• 10 Rekomendasi Monitor Speakers Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Monitor Speakers Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Monitor Speakers Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Monitor Speakers Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Monitor Speakers Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Monitor Speakers Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Monitor speakers menampilkan suara sebagaimana aslinya dan sangat diperlukan dalam pekerjaan Desktop Music (DTM). Beberapa pabrikan seperti Yamaha, JBL, dan Mackie menjual banyak tipe mulai dari yang standar sampai yang berspesifikasi tinggi. Beragamnya spesifikasi monitor speakers mungkin bisa membuat Anda kebingungan saat hendak membelinya.


Kali ini, kami akan mengenalkan cara memilih monitor speakers dan merekomendasikan sepuluh produk terbaik untuk Anda. Mulai dari produk yang standar hingga produk berkualitas yang diakui para profesional akan diulas. Silakan dibaca sampai selesai dan semoga Anda terbantu dalam memilih monitor speakers

  • Pembaharuan terakhir: 09 April 2020
  • 2.931 Views
Daftar isi

Apa itu monitor speakers?

Apa itu monitor speakers?

Monitor speakers merupakan sepiker untuk mengecek suara. Berbeda dengan audio speakers yang dipakai untuk mendengarkan musik. Biasanya, monitor speakers dipakai untuk membuat atau menyunting musik melalui komputer.


Jika Anda hanya ingin mendengarkan musik dengan nyaman, gunakanlah audio speakers. Sebaliknya, monitor speakers didesain untuk mengeluarkan atau menghasilkan suara asli seakurat mungkin. Karena suara asli yang dihasilkan sangat akurat, Anda dapat mengecek frasa dan deviasi suara secara presisi pada setiap bagian. Hal ini sangat penting agar musik yang Anda hasilkan bisa sempurna.


Belakangan ini, vocaloid menjadikan pekerjaan DTM menjadi lebih dikenal dan malahan sudah menjadi hobi. Jika Anda menggunakan monitor speakers, Anda dapat menyempurnakan lagu yang Anda tulis.

Cara memilih monitor speakers

Terdapat beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih monitor speakers. Dengan menggunakan monitor speakers yang tepat, tentu pekerjaan DTM Anda akan lebih efisien. Mari simak bagaimana cara memilih monitor speakers dalam penjelasan di bawah ini!

Pilihlah ukuran yang sesuai dengan luas ruangan

Pilihlah ukuran yang sesuai dengan luas ruangan

Suara yang dihasilkan monitor speakers bergantung pada ukuran dan kondisi ruangan. Karena itu, penting untuk memilih produk dengan mempertimbangkan hal tersebut. Monitor speakers berukuran besar bersuara menggema dan menghasilkan suara bas atau nada rendah yang jelas. Dengan mengurangi volume, suara aslinya akan sulit didengar.


Tentu saja bukan hal yang disarankan bila Anda memasang sepiker bervolume tinggi di ruangan yang tidak dilengkapi perlengkapan kedap suara. Karena itu, pilihlah monitor speakers dengan mempertimbangkan kondisi ruangan. Bila dibutuhkan, pilihlah sepiker berukuran kecil yang suaranya tetap akurat meski dipasang dalam volume kecil sekalipun. Kualitas monitor speakers juga dipengaruhi oleh lokasi penempatannya. Anda dapat memilih monitor speakers tipe desktop berukuran sekitar 20 cm dan mengatur penempatannya.


Sebagai tambahan, ukuran woofer menentukan suara bas yang dihasilkan. Semakin besar woofer-nya, rentang nada rendah yang dihasilkan pun semakin luas. Jika Anda ingin membuat lagu dengan mengutamakan suara bas, hal ini patut dipertimbangkan.

Bagi pemula, pilihlah sepiker aktif dengan built-in amplifier

Bagi pemula, pilihlah sepiker aktif dengan built-in amplifier

Sepiker aktif dengan built-in amplifier direkomendasikan untuk Anda yang baru pertama kali membeli monitor speakers. Sepiker tipe ini bisa langsung Anda gunakan setelah diaktifkan. Anda juga akan menghemat biaya karena tidak perlu membeli amplifier secara terpisah.


Biasanya orang-orang yang sangat memperhatikan kualitas suara cenderung akan memilih sepiker pasif. Bila Anda baru pertama membelinya, hal ini relatif sulit dilakukan karena harus memilih sendiri amplifier yang dibutuhkan. Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah memiliki pengalaman dengan sepiker aktif terlebih dulu. Setelah Anda berpengalaman dan kurang puas dengan kualitas suara, Anda dapat berpindah ke sepiker pasif.

Cek Sound Pressure Level (SPL) dan frekuensi untuk menentukan kualitas suara

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda cek dengan teliti. Spesifikasi SPL dan frekuensi menentukan kualitas suara. Selengkapnya ada di penjelasan berikut ini!

Pilih SPL rendah jika Anda bekerja di rumah

Pilih SPL rendah jika Anda bekerja di rumah

Satuan SPL ditunjukkan dalam desibel atau dB. SPL yang lebih besar tidak berarti lebih baik. Jika Anda bekerja di rumah, produk dengan SPL sekitar 85 dB sudah cukup.


SPL juga menunjukkan besar suara yang dihasilkan menggunakan besar daya listrik tertentu. Semakin tinggi angka SPL, maka semakin besar suara yang dihasilkan meski menggunakan daya listrik dengan besar yang sama. Meski begitu, jika suaranya terlalu besar dan Anda tinggal di lingkungan padat penduduk, tetangga Anda akan terganggu. Apabila Anda bekerja di rumah, Anda tidak perlu memedulikan tentang SPL.

Idealnya frekuensi monitor speakers berada dalam rentang pendengaran manusia

Idealnya frekuensi monitor speakers berada dalam rentang pendengaran manusia

Satuan frekuensi ditunjukkan dalam Hertz atau Hz. Sebaiknya frekuensi monitor speakers ada di antara rentang pendengaran manusia yaitu 20 Hz - 20 kHz. Frekuensi 50 Hz - 20 kHz pun masih dalam batas toleransi.


Semakin sempit rentang nada rendahnya, maka nada yang dapat dihasilkan pun semakin rendah. Sebaliknya, semakin luas rentang nada tingginya, maka semakin tinggi juga nada tinggi yang dihasilkan. Pertimbangkanlah hal ini untuk menghasilkan lagu yang sesuai dengan keinginan Anda.

Kemudian, pada volume yang sama, suara treble terdengar lebih keras dari suara bas. Jika Anda menginginkan suara bas yang terdengar dengan baik, perhatikanlah keseimbangan SPL.

Jika suara bas penting bagi Anda, pilihlah tipe bass reflex

Jika suara bas penting bagi Anda, pilihlah tipe bass reflex

Jika Anda menginginkan suara bas yang bagus, pilihlah tipe bass reflex yang memiliki lubang di bagian depan box speaker. Tipe bass reflex merupakan tipe yang sangat umum pada monitor speakers. Tipe ini mudah dikenali dari suara rendah yang dihasilkan walaupun mungkin terdengar pelan. Namun, kualitas suara yang dihasilkan akan berkurang tergantung dari posisi dan bentuk lubang pada sepiker.


Perhatikan juga bagian belakang bass reflex, khususnya saat diletakkan dekat dinding. Penempatan yang tidak tepat mengakibatkan suara bas bergema. Sebaliknya, tipe tertutup tanpa lubang memiliki keuntungan yakni semua jenis suara terdengar flat. Tipe bass reflex lebih menonjolkan suara bas, tetapi tipe tertutup lebih kami rekomendasikan jika diperlukan pengecekan suara yang lebih teliti.

Pilih merek ternama bila masih bingung memilih

Dalam memilih monitor speakers diperlukan pengetahuan yang cukup. Hal tersebut cukup sulit bagi orang yang belum pernah membelinya. Jika Anda tidak yakin dalam pemilihan merek monitor speakers, kami sarankan untuk memilih merek yang sudah terkenal. Merek seperti Yamaha, Mackie, dan JBL sudah dikenal luas oleh banyak orang.


Produk-produk seperti Yamaha, Mackie, dan JBL disukai oleh para profesional. Banyak orang sudah merasakan kualitasnya. Untuk permulaan, sebaiknya pilihlah merek yang sudah terkenal. Jika Anda kurang puas, pilihlah merek lain yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

10 Rekomendasi monitor speakers terbaik

Sekarang, kami akan memberikan ulasan sepuluh produk monitor speakers terbaik. Selamat menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

10
Ukuran208 x 140 x 158 mm
SPL97 dB
TipeBass reflex
AmplifierActive speaker
Frekuensi80Hz - 20kHz
9
Ukuran260 x 178 x 195 mm
SPL102 dB
TipeBass reflex
AmplifierActive speaker
Frekuensi53 Hz - 22 kHz
8

M-AudioDesktop Speakers for Professional Media Creation

AV42

Rp 2.450.000,00

Ukuran213 x 146 x 188 mm
SPL101,5 dB
TipeBass reflex
AmplifierActive speaker
Frekuensi75 Hz - 20 kHz
7
Ukuran247 x 124 x 153 mm
SPL102 dB
TipeBass reflex
AmplifierActive speaker
Frekuensi60 Hz - 20 kHz
6

Pioneer DJ4-inch Compact Active Monitor Speaker

DM-40

Rp 2.749.000,00

Ukuran227 x 146 x 223 mm
SPLTidak diketahui
TipeBass reflex
AmplifierActive speaker
Frekuensi70 Hz - 30 kHz
5
Ukuran230 x 148 x 180 mm
SPLTidak diketahui
TipeBass reflex
AmplifierActive speaker
Frekuensi100 Hz - 10 kHz
4

KRK5" Powered Near-Field Studio Monitor

ROKIT 5 G4

Rp 2.900.000,00

Ukuran285 x 190 x 241
SPL104 dB
TipeTidak diketahui
AmplifierTidak diketahui
Frekuensi43 Hz - 40 kHz
3

BehringerHigh-Performance Active 16-Watt Personal Monitor System

MS16

Rp 1.515.000,00

Ukuran241 x 140 x 150
SPLTidak diketahui
TipeBass reflex
AmplifierActive speaker
Frekuensi80 Hz - 20 kHz
2
Ukuran285 x 170 x 222 mm
SPLTidak diketahui
TipeBass Reflex
AmplifierActive speaker
Frekuensi54 Hz - 30 kHz
1
Ukuran330 x 222 x 266
SPLTidak diketahui
TipeBass reflex
AmplifierActive speaker
Frekuensi45 Hz -20 kHz

Tabel perbandingan produk monitor speaker terbaik

Gambar produk
1
Thonet & Vander Studio 1

Thonet & Vander

2
Yamaha Powered Studio Monitor 1

Yamaha

3
Behringer High-Performance Active 16-Watt Personal Monitor System 1

Behringer

4
KRK 5" Powered Near-Field Studio Monitor 1

KRK

5
Kurzweil Studio Monitors 1

Kurzweil

6
Pioneer DJ 4-inch Compact Active Monitor Speaker 1

Pioneer DJ

7
JBL Compact Reference Monitors 1

JBL

8
M-Audio Desktop Speakers for Professional Media Creation 1

M-Audio

9
PreSonus 2-Way Active Studio Monitors 1

PreSonus

10
Mackie 3" Multimedia Monitors 1

Mackie

Nama produk

Studio

Powered Studio Monitor

High-Performance Active 16-Watt Personal Monitor System

5" Powered Near-Field Studio Monitor

Studio Monitors

4-inch Compact Active Monitor Speaker

Compact Reference Monitors

Desktop Speakers for Professional Media Creation

2-Way Active Studio Monitors

3" Multimedia Monitors

KeunggulanNeodynium menjadikan monito...Suara yang menghentak karen...Dengarkan musik dan bermain...KRK audio tools yang memuda...Speaker ekonomis bersuara c...Teknologi DECO menghasilkan...Deep bass yang bagus meski ...Optimage IV waveguides meng...Fitur acoustic space mengop...Silk tweeter berkualitas ke...
HargaRp 3.999.000,00Rp 3.500.000,00Rp 1.515.000,00Rp 2.900.000,00Rp 1.650.000,00Rp 2.749.000,00Rp 2.799.000,00Rp 2.450.000,00Rp 4.835.000,00Rp 1.700.000,00
Ukuran330 x 222 x 266285 x 170 x 222 mm241 x 140 x 150285 x 190 x 241230 x 148 x 180 mm227 x 146 x 223 mm247 x 124 x 153 mm213 x 146 x 188 mm260 x 178 x 195 mm208 x 140 x 158 mm
SPLTidak diketahuiTidak diketahuiTidak diketahui104 dBTidak diketahuiTidak diketahui102 dB101,5 dB102 dB97 dB
TipeBass reflexBass ReflexBass reflexTidak diketahuiBass reflexBass reflexBass reflexBass reflexBass reflexBass reflex
AmplifierActive speakerActive speakerActive speakerTidak diketahuiActive speakerActive speakerActive speakerActive speakerActive speakerActive speaker
Frekuensi45 Hz -20 kHz54 Hz - 30 kHz80 Hz - 20 kHz43 Hz - 40 kHz100 Hz - 10 kHz70 Hz - 30 kHz60 Hz - 20 kHz75 Hz - 20 kHz53 Hz - 22 kHz80Hz - 20kHz
Tautan produk

Baca juga rekomendasi speaker lainnya di sini!

Musik tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Nah, untuk bisa mendengarkan musik dengan suara berkualitas, Anda pun memerlukan sepiker berkualitas. Bila Anda sedang mencari produk sepiker lainnya, Anda dapat membaca rekomendasi kami melalui tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Bagaimana menurut Anda? Semua monitor speakers yang kami rekomendasikan memiliki kelebihan masing-masing. Bahkan ada beberapa produk yang sudah dipakai para profesional.


Monitor speakers digunakan untuk mengecek suara. Saat membeli, kami sarankan Anda untuk mencobanya supaya tidak salah beli. Selamat memilih produk sesuai kebutuhan Anda dan jadikan pekerjaan Anda semakin cepat selesai.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dewasa ini, teknologi mesin cuci berkembang semakin pesat. Di pasaran, terdapat tiga jenis mesin cuci, yaitu mesin cuci top loading, front loading, dan dua tabung. Dari sisi penggunaan, kini ada pula mesin cuci yang dapat dioperasikan melalui smartphone!Kali ini, kami akan mengulas rekomendasi produk-produk mesin cuci pilihan, seperti Samsung, Panasonic, Sharp, dan lainnya. Sebelum itu, simaklah cara memilih mesin cuci yang tepat agar Anda dapat menemukan mesin cuci idaman.
    Elektronik rumah tangga
    216.561 Views
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sebagai orang Indonesia yang sumber karbohidratnya adalah nasi, tentu rice cooker adalah item yang wajib dimiliki. Tidak hanya untuk memasak nasi, rice cooker juga bisa digunakan untuk memasak bubur, mengukus, dan memasak berbagai jenis makanan lainnya.. Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan rekomendasi produk rice cooker, seperti Cosmos, Panasonic, dan Philips. Sebelum itu, kami juga akan memberitahukan cara memilih rice cooker yang tepat untuk kebutuhan Anda. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi Anda, ya!
    Elektronik rumah tangga
    143.818 Views
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone (Earphone) Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone (Earphone) Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Permainan game seperti PS4, online game, dan sebagainya adalah hiburan yang banyak diminati saat ini. Saat sedang memainkan game kesukaan Anda, tentunya Anda ingin bisa fokus merasakan dunia game tanpa gangguan. Selain visual, suara juga merupakan faktor yang membuat Anda dapat merasakan dunia game dengan optimal.Agar dunia game terasa semakin nyata, Anda harus menggunakan earphone gaming yang berkualitas, misalnya keluaran Shure, SoundPEATS, Marshall, atau Razer. Kali ini, kami akan membahas cara memilih earphone gaming dan rekomendasi produk terbaik yang paling diminati. Pilihlah yang sesuai dengan gaya bermain Anda!
    Elektronik rumah tangga
    93.212 Views
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi banyak orang, mendengarkan musik adalah opsi menarik untuk mengisi waktu luang. Salah satunya dengan menggunakan smartphone yang disambungkan ke in-ear headphone atau disebut juga earphone. Oleh sebab itu, in-ear headphone menjadi produk penting bagi mereka yang hobi mendengarkan musik melalui smartphone.Berbagai produk in-ear headphone dari brand ternama seperti Sony, Philips, dan JBL berlomba menarik konsumen dengan fitur yang diberikan. Namun, seperti apa kriteria memilih produk yang tepat? Untuk membantu Anda, kami akan memberi tips dalam memilih in-ear headphone yang tepat beserta rekomendasi produk terbaik.
    Elektronik rumah tangga
    115.870 Views
  • 10 Rekomendasi Wireless Router Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Wireless Router Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda dapat menikmati pengalaman browsing di dunia internet yang bebas dari kendala, seperti putusnya koneksi atau buffering, dengan menjaga kestabilan koneksi internet di rumah dengan memasang wireless router. Wireless router adalah solusi untuk mendapatkan kualitas jaringan ketika menggunakan internet. Namun, sekarang ini sudah banyak produsen menjual wireless router dengan berbagai fitur dan keunggulan yang bervariasi sehingga sulit bagi pembeli untuk menentukan wireless router yang pas sesuai kebutuhan.Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan bagaimana memilih wireless router, membandingkan produk yang terbaik dari sisi performa dan harga, serta merekomendasikan produk yang terbaik untuk Anda. Selain itu, juga akan dijelaskan tips memasang wireless router. Temukan wireless router terbaik Anda yang dapat memberikan kenyamanan ketika menggunakan internet.
    Elektronik rumah tangga
    83.884 Views
  • 10 Rekomendasi Catok Pelurus Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Catok Pelurus Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Mempunyai rambut lurus tentunya menjadi idaman banyak wanita. Untuk itu, catok pelurus rambut diperlukan agar rambut dapat tergerai lurus, rapi, dan berkilau. Banyak produsen yang menawarkan catok pelurus rambut, seperti Philips, Elov, BaByliss, atau Revlon. Namun, Anda akan menemukan perbedaan fitur di tiap produk. Nah, berikut ini akan kami bahas beberapa tips cara memilih catok pelurus rambut beserta sepuluh produk rekomendasinya. Mari simak artikel berikut ini dan temukan catok pelurus rambut terbaik untuk Anda! Selamat membaca!
    Elektronik rumah tangga
    100.988 Views
  • 10 Rekomendasi Lampu Meja Belajar LED Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lampu Meja Belajar LED Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dibanding dengan bohlam biasa, lampu LED (light emitting diode) lebih tahan lama dan rendah daya listrik sehingga sangat cocok Anda jadikan lampu meja belajar. Anda akan menemukan beragam lampu meja belajar LED dengan merek Xiaomi, Eglare, HighPoint, atau Phillips beredar di pasaran sehingga bisa saja Anda bingung saat hendak membelinya.Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan 10 rekomendasi lampu meja belajar LED terbaik. Anda akan menemukan lampu meja belajar LED berkualitas dalam daftar rekomendasi ini. Pilihlah produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!
    Elektronik rumah tangga
    3.363 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori