1. TOP
  2. >
  3. Komputer & laptop
  4. >
  5. Aksesori komputer & laptop
  6. >
  7. 10 Monitor Speakers Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Monitor Speakers Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Monitor Speakers Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Monitor Speakers Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Monitor Speakers Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Monitor Speakers Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Monitor Speakers Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023)

Monitor speaker menampilkan suara sebagaimana aslinya dan sangat diperlukan dalam pekerjaan desktop music (DTM). Beberapa merek monitor speaker, seperti Yamaha, KRK, dan Mackie menjual banyak tipe, mulai dari yang standar sampai berspesifikasi tinggi. Beragamnya spesifikasi mungkin bisa membuat Anda kebingungan memilih monitor speaker yang bagus.


Kami akan mengenalkan cara memilih monitor speaker dan merekomendasikan produk terbaiknya untuk Anda. Mulai dari produk yang standar hingga produk berkualitas yang diakui para profesional akan diulas. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh sound engineer kami, Dennis Novriandi. Simak sampai akhir, ya!

Diperbaharui 01-12-2023
Pakar
Sound engineer, music producer, dan bassist
Dennis Novriandi

Dennis adalah bassist dari band SASVRITA yang juga aktif sebagai sound engineer dan producer untuk beberapa band dalam negeri. Selain itu, Dennis mengerjakan proyek-proyek lainnya sambil mengelola recording studio pribadi dan mendirikan production house Eastneptune Studio. Tidak hanya di bidang musik, Dennis juga berkiprah di bidang animasi dan komputer. Beberapa di antaranya adalah sebagai front end developer, freelance UI/UX designer, serta freelance 2D and 3D animation.

Profil Dennis Novriandi
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Apa itu monitor speaker?

Apa itu monitor speaker?
Sumber: edifier.com

Monitor speaker merupakan speaker untuk mengecek suara, berbeda dengan audio speaker yang dipakai untuk mendengarkan musik. Biasanya, monitor speaker dipakai untuk membuat atau menyunting musik melalui komputer. Pelantang yang sering disebut speaker flat atau studio monitor speaker ini biasa digunakan saat proses recording atau perekaman musik. 


Jika Anda hanya ingin mendengarkan musik dengan nyaman, gunakanlah audio speaker. Sebaliknya, monitor speaker didesain untuk mengeluarkan atau menghasilkan suara asli seakurat mungkin


Karena suara asli yang dihasilkan sangat akurat, Anda bisa mengecek frasa dan deviasi suara setiap bagian secara presisi. Jika menggunakan monitor speaker, Anda dapat menyempurnakan lagu yang Anda tulis.


Monitor speaker yang ada dekat dengan pendengarnya disebut nearfield speaker. Meskipun nearfield speaker biasa dipakai oleh audio engineer, saat ini sudah banyak yang memakainya di skala rumahan. Nearfield speaker dapat digunakan untuk keperluan home recording, content creator, atau gaming


Nearfield speaker mempunyai frequency curve yang hampir flat sehingga tidak ada frequency yang di-cut ataupun di-boost sama sekali. Oleh karena itu, suara atau musik yang dihasilkan terdengar hampir mendekati aslinya. Namun, semuanya bergantung pada tata ruang akustik karena treatment akustik sangat berpengaruh untuk hasil yang maksimal.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih monitor speaker

Terdapat beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih monitor speaker. Menggunakan monitor dengan speaker yang tepat akan membantu pekerjaan DTM Anda jadi lebih efisien. Mari simak bagaimana cara memilih monitor speaker dalam penjelasan di bawah ini!

① Sesuaikan ukurannya dengan luas ruangan

Sesuaikan ukurannya dengan luas ruangan
Sumber: mackie.com

Suara yang dihasilkan monitor speaker bergantung kepada ukuran dan kondisi ruangan. Karena itu, penting untuk memilih produk dengan mempertimbangkan hal tersebut. Monitor speaker berukuran besar bersuara menggema dan menghasilkan suara bas atau nada rendah yang jelas. Dengan mengurangi volume, suara aslinya akan sulit didengar.


Tentu saja bukan hal yang disarankan bila Anda memasang speaker bervolume tinggi di ruangan yang tidak dilengkapi perlengkapan kedap suara. Karena itu, pilihlah monitor speaker dengan mempertimbangkan kondisi ruangan. Bila dibutuhkan, pilihlah speaker berukuran kecil yang suaranya tetap akurat meski dipasang dalam volume kecil sekalipun.


