1. TOP
  2. Ibu & anak
  3. Makanan & susu bayi
  4. 10 Susu Penambah Berat Badan Anak Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Susu Penambah Berat Badan Anak Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Susu Penambah Berat Badan Anak Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Susu Penambah Berat Badan Anak Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Susu Penambah Berat Badan Anak Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Susu Penambah Berat Badan Anak Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Susu Penambah Berat Badan Anak Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023)

Anak sehat dan berbadan kuat adalah dambaan setiap orang tua. Salah satu cara yang dilakukan agar dapat menaikkan berat badan anak adalah memberikan susu penggemuk badan anak. Ada banyak merek susu untuk penambah berat badan anak yang beredar, seperti Dancow, PediaComplete, atau Curcuma Plus.


Kali ini kami akan membagikan tips memilih susu penambah berat badan untuk anak. Kami juga akan merekomendasikan susu anak tinggi kalori yang bagus dan sesuai dengan usia anak. Selain itu, terdapat juga komentar dari ahli gizi, Leona Victoria untuk menambah wawasan Anda. Simak sampai akhir, ya!

Diperbaharui 03-01-2023
Leona Victoria
Pakar
Nutritionist
Leona Victoria

Victoria adalah ahli gizi yang memiliki akreditasi praktik dari Dietitians Association of Australia. Wanita yang memiliki gelar Master of Nutrition and Dietetics ini sudah 10 tahun berpengalaman menangani diabetes, weight management, mindful eating, dan gizi anak. Pengalaman kerjanya di Sydney meliputi allergy clinic (RPAH), diabetes center (RNSH), dan Blacktown Medical Center. Di Indonesia Victoria banyak bekerja untuk corporate campaign seperti Kraft, Wyeth Nutrition, Meat & Livestock Australia, dan Pepsodent.

Profil Leona Victoria
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih susu penambah berat badan anak

Supaya mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus memberikan susu yang tepat bagi anak. Untuk itu, sebelum membeli susu penambah berat badan, sebaiknya Anda menyimak poin-poin penting yang akan kami sampaikan. Baca hingga tuntas, ya!

① Sesuaikan susu dengan usia anak

Sesuaikan susu dengan usia anak

Berapa usia anak Anda sekarang? Di bawah 3 tahun (batita), di bawah 5 tahun (balita), atau sudah 5 tahun ke atas? Dalam tiap fase tumbuh kembang anak, mereka membutuhkan asupan gizi dan nutrisi yang berbeda sesuai tingkat usia dan aktivitasnya.


Untuk itu, saat hendak memberikan susu penambah berat badan, Anda perlu mengecek usia anak yang disarankan. Jangan sampai Anda memberikan susu untuk anak 10 tahun kepada anak yang baru berusia 2 tahun. Sebab, bisa jadi susu tersebut mengandung bahan tertentu yang tidak cocok untuk anak batita.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Komposisi kandungan zat besi sangat berbeda untuk anak di bawah dan di atas 1 tahun. Menurut AKG 2019, bayi yang berusia 6–12 bulan membutuhkan 11 mg zat besi per hari. Berbeda dengan anak 1–3 tahun yang hanya membutuhkan 7 mg. Sementara itu, anak yang berumur di atas 3 tahun membutuhkan 10 mg zat besi tiap harinya.


Biasanya, susu dapat dikatakan tinggi kalori jika mengandung minimum 8 kkal/ml. Anda dapat mendapatkan angka ini dengan membagi jumlah kalori per takaran saji dengan saran takaran saji (dalam ml).

② Perhatikan kandungan dalam susu penambah berat badan

Jangan asal memberikan susu kepada anak. Anda harus memperhatikan kandungan nutrisi yang ada dalam produk susu tersebut. Supaya mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya susu anak penambah berat badan mengandung zat-zat yang kami jelaskan di bawah ini.

Protein, membantu pembentukan otot anak

Protein, membantu pembentukan otot anak

Protein pada susu memiliki kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika kekebalan tubuh bagus, anak tidak akan mudah sakit. Selain itu, protein berperan besar dalam pembentukan jaringan dan sel-sel tubuh. Protein membantu membentuk massa otot agar sehingga berat badan anak pun akan meningkat.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Kecukupan protein dalam proses pertumbuhan yang paling kasat mata adalah pertambahan tinggi badan anak. Karena untuk bertambah tinggi, selain pertumbuhan tulang, massa otot yang mengelilingi tulang juga perlu bertambah. Kekurangan energi dan protein kronis bisa menyebabkan wasting (kurus) dan stunting (pendek). Wasting dan stunting adalah salah satu masalah utama pada anak di Indonesia.

Kalsium, baik untuk pertumbuhan tulang

Kalsium, baik untuk pertumbuhan tulang

Kalsium memiliki peranan penting dalam tumbuh kembang anak. Mineral ini mampu meningkatkan kecerdasan, memperkuat sistem imun tubuh, serta menjaga sistem kardiovaskular. Kalsium juga berperan penting untuk membentuk jaringan tulang. Tanpa kalsium yang seimbang, tulang dan gigi akan mudah rapuh. Jadi, pastikan susu anak kaya kalsium.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Kalsium merupakan komponen utama pembentuk massa otot. Karena itu, kebutuhan kalsium harus terpenuhi selama masa pertumbuhan agar anak bisa bertambah tinggi. Selain itu, sebagai elektrolit, kalsium diperlukan untuk mengatur detak jantung yang normal. Kram otot juga dapat dicegah dengan asupan kalsium, magnesium, dan kalium.

Zinc, membantu proses penyerapan gizi makanan

Zinc, membantu proses penyerapan gizi makanan

Salah satu alasan berat badan anak tidak kunjung naik adalah tubuh tidak memiliki kemampuan untuk menyerap gizi dengan baik. Makanan yang masuk hanya mengenyangkan perut, tetapi tidak bisa membentuk massa otot. Untuk itu, diperlukan susu dengan kandungan zinc yang mencukupi. Zinc sendiri dipercaya mampu membantu proses penyerapan gizi makanan dalam tubuh.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Zinc adalah mineral kedua terbanyak di dalam tubuh setelah zat besi. Namun, tidak seperti zat besi, zinc tidak memiliki sistem penyimpanan tertentu di dalam tubuh. Untuk itu, kebutuhan zinc harus dipenuhi dari diet atau makanan sehari-hari. Zinc juga dibutuhkan sebagai bahan pembentuk enzim-enzim pencernaan. Kekurangan zinc dapat membuat perubahan cita rasa di lidah anak dan menghilangkan nafsu makan.

Probiotik, membantu mempertahankan fungsi saluran cerna

Probiotik, membantu mempertahankan fungsi saluran cerna

Probiotik merupakan mikroorganisme hidup berupa bakteri baik yang berada di sistem pencernaan manusia. Probiotik membantu proses pencernaan, memelihara kesehatan sistem cerna, serta mencegah terjadinya konstipasi. Ada tiga jenis probiotik yang dikenal masyarakat, yakni Lactobacillus, Saccharomyces boulardii, dan Bifidobacterium.


Saat memiliki saluran cerna yang baik, anak akan makan dengan lahap. Semua kandungan mineral dan vitamin dalam makanan pun bisa dicerna dan diserap oleh tubuh. Hal itu menjadikan tubuh sehat, imunitas meningkat, serta perkembangan sel sempurna. Probiotik juga dapat membantu mengoptimalkan penyerapan kalsium.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Selain konstipasi, probiotik baik diberikan saat ada gangguan pencernaan lain, seperti diare, kembung, dan mual. Ada baiknya susu berprobiotik rutin diminum setiap hari untuk memastikan keseimbangan mikroflora atau bakteri baik pada usus. 

AA dan DHA, meningkatkan kekebalan tubuh dan perkembangan otak

AA dan DHA, meningkatkan kekebalan tubuh dan perkembangan otak

Arachidonic acid (AA) adalah salah satu kelompok dari omega-6 yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Sementara itu, docosahexaenoic acid (DHA) adalah salah satu kelompok dari omega-3 yang berfungsi untuk membantu perkembangan otak anak.

 
Keduanya termasuk asam lemak tak jenuh yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh, tetapi didapatkan dari makanan dan susu. Jadi, untuk mendukung tumbuh kembang fisik dan kognitifnya, penting untuk Anda mencari susu formula anak yang mengandung AA dan DHA.

③ Pilih susu yang mampu meningkatkan nafsu makan anak

Pilih susu yang mampu meningkatkan nafsu makan anak

Satu hal yang harus selalu diingat, minum susu bukanlah pengganti makan. Cara paling efektif untuk menaikkan berat badan adalah dengan makan makanan yang sehat dan bergizi. Sayangnya, ada banyak anak yang kerap kehilangan nafsu makan.


Jika nafsu makan anak berkurang, Anda bisa memberinya perangsang nafsu makan seperti minyak ikan dan curcuma (temu lawak). Saat ini, ada beberapa susu pertumbuhan yang menambahkan bahan tersebut dalam komposisinya. Setelah minum susu dengan kandungan tersebut, nafsu makan anak biasanya akan meningkat.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Jadwalkan susu sebagai pilihan pada jam ngemil dan sebelum tidur malam sehingga terpisah dari jam makan utama. Dengan demikian, jadwal minum susu tidak membuat anak terlalu kenyang di jam makan utama. Susu adalah bagian dari pola makan berimbang dan sehat, tetapi tidak menggantikan makanan utama.

10 Rekomendasi susu penambah berat badan anak terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk susu penambah berat badan anak terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Leona Victoria, MND.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Frisian Flag®

Primagro 1+

Frisian Flag® Primagro 1+ 1枚目

Mengandung nutrisi baik dan seimbang untuk si kecil!

2

Nestlé

DANCOW FortiGro Instant

Nestlé DANCOW FortiGro Instant 1枚目

Lengkapi nutrisi anak usia sekolah

3

Abbott Family

PediaComplete

Abbott Family PediaComplete 1枚目

Penuhi nutrisi harian anak yang susah makan

4

Sarihusada

SGM Eksplor 3 Plus Pro-gress Maxx dengan IronC

Sarihusada SGM Eksplor 3 Plus Pro-gress Maxx dengan IronC 1枚目

IronC untuk dukung tumbuh kembang si aktif

5

Mead Johnson

Enfagrow A+ 4 Neurapro

Mead Johnson Enfagrow A+ 4 Neurapro  1枚目

Berat badan anak meningkat, otak pun cerdas!

6

Morinaga

Chil Kid Soya

Morinaga  Chil Kid Soya 1枚目

Solusi bagi anak yang alergi susu sapi

7

Nestlé

NAN kid pHPro 3

Nestlé NAN kid pHPro 3 1枚目

Optimalkan pertumbuhan anak usia 1–3 tahun dengan susu ini

8

Soho Global Health

Curcuma Plus Milk

Soho Global Health Curcuma Plus Milk 1枚目

Ekstrak temulawak tingkatkan nafsu makan anak

9

Nestlé

LACTOGROW 4

Nestlé LACTOGROW 4 1枚目

Kandungan minyak ikan membuat anak lahap makan

10

NUTRICIA

Bebelac 4 Grogreat+

NUTRICIA Bebelac 4 Grogreat+ 1枚目

Dengan prebiotik FOS:GOS yang membantu sistem cerna

Perincian produk
Close
No.1

Frisian Flag®Primagro 1+

Mulai dari Rp21.000,00

Mengandung nutrisi baik dan seimbang untuk si kecil!

Frisian Flag Primagro 1+ diperuntukkan bagi anak-anak usia 1–3 tahun yang membutuhkan nutrisi tambahan. Dalam produk ini terkandung dua belas vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh. Kombinasi minyak ikan, zat besi, ALA, dan LA dapat membantu si kecil menjadi pintar plus kreatif. Susu ini memiliki tiga pilihan rasa yang disukai anak-anak.

No.2

NestléDANCOW FortiGro Instant

Mulai dari Rp27.500,00

Lengkapi nutrisi anak usia sekolah

Anak usia sekolah biasanya memiliki kegiatan yang padat dan aktif bergerak. Kebutuhan nutrisi dan kalori harian mereka jelas berbeda dengan anak yang belum bersekolah. Terkadang, nutrisi dari makanan saja tidak cukup. Untuk itu, DANCOW FortiGro Instant hadir guna memenuhi nutrisi harian mereka.


Susu ini kaya akan protein, kalsium, dan vitamin D yang penting untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Selain itu, kandungan lainnya juga mampu membantu meningkatkan konsentrasi serta sistem kekebalan tubuh.

No.3

Abbott FamilyPediaComplete

Mulai dari Rp206.000,00

Penuhi nutrisi harian anak yang susah makan

Bagi anak yang susah makan, PediaComplete bisa menjadi solusi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya. Susu ini mengandung mikronutrien dan makronutrien yang cukup lengkap seperti 14 vitamin, 9 mineral, protein, lemak, serta karbohidrat.


Jadi, ketika anak Anda susah makan dan pertumbuhan berat badannya kurang, cobalah berikan susu ini pada mereka. Susu tinggi kalori untuk anak ini bahkan kandungannya sesuai dengan rekomendasi WHO, lho! Namun, sebelum mulai memberi anak susu ini, konsultasikan dahulu dengan dokter, ya.

No.4

SarihusadaSGM Eksplor 3 Plus Pro-gress Maxx dengan IronC

Mulai dari Rp64.400,00

IronC untuk dukung tumbuh kembang si aktif

Yuk, dukung tumbuh kembang anak Anda yang aktif dengan memenuhi kebutuhan gizinya. Susu SGM ini dilengkapi degan Pro-gress Maxx atau IronC, yaitu kombinasi unik zat besi dan vitamin C. IronC ini akan berperan untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi penting pada tubuh anak.


Dengan demikian, geraknya yang aktif tidak akan terhambat lagi. Berkat nutrisi dari susu ini, anak Anda akan berpikir cepat, gigih, percaya diri, tumbuh tinggi, dan aktif bersosialiasi.

No.5

Mead JohnsonEnfagrow A+ 4 Neurapro

Mulai dari Rp183.000,00

Berat badan anak meningkat, otak pun cerdas!

Produk ini adalah pilihan tepat untuk Anda yang ingin memastikan otak anak berkembang dengan optimal. Tingginya kandungan omega-3 & omega-6 dalam produk ini akan mendukung perkembangan otak si kecil.

Ditambah lagi, terdapat sphingomyelin dan fosfolipid yang dapat membantu meningkatkan konsentrasi, daya ingat, kemampuan berbicara, dan kemampuan kognitifnya. Dengan memilih produk ini, selain berat badan meningkat, anak juga akan tumbuh cerdas!

No.6

Solusi bagi anak yang alergi susu sapi

Memiliki anak dengan riwayat alergi susu sapi dan laktosa tentu menjadi PR tersendiri bagi orang tua. Namun, kini Anda tak perlu khawatir susu soya ini ditujukan bagi anak-anak penderita galaktosemia atau mereka yang alergi protein sapi.


Meski bukan terbuat dari susu sapi, Anda tak usah meragukan kandungan nutrisi yang ada pada susu ini. Morinaga Chil Kid Soya mengombinasikan zat gizi makro dan mikro yang mampu mendukung pertumbuhan fisik atau kecerdasan multitalenta anak.

No.7

NestléNAN kid pHPro 3

Mulai dari Rp312.000,00

Optimalkan pertumbuhan anak usia 1–3 tahun dengan susu ini

Usia 1–3 tahun adalah periode emas dalam pertumbuhan anak. Pada rentang usia ini, tinggi badan anak sudah mencapai 50% dari tinggi badannya saat dewasa. Belum lagi, otak anak berkembang sangat pesat saat ia memasuki usia 1–3 tahun. Untuk itu, Anda perlu memastikan si kecil mendapatkan asupan nutrisi terbaik untuk tumbuh kembangnya.


NAN kid pHPro 3 adalah salah satu susu yang kami rekomendasikan untuk pertumbuhan anak usia 1–3 tahun. Di dalamnya terkandung nutrisi yang lengkap dan tepat untuk anak agar pertumbuhan badan dan otaknya optimal. Selain vitamin dan mineral, susu pertumbuhan ini diperkaya dengan probiotik Bifidobacterium lactis untuk kesehatan pencernaan anak.

No.8

Soho Global HealthCurcuma Plus Milk

Mulai dari Rp35.200,00

Ekstrak temulawak tingkatkan nafsu makan anak

Apakah akhir-akhir ini putra-putri Anda sedang kehilangan nafsu makan? Coba berikanlah susu Curcuma Plus ini. Susu ini mengandung ekstrak temu lawak alami yang teruji mampu meningkatkan nafsu makan. Meski mengandung temu awak, rasanya tidak seperti jamu, tetapi seperti susu pada umumnya dengan empat varian rasa.


Selain temu lawak, Curcuma Plus juga mengandung bahan-bahan yang baik untuk tumbuh kembang anak seperti protein, kalsium, DHA, dan kolin. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anak-anak disarankan minum dua gelas dalam sehari. Setelah minum susu ini secara rutin, anak-anak akan makan dengan lahap.

No.9

Kandungan minyak ikan membuat anak lahap makan

Sebelum bernama LACTOGROW, susu produksi Nestlé ini lebih dikenal dengan nama Lactogen. Menariknya, susu untuk menambah berat badan anak ini mengandung minyak ikan. Seperti yang diketahui bahwa minyak ikan mampu merangsang nafsu makan.


Selain itu, LACTOGROW dilengkapi dengan formula HAPPYNUTRI yang dibutuhkan anak-anak supaya bisa bertumbuh dengan sehat dan gembira. Kalau anak-anak Anda tidak suka susu plain, pilih saja varian rasa Vanila atau Madu.

No.10

NUTRICIABebelac 4 Grogreat+

Mulai dari Rp75.300,00

Dengan prebiotik FOS:GOS yang membantu sistem cerna

Sistem pencernaan yang kurang baik dapat berdampak pada berat badan anak. Untuk itu, Bebelac 4 hadir menjawab kegelisahan para orang tua. Susu ini mengandung FOS:GOS yang berfungsi sebagai prebiotik sehingga membantu menjaga sistem pencernaan anak-anak.


Selain itu, susu Bebelac 4 juga mengandung banyak zat yang diperlukan untuk pertumbuhan fisik ataupun perkembangan kognitif anak. Dengan rasa madu dan vanila, susu ini pasti akan disukai oleh putra-putri Anda.

Pertanyaan umum seputar cara menaikkan berat badan anak

Pertanyaan umum seputar cara menaikkan berat badan anak

Selain penjelasan di atas, Anda mungkin memiliki pertanyaan lain seputar cara menaikkan berat badan anak. Oleh karena itu, kami akan merangkumnya pada penjelasan berikut ini.

Bagaimana cara agar berat badan anak cepat naik?

  • Berikan makanan dan minuman yang berkalori serta berprotein tinggi.
  • Tambahkan asupan karbohidrat dari nasi, kentang, ubi, kacang-kacangan, dan pasta.
  • Tambahkan asupan lemak pada makanan, misalnya mentega, mayones, keju, atau minyak zaitun.
  • Beri makan anak secara teratur, yaitu tiga kali sehari dan dua kali makanan selingan.
  • Biarkan anak aktif bergerak dan berolahraga, misalnya dengan menari, berenang, dan bersepeda.

Baca juga rekomendasi susu lainnya untuk anak di sini

Selain susu penambah berat badan, kami juga memiliki beberapa rekomendasi produk susu yang bisa diminum oleh anak-anak. Ada susu penambah tinggi, susu UHT, dan susu kedelai. Anda bisa membacanya pada tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan kami mengenai produk susu penambah berat badan anak. Apakah Anda sudah menemukan produk yang tepat untuk dikonsumsi anak tercinta?


Perlu diketahui bahwa mengonsumsi susu hanyalah salah satu cara untuk mendapatkan berat badan ideal. Selain itu, anak-anak tentu harus mengonsumsi makanan sehat yang mengandung banyak nutrisi. Selamat memilih susu terbaik untuk buah hati tercinta!

5 Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan Anak terbaik

No. 1Frisian Flag®Primagro 1+

No. 2NestléDANCOW FortiGro Instant

No. 3Abbott FamilyPediaComplete

No. 4SarihusadaSGM Eksplor 3 Plus Pro-gress Maxx dengan IronC

No. 5Mead JohnsonEnfagrow A+ 4 Neurapro

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer