• 10 Merk Susu Penambah Berat Badan Anak Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Merk Susu Penambah Berat Badan Anak Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Merk Susu Penambah Berat Badan Anak Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Merk Susu Penambah Berat Badan Anak Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Merk Susu Penambah Berat Badan Anak Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Merk Susu Penambah Berat Badan Anak Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)

Anak sehat dan berbadan kuat adalah dambaan setiap orang tua. Salah satu cara yang dilakukan agar dapat menaikkan berat badan anak adalah memberikan susu penggemuk badan. Ada banyak merek susu penambah berat badan anak yang beredar, seperti Dancow, PediaComplete, atau Curcuma Plus.


Kali ini kami akan membagikan tips memilih susu penambah berat badan untuk anak. Kami juga akan merekomendasikan susu formula tinggi kalori yang bagus dan sesuai dengan usia anak. Selain itu, terdapat juga komentar dari ahli gizi, Leona Victoria untuk menambah wawasan Anda. Simak sampai akhir, ya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Leona Victoria
  • Pembaharuan terakhir: 26 Oktober 2021
Daftar isi

Profil pakar: Nutritionist, Leona Victoria, MND

Profil pakar: Nutritionist, Leona Victoria, MND

Victoria adalah ahli gizi yang memiliki akreditasi praktik dari Dietitians Association of Australia. Wanita yang memiliki gelar Master of Nutrition and Dietetics ini sudah 10 tahun berpengalaman menangani diabetes, weight management, mindful eating, dan gizi anak.


Pengalaman kerjanya di Sydney meliputi allergy clinic (RPAH), diabetes center (RNSH), dan Blacktown Medical Center. Di Indonesia Victoria banyak bekerja untuk corporate campaign seperti Kraft, Wyeth Nutrition, Meat & Livestock Australia, dan Pepsodent.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih susu penambah berat badan anak

Supaya mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus memberikan susu yang tepat bagi anak. Untuk itu, sebelum membeli susu penambah berat badan, sebaiknya Anda menyimak poin-poin penting yang akan kami sampaikan. Baca hingga tuntas, ya!

Sesuaikan susu dengan usia anak

Sesuaikan susu dengan usia anak

Berapa usia anak Anda sekarang? Di bawah tiga tahun (batita), di bawah lima tahun (balita), atau sudah lima tahun ke atas? Dalam tiap fase tumbuh kembang anak, mereka membutuhkan asupan gizi dan nutrisi yang berbeda sesuai tingkat usia dan aktivitasnya


Untuk itu, saat hendak memberikan susu penambah berat badan, sebaiknya Anda melihat usia anak yang disarankan. Jangan sampai Anda memberikan susu untuk anak sepuluh tahun kepada anak Anda yang baru berusia dua tahun. Sebab, bisa jadi susu tersebut mengandung bahan tertentu yang tidak cocok untuk anak batita. Sesuaikanlah susu dengan usia buah hati Anda.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Komposisi kandungan zat besi sangat berbeda untuk anak di bawah dan di atas satu tahun. Menurut AKG 2019, bayi yang berusia 6–12 bulan membutuhkan 11 mg zat besi per hari. Berbeda dengan anak 1–3 tahun yang hanya membutuhkan 7 mg. Sementara itu, anak yang berumur di atas 3 tahun membutuhkan 10 mg zat besi tiap harinya.


Biasanya, susu dapat dikatakan tinggi kalori jika mengandung minimum 8 kkal/ml. Anda dapat mendapatkan angka ini dengan membagi jumlah kalori per takaran saji dengan saran takaran saji (dalam ml). 

Perhatikan kandungan dalam susu penambah berat badan

Jangan asal memberikan susu kepada anak. Anda harus memperhatikan kandungan nutrisi yang ada dalam produk susu tersebut. Supaya mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya susu penambah berat badan anak mengandung zat-zat yang kami jelaskan di bawah ini.

Protein, untuk membantu pembentukan otot anak

Protein, untuk membantu pembentukan otot anak

Protein pada susu memiliki kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika kekebalan tubuh bagus, anak tidak akan mudah jatuh sakit. Selain itu, protein memiliki peran yang besar dalam pembentukan jaringan dan sel-sel tubuh. Protein membantu membentuk massa otot agar lebih besar, artinya berat badan anak pun akan meningkat.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Kecukupan protein dalam proses pertumbuhan yang paling kasat mata adalah pertambahan tinggi badan anak. Karena untuk bertambah tinggi, selain pertumbuhan tulang, massa otot yang mengelilingi tulang juga perlu bertambah. Kekurangan energi dan protein kronis bisa menyebabkan wasting (kurus) dan stunting (pendek). Wasting dan stunting adalah salah satu masalah utama pada anak di Indonesia.