Jika ruangannya kecil, pilih monitor speaker dengan ukuran kurang dari 5 inci. Ruangan yang luas akan mengakibatkan masalah pada low frequency. Rambatan low frequency sangat jauh sehingga ketika memantul kembali pada pendengar akan terjadi null atau phasing.


Kualitas monitor speaker juga dipengaruhi oleh lokasi penempatannya. Anda dapat memilih monitor speaker tipe desktop berukuran sekitar 20 cm dan mengatur penempatannya.


Sebagai tambahan, ukuran woofer menentukan suara bas yang dihasilkan. Makin besar woofer-nya, rentang nada rendah yang dihasilkan pun makin luas. Jika Anda ingin membuat lagu dengan mengutamakan suara bas, hal ini patut dipertimbangkan.

② Bagi pemula, pertimbangkan speaker aktif dengan built-in amplifier

Bagi pemula, pertimbangkan speaker aktif dengan built-in amplifier
Sumber: edifier.com

Speaker monitor saat ini hampir semuanya speaker aktif. Selain lebih praktis, kualitasnya sudah terjamin dan banyak dipakai oleh profesional.


Speaker aktif dengan built-in amplifier direkomendasikan untuk Anda yang baru pertama kali membeli monitor speaker. Speaker tipe ini bisa langsung Anda gunakan setelah diaktifkan. Anda juga akan menghemat biaya karena tidak perlu membeli amplifier secara terpisah.


Biasanya orang-orang yang sangat memperhatikan kualitas suara cenderung akan memilih speaker pasif. Bila Anda baru pertama membelinya, hal ini relatif sulit dilakukan karena harus memilih sendiri amplifier yang dibutuhkan. 


Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah memiliki pengalaman dengan speaker aktif terlebih dulu. Setelah Anda berpengalaman dan kurang puas dengan kualitas suara, Anda dapat berpindah ke speaker pasif.

③ Cek sound pressure level (SPL) dan frekuensi untuk menentukan kualitas suara

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda cek dengan teliti. Spesifikasi SPL dan frekuensi menentukan kualitas suara. Selengkapnya ada di penjelasan berikut ini!

Speaker SPL rendah, jika Anda bekerja di rumah

Speaker SPL rendah, jika Anda bekerja di rumah

Satuan SPL ditunjukkan dalam desibel atau dB. SPL yang lebih besar tidak berarti lebih baik. Jika Anda bekerja di rumah, produk dengan SPL sekitar 85 dB sudah cukup.


SPL juga menunjukkan besar suara yang dihasilkan menggunakan besar daya listrik tertentu. Makin tinggi angka SPL, makin besar suara yang dihasilkan meski menggunakan daya listrik dengan besar yang sama. 

Meski begitu, jika suaranya terlalu besar dan Anda tinggal di lingkungan padat penduduk, tetangga Anda akan terganggu. Apabila Anda bekerja di rumah, Anda tidak perlu memedulikan tentang SPL.


Perlu Anda ketahui bahwa makin besar cabinet speaker-nya, makin besar pula driver-nya. Jadi, sesuaikan ukurannya dengan ruangan. Anda juga bisa mengatur volumenya melalui soundcard atau knob yang ada pada preamp speaker.

Frekuensi monitor speaker, idealnya berada dalam rentang pendengaran manusia

Satuan frekuensi ditunjukkan dalam hertz (Hz). Sebaiknya frekuensi speaker monitor ada di antara rentang pendengaran manusia, yaitu 20 Hz–20 kHz. Frekuensi 50 Hz–20 kHz pun masih dalam batas toleransi.


Sebagian besar speaker monitor memiliki frequency range pada kisaran 20 Hz–30 kHz. Meskipun rentang pendengaran manusia sampai 20 kHz, bagi sound engineer rentang hingga 30 kHz akan terasa ketika air mixing. Speaker monitor terkecil, seperti ukuran 3 inci, juga sudah sangat baik, lho!


Makin sempit rentang nada rendahnya, nada yang dapat dihasilkan pun makin rendah. Sebaliknya, makin luas rentang nada tingginya, makin tinggi juga nada tinggi yang dihasilkan. Pertimbangkanlah hal ini untuk menghasilkan lagu yang sesuai dengan keinginan Anda.

Kemudian, pada volume yang sama, suara treble terdengar lebih keras dari suara bas. Jika Anda menginginkan suara bas yang terdengar dengan baik, perhatikanlah keseimbangan SPL.

④ Jika suara bas penting bagi Anda, utamakan tipe bass reflex

Jika suara bas penting bagi Anda, utamakan tipe bass reflex
Sumber: mackie.com

Jika Anda menginginkan suara bas yang bagus, pilihlah tipe bass reflex yang memiliki lubang di bagian depan box speaker. Tipe bass reflex merupakan tipe yang sangat umum pada monitor speaker


Tipe ini mudah dikenali dari suara rendah yang dihasilkan walaupun mungkin terdengar pelan. Namun, kualitas suara yang dihasilkan akan berkurang tergantung dari posisi dan bentuk lubang pada speaker.


Perhatikan juga bagian belakang bass reflex, khususnya saat diletakkan dekat dinding. Penempatan yang tidak tepat mengakibatkan suara bas bergema. Untuk mendapatkan suara bas yang lebih besar, pilih speaker ukuran 5 inci. Makin besar cabinet speaker-nya, makin besar woofer-nya dan bass response-nya pun makin baik.


Sebaliknya, tipe tertutup tanpa lubang memiliki keuntungan, yakni semua jenis suara terdengar flat. Tipe bass reflex lebih menonjolkan suara bas, tetapi tipe tertutup lebih kami rekomendasikan jika diperlukan pengecekan suara yang lebih teliti.


Suara bas juga bergantung pada frequency curve yang dimiliki oleh speaker. Perlu Anda ketahui juga bahwa tiap manufaktur monitor speaker menyediakan setelan frequency curve masing-masing.

⑤ Pilih merek ternama bila masih bingung memilih

Pilih merek ternama bila masih bingung memilih
Sumber: jblpro.com


Dalam memilih monitor speaker diperlukan pengetahuan yang cukup. Hal tersebut cukup sulit bagi orang yang belum pernah membelinya. Jika Anda tidak yakin dalam pemilihan merek monitor speaker, kami sarankan untuk memilih merek yang sudah terkenal. Merek seperti Yamaha, Mackie, KRK, dan JBL sudah dikenal luas oleh banyak orang.


Produk-produk seperti Yamaha, Pioneer, KRK, dan JBL disukai oleh para profesional. Banyak orang sudah merasakan kualitasnya. Untuk permulaan, pilihlah merek yang sudah terkenal ketimbang karena preferensi harga, misalnya karena murah. Harga monitor speaker yang dipasarkan rata-rata mulai dari Rp1.500.000 dan sedikit yang di bawah 1 juta rupiah.

10 Rekomendasi monitor speaker terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk monitor speaker terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Dennis Novriandi.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Dolphin Sound

Monitor Speaker

Dolphin Sound Monitor Speaker 1枚目

Solid dan sudah ada built-in amplifier

2

UM Audio

Monitor Speaker

UM Audio Monitor Speaker 1枚目

Speaker ekonomis yang daya listriknya rendah

3

Yamaha

HS5 Powered Studio Monitor

Yamaha HS5 Powered Studio Monitor 1枚目

Suara yang mengentak karena fitur bi-amplified

4

Kurzweil

Studio Monitors

Kurzweil Studio Monitors 1枚目

Menghasilkan suara tinggi yang jernih berkat tweeter berbahan silk fiber

5

Recording Tech

Monitor Speaker

Recording Tech Monitor Speaker 1枚目

Setiap speaker sudah dilengkapi amplifier, lho!

6

Mackie

CR3-X Multimedia Studio Monitors

Mackie CR3-X Multimedia Studio Monitors 1枚目

Silk tweeter berkualitas kelas profesional

7

Edifier

R980T Studio-quality 2.0 Speakers

Edifier   R980T Studio-quality 2.0 Speakers 1枚目

Menghasilkan suara bass yang memukau berkat flared bass reflex port

8

Behringer

MS16

Behringer MS16  1枚目

Dengarkan musik dan bermain gitar listrik secara bersamaan

9

KRK

Rokit 5 G4

KRK Rokit 5 G4  1枚目

Didukung aplikasi KRK Audio Tools, pengaturannya lebih mudah

10

JBL

One Series 104 Compact Reference Monitors

JBL One Series 104 Compact Reference Monitors 1枚目

Deep bass yang bagus meski tanpa subwoofer

Perincian produk
Close
No.1

Dolphin SoundMonitor SpeakerDS5A

Mulai dari Rp1.799.000,00

Solid dan sudah ada built-in amplifier

Kelebihan:

  • Memberi Anda speaker aktif sekaligus pasif

Kekurangan:

  • SPL-nya tidak terlalu tinggi, kurang cocok digunakan di ruangan besar

Ketika membeli produk ini, Anda akan langsung memperoleh sepasang monitor speaker. Salah satu speaker merupakan active speaker yang memungkinkan Anda melakukan pengaturan volume suara secara langsung.


Selain itu, cabinet yang solid menjadikan speaker ini makin tahan lama. Dipadukan dengan harganya yang masih ramah kantong, tidak heran speaker ini begitu populer. Produk ini adalah jawaban terbaik bila Anda butuh monitor speaker yang durable sekaligus dilengkapi built-in amplifier.

No.2

UM AudioMonitor SpeakerUM5K

Mulai dari Rp1.450.000,00

Speaker ekonomis yang daya listriknya rendah

Kelebihan:

  • Daya listriknya hanya 120 watt

Kekurangan:

  • Hanya tersedia dalam dua varian warna

Anda yang ingin memperoleh monitor speaker tanpa keluar terlalu banyak dana wajib memilih produk ini. Harganya sangat terjangkau, dompet Anda tidak akan kosong akibat membeli speaker monitor ini. Menariknya lagi, daya listrik produk ini juga masih cukup rendah sehingga biaya listrik pun tidak langsung membengkak.

No.3

YamahaHS5 Powered Studio Monitor

Mulai dari Rp2.240.000,00

Suara yang mengentak karena fitur bi-amplified

Kelebihan:

  • Dirancang khusus sehingga mampu menghasilkan suara bertenaga

Kekurangan:

  • Belum sepaket dengan bracket gantungan dinding

Merek Yamaha sudah dikenal dan diterima oleh banyak orang. Kali ini Yamaha hadir dengan produk monitor speaker HS5. Produk ini sangat optimal digunakan di dalam ruangan yang kecil. Rentang frekuensi luas pada Yamaha HS5 menghasilkan resolusi suara yang baik.


Kelebihan lain Yamaha HS5 ini adalah pada subwoofer dan tweeter-nya yang bi-amplified. Adanya fitur ini menghasilkan suara yang sangat mengentak dan volume level yang cukup keras. Kami merekomendasikan produk ini untuk Anda yang sedang mencari monitor speaker dengan suara powerful.

No.4

KurzweilStudio MonitorsKS-50A

Mulai dari Rp3.400.000,00

Menghasilkan suara tinggi yang jernih berkat tweeter berbahan silk fiber

Kelebihan:

  • Ukurannya kecil, makin hemat tempat

Kekurangan:

  • SPL rendah, lebih cocok untuk penggunaan rumahan

Anda mencari monitor speaker yang mumpuni dalam menghasilkan suara frekuensi tinggi dan rendah? Studio monitor speaker ini dapat Anda pertimbangkan. Berbekal bass reflex dan low-frequency driver, speaker ini akan menghasilkan suara bass dengan optimal. 


Tweeter-nya yang berbahan silk dome tweeter pun akan mengeluarkan suara frekuensi tinggi yang jernih. Bahkan, musik dengan bitrate rendah pun bisa terdengar lebih powerful dan jelas, lho.

No.5

Recording TechMonitor SpeakerRT5

Mulai dari Rp2.499.000,00

Setiap speaker sudah dilengkapi amplifier, lho!

Kelebihan:

  • Konsumsi listrik per speaker tergolong rendah, hanya 70 watt

Kekurangan:

  • Hanya ada satu varian warna

Berbeda dengan monitor speaker kebanyakan, satu set produk ini berisi dua speaker yang sudah dilengkapi amplifier. Dengan begitu, Anda pun lebih bebas mengatur volume masing-masing speaker sesuai kebutuhan. Daya listriknya juga hanya sekitar 70 watt, tergolong rendah, bukan? Produk ini adalah partner terbaik jika Anda butuh set monitor speaker yang sudah dilengkapi dengan built-in amplifier.

No.6

MackieCR3-X Multimedia Studio Monitors

Mulai dari Rp1.799.000,00

Silk tweeter berkualitas kelas profesional

Kelebihan:

  • Kian versatile berkat silk tweeter

Kekurangan:

  • Amplifier hanya ada pada salah satu speaker

Mackie CR3 hadir dengan silk tweeter berkualitas kelas profesional yang tepat untuk beragam pekerjaan. Mulai dari pekerjaan serius sampai ke hobi, semua bisa dilakukan dengan speaker untuk monitor ini. 


Produk ini merupakan pilihan tepat jika Anda sedang mencari produk yang dapat merespons frekuensi tinggi dengan baik. Selain performa oke, bahan bodinya terbuat dari kayu berkualitas tinggi sehingga lebih awet.

No.7

Edifier R980T Studio-quality 2.0 Speakers

Mulai dari Rp1.050.000,00

Menghasilkan suara bass yang memukau berkat flared bass reflex port

Kelebihan:

  • Harganya tergolong ramah kantong

Kekurangan:

  • Bahan kayu rentan diserang rayap

Apabila Anda mengutamakan suara bass, studio monitor speaker ini perlu Anda pertimbangkan. Monitor speaker ini dibekali bass reflex port yang bergelombang (flared). Dengan demikian, suara bass yang dihasilkannya pun lebih memukau. Selain itu, body-nya terbuat dari kayu dan didesain untuk mengurangi resonansi akustik. Tak heran monitor speaker dari Edifier banyak dicari terutama oleh para pemula.

No.8

Dengarkan musik dan bermain gitar listrik secara bersamaan

Kelebihan:

  • Ada dua stereo line input untuk mendengar dua sumber suara secara bersamaan

Kekurangan:

  • Harganya tergolong tinggi dibandingkan produk sejenis

Behringer MS16 yang dibuat di Jerman memberikan garansi selama 3 tahun. Produk ini memiliki dua stereo line input yang sangat sesuai untuk Anda yang sering multitasking. Dengan fitur ini, Anda dapat mendengarkan musik dan bermain gitar listrik atau keyboard secara bersamaan. Segera ubah komputer Anda menjadi studio pribadi dengan Behringer MS16!

No.9

Didukung aplikasi KRK Audio Tools, pengaturannya lebih mudah

Kelebihan:

  • Equalizer ditampilkan melalui layar LCD

Kekurangan:

  • Bobotnya mencapai 4,85 kg 

Tiga puluh tahun di industri monitor speaker menjadikan produk KRK layak dilirik sebagai alternatif pilihan para produser musik. KRK Rokit 5 G4 atau generasi 4 sudah didukung aplikasi KRK Audio Tools. Aplikasi ini dapat diunduh dengan ponsel pintar. Bagi Anda yang senang memadukan teknologi dengan monitor speaker, produk ini menjadi pilihan tepat.


Manfaat yang Anda dapatkan dengan mengunduh aplikasi ini adalah memudahkan Anda melakukan penerapan produk. Selain itu, aplikasi ini membantu Anda melakukan pengaturan terbaik, menyesuaikan dengan kondisi ruangan.

No.10

JBLOne Series 104 Compact Reference Monitors

Mulai dari Rp2.400.000,00

Deep bass yang bagus meski tanpa subwoofer

Kelebihan:

  • Ukurannya sangat kecil, tidak makan tempat

Kekurangan:

  • Lebih cocok digunakan di ruangan kecil


Monitor speaker JBL ini sangat tepat bagi Anda yang berprofesi sebagai content creator, podcaster, dan musisi. Meskipun tak memiliki subwoofer, JBL 104 ini akan memberikan Anda suara yang jernih dan bass yang berkualitas.


Desain coaxial pada bodinya pun akan membuat tampilannya makin menawan. Jika Anda mencari monitor speaker yang menghasilkan deep bass jernih tanpa subwoofer, produk ini layak Anda pilih.

Tips dari sound engineer kami, Dennis Novriandi

Tips dari sound engineer kami, Dennis Novriandi

Speaker biasanya memiliki dua driver, yaitu bass pada woofer, dan tweeters. Ada juga beberapa speaker yang mempunyai tiga driver yang mencakup bass driver, mid driver, dan high driver.


Hal yang tak kalah penting ketika membeli monitor speaker adalah penggunaan absorber dan diffuser. Anda bisa menggunakan software room modes untuk mengkalkulasi resonansi yang ada ruangan.


Penempatan monitor speaker juga berpengaruh. Cari sweetspot dengan cara mengatur derajat speaker supaya sejajar dengan telinga ketika Anda duduk.

Baca juga rekomendasi speaker lainnya di sini

Musik tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Nah, untuk bisa mendengarkan musik dengan suara berkualitas, Anda pun memerlukan speaker berkualitas. Bila Anda sedang mencari produk speaker lainnya, Anda dapat membaca rekomendasi kami melalui tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Bagaimana menurut Anda? Semua monitor speaker yang kami rekomendasikan memiliki kelebihan masing-masing. Bahkan, ada beberapa produk yang sudah dipakai para profesional.


Monitor speaker digunakan untuk mengecek suara. Saat membeli, kami sarankan Anda untuk mencobanya supaya tidak salah beli. Selamat memilih produk sesuai kebutuhan Anda dan jadikan pekerjaan Anda makin cepat selesai.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer