annabawy Berkah Jaya Annabawy Sari Kurma Extra Ajwa 1枚目

Nikmati manisnya kurma Ajwa dari sari kurma tanpa gula tambahan

Perincian produk
Close
No.1

Ucapkan selamat tinggal pada insomnia

Setelah beraktivitas seharian, tubuh biasanya akan kelelahan sehingga menyebabkan susah tidur. Apabila Anda sering mengalami hal tersebut, Kurmaqu Sari Kurma bisa menjadi solusinya.


Dengan mengonsumsi produk ini, otot-otot Anda akan berenergi kembali sehingga rasa lelah akan berkurang. Rasanya yang unik juga dapat membuat pikiran lebih relaks. Itu semua berkat komposisi Kurmaqu yang mengandung tambahan madu dan gula buah.

No.2

HNIHPAI Healthy Dates Sari Kurma

Mulai dari Rp45.000,00

Sari kurma terbaik untuk ibu hamil atau menyusui

Tekstur sari kurma HPAI ini sangat lembut sehingga mudah dicerna oleh tubuh. Tak heran jika salah satu manfaat sari kurma HPAI ini adalah dapat memulihkan stamina dengan cepat. Dengan begitu, produk ini adalah pilihan tepat untuk ibu hamil atau menyusui yang biasanya tidak bisa berlama-lama mengonsumsi makanan. Kandungan asam folat dalam produk ini juga tinggi sehingga sangat bermanfaat untuk janin.

No.3

Tresno JoyoSari Kurma TJ

Mulai dari Rp16.500,00

Cegah anemia saat aktif berkegiatan

Ingin membawa sari kurma saat bepergian? Bawalah Sari Kurma TJ produksi Tresno Joyo. Dikemas dalam botol plastik dengan isi hanya 250 gram, produk ini ringan dan ringkas dibawa bepergian. Terlebih, kandungannya tinggi zat besi sehingga Anda akan terhindar dari anemia. Jadi, sekalipun Anda aktif bepergian, asupan zat besi tetap terpenuhi.


Di pasaran, Anda juga bisa menemukan Madu Kurma TJ yang tentu sangat berbeda dengan Sari Kurma TJ. Perbedaan Sari Kurma TJ dan Madu Kurma TJ terletak pada kandungan kurmanya. Madu Kurma TJ memiliki kandungan madu 70%, sedangkan sari kurmanya hanya 30%. Sementara itu, Sari Kurma TJ mengandung 100% sari kurma.

No.4

Ad-Dawa' SejatiSari Kurma Muda Pilihan

Mulai dari Rp16.000,00

Terbuat dari sari kurma muda yang tinggi vitamin C

Seperti namanya, sari kurma ini terbuat dari buah kurma muda yang tinggi akan vitamin C. Karena itu, produk ini akan menjadi booster untuk kekebalan tubuh. Selain itu, manfaat sari kurma muda lainnya adalah dapat meningkatkan kesuburan wanita dan menguatkan rahim. Dengan begitu, produk ini sangat cocok untuk Anda yang sedang mendambakan kehadiran buah hati.

No.5

SaharaSari Kurma Plus Jambu Biji Merah

Mulai dari Rp18.500,00

Kaya akan vitamin yang bermanfaat untuk asam lambung

Jika Anda memiliki permasalahan pada bagian pencernaan, tak ada salahnya mencoba Sari Kurma Sahara ini. Produk ini mengandung banyak vitamin dari beragam sari buah, seperti jambu biji merah, melon, hingga alpukat. Hasilnya, segala macam keluhan perut, seperti sembelit atau diare, bisa diatasi produk ini. Manfaat sari kurma Sahara lainnya yakni untuk meredakan asam lambung.

No.6

Ampuh untuk mengatasi DBD karena diperkaya angkak

Keunikan sari kurma ini terletak pada teksturnya yang kental dan berserat, seperti terdapat bulir jambu biji. Jika Anda ingin mencoba sari kurma yang tidak biasa, produk ini adalah pilihannya. 


Salah satu khasiat sari kurma Tamr yang paling populer adalah efektif untuk mengatasi DBD (demam berdarah) berkat keberadaan angkak. Hal ini tentu sangat berguna ketika musim nyamuk demam berdarah mulai tinggi.

No.7

Kemasan terbesar untuk stok di rumah

Sari kurma Dates Honey memiliki kemasan yang paling besar di antara produk lainnya. Jadi, produk ini sangat cocok bagi Anda yang membutuhkan sari kurma untuk dikonsumsi seluruh anggota keluarga. Anda tidak perlu berulang kali restock, deh.


Soal kualitas, sari kurma ini tak usah diragukan lagi! Selain dikemas dalam botol kaca, produk ini menggunakan 100% kurma asli sebagai bahan bakunya. Bahkan, sari kurma ini juga dilengkapi dengan sertifikasi HACCP. Sertifikat tersebut menjadi bukti bahwa bahan baku produk ini aman dan bebas bahan berbahaya untuk tubuh.

No.8

Sumber energi yang bagus saat menjalani puasa

Saat menjalankan ibadah puasa, terkadang tubuh terasa lemas, terutama saat siang hari. Supaya tubuh tetap kuat ketika berpuasa, cobalah untuk mengonsumsi sari kurma Amira saat sahur dan berbuka. Produk ini adalah sumber energi yang sangat bagus saat menjalani puasa karena dapat memberikan energi siap pakai dengan cepat.


Kandungan nutrisi sari kurma ini juga tergolong tinggi. Dengan begitu, produk ini sangat baik dikonsumsi oleh Anda yang memiliki aktivitas padat. Anda pun jadi makin bersemangat menjalani hari, serta tak mudah lelah.

No.9

Al JaziraSari Kurma Madu Platinum Plus 10 in 1 For Kids

Mulai dari Rp23.000,00

Nutrisi lengkap untuk menambah berat badan anak

Beberapa orang tua bermasalah dengan anak yang sulit makan. Hal tersebut tentu tidak baik untuk pertumbuhannya. Jangan khawatir, berikan saja sari kurma dari Al Jazira ini untuk anak. Diperkaya dengan temu lawak, produk ini dapat meningkatkan nafsu makan si kecil, terutama untuk anak usia 1 tahun. Jadi, bisa dibilang sari kurma ini efektif untuk menambah berat badan mereka.


Selain temu lawak, produk ini juga mengandung sembilan bahan alami lainnya seperti madu, propolis, hingga habatussauda. Tak heran jika sari kurma ini dapat membantu pertumbuhan balita hingga mencerdaskan otak anak. Rasanya pun manis sehingga akan disukai oleh anak-anak.

No.10

Annabawy Berkah JayaAnnabawy Sari Kurma Extra Ajwa

Mulai dari Rp24.000,00

Nikmati manisnya kurma Ajwa dari sari kurma tanpa gula tambahan

Bagi Anda pencinta rasa manis, tak ada salahnya mengganti konsumsi gula dengan sari kurma yang satu ini. Rasa manis yang dihasilkan sari kurma tanpa gula tambahan ini berasal dari kurma Ajwa yang terkenal sebagai kurma premium. Dengan mengonsumsi sari kurma Ajwa produksi Annabawy ini, Anda bisa mengontrol gula dalam darah tanpa mengorbankan rasa manis.

Perbedaan sari kurma dan madu kurma

Perbedaan sari kurma dan madu kurma

Di pasaran, selain sari kurma, Anda juga akan menemukan madu kurma. Meski terlihat mirip, terdapat perbedaan di antara keduanya. Sari kurma didapat dari hasil ekstraksi buah kurma yang telah dihaluskan. Sementara itu, madu kurma merupakan perpaduan antara madu dengan kurma.


Untuk menarik minat masyarakat, biasanya sari kurma juga dipasarkan dengan sebutan date honey. Selain itu, ada juga yang menyebutnya sebagai date syrup, date molasses, dan rub.


Ketika membahas sari kurma dan madu, banyak orang mempertanyakan, mana yang lebih, bagus sari kurma atau madu? Pada dasarnya, kedua jenis cairan tersebut memiliki kelebihan masing-masing. Keduanya juga sama-sama tinggi kalori dan karbohidrat.


Pebedaan madu dan sari kurma yang paling signifikan terletak pada kandungan serat, protein, vitamin dan mineral. Sari kurma asli mengandung lebih banyak zat-zat gizi tersebut dibandingkan madu. Selain itu, sari kurma juga dinilai lebih ramah lingkungan karena berasal dari tanaman kurma.

Baca juga rekomendasi minuman kesehatan lainnya di sini

Selain sari kurma, masih ada minuman lain yang patut dicoba untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Misalnya saja jamu tradisional, jus mengkudu, hingga madu Manuka. Jika Anda penasaran dengan khasiat produk-produk tersebut, segera kunjungi artikel kami di bawah ini, ya.

Kesimpulan

Kini ada cara praktis mengonsumsi buah kurma. Anda tidak harus memakannya secara langsung, tetapi dapat minum sari kurma kemasan. Namun, Anda tidak boleh sembarangan memilih, ya! Pastikan Anda selalu mempertimbangkan bahan kandungan beserta khasiat tambahan di dalamnya.


Semoga penjelasan kami tentang sari kurma kali ini bisa menjadi referensi bagi Anda dalam memilih produk. Selamat memilih dan rasakan manfaat positifnya bagi tubuh!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer