mybest
Susu penambah berat badan

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Ibu & anak
  3. Makanan & susu bayi
  4. 10 Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dokter Spesialis Gizi]
  • 10 Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dokter Spesialis Gizi] 1
  • 10 Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dokter Spesialis Gizi] 2
  • 10 Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dokter Spesialis Gizi] 3
  • 10 Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dokter Spesialis Gizi] 4
  • 10 Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dokter Spesialis Gizi] 5

10 Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dokter Spesialis Gizi]

Berat badan anak yang tak kunjung naik memang bisa memusingkan orang tua. Selain memperbaiki asupan nutrisi anak, pemberian susu penambah berat badan anak juga bisa menjadi alternatif. Di pasaran, banyak merek susu penambah berat badan anak yang bagus, seperti LACTOGROW, Ultramilk, atau Enfagrow. Namun, manakah yang cocok untuk anak Anda?


Nah, kali ini kami bersama dokter spesialis gizi, dr. Diana F. Suganda, akan menjelaskan cara memilih susu penambah berat badan anak. Semua informasi tentang kandungan yang dibutuhkan sesuai usia anak akan kami kupas untuk Anda. Sebelum itu, cek juga cara memberikan susu yang tepat sesuai dengan feeding rules anak.

Diperbaharui 05/03/2024
dr.Diana F. Suganda, M.Kes, SpGK
Pakar
Clinical Nutrition Specialist
dr.Diana F. Suganda, M.Kes, SpGK

dr. Diana F. Suganda, M.Kes, SpGK adalah lulusan S1 dan S2 FK Unpad yang melanjutkan spesialisnya di FK UI dari 2011. Sejak 2007, dr. Diana sudah berkecimpung dalam dunia gizi sebagai clinical doctor dan konsultan nutrisi profesional. Setelah selesai mengambil spesialisnya pada 2013, dr. Diana menjadi Clinical Nutrition Specialist yang kini berpraktek di RSPI Bintaro Jaya dan BWCC Bintaro. Sebagai spesialis gizi, dr. Diana banyak dipercaya menjadi narasumber dan health speaker, termasuk acara TV, seperti dr. Oz Indonesia (Trans TV), Hidup Sehat (TV One), dan Ayo Sehat (Kompas TV). Artikel kesehatan juga banyak beliau tulis, beberapa di antaranya diterbitkan di Harper’s Bazaar Indonesia dan Clara.

Profil dr.Diana F. Suganda, M.Kes, SpGK
Lanjut membaca
Nisa Destiana
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Nisa Destiana

Nisa Destiana adalah seorang apoteker yang sudah gemar menulis sedari kecil dan bercita-cita menjadikan hobi tersebut sebagai karier profesional. Usai bekerja di perusahaan farmasi multinasional selama hampir lima tahun, ia memutuskan untuk memulai karier sebagai content writer. Nisa banyak menulis artikel-artikel kesehatan untuk start-up telemedisin sebelum akhirnya menulis dan menjadi editor untuk mybest Indonesia. Di mybest Indonesia, Nisa banyak terhubung dengan pakar untuk menulis berbagai artikel perawatan tubuh, kecantikan, dan kesehatan sesuai latar belakang pendidikannya.

Profil Nisa Destiana
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apakah susu bisa menaikkan berat badan anak?

Pakar
Pakar
Ya, susu tinggi kalori bisa membantu menaikkan berat badan anak. Namun, susu hanya berperan sebagai minuman tambahan dan tidak boleh mengganggu jam makan anak.
Apakah susu bisa menaikkan berat badan anak?
Susu formula rata-rata mengandung 70 kkal dalam 100 ml. Sementara itu, susu dengan klaim sebagai 'susu penambah berat badan' umumnya mengandung 100-150 kkal dalam setiap 100 ml. Meski demikian, pemberian susu tinggi kalori bukanlah opsi utama ketika berat badan anak bermasalah. Pada dasarnya anak perlu makan dengan baik, bukan hanya naik berat badannya


Pemberian susu tanpa perbaikan feeding rules malah akan membuat anak makin malas makan. Meski begitu, orang tua boleh memberikan susu tinggi kalori kepada anak bila diperlukan. Terutama bila berat badan anak tetap tidak naik atau tetap di bawah kurva pertumbuhan padahal orang tua sudah mengusahakan berbagai cara. Misalnya, orang tua sudah berkonsultasi dengan dokter, anak dinyatakan tidak ada penyakit, serta sudah memperbaiki pola makan atau feeding rules.

dr.Diana F. Suganda, M.Kes, SpGK
Clinical Nutrition Specialist
dr.Diana F. Suganda, M.Kes, SpGK

Secara umum, ada beberapa penyebab berat badan anak tidak bertambah atau anak tidak nafsu makan:


  • Pola makan kurang tepat
  • TBC atau tuberculosis (biasanya tidak ada gejala seperti batuk atau lainnya, hanya berat badan tidak naik)
  • Defisiensi mikronutrien 
  • Anemia defisiensi besi

Apa itu feeding rules?

Pakar
Pakar
Feeding rules adalah panduan cara pemberian makan pada anak setelah masa ASI eksklusif agar anak punya pola makan baik serta paham makan adalah kebutuhan.
Apa itu feeding rules?

Ada tiga prinsip utama dalam feeding rules, yaitu jadwal, lingkungan, dan prosedur. Berikut penjelasannya.


  • Jadwal: Orang tua perlu mengatur jadwal makan utama dan snack secara teratur.
Contoh, Anda bisa menerapkan makan utama pada jam 7 pagi, snack jam 10, lalu makan utama jam 1 siang. Anak bisa memperoleh snack sore pada jam 4 dan makan utama lagi pada jam 7 malam. Waktu makan juga sebaiknya tidak lebih dari 30 menit. Orang tua juga perlu memastikan jadwal makan hanya diisi makanan utama. Hindari menawarkan camilan saat makan, kecuali air putih.

  • Lingkungan: Lingkungan saat makan perlu dibuat menyenangkan
Pastikan tidak ada paksaan untuk makan. Distraksi juga tidak boleh ada, misalnya distraksi karena mainan, gadget, dan lain-lain. Orang tua juga sebaiknya tidak memberikan makanan sebagai hadiah. Sebagai contoh, anak dijanjikan diberi permen bila bersedia makan satu suap lagi. Cara tersebut akan membuat anak menganggap permen lebih penting daripada makan utama.

  • Prosedur: Pemberian makanan dimulai dengan makanan utama, baru diakhiri minum.
 Berikan makanan dalam porsi kecil dan dorong si kecil untuk makan sendiri.


Jika anak menunjukkan tanda tidak mau makan, seperti memalingkan kepala, mengatupkan mulut, atau menangis, tawarkan kembali makanan secara netral. Artinya, penawaran tersebut dilakukan tanpa bujukan atau paksaan. Kalau dalam waktu 10-15 menit, anak tetap tidak mau makan, akhiri proses makan. Catatan penting lainnya, sebaiknya Anda hanya membersihkan mulut anak bila makan sudah selesai.

dr.Diana F. Suganda, M.Kes, SpGK
Clinical Nutrition Specialist
dr.Diana F. Suganda, M.Kes, SpGK
Anak perlu memahami bahwa makan adalah kebutuhan. Anak juga perlu mengenal rasa lapar dan rasa kenyang. Karena itu, anak tidak boleh makan sambil menggunakan gadget. Alasannya, alih-alih memahami bahwa makan adalah kebutuhan, makanan justru akan terasa mengganggu keasyikannya bermain dengan gadget.

Cara memilih Susu Penambah Berat Badan Anak

Kenaikan berat badan anak sesuai usianya memang sering kali menjadi patokan kesehatan anak. Karena itu, Anda tak boleh sembarangan dalam memilih susu penambah berat badan anak bila menginginkan hasil yang maksimal. Sebelum membeli produk, ada baiknya Anda memperhatikan cara memilih susu penambah berat badan anak yang akan kami jabarkan di bawah ini.

1

Untuk bantu meningkatkan berat badan, pilih susu dengan kalori ≥100 kkal yang sesuai dengan rentang usia anak

Pakar
Pakar
Jumlah kalori yang dikonsumsi anak secara keseluruhan sangat berpengaruh terhadap kenaikan berat badannya. Susu tinggi kalori bisa membantu menaikkan berat badan anak.
Untuk bantu meningkatkan berat badan, pilih susu dengan kalori ≥100 kkal yang sesuai dengan rentang usia anak

Prinsip dalam menaikkan atau menurunkan berat badan, baik pada orang dewasa atau anak, yaitu dengan manajemen kalori. Rentang kalori rata-rata dalam susu biasa untuk anak berkisar antara 60 hingga 150 kkal. Sementara, rentang kalori rata-rata dalam susu tinggi kalori untuk anak bisa berkisar antara 150 hingga 200 kkal kalori per sajian


Sebagai informasi, berdasar AKG yang dianjurkan Kemkestotal kalori harian yang dibutuhkan oleh anak sesuai rentang usianya, yaitu:


  • Bayi usia 0-5 bulan: 550 kkal per hari
  • Bayi usia 6-11 bulan: 800 kkal per hari
  • Anak usia 1-3 tahun: 1350 kkal per hari

[Usia 0-2 tahun] Cari susu 100 kkal untuk anak <12 bulan; ≥100 kkal untuk anak 1-2 tahun

Pakar
Pakar

Untuk mencapai AKG pada anak yang kurang berat badan, perlu adanya kalori tambahan. Susu ≥100 kkal lebih membantu anak mencapai AKG-nya tersebut.

[Usia 0-2 tahun] Cari susu 100 kkal untuk anak <12 bulan; ≥100 kkal untuk anak 1-2 tahun

Untuk pemberian susu pada anak, berikut panduan jumlah kalori yang perlu tersedia:


  • Untuk bayi berusia <12 bulan, cari susu dengan jumlah kalori 100 kkal dalam 100 ml susu.
  • Untuk anak berusia 1-2 tahun, cari susu dengan jumlah kalori ≥100 

Karena itu, kami sarankan Anda untuk selalu memeriksa daftar nilai gizi di balik kemasan produk dan cari 'Energi total' seperti contoh di bawah ini.


INFORMASI NILAI GIZI
============================
JUMLAH PER SAJIAN
Energi Total 170 kkal
============================


Misal, Anda punya anak usia 2 tahun. Jika dilihat dari AKG di penjelasan sebelumnya, si kecil perlu mencukupi kebutuhan kalori 1350 kkal per hari. Jika diturunkan dalam contoh sehari-hari:


  1. Anak makan sop ayam dengan nasi = sekitar 200-300 kkal
  2. 1 hari 3 kali makan atau 300 x 3 = 900 kkal

1 mangkuk (sekitar 240 ml)

Angka tersebut didapatkan dari angka rata-rata untuk konsumsi orang dewasa. Pada banyak kasus, anak mungkin tidak menghabiskan 1 kali jatah makannya sehingga kalori juga ikut berkurang. Susu dengan kalori ≥100 mungkin akan lebih memudahkan Anda untuk mencapai kebutuhan kalorinya yang 1350 kkal tadi dibanding susu anak biasa yang rata-rata hanya 60 kkal.

[Usia 2 tahun ke atas] Tak harus susu formula, berikan susu UHT full cream dengan total kalori 160-200 kkal

Pakar
Pakar

Anak usia 2 tahun biasanya sudah bisa mengonsumsi makanan padat sehingga tak harus minum susu formula untuk mendapat nutrisi. Berikan susu yang tinggi kalori jika berat badan kurang. 

[Usia 2 tahun ke atas] Tak harus susu formula, berikan susu UHT full cream dengan total kalori 160-200 kkal
Setelah anak berusia 2 tahun ke atas, Anda tidak harus memberikan susu formula lagi. Anda bisa memberikan 'susu biasa' seperti UHT full cream dengan total kalori antara 160-200 kkal per takaran saji. Di samping itu, ada pula susu UHT low fat atau non-fat yang umumnya mengandung total kalori lebih kecil.


Anda tetap bisa mengaplikasikan cara sebelumnya, yaitu cek daftar nilai gizi di balik kemasan produk dan cari 'Energi total'. Utamakan cari yang kalorinya tinggi apabila anak dirasa kurang berat badannya. Asumsinya, pada usia ini makanan dan snack anak lebih beragam.


  1. Jika sop ayam dengan nasi untuk 3 kali sehari = 900 kkal.
  2. Ditambahkan snack, misal popcorn = 120-150 kkal

1 cangkir popcorn sekitar 30 gram

Misal, anak susah makan usia 8 tahun dengan kebutuhan kalori 1350 kkal per hari. Susu UHT full cream dengan kalori 160-200 kkal mungkin akan lebih memudahkan anak untuk mencapai kebutuhan kalorinya dibanding susu anak biasa yang rata-rata hanya 100-120 kkal. 

2

Untuk mengoptimalkan penyerapan nutrien, pertimbangkan yang dilengkapi probiotik, zinc, vitamin C, AA, dan DHA

Pakar
Pakar
Tanpa penyerapan yang baik, asupan sebaik apa pun kurang berdampak terhadap berat badan anak.
Untuk mengoptimalkan penyerapan nutrien, pertimbangkan yang dilengkapi probiotik, zinc, vitamin C, AA, dan DHA
Ketika berat badan anak tidak bertambah, orang tua mungkin segera berupaya memperbaiki asupan makanan anak. Bahkan, tak jarang ada orang tua yang memberikan susu tinggi kalori sebagai tambahan asupan. Akan tetapi, segala asupan tersebut harus bisa diserap dengan baik oleh pencernaan anak agar hasilnya terlihat.

Karena itu, Anda perlu memastikan anak memperoleh asupan bahan yang bisa membantu vili-vili usus untuk meningkatkan penyerapannya. Penyerapan pada usus bisa didukung oleh probiotik dan mikronutrien, seperti zinc, vitamin C, AA, dan DHA. Anda bisa memenuhi kebutuhan probiotik dan mikronutrien tersebut dari makanan dan susu. Sebagai acuan, berikut ini nilai kecukupan gizi nutrien di atas sesuai rentang usia anak.


Usia 0-5 bulan:
  • Zinc: 1,1 mg
  • Vitamin C: 40 mg
  • DHA: 0,5 g
  • AA: 4,4 g

Usia 6-11 bulan:
  • Zinc: 3 mg
  • Vitamin C: 50 mg
  • DHA: 0,5 g
  • AA: 4,4 g

Usia 1-3 tahun:
  • Zinc: 3 mg
  • Vitamin C: 40 mg
  • DHA: 0,7 g
  • AA: 7 g

Untuk mengetahuinya, Anda bisa melihat daftar tabel spesifikasi pada rekomendasi produk di akhir artikel. Cek kolom 'Zinc', 'Vitamin C', 'DHA', dan 'AA' lalu pilih yang ada tanda centangnya. Tandanya, susu tersebut punya salah satu bahan-bahan tersebut. Bagaimana jika ada susu yang hanya punya salah satu kandungan bahan? Tidak masalah, karena Anda juga bisa memenuhinya dari sumber makanan lain.

dr.Diana F. Suganda, M.Kes, SpGK
Clinical Nutrition Specialist
dr.Diana F. Suganda, M.Kes, SpGK

Saat anak Anda sudah mulai MPASI, utamakan perbaikan berat badan melalui pemenuhan zat gizi dari makanan. Susu dapat dijadikan pelengkap dan diberikan saat snack time sebagai alternatif makanan atau minuman ringan yang lebih bergizi

3

Bagi anak yang intoleransi laktosa, berikan susu soya dalam jumlah lebih banyak untuk mengejar total kalori harian

Pakar
Pakar

Susu nabati secara alami tidak memiliki kandungan laktosa sama sekali. Namun, protein dalam susu nabati lebih rendah daripada susu hewani sehingga anak perlu mengonsumsi susu soya lebih banyak dibanding saat mengonsumsi susu hewani.

Bagi anak yang intoleransi laktosa, berikan susu soya dalam jumlah lebih banyak untuk mengejar total kalori harian
Jika hasil pemeriksaan dokter menunjukkan bahwa pencernaan anak Anda tidak dapat memproduksi enzim laktase, sebaiknya jangan berikan susu hewani. Anda perlu beralih ke susu formula nabati seperti soya. Namun, kelemahan susu nabati terletak pada kandungan gizinya yang tidak sama dengan susu hewani

Protein dalam susu nabati lebih rendah daripada susu hewani. Di samping itu, penyerapan nutrien dari susu hewani lebih baik dibandingkan susu nabati. Untuk mengatasi kelemahan tersebut, anak yang intoleransi laktosa harus mengonsumsi susu soya lebih banyak jika sedang berupaya menambah berat badan. Dengan begitu, anak bisa mengejar total kalori harian yang dibutuhkan setiap harinya. 

dr.Diana F. Suganda, M.Kes, SpGK
Clinical Nutrition Specialist
dr.Diana F. Suganda, M.Kes, SpGK

Susu tidak bisa menggantikan makan utama. Karena itu, pastikan konsumsinya tidak terlalu dekat dengan jam makan utama agar anak tetap mau makan.

4

Jika berat badan anak tak kunjung bertambah, cek asupan protein dan lemak

Pakar
Pakar
Berat badan anak yang semula stagnan bisa jadi akan meningkat saat asupan protein dan lemaknya ditingkatkan. 
Jika berat badan anak tak kunjung bertambah, cek asupan protein dan lemak
Pada beberapa kasus, ada kalanya anak sudah makan banyak, tetapi berat badannya tidak bertambah. Jika hal tersebut terjadi, Anda perlu memeriksa jenis asupan yang dikonsumsi anak. Alasannya, mungkin anak hanya banyak makan dari sisi kuantitas, tetapi jenis nutriennya hanya karbohidrat dan minim protein serta lemak

Oleh sebab itu, pastikan anak mengonsumsi cukup protein dan lemak. Anda pun bisa memilih susu yang mengandung banyak protein dan lemak. Sebagai contoh:


  • Merek A:
Protein: 2 gram
Lemak total: 4,2 gram

  • Merek B:
Protein: 2,2 gram
Lemak total: 5,1 gram

Berdasarkan contoh di atas, susu merek B diketahui memiliki kandungan protein dan lemak lebih banyak dibandingkan susu merek A. Nah, silakan Anda pilih susu merek B untuk membantu meningkatkan berat badan anak.
dr.Diana F. Suganda, M.Kes, SpGK
Clinical Nutrition Specialist
dr.Diana F. Suganda, M.Kes, SpGK
Perkembangan berat badan anak perlu dipantau bersama dokter sebulan sekali. Pada kasus parah, berkonsultasilah dengan dokter 2 minggu sekali. Saat asupan nutrisi anak sudah makin bagus, susu tinggi kalori tidak perlu diberikan lagi. Silakan kembali memberikan susu biasa kepada anak.

Namun jika anak susah makan, pilih yang dilengkapi temulawak atau minyak ikan untuk bantu meningkatkan nafsu makan

Pakar
Pakar

Baik temulawak maupun minyak ikan, keduanya memiliki manfaat kesehatan yang dapat membantu memperbaiki nafsu makan dan meningkatkan asupan nutrisi anak.

Namun jika anak susah makan, pilih yang dilengkapi temulawak atau minyak ikan untuk bantu meningkatkan nafsu makan

Beberapa anak mungkin memang susah makan karena nafsu makannya rendah. Susu dapat dikonsumsi untuk membantu mengatasi hal ini. Namun, pastikan Anda memilih susu yang dilengkapi ekstrak temulawak atau minyak ikan. Alasannya sebagai berikut.


  • Temulawak

Temulawak adalah tanaman herbal yang bisa meningkatkan nafsu makan. Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga bisa mendapatkan manfaatnya melalui konsumsi susu yang mengandung ekstrak temulawak.


  • Minyak ikan

Minyak ikan dapat memperbaiki sel dan fungsi indra pengecap. Dengan demikian, taste bud yang semula tumpul dan bland bisa menjadi lebih peka sehingga nafsu makan anak akan meningkat. 


Untuk mengetahuinya, Anda bisa melihat daftar tabel spesifikasi pada rekomendasi produk di akhir artikel. Cek kolom 'Temulawak' dan 'Minyak ikan', lalu pilih yang ada tanda centangnya. Utamakan susu yang punya salah satu dari dua bahan ini.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Susu Penambah Berat Badan Anak Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Susu Penambah Berat Badan Anak terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 28 Februari 2024).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Usia pengguna
Total kalori
Zinc
Vitamin C
AA
DHA
Temulawak
Minyak ikan
Sumber susu
Varian rasa
Pilihan ukuran
No. BPOM
1

Nestlé

LACTOGROW 4 - Madu

Nestlé LACTOGROW 4 - Madu 1

Rp124.200

Agak Mahal

Kandungan minyak ikan membuat anak lahap makan

3-5 tahun

160 kkal

Hewani

Madu

350 g, 735 g, 1 kg

MD 805028023047

2

Ultrajaya

Ultramilk Susu UHT Full Cream

Ultrajaya Ultramilk Susu UHT Full Cream 1

Rp18.500

Agak Murah

Susu full cream yang rasanya creamy dan kaya akan nutrisi

>2 tahun

130 kkal

Hewani

Plain

125 ml, 200 ml, 250 ml, 1000 ml

MD 400210021129

3

Mead Johnson

Enfagrow A+ 4 Neurapro - Vanilla

Mead Johnson Enfagrow A+ 4 Neurapro - Vanilla 1

Rp196.000

Lebih Mahal

Berat badan anak meningkat, otak pun cerdas!

3-12 tahun

170 kkal

Hewani

Vanila

400 g, 800 g

ML 805009011383

4

Nestlé

DANCOW FortiGro Instant

Nestlé DANCOW FortiGro Instant  1

Rp27.500

Agak Murah

Lengkapi nutrisi anak usia sekolah

6-12 tahun

120 kkal

Hewani

Vanila

195 g, 390 g, 780 g, 1 kg

MD 605013076007

5

Frisian Flag

Primagro 1+ Cokelat

Frisian Flag Primagro 1+ Cokelat 1

Rp59.700

Menengah

Mengandung nutrisi baik dan seimbang untuk si kecil!

1-3 tahun

170 kkal

Hewani

Cokelat

100 g, 120 g, 150 g, 360 g, 750 g, 1200 g, 3000 g, dan beberapa ukuran lainnya

MD 270976001400190

6

Frisian Flag

Susu UHT Full Cream

Frisian Flag Susu UHT Full Cream 1

Rp6.800

Lebih Murah

Susu siap minum dengan kandungan lemak full cream

>2 tahun

110 kkal

Hewani

Plain

225 ml, 900 ml, 946 ml

MD 400209152172

7

Sarihusada

SGM Eksplor 3 Plus Pro-gress Maxx dengan IronC - Madu

Sarihusada SGM Eksplor 3 Plus Pro-gress Maxx dengan IronC - Madu 1

Rp70.400

Menengah

IronC untuk dukung tumbuh kembang si aktif

3-5 tahun

170 kkal

Hewani

Madu

150 g, 200 g, 300 g, 400 g, 450 g, 600 g, dan beberapa ukuran lainnya

MD 805012053019

8

Morinaga

Chil Kid Soya - Vanila

Morinaga  Chil Kid Soya - Vanila 1

Rp89.000

Agak Mahal

Solusi bagi anak yang alergi susu sapi

1-3 tahun

150 kkal

Nabati

Vanila

64 g, 200 g, 600 g

MD 862210405281

9

Vidoran

Xmart Soya 1+ Madu

Vidoran Xmart Soya 1+ Madu 1

Rp35.000

Menengah

Formula susunya diperkaya dengan minyak hati ikan cod yang dapat menambah kecerdasan anak

1-5 tahun

180 kkal

Nabati

Madu

100 g, 200 g, 300 g, 350 g, 400 g, 725 g, dan beberapa ukuran lainnya

MD 832010041209

10

Soho Global Health

Curcuma Plus Milk - Cokelat

Soho Global Health Curcuma Plus Milk - Cokelat 1

Rp38.994

Menengah

Ekstrak temulawak tingkatkan nafsu makan anak

1-6 tahun

130 kkal

Hewani

Cokelat

180 g, 350 g, 750 g

MD 270911000100241

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

NestléLACTOGROW 4 - Madu

LACTOGROW 4 - Madu 1
Sumber: lactoclub.co.id
LACTOGROW 4 - Madu 2
Sumber: shopee.co.id
LACTOGROW 4 - Madu 3
Sumber: shopee.co.id
LACTOGROW 4 - Madu 4
Sumber: shopee.co.id
LACTOGROW 4 - Madu 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp124.200
Agak Mahal
Harga referensi
Rp124.200
Agak Mahal
Usia pengguna3-5 tahun
Total kalori160 kkal
Sumber susuHewani
Zinc
Vitamin C
AA
DHA
Temulawak
Minyak ikan

Kandungan minyak ikan membuat anak lahap makan

Sebelum bernama LACTOGROW, susu produksi Nestlé ini lebih dikenal dengan nama Lactogen. Menariknya, susu untuk menambah berat badan anak ini mengandung minyak ikan. Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, minyak ikan mampu merangsang nafsu makan.


Selain itu, LACTOGROW dilengkapi dengan formula HAPPYNUTRI yang dibutuhkan anak-anak supaya bisa bertumbuh dengan sehat. Kalau anak-anak Anda tidak suka susu plain, pilih saja susu ini dengan varian rasa madu.

Varian rasaMadu
Pilihan ukuran350 g, 735 g, 1 kg
No. BPOMMD 805028023047
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

UltrajayaUltramilk Susu UHT Full Cream

Harga referensi
Rp18.500
Agak Murah
Usia pengguna>2 tahun
Total kalori130 kkal
Sumber susuHewani
Zinc
Vitamin C
AA
DHA
Temulawak
Minyak ikan

Susu full cream yang rasanya creamy dan kaya akan nutrisi

Bila anak Anda sudah berusia di atas 2 tahun, mungkin susu UHT full cream dari Ultramilk ini bisa Anda beli. Susu ini terbuat dari bahan 100% susu sapi yang berkualitas tinggi. Tidak hanya itu, susu UHT full cream juga memiliki rasa yang lezat dan creamy. Untuk nutrisinya, Anda tidak perlu khawatir karena produk susu ini diperkaya dengan protein, kalsium, vitamin A, dan vitamin D. Susu ini bisa dikonsumsi oleh anak-anak dan orang dewasa, ya.

Varian rasaPlain
Pilihan ukuran125 ml, 200 ml, 250 ml, 1000 ml
No. BPOMMD 400210021129
No.3

Mead JohnsonEnfagrow A+ 4 Neurapro - Vanilla

Harga referensi
Rp196.000
Lebih Mahal
Usia pengguna3-12 tahun
Total kalori170 kkal
Sumber susuHewani
Zinc
Vitamin C
AA
DHA
Temulawak
Minyak ikan

Berat badan anak meningkat, otak pun cerdas!

Produk ini adalah pilihan tepat untuk Anda yang ingin memastikan otak anak berkembang dengan optimal. Tingginya kandungan omega-3 & omega-6 dalam produk ini akan mendukung perkembangan otak si kecil.

Ada juga sphingomyelin dan fosfolipid yang dapat membantu meningkatkan konsentrasi, daya ingat, kemampuan berbicara, dan kemampuan kognitifnya. Dengan memilih produk ini, selain berat badan meningkat, anak juga akan tumbuh cerdas!

Varian rasaVanila
Pilihan ukuran400 g, 800 g
No. BPOMML 805009011383
No.4

NestléDANCOW FortiGro Instant

Harga referensi
Rp27.500
Agak Murah
Usia pengguna6-12 tahun
Total kalori120 kkal
Sumber susuHewani
Zinc
Vitamin C
AA
DHA
Temulawak
Minyak ikan

Lengkapi nutrisi anak usia sekolah

Anak usia sekolah biasanya memiliki kegiatan yang padat dan cenderung aktif bergerak. Kebutuhan nutrisi dan kalori harian mereka jelas berbeda dengan anak yang belum bersekolah. Terkadang, nutrisi dari makanan saja tidak cukup. Untuk itu, DANCOW FortiGro Instant hadir guna memenuhi nutrisi harian mereka.


Susu ini kaya akan protein, kalsium, dan vitamin D yang penting untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Selain itu, susu ini juga mampu membantu meningkatkan konsentrasi serta sistem kekebalan tubuh.

Varian rasaVanila
Pilihan ukuran195 g, 390 g, 780 g, 1 kg
No. BPOMMD 605013076007
No.5

Frisian FlagPrimagro 1+ Cokelat

Harga referensi
Rp59.700
Menengah
Usia pengguna1-3 tahun
Total kalori170 kkal
Sumber susuHewani
Zinc
Vitamin C
AA
DHA
Temulawak
Minyak ikan

Mengandung nutrisi baik dan seimbang untuk si kecil!

Frisian Flag Primagro 1+ diperuntukkan bagi anak-anak usia 1-3 tahun yang membutuhkan nutrisi tambahan. Dalam produk ini terkandung 12 vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh. Kombinasi minyak ikan, zat besi, ALA, dan LA dapat membantu si kecil menjadi pintar plus kreatif. Bukan hanya kaya nutrisi, susu ini juga memiliki rasa cokelat yang disukai anak-anak.

Varian rasaCokelat
Pilihan ukuran100 g, 120 g, 150 g, 360 g, 750 g, 1200 g, 3000 g, dan beberapa ukuran lainnya
No. BPOMMD 270976001400190
No.6

Frisian FlagSusu UHT Full Cream

Harga referensi
Rp6.800
Lebih Murah
Usia pengguna>2 tahun
Total kalori110 kkal
Sumber susuHewani
Zinc
Vitamin C
AA
DHA
Temulawak
Minyak ikan

Susu siap minum dengan kandungan lemak full cream

Tahukah Anda bahwa susu UHT full cream dapat membantu menambah berat badan anak. Untuk itu, kami ingin merekomendasikan produk susu UHT full cream dari Frisian Flag. Produk ini memiliki rasa yang creamy dan gurih. Tidak hanya itu, produk ini juga kaya akan nutrisi sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan, produk ini diklaim mampu meningkatkan fungsi otak dan menjaga kesehatan tulang, lho.

Varian rasaPlain
Pilihan ukuran225 ml, 900 ml, 946 ml
No. BPOMMD 400209152172
No.7

SarihusadaSGM Eksplor 3 Plus Pro-gress Maxx dengan IronC - Madu

Harga referensi
Rp70.400
Menengah
Usia pengguna3-5 tahun
Total kalori170 kkal
Sumber susuHewani
Zinc
Vitamin C
AA
DHA
Temulawak
Minyak ikan

IronC untuk dukung tumbuh kembang si aktif

Yuk, dukung tumbuh kembang anak Anda yang aktif dengan memenuhi kebutuhan gizinya. Susu SGM ini dilengkapi dengan Pro-gress Maxx atau IronC, yaitu kombinasi unik zat besi dan vitamin C. IronC ini akan berperan untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi penting pada tubuh anak.


Dengan demikian, geraknya yang aktif tidak akan terhambat lagi. Berkat nutrisi dari susu ini, anak Anda akan berpikir cepat, gigih, percaya diri, tumbuh tinggi, dan aktif bersosialiasi.

Varian rasaMadu
Pilihan ukuran150 g, 200 g, 300 g, 400 g, 450 g, 600 g, dan beberapa ukuran lainnya
No. BPOMMD 805012053019
No.8

Morinaga Chil Kid Soya - Vanila

Harga referensi
Rp89.000
Agak Mahal
Usia pengguna1-3 tahun
Total kalori150 kkal
Sumber susuNabati
Zinc
Vitamin C
AA
DHA
Temulawak
Minyak ikan

Solusi bagi anak yang alergi susu sapi

Memiliki anak dengan riwayat alergi susu sapi dan laktosa tentu menjadi PR tersendiri bagi orang tua. Namun, kini Anda tak perlu khawatir susu soya ini ditujukan bagi anak-anak penderita galaktosemia atau mereka yang alergi protein sapi.


Meski bukan terbuat dari susu sapi, Anda tak usah meragukan kandungan nutrisi yang ada pada susu ini. Morinaga Chil Kid Soya mengombinasikan zat gizi makro dan mikro yang mampu mendukung pertumbuhan fisik atau kecerdasan multitalenta anak.

Varian rasaVanila
Pilihan ukuran64 g, 200 g, 600 g
No. BPOMMD 862210405281
No.9

VidoranXmart Soya 1+ Madu

Harga referensi
Rp35.000
Menengah
Usia pengguna1-5 tahun
Total kalori180 kkal
Sumber susuNabati
Zinc
Vitamin C
AA
DHA
Temulawak
Minyak ikan

Formula susunya diperkaya dengan minyak hati ikan cod yang dapat menambah kecerdasan anak

Apakah anak Anda sering mengalami alergi saat minum susu? Jika iya, mungkin anak Anda kurang cocok dengan susu dengan sumber bahan hewani. Nah, susu dari Vidoran ini bersumber dari bahan nabati sehingga aman untuk anak yang alergi susu hewani. 


Tidak hanya aman untuk anak yang alergi, susu ini juga diperkaya dengan minyak hati ikan cod. Minyak hati ikan cod sendiri diklaim mampu menjaga daya tahan tubuh, menambah kecerdasan anak, dan membantu tumbuh kembang anak.

Varian rasaMadu
Pilihan ukuran100 g, 200 g, 300 g, 350 g, 400 g, 725 g, dan beberapa ukuran lainnya
No. BPOMMD 832010041209
No.10

Soho Global HealthCurcuma Plus Milk - Cokelat

Harga referensi
Rp38.994
Menengah
Usia pengguna1-6 tahun
Total kalori130 kkal
Sumber susuHewani
Zinc
Vitamin C
AA
DHA
Temulawak
Minyak ikan

Ekstrak temulawak tingkatkan nafsu makan anak

Apakah akhir-akhir ini putra-putri Anda sedang kehilangan nafsu makan? Coba berikan susu Curcuma Plus ini. Susu ini mengandung ekstrak temu lawak alami yang teruji mampu meningkatkan nafsu makan. Meski mengandung temu lawak, rasanya tidak seperti jamu, tetapi seperti susu pada umumnya dengan rasa cokelat.


Curcuma Plus juga mengandung bahan-bahan yang baik untuk tumbuh kembang anak, seperti protein, kalsium, DHA, dan kolin. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anak-anak disarankan minum dua gelas dalam sehari. Setelah minum susu ini secara rutin, anak-anak akan makan dengan lahap.

Varian rasaCokelat
Pilihan ukuran180 g, 350 g, 750 g
No. BPOMMD 270911000100241

5 Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan Anak terbaik

No. 1: NestléLACTOGROW 4 - Madu

No. 2: UltrajayaUltramilk Susu UHT Full Cream

No. 3: Mead JohnsonEnfagrow A+ 4 Neurapro - Vanilla

No. 4: NestléDANCOW FortiGro Instant

No. 5: Frisian FlagPrimagro 1+ Cokelat

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Ibu & anak
  3. Makanan & susu bayi
  4. 10 Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dokter Spesialis Gizi]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.