Kalsium, baik untuk pertumbuhan tulang

Kalsium, baik untuk pertumbuhan tulang

Kalsium memiliki peranan yang penting dalam tumbuh kembang anak. Mineral ini mampu meningkatkan kecerdasan, memperkuat sistem imun tubuh, serta menjaga sistem kardiovaskular. Kalsium juga memiliki peran yang penting untuk membentuk jaringan pada tulang. Tanpa kalsium yang seimbang, tulang dan gigi akan rentan dan mudah rapuh. Untuk itu, pastikan susu anak kaya kalsium.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Kalsium merupakan komponen utama pembentuk massa otot. Karena itu, kebutuhan kalsium harus terpenuhi selama masa pertumbuhannya agar anak bisa bertambah tinggi. Selain itu, sebagai elektrolit, kalsium diperlukan juga untuk mengatur detak jantung yang normal. Kram otot juga dapat dicegah dengan asupan kalsium, magnesium, dan kalium.

Zinc, membantu proses penyerapan gizi makanan

Zinc, membantu proses penyerapan gizi makanan

Salah satu alasan berat badan anak tidak kunjung naik adalah tubuh tidak memiliki kemampuan untuk menyerap gizi dengan baik. Setiap makanan yang masuk hanya mengenyangkan perut, tetapi tidak bisa membentuk massa otot. Untuk itu, diperlukan susu dengan kandungan zinc yang mencukupi. Zinc sendiri dipercaya mampu membantu proses penyerapan gizi makanan dalam tubuh.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Zinc adalah mineral kedua terbanyak di dalam tubuh setelah zat besi. Namun, tidak seperti zat besi, zinc tidak memiliki sistem penyimpanan tertentu di dalam tubuh. Maka dari itu, kebutuhan zinc harus dipenuhi dari diet atau makanan sehari-hari. Zinc juga dibutuhkan sebagai bahan pembentuk enzim-enzim pencernaan. Kekurangan zinc dapat membuat perubahan cita rasa di lidah anak dan menghilangkan nafsu makan. 

Probiotik, membantu mempertahankan fungsi saluran cerna

Probiotik, membantu mempertahankan fungsi saluran cerna

Probiotik merupakan mikroorganisme hidup berupa bakteri baik yang berada di sistem pencernaan manusia. Probiotik membantu proses pencernaan, memelihara kesehatan sistem cerna, serta mencegah terjadinya konstipasi. Ada tiga jenis probiotik yang dikenal masyarakat, yakni Lactobacillus, Saccharomyces boulardii, dan Bifidobacterium.


Saat memiliki saluran cerna yang baik, anak akan makan dengan lahap. Semua kandungan mineral dan vitamin dalam makanan pun bisa dicerna dan diserap oleh tubuh. Hal itu menjadikan tubuh sehat, imunitas meningkat, serta perkembangan sel sempurna. Probiotik juga dapat membantu mengoptimalkan penyerapan kalsium.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Selain konstipasi, probiotik pun baik diberikan saat ada gangguan pencernaan lain, seperti diare, kembung, dan mual. Ada baiknya susu berprobiotik rutin diminum setiap hari untuk memastikan keseimbangan mikroflora atau bakteri baik pada usus. 

AA dan DHA, meningkatkan kekebalan tubuh dan perkembangan otak

AA dan DHA, meningkatkan kekebalan tubuh dan perkembangan otak

AA (Arachidonic acid) adalah salah satu kelompok dari omega-6 yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Sementara itu, DHA (Docosahexaenoic acid) adalah salah satu kelompok dari omega-3 yang berfungsi untuk membantu perkembangan otak anak.

 
Keduanya termasuk asam lemak tak jenuh yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh, tetapi didapatkan dari makanan dan susu. Jadi, untuk mendukung tumbuh kembang fisik dan kognitifnya, penting untuk Anda mencari susu formula anak yang mengandung AA dan DHA.

Pilih susu yang mampu meningkatkan nafsu makan anak

Pilih susu yang mampu meningkatkan nafsu makan anak

Satu hal yang harus selalu diingat, minum susu bukanlah pengganti makan. Cara paling efektif untuk menaikkan berat badan adalah dengan makan makanan yang sehat dan bergizi. Sayangnya, ada banyak anak yang kerap kehilangan nafsu makan.


Jika nafsu makan anak berkurang, Anda bisa memberinya perangsang nafsu makan seperti minyak ikan dan curcuma (temulawak). Saat ini, ada beberapa susu pertumbuhan yang menambahkan bahan tersebut dalam komposisinya. Setelah minum susu dengan kandungan tersebut, nafsu makan anak biasanya akan meningkat.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Jadwalkan susu sebagai pilihan pada jam ngemil dan sebelum tidur malam sehingga terpisah dari jam makan utama. Dengan demikian, jadwal minum susu tidak membuat anak terlalu kenyang di jam makan utama. Susu adalah bagian dari pola makan berimbang dan sehat, tetapi tidak menggantikan makanan utama.

10 Rekomendasi susu penambah berat badan anak terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk susu penambah berat badan anak terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Leona Victoria, MND.

10
Pilihan isi kemasan400 g, 900 g
Pilihan rasaVanila
Usia1–3 tahun
Kalori total170 kkal per takaran saji (35,2 g)
Zat besi1,94 mg (25%)
Protein✔︎
Kalsium✔︎
Zink✔︎
ProbiotikLactobacillus acidophilus, Bifidobacterium lactis
AA dan DHAAA: 22,2 mg・DHA:18 mg
Kandungan penambah nafsu makanTidak ada
Kandungan lainnyaAL, AAL, GOS, kolin, taurin, biotin
9
Pilihan isi kemasan300 g, 600 g
Pilihan rasaVanila, madu
Usia1–3 tahun
Kalori total150 kkal per takaran saji (32 g)
Zat besi2,6 mg (30%)
Protein✔︎
Kalsium✔︎
Zink✔︎
ProbiotikBifidobacterium longum BB536, Bifidobacterium breve M-16V, Bifidobacterium longum subsp. infantis M-63
AA dan DHAAA: 13 mg・DHA: 13 mg
Kandungan penambah nafsu makanTidak ada
Kandungan lainnyaL-metionin, sistein, taurin, karnitin, FOS, AL, AAL
8
Pilihan isi kemasan900 g
Pilihan rasaVanila
Usia1–10 tahun
Kalori total200 kkal per takaran saji (42 g)
Zat besi15%
Protein✔︎
Kalsium✔︎
Zink✔︎
ProbiotikTidak disebutkan
AA dan DHAAA: 5,2 mg・DHA: 3,6 mg
Kandungan penambah nafsu makanTidak ada
Kandungan lainnyaAL, AAL, L-karnitin, biotin, taurin, kolin
7
Pilihan isi kemasan750 g, 1 kg
Pilihan rasaVanila, madu
Usia3–5 tahun
Kalori total160 kkal per takaran saji (35,32 g)
Zat besi8%
Protein✔︎
Kalsium✔︎
Zink✔︎
ProbiotikLactobacillus reuteri DSM 17938
AA dan DHAAA: tidak disebutkan・DHA: 12,7 mg
Kandungan penambah nafsu makanTidak ada
Kandungan lainnyaAL, AAL, biotin, kolin
6
Pilihan isi kemasan400 g, 800 g, 1800 g
Pilihan rasaMadu, vanila
Usia3–6 tahun
Kalori total170 kkal per takaran saji (30 g)
Zat besi30%
Protein✔︎
Kalsium✔︎
Zink✔︎
ProbiotikTidak disebutkan
AA dan DHAAA: tidak disebutkan・DHA: 13,5 mg
Kandungan penambah nafsu makanTidak ada
Kandungan lainnyaFOS, GOS
5
Pilihan isi kemasan400 g, 900 g
Pilihan rasaPlain
Usia4–12 tahun
Kalori total200 kkal per takaran saji (45 g)
Zat besi10%
Protein✔︎
Kalsium✔︎
Zink✔︎
ProbiotikLactobacillus paracasei, Bifidabocterium
AA dan DHAAA: 5 mg・DHA: 5 mg
Kandungan penambah nafsu makanTidak ada
Kandungan lainnyaAL, AAL, nukleotida, FOS, GOS
4
Pilihan isi kemasan180 g, 350 g, 750 g
Pilihan rasaStrawberry, cokelat, vanila, madu
Usia1–6 tahun
Kalori total190 kkal per takaran saji (40 g)
Zat besi8%
Protein✔︎
Kalsium✔︎
Zink✔︎
ProbiotikTidak disebutkan
AA dan DHAAA: tidak disebutkan・DHA: 6 mg
Kandungan penambah nafsu makanEkstrak temulawak
Kandungan lainnyaInulin, FOS, taurine
3

Sarihusada Generasi MahardikaSGM Eksplor 3 Plus

Mulai dari Rp 52.200,00

Pilihan isi kemasan150 g, 400 g, 600 g, 900 g
Pilihan rasaCokelat, madu, vanila
Usia3–5 tahun
Kalori total170 kkal per takaran saji (40 g)
Zat besi15%
Protein✔︎
Kalsium✔︎
Zink✔︎
ProbiotikTidak disebutkan
AA dan DHAAA: tidak disebutkan・DHA: 6 mg
Kandungan penambah nafsu makanTidak ada
Kandungan lainnyaAsam amino essensial
2
Pilihan isi kemasan27 gr, 200 gr, 400 g, 800 g, 1000 g
Pilihan rasaPlain, cokelat, full cream
UsiaAnak sekolah
Kalori total120 kkal per takaran saji (25 g)
Zat besi10%
Protein✔︎
Kalsium✔︎
Zink✔︎
ProbiotikTidak disebutkan
AA dan DHATidak disebutkan
Kandungan penambah nafsu makanTidak ada
Kandungan lainnyaBiotin, kolin
1
Pilihan isi kemasan400 g, 850 g
Pilihan rasaVanila
Usia1–10 tahun
Kalori total226 kkal per takaran saji (49 g)
Zat besi5,18 mg
Protein✔︎
Kalsium✔︎
Zink✔︎
ProbiotikTidak disebutkan
AA dan DHAAA: 1,5 mg・DHA: 4,6 mg
Kandungan penambah nafsu makanTidak ada
Kandungan lainnyaAL, AAL, taurin, karnitin

Tabel perbandingan produk susu penambah berat badan anak terbaik

Gambar produk
1
Abbott Family PediaComplete 1

Abbott Family

2
Nestle Dancow Fortigrow Instant 1

Nestle

3
Sarihusada Generasi Mahardika SGM Eksplor 3 Plus 1

Sarihusada Generasi Mahardika

4
Soho Global Health Curcuma Plus Milk 1

Soho Global Health

5
Friesland Campina Friso Gold 4 1

Friesland Campina

6
Nutricia Bebelac 4  1

Nutricia

7
Nestle Lactogrow 4 1

Nestle

8
Wyeth Nutrition S-26 NutriSure GOLD 1

Wyeth Nutrition

9
Kalbe Morinaga Chil Kid Soya MoriCare+ Prodiges 1

Kalbe

10
Abbott  Similac Gain Plus 1

Abbott

Nama produk

PediaComplete

Dancow Fortigrow Instant

SGM Eksplor 3 Plus

Curcuma Plus Milk

Friso Gold 4

Bebelac 4

Lactogrow 4

S-26 NutriSure GOLD

Morinaga Chil Kid Soya MoriCare+ Prodiges

Similac Gain Plus

Keunggulan

Penuhi nutrisi harian anak yang susah makan

Lengkapi nutrisi anak sekolah yang aktif bergerak

IronC untuk optimalkan tumbuh kembang anak aktif

Ekstrak temulawak tingkatkan nafsu makan anak

Lebih praktis dan higienis dengan protection lid

Dengan prebiotik FOS:GOS yang membantu sistem cerna

Kandungan minyak ikan membuat anak lahap makan

Mengandung makronutrien dan mikronutrien yang diperlukan anak

Solusi bagi anak yang alergi susu sapi

Mengandung nutrisi baik dan seimbang untuk tumbuh kembang anak!

Harga mulai dariRp 146.900,00Rp 95.000,00Rp 52.200,00Rp 26.300,00Rp 132.000,00Rp 63.000,00Rp 125.000,00Rp 264.000,00Rp 86.000,00Rp 555.000,00
Pilihan isi kemasan400 g, 850 g27 gr, 200 gr, 400 g, 800 g, 1000 g150 g, 400 g, 600 g, 900 g180 g, 350 g, 750 g400 g, 900 g400 g, 800 g, 1800 g750 g, 1 kg900 g300 g, 600 g400 g, 900 g
Pilihan rasaVanilaPlain, cokelat, full creamCokelat, madu, vanilaStrawberry, cokelat, vanila, maduPlainMadu, vanilaVanila, maduVanilaVanila, maduVanila
Usia1–10 tahunAnak sekolah3–5 tahun1–6 tahun4–12 tahun3–6 tahun3–5 tahun1–10 tahun1–3 tahun1–3 tahun
Kalori total226 kkal per takaran saji (49 g)120 kkal per takaran saji (25 g)170 kkal per takaran saji (40 g)190 kkal per takaran saji (40 g)200 kkal per takaran saji (45 g)170 kkal per takaran saji (30 g)160 kkal per takaran saji (35,32 g)200 kkal per takaran saji (42 g)150 kkal per takaran saji (32 g)170 kkal per takaran saji (35,2 g)
Zat besi5,18 mg10%15%8%10%30%8%15%2,6 mg (30%)1,94 mg (25%)
Protein✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎
Kalsium✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎
Zink✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎
ProbiotikTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanLactobacillus paracasei, BifidabocteriumTidak disebutkanLactobacillus reuteri DSM 17938Tidak disebutkanBifidobacterium longum BB536, Bifidobacterium breve M-16V, Bifidobacterium longum subsp. infantis M-63Lactobacillus acidophilus, Bifidobacterium lactis
AA dan DHAAA: 1,5 mg・DHA: 4,6 mgTidak disebutkanAA: tidak disebutkan・DHA: 6 mgAA: tidak disebutkan・DHA: 6 mgAA: 5 mg・DHA: 5 mgAA: tidak disebutkan・DHA: 13,5 mgAA: tidak disebutkan・DHA: 12,7 mgAA: 5,2 mg・DHA: 3,6 mgAA: 13 mg・DHA: 13 mgAA: 22,2 mg・DHA:18 mg
Kandungan penambah nafsu makanTidak adaTidak adaTidak adaEkstrak temulawakTidak adaTidak adaTidak adaTidak adaTidak adaTidak ada
Kandungan lainnyaAL, AAL, taurin, karnitinBiotin, kolinAsam amino essensialInulin, FOS, taurineAL, AAL, nukleotida, FOS, GOSFOS, GOSAL, AAL, biotin, kolinAL, AAL, L-karnitin, biotin, taurin, kolinL-metionin, sistein, taurin, karnitin, FOS, AL, AALAL, AAL, GOS, kolin, taurin, biotin
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar cara menaikkan berat badan anak

Pertanyaan umum seputar cara menaikkan berat badan anak

Selain penjelasan di atas, Anda mungkin memiliki pertanyaan lain seputar cara menaikkan berat badan anak. Oleh karena itu, kami akan merangkumnya pada penjelasan berikut ini.

Bagaimana cara agar berat badan anak cepat naik?

  • Berikan makanan dan minuman yang berkalori serta berprotein tinggi.
  • Tambahkan asupan karbohidrat dari nasi, kentang, ubi, kacang-kacangan, dan pasta.
  • Tambahkan asupan lemak pada makanan, misalnya mentega, mayones, keju, atau minyak zaitun.
  • Beri makan anak secara teratur, yaitu tiga kali sehari dan dua kali makanan selingan.
  • Biarkan anak aktif bergerak dan berolahraga, misalnya dengan menari, berenang, dan bersepeda.

Baca juga rekomendasi produk susu lainnya untuk anak di sini

Selain susu penambah berat badan, kami juga memiliki beberapa rekomendasi produk susu yang bisa diminum oleh anak-anak. Ada susu penambah tinggi, susu UHT, susu kental manis, hingga susu kedelai. Anda bisa membacanya pada tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan kami mengenai produk susu penambah berat badan anak. Apakah Anda sudah menemukan produk yang tepat untuk dikonsumsi anak tercinta?


Perlu diketahui bahwa mengonsumsi susu hanyalah salah satu cara untuk mendapatkan berat badan ideal. Selain itu, anak-anak juga harus mengonsumsi makanan sehat yang mengandung banyak nutrisi. Selamat berjuang untuk menaikkan berat badan anak-anak, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Merk Susu Evaporasi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Susu Evaporasi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Ada banyak minuman dan makanan yang makin nikmat jika diberi tambahan susu. Namun, tidak semua susu baik untuk kesehatan keluarga. Susu evaporasi adalah salah satu jenis susu sehat yang bisa Anda pertimbangkan. Tekstur susu evaporasi memang mirip susu kental manis, tetapi susu evaporasi lebih kaya nutrisi yang diperlukan tubuh. Nah, pada artikel kali ini, kami akan mengulas merek susu evaporasi yang enak, seperti F&N, Sunbay, dan Nestle. Kami juga akan memberikan tips memilih susu evaporasi yang bagus untuk Anda. Jadi, baca artikel ini hingga selesai, ya!
    Produk susu
  • 10 Susu Peninggi Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Susu Peninggi Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    Memiliki badan yang tinggi adalah impian setiap orang. Berbagai cara pun banyak dilakukan untuk meninggikan badan, mulai dari membiasakan olahraga hingga mengonsumsi susu. Cukup banyak susu peninggi badan yang bagus beredar di pasaran. Merk susu peninggi badan seperti HiLo, Zee, Boneeto tentunya sudah cukup familier bagi Anda. Namun, ada baiknya Anda membaca tuntas artikel ini sebelum membeli produk susu peninggi badan. Melalui artikel ini, kami akan membagikan tips cara memilih susu peninggi badan yang bagus untuk Anda. Kami juga berkolaborasi dengan ahli gizi Leona Victoria. Simak sampai akhir, ya!
    Produk susu
  • 10 Susu UHT yang Bagus (Terbaru Tahun 2021)
    10 Susu UHT yang Bagus (Terbaru Tahun 2021)
    Susu UHT (ultra-high temperature) merupakan jenis susu yang cukup populer. Susu UHT full cream sering dipakai sebagai campuran MPASI untuk bayi 6 bulan atau diminum oleh anak 1 tahun. Varian rasanya yang beragam membuat susu ini digemari oleh anak-anak dan orang dewasa.Banyaknya susu UHT yang beredar di pasaran pasti membuat Anda bingung memilih produk mana yang paling bagus. Melalui artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi susu UHT terbaik dari merk Ultra Mimi, Frisian Flag, Chil Go, dan Greenfields. Selain itu, kami akan menginformasikan cara memilih susu UHT yang tepat.
    Produk susu
  • 10 Yoghurt Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Yoghurt Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    Yoghurt atau susu asam memiliki berbagai manfaat seperti membantu program diet dan meringankan sembelit. Bermacam-macam produk yoghurt, mulai dari yang plain hingga produk dengan tambahan rasa dan topping dijual di pasaran.Kali ini, kami akan membagi tips dalam memilih yoghurt yang bagus. Kami juga merekomendasikan produk-produk dari merk terbaik, seperti Elle & Vire, Heavenly Blush, YUMMY, Cimory, dan lainnya. Dalam artikel ini juga terdapat tips mengonsumsi yoghurt agar optimal manfaatnya. Ada juga komentar dari ahli gizi kami, Leona Victoria. Pilihlah yoghurt terbaik untuk mendukung gaya hidup sehat Anda!
    Produk susu
  • 10 Merk Susu Rendah Lemak Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Susu Rendah Lemak Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Lemak yang menumpuk dalam tubuh berakibat kurang baik bagi kesehatan. Ada baiknya Anda mulai mengubah kebiasaan hidup dengan mengonsumsi susu rendah lemak. Susu rendah lemak adalah susu yang kadar lemaknya rendah atau berkisar 1–2% per takaran saji.Susu rendah lemak tidak hanya bermanfaat untuk diet, tetapi juga untuk penderita asam lambung, hipertensi, kolesterol, dan diabetes. Di artikel ini kami akan mengulas rekomendasi merek susu rendah lemak yang enak, seperti Tropicana Slim, Anlene, dan WRP. Supaya Anda bisa menjatuhkan pilihan dengan tepat, baca dahulu panduan memilih berikut ini, yuk!
    Produk susu
  • 10 Greek Yogurt Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Greek Yogurt Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi penggemar makanan sehat, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan greek yogurt. Greek yogurt adalah salah satu jenis yoghurt yang pertama kali dipopulerkan di Yunani. Proses pembuatan yoghurt ini sedikit berbeda karena adanya penyaringan sebanyak tiga kali sehingga yoghurt tidak mengandung whey lagi. Hasilnya, greek yogurt lebih lembut dan kental dibandingkan yoghurt biasa. Anda pasti penasaran ingin mencobanya, bukan? Di artikel ini kami akan mengulas beberapa greek yogurt yang enak, seperti dari merk Heavenly Blush, Biokul, dan Yummy. Sebelumnya, ketahui dahulu manfaat greek yogurt untuk kesehatan Anda berikut ini.
    Produk susu
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori